Perlihatkan Tulisan

Seksi ini mengijinkan Anda untuk melihat semua tulisan yang dibuat oleh anggota ini. Catatan bahwa Anda hanya bisa melihat tulisan yang dibuat dalam area di mana Anda memiliki akses terhadapnya.


Topik - calon_akhwat

Halaman: 1 2 [3] 4 5 ... 25
31
Artikel Pilihan / Apotek
« pada: Agustus 01, 2010, 01:06:14 pm »

Oleh : Irfan Toni Herlambang


Seorang wanita baru pindah ke sebuah kota kecil. Setelah berada di sana beberapa waktu, ia
mengeluh kepada tetangganya tentang pelayanan buruk yang dialaminya di apotek setempat. Ia
meminta pada tetangganya agar mau menyampaikan kritiknya pada pemilik apotek itu.
Beberapa hari kemudian wanita pendatang tersebut pergi lagi ke apotek itu. Pemilik apotek
menyambutnya dengan senyum lebar sambil mengatakan betapa senangnya ia melihat wanita itu
berkenan datang kembali ke apoteknya, dan berharap wanita dan suaminya menyukai kota
mereka. Bukan hanya itu, pemilik apotek itu bahkan menawarkan diri membantu wanita dan
suaminya menguruskan berbagai hal agar mereka bisa menetap di kota itu dengan nyaman. Lalu,
ia pun mengirimkan apa yang dipesan wanita itu dengan cepat dan baik.
Wanita itu merasa senang dengan perubahan luar biasa yang ditunjukkan oleh pemilik apotek.
Kemudian, ia melaporkan hal itu pada tetangganya. Katanya, "Anda tentu sudah menyampaikan
kritik saya mengenai betapa buruk pelayanannya waktu itu."
"Oh, tidak," jawab tetangganya. "Sebenarnya saya tidak menyampaikan kritik anda pada mereka.
Saya harap anda tidak keberatan. Saya katakan pada pemilik apotek itu betapa anda terkagumkagum
melihat caranya mendirikan apotek di kota kecil ini. Dan, anda merasa apoteknya adalah
salah satu apotek dengan pelayanan terbaik yang pernah anda temui."
Teman, seperti inilah kita akan dihargai oleh orang lain. Inilah gambaran tentang perilaku yang kita
dapat dari perlakuan yang kita berikan pada orang lain. Sebuah penghargaan, dan juga
penghormatan, akan lebih baik, dari sekedar kritik yang tak beralasan.
Ini adalah sebuah cermin, tentang siapa kita, tentang siapa sebenarnya yang berhak untuk
mendapatkan harapan perbaikan. Kritik yang disampaikan dengan cara yang keliru, seringkali
hanya menghancurkan harapan perbaikan. Sedangkan sebuah apresiasi (penghargaan) selalu
mendorong orang lain untuk melakukan lebih baik lagi.
Jadi, teman, sampaikanlah kritik dengan lebih bijak. Selamat mencoba.

32
Movies / [ask] Sci-fi movie
« pada: Juli 29, 2010, 12:03:58 pm »
ada yang tahu, sci-fi movie yg bagus apa saja ya?

oia, sebelumnya, sci-fi adalah...
Definisi Science Fiction (Sci-Fi)
Sebenarnya Sci-Fi mencakup tema-tema yang luas dan mempunyai subgenre-subgenre yang mengakibatkan sulit untuk didefinisikan secara jelas. Sci-Fi sendiri adalah salah satu genre dari cerita fiksi (fiction) yang mempunyai ciri khusus yaitu elemen imajinasinya berkaitan erat dan mempunyai kemungkinan untuk dijelaskan menggunakan science atau kemajuan teknologi yag berdasarkan pada hukum alam yang dituangkan pada postulat-postulat science (kalo bahasa awamnya sih hukum-hukum fisika, kimia, biologi dll yang kita pelajari di sekolah tapi udah dalam tingkat advanced).

banyak juga kisah Sci-Fi yang menentang fakta yang ada saat ini, tetapi masih berdasarkan kemungkinan yang dapat terjadi mengacu pada banyaknya hal yang masih belum dapat dijelaskan sampai saat ini, atau menceritakan kemungkinan yang dapat terjadi apabila fakta dan sejarah yang ada tidak terjadi/salah.

Dalam film sendiri genre Sci-Fi ditandai oleh beberapa ciri tertentu, diantaranya:
    * Seting futuristik, kejadian berbeda dengan fakta dan data yang mempunyai efek besar (alternate history).
    * Setting luar angkasa, di dunia lain (makhluk yang tidak dikenali manusia), atau melibatkan alien.
    * Berkaitan dengan teknologi atau prinsip science yang bertentangan dengan hukum alam yang diketahui.
    * Berkaitan dengan penemuan atau penerapan dari prinsip science yang baru diketahui seperti mesin waktu (time travel), nano tech, robot, perpindahan melebihi kecepatan cahaya/teleportasi dan lain sebagainya.


*sumber: wikipedia and other source

33
Artikel Pilihan / ♥♥10 Ciri Orang yang Berpikir Positif♥♥
« pada: Juli 28, 2010, 05:33:43 pm »
(dari mbak Sari di FB)

Semua orang yang berusaha meningkatkan diri dan ilmu pengetahuannya pasti tahu bahwa hidup akan lebih mudah dijalani bila kita selalu berpikir positif. Tapi, bagaimana melatih diri supaya pikiran
positiflah yang beredar di kepala kita, tak banyak yang tahu. Oleh karena itu, sebaiknya kita kenali saja dulu ciri-ciri orang yang berpikir positif dan mulai mencoba meniru jalan pikirannya.

1. Melihat masalah sebagai tantangan Bandingkan dengan orang yang melihat masalah sebagai cobaan hidup yang terlalu berat dan bikin hidupnya jadi paling sengsara sedunia.

2. Menikmati hidupnya Pemikiran positif akan membuat seseorang menerima keadaannya dengan
besar hati, meski tak berarti ia tak berusaha untuk mencapai hidup yang lebih baik.

3. Pikiran terbuka untuk menerima saran dan ide Karena dengan begitu, boleh jadi ada hal-hal baru yang akan membuat segala sesuatu lebih baik.

4. Mengenyahkan pikiran negatif segera setelah pikiran itu terlintas di benak Memelihara pikiran negatif lama-lama bisa diibaratkan membangunkan singa tidur. Sebetulnya tidak apa-apa, ternyata malah bisa menimbulkan masalah.

