Komunitas DUDUNG.NET

RUMAHKU SURGAKU => Jodoh & Pernikahan => Topik dimulai oleh: peLan9i pada Maret 29, 2007, 10:06:45 am

Judul: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: peLan9i pada Maret 29, 2007, 10:06:45 am
apa aja yang musti disiapin.....??
kasih tau,
kasih tau,
kasih tau...
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: LebaH pada Maret 29, 2007, 10:19:06 am
doa  :x :x :x :x :x
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: eS_eR pada Maret 29, 2007, 10:39:37 am
banyak banget ...

yang pertama restu dari ortu ...

persiapkan mental menuju pernikahan

trus persiapkan stelah pernikahan .. rutinitas yang akan dijalani


trus ..terserah anda
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: Herera pada Maret 29, 2007, 10:51:50 am
Yang pasti ketika kamu memutuskan menikah saat masih kuliah, kamu harus bisa mengatur waktu dengan sebaik - baiknya, sehingga keduanya bisa berjalan beriringan tanpa harus mengorbankan salah satu, ok...  :cool:
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: andromeda pada Maret 29, 2007, 11:19:55 am
Kerja sambil kuliah aja repot and pusing setengah mati...
Apalagi plus nikah...
Widihh.. Ga kebayang deh

Eits...itu kalo male lho ya..
Soalnya tanggung jawabnya lebih gedhe

Kalo female,, yaa...tau sendiri lah
Apapun kondisinya hayoo aja..  :)
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: ARCHER pada Maret 29, 2007, 04:04:56 pm
apa aja yang musti disiapin.....??
kasih tau,
kasih tau,
kasih tau...
Sebenarnya ane belum mengalami tapi secara umum yang harus disiapkan sebagaimana pernikahan lainnya adalah ilmu. Al-ilmu qoblal amal.
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: inoex135 pada Maret 30, 2007, 05:10:55 pm
banyak banget ...

yang pertama restu dari ortu ...
.....

gagal di sini  :D
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: peLan9i pada Maret 30, 2007, 05:24:28 pm
banyak banget ...

yang pertama restu dari ortu ...
.....

gagal di sini  :D

iyya ituu...
ituu...
  =((
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: inoex135 pada Maret 30, 2007, 05:53:27 pm
banyak banget ...

yang pertama restu dari ortu ...
.....

gagal di sini  :D

iyya ituu...
ituu...
  =((

tapi sekarang dah dapet.. tapi mentalnya dah keburu down hahahaha :))
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: PernikMuslim pada Maret 30, 2007, 07:58:39 pm
sebelum menikah saat kuliah, pikirkan dulu. apakah antum sekedar ingin? atau sudah menjadi kebutuhan? karena beda lo ;) semua orang waras pasti ingin nikah, tapi buat yang belum butuh, kan bisa puasa  :cool:
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: peLan9i pada Maret 31, 2007, 04:35:29 pm
sebelum menikah saat kuliah, pikirkan dulu. apakah antum sekedar ingin? atau sudah menjadi kebutuhan? karena beda lo ;) semua orang waras pasti ingin nikah, tapi buat yang belum butuh, kan bisa puasa  :cool:

 :cool: :great: :cool: :great: :cool: :great: :cool: :great: :cool: :great: :cool: :great:
ingin apa butuh y? wah, dipertanyakan lg hehehe...
lg pengen nyari tau aja, sapa tau ada yg dtg pas kuliah, kan jd ngga bingung  :D :D
kta senior jd akhwat mah, kapan pun hrs siap, krn akhwat dikasih hak sama Allah buat bilang ya ato ngga saat ada yg datang...  ;)
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: prince_darkness pada April 01, 2007, 07:58:19 pm
apa aja yang musti disiapin.....??
kasih tau,
kasih tau,
kasih tau...
hmm...mau nikah dg siapa teh???aku tau loh....
duh enak pisan ngejebaknya,....

Yang mesti disiapin
1. ilmu
2. mental
3. duit
4. fisik


4 itu aja deh
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: PernikMuslim pada April 01, 2007, 09:48:28 pm
prince sudah sedikit benar hehehe....

yang perlu disiapin, berdasar pengalaman pribadi nih.

1. sudah butuh
2. ilmu
3. mental
4. mental lagi
5. mental sekali lagi
6. mental baja ;)

karena antum menikah bukan hanya dengan akhwatnya, tapi juga berhadapan dengan keluarga besarnya
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: Himmura pada April 02, 2007, 01:05:43 pm
tambahan

Tekad sekuat baja.............
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: prince_darkness pada April 02, 2007, 01:28:16 pm
prince sudah sedikit benar hehehe....

yang perlu disiapin, berdasar pengalaman pribadi nih.

1. sudah butuh
2. ilmu
3. mental
4. mental lagi
5. mental sekali lagi
6. mental baja ;)

karena antum menikah bukan hanya dengan akhwatnya, tapi juga berhadapan dengan keluarga besarnya
kalo untuk urusan nikah menikah...aku percaya sama om pernik muslim....udah pengalaman bok.....
mental itu yang bener2 utama ... dan dibarengi dg ilmu apapun itu.....dijamin langgeng deh....
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: ritz pada April 02, 2007, 02:15:21 pm
Hari gini bisa nerusin kuliah pake cinta doank yach? Bisa punya istri dengan kondisi istri nyari makan sendiri atau masih dari orang tuanya? Pulang pergi kampus ke rumah, rumah ke pasar, rumah ke kantor, dll bisa pake cinta doank ???

Materi buat ane jadi pertimbangan pertama, tapi bukan yang paling utama  ;))
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: eS_eR pada April 02, 2007, 02:25:00 pm
yang penting seeh anda dah siap menjalani atau tidak .. karna stelah menikah anda menyesal tak akan berguna ...


butuh persiapan yg matang
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: serunting pada April 02, 2007, 02:33:34 pm
yang penting seeh anda dah siap menjalani atau tidak .. karna stelah menikah anda menyesal tak akan berguna ...


butuh persiapan yg matang
Justru karena itulah topik ini dibuat!!!
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: prince_darkness pada April 02, 2007, 03:09:34 pm
mas serunting gimana nih???? :x :x
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: serunting pada April 02, 2007, 04:37:37 pm
mas serunting gimana nih???? :x :x

Lha...
Khan sy mah dah ga kuliah..  :p
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: rho_me pada April 02, 2007, 05:24:58 pm
alhamdulillah kalo ada yang berani mengambil keputusan menikah saat kuliah, jadi tambah semangat untuk ngeyakinin dia buat nikah dini.. moga saja dia juga berani mengambil keputusan buat nikah saat kuliah. amin
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: PernikMuslim pada April 03, 2007, 05:52:58 am
Hari gini bisa nerusin kuliah pake cinta doank yach? Bisa punya istri dengan kondisi istri nyari makan sendiri atau masih dari orang tuanya? Pulang pergi kampus ke rumah, rumah ke pasar, rumah ke kantor, dll bisa pake cinta doank ???

Materi buat ane jadi pertimbangan pertama, tapi bukan yang paling utama  ;))

ya kalo pake cinta doang gak bisa lah akh. tapi kalo make semangat cinta itu bisa. karena semangat cinta ini jadi semangat usaha dan akhirnya jadi duit ;)
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: peLan9i pada April 04, 2007, 03:46:46 pm
apa aja yang musti disiapin.....??
kasih tau,
kasih tau,
kasih tau...
hmm...mau nikah dg siapa teh???aku tau loh....
duh enak pisan ngejebaknya,....

Yang mesti disiapin
1. ilmu
2. mental
3. duit
4. fisik


4 itu aja deh


weeeiiiyyy priiiiii (hampir nyebut nama niii :D )
jangan asal ngegosip yaaaa...
priii kan bawel, suka ngegosip yang aneh2  :D :D :D

Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: fie_vie pada April 05, 2007, 12:13:10 pm
hmm... :-?
aduwh gmn ya...
:102:
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: Himmura pada April 05, 2007, 01:12:20 pm
Aduh biar dipikir-pikir bagaimamapun, tetep aja gak berani buat nikah sekarang...
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: PernikMuslim pada April 06, 2007, 04:33:30 pm
Aduh biar dipikir-pikir bagaimamapun, tetep aja gak berani buat nikah sekarang...


lha ya udah to gak usah dipikirin kalo gitu. dijalanin aza :))
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: peLan9i pada April 07, 2007, 11:26:45 am
Aduh biar dipikir-pikir bagaimamapun, tetep aja gak berani buat nikah sekarang...


lha ya udah to gak usah dipikirin kalo gitu. dijalanin aza :))

 =D> =D> =D> =D>

 :D :D :D :D
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: Himmura pada April 09, 2007, 09:35:23 am
Jika malam-malam terasa lebih sepi dari sebelumnya,
Jika hangatnya persahabatan sudah tak cukup untuk mencurahkan isi hati,
Jika saat indah jadi terasa hambar dan tak berbekas,
Jika hati mulai merasakan rindu,
Jika hati mulai membutuhkan seseorang yang menguatkan di saat dirinya lemah,
Jika hati mulai membutuhkan seseorang yang menyejukkan di saat dirinya gerah,
Jika hati mulai membutuhkan pelabuhan di saat dirinya letih,
Jika hati mulai membutuhkan sandaran di saat dirinya lelah,
Jika damainya Qiyamullail tak bisa lagi mendamaikan,
JIka doa mulai dirasa kurang,
Jika......... dan jika...........
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: peLan9i pada April 11, 2007, 08:53:08 am
Jika malam-malam terasa lebih sepi dari sebelumnya,
Jika hangatnya persahabatan sudah tak cukup untuk mencurahkan isi hati,
Jika saat indah jadi terasa hambar dan tak berbekas,
Jika hati mulai merasakan rindu,
Jika hati mulai membutuhkan seseorang yang menguatkan di saat dirinya lemah,
Jika hati mulai membutuhkan seseorang yang menyejukkan di saat dirinya gerah,
Jika hati mulai membutuhkan pelabuhan di saat dirinya letih,
Jika hati mulai membutuhkan sandaran di saat dirinya lelah,
Jika damainya Qiyamullail tak bisa lagi mendamaikan,
JIka doa mulai dirasa kurang,
Jika......... dan jika...........

jika semua baik2 saja, bahkan sangat baik...
tapi tiba2 Allah mendatangkan seseorang
lebih cpat dr yang diperkirakan...
gimana? gimana?

 ;;) ;;) ;;) ;;)
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: Himmura pada April 11, 2007, 10:19:37 am
Jika malam-malam terasa lebih sepi dari sebelumnya,
Jika hangatnya persahabatan sudah tak cukup untuk mencurahkan isi hati,
Jika saat indah jadi terasa hambar dan tak berbekas,
Jika hati mulai merasakan rindu,
Jika hati mulai membutuhkan seseorang yang menguatkan di saat dirinya lemah,
Jika hati mulai membutuhkan seseorang yang menyejukkan di saat dirinya gerah,
Jika hati mulai membutuhkan pelabuhan di saat dirinya letih,
Jika hati mulai membutuhkan sandaran di saat dirinya lelah,
Jika damainya Qiyamullail tak bisa lagi mendamaikan,
JIka doa mulai dirasa kurang,
Jika......... dan jika...........

jika semua baik2 saja, bahkan sangat baik...
tapi tiba2 Allah mendatangkan seseorang
lebih cpat dr yang diperkirakan...
gimana? gimana?

 ;;) ;;) ;;) ;;)

Terima aja........ itu yang terbaik
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: fie_vie pada April 11, 2007, 12:45:24 pm

jika semua baik2 saja, bahkan sangat baik...
tapi tiba2 Allah mendatangkan seseorang
lebih cpat dr yang diperkirakan...
gimana? gimana?

 ;;) ;;) ;;) ;;)

biasanya teh...
Allah memang mendatangkan seseorang dengan sangat cepat..
tp pasti ada pilihan..
dan pilihan itu membuat org yg lain sakit hati.. :((
gmn tuh coba??
dosa ndak bikin org sakit hati?? :(

piye jal??
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: ophelia pada April 11, 2007, 12:49:50 pm
biasanya teh...
Allah memang mendatangkan seseorang dengan sangat cepat..
tp pasti ada pilihan..
dan pilihan itu membuat org yg lain sakit hati.. :((
gmn tuh coba??
dosa ndak bikin org sakit hati?? :(

piye jal??


dosa ndak ya?? dosa kali.. ;))
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: fie_vie pada April 11, 2007, 12:51:09 pm
dosa ndak ya?? dosa kali.. ;))

:(( :((
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: Himmura pada April 11, 2007, 12:59:36 pm

biasanya teh...
Allah memang mendatangkan seseorang dengan sangat cepat..
tp pasti ada pilihan..
dan pilihan itu membuat org yg lain sakit hati.. :((
gmn tuh coba??
dosa ndak bikin org sakit hati?? :(

piye jal??


Salah sendiri, siapa suruh naksir kami, weks...... >:) >:)
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: peLan9i pada April 12, 2007, 11:45:32 am

biasanya teh...
Allah memang mendatangkan seseorang dengan sangat cepat..
tp pasti ada pilihan..
dan pilihan itu membuat org yg lain sakit hati.. :((
gmn tuh coba??
dosa ndak bikin org sakit hati?? :(

piye jal??


Salah sendiri, siapa suruh naksir kami, weks...... >:) >:)

 ;)) ;)) ;)) ;))
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: fie_vie pada April 12, 2007, 11:49:59 am
@ pelangi

huuuuu teh pelangi bisanya senyum terus!!
kasih tanggapan dunkzz!
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: serunting pada April 12, 2007, 11:55:56 am
FYI

Kemaren ngobrol ma temen...

