Perlihatkan Tulisan

Seksi ini mengijinkan Anda untuk melihat semua tulisan yang dibuat oleh anggota ini. Catatan bahwa Anda hanya bisa melihat tulisan yang dibuat dalam area di mana Anda memiliki akses terhadapnya.


Topik - ani

Halaman: [1] 2
1
Silaturrahim / apa kabar saudaraku...
« pada: Mei 22, 2011, 06:25:53 pm »
assalamu'alaikum wr wb

akhirnya bs nemu jg passwtnya  :)

pa kabar semuanya??smg smua dlm keadaan sehat wal'afiat amiin.... :)

2
Kesehatan & Perawatan Diri / hati-hati dengan Tanaman Transgenik
« pada: Juli 18, 2010, 10:20:53 am »
Dampak Buruk Tanaman Transgenik Mulai Terbukti
23 January, 2010

jagung transgenikTanaman transgenik yang dihasilkan dari rekayasa genetik terus menimbulkan polemik. Ketakutan akan dampak buruk tanaman transgenik bagi kesehatan mulai terbukti.

Perusahaan bioteknologi raksasa Amerika, Monsanto, yang memproduksi tanaman GMO (Genetically Modified Organism) dipaksa oleh publik anti GMO untuk melakukan studi membuktikan efek buruk produk tersebut bagi kesehatan dan lingkungan.

Monsanto pun mempercayakan studi tersebut pada peneliti Perancis, Dr Gilles Eric Seralini dari University of Caen. Hewan percobaan yang diberi tiga tipe jagung hasil modifikasi genetik dilaporkan mengalami gejala kerusakan organ liver dan ginjal.

“Hasil studi kami tidak menunjukkan adanya racun, hanya gejala keracunan. Tapi kami yakin ini bukan racun yang akut, namun tidak ada yang bisa menjamin juga produk itu tidak memiliki efek kronis,” ujar Dr Seralini seperti dilansir Dailymail, Jumat (22/1/2010).

Eksperimen dilakukan dengan menguji tiga strain produk jagung GMO yang tahan pestisida. Ketiga jenis produk tersebut kemudian diberikan pada tikus percobaan. Setelah tiga bulan, peneliti melakukan pengujian terhadap beberapa fungsi organ dan hasilnya ditemukan beberapa keganjilan pada bagian liver dan ginjal.

“Secara statistik kami menemukan bahwa tikus yang diberi strain produk GMO mengalami gejala kerusakan pada bagian ginjal dan hati. Terdapat ketidaknormalan konsentrasi hormon pada darah dan urin tikus,” kata Dr Seralini.

Semakin tinggi konsentrasi hormon tersebut diduga semakin besar pula risiko kerusakan organ liver dan ginjal. Hasil studi ini dilaporkan dalam the International Journal of Microbiology.

Meski demikian, menurut Dr Seralini studi lebih lanjut masih harus terus dilakukan dan dibuktikan pada manusia.

Tanaman transgenik biasanya dimodifikasi atau disisipkan gen tertentu dengan tujuan untuk memperbaiki sifat-sifat yang diinginkan seperti meningkatkan resistensi terhadap pestisida, hama, kekeringan.

Tanaman yang dihasilkan melalui teknik rekayasa genetika pun dapat diproduksi dalam waktu yang singkat, sehingga produktivitasnya menjadi lebih baik.

(fah/ir/detikhealth)

http://surgaku.com/iptek/dampak-buruk-tanaman-transgenik-mulai-terbukti.html

3
Berita & Politik / Penemuan Terbaru di Laut Merah: Kereta Roda Fir’aun
« pada: Juni 12, 2010, 10:03:56 am »
Penemuan Terbaru di Laut Merah: Kereta Roda Fir’aun

Masih ingat dengan kisah mukjizat Nabi Musa yang membelah laut merah dengan tongkatnya? Seorang Arkeolog bernama Ron Wyatt pada ahir tahun 1988 silam mengklaim bahwa dirinya telah menemukan beberapa bangkai roda kereta tempur kuno didasar laut merah.

