Perlihatkan Tulisan

Seksi ini mengijinkan Anda untuk melihat semua tulisan yang dibuat oleh anggota ini. Catatan bahwa Anda hanya bisa melihat tulisan yang dibuat dalam area di mana Anda memiliki akses terhadapnya.


Pesan - psycho_avatar

Halaman: [1] 2 3 ... 48
1
Kajian Quran dan Hadits / Re: kebingungan
« pada: Maret 09, 2008, 01:01:01 am »
Barangkali tulisan saya yang http://mind.donnyreza.net/seri-takdir/#comment-896 juga bisa memberikan cara pandang lain soal takdir.

2
Kajian Quran dan Hadits / Re: hrskah suci jk qt pegang/baca al-qur'an?
« pada: Maret 09, 2008, 12:48:59 am »

Orang haidh haram menyentuh mushaf. Tapi kalau terjemhan ga pa2. Dan haram membaca qur'an, tapi kalau lagi menghafal ga pa2. atau bisa juga diniati dzikir. ini namanya hiilah dalam fiqh.


Wehh, mushaf itu 'hanya' Al-Quran yang dibukukan...jadi tidak menjadi masalah kalau dipegang sama yang haidh sekalipun.  Al-Quran yang aslinya ada di lauhil mahfudz, dan berdasarkan keterangan Ibnu Abbas, 'yang disucikan' itu merujuk ke Malaikat.  Bahasa arab saya masih kurang, tapi kalau memang artinya 'yang disucikan', berarti orang yang disebutkan menjadi objek, bukan subjek.  Sebab kalau selama ini berarti harus berwudhlu, berarti harusnya 'yang mensucikan' bukan 'yang disucikan'.

Tidak ada satu pun dalil yang mengatakan bahwa hukum haramnya memegang mushaf Al-Quran atau membaca mushaf Al-Quran ketika dalam keadaan hadats besar/kecil.  Begitu juga ketika Rasulullah memerintahkan para sahabat untuk menuliskan wahyu yang turun, tidak satu pun keterangan yang mengatakan bahwa mereka terbebas dari kondisi hadats besar/kecil.  Padahal, kita tahu bahwa wahyu itu turunnya tidak bisa diduga oleh Rasulullah dan para sahabatnya.

Sebagai rujukan saya, coba baca buku Soal Jawab, karangan A.Hassan penerbit Diponegoro, Bandung.

Wallahualam

3
Fiqih Islam / Re: makanan babi haram untuk kucing tidak?
« pada: Februari 10, 2008, 04:21:30 am »
Kalo babi, yang haram adalah dzatnya. Kalo khamr? Ia bukan haram karena dzatnya bukan? khamr haram karena sebab yang ditimbulkannya. Jadi selama tidak menimbulkan mabuk (dimakan sebanyak apapun jumlahnya) maka bukan termasuk golongan khamr.

Kalau pendapat pribadi saya sih selama tidak diminum atau dimakan, kondisinya tetap tidak menjadi haram.  Ini hanya pendapat pribadi :-)

'Afwan tapi pendapat pribadi antum bertentangan dengan hadits:
"Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam melaknat tentang khamr, sepuluh golongan: yang memerasnya, yang minta diperaskannya, yang meminumnya, yang membawanya, yang minta diantarinya, yang menuangkannya, yang menjualnya, yang menerima untungnya, yang membelinya, dan yang minta dibelikannya." (HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).
Jadi bukan hanya yang meminumnya saja yang berdosa.
Wallahu'alam.

Punten, ini kan konteksnya jika bertujuan untuk dimakan/diminum?
Ya, saya mengerti, bagi Aswad dan yang lainnya mungkin lebih memilih untuk tidak menggunakan minyak wangi yang menggunakan Alkohol karena berpendapat keharaman itu menyangkut dzatnya.  Sementara, kalau saya memahaminya konteks khamr itu bukan menyoal dzatnya, tapi ke penggunaannya.  Selama dzat itu tidak digunakan untuk mabuk, belum berlaku hukum keharamannya.   Wallahualam.

4
Aqidah & Akhlaq / Re: Banyak nanya yang ga penting, Kayak Yahudi…
« pada: Februari 09, 2008, 04:57:23 am »
contohnya...?