5. Mensyukuri apa yang dimilikinya Dan bukannya berkeluh-kesah tentang apa-apa yang tidak dipunyainya

6. Tidak mendengarkan gosip yang tak menentu Sudah pasti, gosip berkawan baik dengan pikiran negatif. Karena itu, mendengarkan omongan yang tak ada juntrungnya adalah perilaku yang
dijauhi si pemikir positif.

7. Tidak bikin alasan, tapi langsung bikin tindakan Pernah dengar pelesetan NATO (No Action, Talk Only), kan? Nah, mereka ini jelas bukan penganutnya.

8. Menggunakan bahasa positif Maksudnya, kalimat-kalimat yang bernadakan optimisme, seperti Masalah itu pasti akan terselesaikan, dan Dia memang berbakat.

9. Menggunakan bahasa tubuh yang positif Di antaranya adalah senyum, berjalan dengan langkah tegap, dan gerakan tangan yang ekspresif, atau anggukan. Mereka juga berbicara
dengan intonasi yang bersahabat, antusias, dan hidup.

10. Peduli pada citra diri Itu sebabnya, mereka berusaha tampil baik. Bukan hanya di luar, tapi
juga di dalam.

34
Artikel Pilihan / Kenapa Tak Kau Gunakan Unta Itu ?
« pada: Juli 26, 2010, 06:41:19 am »
 Hari itu Khalifah Umar bin Khattab sudah mempunyai jadwal untuk urusan negara ke suatu daerah. Begitu matahari mulai terlihat di ufuk timur, ia segera bergegas ke tempat salah seorang sahabat yang telah bersedia menyewakan unta untuk perjalanan tersebut. Dalam perjalanan itu sendiri, Umar ditemani oleh seorang sahabat yang lain. Jadi, unta yang disewa itu jumlahnya ada dua.

Setelah sesampainya di kediaman sahabat yang akan menyewakan untanya itu, tidak berapa lama Umar bin Khattab pun segera menjemput sahabat lain yang akan menemani perjalanannya. Dan dimulailah perjalanan yang cukup panjang dan jauh itu.

Unta-unta yang disewa itu ternyata kondisinya sangat baik. Tidak sebentar pun tampaknya unta-unta itu mengendurkan lajunya. Hingga tengah haripun terlewati. Umar bin Khattab dan sahabatnya itupun terus saja bergegas untuk segera sampai ke daerah tujuan. Maklum matahari siang hari di Persia selalu menyengat panas seakan ingin membakar semua yang ada di bumi.

Karena udara yang sangat panas tersebut, Umar dan sahabatnya sengaja memilih jalanan setapak yang sekiranya diteduhi oleh pepohonan. Ini agar sedikit merasakan keteduhan dan unta-unta itu tetap dalam kondisi yang segar.

Saking tercurahnya perhatian mereka dalam perjalanan itu, tanpa sadar selendang yang dikenakan oleh Umar di pundaknya tersangkut sebuah ranting pohon. Tetapi terus saja mereka melanjutkan perjalanan karena baik Umar bin Khattab maupun sahabat yang menemaninya tidak menyadari akan hal itu.

Unta-unta terus berjalan dan berjalan. Melewati beberapa padang dan gurun yang panas. Angin sesekali berhembus dan menerpa mereka berdua. Jalan setapak itu sudah begitu jauhnya mereka lewati. Ketika itulah entah bagaimana tiba-tiba Umar bin Khattab merasa yang tiada dalam dirinya. Umar berusaha mengingat-ingat apa gerangan. Ketika ia sadar, ia segera mengetahui bahwa selendangnya sudah tidak lagi melekat lagi di bahunya. Umar mengernyitkan dahinya berpikir keras, apa gerangan yang menyebabkan tiadanya selendang itu. Karena Umar ingat betul bahwa ketika ia memulai perjalanan, ia menyampirkan selendang itu.

“Ada apa gerangan, Amirul Mukminin?” Sahabat yang menemani bertanya demi melihat Umar bin Khattab tampak seperti tengah berpikir.

Umar menatap sahabatnya sejenak sebelum menjawab, “Selendangku. Sekarang sudah tidak ada lagi bersamaku.....”

Sahabat menyadarinya sekarang. “Ya, tetapi akupun sesungguhnya tidak tahu apa yang terjadi....”

Umar mengangguk-angguk kepalanya. “Dugaanku, kemungkinan selendang itu tersangkut di sebuah ranting pohon. Entah di mana....”

“Ya, sepertinya begitu....”

Umar bin Khattab turun dari pelana untanya. Ia berujar kepada sahabat, “Mohon, tinggal di sini sementara aku akan mencari selendang itu...”

Sebelum sahabat memberikan jawaban, Umar sudah menggegas langkahnya menyusuri jalanan setapak yang tadi telah mereka lalui. Sahabat itu terus menunggu dalam waktu yang sangat lama. Ketika Umar belum juga muncul, ia bermaksud untuk menyusulnya dengan unta-unta yang mereka kendarai.

Umar sendiri memang hanya berjalan kaki saja. Begitu jauh. Kembali melewati jalanan yang panas dan sengatan matahari yang membakar. Ketika ia benar-benar menemukan selendangnya itu di sebuah ranting pohon persis seperti yang ia perkirakan, alangkah leganya. Setelah mengambilnya dengan hati-hati agar ia tidak merobek selendang itu karena Umar tidak punya cukup banyak pakaian, segera Umar kembali ke tempat sahabat tadi disuruhnya menunggu. Dan jarak itu sudah begitu jauh. Hingga tak heran jika tubuhnya kemudian dipeluhi dengan keringat yang hampir membasahi segalanya.

Sesampainya di sana, ia segera kembali menaikki untanya. Ia tersenyum kepada sahabat. “Ayo kita lanjutkan perjalanan kita. Maafkan telah membuatmu menuggu dahulu....”

Ketika Umar menolak tali kekang untanya, sahabat berujar. “Maafkan wahai Amirul Mukminin. Tadi kau tentu telah berjalan jauh sekali melihat kondisimu seperti itu....?”

Umar menyeka keringatnya dengan bajunya. “Ya, begitulah. Kutemukan selendang ini di sebuah ranting pohon.....”

Sahabat terdiam. Ia memandangi Umar bin Khattab.

Diperhatikan sedemikian rupa, Umar bertanya, “Ada apa?”

“Kenapa engkau harus bersusah payah menyiksa diri menyusuri jalanan yang panjang dan jauh tadi untuk mengambil selendangmu, padahal engkau bisa menggunakan untamu....?”

