Perlihatkan Tulisan

Seksi ini mengijinkan Anda untuk melihat semua tulisan yang dibuat oleh anggota ini. Catatan bahwa Anda hanya bisa melihat tulisan yang dibuat dalam area di mana Anda memiliki akses terhadapnya.


Pesan - abu_ahmad syafiq

Halaman: [1] 2 3 ... 40
1
Ketiga
Dari zamannya Imam Malik sampai Imam Ahmad rahimahullahpun belum didapati adanya peringatan maulid nabi.

Jujur, ditanya oleh orang selevel antum ana gak bisa jawab tentu antum jauh lebih faqi dalam usul fiqihnya. Lebih tahu sebab musabab suatu amalan itu menjadi halal dan haram dalam pandangn fiqih.

Dan jujur pula bagi ana, usaha terbaik ana adalh mencoba berislam apa adanya ketika ingin suatu amalan tersebut harapannya adalah pahala, maka ana beramal menurut apa yang pernah ada dari rasul dan diikuti para sahabatnya. Ketika suatu amalan itu tidak ada di zaman rasul dan para sahabatnya, maka tidak ana lakukan.

Jujur, untuk berdalil ana tidaklah pandai apalagi harus menjelaskan menurut ushul fiqih, ana jahil dalam hal itu. So, bukan masalah menghalalkan apa yang haram dan mengharaman yang halal akhi, tentu permasalahan ini pula antum juga lebih faham dalam menjelsakannya. Tapi bagi ana mencukupkan bagaimana rasululah shalallahu 'alaii wasallam menjelaskan ajaran islam kemudian dipraktekkan oleh para sahabatnya itlah yang dalam usaha ana selalu lakukan.


2
bukannya antum lebih jago masalah dalil... ;)) ;)) ;))

kedua, kurun waktu semasa hidupnya kahulafaur rasyidin hingga generasi tabi'in tidak pernah sekalipun ada sebuah peringatan untuk merayakan hari lahirnya nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wasallam. Padahal para sahabat radiyallahu 'anhum orang-oramg yang paling dekat dan masyhur kecintaannya kepada rasul shalallahu 'alaihi wasallam.

Ana hanya baca sirah nabawiyah dan sirah khilafah ;) jadi dalil gak apal...

3
Puisi / Re: akupun begitu
« pada: April 01, 2008, 10:02:22 pm »
to my beloved husband

Jangan bertutur malam ini kau tak bisa tidur
Jangan berucap kau merinduku kala sepi menyergap

Simpan saja ...

Karena akupun begitu
Bahkan akupun lebih dari itu


biarkan hatiku menerawang jauh
jika kau tak mau bertutur pada malam

karena detak jantungku bertutur mengusir gelisah
dan tak ku biarkan seisi hatiku untuk diam

aku tak peduli jika malam tetap bertutur
karena kerinduanku kian memuncak

dan kini dalam dan semakin tak terukur
dan malampun tak mampu berteriak

seandainya daku boleh bertutur
akan aku da'wahkan bahwa inilah cintaku

yang selamanya tak pernah luntur
sekalipun waktu terus berlalu

istriku, jika kau sampai bertutur pada malam
sertakanlah bahwa akupun pernah bertutur

cinta dan harapan itu takkan kelam
karana Yang Maha Kasih telah mengatur

dan kini malampun mulai terdiam
kaena tak ada satupun yang sanggup bertutur

4
Suami & Istri Sholehah / Akhirnya datang juga...
« pada: April 01, 2008, 09:51:42 pm »
Kesabaran yang akau jalani terbayar sudah. harapan akan terkabulnya keiginanku terwujud. Pernikahanku yang didasari oleh berbedanya sebuah pehamaman di antara kami tak mampu menghalangi cinta kami. Disaksikan oelh penduduk Rt setempat kami melangsungkan akad nikah.