5
Freedom of Speech / Re: [Gambar] Great Design
« pada: Februari 09, 2008, 04:51:15 am »
ngambilnya di whatatop.com kah? ;;)

6
Fiqih Islam / Re: makanan babi haram untuk kucing tidak?
« pada: Februari 09, 2008, 04:50:00 am »
Kalo babi, yang haram adalah dzatnya. Kalo khamr? Ia bukan haram karena dzatnya bukan? khamr haram karena sebab yang ditimbulkannya. Jadi selama tidak menimbulkan mabuk (dimakan sebanyak apapun jumlahnya) maka bukan termasuk golongan khamr.

Kalau pendapat pribadi saya sih selama tidak diminum atau dimakan, kondisinya tetap tidak menjadi haram.  Ini hanya pendapat pribadi :-)

7
Fiqih Islam / Re: Operasi
« pada: Februari 09, 2008, 04:45:49 am »
assalamualaikum

ada temen (akhwat) yang akan menjalani operasi karena usus buntu.

nah,kalau operasi usus buntu,pastilah auratnya terbuka.gimana tuh hukumnya?

sedangkan,kebanyakan sang dokter adalah laki-laki.

apakah dia harus tetep menjalani operasinya?
atau ada cara lain?

mohon petunjuknya


kalau salah tempat,tolong dipindah :)

Jeee, darurat kali...
Kalo gak dioperasi bisa mati.  Nggak apa-apa kok, Insya Allah...

8
Silaturrahim / Re: GATHERING AKBAR DUDUNG
« pada: Desember 31, 2007, 05:50:32 pm »

Iya, bandung aja...kan kang Dudung-nya juga di Bandung atuh :D

Iya, pendiri forum yang jadi tuan rumah...  ;)

Konkritkan aja yuk, sekalian dibuat kepanitiaannya... Berhubung usulan saya di Bandung saya jadikan Dudunger Bandung sebagai panitianya...

Gambaran kasar kepanitiaan :

1. Penasehat : Pak Dudung
2. Ketua : sai
3. Sie Acara : dajal007
4. Sie Perlengkapan : psycho_avatar
5. Sie Publikasi dan Dokumentasi : maswahyu

Gimana?  :D

Yeee, gak kebalik tuh...mending saya aja yang seksi PubDok :p
Kalau pengennya memang sambil ada kegiatan, mending ikut saya aja atuh ngajar anak-anak jalanan ;))

Gimana kalau bikin acara bareng tiap kota gitu? :D
Misal, Bandung ngadain baksos...Jogja dan Jakarta juga ;;) pada waktu yang bersamaan.  Jadi, kepanitiaannya masing-masing kota aja.

Tapi, kenapa ya? saya kok malah pengen ngajak Backpacking dudunger niiihh...:))

9
Fiqih Islam / Re: Cara mencintai/menyukai seseorang menurut syariat islam
« pada: Desember 29, 2007, 05:06:26 am »
@yang berdua,
ya, jangan main api :))
bukan hal yang mudah memang, perlu pengalihan perhatian yang lebih kuat.  Saya sendiri juga masih sering jatuh cinta kok ;))

10
Silaturrahim / Re: GATHERING AKBAR DUDUNG
« pada: Desember 29, 2007, 04:56:10 am »
Setuju deh...

Tempat : Di Bandung aja ya, dingin, enak buat kumpul2... Sekalian rihlah ke Tangkuban Perahu atau tempat2 wisata lainnya aja...  ;)

Iya, bandung aja...kan kang Dudung-nya juga di Bandung atuh :D

11
Puisi / Re: Metaformosis
« pada: Desember 19, 2007, 12:09:31 am »
Metamorfosis kaleeee...:p

12
kalo dengan mata saja mereka sudah dapat melihat hilal...kenapa dengan ilmu astronomi hilal "tidak tampak"???

Dalam buku 'Fiqih Astronomi' karangan Thomas Djamaludin dijelaskan bahwa di langit penampakan hilal itu bisa mirip dengan objek-objek langit lainnya.  Apalagi dengan banyaknya pendaran-pendaran cahaya seperti sekarang ini.