Menurutnya, mungkin ini merupakan bangkai kereta tempur Fira’un yang tenggelam dilautan tersebut saat digunakan untuk mengejar Musa bersama para pengikutnya.

Menurut pengakuannya, selain menemukan beberapa bangkai roda kereta tempur berkuda, Wyatt bersama para krunya juga menemukan beberapa tulang manusia dan tulang kuda ditempat yang sama. Temuan ini tentunya semakin memperkuat dugaan bahwa sisa-sisa tulang belulang itu merupakan bagian dari kerangka para bala tentara Fir’aun yang tenggelam di laut Merah.

Apalagi dari hasil pengujian yang dilakukan di Stockhlom University terhadap beberapa sisa tulang belulang yang berhasil ditemukan, memang benar adanya bahwa struktur dan kandungan beberapa tulang telah berusia sekitar 3500 tahun silam. Dimana menurut sejarah, kejadian pengejaran itu juga terjadi dalam kurun waktu yang sama.

Selain itu, ada suatu benda menarik yang juga berhasil ditemukan, yaitu poros roda dari salah satu kereta kuda yang kini keseluruhannya telah tertutup oleh batu karang, sehingga untuk saat ini bentuk aslinya sangat sulit untuk dilihat secara jelas.

Mungkin Allah sengaja melindungi benda ini untuk menunjukkan kepada kita semua bahwa mukjizat yang diturunkan kepada Nabi-nabiNya merupakan suatu hal yang nyata dan bukan merupakan cerita karangan belaka.

Diantara beberapa bangkai kereta tadi, ditemukan pula sebuah roda dengan 4 buah jeruji yang terbuat dari emas. Sepertinya, inilah sisa dari roda kereta kuda yang ditunggangi oleh Fira’un.

Pada gambar di atas, menurut para ahli kira-kira disitulah lokasi dimana Nabi Musa bersama para kaumnya menyebrangi laut Merah. Lokasi penyeberangan diperkirakan berada di Teluk Aqaba di Nuweiba.

Kedalaman maksimum perairan di sekitar lokasi penyeberangan adalah 800 meter di sisi ke arah Mesir dan 900 meter di sisi ke arah Arab. Sementara itu di sisi utara dan selatan lintasan penyeberangan (garis merah) kedalamannya mencapai 1500 meter. Kemiringan laut dari Nuweiba ke arah Teluk Aqaba sekitar 1/14 atau 4 derajat, sementara itu dari Teluk Nuweiba ke arah daratan Arab sekitar 1/10 atau 6 derajat.

Diperkirakan jarak antara Nuweiba ke Arab sekitar 1800 meter.Lebar lintasan Laut Merah yang terbelah diperkirakan 900 meter.

Dapatkah kita membayangkan berapa gaya yang diperlukan untuk dapat membelah air laut hingga memiliki lebar lintasan 900 meter dengan jarak 1800 meter pada kedalaman perairan yang rata2 mencapai ratusan meter untuk waktu yang cukup lama, mengingat pengikut Nabi Musa yang menurut sejarah berjumlah ribuan? (menurut tulisan lain diperkirakan jaraknya mencapai 7 km, dengan jumlah pengikut Nabi Musa sekitar 600.000 orang dan waktu yang ditempuh untuk menyeberang sekitar 4 jam).

Menurut sebuah perhitungan, diperkirakan diperlukan tekanan (gaya per satuan luas) sebesar 2.800.000 Newton/m2 atau setara dengan tekanan yang kita terima jika menyelam di laut hingga kedalaman 280 meter.

Jika kita kaitkan dengan kecepatan angin,menurut beberapa perhitungan,setidaknya diperlukan hembusan angin dengan kecepatan konstan 30 meter/detik (108 km/jam) sepanjang malam untuk dapat membelah dan mempertahankan belahan air laut tersebut dalam jangka waktu 4 jam.

