Perlihatkan Tulisan

Seksi ini mengijinkan Anda untuk melihat semua tulisan yang dibuat oleh anggota ini. Catatan bahwa Anda hanya bisa melihat tulisan yang dibuat dalam area di mana Anda memiliki akses terhadapnya.


Topik - sai

Halaman: 1 [2] 3 4 ... 15
16
Games / Nusantara Online, MMORPG Cita Rasa Indonesia
« pada: Oktober 21, 2009, 09:58:59 am »
VIVAnews - Melihat besarnya animo gamers tanah air, khususnya terhadap massive multiplayer online role playing game (MMORPG), pihak pengembang game lokal Nusantara Online siap menghadirkan produk MMORPG-nya yang sarat nilai historia Indonesia kuartal empat mendatang.

Pada versi satu nanti, game yang interfacenya menyerupai RYL maupun Ragnarok ini, akan menghadirkan tiga kerajaan utama, yakni Majapahit, Padjajaran, dan Sriwijaya.

“Nantinya setiap tahun akan kami tambahkan tiga kerajaan baru. Pengembangan ini akan terus dilakukan, setidaknya hingga tiap propoinsi di Indonesia diwakili oleh satu kerajaan,” kata Heru Nugroho, Managing Director Nusantara Online, di sela konferensi pers Nusantara Online di Jakarta Convention Center-Senayan, Jakarta, Kamis 25 Juni 2009.

Untuk versi 2 yang akan dirilis tahun depan, pada game yang merupakan 100 persen buatan lokal ini, akan dipersiapkan tambahan kerajaan Samudera Pasai (Aceh), Bedahulu (Bali), dan Gowa.

Sama dengan game sejenisnya, untuk nilai komersialnya, game ini mengandalkan pemasukan dari penjualan perkakas atau item-item yang ada di dalam Nusantara Online, seperti misalnya pakaian, pedang, jubah, dan sebagainya. Harganya kemungkinan besar relatif sama dengan pasar.

Heru mengaku, inisiatifnya dalam mengembangkan game bersarat konten lokal sebagai bentuk keprihatinannya semakin maraknya cerita maupun konten asing yang masuk tak hanya melalui game, tetapi juga media-media seperti buku, majalah, radio sampai televisi.

“Kebanyakan generasi muda sekarang cenderung lebih akrab dengan cerita-cerita dan sejarah negeri lain ketimbang cerita-cerita rakyat dan sejarah bangsanya sendiri,” ucap Heru prihatin.

Berbicara target, dia mengungkapkan, dapat merangkul sejuta active user dalam kurun waktu setahun pertama. Sementara nilai komersialnya, Heru belum enggan memaparkan prediksi pendapatan maupun ARPU-nya sebelum melihat respon pasar.

Sementara ini, Nusantara Online sudah dapat dinikmati pengguna ISP Melsa di Bandung. Agustus mendatang, rencananya Nusantara Online akan terkoneksi dengan Indonesia Internet Exchange (IIX) dan dapat diakses melalui internet. “Namun, secara bisnis game ini baru akan beroperasi penuh pada kuartal empat. Awal-awal boleh dicoba secara gratis,” ucap Heru.

Nusantara Online akan diluncurkan secara resmi besok di sela Pembukaan Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI), JCC, oleh Presiden Republik Indonesia Soesilo Bambang Yudhoyono.

17
Berita & Politik / Klub Poligami Dideklrasikan di Bandung
« pada: Oktober 21, 2009, 09:48:30 am »
VIVAnews - Klub poligami, Ikhwan Poligami Klub asal Malaysia kini membuka cabang di Bandung, Jawa Barat. Klub ini berusaha menjodohkan beberapa perempuan dengan satu laki-laki.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), Amidhan mengatakan di negara demokrasi seperti Indonesia boleh-boleh saja membentuk organisasi, selama bukan organisasi kejahatan.

"Masalah itu tidak perlu ditanggapi, nanti malah jadi besar. Seperti dulu ada [pemilik] Wong Solo yang mengadakan poligami award, nanti juga hilang sendiri," kata dia kepada VIVAnews, Rabu 21 Oktober 2009.

Berpoligami adalah pilihan, kata dia, organisasi seperti klub poligami tak patut didirikan. " tu bukan solusi untuk kehidupan berumah tangga," tambah dia.

Dijelaskan dia, sekte Al Arqam, organisasi cikal bakal klub poligami yang dilarang pemerintah Malaysia, tak sekedar mendorong adanya poligami bahkan mempercayai bahwa jika istri berhati putih dia akan mencarikan istri lain bagi suaminya. Surga jadi imbalannya.

Sebelumnya, Ketua Ikhwan Polygami Club, Hatijah Aam sendiri yang meresmikan klub di Bandung.

Hatijah bermaksud membuka lebih banyak cabang klub poligami di Indonesia, tak hanya di Bandung.

"Untuk di Indonesia sendiri saat ini ada 30 keluarga yang bergabung dalam klub poligami dan sementara saya akan mendeklarasikan di Jawa dan Sumatera dulu. Sudah itu baru ke seluruh Indonesia," kata Hatijah, seperti dimuat laman Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat, Senin 19 Oktober 2009.

Menurut dia, klub poligami di Malaysia sekarang sudah berjalan dengan lancar bahkan sekarang klub poligami sudah memiliki 300 anggota yang tersebar di berbagai negara, seperti Indonesia, Australia, Singapura, Timur Tengah, Thailand dan negara-negara lainnya.

Hatijah Aam adalah satu dari empat istri Ashaari Muhammad, mantan pemimpin sekte Al Arqam, yang organisasinya dilarang pemerintah Malaysia pada tahun 1994. Dari pernikahan poligami Ashaari, lahir 38 anak dan 200 cucu.

18
Berita & Politik / Gerindra Kritik 'Keseleo Lidah' Taufiq Kiemas
« pada: Oktober 21, 2009, 09:47:32 am »
VIVAnews - 'Keseleo' lidah yang terjadi pada Ketua MPR, Taufiq Kiemas, memancing beragam tanggapan dari peserta sidang. Taufiq sempat terbata-bata saat memimpin Sidang Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Gedung MPR/DPR.

