Penulis Topik: Menulis dan Berimajinasi ...  (Dibaca 6919 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

prince_darkness

  • Pengunjung
Menulis dan Berimajinasi ...
« pada: Agustus 31, 2006, 08:05:29 pm »
yang hobi buat tulisan....sharing dong..gaya bahasa apa yang kalian suka dan bagaimana tips2nya untuk menulis nih???

mez

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 2
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re: Menulis dan Berimajinasi ...
« Jawab #1 pada: September 04, 2006, 12:19:22 pm »
yang hobi buat tulisan....sharing dong..gaya bahasa apa yang kalian suka dan bagaimana tips2nya untuk menulis nih???
hahahahahahaha pring ternyata
kau


tanya aja ma saya

gmn?

Azkiya

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 89
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Kesuksesan Terletak Pada Keyakinan
    • Lihat Profil
    • lasem.wordpress.com
Re: Menulis dan Berimajinasi ...
« Jawab #2 pada: September 06, 2006, 08:39:59 pm »
Aku suka menulis, tapi untuk saat ini mood untuk menulis belum muncul lagi, dulu waktu SMA aku sempat suka nulis cerpen. Tapi arya-karya itu tidak pernah termanage dengan baik. Naskah-naskah itu entah dimana. Aku lebih suka menulis fiksi daripada tulisan ilmiah. Tapi akhir-akhir ini aku mencoba untuk melatih diri untuk bisa menulis karya ilmiah, mengingat aku sekarang telah menjadi seorang mahasiswa yang tentunya tidak sekedar ngampus. Aku paling tertarik jika ada forum yang membahas tentang tulis-menulis, karena aku ingin lebih tahu tentang dunia itu, aku masih sangat amatiran. Untuk temen-temen yang mempunyai talenta di bidang tulis-menulis, Mohon Bimbingannya :)

prince_darkness

  • Pengunjung
Re: Menulis dan Berimajinasi ...
« Jawab #3 pada: September 07, 2006, 02:26:01 pm »
yang hobi buat tulisan....sharing dong..gaya bahasa apa yang kalian suka dan bagaimana tips2nya untuk menulis nih???
hahahahahahaha pring ternyata
kau


tanya aja ma saya

gmn?
hei...kau seteru abadiku yg dari meterologi ya....
udahlah deri........
kamu kan juara 3 ...aku juara 2....nothing itu.....hehehe
lagipula tulisanku udah nyebar dimana2..hehe ...jadi sombong gini ya....

Azkiya

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 89
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Kesuksesan Terletak Pada Keyakinan
    • Lihat Profil
    • lasem.wordpress.com
Re: Menulis dan Berimajinasi ...
« Jawab #4 pada: September 07, 2006, 06:18:47 pm »
yang hobi buat tulisan....sharing dong..gaya bahasa apa yang kalian suka dan bagaimana tips2nya untuk menulis nih???
hahahahahahaha pring ternyata
kau


tanya aja ma saya

gmn?
Bener nih kamu ahlinya? :)

Lyina

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 42
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re: Menulis dan Berimajinasi ...
« Jawab #5 pada: September 09, 2006, 02:23:13 pm »
Aku suka menulis, tapi untuk saat ini mood untuk menulis belum muncul lagi, dulu waktu SMA aku sempat suka nulis cerpen. Tapi arya-karya itu tidak pernah termanage dengan baik. Naskah-naskah itu entah dimana. Aku lebih suka menulis fiksi daripada tulisan ilmiah. Tapi akhir-akhir ini aku mencoba untuk melatih diri untuk bisa menulis karya ilmiah, mengingat aku sekarang telah menjadi seorang mahasiswa yang tentunya tidak sekedar ngampus. Aku paling tertarik jika ada forum yang membahas tentang tulis-menulis, karena aku ingin lebih tahu tentang dunia itu, aku masih sangat amatiran. Untuk temen-temen yang mempunyai talenta di bidang tulis-menulis, Mohon Bimbingannya :)
aku juga suka bgt ma yg namanya nulis, tentunya fiksi, aku suka nulis cerpen, or novel yg ga pernah selesai2.... he he he...... yup. klo lagi mood aza seeh. tapi banyak juga kejadian yg kualami ku jadikan sebuah cerpen. sampai sekarang belum pernah ada yg dipublikasikan seeh..... biz ga PD githu......
o ya.... aku juga mau tau dunk... tips menulis.
klo gaya bahasa yg kusuka,.........gaul, romantis, n agak puitis githu..... :) :) :)
aku pernah ngobrol ma PIpiet senja, tau khan???
tapi, ga pernah tanya tips menulis ala beliau seperti apa????
biz lupa truz, padahal beliau sering bgt ke kantorku. he.....he...he.....