Hampir dua tahun kini menikah dan dikaruniai seorang putra yang jaaan gantengnya. Kini, satu-persatu harapan Allah Ta'ala kabulkan. Aku yang ketika menikah Allah kehendaki meyakini kebenaran sebuah manhaj dan istriku yang saat itu aktif dalam kegiatan yang berbeda fikrah denganku. Satu doaku yang penuh harap dengan sangat adalah agar Allah Ta'alapun menunjuki jalan ke sana (manhaj tersebut). Satu persatu dengan penuh kesabaran. Tak henti-hentinya taujih demi taujih, akhirnya saatnya datang keputusan dari istriku untuk berhenti dari aktivitasnya tersebut.

Satu hal yang selalu aku tekankan pada istri belahan hatiku adalah semampunya agar setiap amalnya sesuai dengan sunnah. karena itulah kunci sukses dalam berislam dalam segala halnya terutama demi jaminan surga.

I love U so much umi... :x :x :x


pesan moderator:
dengan berbagai pertimbangan, tulisan di atas telah diedit untuk kenyamanan kita bersama
:)
terima kasih atas pengertiannya

5
Obrolan Ummat / Re: kenapa kalian jadi muslim ?
« pada: April 01, 2008, 09:43:16 pm »
"setiap anak yang dilahirkan dalamkeadaan fitrah(Islam), maka bapaknyalah yang membuatnya (beragama) Yahudi, Nashrani atau Majusi.(HR. Imam BuKhari).

6
Movies / Tidak ada cinta dalam "film ayat-ayat cinta"
« pada: April 01, 2008, 09:39:47 pm »
Nah lho...
Jika kita lihat cover CD, di media atau di Dudung udah ada yang di jadikan gambar avator tentang film ayat-ayat cinta. Subahanallah, laki-laki yang bukan mahramnya begitu amat, apa lagi Film ini digandrungi oleh sebgaian besar "8858u&*(*^())*%". Mau seperti apa wajah generasi islam sakarang ini?...

semuanya kepalsuan dan kemungkaran!!!!
na'udzubillah....



7
assalamuallaikum
saya hampir tiap tahun...ikut merayakan Maulid NABI MUHAMMAD SAW.saya bingung koq ada sebagian besar orang yang tidak ikut maulid nabi padahal khan seharusnya kita bergembira menyambut kelahiran nabi karena nabi muhammad adalah  Contoh teladan bagi seluruh umat manusia dan patut diidolakan...tidak seperti orang2 sekarang yang mengidolakan artis2...
begitu juga tahlil untuk mendoakan kaum muslimin dan muslimat yang sudah meninggal....
kanapa coba tidak ada yang mau merayakan
wassalam

Pertama,
Semenjak lahirnya beliau shalallahu 'alaihi wasallam hingga wafat tidak pernah sekalipun ada perayaan maulid nabi. Tentunya jika itu dibenarkan maka beliaulah yang paling berhaq merayakan peringatan maulid nabi karena itu adalahkelahiran belau shalallahu 'alaihi wasallam...




8
Televisi dan Media Lainnya / Kajian salafy di TVRI
« pada: April 01, 2008, 09:27:38 pm »
Kabar gembira, kajian sunnah mulai di ni'mati siapa saja. Entah di desa dan di kota. InsyaAllah da'wah sunnah akan terus membumi sehingga menjadi jayalah Islam ini di atas ilmu shahihah. InsyaAllah di TVRI tiap hari minggu jam 05.00 pagi akan di isi oleh Ustadz Badrus salam . Lc hafidzullah dan Ustadz Zainal Abidin. Lc hafidulllah.


Manfaatkan kesempatan bagus ini.

Sebarkan informasi ini kepada keluarga, tetangga dan teman serta siapa saja yang antum sekalian kenal, semoga bermanfaat. =D> =D> =D>

Kerjasama dengan radio rodja 756 AM, radio da'wah ahlus sunnah wal jam'ah

9
Wah, selama Hammas dan Fattah masih rebutan kekuasaan, sulit kemenagan tercapai...

10
Berita & Politik / Re: Kenyataan Pahit Sebuah "Demokrasi"
« pada: Maret 04, 2008, 08:39:21 pm »
balik lagi maslah demokrasi...
lebih dari seratus partai mendaftarkan demi ikut pemilu 2009, so apasih tujuan partai?

alotnya pengesahan RUU pemilu, menandakan betapa masing-masing partai begitu takutnya kehabisan atau tidak kebagian jatah kursi. Kapan yah ngurusin rakyatnya. Inikah sisitem demokrasi yang memaksa rakyat merasakan perihnya penderitaan. Sementara ketika musim kampanye begitu dekatnya para calon-calon pemimpin dari masing-masing partai yang mengsungnya. Setelah jadi, hampir tidak ada bekas bahwa dulu pernah berkampanye dengan janji-janji palsunya...