"Harusnya lebih teliti. Pelantikan presiden ini kan termasuk agenda penting kenegaraan yang menjadi sorotan seluruh dunia," ujar Sekrertaris Jenderal Gerindra, Ahmad Muzani di Gedung DPR, Jakarta, Selasa, 20 Oktober 2009.

Taufiq memang berulang kali terselip lidah dalam membaca susunan acara, daftar tamu undangan kehormatan, sampai salah menyebut gelar presiden yang akan dilantik.

Setelah sempat lupa menyebutkan nama mantan wakil presiden Jusuf Kalla dan mantan presiden BJ Habibie, ia pun membaca gelar SBY secara terbalik menjadi 'Haji Susilo Doktor Bambang Yudhoyono.' Semua kesalahan ini tak pelak menjadi sasaran empuk kritikan dari berbagai pihak.

Muzani sebagai peserta koalisi pendukung Megawati-Prabowo dalam pilpres, tetap menyayangkan ketidaktelitian Taufiq. Menurut dia, ketidaktelitian Taufiq membuatnya mengulangi kesalahan yang sama.

Muzani menambahkan, Taufiq tampak kesulitan dalam membaca teks pidato yang telah disiapkan Sekjen MPR.

Sebelumnya, Taufiq Kiemas mengakui beberapa kali keseleo lidah saat memimpin upacara Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2009-2014. Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat itu menyatakan kesalahan sepenuhnya ada pada dirinya.

"Manusiawi saja," katanya ditemui usai acara pelantikan di gedung MPR, Senayan, Jakarta, Selasa 20 Oktober 2009.

Menurut Taufiq, melafalkan nama Presiden terpilih Susilo Bambang Yudhoyono memang sulit. "Ingatan saya selalu Pak SBY," kata Taufiq. "Kalau mengingat nama asli agak susah. Doktor Haji Susilo Bambang Yudhoyono kan susah," kata Taufiq.

ismoko.widjaya@vivanews.com

19
Freedom of Speech / chickenstrip -komik karya anak negeri-
« pada: Oktober 05, 2009, 03:27:50 pm »
kira - kira seperti ini kalo IT gabung sama kreatifitas komikus

http://chickenstrip.wordpress.com/

komik-komik pendek yang lumayan bagus nih, karya anak negeri

20

Selama empat tahun terakhir, saya telah memaparkan sejumlah tantangan utama yang dihadapi dunia. Saya pun telah mengutarakan pangkal penyebab tantangan-tantangan itu dan perlunya bagi kekuatan-kekuatan dunia untuk meninjau pandangan mereka dan mengupayakan mekanisme baru untuk mengatasi masalah-masalah internasional.

Saya juga telah memperbincangkan dua pandangan yang bertentangan: yang satu lebih banyak berdasarkan kepentingan-kepentingan materialistik melalui penyebaran ketimpangan dan penindasan, kemiskinan dan perampasan, agresi, pendudukan dan muslihat, serta cenderung membawa seluruh dunia di bawah kendalinya dan menerapkan kemauannya kepada bangsa-bangsa lain. Pandangan ini tak lain hanya menghasilkan frustrasi, kekecewaan, dan masa depan yang kelam bagi seluruh umat manusia.

Pandangan yang lain adalah yang berdasarkan keyakinan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, mengikuti ajaran dari para nabi-Nya, menghargai martabat manusia dan berupaya membangun dunia yang aman bagi semua umat manusia, di mana semua orang dengan setara bisa menikmati berkah perdamaian dan spiritualitas.

Yang terakhir ini merupakan pandangan yang menghargai semua umat manusia, bangsa, dan kebudayaan-kebudayaan yang berharga dalam menentang segala bentuk diskriminasi di dunia dan membaktikan diri kepada perjuangan yang terus-menerus untuk mendorong persamaan bagi semua pihak di depan hukum berdasarkan keadilan dan persaudaraan, serta menaruh landasan yang solid demi menjamin akses yang setara bagi semua umat manusia dalam menggapai ilmu dan pengetahuan.

Saya berulang kali menekankan perlunya membuat perubahan-perubahan fundamental dalam situasi di dunia saat ini dan bagi kehidupan manusia demi menciptakan masa depan yang cerah.

Maka, saya ingin berbagai beberapa hal mengenai perubahan-perubahan yang harus berlangsung.

Pertama, situasi di dunia seperti saat ini tidak mungkin dilanjutkan. Kondisi yang tidak seimbang dan tidak menguntungkan saat ini bertentangan dengan sifat umat manusia dan bergerak ke arah yang berlawanan dengan kebenaran dan tujuan di balik penciptaan dunia.

Kini tidak mungkin lagi untuk menyuntikkan ribuan miliar dolar kekayaan yang semu ke perekonomian dunia hanya dengan mencetak aset-aset kertas yang tak berharga atau mentransfer inflasi dan masalah-masalah sosial dan ekonomi ke pihak-pihak lain melalui defisit-defisit anggaran yang parah.

Mesin kapitalisme yang tak terkendali dengan sistem pemikiran yang tidak adil telah berada di ujung jalan dan tak mampu lagi bergerak. Era pemikiran kapitalis dan penerapan salah satu pemikirannya bagi masyarakat internasional dan berupaya menguasai dunia atas nama globalisasi telah berakhir. Kini tidak mungkin lagi untuk mempermalukan bangsa-bangsa dan menerapkan kebijakan-kebijakan standar ganda bagi masyarakat dunia. 

Berbagai pendekatan di mana realisasi kepentingan kekuatan-kekuatan tertentu dianggap sebagai satu-satunya kriteria untuk mengangkat demokrasi dan menggunakan metode-metode intimidasi dan pengecohan terburuk di bawah mantel kebebasan sebagai praktik demokrasi haruslah ditolak. Begitu pula dengan pendekatan-pendekatan di mana para diktator digambarkan sebagai demokrat dan kurang legitamsi juga tidak boleh diterima.