Dia dah nikah, tapi istrinya masih kuliah...
Kedokteran, sekarang lagi ngambil spesialis.
Istrinya nikah sambil kuliah, kedokteran, sekarang ngabil spesialis pula, sibuk banget deh kayaknya...
Tapi enjoy adja mereka, meskipun udah punya anak juga tapi seneng2 adja, malah istrinya dapet beasiswa.

Nikah sambil kuliah bikin sibuk???
Kyknya ga juga deh...

Ntar deh, pengen ngobrol lagih, ceritanyah menarik sih...
Dari awal mulai mau nikah halangannya banyaaaaak banget, dari masalah orang tua, mental, finansial, dll...
Tapi akhirnya berhasil juga...

Pesen dari temenku itu, Katanya kesulitan-kesulitan tentang prenikahan yang kebayang waktu sebelum nikah, semua itu mudah kok pas udah nikahnyamah...
Selalu ada jalan keluarnya, dan tidak di sangka sangka...!!!
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: peLan9i pada April 12, 2007, 11:57:46 am
@ pelangi

huuuuu teh pelangi bisanya senyum terus!!
kasih tanggapan dunkzz!

abisnya g ngerti maksud fie hehehe....
lemot yaaa  :D :D :D
membuat oranglain sakit hati gmn??
fie yg sakit hati?
kan ada tombo ati  ;;) ;;)
tp klo dia yg sakit hati...
g tau d  :D
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: fie_vie pada April 12, 2007, 12:03:04 pm
@ serunting

amin...ya Rabb..

hmm.. kayak waktu fie belum pernah pake sftlens
kata bunda.. pake softlens itu ribet, capek, pegel dll..
sampe sebelum pake softlens itu fie search di google, tentang kerugian dan kelebihan memakai softlens..
emg agak rumit siey..
tp pas pake.. biasa aja..
ga ada yang ribet!


abisnya g ngerti maksud fie hehehe....
lemot yaaa  :D :D :D
membuat oranglain sakit hati gmn??
fie yg sakit hati?
kan ada tombo ati  ;;) ;;)
tp klo dia yg sakit hati...
g tau d  :D

bukan fie teh.. yg sakit hati..
tapi seseorang yang tak terpilih... (itu kalo kita sadar)
yg ndak kita sadar ada berapa?? :-?
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: peLan9i pada April 12, 2007, 12:15:41 pm


bukan fie teh.. yg sakit hati..
tapi seseorang yang tak terpilih... (itu kalo kita sadar)
yg ndak kita sadar ada berapa?? :-?


oOo...
iyya juga yah, yg ngga sadar ada berapa hehehe :D
hmmmm gimana atuuuh, da namanya jg ngga sadar...
smoga dia memaafkan kita (lho?!)

Pesen dari temenku itu, Katanya kesulitan-kesulitan tentang prenikahan yang kebayang waktu sebelum nikah, semua itu mudah kok pas udah nikahnya mah...
Selalu ada jalan keluarnya, dan tidak di sangka sangka...!!!

hmmmm...
masaaaa?? hehehe da blum ngerasain, jd ngga percaya hehehe
 :D :D :D
lagian blum punya keberanian...
 :) :) :)
masih mnunggu izin dari ayah & bunda  :x :x

Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: fie_vie pada April 13, 2007, 10:46:51 am
kalo calon isteri masih kuliah..
nanti setelah nikah biasanya jadi kontraktor sama suami..
tuz.. yg beli isi rumahnya siapa??
seperti kompor, panci, wajan, rice cooker (bila perlu), tempat tidur, dll

hayooo???

:D :D
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: 82 pada April 13, 2007, 10:52:22 am
kalo calon isteri masih kuliah..
nanti setelah nikah biasanya jadi kontraktor sama suami..
tuz.. yg beli isi rumahnya siapa??
seperti kompor, panci, wajan, rice cooker (bila perlu), tempat tidur, dll
hayooo???
:D :D
mertua  :p
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: fie_vie pada April 13, 2007, 11:00:47 am

mertua  :p

yg kayak gini niey!!
ngegampangin deh sukanya!! [-(
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: 82 pada April 13, 2007, 11:22:20 am
yg kayak gini niey!!
ngegampangin deh sukanya!! [-(
ibu fie yang terhormat, pilihan masa depan itu memang cuma 3
jadi orang kaya, nikah ama orang kaya, atau jadi menantu orang kaya.

spt yg di iklan apa itu saya lupa
"saya datang....bawa....  :x cintaa....... :x"
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: serunting pada April 13, 2007, 01:54:18 pm
kalo calon isteri masih kuliah..
nanti setelah nikah biasanya jadi kontraktor sama suami..
tuz.. yg beli isi rumahnya siapa??
seperti kompor, panci, wajan, rice cooker (bila perlu), tempat tidur, dll

hayooo???

:D :D

Ga juga deh....
Tergantung dari suaminya juga atuh....

Masih ttp cerita tentang temenku itu, waktu istrinya masih kuliah, banyak temen2 istrinya yg ga percaya kerjaan suaminya yang serabutan.
Bayangin adja, seorang calon dokter, tapi suaminya dagang siomay, datang batagor, jadi tour guide, dll.
Pokoknyamah "he will do anything for love" hwehehhe....

Dan tentang kesiapan finansial, sebetulnya memang ga bisa di nafikan begitu sadjah.
Kesiapan finansial itu memang harus tetap ada.
Tapi ada yang lebih penting, kesiapan untuk memberi nafkah. Kesiapan finansial tidak selalu sama dengan kesiapan memberi nafkah.
Toh bisa sadja seseorang (suami) siap dan mapan secara finansial, tapi tak siap memberi nafkah. Djadi adja istrinya yang susyah, bisa-bisa istrinya "mencuri" haknya dari suaminyah.
Tapi kalo siap memberi nafkah, sekalipun finansial belum memadai, tapi dengan kesiapan memberi nafkah tersebut, finansialpun akan tercukupi.
Bukankah Allah menyuruh menikah, dan seandainya miskin, Allah akan memampukan dengan karunianya. "Percaya ga dengan janji Allah???"
Setidaknya itulah pertanyaan retoris yg diajukan temenkku itu.
Dia malah bilang "kambing adja ada rejekinya, masa kita manusia yang bisa usaha ga dapet???"

Sekarang temen ku kerja di tempat yg sama dgn ku, udah punya anak, istrinya dapet beasiswa nerusin kuliah ngambil spesialisasi.
Sekarang di RSHS Bandung.


kuliah sambil nikah? Ga masalah, yg penting kesiapan mentalnya adjah.
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: fie_vie pada April 13, 2007, 02:02:58 pm
ya.... jadi gmn??
yg beli siapa??
kan isterinya belum berpenghasilan!!
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: peLan9i pada April 13, 2007, 02:11:11 pm
kuliah sambil nikah? Ga masalah, yg penting kesiapan mentalnya adjah.

nah itu...
itu...
klo udah takut duluan, mah ngga kan siap2 yah??
pusing dah...

ya.... jadi gmn??
yg beli siapa??
kan isterinya belum berpenghasilan!!

iyahhh bener...
siapa coba??
ntar klo istrinya msh kuliah, trus suaminya lg ngga punya uang...
kan ngga enak mintanya...
mu minta ke orangtua, tp kan udah jd tanggung jawab suami...
hmmmm...
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: ophelia pada April 13, 2007, 02:14:12 pm
ya.... jadi gmn??
yg beli siapa??
kan isterinya belum berpenghasilan!!

lho..katanya istrinya udah mau kerja?? ;))
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: fie_vie pada April 13, 2007, 02:15:36 pm
lho..katanya istrinya udah mau kerja?? ;))

maksudnya??
seperti di tujukan untuk seseorang :-?
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: peLan9i pada April 13, 2007, 02:19:15 pm
lho..katanya istrinya udah mau kerja?? ;))

maksudnya??
seperti di tujukan untuk seseorang :-?

 =D> =D> =D>
buat fie tuuu...
suka pura2...
xixixixi...
 :D :D :D :D
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: fie_vie pada April 13, 2007, 02:23:41 pm
kuliah sambil nikah? Ga masalah, yg penting kesiapan mentalnya adjah.

hmm..
kalo masalah mental..
kita berani berhadapan atau bermain api dengan seseorang aja itu sudah pake mental!
gmn kalo udah berani nerima lamaran org!



Kutip
iyahhh bener...
siapa coba??
ntar klo istrinya msh kuliah, trus suaminya lg ngga punya uang...
kan ngga enak mintanya...
mu minta ke orangtua, tp kan udah jd tanggung jawab suami...
hmmmm...

emang siey.. semuanya udah tanggung jawab suami..
apalagi kalo suaminya menyadari isterinya masih kuliah..
berarti si suami harus tau dan harus bisa hadapi semua konsekwensinya!
tp kan.. :D
minta nya itu loh!!
gmn ya? :-?


Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: peLan9i pada April 13, 2007, 03:13:17 pm

emang siey.. semuanya udah tanggung jawab suami..
apalagi kalo suaminya menyadari isterinya masih kuliah..
berarti si suami harus tau dan harus bisa hadapi semua konsekwensinya!
tp kan.. :D
minta nya itu loh!!
gmn ya? :-?


iyaaaahhh, takut mintanya, g berani sereeeemmm...  :( :( :(( :((
kcuali klo suaminya pengertiaaaaan bgt  :"> :">
hehehehe tapi kan suaminya juga blon ada...   :D :D
udah serem duluan hehehe...
aneh yah...
hehehehe...
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: Laily Oktar pada April 14, 2007, 07:14:51 pm
anak2 Biologi terkenal laku banget <yang cewek>
di kelasku aja ada 3 orang yang lagi hamil...eh, udah dua ding yang melahirkan, yang satu sedang bhamil tua
dia jadi nggak bisa ngambil Ekologi, praktikumnya berat banget

dulu aku bercita2 menikah muda, tapi...
aku tidak mau lagi

aku ingin menikah di saat yang tepat
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: PernikMuslim pada April 15, 2007, 11:20:39 pm
rizki itu datangnya dari Allah, lewat mana aja gak masalah :)

entah dapet undian, hibah, dipinjamin orang, dapet dari kerja, semuanya sama, rezki dari Allah. yang diperintahkan cuma mencari, sisanya...percayakan pada Allah :)
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: ARCHER pada April 16, 2007, 10:42:10 am
Kebetulan kemaren pas kajian di Al-Hasanah sempat lihat-lihat buku yang dijual. Ade judulnya yang menarik yang ditulis oleh Syaikh Muhammad bin Sholeh Al-'Utsaimin yang diterjemahkan dengan judul "Maka Menikahlah". Teman ane cuman senyam-senyum aja lihatin bukunya.
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: greenlover pada April 18, 2007, 08:03:18 pm
Kebetulan kemaren pas kajian di Al-Hasanah sempat lihat-lihat buku yang dijual. Ade judulnya yang menarik yang ditulis oleh Syaikh Muhammad bin Sholeh Al-'Utsaimin yang diterjemahkan dengan judul "Maka Menikahlah". Teman ane cuman senyam-senyum aja lihatin bukunya.

hmm..sptnya menarik..

jd bingung...mental masi ky anak2...ud pengen nikah?...

kadang nikah kbutuhan..kadangan hanya keinginan...............


bingung titik

Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: prince_darkness pada April 19, 2007, 10:04:34 am
yg kayak gini niey!!
ngegampangin deh sukanya!! [-(
ibu fie yang terhormat, pilihan masa depan itu memang cuma 3
jadi orang kaya, nikah ama orang kaya, atau jadi menantu orang kaya.

spt yg di iklan apa itu saya lupa
"saya datang....bawa....  :x cintaa....... :x"
gue suka gaya loe!!!!
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: peLan9i pada April 19, 2007, 12:47:34 pm

hmm..sptnya menarik..

jd bingung...mental masi ky anak2...ud pengen nikah?...

kadang nikah kbutuhan..kadangan hanya keinginan...............


bingung titik



ngga boleh bingung...
iya juga c, kebutuhan apa keinginan yah??
klo 2-2nya gmn? xixixi...
lebih bingung lagi klo jd prempuan...
tp ngga boleh bingung...
banyak bdoa ajah  :D :D
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: fie_vie pada April 19, 2007, 12:51:35 pm
ndak boleh binun!!
menikah ndak bisa di jadikan alasan seseorang untuk ndak bisa maju!
so.. chayoo!! (apa siey fie :D )
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: greenlover pada April 19, 2007, 03:13:32 pm
prince sudah sedikit benar hehehe....

yang perlu disiapin, berdasar pengalaman pribadi nih.