Hhhhhhhhhhhhhhh!!!

11
Movies / Re: Film "Ayat-Ayat Cinta"
« pada: Maret 04, 2008, 08:26:13 pm »
Masihkah film ayat-ayat cinta dikatakan film da'wah?...

Rianti Cartwright (berperan sebagai Aisha)
- Berprofesi sebagai model, aktris, dan VJ MTV Indonesia.
- Pemakai parfum Clinique Happy dan Estee Lauder Pleasures.
- Langkah Rianti di dunia hiburan Indonesia makin mantap sejak dia
membintangi Jomblo (2006) sebagai Asri, pemeran utama
- Dalam film Pesan Dari Surga (2006), Rianti dituntut memerankan
seorang KATOLIK taat yang juga pandai bermain musik
- Demi sebuah tuntutan peran, Rianti Cartwright rela belajar agama
Katolik
- Merupakan penggemar band All American Reject dan Green Day.
- Saat berperan sebagai orang Katolik, dia sadar bahwasannya semua
agama mengajarkan untuk menjalankan kebaikan dan menjauhkan manusia
dari perbuatan yang dilarang agama.

Fedi Nuril (berperan sebagai Fahri)
- Adalah seorang model, aktor Indonesia dan anggota grup musik Garasi.
- Personel grup band Garasi bersama Ayu Ratna (perempuan?) dan Aries
Budiman
- Film Fedi Nuril sebelumnya menampilkan Fedi ciuman dengan perempuan
bukan mahram.

Kutipan dari film Jomblo yang disutradai oleh Hanung Bramantyo
(sutradara Ayat-Ayat Cinta):
- "Safe sex...safe sex...wong punya pacar aja susahnya minta
ampun.." (Bimo ketika melihat tulisan safe sex di bungkus kondom)
- "Kita itu harus edan-edanan dalam mendekati wanita... karena kita
harus menghadapi ketatnya persaingan dan kepasrahan pada jeleknya
tampang!" (Agus kepada Doni dan Olip)
- "Cinta itu bisa datang, cinta juga bisa pergi. Tapi ada satu yang
cinta enggak bisa....cinta enggak bisa menunggu.." (Doni kepada Olip)
- "Kalau kita terus mencari yang terbaik untuk menjadi pasangan hidup
kita, suatu saat pasti saya juga akan ninggalin kamu..." (Agus kepada
Lani)

Masih berpikir Ayat-Ayat Cinta adalah "film dakwah"? Pemerannya saja
jelas-jelas bukan tauladan. Bukankah teladan kita adalah Rasulullah?




12
Obrolan Ummat / Re: Afwan yaa ikhwaan
« pada: Maret 04, 2008, 08:24:30 pm »
Yah, di karenakan gak bisa main internet lagi mau gimana dong, tapi insyaAllaoh seskali mampir deh kalo ada waktu ke warnet...

13
Obrolan Ummat / Afwan yaa ikhwaan
« pada: Februari 28, 2008, 08:26:25 pm »
The last post...

Assalaamu 'alaikum warhamatullaahi wabarkaatuh

Barakallahu fiikum.
Subhanallah, begitu tertata rapihnya kehidupan ini diatur oleh_Nya. Babian kecil dari apa yang menjadi kekuasaan_Nya adalh lika-liku perjalannan hidupku. Subhanallah, bagian pentong dari sekian lama hidup yang dilalui adalah antara aku dan dudung.net.