Saatnya telah berakhir bagi mereka yang menentukan demokrasi dan kemerdekaan, sementara di saat yang sama mereka juga yang pertama-tama melanggar prinsip-prinsip fundamental. Mereka tidak bisa lagi duduk baik sebagai hakim maupun eksekutor serta menantang para pemerintahan yang benar-benar dibentuk secara demokratis.

Kebangkitkan banyak bangsa dan ekspansi kebebasan di penjuru dunia tidak bisa lagi memungkinkan mereka untuk melanjutkan kemunafikan dan perilaku yang jahat. Maka, semua bangsa termasuk rakyat Amerika Serikat tengah menunggu perubahan yang nyata dan besar.

Tak dapat dibayangkan bila kebijakan-kebijakan atas Palestina terus berlanjut: Mengusir seluruh populasi dari suatu negeri yang telah menjadi tanah air mereka selama lebih dari 60 tahun dengan kekuatan dan paksaan; menyerang mereka dengan segala bentuk senjata; mengabaikan hak-hak mereka untuk membela diri sementara banyak pihak menyebut penjajah sebagai kaum yang cinta damai dan melihat para korban sebagai teroris.

Bagaimana bisa kejahatan penjajah atas para perempuan dan anak-anak dan penghancuran rumah mereka didukung oleh sejumlah pemerintah tanpa syarat. Di saat yang bersamaan, para lelaki dan perempuan terjajah yang menjadi korban genosida dan blokade ekonomi yang parah tidak bisa mendapat kebutuhan pokok, pangan, air, dan obat-obatan.

Mereka bahkan tidak diperbolehkan untuk membangun kembali rumah-rumah mereka yang hancur akibat serangan barbar selama 22 hari oleh rezim Zionis sementara musim dingin kian dekat. Para agresor dan pendukung mereka justru secara licik melanjutkan retorika mereka dalam membela hak asasi manusia dalam rangka menekan pihak-pihak lain. 

(Saat Ahmadinejad mengucapkan dua kalimat di atas, para perwakilan dari negara-negara Barat - seperti Prancis, Amerika Serikat, Inggris, dan lain-lain - ramai-ramai melakukan aksi walkout dengan keluar dari ruang sidang kendati Ahmadinejad belum selesai berpidato. Presiden Iran itu tetap melanjutkan pidatonya - Redaksi)   

Kini, tak dapat lagi diterima bahwa suatu minoritas yang kecil akan mendominasi politik, ekonomi, dan budaya dari penjuru dunia dengan jaringan mereka dan menciptakan bentuk baru perbudakan serta menghancurkan reputasi bangsa-bangsa lain - bahkan termasuk bangsa Eropa dan AS - untuk mencapai ambisi-ambisi rasis mereka.

Kini tidak dapat diterima bahwa pihak-pihak yang berada ribuan kilometer jauhnya dari Timur Tengah akan mengirim pasukan mereka untuk melakukan intervensi militer dan menyebarkan perang, pertumpahan darah, agresi, teror, dan intimidasi di seluruh kawasan. Mereka pun menyalahkan protes negara-negara di kawasan itu - yang prihatin atas nasib dan keamanan nasional mereka - sebagai tindakan menentang perdamaian mencampuri urusan pihak lain. Lihatlah situasi di Irak dan Afganistan. 

     
Artikel ini merupakan ringkasan dari pidato Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad, dalam sidang tahunan Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa di New York AS, 23 September 2009. Transkrip pidato sudah diterjemahkan dalam bahasa Inggris dan dipublikasikan oleh Kedutaan Besar Iran di Jakarta

21
Freedom of Speech / Lebaran Di Negeri Laskar Pelangi
« pada: September 15, 2009, 07:59:54 am »
Saya menemukan kisah menarik di koran kemarin. semoga bermanfaat.

==============================================================================================

Andrea Hirata
Kompas, senin 14 September 2009

Menjelang lebaran seperti sekarang ini, aku selalu ingat kepada guru mengajiku dulu di kampungku yang jauh, udik, dan terpencil. Gantong, nun di tepi timur Pulau Belitung sana di titik paling ujung peradaban Melayu. Namanya Haji Fadillah Fairuz, yang tak pernah marah meski kami, anak-anak didiknya, selalu nakal. Makin nakal kami, makin sabar ia, dan makin saying kami padanya.
Ramadhan menjadi begitu menyenangkan bersamanya. Jika usai berbuka puasa, kami segera menyerbu mesjid karena Haji Fairuz akan mengajar kami azan berbagai gaya, mulai dari gaya orang Mesir sampai gaya umat muslim Tionghoa di daratan China. Unik dan lucu.
Sepanjang shalat tarawih, Haji Fairuz bergabung di saf paling belakang bersama kami yang sering ribut. Seusai tarawih, ia akan menceritakan kisah dari jazirah yang membuat kami tertawa sampai terguling-guling. Ia memimpin kami pawai likur pada hari ke 17 puasa. Ia pun membuat lomba membaca puisi berbahasa Arab dan pentas sandiwara Abu Nawas.
Lalu, yang paling istimewa, suatu ketika Haji Fadillah Fairuz menyarankan, tak ada salahnya mengantar hidangan lebaran kepada warga Tionghoa di kampung kami.
Dan tibalah lebaran. Pagi-pagi sebelum shalat Idul Fitri, aku merepotkan ibuku agar mengisi rantang dengan ketupat dan masakan lebaran. Lalu, aku bergegas ke rumah Nyim Kiun, wanita Tionghoa renta yang hidup sendiri. Ia tertegun menatapku. Aku meski berkali-kali menjelaskan kepadanya bahwa aku datang sesuai dengan saran Haji Fairuz. Nyim Kiun masih tak mampu berkata-kata waktu menerima rantang itu. Matanya berkaca-kaca. Itulah lebaran terindah dalam hidupku. Betapa lembut Islam di tangan Haji Fairuz. Ia pula yang menyadarkanku akan megahnya lebaran bagi orang Melayu pedalaman seperti kami. Secara cultural, kami tak punya hari besar apa pun. Kami bahkan tak merayakan ulang tahun, jangankan Valentine’s Day. Jika belakangan banyak orang Melayu merayakan ulang tahun, itu karena mereka terlalu banyak mendengar lagu barat atau nonton TV.
Maka, Idul Fitri menjadi yang terbesar dan teristimewa bagi kami. Orang rela berdesakan dalam kapal lawit, terkapar mapuk laut bertumpuk-tumpuk seperti pindang di geladak. Tetapi, semuanya gembira untuk lebaran di kampung.
Para penggunjing, jemaah tetap warung kopi dan berandalan pasar bergegas dengan baju-baju terbaiknya, bersepeda kalang kabut karena azan shalat Idul Fitri telah berkumandang. Mereka ingin shalat! Walaupun mungkin hanya sekali itu dalam setahun ini.
Anak-anak Melayu berbondong-bondong ke mesjid, semuanya seragam lantaran bahan pakaiannya hanya dari jatah maskapai timah untuk kaum kuli. Walau baju mereka kerap sama dengan gorden dan taplak meja, mereka ingin menghadap Allah dengan baju lebaran paling bagus. Masih demikian banyak sisi indah dalam Islam yang bisa dinikmati, disyukuri, dibanggakan, dan dibela tanpa harus dengan menaikkan darah.
Aku rindu kepada Haji Fairuz dan cantiknya Islam dalam pelukkannya. Aku rindu menjadi muslim yang lebih baik. Aku rindu pada kenakalan-kenakalan di mesjid selama Ramadhan, pada keunikkan orang Melayu jika lebaran. Aku rindu pawai likur membawa obor keliling kampung. Aku rindu melihat wajah orang-orang Khek dan Hokian waktu mereka menerima rantang hidangan lebaran.

