Penulis Topik: BAGAIMANA MEMBINA RUMAH TANGGA DI USIA MUDA  (Dibaca 20185 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

reski_f

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 2
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
BAGAIMANA MEMBINA RUMAH TANGGA DI USIA MUDA
« pada: September 01, 2006, 11:15:45 am »
Assalamu'AlaikumWr.Wb

Saudara2ku Muslimin dan muslimat, Pertama kenalin saya rezki fajriansyah...umur saya 22 dan bahagianya saya telah berumah tangga sejak tgl 16 agustus 2006 lalu, trus istri saya usia 2 tahun lebih muda dari saya. saya menikah diusia muda karena saya tidak ingin berpacaran lebih lama lagi (takut berbuat dosa), nah saudaraku saya minta tolong dikasih saran bagaimana cara untuk membina hubungan rumah tangga saya ini...sebelumnya terima kasih ya........

wassalam :) :)

fie_vie

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.417
  • Reputasi: 4
  • Jenis kelamin: Wanita
  • no body's perfect
    • Lihat Profil
Re: BAGAIMANA MEMBINA RUMAH TANGGA DI USIA MUDA
« Jawab #1 pada: September 01, 2006, 11:21:33 am »
Assalamu'AlaikumWr.Wb

Saudara2ku Muslimin dan muslimat, Pertama kenalin saya rezki fajriansyah...umur saya 22 dan bahagianya saya telah berumah tangga sejak tgl 16 agustus 2006 lalu, trus istri saya usia 2 tahun lebih muda dari saya. saya menikah diusia muda karena saya tidak ingin berpacaran lebih lama lagi (takut berbuat dosa), nah saudaraku saya minta tolong dikasih saran bagaimana cara untuk membina hubungan rumah tangga saya ini...sebelumnya terima kasih ya........

wassalam :) :)

mmmmmm...
tanyanya sama pak pernikmuslim... :)

Nazhifah

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 3
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re: BAGAIMANA MEMBINA RUMAH TANGGA DI USIA MUDA
« Jawab #2 pada: September 01, 2006, 01:03:28 pm »
asslm.wr.wb
barakALLAHU laka...
pertama2 sy ucapkan selamat!!!
selamat mengambil keputusan pnting dlm hidup
selamat memulai cita2 bahagia&abadi..di dunia dan akhirat..
amiin

af1, sy bukan trmasuk org yg brpengalaman dlm hal ini..
masukan dr sy..byk2 baca buku, tanya ma yg ortu, mertua, tmn2 yg serupa,
ntar kalo udah dapet tips2nya, giliran sy yg nanya ke antum ya...

jzkumullah...

PernikMuslim

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.033
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
  • Silahkan hubungi saya, saya akan membantu anda :)
    • Lihat Profil
    • PERNIKMUSLIM.com :: Toko Buku Muslim OnLine PENUH KEJUTAN!! :)
Re: BAGAIMANA MEMBINA RUMAH TANGGA DI USIA MUDA
« Jawab #3 pada: September 02, 2006, 12:10:27 pm »
;D afwan baru baca nih

alhamdulillah ana nikah umur 18 tahun :) dan sekarang baru jalan 1 tahun

Barakallahu laka wa baraka 'alaika wajamaa'abainakuma fii khayr....

semoga pernikahannya membawa keberkahan akh.

gini nih, kalo mau membina rumah tangga yang sakinah mawadah warahmah, tentu kita harus menengok, bagaimana uswah kita membina rumah tangganya. nah, caranya gimana? lewat baca buku akh... buku ini sangat bagus untuk mendekatkan kita kepada akhlak Rasulullah.

berhubung anta baru nikah, ada buku bagus yang ana rekomendasikan http://www.pernikmuslim.com/detail.php?id=14 :) nggak hanya di situs ana anta bisa beli buku ini. buku ini bertebaran dimana2 kok.