Memang aku sudah tak ingat lagi kapan saat pertama kali aku masuk di forum dudung ini atau bahkan asal muasal aku kenal dudung.net. Yang pasti, bagian dari perjalanan hidupku adalah terisi hari-hariku untuk selalu mewarnai hiruk-pikuknya aktifitas dudung.net, walaau hanya sekedar mengecek siap saja yang online. ;;)

Bagian penting yang tentu tak pernah terlupakan adalah apa yang menjadi sejarah indah dari bingkaian perjalanan hidupku. Waktu itu, satu artikel yang indah yang dengan lantaran membca artikel itu Allah Ta'ala menggetarkan hatiku untuk berazzam untuk menikah. Ya, proposal nikah. Satu artikel yang cukup menyentuh hatiku sekaligus takkan terlupakan. Bagaimana tidak, selam perjalan hidupku, selama aku bergumul dengan sekian banyak manusia di antaranya para wanita(akhwat), waktu itu belum terdetik olehku niatan untuk menikah. Subhanallah, lewat artikel proposal nikah Allah Yang Maha Rahmah menjadikan hatiku begitu kuat untuk menikah.

Aku tak pernah habis fikir sebelumnya. Jujur, aku yang hanya anak kampung yang hidup jauh dari keramaian kota, merantau ke Jakarta menikah hanya dengan perantara canggihnya teknologi, yang orang tuakupun tidak faham tentang itu, Allah Ta'ala lebih tahu segalanya. Hanya dengan berkomunikasi lewat PM kesepakata nikah terlaksana, begitu Allah Ta'ala memeberi kemudahan atas semuanya(proses pernikahan).

Entah sudah berapa banyak pribadi-pribadi yang tentunya saling berbeda satu sama lain, yang tentunya membuktikan bahwa itulah sebuh fitrah. Dan entah sudah berapa banyak generasi yang datang silih berganti mengisi rumah dudung.net, yang seolah selalu mewarisi hal-hal baru dalam riuhnya kesibukan para pecandu teknologi yang satu ini. Dudung.net, memberi nuansa baru dalam dunia da'wah. Cinta yang tentunya erat kaitannya dengan masalah hati, hingga masalah yang paling penting dalam Islam menjadi pilihan yang tentu tersaji di rumah dudung.net.

Aku dengan segenap ketulusan hatiku, meminta seluruh penghuni dudung.net yang tentunya pak Presiden dudung dan sekeluarga yang semoga Allah Ta'ala memberkahi. Aku memohon kleikhlasannya untuk menerima segala kesalahanku. Baik yang disengaja ataupun yang tidak sengaja, begitu pula sebaliknya.

Terasa berat memang aku berucap semua ini. Bagaimana tidak, setiap pertama kali aku mendudukkan diri di kursi kebangsaanku(yang biasa buat ngenet) hal yang pertama kali aku buka adalah pintu kedamaian rumah yang indah nan asri dudung.net. Semua orang berbahagia didalamnya. Terasa belum lengkap jika ngenet belum masuk ke dudung.net.

Semoga di dudung.net akan tumbuh beribu-ribu cinta bahkan lebih dari itu. Yang karenanya Allah Ta'a menjadikannya pertemuan abadi akan tercipta. Cinta bagian dari hal yang mungkin seseorang akan mendapatkan surga, cinta yang dihiasi ridha_Nya. Cinta, yang karenanya Allah Ta'ala membukakan pintu hidayah.

Dariku, mohon maaf yang sebesar-besarnya  :( :( :( :(




14
Fiqih Islam / Re: Diskusi lanjutan
« pada: Februari 21, 2008, 08:09:15 am »

Maslahah mursalah?Kok bisa?Jika sarana dihukumi berdasarkan tujuannya itu saddudzari'ah......
.