==============================================================

Selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon Maaf Lahir Bathin. Sai :)

22
Kajian Quran dan Hadits / Do'a buka puasa dhoif
« pada: September 03, 2009, 08:50:11 am »
saya dapet ini di milis, mau minta pendapat temen-temen dudunger

========================================================================================================
afwan baru diposting sekarang...
ternyata do'a berbuka puasa yg selama ini diperdengarkan melalui media elektronik itu dhaif.

semoga Allah senantiasa melindungi kita dari fitnah, baik yang tersembunyi maupun yang terlihat, sesungguhnya tidak ada yang Maha Mengetahui selain-Nya..

semoga bermanfaat, barakallah.. . :)


Ketika berbuka puasa, TV dan Radio ramai2 mengumandangkan Adzan Magrib. Dan diikuti oleh do’a buka puasa :

Bismillahi allahumma laka shumtu, wa ’ala rizkika afthartu.”
Dengan nama Allah, Ya Allah karena-Mu aku berbuka puasa dan atas rizqi dari-Mu aku berbuka
(Riwayat : Thabrani di kitabnya Mu’jam Shogir hal 189 dan Mu’jam Auwshath).

.

Bunyi hadis lengkapnya adalah : “Dari Anas, ia berkata : Adalah Nabi SAW : Apabila berbuka beliau mengucapkan : Bismillahi, Allahumma Laka Shumtu Wa Alla Rizqika Aftartu ( artinya : Dengan nama Allah, Ya Allah karena-Mu aku berbuka puasa dan atas rizqi dari-Mu aku berbuka).” (Riwayat : Thabrani di kitabnya Mu’jam Shogir hal 189 dan Mu’jam Auwshath).

Dan berbagai macam bacaan semisalnya. Karena memang banyak hadis serupa yg lafadznya berbeda2. Tapi anehnya bahkan sampai ada sebuah stasiun TV yang melagukannya.

Perlu kita ketahui, bahwa hadis diatas itu dhoif / lemah, karena :

Di sanad hadist ini ada Ismail bin Amr Al-Bajaly. Dia seorang rawi yang lemah.
Imam Dzahabi mengatakan di kitabnya Adl-Dhu’afa : Bukan hanya satu orang saja yang telah melemahkannya.
Kata Imam Ibnu ’Ady : Ia menceritakan hadith-hadith yang tidak boleh diturut.
Kata Imam Abu Hatim dan Daruquthni : Lemah !
Abdul Hakim bin Amir Abdat : Dia inilah yang meriwayatkan hadith lemah bahwa imam tidak boleh adzan (lihat : Mizanul I’tidal 1/239).

Di sanad ini juga ada Dawud bin Az-Zibriqaan.
Kata Muhammad Nashiruddin Al-Albani : Dia ini lebih jelek dari Ismail bin Amr Al-Bajaly.
Kata Imam Abu Dawud, Abu Zur’ah dan Ibnu Hajar : Matruk.
Kata Imam Ibnu ’Ady : Umumnya apa yang ia riwayatkan tidak boleh diturut (lihat Mizanul I’tidal 2/7)
Abdul Hakim bin Amir Abdat : Al-Ustadz Abdul Qadir Hassan membawakan riwayat Thabrani ini di Risalah Puasa tapi beliau diam tentang derajad hadith ini ?

Hadis serupa lainnya :

“Dari Muadz bin Zuhrah, bahwasanya telah sampai kepadanya, sesungguhnya Nabi Shallallahu alaihi wasallam. Apabila berbuka (puasa) beliau mengucapkan : Allahumma Laka Sumtu wa ’Alaa Rizqika Aftartu.”
(Riwayat : Abu Dawud No. 2358, Baihaqi 4/239, Ibnu Abi Syaibah dan Ibnu Suni) Lafadz dan arti bacaan di hadith ini sama dengan riwayat/hadith yang pertama kecuali awalnya tidak pakai Bismillah.)

Dalam hadits ini ada ’illat, yaitu ketidak-jelasan identitas Muaz.

“MURSAL, karena Mu’adz bin (Abi) Zur’ah seorang Tabi’in bukan shahabat Nabi Shallallahu alaihi wasallam. (hadis Mursal adalah : seorang tabi’in meriwayatkan langsung dari Nabi Shallallahu alaihi wasallam, tanpa perantara shahabat).