prince_darkness

  • Pengunjung
Re: Menulis dan Berimajinasi ...
« Jawab #6 pada: September 09, 2006, 06:54:09 pm »
kalo saya adalah seorang metafora,.......juga mengusung sedikit romantisme dalam tulisan....juga selalu meninjau aspek psikologis....dan rasio dari pembaca...sehingga saya selalu berupaya membuat suatu tulisan yang komunikatif...dan disis lain saya juga selalu berusaha memasukkan jiwa dalam kata,.....sehingga ketika ada yang baca tulisan saya..mereka tahu kalau itu saya yang m,enulisnya....
karakter kepenulisan itu sendiri mutlak diperlukan....ciri khas diri..tapi saya ga meu membatasi ruang lingkup kepenulisan itu.....saya ingin bersifat universal.....dan tulisan saya diterima oleh semua pihak....

hmm..kelemahan saya adalah mengenai nafas tulisan......

mez itu temen saya..kelebihannya adalah nafas tulisannya panjang...dia adalah bos saya di divisi..coz dia pimpinan redaksinya....

romeo

  • Pengunjung
Re: Menulis dan Berimajinasi ...
« Jawab #7 pada: September 11, 2006, 09:23:30 pm »
Ayoooooooooo kreasikan imajinasi dan bakat menulismu ?
padahal aku juga pusing ama yang namanya nulis
tapi kalo imajinasi desain grafis sih alhamdulillah

psycho_avatar

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 720
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
    • Psycho Avatar
Re: Menulis dan Berimajinasi ...
« Jawab #8 pada: September 13, 2006, 11:42:00 am »
tulisan2 saya bisa dibaca di http://infinityproject.blogs.friendster.com dan http://psychoavatar.blogspot.com ;)

Pokoknya keep on writing deh...;)

prince_darkness

  • Pengunjung
Re: Menulis dan Berimajinasi ...
« Jawab #9 pada: September 22, 2006, 01:12:44 pm »
saran dong buat nambah nafas tulisan???

inoex135

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 404
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • Just want to try...
    • Lihat Profil
    • My Life's Experiences
Re: Menulis dan Berimajinasi ...
« Jawab #10 pada: November 17, 2006, 09:51:00 am »
nafas tulisan itu apa ya?? awak masih cupu nih dalam hal tulis menulis :(

kasih saran dong...

ike_moslem

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 914
  • Reputasi: 22
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Menulis dan Berimajinasi ...
« Jawab #11 pada: November 18, 2006, 06:11:44 pm »
kalo mo nulis aja rasanya males banget. Tapi pas udah nulis, kagak bisa berhenti. So strange, right

ike_moslem

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 914
  • Reputasi: 22
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Menulis dan Berimajinasi ...
« Jawab #12 pada: Januari 04, 2007, 10:36:08 am »
Kalo Ike, di majalah2 tuh lebih tertarik ama CATHAR alias catatan harian, karena bentuknya seperti diary. Jadi seneng aja gitu. Soalnya Ike juga suka nulis diary, gak terpaku ama etika penulisan,n' aturan2nya hehe. Mo enaknya aja nieh