Kenapa ana mengatakan bahwa teknologi, pakaian, bangunan dan lainnya dikatakan maslahatul mursalah. Di awal akh teroris mengatakan bahwa sebuah ungkapan tasyabbuh dalam berpakaian. Nah kemudian dia mengatkan bahwa pakaian yang banyak kita pakai sekarang ini adalah buatan non muslim atau juga sering dipakai oleh non muslim. Sehingga dia mengatakan bahwa bukankah itu adalh erbuatan tasyabbuh. Dan menurut ana hal demikian adalah bukan dari tasyabbuh. Karena dalil tentang hal-hal(berpakaian) yang termasuk dalam tasyabbuh adalah telah sah dijelasakan oleh sunnah seperti halnya wajibnya memanjangkan jenggot, larangan berisbal adalah bagian dari perintah menyelisihi nashrani dan yahudi. Selebihnya yang tidak masuk dalam itu(larangan) sah-sah saja. Seperti kaos oblong, kemeja, celana dan sebagianya.


1.Anda mengatakan pengharaman tasyabbuh, hukumnya disamakan seperti pengharaman khamr.Ini bathil...karena dalil dari pengharaman judi, khamr, riba...itu "qat'iuddalalah".artinya...jika kita mengingkari pengharaman dalil itu, hukumnya kafir.


Perlu dirinci, diatas ana kemukakan bahwa tasyabbuh dalam berpakaian tidak menunjukkan bahwa hanya karena orang-orang non muslim memakaianya atau mereka yang membuatnya lantas kita pakai itu masuk bagian dari tasyabbuh, tentu menurut pemahaman ana bukan tasyabbuh. Yang masuk kedalam tasyabuh adalah apa yang telah dijelaskan oleh hadits seperti juga contohnya dikemukakan di atas.

Masalah mengingkari hal yang telah qat'i adalah kafir, juga perlu ditelaah dulu. Apakah sesorang yang mengingkari hukum tersebut langsung divonis kafir? tentu tidak segampang itu. Apakah orang itu sudah tegak hujjah tentang hukum tersebut. Bisa jadi pengingkarannya karena benar-benar belum tahu.

haram ada 2 mas...lidzatihi dan lighairihi...maka saya sarankan...agr diskusi kita nyambung...anda baca dulu apa itu haram lidzatihi, dan apa itu haram lighairihi...jadinya qita ga muter2 diskusinya.

Contoh sederhana begini:Pengharaman bangkai, itu haram lidzatihi.maka bangkai tidak boleh terkecuali jika dalam keadaan dharurat.dharurat adalah suatu keadaan yang dapat membinasakan diri kita jika kita tidak makan sesuatu yang haram itu.

Contoh haram lighairihi....sutra...anak laki2 dilarang memakai sutra...tapi kalau keadaanya dingin maka ga masalah memakai sutra.karena ini hajat....atau untuk menyembuhkan penyakit kulit.Nah...kategori inilah tasyabbuh...sutra juga ada dalil yang mengharamkanm, nash nya pun jelas...tapi keadaan bisa jadi halal jika ada hajat
kalo itu  ;)mah udah tahu kang,...

Untuk masalah sutrapun telas sah ada dalil yang menghalalkan pemakaiannya dalam kondsi tertentu. Tapi, apakah sesorang boleh memanjangkan jenggot karena ada hajat, atau bolehnya berisbal karena hajat ? karena dua hal tersebut bagian dari perintahnya adalh dalam rangka mentelisihi nashrani.

Dan untuk hal dharurat, dalam qaidah fiqih dijelaskan"idza tusi'at dzaaqat", yang maksudnya adalah mengkonsumsi atau mengamalkan sesuatu yang hukum asalnya haram hanya seperlunya saja. Ketika penyebabnya sudah tidak ada(hajat darurat) tentu hukum kembali seperti semula yaitu tetap haram.

Dan segala sesuatu hukum jika telah sah halal haramnya dan tidak bisa diganggu gugat ketika sesuatu suatu hal dalam keadaan normal(jika tidak ada hajat darurat)

itu sedikit pemahaman ana... B-)






15
Fiqih Islam / Re: Bagi yang tidak setuju taklid, silahkan posting disini..
« pada: Februari 21, 2008, 07:42:08 am »
contoh taklid adalah, katika ana membaca shahih bukhari, ana tidak bisa mensyarah seluruh isi hadits yang ada pada shahih bukhari tersebut. Untuk itu ana bertaklid pada Ibnu hajjar dalam kitab fathul barri'nya.


Halaman: [1] 2 3 ... 40