Ilmu Astronomi/Hisab bisa memprediksikan posisi bulan, karena sejatinya ketika melihat hilal, yang kita lihat adalah bulan.  Nah, dalam kasus idul adha sekarang, ketika ada yang mengaku melihat hilal, secara astronomis, posisi bulan itu tidak pada posisi yang bisa dilihat.  Artinya, mustahil yang dilihat itu bulan/hilal, bisa jadi objek lain.

Prediksi gerhana yang sudah kita lewati berkali-kali dalam beberapa tahun ini juga kan hasil perhitungan hisab atau astronomi.  Dan selalu terbukti...!!

13
Obrolan Ummat / Re: 4JJ1 .... ?????????
« pada: Desember 19, 2007, 12:00:33 am »
Udah telat banget kayaknya ya?
Hanya saja memang nggak lazim, Jesus dan Isa Al-Masih itu kan nggak pernah digunakan secara berbarengan ;)) apalagi ditambah Judas...whew!!  Ngaco banget.

Pernah nyari2 di google pake phrase itu...yang muncul tulisan2 berbahasa Indonesia ;))
Tulisan bahasa Inggrisnya justru gk ada.

Dasar HOAX!!

14
Obrolan Ummat / Re: Dampak Adanya Al-Quran Terjemahan
« pada: Desember 18, 2007, 11:52:19 pm »
1. Menjadikan orang Islam malas belajar Islam
2. Timbulnya aliran baru
3. Menganggap enteng ilmu Islam
4. Kita menyombongkan diri ahli Al-quran padahal cuma tahu dari terjemahan
5. Umat Islam menjadi bodoh
6. Al-Quran dianggap seperti buku biasa saja
7. Banyak penafsir-penafsir palsu yang padahal hanya tahu dari terjemahan
amu'alikum wr wb[/center]

1.  Ada terjemahannya saja, orang malas...apalagi nggak ada.
2.  Hmm, kalau nggak ada terjemahan, lebih banyak lagi saya kira.  Sebab orang2 yang 'merasa' bisa dan faham artinya bisa lebih seenaknya ;))
3.  Kenyataannya nggak seperti itu.  Semakin saya belajar agama Islam, semakin tertarik untuk belajar bahasa Arab, tafsir Al-Quran, Hadits dll.  Awalnya dari terjemahan tuh...;)
4.  Hmm, jarang sih saya menemukan orang yang seperti ini, soalnya baca terjemahannya aja jarang..:))
5.  Setuju dengan pendapat om Sora, bukti2nya?
6.  Pada dasarnya itu memang buku kan?  Namanya juga mushaf Al-Quran.  Al-Quran yang aslinya kan di lauhil mahfudz?
7.  Apalagi kalau nggak ada terjemahan...bisa lebih banyak lagi penafsir-penafsir gila.

15
Saya selalu berpendapat bahwa tidak mungkin science dan syariat itu bertentangan.
:great: :great: :great:
setuju dengan pendapat antum.masalahnya,apa yang menyebabkan pemerintah Arab Saudi menetapkan 1 Dzulhijjah 1428 bertepatan dengan 10 Desmber 2007 atau 10 Dzulhijjah 1428  bertepatan dengan 19 Desember 2007?

mereka juga tahu apa yang mereka dapatkan jika "seenaknya" saja menetapkan hari ibadah.

Karena mereka menerapkan prinsip ruyatul hilal, masalahnya, hisab dan ilmu astronomi nggak pernah diperhitungkan.  Jadinya, ya mereka murni mempercayai pandangan mata.  Padahal, ilmu astronomi dan hisab pun bisa dikatakan sebuah 'kesaksian' kalau menurut saya.  Dengan ilmu hisab dan astronomi, kesakian seseorang bisa dibantah jika tidak sesuai.

Saya hanya membayangkan, jika suatu saat dunia seperti yang ada dalam gambaran film Matrix, atau ketika langit sudah tertutup oleh polusi -sekarang pun saya sudah merasakannya- masihkah kita menggunakan ruyatul hilal dan tidak mempercayai hisab?

Halaman: [1] 2 3 ... 48