Berikut ini adalah mummy fir’aun:

Sudah beberapa ribu taun lamanya fir’aun meninggal, ternyata masih utuh mayatnya. Mungkin Allah ingin menunjukkan kepada kita, ini orang yg mengganggap dirinya tuhan.

http://aespee.wordpress.com/2010/01/16/penemuan-terbaru-di-laut-merah-kereta-roda-firaun/

4
Referensi Buku / [novel]Bumi Cinta,,karya Kang Abik
« pada: Juni 02, 2010, 01:26:30 pm »
Bumi Cinta
by. Habiburrahman El Shirazy

apa jadinya jika seorang santri salaf, bernama muhammad Ayyas, hidup di negeri paling menjunjung tinggi seks bebas dan pornografi, yaitu Rusia?akankah iman dan kehormatannya dipertaruhkan untuk memenuhi hasrat duniawi nonik-nonik muda Moskwa, yang kecantikannya tiada tara?

ceritanya bagus n ada cerita tentang keajaiban Al-Quran yang menyebabkan para pakar memeluk islam.



5
Silaturrahim / Kok sepi ya dudung...
« pada: Januari 12, 2010, 08:34:32 pm »
Skrg dudung jd sepi ayo dong diramein lg kyk dulu2 byk topik2 menarik yg dbumbui perdebatan tp dgn demikian jd mempererat persaudaraan diantr dudunger...
Ayo dong diramein lg... 

6
Kesehatan & Perawatan Diri / Kanker getah bening
« pada: Desember 23, 2009, 12:38:06 pm »
Assalamu alaikum wr wb
hari ini istri dekan kami meninggal krn penyakit ini, innalillah wainnailaihi rojiun,
penyakit ini bagiku msh kurang bhkan msh asing, mungkin dudunger ada yg tau byk ttg penykt ini bs disharing dsini..
Gmn cr kita mengetahui ato mdeteksi gejala penykt ini n faktor2 apa yg menyebabx ato memacu perkebangn penykt ini agar kt bs mlakukan pencegahan dini..

7
Aqidah & Akhlaq / hutang piutang
« pada: Februari 06, 2009, 11:26:44 am »
assalamu'alaikum wr wb

aku sering mengalami kasus seperti ini....awalnya aku selalu bilang pinjem ya uangnya misalnya aja 10 ribu besok deh aku balikin..trus besoknya ternyata lupa dan besoknya juga msh lupa untuk bayar hutangnya sampai beberapa hari, trus saat ketemu aku balikin uangnya n teman itu bilang ga usah dibalikin atau kadang juga ga ketemu tp melalui telpon aku minta untuk trasfer aja tp kemudian si teman ini bilang ga usah dibalikin aja aku ikhlas kok anggap aja aku ngasih kamu gitu padahal awalnya aku bilang pinjem dan si teman ini ngasih aja sih saat itu.

dari contoh kasus diatas menurut teman2 gimana apakah uang yg aku pake itu halal atau gimana soalnya aku sudah berusaha untuk ngembaliin tp dianya ga mau. makasih ya

8
Silaturrahim / Bogor - UNJ (univ. Negeri Jakarta), enaknya naik apa ya?
« pada: Desember 06, 2008, 06:52:18 am »
Assalamu'alaikum wr wb
afwan smuanya minta petunjukx nih aq mo k unj tp ga tau jalan, jd tlg ya infox  klo dr bgr ke unj enakx naek apa n lengkap dgn no angkotx ya?klo naek kereta gmn ato naek bis gmn? Jzkl ya
 

9
Freedom of Speech / Kajian Akhwat part 3
« pada: Agustus 28, 2008, 10:18:04 am »
afwan aku copy ke sini tulisan nya ya NeeS biar mudah terlihat n terbaca :D

Aku (NeeS) umumin pengumuman resminya ya,,,, (selaku panitia dadakan  mengangkat diri  ;D gpp ya)