Umar tersenyum. “Kita tahu, unta-unta ini bukan milik kita...”

“Ya. Tetapi kita sudah menyewanya untuk perjalanan ini....”

“Tepat! Kita hanya menyewanya untuk perjalanan yang sudah disepakati bahwa jarak yang ditempuh hanya dari Persia sampai ke tempat tujuan kita....”

“Maksudmu, Amirul Mukminin? Aku tidak mengerti....”

“Sahabatku,” Umar berkata lagi sambil tersenyum. “Engkau mengetahui pula kesepakatan yang kita buat dengan pemilik unta-unta ini hanya untuk jarak sekian saja. Tidak termasuk untuk kembali dalam mengambil selendangku yang tersangkut kain yang jaraknya cukup jauh barusan.....”

Sahabat menggaruk-garuk kepalanya yang sepertinya tidak gatal. “Tetapi sahabat kita yang mempunyai unta-unta itu tidak akan tahu....”

Umar semakin melebarkan senyumnya. “Sahabatku, ia memang mungkin tidak akan pernah tahu. Tetapi aku yakin seyakin-yakinnya, bahwa jika aku bertindak begitu, Allah melihat aku telah mencederai janjiku kepada sahabat kita itu..... Allah selalu melihat....”

Sahabat kali ini mengerti sepenuhnya. Ia geleng-geleng kepala karena tidak pernah bisa berhenti mengagumi Umar bin Khattab yang selalu merasa tak pernah lepas dari pengawasan Allah swt.

Saad Saefullah

35
Artikel Pilihan / Sarjana Kaya dan Sarjana Miskin
« pada: Juli 26, 2010, 06:40:03 am »
SARJANA MISKIN DAN SARJANA KAYA

Oleh: Jum’an

Dalam lubuk hati saya sering terdengar suara berbisik: Sudahlah terima saja apa yang ada. Kamu sudah mentok. Tidak mungkin akan menembus batas. Saya duga bisikan itu merupakan jawaban terhadap penyesalan saya yang terus menerus: Jadi hanya segini saja, tidak ada apa-apa lagi? Sebuah rumah kecil dan mobil tua untuk belasan tahun mengasah otak dan puluhan tahun bekerja keras? Sungguh tidak seimbang. Tetangga saya hanya lulusan sanawiyah. Isterinya seperti bidadari, rumah dan tanahnya tersebar dimana-mana. Itulah salah satu sisi nasib saya apa boleh buat. Mungkin karena orang tua saya dulu hanya pedagang kitab kuning untuk santri-santri desa. Sehingga lebih dari cukuplah kalau anaknya dapat memiliki sebuah rumah dan mobil, meskipun kecil dan tua. Katakanlah saya memang tidak berbakat kaya.

Sukses memang bukan urusan kepandaian atau IQ semata-mata. Memang Bill Gates mempunyai IQ 160 sama geniusnya dengan Albert Einstein dan dia adalah pria terkaya didunia. Tentu IQ-nya merupakan andil yang besar. Tapi tidak demikian halnya dengan Chris Langan (58 th). Chris adalah genius autodidact dengan IQ luar biasa antara 195 - 210 dan dijuluki the smartest man of America. Ketika kuliah di Universtas Montana ia mengalami kesulitan keuangan dan karena merasa bahwa sebenarnya ia lebih pantas mengajar dosen-dosennya dari pada menjadi mahasiswa, iapun drop-out. Ia kemudian membuat strategi kehidupan ganda yaitu siang hari bekerja fisik mencari nafkah dan dimalam hari mengurung diri untuk mengolah rumus-rumus dikepalanya. Diantaranya dia mengembangkan teori tentang hubungan antara pandangan dan kenyataan yang terkenal dengan Cognitive Theoritic Model of the Universe (CTMU). Biaya hidupnya ia peroleh dengan bekerja sebagai buruh bangunan, cowboy, mantri hutan, pemadam kebakaran, buruh tani dan selama lebih dari 20 tahun sebagai bouncer atau tukang pukul ditempat hiburan di Long Island.

Berbeda pula kisah professor Irving Fisher yang banyak dikenal dikalangan mahasiswa dan para ekonom di Indonesia. Pakar ekonomi matematika ini sangking pandainya, yakin betul bahwa pasar saham saat itu (1929) akan tetap tinggi sepanjang tahun. Iapun menanamkan modal besar-besaran,  tetapi berujung bangkrut karena tanpa disangka-sangka terjadi crash. Universitas tempat dia mengajar terpaksa membeli rumahnya dan menyewakan kepadanya agar dia tidak terlantar. Jera? Tidak. Ia tetap yakin bahwa dia benar dan meminjam uang dalam jumlah besar dari keluarga dan teman-temannya yang kaya dan menanamkannya sekali lagi dipasar saham. Dan sekali lagi bukannya untung tapi buntung-tung dan ludes-des.

Bill Gates sering mengakui bahwa disamping upaya dan kemampuan, adalah kemujuran (luck) yang menempatkannya sebagai orang terkaya didunia. Sedangkan Chris Langan, super IQ-nya tidak didukung oleh lingkungan sehingga ia terpaksa berjuang sendirian. Dan belum pernah ada didunia ini baik penyanyi, atlit, ilmuwan bahkan para jenius yang berhasil tanpa bantuan orang lain. Adapun professor Fisher adalah tamsil yang sempurna dari seorang yang karena kepandaiannya menjadi kelewat percaya diri (overconfident). Dan bahwa kelewat percaya diri adalah mantera menuju bencana.

Saya sendiri……………memang sudah takarannya segini. Alhamdulillah.

Oleh: Jum’an

Dalam lubuk hati saya sering terdengar suara berbisik: Sudahlah terima saja apa yang ada. Kamu sudah mentok. Tidak mungkin akan menembus batas. Saya duga bisikan itu merupakan jawaban terhadap penyesalan saya yang terus menerus: Jadi hanya segini saja, tidak ada apa-apa lagi? Sebuah rumah kecil dan mobil tua untuk belasan tahun mengasah otak dan puluhan tahun bekerja keras? Sungguh tidak seimbang. Tetangga saya hanya lulusan sanawiyah. Isterinya seperti bidadari, rumah dan tanahnya tersebar dimana-mana. Itulah salah satu sisi nasib saya apa boleh buat. Mungkin karena orang tua saya dulu hanya pedagang kitab kuning untuk santri-santri desa. Sehingga lebih dari cukuplah kalau anaknya dapat memiliki sebuah rumah dan mobil, meskipun kecil dan tua. Katakanlah saya memang tidak berbakat kaya.