1. sudah butuh
2. ilmu
3. mental
4. mental lagi
5. mental sekali lagi
6. mental baja ;)

karena antum menikah bukan hanya dengan akhwatnya, tapi juga berhadapan dengan keluarga besarnya

pengalaman pribadi apa nih..bisa di share gk?ttg mental baja :-??
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: ikhlas hati pada April 24, 2007, 02:04:48 pm
klo aku pribadi sih...klo mau nikah harus bisa memberi makan istri, walaupun aku percaya rejeki ada yang ngatur tapi aku ngak tega klo istri yang aku cintai harus kelaparan
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: Luthi pada April 24, 2007, 03:42:08 pm
pokonya harus bermental metal  B-)
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: peLan9i pada April 24, 2007, 03:47:56 pm
pokonya harus bermental metal  B-)

 :great: :great: :great: :great:

kuat mental...
mental kuat...
bertahan...
demi sbuah keyakinan...
(g nyambung yaakk??)
xixixi
 :) :) :) :) :)
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: de_mam pada April 26, 2007, 01:58:03 pm
yang mendasar dari semua persiapan adalah persiapan iman...
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: PernikMuslim pada April 27, 2007, 03:01:00 am
kewajiban suami sebenarnya terlihat cukup mudah :

1. memberinya makan jika dirimu makan
2. memberinya pakaian jika dirimu berpakaian

simple huh ;)
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: Himmura pada April 27, 2007, 10:23:11 am
@atasku

gak se-simple itu lagi..... pernikahan bukan hanya sehari atau dua hari.... apa lagi buat calon suami, karena
suami adalah pemimpin. Butuh persiapan yang sangat-sangat mateng. bukan hanya materi, tapi jiwa dan ruhiyah
juga perlu.... Kita harus siap hidup dengan tanpa bergantung pada orang lain termasuk orang tua kita. Harus juga
siap menghadapi segala kesulitan yang mungkin telah menghadang kita.... semua harus kita persiapkan.... kalo
masih "kanak-kanak" sebaiknya jangan dulu deh.... walau nikah adalah sebagian agama....
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: PernikMuslim pada Mei 05, 2007, 12:02:48 am
@atasku

gak se-simple itu lagi..... pernikahan bukan hanya sehari atau dua hari.... apa lagi buat calon suami, karena
suami adalah pemimpin. Butuh persiapan yang sangat-sangat mateng. bukan hanya materi, tapi jiwa dan ruhiyah
juga perlu.... Kita harus siap hidup dengan tanpa bergantung pada orang lain termasuk orang tua kita. Harus juga
siap menghadapi segala kesulitan yang mungkin telah menghadang kita.... semua harus kita persiapkan.... kalo
masih "kanak-kanak" sebaiknya jangan dulu deh.... walau nikah adalah sebagian agama....

yang diatas itu adalah kewajiban suami dalam hal fisik :)

tentu saja suami harus dan wajib 'memberi makan' ruhiyah istri dengan mengajarkannya agama, mengontrolnya, memarahinya, dll...

tapi, buat yang takut menikah karena gak ada harta, liat kewajiban diatas. :)
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: Luthi pada Mei 05, 2007, 01:30:43 pm
@atasku

gak se-simple itu lagi..... pernikahan bukan hanya sehari atau dua hari.... apa lagi buat calon suami, karena
suami adalah pemimpin. Butuh persiapan yang sangat-sangat mateng. bukan hanya materi, tapi jiwa dan ruhiyah
juga perlu.... Kita harus siap hidup dengan tanpa bergantung pada orang lain termasuk orang tua kita. Harus juga
siap menghadapi segala kesulitan yang mungkin telah menghadang kita.... semua harus kita persiapkan.... kalo
masih "kanak-kanak" sebaiknya jangan dulu deh.... walau nikah adalah sebagian agama....

yang diatas itu adalah kewajiban suami dalam hal fisik :)

tentu saja suami harus dan wajib 'memberi makan' ruhiyah istri dengan mengajarkannya agama, mengontrolnya, memarahinya, dll...

tapi, buat yang takut menikah karena gak ada harta, liat kewajiban diatas. :)
mas fauzan kemana aj ?
mas pernik muslim adalah salah satu contoh mahasiswa yg nikah pas kuliah dan fine2 aj yaaa? :D
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: prince_darkness pada Mei 07, 2007, 02:41:08 pm
he... jangan bimbang, niat yang ikhlas ... udah cukup, insya alloh dapat ridho
sekarang dah nikah pa belum???
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: mBell pada Mei 08, 2007, 12:57:47 pm
persiapan

mental, pengetahuan, fisik, dan uang :D ane seh siap ajah deh buat nikah saat kuliah :D tapi ada yang mau sama ane gak yah :D
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: Luthi pada Mei 08, 2007, 01:12:48 pm
pokoke kalo dah siap mental dan niat semua halangan cuma bagai debu dah (ngemeng doank)
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: PernikMuslim pada Mei 11, 2007, 09:40:34 pm

mas fauzan kemana aj ?
mas pernik muslim adalah salah satu contoh mahasiswa yg nikah pas kuliah dan fine2 aj yaaa? :D


biasalah.. :)

tambah sibuk sekarang ada 4 karyawati dan 1 karyawan. bisnis makin gede dan kebanjiran order, jadi ya... INI BERKAH NIKAH ;)
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: putrie pada Mei 25, 2007, 03:10:49 pm
wah..nikah saat kuliah?!aq jg pengen tuh
Habis selain bisa jaga hati&pikiran kita,kita ada yg jaga gitu..
trus bisa buat motivasi&semangat untuk rajin kuliah(hehe..pengalaman yg males kuliah ne)
tapi,masalah utama sih cuma di orang tua,apalagi kalo kita anak 1,anak harapan&tauladan buat adik2 kita..
Siap mental&fisik resiko ke depan aja deh..

Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: ritz pada Mei 27, 2007, 03:31:16 pm
Kuliah sambil kerja aja susah apalagi sambil nikah udah gitu sering tugas keluar kota lagi  :102:
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: PernikMuslim pada Mei 29, 2007, 12:06:01 am
Kuliah sambil kerja aja susah apalagi sambil nikah udah gitu sering tugas keluar kota lagi  :102:

well, itu adalah cara negatif memandang masalah ;)
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: peLan9i pada Juni 02, 2007, 11:54:31 am
well, itu adalah cara negatif memandang masalah ;)

trus cara positifnya gmn??

 :D :D
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: ophelia pada Juni 02, 2007, 02:22:16 pm
@atasku
positifnya..coba aja sendiri..ndak usah nggu lulus kuliah ;)
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: gika pada Juni 07, 2007, 09:50:23 am
apa aja yang musti disiapin.....??
kasih tau,
kasih tau,
kasih tau...

mental kali ya klu ga nanti mental dech

enak juga loe nikah disaat kuliah, apalagi punya suami baek dan pinter kaya suami ku u senengnya..kuliah tambah lancar kaya jalan tol amin...

soal nya klu ada tugas suami ku bantuin aku ngerjain tugas gitu loe?
 :x :x :x :x :great:
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: peLan9i pada Juni 08, 2007, 10:25:19 am
enak juga loe nikah disaat kuliah, apalagi punya suami baek dan pinter kaya suami ku u senengnya..kuliah tambah lancar kaya jalan tol amin...

waaaahhh....
udaaah nikaaah pas kuliah yaaa...
xixixixixixixi  :great: :great: :great:
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: wind pada Juni 27, 2007, 01:50:23 pm
gw niat nikah na diatas umur 25, ini baru 20 taon...
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: SYABRINA pada Juli 08, 2007, 01:08:39 pm
gw niat nikah na diatas umur 25, ini baru 20 taon...

siapa yang tanya?!  :p

Kuliah sambil kerja aja susah apalagi sambil nikah udah gitu sering tugas keluar kota lagi  :102:

sok sibuk ah  :p
yang jelas, nikah saat masih kuliah tuh....(rahasia ah, cukup SYAB simpen aja di otak   :">)

Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: maswahyu pada Juli 10, 2007, 12:05:06 am
Sempat kepikiran juga, cuman gak kesampaian...

Ortu sendiri sudah mensyaratkan kalau saya harus lulus kuliah & kerja dulu, baru boleh menikah...  :)
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: SYABRINA pada Juli 10, 2007, 03:37:38 pm
tapi enaknya seh nikah saat kita masih kuliah, cz bisa jadi motivator buat kita, trus kita juga jadi dituntut belajar dewasa,dituntut untuk bisa mengendalikan study and rumah tangga(jadi bisa dijadikan ajang untuk mendewasakan diri)  ;;)
ehm....udah gitu lebih terjaga lagi...terus,ehm...apalagi yach...
itu aja deh,afwan ini cuma pendapat pribadi lho, jadi klo salah ya maafin aja yach  :D
(lho...lho...SYAB nich, sok dewasa and sok kayak orang dah nikah aja!!!)  :p 
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: yudi_321 pada Juli 11, 2007, 01:57:03 pm
wah... enak banget ya?.....
bisa ini...
nanti istriku tak bawa ke kampus...
terus tak mesra-mesrain..
wah....
 :x :x :x :x
 :"> :"> :">
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: SYABRINA pada Agustus 05, 2007, 02:02:15 pm
atasku
mohon kalimat;" nanti istriku tak bawa ke kampus" diubah...emangnya barang, dibawa :p
apa tuh maksudnya;"tak mesra-mesrain.." ?! :-?
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: ritz pada Agustus 17, 2007, 11:20:36 pm
Kuliah sambil kerja aja susah apalagi sambil nikah udah gitu sering tugas keluar kota lagi  :102:

well, itu adalah cara negatif memandang masalah ;)

Justru ane memandang postif permasalahan makanya nunda nikah dulu. Emangnya ada neh cewe yg mo nikah sama cowo dengan konsekuensi sering ditinggal pergi dalam waktu lama udah gitu giliran pulang ke kota tempat tinggalnya sering ditinggal kuliah juga ???  ;;)

Klo ada ngacung dech   :">
Kalii2 aja ane berubah pikiran  :D
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: walid pada Agustus 21, 2007, 05:49:42 pm
waduh itu masalah ane tu. kata ikhwan2 d kampusku aku disuruh ....
siapa yg mau carikan?
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: Ingat_Sholat_Ya pada Oktober 10, 2007, 07:36:31 am
wah.. mo nikah ya...
yang mesti disiapin and sangat penting banget tu

pasngan hidup or calon euy
klo gk ada ini ya gmn ya...!!!!
kyaknya sia2 aja uda nyiapin yang laen...

he..he... :D :D :D :D :D
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: d4vid_r5 pada Oktober 10, 2007, 11:03:26 am
kalo nikah sambil kuliah....
ya calonnya harus Qona'ah tuh....baru bisa... :D dudunger ada g ya....  :-?

 :D
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: arif budiman pada Oktober 10, 2007, 12:51:03 pm
kalo nikah sambil kuliah....
ya calonnya harus Qona'ah tuh....baru bisa... :D dudunger ada g ya....  :-?

 :D
bukan cuma calonnya mas..
tapi orang tua si calon juga harus ikhlas nerima calon menantu yang (mungkin) masih perlu disubsidi
 ;D
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: abu_ahmad syafiq pada Oktober 10, 2007, 01:38:57 pm
nikah VS kuliah enjoy aja kok...
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: PernikMuslim pada Oktober 14, 2007, 07:37:25 pm
kalo nikah sambil kuliah....
ya calonnya harus Qona'ah tuh....baru bisa... :D dudunger ada g ya....  :-?

 :D

ada.... lha ini si moderator kan nikah dan kuliah
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: fie_vie pada Oktober 16, 2007, 07:39:30 am
Jgn jadikan menikah sbg alasan unt org menjadi ga bs maju! Menikah saat kuliah? Why not!! Suamiq jg blum bs beli rmh.. Tp nekat menikahiq.. InsyaAllah kalo sudah niat jalanya pasti dimudahkan.. Sm spt q.. Alhamdulillah ada aja rejeki yg di beri Allah unt kel kecilq..
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: akh_alif pada Oktober 16, 2007, 11:26:28 am
menikah saat kul...keren banget tu!!
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: abu_ahmad syafiq pada November 13, 2007, 07:12:00 pm
nikah VS kuliah...
tak ada alasn untuk tetap berprestasi...

alhamdulillah...dangan mepunyai Istri dan anak saat kuliah, semangat belajar bertambah. Inginnya menunnjukkan pada anak bahwa abinya ok juga tuh!!!... ;) ;) ;)

Dan hasilnya, nilai ujian semester kemarin terbukti ana diperingkat pertama, alhamdulillah...

nikah VS kuliah, gak siapa takuuut... ;;) ;;) ;;)
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: maswahyu pada November 13, 2007, 10:10:27 pm
Satu hal yang cukup mengganjal dalam diri saya : bagaimana cara meyakinkan orang tua agar kita dapat ijin nikah di saat kuliah?

Sampai sekarang masih belum dapat SIM (Surat Ijin Menikah) dari ortu gara2 belum lulus kuliah...  #:-S
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: abu_ahmad syafiq pada November 14, 2007, 06:01:01 am
emangnya kuliah antum yang biayai saiap akh?
Nah kalo ana yang ngebiayai kuliah diri sendiri. Dan, ana termasuk anak pertama dan dalam urusan keluarga ana lebih diberi kepercayaan gitu...

jadi ana sebelumnya gak ijin dan tahu-tahu udah mau nghitbah  ajah...
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: maswahyu pada November 15, 2007, 10:06:06 pm
Hmmm... mungkin saya dinilai masih belum bisa mandiri & belum diijinkan untuk nikah karena kuliah masih dibiayain ortu...  #:-S

Alhamdulillah sekarang sudah kerja sambilan selain kuliah, dan juga sudah ada tabungan juga untuk modal nikahan... Semoga saja ujian SIM mendatang bisa lolos...
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: Laily Oktar pada November 16, 2007, 11:00:22 am
nikah saat kuliah
cape
jelas

cape banget
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: maswahyu pada November 16, 2007, 10:19:11 pm
nikah saat kuliah
cape
jelas

cape banget

Sudah nyoba buktikan belum?  ;)

Bakalan beda tanggapannya kalau yang ditanya memang dah nikah saat kuliah, bisa aja alasannya ada yang mijetin kalau capek jadinya tetap enak juga...  :)
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: Laily Oktar pada November 17, 2007, 10:09:58 am
nikah saat kuliah
cape
jelas

cape banget

Sudah nyoba buktikan belum?  ;)

Bakalan beda tanggapannya kalau yang ditanya memang dah nikah saat kuliah, bisa aja alasannya ada yang mijetin kalau capek jadinya tetap enak juga...  :)

udah tanya sama temen2ku yang nikah
bener
katanya cape banget

dan cita2 lulus 4 tahun
lupain aja

beneran
apalagi di Biologi
 :D
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: abu_ahmad syafiq pada November 18, 2007, 03:48:04 pm
engga juga kok...

emang sih, kalo ada masalah sedikit terganggu... :((
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: Laily Oktar pada November 19, 2007, 07:35:35 am
engga juga kok...

emang sih, kalo ada masalah sedikit terganggu... :((

 :D
itu lah yang kumaksud
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: empty_diary pada November 23, 2007, 06:54:57 pm
Satu hal yang cukup mengganjal dalam diri saya : bagaimana cara meyakinkan orang tua agar kita dapat ijin nikah di saat kuliah?

