Komunitas DUDUNG.NET

RUMAHKU SURGAKU => Pendidikan => Topik dimulai oleh: lyceum_salf pada Juni 27, 2009, 05:04:19 pm

Judul: Mahalnya Sekolah Islam !!!
Ditulis oleh: lyceum_salf pada Juni 27, 2009, 05:04:19 pm
ditempatku Sekolah Dasar Islam Terpadu pendaftarannya Rp 5 Juta belum lagi uang bangunan Dll... begitu juga dengan sekolah islam lainnya... apakah untuk masuk sekolah Islam yang berkualitas hanya milik orang kaya ??? orang miskinnya terpinggirkan dong ???... pertanyaannya apakah sekolah Isalam juga telah tergerus arus materialisme dan kapitalisme ???

Mohon info dan tanggapannya berapa juta yang harus dibayarkan untuk masuk sekolah islam (SD, SMP, SMA, PT) ???
Judul: Re:Mahalnya Sekolah Islam !!!
Ditulis oleh: apriliya pada Juni 28, 2009, 09:32:23 am
kalo d tempate lia pendaftarannya 100 rb
untuk uang pembangunannya 2jt
g tw masalah seragam dll
cz anak yang punya warnet daftar k SI
Judul: Re:Mahalnya Sekolah Islam !!!
Ditulis oleh: ah_ken pada Juli 14, 2009, 01:52:23 pm
apakah untuk masuk sekolah Islam yang berkualitas hanya milik orang kaya

mahal atau tidak mahal hanya bisa dipahami darimana kita sudut pandang kita,...
sekedar informasi apa yang diberikan di sekolah dengan kualifikasi plus/islam  memang melebihi dari sekolah-sekolah setandar, di mulai dari kurikulum hingga tenaga pendidiknya, dampaknya memang ada peningkatan biaya yang memang harus di sediakan/di bayar oleh otang tua peserta didik ...

namun pemerintah melalui undang-undang telah mewajibkan setiap sekolah-sekolah plus juga harus menerima peserta didik yang tidak mampu ( prosentasenya juga telah diatur oleh dinas )...., namun pada kenyataanya banyak peserta didik dari kalangan yang kurang mampu juga enggan bersekolah di sekolah plus tersebut, karena sudah merasa rendah diri terlebih dulu ...

 
Mohon info dan tanggapannya berapa juta yang harus dibayarkan untuk masuk sekolah islam (SD, SMP, SMA, PT) ???

contoh :
sebuah SD JakartaTimur, bisa di atas 20 juta ...
plus SPP 400 s/d 500 ribu perbulan ...  :-?? :-?? :-??

Judul: Re:Mahalnya Sekolah Islam !!!
Ditulis oleh: blank_lies pada November 11, 2009, 05:09:04 pm
Apakah segitu mahal untuk belajar Islam? :((
Judul: Re:Mahalnya Sekolah Islam !!!
Ditulis oleh: e91 pada November 11, 2009, 06:49:26 pm
di tempat kerja sy untuk masuk bth 6jt lbih, sy ja kget
Judul: Re:Mahalnya Sekolah Islam !!!
Ditulis oleh: dot pada November 12, 2009, 07:58:58 am
halah susah2 amat mending ambil ijazah paket A,B,C tinggal daftar lsg Ujian  B-)
Judul: Re:Mahalnya Sekolah Islam !!!
Ditulis oleh: vian pada November 12, 2009, 08:06:38 am
kayaknya hampir semua sekolah2 plus, baik sekolah Islam atau bukan, biayanya memang lebih mahal dibanding sekolah negeri.
Umumnya karena mereka menyediakan fasilitas yg lebih dibanding sekolah negeri.
Tapi denger2 sekolah negeri pun sekarang juga mahal (biarpun katanya udah gratis???)
Judul: Re:Mahalnya Sekolah Islam !!!
Ditulis oleh: dark_elf pada November 12, 2009, 09:25:07 am
ditempatku Sekolah Dasar Islam Terpadu pendaftarannya Rp 5 Juta belum lagi uang bangunan Dll... begitu juga dengan sekolah islam lainnya... apakah untuk masuk sekolah Islam yang berkualitas hanya milik orang kaya ??? orang miskinnya terpinggirkan dong ???... pertanyaannya apakah sekolah Isalam juga telah tergerus arus materialisme dan kapitalisme ???