Ibnu Hajar mengatakan hadits ini maqbul bila ada ikutannya, bila tidak maka hadits ini lemah sanadnya dan mursal. Hadits mursal menurut pendapat yang rajih dari mazhab As-Syafi’i dan Ahmad tidak bisa dijadikan hujjah. Ini berbeda dengan metodologi Imam Malik yang sebaliknya dalam masalah hadits mursal.

“Selain itu, Mu’adz bin Abi Zuhrah ini seorang rawi yang MAJHUL. Tidak ada yang meriwayatkan dari padanya kecuali Hushain bin Abdurrahman. Sedang Ibnu Abi Hatim di kitabnya Jarh wat Ta’dil tidak menerangkan tentang celaan dan pujian baginya”.

Masih banyak hadis2 yang serupa namun berbeda lafadz, seperti misalnya :

   1. “Dari Ibnu Abbas, ia berkata : Adalah Nabi SAW apabila berbuka (puasa) beliau mengucapkan : Allahumma Laka Shumna wa ala Rizqika Aftharna, Allahumma Taqabbal Minna Innaka Antas Samiul ’Alim (maksudnya : Ya Allah ! untuk-Mu aku berpuasa dan atas rizkqi dari-Mu kami berbuka. Ya Allah ! Terimalah amal-amal kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar, Maha Mengetahui).
      (Riwayat : Daruqutni di kitab Sunannya, Ibnu Sunni di kitabnya ’Amal Yaum wa-Lailah No. 473. Thabrani di kitabnya Mu’jamul Kabir).
   2. Allahumma laka shumna, wa ’ala rizkika aftharna, Allahumma taqabbal minna innaka antas samiul-alim.
   3. dll.

Dan semua hadis itu dhoif. Jika ingin lebih detailnya lihat di rubrik tanya jawab di eramuslim.
Doa Berbuka Puasa yang Lain

“Dari Ibnu Umar, adalah Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam, apabila berbuka (puasa) beliau mengucapkan :

dzahabazh zhaama-u wabtallatil ’uruqu wa tsabatal ajru insya Allah. ( artinya : Telah hilanglah dahaga, telah basahlah kerongkongan/ urat-urat, dan telah tetap ganjaran/pahala, Inysa allah).

(riwayat : Abu Dawud No. 2357, An-Nasai dalam As-Sunan Al-Kubra 2/255, Ad-Daruquthni 2/185, Al-Baihaqi, 4/239)

.

Daruquthni dan ia mengatakan sanad hadith ini HASAN. (Hakim 1/422 Baihaqy 4/239)
Al-Albani menyetujui apa yang dikatakan Daruquthni.
Abdul Hakim bin Amir Abdat berpandangan : Rawi-rawi dalam sanad hadith ini semuanya kepercayaan (tsiqah), kecuali Husain bin Waaqid seorang rawi yang tsiqah tapi padanya ada sedikit kelemahan (Tahdzibut-Tahdzib 2/373). Maka tepatlah kalau dikatakan hadith ini HASAN.
Fatwa asy-Syaikh Yahya ibn Ali al-Hajuri menyatakan bahwa hadis tersebut DHOIF.

Banyak ulama yang berpegangan pada hadis ini karena telah dihasankan oleh Asy-Syaikh Al-Albani. Namun saya tidak tahu apa alasan Syeikh Yahya ibn Ali Al-Hajuri mendhoifkannya. Mungkin karena sama seperti alasan Abdul Hakim bin Amir Abdat, yaitu mempermasalahkan Husain bin Waaqid. Namun saya belum menemukan keterangan yang lebih rinci soal ini. Wa’allahua’alm bishowab.

Kita masih bisa menggunakan do’a riwayat Abu Dawud tersebut, karena banyak ulama yang menghasankannya. Adapun satu ulama yang mendhoifkannya, belum kita ketahui alasannya secara jelas. Namun untuk kehati2an, saya pribadi lebih memilih mencukupkan dengan menggunakan do’a makan dan minum.
Do’a Makan yang Dhoif :

Namun hati2 juga terhadap do’a makan. Karena do’a makan yang beredar di kebanyakan masyarakat juga DHOIF.
“Dari Abdullah bin Amr, dari Nabi Shallallahu alaihi wa sallam bahwa beliau biasa mengucapkan apabila didekatkan makanan kepada mereka: Allahumma baarik lana fimaa raazaqtana wa qina ‘adzabannar. Kemudian beliau mengucapkan bismillah. Dan ketika telah selesai beliau mengucapkan: Alhamdulillahilladz i ath’amana wa saqana fa arwana wa kullul ihsan ataana (segala puji bagi Allah yang telah memberikan nikmat kepada kami dan menunjuki kami. Dan segala puji bagi Allah yang telah memberi makan dan minum kepada kami sampai kami puas dan segala kebaikan yang telah datang kepada kami).”

[ (c) rosyidi.com (copyright) ]

Hadis tersebut SANGAT DHOIF.
Telah diriwayatkan oleh imam Ibnu Sunniy di kitabnya amalul yaum wal lailah (no 450 & 467) dan
Imam Ibnu Adiy di kitabnya Al Kaamil (7/427),
dari jalan Muhammad bin Abi Az Zu’aizi’ah, dari Amr bin Syu’aib, dari bapaknya, dari kakeknya (yaitu Abdullah bin Amr seperti diatas).
Abdul Hakim bin Amir Abdat berkata: Sanad hadits ini sangat dho’if, karena Muhammad bin Abi Az Zu’aizi’ah, telah berkata Imam Bukhori dan Imam Abu Hatim tentangnya,”Mungkarul hadits jiddan (sangat munkarul hadist).”
Demikian diterangkan oleh Imam Dzahabi di Mizan-nya (3/548-549) dan Al Hafizh Ibnu Hajar dikitabnya Lasaanul Mizan (5/165-166) dan Imam Al’Uqailiy di kitabnya Adh Dhu’afaa’ (4/67-68)
Kata Imam Ibnu Adi: Kebanyakan apa (hadith) yang diriwayatkannya tidak boleh diikuti (yakni hadithnya tidak boleh menguatkan hadith yang lain).
Kata Imam Ibnu Hibban: Tidak halal berhujah dengannya.
Kata Imam Abu Hatim: Ia seorang yang sangat mungkar hadithnya.
Doa Makan yang Benar