de-ai

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 33
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Mom...kita difoto tuh..
    • Lihat Profil
    • keep smile ya.. ^^V
Re: Menulis dan Berimajinasi ...
« Jawab #13 pada: Januari 19, 2007, 08:21:56 pm »
wah..kalo ai saat ini lagi suka nulis ato baca artikel2 yg gayanya santai..ketimbang nulis cerpen... :Sarcastique:

ai juga skarang lagi dlm proses bikin novel...tapi hikz..buntu euy ditengah jalan..makanya lagi sering jalan buat nyari inspirasi..hehe..  :D

karyza_chandra

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 206
  • Reputasi: 5
  • Jenis kelamin: Pria
  • freewebs.com/chandra_k/ all for one, one for all
    • Lihat Profil
Re: Menulis dan Berimajinasi ...
« Jawab #14 pada: Januari 22, 2007, 02:39:02 am »
klo di tanya (merasa bgt ga seh gw... :D) gaya bahasa apa ya, wah binun neh jawabnya :-/...soalnya mengalir begitu aja..(air pancuran kaleee... :D). cuma ( menurut Korrie Layun Rampan dalam bukunya dasar2 penulisan cerita pendek ) ada beberapa hal yang bisa diperhatikan dalam penulisan terutama disini cerpen yaitu,...

1. ide atau gagasan
2. imaginasi
3. inspirasi atau ilham
4. inkubasi atau pengeraman
4. iluminasi
5. faktor eksplisit atau implisit
6. tema
7. sudut pandangan tokoh
8. latar atau setting
9. watak atau karakter
10. suspense
11. kejadian atau insiden
12. kejutan atau surprise
13. plot
14. gaya
15. Sorot balik atau flash back
16. suasana
17. faktor ekstrinsik, faktor intrinsik
18. bobot atau mutu
19 alinea awal dan alinea akhir
 
cerpen pun dibagi dalam beberapa kategori...
1. cerpen reportatif, cerpen renungan
2. cerpen sastra atau cerpen populer
3. cerpen mini atau sketpro
4. cerpen berbingkai
5. cerpen memikat
6. cerpen membosankan

dan tambahan dari konsep dasar cerpen Danarto. Ia seorang cer******* yang tergabung dalam sanggar bambu di kota Yogyakarta di akhir tahun 1960 - an.

Danarto mengatakan konsep dasar penulisan cerpennya adalah " proses, proses, proses, proses, proses...segalanya ternyata suatu proses. Jagat kecil, tubuh kita. berproses terus menembus ruang dan waktu. mentransformasikan dirinya menjadi apa saja. oleh sebab itu manusia tidak membutuhkan identitas. segalanya kehilangan makna. segalanya menjadi abstrak. segalanya tak lebih dari ongokan daging lenyap tak ada. Hanya Allah saja yang ada. Mahasuci Allah dari segala bentuk - bentuk ".

Arief Budiman seorang kritikus sastra Indonesia memberikan komentar tentang hasil2 karya Danarto dimana ia mengatakan " saya merasa bahwa cerita2 pendek  Danarto lahir dalam suatu keadaan trance. Jadi bukan karena suatu proses kesadaran yang penuh, dimana si pengarang menguasai benar dirinya dan tahu kemana ia akan pergi ". Ada cerpennya yang berjudul " jantung tertusuk anak panah " membawakan suatu suasana yang mistis, yang membuat pembaca merasakan dirinya berhubungan dengan suatu dunia yang ada di luar dunia rill yang kita hidupi sehari - hari.

btw dari ini semua moga2 bisa memberi warna pada sastra Indonesia, dan merangsang penulis2 lainnya untuk berkarya ...

so ...selamat menulis.... :cool:
« Edit Terakhir: Januari 22, 2007, 04:38:26 am oleh karyza_chandra »