nah, selain itu, yang biasanya menjadi masalah pada kawula muda itu TEMPERAMEN. kendalikan aja yang satu ini akh. jangan  sampai ngucapkan talak waktu marah. jangan sering2 marah. karena wanita itu tempatnya kurang dan tempatnya salah, justru anta disana untuk mendidik mereka :great:

semoga sukses buat keluarganya ;)

fie_vie

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.417
  • Reputasi: 4
  • Jenis kelamin: Wanita
  • no body's perfect
    • Lihat Profil
Re: BAGAIMANA MEMBINA RUMAH TANGGA DI USIA MUDA
« Jawab #4 pada: September 02, 2006, 12:17:22 pm »
;D afwan baru baca nih

alhamdulillah ana nikah umur 18 tahun :) dan sekarang baru jalan 1 tahun

Barakallahu laka wa baraka 'alaika wajamaa'abainakuma fii khayr....

semoga pernikahannya membawa keberkahan akh.

gini nih, kalo mau membina rumah tangga yang sakinah mawadah warahmah, tentu kita harus menengok, bagaimana uswah kita membina rumah tangganya. nah, caranya gimana? lewat baca buku akh... buku ini sangat bagus untuk mendekatkan kita kepada akhlak Rasulullah.

berhubung anta baru nikah, ada buku bagus yang ana rekomendasikan http://www.pernikmuslim.com/detail.php?id=14 :) nggak hanya di situs ana anta bisa beli buku ini. buku ini bertebaran dimana2 kok.

nah, selain itu, yang biasanya menjadi masalah pada kawula muda itu TEMPERAMEN. kendalikan aja yang satu ini akh. jangan  sampai ngucapkan talak waktu marah. jangan sering2 marah. karena wanita itu tempatnya kurang dan tempatnya salah, justru anta disana untuk mendidik mereka :great:

semoga sukses buat keluarganya ;)

waahhhhhh fie di kasih ilmu lagi niey!!
makacih...makacih... :)
oiya..."karena wanita itu tempatnya kurang dan salah"
bisa tolong jelasin ga pak? :)

PernikMuslim

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.033
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
  • Silahkan hubungi saya, saya akan membantu anda :)
    • Lihat Profil
    • PERNIKMUSLIM.com :: Toko Buku Muslim OnLine PENUH KEJUTAN!! :)
Re: BAGAIMANA MEMBINA RUMAH TANGGA DI USIA MUDA
« Jawab #5 pada: September 03, 2006, 01:19:27 am »
gini nih fie...

kalo nggak salah ana pernah tahu ada penelitian yang hasilnya ternyata wanita itu rata2 lebih pintar dibandingkan laki2. padahal di dalam Islam Nabi menyebutkan bahwa wanita itu kurang akal dan kurang agamanya. lho, kok bertentangan?

setelah menikah ana jadi tahu kenapa bisa beda gitu. penjelasannya insya Alloh gini.

wanita itu, walaupun secara umum /rata2 lebih pintar daripada kaum laki2, sering tidak menggunakan kepintarannya itu. dengan kata lain, wanita lebih sering menggunakan hati dan perasaannya dibandingkan menggunakan akalnya. ini adalah kelebihan dan kekhususan wanita. jadi walopun lebih pintar, makenya lebih jarang di banding kaum laki2.

selain itu. Rasulullah juga mengisyaratkan bahwa untuk menikmati wanita, senjata utamanya adalah sabar. karena wanita itu dari tulang rusuk yangbengkok. dia gak bisa dipaksa diluruskan, kalo dipaksa nanti dia patah, dan patahnya itu adalah perceraian.

lha trus gimana? nah, kebengkokan ini sejauh yang ana alami saat ini adalah tentang akhlak dan perilaku serta perbuatannya. setelah diingatkan berkali2pun, dan setelah dinasehati berkali2pun, seorang wanita punya kecenderungan untuk mengulangi kesalahannya. itulah kenapa Rasulullah menyuruh kaum lelaki untuk menasihatinya. dan bersabar dengannya.


gitu fie ;)

Wallahua'lam

drai

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.604
  • Reputasi: 7
  • "masih selalu bahagia"
    • Lihat Profil
Re: BAGAIMANA MEMBINA RUMAH TANGGA DI USIA MUDA
« Jawab #6 pada: September 04, 2006, 08:53:05 am »
gini nih fie...