Mohon info dan tanggapannya berapa juta yang harus dibayarkan untuk masuk sekolah islam (SD, SMP, SMA, PT) ???

jangan hanya liat mahal atau ga nya saja. Tapi liat juga fasilitas yang ditawarkan, kualitas pengajar dan banyak hal tentang sekolah tersebut
Judul: Re:Mahalnya Sekolah Islam !!!
Ditulis oleh: oki_toink pada November 25, 2009, 03:56:57 pm
karena sekolah islam terpadu tidak disubsidi pemerintah yah?
Judul: Re:Mahalnya Sekolah Islam !!!
Ditulis oleh: vian pada November 26, 2009, 12:05:37 pm
karena sekolah islam terpadu tidak disubsidi pemerintah yah?


kalo sekolah swasta ya nggak donk, bro..
emangnya ada sekolah Islam terpadu negeri...?
Judul: Re:Mahalnya Sekolah Islam !!!
Ditulis oleh: TRIPLE_X pada November 29, 2009, 12:24:02 pm
emangnya ada sekolah Islam terpadu negeri...?
Semoga ada,amin
Judul: Re:Mahalnya Sekolah Islam !!!
Ditulis oleh: Fauzi5994559 pada November 30, 2009, 09:25:51 am

Namanya juga sekolah swasta, ya wajar mau murah atau mahal. Namanya juga modal sendiri.
Judul: Re:Mahalnya Sekolah Islam !!!
Ditulis oleh: Rizki Amalia pada November 30, 2009, 10:23:36 am
Yang dibahas cuma sekolah islam yg begitu aja ya?
Kalau sekolah islam milik ormas keislaman apa mahal juga?
Lalu madrasah2 yg dibawah depag juga
itu bukan sekolah islam ya?
Judul: Re:Mahalnya Sekolah Islam !!!
Ditulis oleh: Fauzi5994559 pada November 30, 2009, 11:49:04 am
Yang dibahas cuma sekolah islam yg begitu aja ya?
Kalau sekolah islam milik ormas keislaman apa mahal juga?
Lalu madrasah2 yg dibawah depag juga
itu bukan sekolah islam ya?

Madrasah termasuk sekolah islam juga.
SDIT / SDIP juga sekolah islam.
Sekolah milik ormas islam ada yg murah ada juga yg mahal. kembali lagi Namanya juga modal sendiri jadi mengikuti hukum pasar, mereka juga harus mensejahterakan guru, dll.

Ditempat saya paud yg dikelola muslimah ht, nggak bayar.
SDIP uang muka cuma 1,5 jt. dicicil lagi. SPP : 75 rb / bulan. Saking murahnya banyak wali murid yg malah berani membayar 200 rb / bulan. Alasannya untuk membantu kesejahteraan para guru.

Ditempat lain ada yg DP: 5jt. spp : 300 rb/ bln.
Judul: Re:Mahalnya Sekolah Islam !!!
Ditulis oleh: drai pada Desember 03, 2009, 12:51:43 pm
ditempatku Sekolah Dasar Islam Terpadu pendaftarannya Rp 5 Juta belum lagi uang bangunan Dll... begitu juga dengan sekolah islam lainnya... apakah untuk masuk sekolah Islam yang berkualitas hanya milik orang kaya ??? orang miskinnya terpinggirkan dong ???... pertanyaannya apakah sekolah Isalam juga telah tergerus arus materialisme dan kapitalisme ???

Mohon info dan tanggapannya berapa juta yang harus dibayarkan untuk masuk sekolah islam (SD, SMP, SMA, PT) ???

SDIT

Sekolah dasar Islam termahal...
Beginilah, pendidikan Indonesia yang katanya bagus tapi mahal. Perlu ada terobosan baru bagi para da'i muda...
Judul: Re:Mahalnya Sekolah Islam !!!
Ditulis oleh: Fauzi5994559 pada Desember 04, 2009, 09:34:53 am
Penyelenggaraan Pendidikan adalah tanggung jawab pemerintah. Bukan tanggung jawab perorangan atau swasta. Namanya swasta wajar bila pasang tarif. namanya juga modal sendiri, tentunya tidak mau rugi dong. Harusnya pemerintah, kalau masih itung-itungan untung rugi thd rakyatnya sendiri itu baru kebangetan namanya.
Judul: Re:Mahalnya Sekolah Islam !!!
Ditulis oleh: drai pada Januari 15, 2010, 01:45:12 pm
bukan semata mengandalkan pemerintah, ketika ada pribadi maupun swasta yang mampu mneyelenggarakan pendidikan kenapa tidak apa lagi kurikulum yang dipakai adalah sesuai dengan syariat Islam. Perlu inovasi-inovasi baru bagi para penyeru dakwah untuk lebih kreative mendakwahkan Islam salah satunya lewat jalur pendidikan. BagaimanaSyariat islam akan tegak manakala penunjangnya yang mebuat umat Faham akan islam tidak dimiliki(kaum muslimin) apakah kita terus menuntut dan menuntut tanpa ada solusi kongkrit?