Assalamualaykum warahmatullah wabarakatuh,,,

ukhti fillah,,,   >:D<

Gak kerasa bentar lagi Ramadhan,,,Tinggal hitungan hari, bulan yang penuh berkah itupun akan segera datang.
So??? Apa yang sudah kita persiapkan untuk menghadapi bulan itu????
Pastinya yang ikut kajian akhwat II tau donkkkkk...  ;D  (bagi yang gak ikut kecian deh!   ;D)
Lalu, apa yang sudah kita rencanakan untuk mengisi bulan itu????   ;;)
Yakin bisa tetep istiqomah sampai akhir Ramadhan?   :)
Sudah tau kiat2 sukses di bulan suci itu???   :)
Sudah tau apa2 yang musti dilakukan agar kita sukses mendapat derajat taqwa??? (insya Allah)   :)

Kalau belum tau dan mau tau, yuk dateng ke Kajian Akhwat Dudunger III   :) yang insyaAllah akan dilaksanakan pada :
Hari : sabtu
Tanggal : 13 September 2008
Pukul : 15.30 s.d selesai
Tempat : Kontrakan Mba Ena, Jalan Raya Kranggan no. 6B, Kel. Jatiraden, Kec. Jatisampurna
Tema : Kiat Sukses Di bulan Ramadhan
[/pre]
[/b]
Ditunggu yah kedatangannya.....
Yuk sama-sama nuntut ilmu. Mumpung Ramadhan! Segala perbuatan baik dilipatgandakan pahalanya. Tiap langkah kaki, dihitung lho,,,,,   :great: makin jauh, makin besar pahalanya,,,,  hee hee


NB:
Bagi yang g bisa/takut pulang malam, bisa menginap dikontakan mba ena. InsyaAllah malamnya akan diadakan acara renungan,,
InsyaAllah akan ada buka bersama/buka bareng. Buat yang mau bawa makanan, boleh,,,   ;D
Infaq sukarela,,,   :)


:) :) :)l :x :x  :) :) :)

10
Hardware, Software dan Networking / Komputer Restart sendiri ...???
« pada: Juni 04, 2008, 04:06:43 pm »
assalamu'alaikum wr wb

mo nanya dong td kok komputer aku tiba2 nge-restart sendiri ya? kenapa ya?apakah terserang virus?
mohon ya di tanggapi syukron... :great:

11
Kesehatan & Perawatan Diri / mo nanya nih penting.....
« pada: Mei 15, 2008, 08:55:36 pm »
dudunger ada yg tau atau ngalamin ttg penyakit kista di rahim.
adakah obat alternatif yg lbh baik n efektif menyembuhkan selain operasi...?

dmohon bantuannya ya...makasih

12
Kesehatan & Perawatan Diri / SOYA......perlu dibaca bagi akhwat...
« pada: April 14, 2008, 09:01:17 pm »
Lebih baik hati2!

CERITA SEORANG WANITA TENTANG SUSU KACANG...KENYATAAN YANG MENARIK

Silahkan sampaikan informasi ini ke temen temen cewek anda......Sesuatu yang perlu dicatat. Ini adalah kisah nyata ku, tidak ada yang
diganti (dilebih-lebihkan atau dikurang kurangi). Ini semua adalah kenyataan, karena berhubungan dengan pengalaman saya sendiri, pendapat
saya didasarkan pada apa yang telah saya baca dan rasakan. Semua ini saya   maksudkan untuk memperingati para wanita muda yang sadar akan
kesehatannya supaya tidak secara bodoh merusak dirinya sendiri.

Pada tahun 1989 saya lulus SMA di Texas dan akan pindah ke kota untuk masuk perguruan tinggi. Salah satu perubahan yang ingin saya lakukan
adalah makan makanan yang lebih sehat. Setelah saya pindah ke Austin , Texas , kota yang sadar akan arti kesehatan, saya mulai membangun tubuh
saya dengan mengkonsumsi makanan terbaik dan tersehat yang dapat saya temukan. Tahu merupakan menu utama dalam makanan saya dan saya membeli
susu kacang hampir setiap hari.