Sampai sekarang masih belum dapat SIM (Surat Ijin Menikah) dari ortu gara2 belum lulus kuliah...  #:-S

senasib nih ma aku

SIMnya baru keluar kalo kuliah dah kelar

Baiklah ayah dan ibu
akan kubereskan secepatnya  :))
tapi tetep butuh doa dan dukungan ayah n ibu
biar kuliahnya berjalan lancar :)
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: abu_ahmad syafiq pada November 29, 2007, 07:43:10 am
resikonya, pas lagi ujian inget istri...waduuuuuuh. Di tambah lagi inget anak, tambah gak konsen....

Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: amarylis pada November 30, 2007, 03:34:44 pm
JIka boleh memilih.... ya... kuliah dulu lah.. baru nikah.. (meski waktu s1 dulu pernah berpikir indahnya nikah sambil kuliah)
Ternyata.....
Terasa banget.. saya kuliah di bandung, suami tinggal di bogor ketemu sekali seminggu karena jabang bayi di dalam perut  ngga mungkin dibawa cape kalo mesti bolak-balik bogor-bandung tiap minggu...
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: dark_elf pada Desember 01, 2007, 05:07:06 pm
pengennya sih nikah pas kuliah tapi ortu berkata lain nih...
jadi nikahnya pas ngambil S2 aja
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: maswahyu pada Desember 04, 2007, 11:29:51 pm
JIka boleh memilih.... ya... kuliah dulu lah.. baru nikah.. (meski waktu s1 dulu pernah berpikir indahnya nikah sambil kuliah)
Ternyata.....
Terasa banget.. saya kuliah di bandung, suami tinggal di bogor ketemu sekali seminggu karena jabang bayi di dalam perut  ngga mungkin dibawa cape kalo mesti bolak-balik bogor-bandung tiap minggu...

Hmm... gitu ya mbak...  Repot juga ya... :-?

Yah, semoga diberikan ketabahan menjalani masa2 awal pernikahan mbak... :)

Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: mBell pada Desember 05, 2007, 08:56:33 am
wah tadinyah ampir ajah tuh kejadian walimah sama yang masih kuliah
tapi gak jadi karna di pikir bebannyah berat banget " secara masih belom siap material "
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: ni2n9 pada Desember 29, 2007, 02:44:24 pm
kalo mo nikah pastinya ada banyak hal yg musti disiapin
mulai dari memperbaiki niat
- mental
- fisik
- materi
- tapi hal yg lebih penting n urgen adalah......
- calonnya ada gak?! biar yg di atas dah siap lahir batin kalo calonnya blom ada mana bisa??? hehehe  ;D
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: mBell pada Desember 30, 2007, 10:06:27 am
kalo mo nikah pastinya ada banyak hal yg musti disiapin
mulai dari memperbaiki niat
- mental
- fisik
- materi
- tapi hal yg lebih penting n urgen adalah......
- calonnya ada gak?! biar yg di atas dah siap lahir batin kalo calonnya blom ada mana bisa??? hehehe  ;D


Iyah ternyata belom ada Calonnyah :D siapa yah :D kamu ajah gimana ?
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: PernikMuslim pada Desember 31, 2007, 06:48:31 am
sekedar mengingatkan nih, pak mBell kok lempar lempar lamaran sirri kemana mana ya  ;)) ngebet banget nih kayaknya  :great:

nggak usah terlalu dipaksakan. Jodoh sudah ada ketentuannya, so bersikap yang ahsan dan simpatik saja sampai saatnya tiba ;)
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: maswahyu pada Desember 31, 2007, 11:43:00 am

Iyah ternyata belom ada Calonnyah :D siapa yah :D kamu ajah gimana ?

mBell parah nih, jangan main2 kalau masalah ginian... Bukannya sudah ada calon?  ;)
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: d4vid_r5 pada Desember 31, 2007, 07:03:13 pm
back to topic....

nikah saat KuLiaH? >:D<

walaupun belum kuliah,tapi aku dah mandiri&dah diberi SIM ama ortu ;;)

tapi tetep...mau kuliah dulu ajah,baru kaloh dah bisa kul sendiri... :D
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: CantIQu pada Desember 31, 2007, 07:56:35 pm
apa aja yang musti disiapin.....??
kasih tau,
kasih tau,
kasih tau...
ASS.WR.WB ukhti U/ hal sprti ini y perlu di persiapkan adl niat.mental fisik dan jasmani apalagi anda adl wanita dan restu dr ortu, klo niat sdh bulat, izin pd ortu, klo di zinkan ya cr ikhwan yg tepat, tp kl blm di izinkan ya kasih pegertian knp mw menikah. tp klo ortu msih blm mengizinkan ya apasalahnya klo Qt dengarkan saranya! OK! :great: (selamat mencoba, SEMANGAT-SEMANGAT!) Nanti kl dah mencoba kasih kabarya ;) ;) ;) 
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: .::senyum chandra::. pada Januari 02, 2008, 03:44:04 pm
Alhamdulillah orang tua ana termasuk orang tua yang melarang anaknya menikah saat masih kuliah...
dan luar biasa nya adalah...
kuliah ana yg menuntut penambahan satu tahun pasca S-1 untuk profesi apoteker...
Alhamdulillah... betapa orang tua ana membuat ana sangat-sangat berharga untuk dimiliki orang lain, sehingga orang tua ingin benar-benar menjaga ana sampai minimal 1 tahun ke depan...
sungguh orang tua ana telah membuat ana benar-benar sangat berharga untuk dimiliki orang lain...
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: Laily Oktar pada Januari 02, 2008, 04:39:57 pm
Mbak, percaya pada dirimu
kalo aku pribadi, belum siap
berat, berat meski dari jauh kelihatan indah

ya...dimiliki dan memiliki orang lain
ada tanggungjawabnya
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: CantIQu pada Januari 02, 2008, 05:51:13 pm
Alhamdulillah orang tua ana termasuk orang tua yang melarang anaknya menikah saat masih kuliah...
dan luar biasa nya adalah...
kuliah ana yg menuntut penambahan satu tahun pasca S-1 untuk profesi apoteker...
Alhamdulillah... betapa orang tua ana membuat ana sangat-sangat berharga untuk dimiliki orang lain, sehingga orang tua ingin benar-benar menjaga ana sampai minimal 1 tahun ke depan...
sungguh orang tua ana telah membuat ana benar-benar sangat berharga untuk dimiliki orang lain...
alhamdulillah punya saudara sepeti anti yang mw bersyukur dg sikap ORTUnya. ya udah turuti aja kata ORTU!!!!
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: de_mam pada Januari 03, 2008, 09:58:53 am
menikah. apapun status kita baik mash kuliah atau sudah gak kuliah, semua tak lepas dari kesempatan, kemauan,
kesiapan baik dari lahir dan yg paling penting adalah pemahaman dan tak lupa juga
kehendak dan Ridho Allah...
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: gerrard pada Januari 08, 2008, 01:19:10 pm

jika semua baik2 saja, bahkan sangat baik...
tapi tiba2 Allah mendatangkan seseorang
lebih cpat dr yang diperkirakan...
gimana? gimana?

 ;;) ;;) ;;) ;;)

biasanya teh...
Allah memang mendatangkan seseorang dengan sangat cepat..
tp pasti ada pilihan..
dan pilihan itu membuat org yg lain sakit hati.. :((
gmn tuh coba??
dosa ndak bikin org sakit hati?? :(

piye jal??



jika ada seseorang datang dengan maksud untuk melamar tentu dia sudah siap menerima apapun jawaban yang akan diberikan. jangan salahkan kalau nanti ditolak. kalau memang belum siap, tolaklah dengan cara yang baik dan sebaik-baiknya. kalau bisa dengan tidak menyakiti itu lebih baik.
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: gerrard pada Januari 08, 2008, 01:59:59 pm
duh..... mu pada nikah saat kuliah ya.


yang penting niatnya dulu deh.
nikah kan hukum awalnya boleh saja.
tapi ada kalanya jadi wajib, sunat atau bahkan haram.
kalau kita ingin segera menikah dan kita sudah siap utuk menikah silakan menikah.
tapi jika kita belum siap dan hanya karena ingin, sebaiknya niatnya ditunda dulu.
bisakan puasa dulu sebentar.
kalau dah benar-benar niat dan takut terjerumus, tu wajib bagi kita untuk segera menikah. jangan ditunda-tunda lagi. cepetan nikah.......... dari pada terjerumus nikahlah untuk  menjaga dirimu dari celaka akibat syahwatmu. dengan begitu kita akan lebih terjaga sekaligus kita akan lebih konsentrasi dalam menuntut ilmu. Allah memberikan pasangan mengharapkan ketentraman bagimu.
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: niEsWa pada Januari 23, 2008, 10:24:48 am
kalau aku nggak pernah terpikir untuk menikah sambil kuliah..Karena aku nggak mau ngecewain bapak dan ibu...orangtuaku yang bekerja keras untuk menyekolahkan anak2nya..aku nggak tega melihat mereka sedih..mereka ingin melihatku meraih gelar sarjana dari UI.ya di mata mereka itulah kebanggaan. Sungguh aku nggak tega menghancurkan harapan mereka...mereka berharap aku menikah setelah lulus kuliah nanti. Terserah pandangan orang lain apa? Tapi itulah aku...seorang GADIS DESA yang mencoba membahagiakan orangtua yang telah mambuatku seperti ini.
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: peLan9i pada Januari 23, 2008, 12:30:08 pm
kalau aku nggak pernah terpikir untuk menikah sambil kuliah..Karena aku nggak mau ngecewain bapak dan ibu...orangtuaku yang bekerja keras untuk menyekolahkan anak2nya..aku nggak tega melihat mereka sedih..mereka ingin melihatku meraih gelar sarjana dari UI.ya di mata mereka itulah kebanggaan. Sungguh aku nggak tega menghancurkan harapan mereka...mereka berharap aku menikah setelah lulus kuliah nanti. Terserah pandangan orang lain apa? Tapi itulah aku...seorang GADIS DESA yang mencoba membahagiakan orangtua yang telah mambuatku seperti ini.

mnikah bukan berarti akan mngecewakan orangtua,,,  B-)
*kya sy udh nikah aja xixixi  :D
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: dhani pada Januari 25, 2008, 10:11:37 am
aswrwb. Butuh keikhlasan dan pengorbanan Ya Ukhty. Semoga bahagia. wslmwrwb
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: sya_221b pada Januari 31, 2008, 04:13:21 pm
yap....insya Allah akan masuk ke barisan orang-orang yang nikah saat kuliah.... :"> :p
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: arif budiman pada Januari 31, 2008, 05:22:21 pm
yap....insya Allah akan masuk ke barisan orang-orang yang nikah saat kuliah.... :"> :p
semoga dimudahkan..  ;)

maksudnya bukan barisan orang2 yang nikah saat kuliah S3 khan?!  ;D
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: sya_221b pada Januari 31, 2008, 05:27:38 pm
insya Allah bukan, pak
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: arif budiman pada Januari 31, 2008, 05:41:50 pm
insya Allah bukan, pak
ditunggu kabar gembiranya  :)
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: ^_^chusni@.maniez pada Januari 31, 2008, 05:54:57 pm
so?
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: sya_221b pada Februari 01, 2008, 12:00:49 pm
so?
maksudnya?