kalo nggak salah ana pernah tahu ada penelitian yang hasilnya ternyata wanita itu rata2 lebih pintar dibandingkan laki2. padahal di dalam Islam Nabi menyebutkan bahwa wanita itu kurang akal dan kurang agamanya. lho, kok bertentangan?

setelah menikah ana jadi tahu kenapa bisa beda gitu. penjelasannya insya Alloh gini.

wanita itu, walaupun secara umum /rata2 lebih pintar daripada kaum laki2, sering tidak menggunakan kepintarannya itu. dengan kata lain, wanita lebih sering menggunakan hati dan perasaannya dibandingkan menggunakan akalnya. ini adalah kelebihan dan kekhususan wanita. jadi walopun lebih pintar, makenya lebih jarang di banding kaum laki2.

selain itu. Rasulullah juga mengisyaratkan bahwa untuk menikmati wanita, senjata utamanya adalah sabar. karena wanita itu dari tulang rusuk yangbengkok. dia gak bisa dipaksa diluruskan, kalo dipaksa nanti dia patah, dan patahnya itu adalah perceraian.

lha trus gimana? nah, kebengkokan ini sejauh yang ana alami saat ini adalah tentang akhlak dan perilaku serta perbuatannya. setelah diingatkan berkali2pun, dan setelah dinasehati berkali2pun, seorang wanita punya kecenderungan untuk mengulangi kesalahannya. itulah kenapa Rasulullah menyuruh kaum lelaki untuk menasihatinya. dan bersabar dengannya.


gitu fie ;)

Wallahua'lam

mohon do'anya dari antum semua... :)

PernikMuslim

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.033
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
  • Silahkan hubungi saya, saya akan membantu anda :)
    • Lihat Profil
    • PERNIKMUSLIM.com :: Toko Buku Muslim OnLine PENUH KEJUTAN!! :)
Re: BAGAIMANA MEMBINA RUMAH TANGGA DI USIA MUDA
« Jawab #7 pada: September 04, 2006, 03:58:09 pm »
asal dikabari aja ;) alamatnya serta tanggalnya ;)

ARCHER

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.080
  • Reputasi: 5
  • Jenis kelamin: Pria
  • Masjid Kampus UGM
    • Lihat Profil
Re: BAGAIMANA MEMBINA RUMAH TANGGA DI USIA MUDA
« Jawab #8 pada: September 06, 2006, 05:10:49 pm »
Assalamu'AlaikumWr.Wb

Saudara2ku Muslimin dan muslimat, Pertama kenalin saya rezki fajriansyah...umur saya 22 dan bahagianya saya telah berumah tangga sejak tgl 16 agustus 2006 lalu, trus istri saya usia 2 tahun lebih muda dari saya. saya menikah diusia muda karena saya tidak ingin berpacaran lebih lama lagi (takut berbuat dosa), nah saudaraku saya minta tolong dikasih saran bagaimana cara untuk membina hubungan rumah tangga saya ini...sebelumnya terima kasih ya........

wassalam :) :)
Sarannya apa ya, soalnya ana belom nikah. Harusnya antum kasih saran dong sama yang belom nikah!

82

  • Pengunjung
Re: BAGAIMANA MEMBINA RUMAH TANGGA DI USIA MUDA
« Jawab #9 pada: September 24, 2006, 11:31:22 pm »
@post author

klo yg saya perhatikan...biasanya masalah pasangan muda tuh.......duit buat kedepan...alias tabungan.
buat yg blum punya anak mungkin pendapatan gabungan antara 4-5jt bisa cukup kalo ngirit masih bisa nabung, tapi klo yg punya anak...palagi usia skolah....dibawah 10j......apek

