Penulis Topik: tanaman obat apa yg kamu ketahui....?  (Dibaca 18118 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

ani

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.585
  • Reputasi: 26
  • "Ya Allah kukuhx persaudaraan ini smp kejannahMu"
    • Lihat Profil
tanaman obat apa yg kamu ketahui....?
« pada: Maret 25, 2008, 11:57:24 am »
assalamu'alaikum wr wb

dimasyarakat atau di lingkungan kita atau bahkan di rumah kita seringkali menggunakan jenis tumbuhan  untuk mengobati banyak penyakit baik itu untuk manusia maupun untuk mengobati penyakit tanaman yg kita budidayakan.  yg dijadikan obat bisa dari daun, batang, akar atau bunga atau buah.
mungkin ada pengalaman teman2 yg menggunakan tanaman2 itu untuk pengobatan, untuk itu mungin kita bs berbagi disini
- tanaman apa saja yg diketahui
- bagian tanaman yg mana digunakan
- untuk mengobati penyakit apa
- jika tau bahan aktifnya mgk lbh baik
- jika ada nama daerahnya akan lbh baik untuk menambah pembendaharaan kita

teman2 tanaman ini tidak terbatas hanya tanaman yg sudah dibudidayakan yg berupa gulma juga gpp....


jhanie

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 2
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re: tanaman obat apa yg kamu ketahui....?
« Jawab #1 pada: Maret 30, 2008, 11:50:47 am »
let's see...

JAHE, ato nama latinnya Zingiberis officinalis, jahe ada macam2,jahe merah, jahe gajah, jahe emprit,jahe gundul..dll.
kandungan jahe : minyak atsiri (atau minyak yang berbau/minyak menguap, that's why jahe punya bau khas), trus zat pedas, seperti zingiberol dll...
bagian yang digunakan : rimpangnya...
khasiat : mengobati masuk angin, berfungsi juga sebagai analgetik (penghilang rasa sakit), anti mabuk, melancarkan peredaran darah, adaptogenik dsb..
biasanya kalo di kos, aku suka minum susu jahe...anget...abis itu bisa bobo dengan nyenyak...
hehe...
jahe bisa juga dikombinasi dengan adas (Foeniculum vulgare) sebagai obat batuk, dibikin sirup..rasanya hampir sama kayak laserin.

Temulawak (Curcuma xanthorhizza)
kandungan kimia : cucumin, minyak atsiri,
bagian yang digunakan : rimpang
khasiat : sebagai antioksidan terutama untuk hati, meningkatkan nafsu makan, kalo dibuang minyak atsirinya bisa digunakan sebagai anti kolesterol...



hamisatimuftia

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 777
  • Reputasi: 15
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Calon Putri Indonesia 20...12 aja deh!
    • Lihat Profil
    • Amie's Zone
Re: tanaman obat apa yg kamu ketahui....?
« Jawab #2 pada: April 06, 2008, 02:26:20 pm »
mahkota dewa

bener nggak?