(sya mencari....atau menunggu?)
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: CantIQu pada Februari 01, 2008, 05:51:08 pm
sebelumnya minta maaf klo salah bicara krn ana jg masih belum paham. cuman mencoba untuk mengeluarkan pendapat sesuai dengan ilmu yg telah ana dapat
mw nikah saat kuliah? silahkan saja tapi jangan lupa mempersiapkan fisik dan mental kaliya, karena banyak cerita dari orang2 yg sudah menikah, cobaan terberat itu disaat sudah menikah.misalnya : masalah anak, beda pemikiran dengan pasangan dan banyak lagi pastinya. jadi kita harus memahami persoalan2 tersebut sebelum menikah. Oya satu lagi masalah poligami :D :D :D
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: listant pada Februari 02, 2008, 07:19:15 am
CUma sharing aja nih
dulu sewaktu saya nikah saya masih kuliah
duh romantis bangeeet

yang penting jangan lupa tuh masalah ma'isah jangan sampe lupa
kalo masih numpang ama mertua atau orang tua
mau dikemanain tuh muka
jaga izzah dong ah

btw saya sendiri sih akhirnya ga lulus kuliah
karena usaha saya bangkrut hiks...16X, mungkin ada hikmah dibaliknya
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: de_mam pada Februari 04, 2008, 10:06:31 am
subhanallah....
tuh sudah ada yang membuktikan :D, ayo-ayo siapa yang mau nikah saat kuliah :D
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: seroja pada Februari 29, 2008, 03:13:37 pm
cinta karna Tuhan apa nafsu neh...?
keinginan ingin memiliki (seseorang ) dan Cinta (seseorang) karna Tuhan beda....

menunggu penjelasan sesepuh ... :great:
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: arif budiman pada Februari 29, 2008, 03:43:31 pm
secara prinsip.. keinginan/nafsu untuk memiliki seseorang (lawan jenis) itu adalah bagian dari fitrah..
supaya bisa diletakkan dalam bingkai "mencintai karena Allah", cara yang ditempuhnya harus dengan apa yang diridhai-Nya, yakni menikah secara syar'i.

antara keinginan memiliki (seseorang) dengan cinta (seseorang) karena Allah..
bukan dua hal yang bertolak belakang

PS.
saya bukan sesepuh mas  :p
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: nida annisa al-hammasah pada Maret 03, 2008, 08:52:04 am
uluh uluh pada ngebet nikah ney...

dilema juga ya nikah sambil kuliah..  :-?

duuh, diriku juga binun!! hehehe....  ;;)
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: marzuki pada Mei 04, 2008, 07:23:34 pm
alhamdulillah kalo ada yang berani mengambil keputusan menikah saat kuliah, jadi tambah semangat untuk ngeyakinin dia buat nikah dini.. moga saja dia juga berani mengambil keputusan buat nikah saat kuliah. amin
bahkan ada lulusan psikolog nyaranin nikah sambil kuliah alias nikah dini :D :D :D
kata mereka bisa memicu untuk yang terbaik, terbaik, dan terbaik ( sudah di survei )
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: nida annisa al-hammasah pada Mei 06, 2008, 05:14:39 pm
pada mau KKN gk???

Kerja Kuliah NIkah!!! hehe....  :D :D
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: ez_crim_maniez pada Mei 07, 2008, 01:42:01 pm
 :)..Assaamualaikum.Wr.Wbr.

... :D..Kalau menurut ana sieh ngga papa, asalkan sama2 mampu dan siap lahir batin. Tapi jangan berani "coba-coba" nantinya malah ngga bener.... ;)...sekarang juga banyak tuh, yang sudah menikah dan punya anak, masih kuliah, Why Not....kan ada peribahasa kejarlah Ilmu sampai ke negeri China.....iya kannnn..... >:D<
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: open your heart pada Mei 26, 2008, 09:40:49 pm
Nikah itu punya kewajiban memberi nafkah lho..kecuali kuliah + udah kerja. Soalnya ada bbrapa temanku yg kuliah tapi blom kerja trus nikah, kuliahnya berantakan alias ga beres..kasian orang tua..
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: reycaman pada Juni 05, 2008, 01:47:26 pm
waduh....jangan deh! kecuali kalo ortu lo pada tajir, kalo kagak ngapain? mending ditahan dulu sampe selesai kuliah and dapet kerja. buat apa nikah cepet2 kalo nanti malah menyiksa diri. Tuhan ngga akan suka itu.
tp dari pada zina..yg penting siapkan mental ma ilmu kita..kalau materi insyAllah rezeki di tentukan ma Allah..so yg mau nikah jgan takut :cool:
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: peLangi hati pada Juli 23, 2008, 03:16:49 pm
Nikah itu punya kewajiban memberi nafkah lho..kecuali kuliah + udah kerja. Soalnya ada bbrapa temanku yg kuliah tapi blom kerja trus nikah, kuliahnya berantakan alias ga beres..kasian orang tua..

SETUJUUUU !!!!!! :cool:
sebelum nikah,,, kuliah dlu yg bener, berprestasi, kerja, bantu ekonomi keluarga ( inget....ortu selalu ngasih terbaik buat kita, bhkn rela hutang buat pendidikan kita), abis tu baru nglengkapin kebahagiaan kita sekaligus ortu kita dgn menyempurnakan separu agama,,,MENIKAH :)
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: niEsWa pada Juli 30, 2008, 07:54:14 am
@atasku
ninis setuju bngt..Dari dulu aku nggak kepikiran nikah saat kuliah..knpa ya? Mungkin lebih ke tanggung jawab moral ke orang tua kali ya? aku sih mikirnya pngn ngebahagiakan orang tuaku dulu..secara masuk UI tuh gak gampang,dan juga orang tuaku dah cukup banyak mengeluarkan biaya untukku..aku gak ingin orang tuaku kecewa.. Setidaknya aku harus lulus kuliah dulu baru nikah, itu keinginan orang tuaku.. Yah kuanggap ini sebagai baktiku ke orang tua.. itu sih pemikiranku.
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: aan pada Agustus 19, 2008, 07:22:38 pm
klo bs selesain kuliahnya dl aja... biar ortu ga kecewa... insya allah klo ortu ridlo Allah pasti ridlo....
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: nIESa^_~ pada Agustus 28, 2008, 09:46:07 am
assalamu'alaikum.... :-?em...sbentr aQu fki dlu....
 :idea:nachhhhmaU meNIKah... :x????
tanya kpd dri km sndiri...apkah bnar"sdah siap menikah atau hanya emosi nafsu sesaat????
kalau memang krna niat Allah...kuncinya...
dptkan restu dr ortu...
restu Orang tua adlh restu Allah...
slanjutnya tinggal siapkan fisik mental lahir&batin...
aqu doakan ,,,,
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: Laily Oktar pada Agustus 28, 2008, 12:05:29 pm
secara prinsip.. keinginan/nafsu untuk memiliki seseorang (lawan jenis) itu adalah bagian dari fitrah..
supaya bisa diletakkan dalam bingkai "mencintai karena Allah", cara yang ditempuhnya harus dengan apa yang diridhai-Nya, yakni menikah secara syar'i.

antara keinginan memiliki (seseorang) dengan cinta (seseorang) karena Allah..
bukan dua hal yang bertolak belakang

PS.
saya bukan sesepuh mas  :p

Kalo bagi seseorang nikah sudah menjadi wajib hukum nya...
ya sudah...menikah lah

lagipula,
menikah itu untuk menjaga kehormatan diri

begitu
 :p
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: Ristanty pada September 02, 2008, 08:50:16 am
Wah,, ane mah ni lagi rencana buat nikah,,,  :D  :D  :D
Umur ane 20 taon.. Umur calon suami 22 taon besok ( besok tgl 3 Sept 08 pas)...
Kita sama2 masih smester 5,,

Sya mobilitas kuliah di Malang, dan beliau di Jember........  B-)  B-) 

Klo boleh jujur ni mang modal NEKAT.....    :D  :D  :D

Klo tau gmana kta taarufnya, knalannya, prosesi khitbahnya,, semuanya serba dadakan dan nekat........ (skitar 1 bulan.. hehe...  :"> :"> :">  :D :D)

Bagi yang pengen tau jalan pemikiran ini,, teman2 bisa membaca buku "Bila Hati Rindu Menikah"  dan "Kuliah Kerja Nikah Asyiik Banget" by Mas Udik abdullah.. (Bukan promosi lho,, tapi banyak sekali ilmu yang didapatkan,, termasuk persiapan MENTAL, MENTAL, dan MENTAL.....)

Masalah biaya,, klo boleh jujur,,

Calon suami blm kerja,, tapi kuliah dll gak minta ortu,, beliau dpt beasiswa... Tp krn IP beliau jelek umtk 3 bulan ke depan kyaknya terputus... (serita beliau wktu syuro anggaran rumah tangga ntar. :D :D bahasanya sedikit tak kerenin y0... )

sedang ane,, 100% full ortu,, tapi dari 2 bulan trakhir (sbelum kenal calon ane.. ) ane mang lagi nyoba nyari uang sndiri..  tekad ane umur 21 anggaran makan n kul ditanggung sendiri,, ortu cukup kosan sja,,, Umur 22 dah gak boleh minta lagi ke ortu..... :D :D,, inspired by "Resep Jitu Menjadi Mahasiswa Kaya" by Ninstain Odop n buku2nya pak Robert T. Kiyosaki,, n bku "Muslim harus Kaya".... pokoknya da buku2 yang judulnya ada kata "kaya" baca sja.....

Kmudian, waktu berlalu,, ni ketemu ma manusia yang tak diduga dengan proses sehari kita da sepakat buat nikah pas ntar.......

Seru juga.........

Intinya ntar,, krn suami blm bisa ngasih haknya istri maka dia jg blom boleh minta haknya dari si istri..... :D :D :D
pokoknya jangan punya anak dulu,, belom siap...... Ntar 5 taon lagi baru ane siap punya anak....

Jalani saja kyak pacaran,, pacaran jarak jauh,, tapi dah berstatus NIKAH.......
Wah,, pahala tho,, kan enggak dosa.... :D :D
Ntar kita bagi pengalaman lagi zo........

soal ank Biologi itu laris bener banget,, ane anak Biologi juga....... :D :D

"
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: arif budiman pada September 02, 2008, 04:50:21 pm
@Ristanty
kasian juga kalo nanti suaminya belum boleh dapet "hak"-nya
setiap kali ketemu kamu bawaannya mupeng melulu nanti  ;))
just kidding..  :D
pokoknya..
selamat atas keputusannya yang berani  :great:
semoga dimudahkan urusannya, dibukakan pintu rezeki yang luas dan tercurah selalu barokah-Nya dalam kehidupan rumah tangga antum..
amiin
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: Ristanty pada September 05, 2008, 02:31:03 pm
@Ristanty
kasian juga kalo nanti suaminya belum boleh dapet "hak"-nya
setiap kali ketemu kamu bawaannya mupeng melulu nanti  ;))
just kidding..  :D
pokoknya..
selamat atas keputusannya yang berani  :great:
semoga dimudahkan urusannya, dibukakan pintu rezeki yang luas dan tercurah selalu barokah-Nya dalam kehidupan rumah tangga antum..
amiin


Hahahahaha....... Gitu mas Arif ya?

SIM dari Ortu ane sudah dapet,, InsyaAllah subsidi tetep ada tiap bulan dari mereka tuk putrinya tercinta....  :D :D :D :D :D
Mang ortu dah ane briefing sejak ane SMA,, dengan berbagai data bahwa pacaran itu haram,,,, bahaya pacaran,, dan berbagai studi kasus dari berbagai sumber (bukunya mas IIp Wijayanto paling oke untuk data2 ini.... ) dll........
Wes pokoknya kepercayaan ortu dah dapet waktu SMA,, cz ane selalu berkelakuan baik... Hehehe........  >:D<  >:D<

Jauh-jauh hari sebelum  ane kul mrk juga dah ane briefing tentang kemungkinan2 mahasiswa itu nikah pas kuliah (tetep da biaya dr ortu jg,, :D :D),, katimbang pacaran, data2 statistik mahasiswa yang free sex dg pacar,, dll......

Pas waktu kul,, briefing ke ortu berkisar tentang temen2 yang pacaran,, hidup mereka yang kurang terarah,, dll (pokoknya njelekin gaya hidup yang namanya pacaran dan nunjukin sangat baeknya gaya hidup yang namanya nikah,,, Hehehe. :D :D :D :D :p :p :P)......

Briefing pas waktu kul juga berkisar tentang calon mantu yang diinginkan ortu,, kemungkinan2 tentang calon mantu,, dll......
Pokoknya mental ortu dah harus siap pas suatu saat putri tercintanya ngomong "Nyak, Babe, Ane pengen nikah......"  :D :D :D

Alhasil........
Kmaren pagi........

Di telpon,, tanpa sengaja,, ane gak sengaja bilang yang isinya ane mo nikah dengan format keceplosan (perencanaan ngomong mengenai hal ini sbenere ntar pas pulang kampung seminggu sbelum lebaran)....
Tanpa diduga reaksi yang didapatkan adalah Semangat menggebu2 menanyakan berbagai hal: Dengen sapa mo nikah? Kapan? Calon mantuku seperti apa orangnya? Kapan maen ke rumah? Nyak pengen segera ketemu.... dll........  :D  :D  :D

POSITIF DITERIMA......!!!!!!!  :great:  :great:  :great:


Dan sekarang,,,
Dengan penuh harap, cemas, dan doa menunggu restu dari ayah-ibunya calon ane.......
Semoga boleh....... Semoga Boleh....... Semoga boleh....... Semoga boleh........ Semoga Boleh...........

Doakan semuanya........... :) :) :)


Mang ada beberapa masalah,, yang membuat nangis tiap waktu mengenai ini.... tapi gak seru klo gak da masalah sama sekali......
jadi,, dinikmati saja....... (Gak usah diceritakan zo... Yang pasti ada adalah masalah biaya, komunitas2 yang mungkin menciutkan nyali,, dll.....)........

Ok,,, Doakan semuanya.......

Ntar ane cerita lagi........
InsyaAllah...... :) :) :) :)

Bagi senior2 yang sudah berpengalaman ayo bagi cerita.......

Ditunggu........