Berdasarkan dalil yang sahih, do’a makan adalah :

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda :

“Apabila seseorang di antara kamu memakan makanan, hendaklah membaca:
“bismillah”
Apabila lupa pada permulaannya, hendaklah membaca:
“Bismillahi fii awwalihi wa akhirihi”
(HR. Abu Dawud 3/347, At-Tirmidzi 4/288, dan lihat kitab Shahih At-Tirmidzi 2/167)
Tidak Boleh Mengamalkan Hadis Dhoif

Imam Ibnu Hibban berkata dalam shahihnya halaman 27 tentang bab :“Wajibnya masuk neraka bagi seseorang yang menyandarkan sesuatu ucapan kepada Nabi, sedangkan ia tidak mengetahui kebenarannya”. Kemudian ia menukil dengan sanadnya dari Abu Hurairah secara marfu’ :“Barang siapa berkata atasku apa yang tidak aku katakan,maka hendaklah ia menempati tempat duduknya di neraka”. Sanad hadits ini hasan, dan asalnya dalam shahih Bukhari dan Muslim. Maka jelaslah dengan apa yang disebutkan (diatas), bahwa tidak diperbolehkan menyebarkan hadits-hadits dan riwayat-riwayatnya tanpa tasabbut (mencari informasi tentang kebenarannya) .

“Barangsiapa menceritakan dariku satu hadits yang dianggap dusta, maka dia termasuk pendusta.”(HR. Muslim)

Sebagian besar para muhaqiq (peneliti hadits) berpendapat bahwa hadits dlaif tidak boleh diamalkan secara mutlak, baik dalam perkara-perkara hukum maupun keutamaan-keutamaan .

Syaikh Al-Qasimi rahimahullah dalam Qawaid At-Tahdits hal. 94 mengatakan bahwa pendapat tersebut (yakni hadits dlaif tidak diamalkan secara mutlak, pent) diceritakan oleh Ibnu Sayyidin Nas dalam ’Uyunul Atsar dari Yahya bin Ma’in dan dalam Fathul Mughits beliau menyandarkannya kepada Abu Bakar bin Al-Arabi. Pendapat itu juga merupakan pendapat Bukhari, Muslim dan Ibnu Hazm.

Penulis :
Agam Rosyidi

URL :
http://rosyidi. com

Referensi :
http://www.eramusli m.com/ustadz/ hds/6a11121331- doa-buka- puasa-iallahumma -laka-shumtu…i-bukan-hadits- shahih.htm
http://thejargon. multiply. com/journal/ item/100/ Doa_Buka_ Puasa_Yang_ Benar.
http://myislam. blogspot. com/2005/ 08/hadist- popular-yang- palsu-pada- bulan.html
http://ahlussunnah. web.id/audio/ index.php? id=177
Hadits-Hadits Dho’if dan Maudhu’ ,oleh Ustadz Abdul Hakim bin Amir Abdat, penerbit Darul Qolam
http://thetrueideas .multiply. com/journal/ item/577
http://masjid. phpbb24.com/ viewtopic. php?t=360&start=0
http://salafy. iwebland. com/baca. php?id=30

23
Games / Sekadar Iseng 2 :: hadiah CD Ubuntu 9.04
« pada: Agustus 19, 2009, 03:48:32 pm »
Kemaren dapet kiriman CD ubuntu 5 biji.
Tadinya buat acara gathering yang waktu tu, tapi baru dikirim kemaren. daripada mubadzir mending dibagiin aja kan.
sisa nya ada 3 CD + stiker. nah biar adil, yang bisa jawab soal (gampang kok :D ) dibawah berhak 1 CD untuk setiap soalnya.
SOAL :

jika

1 dan 6 = 7
5 dan 7 = 60
5 dan 8 = 65
6 dan 1 = 42
12 dan 1 = 156

berapa 12 dan 12 ?

terjawab http://forum.dudung.net/index.php/topic,16238.msg232766.html#msg232766



jika

1 dan 6 = 0
5 dan 7 = 196
5 dan 8 = 256
6 dan 1 = 5
12 dan 1 = 11

berapa 12 dan 12 ?

terjawab : http://forum.dudung.net/index.php/topic,16238.msg232983.html#msg232983


jika

11 dan 1 = 10
11 dan 2 = 36
11 dan 3 = 72
11 dan 4 = 112

berapa 11 dan 5?

terjawab http://forum.dudung.net/index.php/topic,16238.msg232940.html#msg232940


aturannya:
- maaf, cuma untuk dudunger se indonesia aja (sapa tau ada dari luar yang ikutan, agak susah kirim hadiahnya :D) yang dapet hadiah, tapi masih bisa jawab soalnya kok.
- 1 member boleh jawab lebih dari 1 soal, tapi tetep dapet 1 CD kalo keduanya bener. kalo ada yang jawab 2, soalnya ditambah lagi.
- clue, saya pake MS Excel buat soalnya. mungkin bisa jadi alat bantu juga dapetin jawabannya :D

24
Music / Pandji Pragiwaksono – Kami Tidak Takut
« pada: Agustus 19, 2009, 10:09:23 am »
Pandji Pragiwaksono – Kami Tidak Takut

Terlalu lama gua berdiam
Melihat membaca menonton membuat gua geram
Jangan pernah kita anggap mereka pahlawan
Atau diliput bagaikan pemenang

Giliran yang pemenang media nggak datang
Teroris menjual berita baik basi
Teroris gak penting jadi jangan berisik
Biarin mereka tertangkap dan tertembak mati

Kepada kalian yang berkeliaran
Detasemen 88 kan datang
Teman-temanmu sudah kami makamkan
Jadi sekarang giliran kamu yang gentar

Kerjaanmu memang hanya intimidasi
Sekarang akhirnya senjatamu aku curi hahaha
Coba ngaca liat wajahmu pusat pasi
200 juta rakyat kami bersaksi

Bangsa Indonesia! (Kami Tidak Takut)
Gue gak bego Gue tau loe gak takut (Kami Tidak Takut)
Cuman mungkin loe ga terbiasa untuk jujur tentang ini sama diri loe sendiri (Kami Tidak Takut)
Apalagi di depan orang lain (Kami Tidak Takut)
Yang harus loe lakukan hanya mengulang satu buah kalimat (Kami Tidak Takut)
Dan sangat gampang (Kami Tidak Takut)

Masa kita ga mau bersatu
Jelas-jelas ada usaha untuk kita hancur
Bom Bali satu dua Kedubes Australia
Elo pikir itu apa?