Sukses memang bukan urusan kepandaian atau IQ semata-mata. Memang Bill Gates mempunyai IQ 160 sama geniusnya dengan Albert Einstein dan dia adalah pria terkaya didunia. Tentu IQ-nya merupakan andil yang besar. Tapi tidak demikian halnya dengan Chris Langan (58 th). Chris adalah genius autodidact dengan IQ luar biasa antara 195 - 210 dan dijuluki the smartest man of America. Ketika kuliah di Universtas Montana ia mengalami kesulitan keuangan dan karena merasa bahwa sebenarnya ia lebih pantas mengajar dosen-dosennya dari pada menjadi mahasiswa, iapun drop-out. Ia kemudian membuat strategi kehidupan ganda yaitu siang hari bekerja fisik mencari nafkah dan dimalam hari mengurung diri untuk mengolah rumus-rumus dikepalanya. Diantaranya dia mengembangkan teori tentang hubungan antara pandangan dan kenyataan yang terkenal dengan Cognitive Theoritic Model of the Universe (CTMU). Biaya hidupnya ia peroleh dengan bekerja sebagai buruh bangunan, cowboy, mantri hutan, pemadam kebakaran, buruh tani dan selama lebih dari 20 tahun sebagai bouncer atau tukang pukul ditempat hiburan di Long Island.

Berbeda pula kisah professor Irving Fisher yang banyak dikenal dikalangan mahasiswa dan para ekonom di Indonesia. Pakar ekonomi matematika ini sangking pandainya, yakin betul bahwa pasar saham saat itu (1929) akan tetap tinggi sepanjang tahun. Iapun menanamkan modal besar-besaran,  tetapi berujung bangkrut karena tanpa disangka-sangka terjadi crash. Universitas tempat dia mengajar terpaksa membeli rumahnya dan menyewakan kepadanya agar dia tidak terlantar. Jera? Tidak. Ia tetap yakin bahwa dia benar dan meminjam uang dalam jumlah besar dari keluarga dan teman-temannya yang kaya dan menanamkannya sekali lagi dipasar saham. Dan sekali lagi bukannya untung tapi buntung-tung dan ludes-des.

Bill Gates sering mengakui bahwa disamping upaya dan kemampuan, adalah kemujuran (luck) yang menempatkannya sebagai orang terkaya didunia. Sedangkan Chris Langan, super IQ-nya tidak didukung oleh lingkungan sehingga ia terpaksa berjuang sendirian. Dan belum pernah ada didunia ini baik penyanyi, atlit, ilmuwan bahkan para jenius yang berhasil tanpa bantuan orang lain. Adapun professor Fisher adalah tamsil yang sempurna dari seorang yang karena kepandaiannya menjadi kelewat percaya diri (overconfident). Dan bahwa kelewat percaya diri adalah mantera menuju bencana.

Saya sendiri……………memang sudah takarannya segini. Alhamdulillah.

36
Artikel Pilihan / Saat Hati Membutuhkan 'Sugesti'
« pada: Juli 26, 2010, 06:39:03 am »
Allah berfirman :

قُلْنَا لَا تَخَفْ إِنَّكَ أَنْتَ الْأَعْلَىٰ

Kami berkata: "janganlah kamu takut, sesungguhnya kamulah yang paling unggul (menang)." (QS. 20:68)

Ayat ini menjelaskan perasaan Nabi Musa yang tidak menentu saat akan menghadapi para tukang sihir Fir'aun. Hatinya sempat ciut dan gelisah melihat banyaknya orang yang melihat, serta aksi para tukang sihir itu, sementara dia hanya berdua dengan saudaranya, Harun. Mengetahui perasaan Nabi Musa ini, Allah membisikkan wahyu ke telinga Nabi Musa yang artinya, "Janganlah kamu takut, sesungguhnya kamulah yang paling unggul (menang)."

Itu adalah sugesti dari Allah untuk membangkitkan rasa percaya diri Nabi Musa. Dia pun merasa yakin, Allah akan selalu menolongnya. Allah kemudian memberitahukan kepadanya bagaimana melawan para tukang sihir Fir'aun itu. Nabi Musa pun melemparkan tongkatnya ke tengah arena kemudian tongkat itu berubah menjadi seekor ular sangat besar dan memakan ular-ular yang kecil itu.

Bagaimana dengan aku...? Bagaimana dengan anda...? Bagaimana dengan kita...? Sugesti dari Allah yang seperti apakah yang bisa meyakinkan anda  bahwa Allah akan senantiasa menolong anda? Anda sedang dililit masalah/musibah? Musibah yang menurut anda seperti sangat berat? Musibah yang menurut anda seperti tak ada ujung? Diantara deretan pertanyaan ini, terlintas firman-Nya :

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا مَا آتَاهَا ۚ سَيَجْعَلُ اللَّهُ بَعْدَ عُسْرٍ يُسْرًا

"....Allah tidak memikulkan beban kepada seseorang melainkan sebanding dengan  apa yang Allah berikan kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan." (QS. 65:7)

Sungguh cobaan yang dianggap sangat berat oleh kita, sebenarnya sebanding dengan kesanggupan kita untuk mengatasinya. Dan sesungguhnya saat puncak musibah datang maka senantiasa diikuti dengan terbukannya pintu pertolongan-Nya. Yakinlah...!!! Allah tidak akan pernah menimpakkan suatu kesulitan kepada seseorang, kecuali 'Dia' juga menganugerahkan kekuatan untuk menghadapi dan mengatasinya. Maka buanglah keluh kesah, kekecewaan dan kesedihan yang melemahkan hati dan jiwa anda.

"Mereka yang ingin sembuh tidak akan pedulikan pahitnya obat. Walau seringkali obat menimbulkan efek yang tidak mengenakkan. Tetapi itulah jalan kesembuhan."




Wallahu a'lam

37
Freedom of Speech / Orang dengan Otak kanan atau Otak Kiri kah Anda?
« pada: Juli 23, 2010, 04:56:28 pm »
ORANG DENGAN OTAK KANAN ATAU OTAK KIRI ?

(1) Satukan dan lipat kedua tangan seperti saat berdoa.
Perhatikan tangan
anda - apa yang terlihat ?