jangan biarkan pendidikan kita dikuasia oleh metode-metode barat yang mulai menjamur di negri kita.
Judul: Re:Mahalnya Sekolah Islam !!!
Ditulis oleh: Fauzi5994559 pada Januari 18, 2010, 10:59:54 am
.... BagaimanaSyariat islam akan tegak manakala penunjangnya yang mebuat umat Faham akan islam tidak dimiliki(kaum muslimin) apakah kita terus menuntut dan menuntut tanpa ada solusi kongkrit?

jangan biarkan pendidikan kita dikuasia oleh metode-metode barat yang mulai menjamur di negri kita.

Pertanyaannya siapa yg membolehkan / membiarkan metode2 barat menjamur pada pendidikan di negeri kita ? bukankah pemerintah ? kita semua tdk menghendaki. Bahkan kita kadang dipersulit ketika meregister kurikulum sekolah kita berbasis syariat. Ini fakta mas, kami punya yayasan.
Judul: Re:Mahalnya Sekolah Islam !!!
Ditulis oleh: drai pada Januari 19, 2010, 01:40:47 pm
 ;;)
jika, yang disalahkan adalah pemerintah bisa juga. Tapi mungkin jika orang-orang pemerintah adalah seperti antum semua mungkin tidak demikian juga. Akan tetapi, mereka yang ada di pemerintahan adalah beragam karakter terlebih latar belakang agamanya. Sangat susah menjalankan apa yang kita inginkan dengan mendudukkan pada satu kesepahaman. Contoh nyata adalah peristiwa hilangnya piagam Jakarta hanya 15 menit hilang sudah rencana Indonesia tegak berlandaskan syariat Islam oleh sebagian kecil bahkan yang terkecil dari oknum orang yang beragama Islam salah satunya Bungg Hatta. Apa lagi sekarang yang sudah nyata-nyata orang yang ada di dalam pemerintahan beragam terlebih mempunyai berbagai kepentingan.

Kembali ke permasalahan, Sekedar menyalahkan siapapun bisa akan tetapi kenapa kita tidak memberi sabuah solusi yang nantinya meberi sebuah pemecahan dan pada akhirnya memperkecil mafsadat yang timbul di dalamnya. Bukankah HTI punya dana? kenapa tidk amembangun sebuah lembaga pendidikan yang Islami yang dengannya ditemukan sebah solusi tanpa memperpanjang masalah dengan mencari sejuta kesalahan pemerintah. Dan, kenapa kita tidak berdoa agar kelak diberikan seorang pemimpin yang sadar akan syariat. Bukankah telah ada hadits bahwa "tidak ada satu hal yang dapat merubah takdir kecuali doa?.

Judul: Re:Mahalnya Sekolah Islam !!!
Ditulis oleh: Fauzi5994559 pada Januari 21, 2010, 12:36:12 pm
Ya.. yang bisa kita lakukan hanya berdakwah tanpa kenal lelah dan doa tanpa rasa putus asa. Itulah beberapa nasehat yg kami terima dari HTI sebagaimana saran dari mas drai, saya diberi doa untuk mempersatukan perasaan ummat, qunut untuk para mujahidin, doa untuk sgera didatangkannya pertolongan atas ummat.