"
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: peLan9i pada September 12, 2008, 03:57:52 pm
@ristanty  :great: :great: :great: :great:
saluuut,,,,
heuheu,,,
tiba2 teringat, saya ngepost pertanyaan ini staun yang lalu (lebih malah),,,
tp smpe hr ni blum nikah juga,, msi kuliah dgn tenang hehe,,
cmangaaaaaaaaat!!!!
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: ophelia pada September 13, 2008, 04:19:30 pm
@ im

tuh..udah ada yang ngelakuin. pasangan baru malahan. wisnu+istri trus ajeng+suami. km kpn nyusul im? :p

Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: .::senyum chandra::. pada November 01, 2008, 05:48:16 pm
ehhmm... ane wisuda berapa bulan lagi ya...  :-? :-?
targetnya sih maret 2009, sebelum pemilu...
karena ternyata sangat susah mendobrak pertahanan orang tua, dan apa salahnya sih kalau yg satu ini tetap mematuhi anjuran orang tua...
karena memang ibu selalu benar...  :)
(tapi sebenarnya, prinsip yg satu ini punya bapak, krn sebenarnya ibu udah acc)
ya sudahlah... terima saja :D

sami'na waatho'na...  :)
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: Azinul Haq pada November 20, 2008, 09:30:53 pm
kl q baru semester 5 ini...
ehm...
about him:
smester 3....
trus tentang keluarganya tau....
bisa dibilang 1 almamater...adik kelas...
ngobrol blom pernah...
liat cuman sekilas....
beda kampus...
sms.......lumayan yg penting2 aj  :">, keperluan dengan keluarganya  ;;)
tapi ga tau ya..bisa seneng gitu  :x ...
padahal akhwat kampus banyak gitu deh.. :)

dia sendiri ga begitu mengenal aq... :(

kira2 gmana ya?
apa harus nunggu lulus dua2nya..he...
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: arif budiman pada November 21, 2008, 03:10:12 pm
kl q baru semester 5 ini...
ehm...
about him:
smester 3....
trus tentang keluarganya tau....
bisa dibilang 1 almamater...adik kelas...
ngobrol blom pernah...
liat cuman sekilas....
beda kampus...
sms.......lumayan yg penting2 aj  :">, keperluan dengan keluarganya  ;;)
tapi ga tau ya..bisa seneng gitu  :x ...
padahal akhwat kampus banyak gitu deh.. :)

dia sendiri ga begitu mengenal aq... :(

kira2 gmana ya?
apa harus nunggu lulus dua2nya..he...
about him
atau her?
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: Azinul Haq pada November 22, 2008, 12:12:24 am
^ her. :->-
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: sitihajar pada November 24, 2008, 05:48:32 am
Alhamdulillah saya juga nikahnya saat kuliah dulu, semester satu..baru lulus SMA tuh ;)) Alhamdulillah ngga ada masalah yang berarti, mungkin karena saya perempuan dan belum punya anak kali ya jadi tanggung jawabnya lebih sedikit. Urusan nafkah dan biaya kuliah ditanggung sepenuhnya oleh suami yang memang sudah bekerja. Sekarang saya sudah lulus kuliah dan jadi happy housewife. Nyaman, aman, dan terlindung di home sweet home :x

Bagi adik2ku yang berencana menikah saat kuliah, ayo laksanakan, jangan ragu2 insya Allah dengan niat menikah yang ikhlas lillahita'ala bantuan dari Allah akan datang tanpa disangka2. Nikah muda banyak manfaatnya loh..salah satunya kalau setelah nikah langsung hamil, nanti saat anak sudah besar ortunya belum tua dan masih kuat, amiin.. :)

Tapi sebelumnya jangan lupa istikharah ya.. ;)
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: vidz pada November 24, 2008, 10:31:08 pm
Menikah itu ga segampang yang difikirkan...
Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan.

Mamah: "Pah hari ini makan apa?"
Papah: "Duh mah, papah belum ada uang buat beli beras, beli minyak, beli ini itu"
Mamah: "Yach pah.... masak kita harus puasa lagi...., kemaren mamah disuruh puasa, sekarang puasa lagi.... mamah kan butuh makan pah...?"

Nah loh...., klo dah gitu gmn coba? :-O
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: arif budiman pada November 25, 2008, 09:53:32 am
Menikah itu ga segampang yang difikirkan...
Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan.

Mamah: "Pah hari ini makan apa?"
Papah: "Duh mah, papah belum ada uang buat beli beras, beli minyak, beli ini itu"
Mamah: "Yach pah.... masak kita harus puasa lagi...., kemaren mamah disuruh puasa, sekarang puasa lagi.... mamah kan butuh makan pah...?"
Papah: lha.. salah mamah kok waktu itu mau aja dilamar papah yang kerjanya belum mapan..
Mamah: lha.. papah udah tau belum mapan kok berani ngelamar..
 ;))

memang nikah tu butuh persiapan matang
ada banyak yang harus dipertimbangkan

tapi banyak pertimbangan bukan berarti ga maju2..
kalo berbagai hal yang mungkin terjadi (salah satu contohnya seperti drama pendek di atas) sudah diantisipasi dari awal, sudah paham konsekuensi yang harus dihadapi, sudah punya prinsip, komitmen dan perencanaan yang matang dalam menjalaninya..
maka nikah saat kuliah bukan mustahil diwujudkan..
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: Ade Yan pada November 25, 2008, 11:24:40 am
Mudah mudahan niatnya bukan semata mata buat menghindari pacaran...
Karena kalau cuman itu alasanya... masalah itu ga akan pernah usai sepanjang hidup manusia..
Karena intinya pada pengendalian hawa nafsu ...
Setelah menikahpun baik baru maupun puluhan tahun, akan selalu ada godaan.itu .. :)

Jadi tolong , saya cuma mau mengingatkan ..
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: arif budiman pada November 25, 2008, 02:07:48 pm
Mudah mudahan niatnya bukan semata mata buat menghindari pacaran...
Karena kalau cuman itu alasanya... masalah itu ga akan pernah usai sepanjang hidup manusia..
Karena intinya pada pengendalian hawa nafsu ...
Setelah menikahpun baik baru maupun puluhan tahun, akan selalu ada godaan.itu .. :)

Jadi tolong , saya cuma mau mengingatkan ..
yup..
betul banget tu kata pak Ade  :D
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: Luthi pada November 25, 2008, 04:51:22 pm
mudah2an saya nikah pas kuliah
mudah2an saya jadi kuliah lagi
musah2an saya bisa biayain kuliah sendiri
 >:D<
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: Ade Yan pada November 25, 2008, 06:23:02 pm
mudah2an saya nikah pas kuliah
mudah2an saya jadi kuliah lagi
musah2an saya bisa biayain kuliah sendiri
 >:D<

Mudah mudahan Akh Luthi nikah pada saat yang tepat, pada saat siap secara mental, ilmu juga materi ...
mudah2an bisa lancar kuliahnya dengan biaya sendiri


SIM dari Ortu ane sudah dapet,, InsyaAllah subsidi tetep ada tiap bulan dari mereka tuk putrinya tercinta....  :D :D :D :D :D
Mang ortu dah ane briefing sejak ane SMA,, dengan berbagai data bahwa pacaran itu haram,,,, bahaya pacaran,, dan berbagai studi kasus dari berbagai sumber (bukunya mas IIp Wijayanto paling oke untuk data2 ini.... ) dll........
Wes pokoknya kepercayaan ortu dah dapet waktu SMA,, cz ane selalu berkelakuan baik... Hehehe........  >:D<  >:D<

Jauh-jauh hari sebelum  ane kul mrk juga dah ane briefing tentang kemungkinan2 mahasiswa itu nikah pas kuliah (tetep da biaya dr ortu jg,, :D :D),, katimbang pacaran, data2 statistik mahasiswa yang free sex dg pacar,, dll......

Pas waktu kul,, briefing ke ortu berkisar tentang temen2 yang pacaran,, hidup mereka yang kurang terarah,, dll (pokoknya njelekin gaya hidup yang namanya pacaran dan nunjukin sangat baeknya gaya hidup yang namanya nikah,,, Hehehe. :D :D :D :D :p :p :P)......

Briefing pas waktu kul juga berkisar tentang calon mantu yang diinginkan ortu,, kemungkinan2 tentang calon mantu,, dll......
Pokoknya mental ortu dah harus siap  pas suatu saat putri tercintanya ngomong "Nyak, Babe, Ane pengen nikah......"  :D :D :D


Bagi senior2 yang sudah berpengalaman ayo bagi cerita.......

Ditunggu........
"

hmmm
Saya berpikir lama atas postingan ukhti Ristanty...
Maaf, saya menangkap.. yang dilakukan sejauh ini lebih mengarah ke ijin orang tua ya?
dan dengan briefing  ke orang tua pula.. hmm
Sebegitunyakah sikap kita ke orang tua ? Membriefing beliau yang sangat kita cintai yang sangat kita hormati, yang telah mengandung, melahirkan dan membesarkan kita?
Ukhti yang dirahmati Allah...
Seberapapun tinggi ilmu agama ukhti sekarang, saya tetep merasa ukhti tidak pantas untuk membriefing orang tua ukhti.. maaf, mungkin kata2 saya tidak mengenakkan ukhti..semua saya dasari kecintaan saya terhadap saudara saya sesama muslim.

Juga saya melihat titik berat pernikahan di sini lebih ke arah menghindari pacaran, dan masa kuliah , dalam arti waktu kuliahlah yang menjadi target kapan saya menikah.
Bukan ke arah kesiapan (bukti :masih disubsidi secara materi setelah menikah).
Hmm kalau memang persoalanya menghindari pergaulan bebas, apakah menikah satu satunya jalan?
Apakah tidak lebih baik kalau kita lebih menjaga hijab.. mengendalikan hawa nafsu menjaga hati kita, shaum, sampai kita mampu untuk menikah?

Pernikahan (dalam hal ini akad nikah dan walimah) bagi saya merupakan pintu gerbang saja.. masih jauh jalan yang harus kita tempuh. Dan di sana banyak cobaan yang akan kita lalui..

Kalaupun banyak diantara teman teman yang nikah bilang "baik baik saja" ga ada "halangan berarti"
Pertanyaan saya adalah, " emang sudah menikah berapa lama? Berapa puluh tahun? "

Selain itu juga, siapapun itu , tidak akan suka untuk bercerita tentang permasalahan dalam rumah tangganya, karena itu adalah privacy yang harus dijaga (teman teman yang sudah nikah pasti mengerti maksud saya). Sehingga sulit bagi kita untuk mendapatkan ukuran obyektif dari 'sukses' dalam pernikahan..karena semua akan cenderung menceritakan yang baik baiknya .. :)

Yah akad nikah hanya pintu gerbang, seperti juga dengan ibadah hajji, bukan selesai melempar jumrah dan tawaf ifadhah yang jadi ukuran hajji kita mabrur atau tidak, tetapi seberapa kita bisa menjaga kemabruran hajji kita dan itu berlaku seumur hidup...

Bukan sekedar ijin menikah dari orang tua yang menjadi ukuran bagi kita , tapi kehidupan kita setelah menikah, bukan cuman pada masa bulan madu, bukan juga waktu setahun atau dua tahun, tapi sepanjang usia pernikahan kita..

Saya mohon maaf kalau kata kata saya menyakitkan hati ..
Dan saya mohon ampun kepada Allah atas segala kesalahan dan kekhilafan kita

Wallahu a'lam
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: maswahyu pada November 26, 2008, 01:40:22 pm
Seru juga.........

Intinya ntar,, krn suami blm bisa ngasih haknya istri maka dia jg blom boleh minta haknya dari si istri..... :D :D :D
pokoknya jangan punya anak dulu,, belom siap...... Ntar 5 taon lagi baru ane siap punya anak....

Jalani saja kyak pacaran,, pacaran jarak jauh,, tapi dah berstatus NIKAH.......
Wah,, pahala tho,, kan enggak dosa.... :D :D
Ntar kita bagi pengalaman lagi zo........

Hmmm... Dari cerita yang dah saya baca, keinginan dik Ristanty untuk menikah dalam waktu dekat ini lebih baik dipikirkan lagi secara masak-masak...

Sudah mantapkah persiapannya? Karena persiapan nggak cuma siap mental saja, tapi juga yang lain-lainnya... Siap materi, siap memikul tanggung jawab lebih, termasuk juga siap untuk memiliki anak... Sependapat dengan yang diungkapkan juga oleh Ade Yan, menikah memang salah satu solusi untuk menghindari zina, tapi bukan satu-satunya solusi... Ada hal-hal lain yang bisa kita lakukan untuk menghindarinya... Menyibukkan diri dengan banyak aktivitas, bergaul dengan orang-orang sholihah, minimalisasi membaca buku-buku yang justru malah "memanas-manasi" untuk segera menikah, karena buku-buku tersebut memang terbukti cukup besar pengaruhnya untuk "meracuni" anak-anak muda bila tidak dipergunakan sebagaimana mestinya...