Jika jempol kiri di atas jempol kanan --> otak kiri

Jika jempol kanan di atas jempol kiri --> otak kanan

(2) Sekarang lipat lengan tangan menyilang di depan dada
(seperti saat duduk
di bangku SD).

Tangan kanan di atas tangan kiri --> otak kiri

Tangan kiri di atas tangan kanan --> otak kanan


Dari kedua pengamatan di atas (1+2), di bawah ini adalah
interpretasi dari
kepribadian anda :

KANAN-KIRI

Penuh pertimbangan, tradisional, jenis tidak langsung.

Secara naluri b isa membaca emosi orang lain, dan tanggapannya
secara al ami ah
bersahabat.

Walaupun tidak terlalu berinisiatif dalam melangkah maju,
tetapi akan selalu
memberikan dukungan di belakang orang lain.

Memiliki kepribadian yang stabil dan penuh pertimbangan,
sehingga memberikan
perasaan terlindungi bagi orang lain.

Tetapi kelemahannya adalah mereka tidak b isa berkata "tidak";
meskipun
sebetulnya tidak ingin, mereka tetap akan berusaha
menyenangkan orang lain.

KANAN-KANAN

Tipe orang yang menyukai tantangan, berterus terang.

Satu kali mereka memutuskan satu hal, akan segera mengambil
tindakan.

Sangat ingin tahu dan menyukai tantangan. Berani menghadapi
tantangan tanpa
berpikir jauh (kadang kala dengan bodoh).

Kelemahannya adalah mereka tidak mendengarkan orang lain, dan
hanya
menyaring apa yang ingin mereka dengar dalam suatu percakapan,
serta sangat
subyektif.

Bagaimana pun juga, karena sikap terus terangnya, mereka
cenderung dengan
wajar menjadi orang yang populer..

KIRI-KIRI

Berdedikasi, dingin, perfeksionis, sangat logis dalam semua
aspek.

Satu-satunya cara untuk mengalahkan (atau memperngaruhi)
mereka adalah
dengan memberikan alasan-alasan yang tepat.

Mereka punya banyak kebanggaan, dan merasa kuat untuk
melalukan hal-hal yang
benar.

Jika mereka menjadi temanmu, mereka sangat b isa dipercaya.

Akan tetapi jika mereka adalah lawan, maka akan sangat susah
untuk membuat
kesepakatan dengan mereka.

Karena mereka b isa begitu perfeksionis, maka biasanya mereka
meninggalkan
kesan yang buruk karena susah untuk membuat kesepakatan saat
pertama kali
bertemu.

KIRI-KANAN

Suka memperhatikan orang lain, tipe pemimpin...

Punya kemampuan mengamati yang tajam dan dingin dalam
mem anda ng melalui
berbagai situasi, dan bahkan masih b isa menimbang untuk
kebutuhan yang lain.

Karena mereka memiliki pembawaan yang kalem dan dingin, dan
rasa tanggung
jawab yang kuat, mereka b isa menjadi pemimpin dalam kelompok.

Populer diantara orang lain. Bagaimana pun, mereka mungkin
tidak b isa
menahan dirinya untuk mencampuri urusan orang lain karena
mereka selalu
punya keinginan yang kuat untuk memperhatikan orang lain.
Selalu peduli
dengan p anda ngan orang lain tentang dirinya, dan selalu
waspada.




38
Music / [ask] lagu anak-anak islami?
« pada: Juli 23, 2010, 07:28:40 am »
assalamu'alaykum.wrwb
temans dudung, ada yang punya lagu untuk anak-anak seperti yang diajarkan di TK Islam ndak?
kalau ada, bolehkah berbagi?
jazakumullohu khayron jaza sebelumnya  :)
wassalam.wrwb

39
Kesehatan & Perawatan Diri / operasi amandel?
« pada: Juli 21, 2010, 06:07:58 am »
assalamu'alaykum.wr.wb
temans, saya mau tanya tentang operasi amandel.
khan kata dokter, amandel saya sudah rusak dua2nya, kl radang lagi, lebih baik dicabut daripada sakit dan mengganggu.

Nah yang mau saya tanyakan adalah, dibeberapa artikel yg saya baca, amandel berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh. kalau misalnya saya ndak punya amandel, apa bisa jadi sakit2an?
Apakah dengan dicabutnya amandel dapat mengakibatkan berubahnya suara?

jazakumulloh sebelumnya untuk jawaban2 yg insyaAlloh akan temans berikan
wassalam.wr.wb

40
Freedom of Speech / Fakta Unik tentang Islam
« pada: Juli 05, 2010, 10:18:55 pm »
Sebagian orang masih banyak yang meragukan tentang kebenaran agama islam ini, tak kecuali adalah mereka yang telah mengaku sebagai muslim. Makanya perlu kita ketahui bahwa Islam adalah agama yang hak dengan beberapa fakta dibawah ini :


1. Nama “Muhammad” adalah nama yang paling populer di seluruh dunia (walaupun salah mahomed..mohammed..dll) dan menempati urutan nomor dua di negara Inggris untuk nama bayi laki-laki ( urutan pertama ditempati oleh nama ‘Jack’ )

2. Albania merupakan negara satu-satunya di benua Eropa yang 90% penduduknya beragama Islam


3. Kata-kata berikut ini diserap dari bahasa Arab : Algebra, Zero, Cotton, Sofa, Rice, Candy, Safron, Balcony, bahkan ‘Alcohol’ juga berasal dari bahasa Arab, Al-Kuhl, yang mempunyai arti bubuk

4. Beberapa ayat di dalam Al-Qur’an menggambarkan pentingnya persamaan hak antara pria dan wanita ( secara perhitungan matematik ). Kata “Pria” dan “Wanita” di dalam Al-Qur’an sama-sama berjumlah 24

5. Tidak ada apa-apa di dalam Ka’bah

6. Islam merupakan agama yang pertumbuhannya paling cepat di dunia menurut banyak sumber, diperkirakan akan menjadi agama nomor 1 pada tahun 2030

7. Umat Hindu percaya bahwa di dalam Ka’Bah ada salah satu dari Tuhan mereka yang bernama ‘Shiva Lingam‘

8. Nabi Muhammad SAW melaksanakan ibadah haji hanya 2 kali dalam hidupnya

9. Jikalau sekarang Al-Qur’an dihancurkan, maka versi arab dari Al-Qur’an akan segera di-recover oleh jutaan muslim, yang disebut Huffaz yang telah menghafalkan kata-kata di dalam Al-Qur’an dari mulai awal sampai dengan akhir ayat.