Akuilah bahwa mereka mencoreng negara
Masa Kanye West aja ngelompatin kita
Singapur ke Australia
Padahal dia ngefans sama gue

Teroris yang berbahagia
Puas-puaskan lah kau tertawa
Atau bahkan kau simpan semua
Kenang-kenanganmu hidup di dunia

Karena kami bangsa Indonesia
Sudah muak dan kami tak takut
Kami maju dan kamu tersudut
Di neraka kavling mu menunggu

Ayo bangsa Indonesia (Kami Tidak Takut)
Yang perlu elu lakukan adalah mengulangi kalimat ini dan ini sangat gampang (Kami Tidak Takut)
Kami Tidak Takut (Kami Tidak Takut)
Ayo, kalo perlu berdiri dari tempat loe duduk (Kami Tidak Takut)
Kalo perlu angkat tangan jari tengah loe ke udara (Kami Tidak Takut)

Benarkah langkahku ? benarkah perwujudan kata-kataku ?
Apakah Tuhan Engkau merestuiku ?
Melawan musuhku yang juga hamba-Mu
Hamba bukanlah umat terbaik-Mu
Tapi keimanan hamba tak sampai membunuh
Hamba hanya ingin rakyat tuk bersatu
Berdiri, bersama, melawan pembunuh
Amin

Bangsa Indonesia (Kami Tidak Takut)
Terlepas dari apakah yang melakukan kegiatan terorisme itu betul-betul teroris (Kami Tidak Takut)
Atau bahkan orang Indonesia sendiri yang berusaha untuk menakuti kita (Kami Tidak Takut)
Kita harus buktikan bahwa kita tidak Takut (Kami Tidak Takut)
Kita tidak bisa diintimidasi (Kami Tidak Takut)

Kami Tidak Takut…Kami Tidak Takut…
Kami Tidak Takut…Kami Tidak Takut…
Kami Tidak Takut…Kami Tidak Takut…
Kami Tidak Takut…Kami Tidak Takut…

25
Games / Sony Obral PlayStation 3 di US$300
« pada: Agustus 19, 2009, 09:40:42 am »

Menjelang ajang Gamescom yang berlangsung di Cologne, Jerman, 19-23 Agustus 2009, Sony Computer Entertainment mengumumkan bahwa mereka akan menghadirkan model PlayStation 3 terbaru yakni PS3 Slim yang siap menggantikan model yang saat ini beredar di pasaran. Menariknya, produk baru itu akan dijual di kisaran harga 299 dolar AS. Langkah ini diharapkan dapat mendongkrak penjualan konsol game Sony.

Sony PlayStation 3 Slim akan dilengkapi dengan harddisk berkapasitas 120GB dan juga mengonsumsi daya sekitar 34 persen lebih rendah dibandingkan dengan produk yang saat ini tersedia. Belum jelas apakah penurunan konsumsi daya merupakan hasil dari penggunaan komponen yang berbeda pada PS3 slim atau merupakan hasil dari pengoptimalan teknologi yang ada. Meski begitu, dari sisi fitur, PS3 Slim juga sudah dilengkapi dengan drive optik Blu-ray, wireless networking, Bluetooth, dan sejumlah teknologi penting lainnya yang ada di konsol versi terdahulu.

Seperti VIVAnews kutip dari XbitLabs, 19 Agustus 2009, Sony Computer Entertainment menyatakan bahwa model PlayStation 3 tipis ini 32 persen lebih ringkas dibandingkan dengan versi awal dari PlayStation 3. Dengan demikian, konsol game itu semakin cocok digunakan oleh mereka yang tidak menyukai ukuran besar miliki generasi pertama PlayStation 3.

Dari sisi ketersediaan, Sony menyiapkan PS3 Slim untuk beredar di September mendatang. Sambil menunggu, mereka akan terus menjual PS3 80GB mereka pada harga yang telah dipangkas, yakni di kisaran 299 dolar AS dari sebelumnya di kisaran harga 399 dolar AS.

Saat ini belum ada detail resmi seputar spesifikasi teknis dari PlayStation 3. Khususnya chip yang digunakan di dalam perangkat dan apakah ada yang dikorbankan untuk membuat konsol game tersebut menjadi lebih ringkas.

http://teknologi.vivanews.com/news/read/83644-sony_obral_playstation_3_di_us__300

26
Cerita Lucu / Pesan dari Biker
« pada: Agustus 12, 2009, 03:54:31 pm »
tau kan pesan tukang truk yang ini
http://forum.dudung.net/index.php/topic,16085.msg230407.html#msg230407

ni aku dapet pesan juga dari biker :D
biasanya nempel di spakbor belakang...

Motor Aing Kumaha Aing (terj : Motor Gue Terserah Gue) <-- ya udah, terserah loe. emang gue pikirin
<gambar monyet> Yang Sudah Mirip Boleh Nyalip <-- laaa... berarti situ dah mirip donk? kok nyalip motor gw?

Hare gini ngoper gigi? chapee dechhh... <--- yang ini 2 hari yang lalu dibales sama temen, Hari Gini Ga Oper Gigi? Ompong Donk...
3 hari kemudian didukung sama tetangganya temen, Cowok Pake Matic? Sekalian Aja Pake Lipstic.
temennya yang bawa matic ga terima, dia kemudian klarifikasi, Biar Matic Tapi Antik, Cewek Gue Juga Mirip Dewi Persikk <--- =)) aku yakin yang bawa motor ni juga kulitnya bersisikk

Nyenggol, Loe Benjol <-- iya bang, iya.. ga nyenggol deh...