Saya mengkonsumsinya sebagai campuran cerial atau hanya meminumnya begitu saya sebagai makanan tambahan. Saya membeli muffin yang terbuat dari sari
susu kacang, miso soup (sup jepang)dengan tahu, kacang kedelai, atau  kecambah dari kacang kedelai, dsbnya. Semua literatur dalam majalah kesehatan dan
kebugaran mengatakan bahwa susu kacang dapat mencegah dari sakit jantung sampai kanker *******. Hal itu karena disebakan oleh isoflavone
(kandungan ajaib dalam kacang kedelai), sejenis hormon estrogen, yang membantu bekerja untuk membuat kamu tetap sehat dan awet muda.

Saya kelihatan sehat sekali dan saya selalu berolah raga tetapi siklus haid saya terhenti. Pada umur 20, saya mulai makan pil KB untuk membuat
siklus haid saya teratur. Selain itu saya juga mengalami kesakitan setiap kali memperoleh haid. Tubuh saya mulai gendut seolah olah otot saya jadi
lembek. Saya mulai menderita depresi dan mudah marah.

Saya menyalahkan PMS (Post-Menstruasi) sebagai akibat haid saya yang datang tak beraturan. Sewaktu saya berumur 25 tahun, mens saya begitu
buruknya sehingga saya tidak bisa berjalan. Pil KB tidak lagi bisa membuat haid saya teratur atau mengurangi rasa sakitnya sehingga saya
berhenti meminumnya.

Hal ini berlangsung hingga 2 tahun sampai saya menyadari bahwa rasa sakit ini tidak lazim. Pada umur 27, dokter kandungan menemukan 2 buah kista
dalam kandungan saya. Keduanya berukuran sebesar bola tennis dan saya melakukan operasi untuk menghilangkannya.

Untunglah keduanya tumor jinak. Ahli kandungan tersebut menyarankan saya makan pil KB lagi tapi tidak saya lakukan. Pada tahun 1998, dia
(dokter kandungan) menemukan benjolan di ******* saya. Lagi lagi saya lakukan operasi dan lagi-lagi tumor jinak.

Pada tahun 2000, kelenjar saya membengkak dan gusi saya meradang. Karena saya berpikir saya mengalami infeksi gigi, saya pergi ke dokter gigi yang
mengatakan bahwa tidak ada masalah dengan gigi saya. Setelah makan sejumlah obat antibiotik, bengkaknya tidak kempes.

Pada saat ini saya meraskan adanya satu benjolan kecil pada leher bagian kanan saya. Saya ceritakan pada Ibu saya bahwa saya ada masalah dengan
amandel saya. Dia menganggap saya mengada ada karena keluarga kami tidak ada yang amandelnya ada masalah. Sewaktu benjolan tersebut makin besar saya
menemui seorang spesialis yang mendinogsa benjolan tersebut sebagai Papillary Thyroid Carcinoma. Setelah beberapa test, ternyata itu adalah
kanker.

Saya dan tunangan saya sangat terkejut. Kami tidak siap dan saya sangat takut. Segera kami menjadwalkan operasi. Dokter spesialis tersebut
mengatakan bahwa hanya setelah operasi ahli patology baru dapat menetapkan apakah itu kangker atau bukan. Mereka menemukan sebuah tumor
di sebelah kanan bagian belakang amandel saya yang terdiri dari sel yang tak beraturan dan juga sebuah tumor lain di sebelah kiri sehingga seluruh
amandel (tonsil) diangkat. Mereka mengatakan bahwa setelah mengalami iodine radioaktif saya akan selamat dan berumur panjang.

Setelah pengobatan, saya mulai mencari apa penyebab semua ini. Tidak pernah sedikitpun terbersit dalam otak saya penyebab semua ini adalah sari
kedelai yang saya konsumsi selama hampir 10 tahun. Lagi pula, sari kedelai itu sehat. Saya secara tak sengaja menemukan
website yang menghubungkan antara amandel dan konsumsi sari kedelai dan persekongkolan yang memasarkan sari kedelai sebagai makanan sehat, yang
mana sebenarnya tidak lain adalah sisa olahan beracun dari industry minyak sayur. Ini benar benar gila.