10. Nama original dari kota suci Madinah adalah “Yasthrib"

11. pemeluk Islam bertambah 2,9% per tahun. Pertumbuhan ini lebih cepat dibandingkan dengan pertumbuhan jumlah penduduk bumi sendiri yang hanya 2,3% per tahun.

12. Berdasarkan data dari Departmen Pertahanan Amerika Serikat. Dari 1,4 juta prajurit di militer Amerika, diperkirakan ada sekitar 3.700 yang beragama Islam ( Muslim ).

13. islam menyebar ke bumi nusantara ketika Nabi Muhammad masi hidup

14. Sebanyak 8 juta orang Muslim yang kini ada di AS dan 20.000 orang AS masuk Islam setiap tahun setelah peristiwa 9/11

15. Jasad Nabi Muhammad pernah ingin dicuri 2 kali, namun kedua2nya gagal dan salah satu yang mencuri dihilangkan oleh Allah dari bumi

16. Jasad Firaun (Ramses II) yang tenggelam di laut merah, Baru ditemukan
oleh arkeolog Giovanni Battista Belzoni tahun 1817. setelah 3000 tahun berada di bawah tanah dan pasir

17. Al Qur’an adalah satu-satunya kitab suci yang bisa dihafal jutaan manusia (Hafidz/penghafal Al Qur’an) sehingga keaslian/kesuciannya selalu terjaga.

18. Jika agama lain bisa punya lebih dari 4 versi kitab suci yang berbeda satu dengan lainnya, maka Al Qur’an hanya ada satu dan tak ada pertentangan di dalamnya:

19. Para astronot telah menemukan bahwa planet Bumi itu mengeluarkan semacam radiasi yang berpusat di kota Mekah, tepatnya berasal dari Ka’Bah. Yang mengejutkan adalah radiasi tersebut bersifat infinite ( tidak berujung ), radiasi tersebut menembus planet mars dan masih berlanjut. peneliti mempercayai bahwa radiasi ini memiliki karakteristik dan menghubungkan antara Ka’Bah di di planet Bumi dengan Ka’bah di alam akhirat.


20. Penelitian lainnya mengungkapkan bahwa batu Hajar Aswad merupakan batu tertua di dunia dan juga bisa mengambang di air.

21. Shalat yang pertama dilakukan oleh Rasulallah Saw menghadap Masjidil Haram adalah shalat Ashar bersama para sahabat, setelah sebelumnya berkiblat ke Masjidil Baitul Maqdis selama enam belas bulan.

22. IBRAHIM adalah "Bapak" dari tiga agama besar, yakni "Judaisme", "Nasrani", dan "Islam".

23. Malaikat tidak terhitung jumlahnya dan hanya Allah yang mengetahuinya.

24. Islam, berarti "submisi" atau "menyerah" kepada satu Tuhan, Allah. "Islam" juga berasal dari kata "salam", "perdamaian" dan yang kedua dalam arti "berserah diri". demikian, arti dari "Islam" adalah "kedamaian yang sempurna yang datang bila kita hidup berserah diri kepada Allah".

25. Rasulullah pernah membelah bulan menjadi 2 bagian, dengan hanya menunjuk bulan dengan jarinya. diabadikan Allah dalam al-Qur'an surah Al-Qamar ayat 1: "Sungguh telah dekat hari qiamat, dan bulan pun telah terbelah."

26. sebelum Nabi Ibrahim menginjakkan kakinya ke tanah Makkah sudah ada bangunan Ka'bah yang telah dibangun oleh malaikat dan generasi
sebelum Nabi Ibrahim as. Hal itu dapat dipahami dari kata "Yarfa'u" meninggikan berarti meninggikan bangunan yang sudah ada.


27. Aliran sesat di Indonesia dalam rentangan waktu selama 6 tahun saja (2001 – 2006) telah mencapai angka 250 aliran.

28. Rasulullah menyebutkan ada 73 golongan dalam islam, dan hanya 1 yang akan masuk jannah yaitu "Al Jama’ah".

29. Nabi Muhammad tidak bisa membaca dan tidak bisa menulis, namun ingatannya sangat kuat dan sangat cerdas.

30. kata2 terakhir Nabi Muhammad sebelum wafat adalah "Ummatii … ummatii … ummatii" yang mengungkapkan betapa besar cintanya kepada umatnya.

31. Selama 23 kali perang semasa Rasulullah memimpin, hanya sekali kekalahan yang di derita kaum muslimin, yakni, perang uhud

32. Musa A.S adalah nama yang paling sering disebut dalam Al-Qur'an, sedangkan maryam adalah satu2nya nama perempuan yang disebut dalam Al-Qur'an.

33. Al-Qur'an adalah buku terlaris di benua eropa.

34. Semua anak Nabi Muhammad, yakni, Al-Qasim,Abdullah dan Ibrahim, meninggal kurang lebih pada usia 2 tahun. Allah sengaja memanggil mereka lebih awal agar kaum muslimin tidak mengangkat mereka menjadi rasul yang baru.

35. Imam Ali bin Abi Thalib adalah satu-satunya orang yang pernah lahir di dalam Ka’bah.

36. Hajar Aswad itu diturunkan dari surga, warnanya lebih putih daripada susu, dan dosa-dosa anak cucu Adamlah yang menjadikannya hitam.

37. Al Khowarizmi (matematika), Jabir Ibn Hayyan (kimia), Ibnu Khaldun (sosiologi dan sejarah), Ibnu Sina (kedokteran), Ar Razi (kedokteran), Al Biruni (fisika), Ibnu Batutah (antropologi) adalah contoh dari ratusan cendikiawan muslim yang menjadi rujukan dalam ilmu pengetahuan modern.

38. Hijir Ismail ini dahulu merupakan tempat tinggal Nabi Ismail, disitulah Nabi Ismail tinggal semasa hidupnya dan kemudian menjadi kuburan beliau dan juga ibunya.

39. Maqom Ibrahim bukanlah kuburan Nabi Ibrahim sebagaimana dugaan atau pendapat sebagian orang. Maqom Ibrahim adalah batu pijakan pada saat Nabi Ibrahim membangun Ka'bah.

40. pasukan Salib datang ke Timur ketika Khalifah Bani Abbas berada dalam masa kemunduran. Tak diduga, banyak anggota pasukan Salib tertarik kepada Islam dan kemudian menggabungkan diri dengan pasukan Salib lainnya. Thomas Arnold, dalam Al Da'wah ila Al Islam, menyebutkan bahwa mereka masuk Islam setelah melihat kepahlawanan Salahuddin sebagai cerminan ajaran Islam.