Karena saat ini pemimpin yg ada bukan pemimpin yg menjadi benteng aqidah dan bukan pula pemimpin yg menjadi perisai bagi ummat dari serangan musuh2nya. Fakta dari adanya hambatan2 yg saya pribadi alami ketika hendak mengagungkan islam membenarkan apa yg senantiasa di dakwahkan oleh HTi.
Judul: Re:Mahalnya Sekolah Islam !!!
Ditulis oleh: drai pada Januari 28, 2010, 03:37:39 pm
ya memang benar, dakwah juga banyak sarananya, kalau sekedar menunggu dan menunggu tanpa kerja nyata apa gunanya apa lagi yang kita dakwahi pemerintah, Kenapa kita tidak memulai hal yang kapasitasnya kita mampu dan membuat perubahan yang kecil menuju perubahan besar. Kita tahu dulu KH. Ahmad dahlan membuat sekolah berbasis madrash diniyah cuma 8 orang itupun masih saudaranya dan modal kocek sendiri. Kitapun tahu sejarah berapa orang yang pertama kali masuk islam yang akhirnya melalui mereka-mereka tegak khilafah Islamiyyah.

Kita nampaknya perlu belajar dari sejarah orang-rang terdahulu. Antum tahu di Yaman ada satu jamiah ilmu hadits yakni milik syaikh Mubil, mahasiswanya tekadang harus belajar dibawah pohon tapi tak menyurutkan semangat belajar hadits. kenapa kita tiak memanfaatkan masjid dekat rumah kita untuk memulai mengajarkan tetangga-tetangga kita untuk mengenal syariat islam mulai dari bermuamalah hingg saatnya bernegara sesuai dengan syariat islam.

Manfaatkan sarana-sarana yang kita mampu jangkau untuk berdakwah, berbagi ilmu dan menyampaikan al haq. Sungguh aneh batapa pandainya mendakwahi pemerintah, tapi tetangga atau bahkan keluarga kita terlewati dari kita untuk kita dakwahi.
Judul: Re: Mahalnya Sekolah Islam !!!
Ditulis oleh: subzero pada April 12, 2010, 06:22:26 am
di indaramayu ada pondok modern
masuknya tahun ini pake dolar, kalau 3 tahun lalu si itungannya pake sapi
4000 dolar tahun ini
ck...ck....ck
segitu bisa buat naik haji ga ya?
Judul: Re: Mahalnya Sekolah Islam !!!
Ditulis oleh: Fauzi5994559 pada April 23, 2010, 01:03:58 pm
Benar mas drai. Itulah knp ane gabung dg hti. Krn spt kata mas drai : mendakwahi individu, keluarga, tetangga, musola2, hingga pemerintah pas bener spt yg dilakukan hti.

thx.
Judul: Re: Mahalnya Sekolah Islam !!!
Ditulis oleh: e91 pada April 23, 2010, 01:21:11 pm
di indaramayu ada pondok modern
masuknya tahun ini pake dolar, kalau 3 tahun lalu si itungannya pake sapi
4000 dolar tahun ini
ck...ck....ck
segitu bisa buat naik haji ga ya?
jerk, ga bner banget
Judul: Re: Mahalnya Sekolah Islam !!!
Ditulis oleh: subzero pada April 23, 2010, 11:47:14 pm
^ kak egi, yang gak bener mahalnya atau yang ku sebut di atas
ni adik temenku yang ngalami, pas waktu baru buka masuk cm bayar satu harga ekor sapi, tapi tahun kemarin sudah pake dolar itungannya
Judul: Re: Mahalnya Sekolah Islam !!!
Ditulis oleh: e91 pada April 24, 2010, 09:55:27 am
@subzero
yang jerk itu sekolahnya, dia tuch mo mendidik or mo menjual jasa
Judul: Re: Mahalnya Sekolah Islam !!!
Ditulis oleh: ah_ken pada Juni 23, 2010, 12:53:38 pm


ngomong-2 namanya dana pemerintah, atau bantuan pemerintah juga gak ada 100 % loh ( udah gak 100 %, plus disunat pula oleh dinas )..., jadi sulit ngarep yang gratis 100 % ( baik negri maupun swasta )..., :102: :102: :102:
Judul: Re: Mahalnya Sekolah Islam !!!
Ditulis oleh: khaira asyifa pada Juni 23, 2010, 09:24:51 pm

mungkin maksud nya TS, membuat masyarakat yang kurang mampu sulit untuk mendapatkan pendidikan yang baik ya ?

solusi nya dari saya untuk sementara ini : subsidi silang...yang berkemampuan membayar lebih, hingga pemerataan pendidikan (hingga kedaerah terpencil) bisa tercapai  :-?
Judul: Re: Mahalnya Sekolah Islam !!!
Ditulis oleh: lehrerin pada Juni 25, 2010, 11:22:12 pm
Sempet sharing sama beberapa guru mengenai mahalnya sekolah islam, hasilnya bentuk keprihatinan2 berikut ini:

1. Sangat disayangkan sekali bahwa kebanyakan siswa yang belajar di sekolah islam adalah siswa dari kalangan menengah ke atas -yang notabene mampu membayar uang skolah yang tinggi- namun berasal dari keluarga yang kurang paham ttg agama (tak menerapkan perilaku islami yang diajarkan di sekolah, contoh misal ortunya ga pernah nerapin sholat berjamaah dan ortu ga nyontohin untuk ngaji/baca qur'an di rumah dll), ditambah ortu sibuk kerja, jarang ketemu anak. Pagi2 berangkat ker malah kadang lbh dulu drpd anak, mlm2 pulang ker anak udh tidur. ketemu ya jarang deh.. mungkin hanya weekend aja.

2. Beberapa sekolah islam dikelola oleh yayasan yang kadang profit oriented malah kadang ga sejalan (baca: sefikroh) dengan pendidik.

3. Kesejahteraan pendidik di sekolah islam masih minim, tak sebanding dengan jam kerja yang ada, tenaga, dan pikiran yang telah dicurahkan.

Catatan untuk tiap poin:

poin nomor 1 : Smoga kita smua yang di forum dudung, ga menjadi ortu yang demikian..Amien (Mari wujudkan masyarakat rabbani)
poin nomor 2 : Klo ada yang berniat mendirikan sekolah islam, mulai sekarang dekati teman2 yang sejalan, satu visi, satu misi. Dan yang penting: JANGAN LUPA, KESEJAHTERAAN PENDIDIK TETAP DIPERHATIKAN, JANGAN MASUK KE KANTONG PRIBADI YAYASAN/INDIVIDU. :)
poin nomor 3 : Bagi teman2 yang bekerja di sekolah islam, tetap SEMANGAT! tugas teman2 sungguh mulia sekali ;) Dan sebisa mungkin untuk menyampaikan aspirasi dan uneg2 ke yayasan dengan cara yang baik. Dakwah tentu butuh sokongan dana juga :)

smoga win win solution terwujud



Judul: Re: Mahalnya Sekolah Islam !!!
Ditulis oleh: ah_ken pada Juli 24, 2010, 02:00:11 pm
poin nomor 3 : Bagi teman2 yang bekerja di sekolah islam, tetap SEMANGAT! tugas teman2 sungguh mulia sekali ;) Dan sebisa mungkin untuk menyampaikan aspirasi dan uneg2 ke yayasan dengan cara yang baik. Dakwah tentu butuh sokongan dana juga :)
smoga win win solution terwujud

mereka udah bisa memahami dan tetap semangat ..., untuk menutupi masalah kesejahteraan mereka rata-rata melakukan kerja diluar jam mengajar mereka ( misal : les privat, atau mengajar di tempat lain ) ...,  :D :D :D

klo menyampaikan aspirasi dan uneg-uneg ke yayasan sepertinya mereka udah frustasi ...
Judul: Re: Mahalnya Sekolah Islam !!!
Ditulis oleh: sai pada Juli 24, 2010, 10:43:31 pm
Sekolah islam disini bukan Madrasah dkk kan?
maksud TS yang swasta ya?

kalo iya,...komentar Saya ya... wajar. bikin sekolah (dengan fasilitas nomor wahid) kan ga murah. ada banyak dana yang harus diinvestkan. jadi kalo narik bayaran tinggi ya memang udah seharusnya.

logikanya, orang yang bikin gorengan keluar duit 1000 ga mungkin jual tu gorengan 500.
Judul: Re: Mahalnya Sekolah Islam !!!
Ditulis oleh: Fauzi5994559 pada Juli 26, 2010, 09:36:34 am
Sekolah islam disini bukan Madrasah dkk kan?
maksud TS yang swasta ya?

kalo iya,...komentar Saya ya... wajar. bikin sekolah (dengan fasilitas nomor wahid) kan ga murah. ada banyak dana yang harus diinvestkan. jadi kalo narik bayaran tinggi ya memang udah seharusnya.

logikanya, orang yang bikin gorengan keluar duit 1000 ga mungkin jual tu gorengan 500.

tul.