Sekedar masukan saja dari saya... Persiapkan secara matang, karena menikah itu untuk seumur hidup, bukan hanya untuk beberapa hari saja... :)
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: peLan9i pada November 27, 2008, 01:06:20 pm

Karena persiapan nggak cuma siap mental saja, tapi juga yang lain-lainnya... Siap materi, siap memikul tanggung jawab lebih, termasuk juga siap untuk memiliki anak... Persiapkan secara matang, karena menikah itu untuk seumur hidup, bukan hanya untuk beberapa hari saja... :)


setudjuuu,,,
jd terharuuu,,,
ternyata menikah teh, ngga sesederhana yang dipikirin yaaak,,,
 :) :)
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: subzero pada Desember 10, 2008, 05:59:10 am
uda nikah..tapi masi disubsidi ortu..?

emm..koq kayaknya gmn ya?
kalo daku siy yang jelas merasa malu
but entahlah...mgkn beda keadaan juga kali y

asal ortunya enggak merasa terpaksa aja dink
cz udah nikah brarti uda punya keluarga ndiri..uda harus bisa mandiri
ortu paling nyokong aja...n kalo bisa jangan dituntut banyak..seikhlasnya mereka (cz pastinya g mo anaknya sengsara dink, even mgkn buat ortu akhwat..uda jadi tanggung jawab suaminya menyediakan tempat tinggal, makanan n pakaian)
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: Abu Fatih pada Desember 10, 2008, 12:49:32 pm
Ane dukung yg penting BERBAKTI dan MANDIRI :D
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: subzero pada Desember 11, 2008, 05:54:49 am
berarrti berbakti dulu nyang diutamakan y om?
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: chika pada Desember 15, 2008, 09:29:40 am
hmm...
mau nikah saat kuliah ya
perlu perencanaan yang mateng tuh,,,

baik itu mental maupun fisik,,,
karena nikah saat kuliah itu berat
mau kuliah, ngurus anak dan suami, kalo ditambah kerja apalagi

tapi InsyaAllah kalo niat nya memang baik
Allah akan memberikan rejeki,,,

kalo biasa siapin rumah dulu,,,
jadi gx usah ngerepotin ortu
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: peLan9i pada Desember 15, 2008, 10:03:08 pm
hmm...
mau nikah saat kuliah ya
perlu perencanaan yang mateng tuh,,,

baik itu mental maupun fisik,,,
karena nikah saat kuliah itu berat
mau kuliah, ngurus anak dan suami, kalo ditambah kerja apalagi

tapi InsyaAllah kalo niat nya memang baik
Allah akan memberikan rejeki,,,

kalo biasa siapin rumah dulu,,,
jadi gx usah ngerepotin ortu


haiyaaaa makanya lulus dulu bru nikah hhe,,,
wadoow,, klo nyiapin rumah dulu kpan nikahnya ya hihi  :angel: :angel: :angel:
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: Ade Yan pada Desember 16, 2008, 01:58:16 am
hmm...
mau nikah saat kuliah ya
perlu perencanaan yang mateng tuh,,,

baik itu mental maupun fisik,,,
karena nikah saat kuliah itu berat
mau kuliah, ngurus anak dan suami, kalo ditambah kerja apalagi

tapi InsyaAllah kalo niat nya memang baik
Allah akan memberikan rejeki,,,

kalo biasa siapin rumah dulu,,,
jadi gx usah ngerepotin ortu


haiyaaaa makanya lulus dulu bru nikah hhe,,,
wadoow,, klo nyiapin rumah dulu kpan nikahnya ya hihi  :angel: :angel: :angel:


Nyiapin rumah tidak harus beli. Bisa sewa atau kos kan. Yang penting di sini adalah mandiri. Tidak merepotkan orang tua.
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: subzero pada Desember 16, 2008, 05:44:18 am
yah..brarti kudu disiapin juhga biaya buat ngontraknya
masa minta ortu
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: Ade Yan pada Desember 18, 2008, 12:24:20 am
yah..brarti kudu disiapin juhga biaya buat ngontraknya
masa minta ortu

Benar...berusaha untuk mandiri...itu intinya.. jangan cuma mau 'manisnya' aja...
BTW subzero dah nikah lum sih? kayaknya dah pengalaman
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: subzero pada Desember 18, 2008, 06:43:34 am
@om ade
emm...belon nikah koq

belajar dari pengalaman g berarti musti pengalaman sendiri tho?
cuman ngeliat pengalaman temen2 ajah
truss wejangan orang tua juga (mereka jauh lebih berpengalaman koq)

perna siy dikasi tau ginih
gapapa kalo belum siap materi..nti juga ortu bantu koq...g mungkin ortu juga biarin anaknya sengsara
but the problemnya
apakah ortu ntu seorang nyang cukup ngerti g?

kalo ortu nyang ngerti..daripada anaknya kenapa2 (terutama anak perempuan)
dinikahin ajah ma lakinya
n ikhlas buat bantuin kebutuhan keluarga anaknya

tapi kalo ortunya g ikhlas piye? (kayak nyang sering daku liat)
ato ortu bukan dari keluarga berada
anak perempuan ma suaminya malah jadi serba g enak ntar

so, kalo bisa belajar mandiri dulu lah
g musti dah punya kerja buat ikhwannya..paling enggak g selalu 'minta-minta'
yang penting mentalnya udah ada..buat berusaha
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: chika pada Desember 18, 2008, 12:59:21 pm
hmm...
mau nikah saat kuliah ya
perlu perencanaan yang mateng tuh,,,

baik itu mental maupun fisik,,,
karena nikah saat kuliah itu berat
mau kuliah, ngurus anak dan suami, kalo ditambah kerja apalagi

tapi InsyaAllah kalo niat nya memang baik
Allah akan memberikan rejeki,,,

kalo biasa siapin rumah dulu,,,
jadi gx usah ngerepotin ortu


haiyaaaa makanya lulus dulu bru nikah hhe,,,
wadoow,, klo nyiapin rumah dulu kpan nikahnya ya hihi  :angel: :angel: :angel:


hee ya gx mesti beli rumah donk
asal ada tempat tinggal
mau ngontrak, ngekos atau apa
supaya gx ngerepotin ortu
dan juga supaya ortu jadi lega liat anaknya

nikah berarti dah siap donk dengan segala kemungkinan...
jangan ampe ntar nikah minta maem nya dengan ortu juga  :D
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: Ade Yan pada Desember 19, 2008, 01:45:27 am
@om ade
emm...belon nikah koq

belajar dari pengalaman g berarti musti pengalaman sendiri tho?
cuman ngeliat pengalaman temen2 ajah
truss wejangan orang tua juga (mereka jauh lebih berpengalaman koq)

perna siy dikasi tau ginih
gapapa kalo belum siap materi..nti juga ortu bantu koq...g mungkin ortu juga biarin anaknya sengsara
but the problemnya
apakah ortu ntu seorang nyang cukup ngerti g?

kalo ortu nyang ngerti..daripada anaknya kenapa2 (terutama anak perempuan)
dinikahin ajah ma lakinya
n ikhlas buat bantuin kebutuhan keluarga anaknya

tapi kalo ortunya g ikhlas piye? (kayak nyang sering daku liat)
ato ortu bukan dari keluarga berada
anak perempuan ma suaminya malah jadi serba g enak ntar

so, kalo bisa belajar mandiri dulu lah
g musti dah punya kerja buat ikhwannya..paling enggak g selalu 'minta-minta'
yang penting mentalnya udah ada..buat berusaha

Seeep..brarti temenku yang di papua ini belum menikah...

BTT

duh heran ya, kang.....ko masih kepikir mau nikah tapi masih nebeng ma ortunya? ya berarti lum siap nikah. Berarti ya mending puasa aja, nambah ilmu, konsen belajar, konsen kerja, ningkatin ibadah, ...tuh masih banyak jalan.
Kadang pikiran kita aja yang ngarah ke sana terus sih...atau kebanyakan baca buku yang ngomporin nikah.
Menikahlah kalau udah siap, ilmu, mental , materi dan ijin orang tua...jangan sekali2 nglupain restu orang tua...

kang subzero..ane setuju...
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: subzero pada Desember 19, 2008, 05:45:54 am
daku mah setuju-setuju aja tuh

terutama di bab restu ortu

jah..ntu pan hak asasi masing2 orang om

kalo misalkan ortunya juga ude setuju..ya tersera siy

cuman nyang pasti suami punya tanggung jawab yang berbeda setela nikah mah
gmn bisa memberi maslahat buat masyarakat kalo untuk keluarga intinya sendiri, masih tergantung orang lain

temen2 daku juga ada koq yang masi disubsidi..cuman mereka uda nyoba n berusaha mandiri
ortu mungkin nambahin dikit ajah
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: Husniyah Azah pada Desember 21, 2008, 04:10:47 pm
Kerja sambil kuliah aja repot and pusing setengah mati...
Apalagi plus nikah...
Widihh.. Ga kebayang deh

Eits...itu kalo male lho ya..
Soalnya tanggung jawabnya lebih gedhe

Kalo female,, yaa...tau sendiri lah
Apapun kondisinya hayoo aja..  :)

Walah jangan bedain dunks,  kalo menjumpai wanita di rumah tanggung jawabnya sama gede nya mulai dari memasak, mencuci baju, bersih2 rumah plus dll
apalagi nanti di tambah punya baby saat kuliah, bisa di bayangin ga?

So musti siap lahir dan batin dech (terutama siap capek... :) )
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: subzero pada Desember 22, 2008, 05:36:08 am
iye..perempuan juga repot koq di rumah
apalagi kalo punya anak  :D
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: peLan9i pada Desember 22, 2008, 12:20:33 pm
hmmm,,,,
bru paham knapa sy blum nikah,,,
soalnya masi kuliah hwehehe,,,
 :) :) :)
Judul: Re:Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: lin_yank pada Maret 05, 2009, 03:28:33 pm
gimana kalo kuliah ,, kerja n nikah...???

bagi seorang akhwat apa yang harus dilakuin or dipersiapin..??
haruskah mundur dari kerjanya..??
padahal sangat  berat  untuk melepaskannya...

tapi kalo g dilepasss,,, apakah bisa membagi waktunya..??
secara kerja dari pagi sampe sore,, sore sampe malem buat kuliah..
trsss..,, kapan buat keluarga yak...??

Mohon saran dari temens2 semua...  :D
Judul: Re:Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: arif budiman pada Maret 05, 2009, 03:41:54 pm
gimana kalo kuliah ,, kerja n nikah...???

bagi seorang akhwat apa yang harus dilakuin or dipersiapin..??
haruskah mundur dari kerjanya..??
padahal sangat  berat  untuk melepaskannya...

tapi kalo g dilepasss,,, apakah bisa membagi waktunya..??
secara kerja dari pagi sampe sore,, sore sampe malem buat kuliah..
trsss..,, kapan buat keluarga yak...??

Mohon saran dari temens2 semua...  :D
kalo untuk hal ini dibahas di sini (http://forum.dudung.net/index.php/topic,13700.0.html) aja ya..   ;)
Judul: Re:Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: lin_yank pada Maret 05, 2009, 05:15:31 pm
ok beh..   :)
Judul: Re:Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: arif budiman pada Maret 24, 2009, 04:59:03 pm
pls.. untuk topik istri bekerja udah ada tempatnya sendiri
jangan 'ngobrol' masalah itu disini ya..
jadi beberapa tulisan terpaksa saya hapus
terima kasih atas pengertiannya  :)
Judul: Re:Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: alhikmah99 pada Mei 19, 2009, 10:58:36 am
Bismillah ..!

ada teman-2 ku
masih kuliah
sudah punya dua orang jagoan

orang tuanya sangat mendukung
jadi dibiayain sepenuhnya

dulu yang akhwat sering pingsan karena kanker otak
divonis dokter tinggal 3 bulan umurnya

yang ikhwan kasihan
jadi dinikahin
jadi nggak mati bujang mati yang sungguh hina
sehingga sempurna sudah agama

subhanallah
sekarang sih
sudah hilang nggak pernah terdengar pingsan atau apa

kalau kita niat membantu orang
niscaya Allah membantu kita
Judul: Re:Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: fie_vie pada Juni 08, 2009, 11:08:07 am
insya Allah mw ikutan jawab,,

saiya menikah saat usia saiya 20th lebih 2 bulan,, tepatnya 4 agustus 2007, dan saiya masih kuliah di STIMRA smt terakhir skr lg ngurus TA,,

sebelum nikah emg sempet papah binun sm keputusan saiya untuk menikah disaat kuliah,,
entah kenapa saiya ingin menikah muda saat itu,,
sungguh saat pertama ketemu dengan suami saiya,, saiya melihat kesungguhannya untuk menikahi saiya,,
dan saiyapun mencoba meloby papah,, memang siey sempet ada ucapan seolah tdk memperbolehkan,,
karena saiya terkenal dengan sebutan anak kesayangan papah,, tp alhamdulillah,, karena saiya insya Allah mempunyai niat yang baik dalam hal ini,, akhirnya papah setuju,,
dan mereka juga turut bahagia dengan keputusan saiya,,
bahkan saiya juga meringankan beban mereka karena tidak mengharuskan orangtua saiya membayar kuliah saiya lg,, dan membiayai semua kebutuhan saiya lg,,
setidaknya dengan saiya menikah,, saiya telah meringankan beban mereka,, karena biaya kuliah saiya n uang gedungnya cukup mahal,,

alhamdulilah semua ada hikmahnya kan??