Sumber : asalkamutahuaja.blogspot.com

41
Forum PONSEL, PDA & Operator Telekomunikasi / [help] pdf reader
« pada: Juli 03, 2010, 02:17:17 pm »
salam, temans dudunger, ada yg punya aplikasi pdf reader u/hp java ndak?
tolong bagi ya kl ada. terimakasih sebelumnya.

42
Artikel Pilihan / 4 Tanda Sholat Diterima
« pada: Juli 03, 2010, 09:07:24 am »
Dalam Hadis Qudsi disebutkan mengenai orang-orang yang diterima sholatnya oleh Allah Swt, "Sesungguhnya Aku (Allah Swt.) hanya akan menerima sholat dari orang yang dengan sholatnya itu dia merendahkan diri di hadapan-Ku. Dia tidak sombong dengan makhluk-Ku yang lain. Dia tidak mengulangi maksiat kepada-Ku. Dia menyayangi orang-orang miskin dan orang-orang yang menderita. Aku akan tutup sholat orang itu dengan kebesaran-Ku. Aku akan menyuruh malaikat untuk menjaganya. Dan kalau dia berdoa kepada-Ku, Aku akan memperkenankannya. Perumpamaan dia dengan makhluk-Ku yang lain adalah seperti perumpamaan firdaus di surga."

Dalam hadis qudsi tersebut disebutkan bahwa tanda-tanda orang yang diterima sholatnya oleh Allah Swt., adalah:

PERTAMA

Dia datang untuk melaksanakan sholat dengan merendahkan diri kepada-Nya. Dalam Al-Quran, keadaan seperti itu disebut dengan khusyu'. Dan sholat yang khusyu' adalah salah satu tanda orang yang mukmin. Yang disebut dengan sholat yang khusyu' itu bukan yang tidak ingat apa pun. Karena orang yang tidak ingat apa pun itu disebut pingsan.

Diriwayatkan bahwa Sayyidina Ali bin Abi Thalib, apabila hendak melakukan sholat, tubuhnya gemetar dan wajahnya pucat pasi. Sehingga ketika ada orang yang bertanya kepadanya, "Mengapa Anda ya Amirul Mukiminin?" Sayyidina Ali menjawab, "Engkau tidak tahu bahwa sebentar lagi aku akan menghadapi waktu amanah." Kemudian, Sayyidina Ali membacakan sebuah ayat Al-Quran, "Sesungguhnya Kami telah menawarkan amanat kepada langit, bumi, dan gunung-gunung, maka semuanya enggan untuk memikul amanat itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya. Dan dipikullah amanat itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat zalim dan amat bodoh" (QS 33: 72).

Kemudian Sayyidina Ali melanjutkan ucapannya, "sholat adalah suatu amanat Allah yang pernah ditawarkan kepada langit, bumi, dan bukit untuk memikulnya. Tetapi, mereka menolaknya dan hanya manusia yang sanggup memikulnya. Memikul amanat berarti mengabdi kepadaNya."

KEDUA

Dia tidak sombong dengan makhluk-Ku yang lain. Jadi, tanda orang yang diterima sholatnya ialah tidak takabur. Takabur, menurut Imam Al-Ghazali, ialah sifat orang yang merasa dirinya lebih besar daripada orang lain. Kemudian ia memandang enteng orang lain itu. Boleh jadi ia bersikap demikian dikarenakan ilmu, amal, keturunan, kekayaan, anak buah, atau kecantikannya.

Kalau Anda merasa besar karena memiliki hal-hal itu dan memandang enteng orang lain, maka Anda sudah takabur. Dan sholat Anda tidak diterima. Bahkan dalam hadis lain disebutkan bahwa Rasulullah Saw. bersabda, "Takkan masuk surga seseorang yang dalam hatinya ada rasa takabur walaupun sebesar debu saja."

Biasanya masyarakat akan menjadi rusak kalau di tengah-tengah masyarakat itu ada orang yang takabur. Kemudian takabur itu ditampakkan untuk memperoleh perlakuan yang istimewa. Dan anehnya, seringkali sifat takabur ini menghinggapi para aktivis masjid atau aktivis kegiatan keagamaan. Mereka biasanya takabur dengai ilmunya dan menganggap dirinya paling benar.

KETIGA

Tanda orang yang diterima sholatnya ialah orang yang tidak mengulangi maksiatnya kepada Allah Swt. Nabi yang mulia bersabda, "Barangsiapa yang sholatnya tidak rnencegahnya dari kejelekan dan kemungkaran, maka sholatnya hanya akan menjauhkan dirinya dari Allah Swt." Dalam hadis yang lain, Rasulullah Saw. bersabda, "Nanti, pada Hari Kiamat, ada orang yang membawa sholatnya di hadapan Allal Swt. Kemudian sholatnya diterima dan dilipat-lipat seperti dilipat-lipatnya pakaian yang kotor dan usang. Lalu sholat itu dibantingkan ke wajahnya."

Allah tidak menerima sholat itu karena sholatnya tidal dapat mencegah perbuatan maksiatnya setelah ia melakukan maksiat tersebut. Bukankah Al-Quran telah mengatakan, "...Sesungguhnya sholat mencegah dari perbuatan-perbuatan keji dan mungkar..." (QS 29:45).

KEEMPAT

Orang yang diterima sholatnya ialah orang yang menyayangi orang-orang miskin. Kalau diterjemahkan dengan kalimat modern, hal ini berarti orang yang mempunyai solidaritas sosial. Dia bukan hanya melakukan rukuk dan sujud saja, tetapi dia juga memikirkan penderitaan sesamanya. Dia menyisihkan sebagian waktu dan rezekinya untuk membahagiakan orang lain.

