Penulis Topik: tanaman obat apa yg kamu ketahui....?  (Dibaca 19071 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

ani

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.585
  • Reputasi: 26
  • "Ya Allah kukuhx persaudaraan ini smp kejannahMu"
    • Lihat Profil
Re: tanaman obat apa yg kamu ketahui....?
« Jawab #15 pada: Mei 23, 2008, 11:11:01 am »
@atasku

itu untuk ngobatin penyakit apa?

keale

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 551
  • Reputasi: -4
  • Jenis kelamin: Wanita
  • unknown teritory
    • Lihat Profil
Re: tanaman obat apa yg kamu ketahui....?
« Jawab #16 pada: Mei 23, 2008, 11:59:03 am »
antioksidan, mba...... :((

keale

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 551
  • Reputasi: -4
  • Jenis kelamin: Wanita
  • unknown teritory
    • Lihat Profil
Re: tanaman obat apa yg kamu ketahui....?
« Jawab #17 pada: Mei 24, 2008, 12:19:03 pm »
nah ada satu lagi tanaman yang manfaatnya selain sebagai bumbu dapur juga sebagai obat.
BAWANG PUTIH (Allium sativum)

khasiat bawang putih sangat banyak bagi tubuh manusia. antara lain sebagai antiseptik dan antioksidan.
orang-orang primitif dahulu menggunakan bawang putih yang sudah dihancurkan terlebih dahulu untuk mengompres luka mereka. bawang putih juga berguna sebagai obat batuk, obat cacing, diabetes,rematik, insomnia, influenza,  obat tekanan darting....dllpokoknya banyak banget deh...).

zat yang terjandung dalam bawang putih ini adalah aliin, yang pada saat dihaluskan, zat aliin ini akan diuraikan oleh enzim alinase menjadi zat alisin, amonia dan asam piruvat. hasil penguraian ini yang menyebabkan bau khas pada bawang putih.

BINGUNG !!!

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.384
  • Reputasi: 47
  • Jenis kelamin: Pria
  • 7 Agustus 2009, 06:50 pm
    • Lihat Profil
Re: tanaman obat apa yg kamu ketahui....?
« Jawab #18 pada: Mei 24, 2008, 12:39:37 pm »
akar kuning khas kaLimantan, tp pahit beud (bau na ja kagak nahan euy)

untuk mengobati penyakit kuning (Liver)

sbnar na d daerah kLahiran BINGUNG !!! banak obat2an adri tmbuhan, tp Lupa nama na :-??

toocool ajah

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 4
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re: tanaman obat apa yg kamu ketahui....?
« Jawab #19 pada: Juni 26, 2008, 03:22:26 pm »
Ada daftar tanaman obat nih...
Klik aja di sini

ani

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.585
  • Reputasi: 26
  • "Ya Allah kukuhx persaudaraan ini smp kejannahMu"
    • Lihat Profil
Re: tanaman obat apa yg kamu ketahui....?
« Jawab #20 pada: Juli 23, 2008, 12:44:47 pm »
bawang dayak.......ada yg tau ga dgn bawang ini katanya bisa untuk mengobati penyakit tumor :-?

ataka hana

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 21
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
  • ---super saiya---
    • Lihat Profil
Re: tanaman obat apa yg kamu ketahui....?
« Jawab #21 pada: September 18, 2008, 08:21:28 pm »
sambiloto daunnya di rendam ke air panas lalu diminum...
utk sakit tenggorokan , batuk, dll

sirih, air rebusannya sbg antiseptik utk mulut juga bagus utk menyembuhkan infeksi tenggorokan

Jeruk nipis, airnya dicampur kecap manis utk obat batuk dan sakit tenggorokan.


btw ..  he he saya memang sering sakit tenggorokan  ;)

dhiya

  • Moderators
  • Full Member
  • *****
  • Tulisan: 203
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Wanita
  • cantik lucu itu dari hati...
    • Lihat Profil
    • Inspirasi Sejuta Makna
Re:tanaman obat apa yg kamu ketahui....?
« Jawab #22 pada: Januari 15, 2009, 10:11:51 pm »
Rumput bunga rosella, kandungan vit C mega dosis, untuk mengobati sariawan sampe rahim..mencerdaskan otak anak.

jinten hitam, mengobati segalamacam penyakit...