Warning!! Jangan Ditabrak!! Belum Lunas. <--- kacian, tapi maaf bang ane ga bisa bantu lunasin :D

Cewek Cakep Only <--- SIAP!! ga bakalan minta nebeng deh! gw cowok :p

Yang Cantik Boleh Naik, Koruptor Harus Turun!! <--- SEPAKAAT!!!

Mau Nyalip? Monggo Nggih.. <--- punten ah, tipayun (terj : maaf ya, duluan)

Pelan" Bro, Loe Cakep <--- jujur ga ngerti maksudnya apa, tapi kok dia tau gw cakep?


maaf kalo salah satunya nempel di motor anda :D
 dijamin ga repost, buatan sendiri. Iseng :))

27
Kritik, Saran & Pertanyaan / Wallpaper Dudung.net
« pada: Agustus 12, 2009, 12:02:21 pm »
Sebelumnya maaf kalo wall nya sangat-sangat berantakan. Maklum dibuat dengan waktu cuma 10 menit :D

Download wallpapernya, jadiin wallpaper di kompimu. enjoy it!!
1024x768 (recommended for PC)
dan
1280x800 (recommended for notebook or widescreen) *(belum bisa upload, kegedean sizenya)



Silakan yang mau upload yang lainnya...
kalo banyak ntar kita adain polling wallpaper terbaik deh. mudah-mudahan ada donatur yang mau nyediain hadiah :D

28
Berita & Politik / Mbah Surip Meninggal Dunia
« pada: Agustus 04, 2009, 11:26:28 am »
VIVAnews - Penyanyi Mbah Surip dikabarkan meninggal dunia, akibat penyakit serangan jantung di Rumah Sakit Jantung, Pusdikkes, di Jalan raya Bogor, siang ini pukul 10.30 wib, Selasa 4 Agustus 2009.

Bagian UGD Agus, perawat mengakui meninggalnya Mbah Surip. "Benar meninggal dunia sekitar pukul 10.30 Wib," kata Agus.

Padhal di Bulan Ramadhan ini, Mbah Surip penuh dengan kejutan. Setelah mengumumkan akan menciptakan lagu anak-anak, penyanyi bernama asli Urip Aryanto ini mendadak mengaku sudah menyiapkan lagu khusus menyambut bulan Ramadhan

29
Obrolan Ummat / "Islam yang paling benar" atau "yang benar hanya Islam" ?
« pada: Agustus 03, 2009, 03:21:45 pm »
jika bertobat memeluk islam, berlaku.
jika dia tetap non muslim, ga berlaku.

itulah bedanya aku dan mas awam :p

masa bertuhan sm siapa
bertobat sm siapa
;))
tidak ada kaitannya.

mas berpendapat "yang benar adalah Islam" benar?


saya berpendapat "Islam adalah yang paling benar"

30
Berita & Politik / 5 Alasan Noordin ngebom Ritz
« pada: Juli 29, 2009, 03:03:00 pm »
VIVAnews - Teroris kelas kakap yang tengah diburu di Indonesia, Noordin M Top, memiliki lima alasan kenapa dia menyerang Hotel JW Marriott dan Ritz Carlton. Dalam pernyataan atas nama Noordin yang beredar di internet, warga Malaysia itu terang-terangan menuliskan alasannya.

Pernyataan tersebut bertajuk 'Keterangan Resmi Tadzim Al Qo'idah Indonesia atas Amaliyat Jihadiyah Istisyhadiyah di Hotel JW Marriott Jakarta' dan Keterangan Resmi Tandzim Al Qo'idah Indonesia atas Amaliyat Jihadiyah Istisyhadiyah di Hotel Ritz Carlton Jakarta'. Kedua pernyataan itu diatasnamakan Amir Tandzim Al Qo'idah Indonesia Abu Muawwidz Nur Din bin Muhammad Top
Hafidzohullah.

Dalam pernyataan resmi soal pengeboman di Ritz Carlton yang dikutip VIVAnews, Rabu 29 Juli 2009, teroris nomor wahid itu mengungkapkan alasannya mengebom Ritz Carlton.

Berikut pernyataan tersebut:

Ini adalah keterangan resmi dari Tandzim Al Qo'idah Indonesia untuk ummat Islam dengan Amaliyat Jihadiyah Istisyhadiyah di Hotel Rizt Calrton Jakarta, pada hari Jum'at pagi, tanggal 17 juli 2009 M./24 Rojab 1430 H. yang dilakukan oleh salah satu ikhwah mujahidin terhadap antek-antek Amerika yang berkunjung di Hotel tersebut.

Sesungguhnya Allah menganugerahkan kepada kami jalan untuk menyerang Hotel termegah yang dimiliki oleh Amerika di Ibukota Indonesia di Jakarta, yaitu Rizt Calrton. Yang mana penjagaan dan pengamanan di sana sungguh sangatlah ketat untuk dapat melakukan serangan seperti yang kami lakukan pada kali ini.

Adapun sasaran yang kami inginkan dari amaliyat ini adalah :

1. Sebagai Qishoh (pembalasan yang setimpal) atas perbuatan yang dilakukan oleh Amerika dan antek-anteknya terhadap saudara kami kaum muslimin dan mujahidin di penjuru dunia

2. Menghancurkan kekuatan mereka di negeri ini, yang mana mereka adalan pencuri dan perampok barang-barang berharga kaum muslimin di negeri ini

3. Mengeluarkan mereka dari negeri-negeri kaum muslimin. Terutama dari negeri Indonesia

4. Menjadi pelajaran buat ummat Islam akan hakikat Wala' (Loyalitas) dan Baro' (Permusuhan), terkhusus menghadapi datangnya Klub Bola Manchaster United) ke Hotel tersebut. Para pemain itu terdiri dari para salibis. Maka tidak pantas ummat ini memberikan Wala'nya dan penghormatannya kepada musuh-musuh Allah ini

5. Amaliyat Istisyhadiyah ini sebagai penyejuk dan obat hati buat kaum muslimin yang terdholimi dan tersiksa di seluruh penjuru dunia.


sumber

Halaman: 1 [2] 3 4 ... 15