Tidak ada majalah kesehatan dan kebugaran yang mengatakan bahwa soya itu berbahaya. Saya mengunjungi herbalist yang didianogsa mengalami kanker
amandel di tahun 1985. Dia mengatakan bahwa soya adalah penyebab semua itu. Dia mengalami pengangkatan kandungan karena adanya kista dan
masalah kandungan yang lain.

Beberapa bulan kemudian rekan yang lain yang juga mengkonsumsi soya mengalami kanker amandel.
Seorang gadis di Inggris yang saya jumpai melalui internet dalam suatu forum kanker amandel juga baru saja mengalami operasi dan dia baru berumur 19
 tahun. Apa yang terjadi?

Kanker ******* dihubungkan dengan estrogen. Yang berfungsi seolah-olah estrogen adalah SOYA. Tetapi saya tidak pernah mencurigai soya
sebagai penyebab karena sampai sekarang saya tidak pernah menemui artikel  yang menyatakan soya bisa berbahaya.Para wanita yang mengkonsumsi soya
 sebelum mengalami masalah tonsil akan terus mengkonsumsinya setelah itu  apabila mereka tidak sadar apa yang dapat disebabkan soya, apa aja
 kandungan soya dan bagaimana reaksinya terhadap tubuh wanita.

Menurut saya ini adalah salah satu alasan mengapa wanita yang mengalami kanker amandel akan mengalami kanker ******* juga nantinya. Teman sekerja
saya yang pencinta berat soya rambutnya mulai rontok dan menjadi gemuk meskipun dia terus olahraga selama jam istirahat dan setelah jam kerja,
dan hanya makan apel dan jeruk untuk makan siang. Dia baru saja mengangkat kista dalam kandungannya. Saya memperingati dia supaya berhenti minum soya
dan mennghubungkannya dengan websites tetapi sampai masalah ini masuk berita malam di 4 station TV, wanita akan tetap menderita. Semenjak adanya
masalah dengan tonsil saya, selama 2 tahun terakhir ini saya tidak pernah menyentuh soya.

Hai para pembaca, mohon gunakan cerita saya ini sedapat mungkin untuk memperingati para wanita muda yang berpikir bahwa mereka akan lebih sehat
dan awet muda dengan mengkonsumsi soya. Sangat tidak fair apabila informasi mengenai bahaya soya tidak disebarkan. Banyak mereka disana
yang mengalami hal ini dan adalah pukulan yang berat apabila anda mengetahui bahwa anda tak sesehat yang anda kira dan informasi yang anda
harapkan adalah salah !

sumber : email dari teman

moga bermanfaat...tidak ada salahnya kl kita berhati2

13
Kesehatan & Perawatan Diri / Posisi duduk tentukan kesehatan punggung
« pada: April 08, 2008, 08:47:41 am »
Posisi Duduk Tentukan Kesehatan Punggung
Senin,07 April 2008 13:39
Nyeri pada punggung menjadi fenomena umum yang dirasakan banyak orang, baik mereka warga negara berkembang maupun penduduk negara maju. Bahkan, di Amerika Serikat (AS), sebuah hasil survei menunjukkan bahwa 85% penduduk Negeri Paman Sam tercatat pernah mengalami sakit punggung setidaknya sekali seumur hidup.

Bagi para pekerja kantoran, khususnya yang memiliki kebiasaan duduk berlama-lama mengerjakan tugas, atau mengetik di komputer, kerap menemukan keluhan sakit nyeri di bagian punggung. Maka itu, posisi duduk yang baik sangat menentukan kesehatan punggung.

“Penyebab sakit nyeri itu biasanya karena posisi duduk yang salah,” ujar Barbara Dorsch, physiotheraphist/rehabilitation specialist dari Australia, di sela acara training lecturer para ahli media Siloam Hospitals di Siloam Hospitals Kebun Jeruk, Jakarta Barat, pekan lalu.