Kalau dalam sholat Anda, Anda sudah merasakan kebesaran Allah dan tidak takabur; dan kalau Anda sudah tidak mengulangi perbuatan maksiat sesudah sholat; dan kalau Anda sudah mempunyai perhatian yang besar terhadap kesejahteraan orang lain, maka Allah akan melindungi Anda dengan jubah kebesaran-Nya. Allah akan memberi kepada Anda kemuliaan dengan kemuliaan-Nya, dan membungkus Anda dengan busana kebesaran-Nya. samping itu, Allah akan menyuruh para malaikat untuk menjaga Anda; dan para malaikat itu akan berkata sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Quran, "Kamilah pelindung-pelindungmu dalam kehidupan dunia dan akhirat. Didalamnya kamu akan memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh (pula) di dalamnya apa yang telah dijanjikan oleh Allah kepadamu" (QS 41: 31)

43
Cinta oh cinta... / Pesan Mertua Di Hari Pernikahan
« pada: Juli 03, 2010, 09:01:31 am »
(maaf kalau ternyata re-post, belum sempat dicheck ke thread lain. hehe)

Di hari pernikahan anaknya. sang ayah tampak bahagia. ia melihat meriahnya pesta, pernak-pernik yang terpasang di sana-sini, serta tamu-tamu undangan yang hadir tak henti-hentinya mendoakan agar kedua mempelai menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah dan warrahmah.

namun entah kenapa senyum sang ayah berubah menjadi masam. dalam kegalauannya ia mondar-mandir kesana-kemari tak tentu arah. Fenomena tersebut terlihat oleh sang menantu yang datang menghampiri sang mertua.

"ayah.. kenapa ayah terlihat bingung?" tanya sang menantu.

"tidak.. ayah hanya....." belum sempat sang ayah berkata lalu dipotong oleh sang menantu.

"hehehe jangan bohong ayah.. aku bisa melihatnya dari sorotan mata ayah, bahwa ayah memikirkan sesuatu " sambung sang menantu

"baiklah menantuku. ada yang ingin kutanyakan padamu." senyum simpul tersirat di muka sang ayah

"baiklah, apa yang ingin ayah tanyakan?"

"apakah kau mencintai anakku?"

"tentu ayah aku sangat mencintai anakmu, kalau tidak mana mungkin aku menikahinya.." jawab ia dengan canda.

"apakah dia tampak sempurna di hadapanmu ?"

" Tentu ayah.. diantara biodata.. ehh wanita lain.. anakmu lah yang paling sempurna diantara mereka.." sang menantu mengangkat tangan dan mengacungkan angka dua untuk meyakinkan sang mertua.

Sang mertua tersenyum dambil menghela nafas. kemudian ia mulai berkata kepada menantunya, " baiklah menantuku, aku percaya atas semua yang kau katakan. Itulah yang kau rasakan saat baru menikah. dua atau tiga tahun lagi kau akan melihat semua kekurangan-kekurangan dari anakku. saat kau menyadarinya, ingatlah pesanku ini : Jika ia tidak punya kekurangan-kekurangan itu, dia mungkin akan menikah dengan pria yang jauh lebih baik darimu.

44
Hardware, Software dan Networking / tanya: acer travelmate 2420
« pada: Juni 21, 2010, 09:21:49 am »
assalamu’alaykum.wr.wb
mau Tanya, ada yg tahu ndak, memori laptop acer travelmate 2420 bisa diupgrade sampai berapa ya?
terus kira2 butuh budget berapa ya?

45
Artikel Pilihan / meja kayu
« pada: Juni 09, 2010, 09:15:36 am »
Suatu ketika, ada seorang kakek yang harus tinggal dengan anaknya. Selain itu, tinggal pula menantu, dan anak mereka yang berusia 6 tahun. Tangan orangtua ini begitu rapuh, dan sering bergerak tak menentu. Penglihatannya buram, dan cara berjalannya pun ringkih. Keluarga itu biasa makan bersama di ruang makan. Namun, sang orangtua yang pikun ini sering mengacaukan segalanya. Tangannya yang bergetar dan mata yang rabun, membuatnya susah untuk menyantap makanan. Sendok dan garpu kerap jatuh ke bawah. Saat si kakek meraih gelas, segera saja susu itu tumpah membasahi taplak.

Anak dan menantunya pun menjadi gusar. Mereka merasa direpotkan dengan semua ini. “Kita harus lakukan sesuatu, ” ujar sang suami. “Aku sudah bosan membereskan semuanya untuk pak tua ini.” Lalu, kedua suami-istri ini pun membuatkan sebuah meja kecil di sudut ruangan. Disana, sang kakek akan duduk untuk makan sendirian, saat semuanya menyantap makanan. Karena sering memecahkan piring, keduanya juga memberikan mangkuk kayu untuk si kakek.

Sering, saat keluarga itu sibuk dengan makan malam mereka, terdengar isak sedih dari sudut ruangan. Ada airmata yang tampak mengalir dari gurat keriput si kakek. Namun, kata yang keluar dari suami-istri ini selalu omelan agar ia tak menjatuhkan makanan lagi. Anak mereka yang berusia 6 tahun memandangi semua dalam diam.

Suatu malam, sebelum tidur, sang ayah memperhatikan anaknya yang sedang memainkan mainan kayu. Dengan lembut ditanyalah anak itu. “Kamu sedang membuat apa?”. Anaknya menjawab, “Aku sedang membuat meja kayu buat ayah dan ibu untuk makan saatku besar nanti. Nanti, akan kuletakkan di sudut itu, dekat tempat kakek biasa makan.” Anak itu tersenyum dan melanjutkan pekerjaannya.

Jawaban itu membuat kedua orangtuanya begitu sedih dan terpukul. Mereka tak mampu berkata-kata lagi. Lalu, airmatapun mulai bergulir dari kedua pipi mereka. Walau tak ada kata-kata yang terucap, kedua orangtua ini mengerti, ada sesuatu yang harus diperbaiki. Malam itu, mereka menuntun tangan si kakek untuk kembali makan bersama di meja makan. Tak ada lagi omelan yang keluar saat ada piring yang jatuh, makanan yang tumpah atau taplak yang ternoda. Kini, mereka bisa makan bersama lagi di meja utama.

***

Sahabat, anak-anak adalah persepsi dari kita. Mata mereka akan selalu mengamati, telinga mereka akan selalu menyimak, dan pikiran mereka akan selalu mencerna setiap hal yang kita lakukan. Mereka ada peniru. Jika mereka melihat kita memperlakukan orang lain dengan sopan, hal itu pula yang akan dilakukan oleh mereka saat dewasa kelak. Orangtua yang bijak, akan selalu menyadari, setiap “bangunan jiwa” yang disusun, adalah pondasi yang kekal buat masa depan anak-anak.

Mari, susunlah bangunan itu dengan bijak. Untuk anak-anak kita, untuk masa depan kita, untuk semuanya. Sebab, untuk mereka lah kita akan selalu belajar, bahwa berbuat baik pada orang lain, adalah sama halnya dengan tabungan masa depan.


Dari sahabat

Halaman: 1 2 [3] 4 5 ... 25