ARCHER

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.080
  • Reputasi: 5
  • Jenis kelamin: Pria
  • Masjid Kampus UGM
    • Lihat Profil
Re: BAGAIMANA MEMBINA RUMAH TANGGA DI USIA MUDA
« Jawab #10 pada: September 25, 2006, 05:07:51 pm »
@post author

klo yg saya perhatikan...biasanya masalah pasangan muda tuh.......duit buat kedepan...alias tabungan.
buat yg blum punya anak mungkin pendapatan gabungan antara 4-5jt bisa cukup kalo ngirit masih bisa nabung, tapi klo yg punya anak...palagi usia skolah....dibawah 10j......apek
Semoga Allah menjadikan kecukupan bagi para pemuda Muslim yang mau menikah karena ingin menjaga diri dari jeleknya syahwat dan mengikuti sunnah rasul.

inoex135

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 404
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • Just want to try...
    • Lihat Profil
    • My Life's Experiences
Re: BAGAIMANA MEMBINA RUMAH TANGGA DI USIA MUDA
« Jawab #11 pada: Oktober 01, 2006, 04:33:09 pm »
@post author

klo yg saya perhatikan...biasanya masalah pasangan muda tuh.......duit buat kedepan...alias tabungan.
buat yg blum punya anak mungkin pendapatan gabungan antara 4-5jt bisa cukup kalo ngirit masih bisa nabung, tapi klo yg punya anak...palagi usia skolah....dibawah 10j......apek

kalo dah 4-5 juta mah mau punya anak kayaknya cukup?? masak 4-5 juta masih kurang?? lah saya yang cuman 500 rb bakalan takut nih  :((

husni

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 249
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
  • wanna be a professional
    • Lihat Profil
    • vbBASE
Re: BAGAIMANA MEMBINA RUMAH TANGGA DI USIA MUDA
« Jawab #12 pada: Oktober 01, 2006, 05:52:54 pm »
mas 82 tajir banget....
sejuta aja kami dah bersyukur :)

salendra_kms

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.133
  • Reputasi: 11
  • Jenis kelamin: Pria
  • Dream Light
    • Lihat Profil
    • Mengembalikan Jati Diri Bangsa||Web Blog Silampari Nan Cinde
Re: BAGAIMANA MEMBINA RUMAH TANGGA DI USIA MUDA
« Jawab #13 pada: Oktober 01, 2006, 10:02:14 pm »
wa kalau ana ane sih masalah uang tuh relatif...........kadang dikit cukup banyak juga sama............
klu bicara kebutuhan wa sebanyak apapun ya ngk akan cukup..........

jadi jangan takut klu gajinya kecil allah lebih tau kok kebutuhan kita...........klu ada niatan mau nikah ya why not..........silakan aja akhi :)

82

  • Pengunjung
Re: BAGAIMANA MEMBINA RUMAH TANGGA DI USIA MUDA
« Jawab #14 pada: Oktober 03, 2006, 12:38:44 am »
Semoga Allah menjadikan kecukupan bagi para pemuda Muslim yang mau menikah karena ingin menjaga diri dari jeleknya syahwat dan mengikuti sunnah rasul.
idem.

kalo dah 4-5 juta mah mau punya anak kayaknya cukup?? masak 4-5 juta masih kurang?? lah saya yang cuman 500 rb bakalan takut nih  :((
kurang dong
listrik-telpon-internet skitar 1an klo irit
makan minimal 30rb per orang per hari (asumsi gizi cukup doang) brati buat pasangan dgn 1 anak skitar 2.7
blum bensin
trus fee rekreasi
biaya sekolah anak paling penting neeh. soalnya sekolah skarang mahal.
trus bayar cicilan rumah buat yg rumahnya ngga dapet warisan.
bayar babysitter + prt buat yg istrinya kerja
+++masih banyak lagi.
kurang banget 5 sieh.

mas 82 tajir banget....
sejuta aja kami dah bersyukur :)
eee sy juga blum nyampe 10
makanya blom brani nikah niii
takut serba kurang nantinya.

jadi jangan takut klu gajinya kecil allah lebih tau kok kebutuhan kita...........klu ada niatan mau nikah ya why not..........silakan aja akhi :)
seandainya kenyataan begitu mudah.......seandainya......duh!!!