Penyebab sakit nyeri punggung umumnya disebabkan peregangan otot atau ligmen karena postur tubuh ketika duduk dalam posisi tidak tepat. Nyeri punggung mulai terasa saat terjadi cedera, atau setelah terjadinya peradangan.

Punggung yang baik memiliki tiga kurva, yaitu pada leher, punggung bagian atas, dan punggung bagian bawah. Oleh karenanya, otot bagian perut, otot paha, dan otot kaki harus kuat agar mampu menyangga kurva punggung yang baik.

Punggung juga sangat sensitif terhadap ketegangan otot akibat stres sehari-hari. Dalam keadaan lemah dan kaku, otot punggung mengalami kejang, sehingga menyebabkan aliran darah yang mengangkut oksigen menjadi terhambat dan otot kekurangan oksigen. Akibatnya, penderita mengalami nyeri yang semakin menyakitkan apabila tidak segera mendapat penanganan dari dokter.

Penyebab lain biasanya akibat penggunaan alas sepatu hak tinggi yang banyak digunakan perempuan, kurang olahraga, cedera dan ketegangan otot, serta proses penuaan (osteoarthritis) yang menyebabkan bantalan tulang (diskus) keluar dari tempat semestinya dan menghasilkan pertumbuhan tulang baru yang menimbulkan radang sendiri dengan disertai rasa nyeri.

Penatalaksanaan yang terbaik pada nyeri punggung pada umumnya berdasarkan penyebab gangguan itu sendiri. Fisioterapi merupakan salah satu cara terapi untuk mengatasi masalah nyeri pungggung, di samping kerap pula digunakan untuk rehabilitasi medik pasien penyakit stroke. “Fisioterapi adalah latihan untuk membuat kondisi pasien lebih baik dari sebelumnya,” ujar Barbara.

Menurut Barbara, teknik fisioterapi menitikberatkan tujuan untuk menstabilkan atau memperbaiki gangguan fungsi alat gerak atau fungsi tubuh yang terganggu yang kemudian diikuti dengan proses atau metode terapi gerak.

Mengenal Struktur Punggung

Punggung adalah salah satu organ tubuh yang bekerja nonstop selama 24 jam. Dalam keadaan tidur pun, punggung tetap menjalankan fungsinya untuk menjaga postur tubuh.

Punggung tersusun dari 24 buah tulang belakang (vertebrae), dimana masing-masing vertebrae dipisahkan satu sama lain oleh bantalan tulang rawan atau diskus. Seluruh rangkaian tulang belakang ini membentuk tiga buah lengkung alamiah, yang menyerupai huruf S.

Lengkung paling atas adalah segmen servikal (leher), yang dilanjutkan dengan segmen toraks (punggung tengah), dan segmen paling bawah yaitu lumbar (punggung bawah). Lengkung lumbar inilah yang bertugas untuk menopang berat seluruh tubuh dan pergerakan.

Otot punggung ditunjang oleb punggung, perut, pinggang dan tungkai yang kuat dan fleksibel. Seluruh otot tersebut berfungsi untuk menahan agar tulang belakang dan diskus tetap dalam posisi normal. Kelemahan pada salah satu otot akan menambah ketegangan pada otot lain dan akhirnya menimbulkan masalah punggung.

Sedangkan diskus atau bantalan tulang rawan berfungsi sebagai penahan guncangan ini terdapat di antara vertebrae, sehingga memungkinkan sendi-sendi untuk bergerak secara halus. Setiap diskus memiliki bagian tengah seperti bunga karang yang berongga kecil-kecil dan bagian luar yang keras dan mengandung serat saraf untuk rasa nyeri. Selain itu, juga terdapat cairan yang mengalir ke dalam dan keluar diskus. Cairan ini berfungsi sebagai pelumas sehingga memungkinkan punggung bergerak bebas. Diskus yang sehat bersifat elastis, sehingga akan mudah kembali ke bentuk semula jika tertekan di antara kedua vertebrae.