menjalani pernikahan disaat kuliah memang tidak mudah,,
karena saiya juga hrus mengatur waktu untuk keluarga saiya,,
saiya harus sadar diri karena saiya sudah menikah,,
pulangkuliah ga bisa berlama2 di kampuz untuk sekedar ngegosip sm temen2,,
karena kuliah saiya itu malam hari,, atau kelas karyawan,,

menjalani pernikahan saat usia muda juga sebenarnya ga mudah,,
karena usia yang msh sm2 muda,, jd fikiran juga msh belum dewasa bangged,,
tp saiya yakin,,
karena saiya niat untuk itu,, saiya pasti bisa melewati rintangannya,,
karena saiya berfikir,, keputusan ini saiya yang ambil,, dan saiya berani mengambilnya,, berarti saiya jg harus berani mengambil segala konsekwensinya,,
dan alhamdulillah,, segalanya berjalan baik atas Ridho Allah dan restu orang tua,,


tp dibalik itu semua,,,
subhanallah,,
menikah itu memang indah sebenarnya,,
menjalani kehidupan sendiri yang sederhana juga indah,,
alhamdulillah,,
setelah menikah,, rejeki dr Allah melimpah ruah,,
sebulan menikah,, saiya diterima kerja,,walau saiya msh kuliah,,
2 bulannya lg,, suami saiya mampu membeli motor tiger idaman saiya cash!!
sekitas setengah tahunan lg,, suami saiya memberi kado istimewa di hari ulang tahun saiya,,
yaitu sebuah rumah!! rumah sederhana,, cukup n nyaman unt berdua,, walau mpe sekarang belum saiya tempatin,, karena suami saiya sering sekali keluar kota,, untuk mengurus pindahan agak susah,,
tp setidaknya kami sudah memiliki sebuah rumah,,
selain itu,, hari2 setelah menikah malah lancar,, rejeki jalan terus!! alhamdulillah,,






kalau saiya fikir,, sebenernya hidup ini adalah pilihan,,
jodoh juga kita bebas memilihnya,,
Allah hanya memberi pilihan beberapa orang untuk kita berfikir memilihnya,, karena kita diberi akal dan fikiran untuk berfikir,,
tp jangan lupa juga,, memilih nya juga harus melibatkan Allah,,
Judul: Re:Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: esti pada Juni 19, 2009, 01:34:38 pm
Kalo suami saya kuliah saat sudah menikah  :D jadinya saya juga kebagian tugas kuliahnya, antara lain bikin makalah mata kuliah umum, ya sudahlah...... :)
kasian juga ngeliatnya sih, waktu yang seharusnya istirahat malah dipake kuliah. Katanya insyaallah buat anak-anaknya nanti.  :x 
Judul: Re:Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: MaLiKa MiNeRvA pada Juni 19, 2009, 01:56:17 pm
Kalo saya emoh ah.
Maunya selesein kuliah dulu.
Kerja dulu.
Naik hajiin abah sama umi dulu.
Baru deh nikah.
InsyaAlloh......
Judul: Re:Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: subzero pada Juni 19, 2009, 08:38:45 pm
Kalo saya emoh ah.
Maunya selesein kuliah dulu.
Kerja dulu.
Naik hajiin abah sama umi dulu.
Baru deh nikah.
InsyaAlloh......

kira2 dah umur berapa tuh?  :-?
Judul: Re:Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: MaLiKa MiNeRvA pada Juni 23, 2009, 10:19:15 am
kira2 dah umur berapa tuh?  :-?
InsyaAlloh, usia 26 atau 27 kak.
Judul: Re:Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: drai pada Juni 24, 2009, 12:51:02 pm
Kalo suami saya kuliah saat sudah menikah  :D jadinya saya juga kebagian tugas kuliahnya, antara lain bikin makalah mata kuliah umum, ya sudahlah...... :)
kasian juga ngeliatnya sih, waktu yang seharusnya istirahat malah dipake kuliah. Katanya insyaallah buat anak-anaknya nanti.  :x 

iya tuh, enaknya kalo punya tugas istri bisa ngebantu paling gak doa kali...
Judul: Re:Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: gaspar pada Juni 30, 2009, 11:28:00 am
wah kayaknya momen yang terlewatkan tuh nikah waktu kuliah
ane kok ga kepikiran ya waktu kuliah dulu!!!
serasa jadi pingin kuliah lagi
 :D

yang penting niat
terus mental
kayaknya gitu sih
Judul: Re:Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: jole pada Juli 16, 2009, 08:06:32 am
kalo udah jodohnya .... enaknya nikah abis kuliah apa lagi udah kerja... di jamin lebih bahagia. =D>
Judul: Re:Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: Isriyanti Hakim pada Juli 23, 2009, 03:08:21 pm
gak masalah kok,, nevermind lagi,, :-??
malah asyik loch nikah saat kuliah, mau pacaran udah halal...
kalo ada tugas bisa dibantuin sama suami,
och co cwiitt... ;))

saat ini posisi aku juga seperti itu, bahkan aku sembari kerja juga loch,,
hayoo dari pada berzina, mendingan nikah toh??
enak toh??
dari pada pacaran, kesasar, mendingan yang halal toh??
manteb toh??
enak taaaaaaaaaaauuuuuuuuuuuuuuuu...
hahahahahahhahahahah :)) :)) :))*ketawa ala mbah surip
Judul: Re:Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: Nunu diati pada Agustus 01, 2009, 02:28:49 pm
yah, ga masalah nikah sambil kuliah. Saya juga bercita2 begitu, tapi orang tua pinginnya selesaiin kuliah baru nikah. Kalau selesai kuliah umur dah limit edition kali.....He.he.he... :">
Judul: Re:Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: dadunk pada Agustus 07, 2009, 10:49:56 pm
pingin banget, cuma kendala pertama ya itu tadi.
"Restu Orang Tua".
Judul: Re:Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: safaqillah pada Agustus 26, 2009, 02:51:27 pm
klu restu orang tua udah dapat tinggal kesepakatan antara kedua insan yg menjalani rumah tangga, mau diarah kan kemana rumah tangga tersebut. walaupun masih kuliah yg penting ada kesepakatan bersama sehingga tidak menyesal diakhir episode. :) :) :)
Judul: Re:Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: moslem_power pada September 17, 2009, 12:09:16 am
nikah saat kuliah... bagus untuk menjaga hati, enak! ada yang bantu buat tugas, ada yang menyemangati ketika letih dengan tugas kuliah yang bertumpuk.. :D
Judul: Re:Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: oki_toink pada September 19, 2009, 07:44:24 pm
nikah saat kuliah... bagus untuk menjaga hati, enak! ada yang bantu buat tugas, ada yang menyemangati ketika letih dengan tugas kuliah yang bertumpuk.. :D
kalau laki2nya udah punya penghasilan sendiri sih ok ...
tapi kalau belum :(
Judul: Re:Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: dadunk pada September 20, 2009, 09:25:13 am
nikah saat kuliah... bagus untuk menjaga hati, enak! ada yang bantu buat tugas, ada yang menyemangati ketika letih dengan tugas kuliah yang bertumpuk.. :D
kalau laki2nya udah punya penghasilan sendiri sih ok ...
tapi kalau belum :(
sudah berpenghasilan sendiri,,
tapi cicilan masih banyak (bayar kuliah, motor, dll)
trus gimana tuh ya :-?
penghasilannya hanya pas buat diri sendiri :(
Judul: Re:Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: oki_toink pada September 22, 2009, 09:18:26 am
bukan berpenghasilan tetap tapi tetap berpenghasilan ... itu yang bagus ... :))
kalau si laki2 nya serba ber kecukupan dan lebih dari cukup sih ya ga masalah,,, kalau kaga ..

malah repotin orang tua aja  ;)

bagus untuk menjaga hati
hmm enaknya mang di situ tuh bisa jaga hati ...
Judul: Re:Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: ^_^chusni@.maniez pada September 29, 2009, 09:51:40 am
misua ku br masuk kul thn ini,ga kerja jg.tp berpenghasilan tetap dan tetap berpenghasilan.xixixi.
Judul: Re:Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: ksitc pada Oktober 12, 2009, 03:34:16 pm
kl aq menurutku di tunda dulu kk
ribet ama duitnya
sekarang aja gua buat kuliah dah keteteran apa lagi nikah
Judul: Re:Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: lyceum_salf pada Oktober 12, 2009, 04:35:38 pm
dari cerita beberapa temanku yang nikah saat kuliah ia bilang Nyesel banget.........

kalau tahu begini.........



















Kenapa g dari dulu  :p :p :))
Judul: Re:Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: alhikmah99 pada November 17, 2009, 07:53:03 pm
2 ksitc

life is not mathematics

get married and you'll get rich
(of course in a good and honourable manner)
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: akhy_yadie pada Februari 18, 2010, 09:11:13 pm
Insya Allah ... ana n pasangan ana akan menjadi salah satu dari pasangan yang menikah saat kuliah...(mohon doanya , supaya lancar dlm segala hal)...
dan Alhamdulillah, kita berdua sudah berpenghasilan..... Insya Allah jadi lebih baik.... :">
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: arif budiman pada Februari 19, 2010, 11:07:49 am
Insya Allah ... ana n pasangan ana akan menjadi salah satu dari pasangan yang menikah saat kuliah...(mohon doanya , supaya lancar dlm segala hal)...
dan Alhamdulillah, kita berdua sudah berpenghasilan..... Insya Allah jadi lebih baik.... :">
subhanallah
udah mau nikah rupanya
semoga dimudahkan segala urusannya
 :)
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: drai pada Februari 19, 2010, 02:12:33 pm
semester dua yang telah lewat, ana memberanikan diri melamar seorang akhwat, alhamdulillah sampai saat ini sedang menikmati masa akhir perkuliyahan...

subhanallah, ...
 syukrann jaziilan ya zaujatiiii, uhibbuki 'ala kulli zamani...
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: chayoo pada Maret 12, 2010, 09:03:20 pm
aku ndak msalah nikah masih kuliah apa gak
tapi pengennya satu-satu dulu dselesaikan
qodarullah maa sya'a fa'alaa, aku akan nikah
satu bulan lagi,dan kuliahku masih satu  semester lagi
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: subzero pada Maret 13, 2010, 08:51:34 am
dakuw msh kuliah,br masuk thn ajaran 2009/2010.sdh menikah setahun lbh.alhamdulillah ga da mslh.even ga krja tp brpghsln
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: lehrerin pada Maret 13, 2010, 09:13:02 am
dakuw msh kuliah,br masuk thn ajaran 2009/2010.sdh menikah setahun lbh.alhamdulillah ga da mslh.even ga krja tp brpghsln

Subhanallah... sy angkat topi untuk teman2 yg masih kul dan sudah menikah. Sungguh merupakan tanggung jawab yang besar kala kita menanggung amanah dan memegang peran di bnyk tempat seperti, keluarga, lingkungan kampus, dan masyarakat. Patut diperhatikan pula, menikah di saat masa kuliah, yang juga harus mencukupi kebutuhan keluarga, sangatlah tak mudah. Masa iya.. harus melulu menyusahkan orang2 terdekat.. 
[/b]
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: subzero pada Maret 13, 2010, 11:59:56 am
*Ataskuh
setujuh.bwt dakuw sbg laki2.brani menikah,kudu brani tggjwb.jgn smpe menyusahkn ortu or membebani mereka
Judul: A
Ditulis oleh: angela pada April 07, 2010, 01:47:01 pm
Sungguh mulia hati para orang tua yang mau membiayai uang kuliah anaknya n mengizinkanya menikah guna menghindari zina.

Kalau ortu kita mampu dan setuju, kalau kita juga mampu,
yang diperlukan buanyak bngt
niat,
uang itu utama he2
karna kita gk akan kenyang makan cinta dan iman doank
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: moeslim85 pada April 08, 2010, 10:22:03 pm
Barangsiapa mengawini seorang wanita karena memandang kedudukannya maka Allah akan menambah baginya kerendahan, dan barangsiapa mengawini wanita karena memandang harta-bendanya maka Allah akan menambah baginya kemelaratan, dan barangsiapa mengawininya karena memandang keturunannya maka Allah akan menambah baginya kehinaan, tetapi barangsiapa mengawini seorang wanita karena bermaksud ingin meredam gejolak mata dan menjaga kesucian seksualnya atau ingin mendekatkan ikatan kekeluargaan maka Allah akan memberkahinya bagi isterinya dan memberkahi isterinya baginya. (HR. Bukhari)
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: angela pada April 23, 2010, 10:53:33 am
Sekarang kan lagi marak nikah krn hamil duluan, dan nikah krna udah gk perawan he he he
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: drai pada April 23, 2010, 12:55:47 pm
bentar lagi nikah vs kuliahku the end, tanggal 8 mei nanti wisuda InsyaAllah
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: yoshisa pada Mei 19, 2010, 08:58:04 pm
pengen nikah... :((

tapi masih kuliah...
Judul: Re: Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: Godelava pada Juli 28, 2010, 08:23:54 pm
Yakin sudah siap?

kalo siap, berarti tinggal maju  :)

jangan lupa solat istikhoroh ya  ;)
Judul: Re:Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: ukh_put pada Maret 18, 2011, 07:52:34 pm
wahhh..gak sengaja ke-klik thread ini,ahahhaaaaaa ;D ;D ;D ;D

put mau nikah pas lagi s2/s3 aja ahh

sekarang baru mau kuliah,masih kecil
masak aja belum jago,baru bisa masak mie instan aja :D
haaaaaaaahaa

Judul: Re:Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: Akhina Ifa pada Maret 21, 2011, 04:24:36 pm
calonnya :D
Judul: Re:Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: arif budiman pada Maret 22, 2011, 07:35:50 am
wahhh..gak sengaja ke-klik thread ini,ahahhaaaaaa ;D ;D ;D ;D

put mau nikah pas lagi s2/s3 aja ahh

sekarang baru mau kuliah,masih kecil
masak aja belum jago,baru bisa masak mie instan aja :D
haaaaaaaahaa
sama dong..
saya waktu nikah juga cuma bisa masak mie instan ama telor :p
setelah nikah, baru lumayan ada perkembangan..
bisa masak kornet instan :D
Judul: Re:Klo nikah saat KuLiaH...
Ditulis oleh: dekade_akhir pada Maret 22, 2011, 09:02:45 am
nikah saat kuliah? hmm.. pengen sih, tapi gw kan ga kuliah, heee.... (lah)