Daun alfalfa diambil klorofilnya buat nyembuhin tyroid, kekurangan vitamin sayuran, dll

:)

IMUT_4EVER

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 235
  • Reputasi: 4
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: tanaman obat apa yg kamu ketahui....?
« Jawab #23 pada: Januari 16, 2009, 12:42:20 pm »
nah ada satu lagi tanaman yang manfaatnya selain sebagai bumbu dapur juga sebagai obat.
BAWANG PUTIH (Allium sativum)

khasiat bawang putih sangat banyak bagi tubuh manusia. antara lain sebagai antiseptik dan antioksidan.
orang-orang primitif dahulu menggunakan bawang putih yang sudah dihancurkan terlebih dahulu untuk mengompres luka mereka. bawang putih juga berguna sebagai obat batuk, obat cacing, diabetes,rematik, insomnia, influenza,  obat tekanan darting....dllpokoknya banyak banget deh...).

zat yang terjandung dalam bawang putih ini adalah aliin, yang pada saat dihaluskan, zat aliin ini akan diuraikan oleh enzim alinase menjadi zat alisin, amonia dan asam piruvat. hasil penguraian ini yang menyebabkan bau khas pada bawang putih.


Bagaimana cara pakainya ?  :-/
Dimakan atau di broehkan saja ??

Verosa

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 193
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Wanita
  • manis nyoo...
    • Lihat Profil
Re:tanaman obat apa yg kamu ketahui....?
« Jawab #24 pada: Januari 19, 2009, 06:02:50 pm »
Habatusauda,,,bisa menyembuhkan berbagai penyakit kecuali maut :)
klo gak salah Habbatussauda itu obat, klo tanamannya namanya Nigella sativa

Verosa

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 193
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Wanita
  • manis nyoo...
    • Lihat Profil
Re:tanaman obat apa yg kamu ketahui....?
« Jawab #25 pada: Januari 19, 2009, 06:53:42 pm »
tanaman obat yang aku sukai CABE....
kandungannya vitamin C dan betakarotennya tinggi
khasiatnya dari capsaicin (rasa pedas) mengobati sakit kepala, memperlancar peredaran darah. jadi tidak ngantuk.

jadi buat temen-temen yang suka ngantuk pas kuliah atau kerja,,,makan yang pedes-pedes aj,,,
tetapi inget juga kata dokter, bagi yang tidak boleh makan pedes mending turutin aj...
jangan kaya aq dilarang malah tambah penasaran...

Verosa

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 193
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Wanita
  • manis nyoo...
    • Lihat Profil
Re:tanaman obat apa yg kamu ketahui....?
« Jawab #26 pada: Januari 19, 2009, 07:07:49 pm »
ada tanaman obat namanya handeuleum, belum banyak peneliti yang meneliti tentang tanaman ini.
katanya sie khasiatnya banyak,,,cuma tanaman ini banyak di gemari ma ulat-ulat yang gede-gede banget,,,
dosenqu lagi meneliti tentang tanaman ini,,,mudah-mudahan memberikan manfaat dan menambah daftar tanaman obat asli indonesia

ani

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.585
  • Reputasi: 26
  • "Ya Allah kukuhx persaudaraan ini smp kejannahMu"
    • Lihat Profil
Re:tanaman obat apa yg kamu ketahui....?
« Jawab #27 pada: Januari 21, 2009, 12:47:34 pm »
ada tanaman obat namanya handeuleum, belum banyak peneliti yang meneliti tentang tanaman ini.
katanya sie khasiatnya banyak,,,cuma tanaman ini banyak di gemari ma ulat-ulat yang gede-gede banget,,,
dosenqu lagi meneliti tentang tanaman ini,,,mudah-mudahan memberikan manfaat dan menambah daftar tanaman obat asli indonesia

yg aku bold itu tanaman apa itu maksudnya mungkin ada nama daerahnya atau latinnya, menarik tuh kale aja bisa dijadikan tanaman perangkap hama untuk tanaman budidaya biar hama/ulat yg merusak tanaman pindah menyerang tanaman perangkap itu aja :)

Orchid

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 731
  • Reputasi: -32
  • Jenis kelamin: Wanita
  • -nothing-
    • Lihat Profil
Re:tanaman obat apa yg kamu ketahui....?
« Jawab #28 pada: Januari 22, 2009, 12:12:14 pm »
daun jambu biji
buat sakit perut dan mencret

Verosa

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 193
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Wanita
  • manis nyoo...
    • Lihat Profil
Re:tanaman obat apa yg kamu ketahui....?
« Jawab #29 pada: Februari 02, 2009, 11:25:05 pm »

yg aku bold itu tanaman apa itu maksudnya mungkin ada nama daerahnya atau latinnya, menarik tuh kale aja bisa dijadikan tanaman perangkap hama untuk tanaman budidaya biar hama/ulat yg merusak tanaman pindah menyerang tanaman perangkap itu aja :)
itu bahasa sunda teh,,
klo bahasa indonesianya daun ungu