Pada saat tidur, sangat sedikit cairan yang keluar dari diskus. Itulah yang menyebabkan kekakuan otot saat seseorang bangun dari tidur. Gerakan mendadak yang dilakukan ketika baru bangun tidur dapat mengakibatkan cedera punggung.

Posisi Duduk yang Baik

Buruknya postur tubuh, kegemukan (obesitas) dan gerakan yang kurang tepat selama bertahun-tahun, akan mengakibatkan kelainan pada otot dan diskus, bahkan dapat berakibat nyeri punggung.

”Postur tubuh yang baik akan melindungi dari cedera sewaktu melakukan gerakan karena beban disebarkan merata keseluruh bagian tulang belakang,” ungkap Barbara Dorsch. Postur tubuh yang baik, lanjut dia, akan dicapai jika telinga, bahu, dan pinggul berada dalam satu garis lurus ke bawah.

Berdasarkan data British Chiropractic Association, sekitar 32% populasi dunia menghabiskan waktu lebih dari 10 jam sehari untuk duduk di depan meja kerja. Separuh dari populasi tenrsebut tidak pernah meninggalkan meja kerja, bahkan saat makan siang. Sementara itu, dua pertiga populasi menambah porsi duduk tegak saat berada di rumah.

Duduk dalam posisi tegak 90 derajat, kerap menyebabkan timbulnya pergerakan sendi belakang sehingga posisi tubuh tidak seimbang. Maka itu, posisi duduk santai dengan postur miring 135 derajat adalah posisi terbaik. Dalam posisi ini, tulang belakang akan berada dalam posisi ideal, di mana tulang belakang bagian bawah akan berbentuk seperti huruf S.

Posisi duduk dengan sudut kemiringan 135 derajat akan memperbaiki sirkulasi darah di bagian bawah tubuh, sehingga dapat terhindar dari gangguan varises, selulit, dan penggumpalan darah di kaki serta mengurangi kelelahan di kaki. “Tubuh akan terasa lebih rileks, sehingga mengurangi terjadinya ketegangan otot,” papar Barbara.

Duduk dengan posisi kemiringan 135 derajat juga akan menghasilkan mobilitas yang lebih baik, mudah bergerak di atas kursi, dan lebih mudah untuk naik turun kursi. (INVESTOR DAILY, 5-6 April 2008/ humasristek)

14
Tanaman / tanaman obat apa yg kamu ketahui....?
« pada: Maret 25, 2008, 11:57:24 am »
assalamu'alaikum wr wb

dimasyarakat atau di lingkungan kita atau bahkan di rumah kita seringkali menggunakan jenis tumbuhan  untuk mengobati banyak penyakit baik itu untuk manusia maupun untuk mengobati penyakit tanaman yg kita budidayakan.  yg dijadikan obat bisa dari daun, batang, akar atau bunga atau buah.
mungkin ada pengalaman teman2 yg menggunakan tanaman2 itu untuk pengobatan, untuk itu mungin kita bs berbagi disini
- tanaman apa saja yg diketahui
- bagian tanaman yg mana digunakan
- untuk mengobati penyakit apa
- jika tau bahan aktifnya mgk lbh baik
- jika ada nama daerahnya akan lbh baik untuk menambah pembendaharaan kita

teman2 tanaman ini tidak terbatas hanya tanaman yg sudah dibudidayakan yg berupa gulma juga gpp....


15
Silaturrahim / Ada hal apa di hari Miladmu?
« pada: Desember 09, 2007, 04:03:08 pm »
Assalamualaikum wr wb

setiap orang atau mungkin kebanyakan orang suka melakukan hal2 aneh (niatnya membahagiakan dirinya atau temannya) disaat hari miladnya sendiri atau di hari millah temannya. :)
ayo kita share di sini apa aja sih yg dah pernah kita lakukan di hari milad kita atau di hari milad teman kita

ok aku mulai ya...
klo ingat sebelum hari miladnya aku puasa di hari miladku, tp byk ga ingetnya tau2 dah dikerjai ama teman2 #:-S

klo kalian gimana...?

Halaman: [1] 2