yufrenz

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 241
  • Reputasi: 1
    • Lihat Profil
Re: tanaman obat apa yg kamu ketahui....?
« Jawab #3 pada: April 09, 2008, 09:50:47 am »
kunyit putih buat mencegah dan mengobati kanker.... :)

~~~~~~~~~~~~~~~~~~ _______________________ ~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
http://id.12frenz.com/frenz/main.do?adId=194  :x

ukhti_cool

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 964
  • Reputasi: 6
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Secret makes a woman woman
    • Lihat Profil
    • simple blog
Re: tanaman obat apa yg kamu ketahui....?
« Jawab #4 pada: April 21, 2008, 01:16:04 pm »
Daun mengkudu

Dimakannya diiris tipis, n dimasak ama nasi goreng aja biar ga terlalu pahit.

Khasiat...biar sehat aja.

ritz

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 556
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
  • No Comment
    • Lihat Profil
    • Reezal`s Blog Sites
Re: tanaman obat apa yg kamu ketahui....?
« Jawab #5 pada: April 21, 2008, 01:48:40 pm »
Daun sirih --> buat nyumbat mimisan neh (sorry referensinya gak punya)

wied

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 652
  • Reputasi: 10
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: tanaman obat apa yg kamu ketahui....?
« Jawab #6 pada: April 23, 2008, 10:41:10 am »
Keladi tikus,,pohonya mirip2 anthurium keris...katanya sangat manjur untuk menyembuhkan cancer...

ajeng

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 309
  • Reputasi: 4
  • Kisah yg tak kan Hilang,Saat dlm kasihmu
    • Lihat Profil
Re: tanaman obat apa yg kamu ketahui....?
« Jawab #7 pada: April 23, 2008, 11:29:55 am »
kramunting ( tanaman hutan di tanah berpasir itu nama daerahnya nda tau apa sama juga bahasa indonesianya), air yang disadap dari pohonnya bisa jadi obat demam, daunnya bisa jadi campuran jamu, buahnya cukup manis.... :D

kumis kucing, untuk kencing manis dan memperlancar BAK  :)

lidah buaya,daun kembang sepatu, daun kapas, kalo ajeng lagi kena demam tinggi biasanya dikompres pakai salah satunya

benalu pohon mangga, direbus airnya di minum untuk mengobati radang amandel.






Abi Nizma

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.850
  • Reputasi: 43
  • Jenis kelamin: Pria
  • Aku Mencintai Kedua2nya
    • Lihat Profil
Re: tanaman obat apa yg kamu ketahui....?
« Jawab #8 pada: April 28, 2008, 06:37:57 am »
Cocor Bebek... buat mengobati penyakit panas... tinggal dijus daunnya.. ambil air perasannya dan tambahkan madu secukupnya...

Ini gambarnya :



Blog sehat : http://theeazayoe.blogspot.com/ - tak promosiin ya

khaira asyifa

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 951
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Wanita
  • bismillahi tawakkaltu 'alallah
    • Lihat Profil
    • http://www.chefsari.blogspot.com
Re: tanaman obat apa yg kamu ketahui....?
« Jawab #9 pada: April 28, 2008, 09:28:57 am »
Habatusauda,,,bisa menyembuhkan berbagai penyakit kecuali maut :)

reycaman

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 315
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • nothing..i'm try to defend
    • Lihat Profil
    • kumpul2 di website amatiran
Re: tanaman obat apa yg kamu ketahui....?
« Jawab #10 pada: April 28, 2008, 11:09:59 am »
Habatusauda,,,bisa menyembuhkan berbagai penyakit kecuali maut :)
iya kayak di hadist deh pernah dengar ana

kalau ana sih kumis kucing tp latinnya kurang hapal afwan ya terus jawer kotok (b.sunda). afwan biasa ana dari kampung

khaira asyifa

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 951
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Wanita
  • bismillahi tawakkaltu 'alallah
    • Lihat Profil
    • http://www.chefsari.blogspot.com
Re: tanaman obat apa yg kamu ketahui....?
« Jawab #11 pada: April 28, 2008, 12:56:01 pm »
@reycaman

emang hadist ;)

cobain deh! oke lo...

reycaman

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 315
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • nothing..i'm try to defend
    • Lihat Profil
    • kumpul2 di website amatiran
Re: tanaman obat apa yg kamu ketahui....?
« Jawab #12 pada: April 28, 2008, 02:42:45 pm »
kalau tanaman obat buat yg terkena hepatitis B selain itu pk apa lagi?ada ygh bisa bantu?

jhanie

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 2
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re: tanaman obat apa yg kamu ketahui....?
« Jawab #13 pada: Mei 22, 2008, 03:36:03 pm »
daun kecubung atau nama latinny Datura metel, jadi obat asma.. tapi pemakaiannya tidak direbus, tapi dihisap seperti rokok... di gulung, trus dibakar... bisa melebarkan saluran napas..

keale

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 551
  • Reputasi: -4
  • Jenis kelamin: Wanita
  • unknown teritory
    • Lihat Profil
Re: tanaman obat apa yg kamu ketahui....?
« Jawab #14 pada: Mei 22, 2008, 06:10:44 pm »
ada...ada....punyaku juga ada

ini da terbukti kok...lha wong skripsiku yan yang satu ini...

daun leilem....nama latinnya Clerodendrum minahassae. seperti namanya, banyakan ada di minahasa,SULUT. seperti namanya...tentu aja bagian yang digunakan daun.
nah, tanaman yang satu ini terbukti berkhasiat sebagai antioksidan dengan kadar yang lumayan tinggi, lho....87%/100gr.
zat aktifnya fenolik. fenolik jenis apa, itu masih dalam penelitian lanjut.