Penulis Topik: Gila2an?  (Dibaca 9500 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

hasib

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 30
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Gila2an?
« pada: Januari 24, 2008, 10:33:44 am »
Wah, kemaren sempat heboh tuh kabar gelombang cinta dan sejenisnya!
Mesti saya penggemar tanaman tapi saya beruntung masih bisa kendaliakan untuk dapat memilikinya! (Emang gak punya Uang sih hehe...)

Dalam kesempatan kali ini saya ingin menanyakan kenapa bunga2 seperti gelombang cinta, pokeri dan sejenis nya mahal harganya? kan perawatannya juga mahal, bunga lama, dan buahnya gak ada??

wied

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 652
  • Reputasi: 10
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Gila2an?
« Jawab #1 pada: Januari 24, 2008, 03:36:45 pm »
kalau gelombang cinta ato jenis anthurium yang laen kan perawatannya mudah...itu yang bengherankan.."mudah tapi mahal" aneh kan, nda' tau kenapa bisa begitu...tanyakan pada rumput yang bergoyang.... :)) :)) :))

saya kadang2 jengkel...tanaman yang hanya begitu, tanpa technology yang mutahkir tapi harga bisa sebegitu mahalnya, sehingga ada pedagang yang bisa meraup untung 150jt perbulan hanya dg jualan daun tsb..bandingkan dengan seorang insinyur yang sekolahnya lama dan mahal, bekerjanya babak belur tapi berapa yang bisa dia hasilkan selama sebulan..? rata2 tidak lebih dari 20jt

memang sih kalau dilihat bagus, tapi benar2 tidak seimbang dengan harganya...saya pikir andai kita kepingin punya ya beli aja yang masih kecil, sekitar sejengkal tingginya harga berkisar 50rb.

menurut yang saya dengar, harga yang tinggi ini disebabkan oleh ulah spekulan..orang yang membeli sejenis dan sekelas anthurium yang untuk dinikmati sendiri tidak lebih dari 5% dari populasi yang diperdagangkan...


peLan9i

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 201
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Gila2an?
« Jawab #2 pada: Januari 24, 2008, 04:20:46 pm »
waktu dulu pernah bincang2 sama pngusaha anggrek yang sukses,,,
ktanya c, permainan pasar,,,
contohnya, aglonema, dulu harga perdaun nya bisa lebih dr 100ribu,,,
tapi cuma bertahan sebentar, abis tuu, jarang2 denger ttg aglonema,,,
tp gtau juga c,,,
stau sy, mrawat anggrek butuh waktu lbih lama & lbih hati2 dibandingin sm aglonema ato anthurium,,,
tp gtau juga c,,,
xixixi  :D :D

hasib

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 30
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re: Gila2an?
« Jawab #3 pada: Januari 24, 2008, 04:35:34 pm »
kalo misal ulah spekulan terus teori bisnisnya gmn ya? kok sampai bisa tuh buat harga yang tidak karuan? sampe dengar berita ada orang gila karena bungnya di curi orang!
Terus kok bisanya pembeli di hantam dengan harga segitu juga mau2 aja ya!
Huh Gila banget tuh...
agak kecewa juga, Cz orang jadi budak bunga....! (Gak percaya???)
Tetanggaku jadi sibuk mindah2in pot bunganya /hari keluarin, sore masukin ke rumah, wah dia bener2 gila! Emang pake apa kalo bunga gak di pajang dan di pamerkan!
duh...... kasian dia..........

vian

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.062
  • Reputasi: 76
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Gila2an?
« Jawab #4 pada: Januari 24, 2008, 04:46:29 pm »
Kalo misalnya ada seorang pejabat atau orang yg berpengaruh di negeri ini bilang; "Hei...tanaman ini bagus sekali...saya suka...."
Maka orang berbondong2 ikut membeli tanaman tsb karena termakan omongan si pejabat (yg ngomong kan orang penting....pasti bener donk...). Jadilah tanaman ini trend & ngetop.

Atau kalo ada pejabat yg melihara satujenis tanaman, lalu dipublikasikan, maka orang2 jadi latah pengen ikut2an melihara (biar dikata sama kayak orang penting).

Itulah orang2 kita yg kebanyakan masih bersifat konsumtif & latah. Maka jangan heran kalo para pedagang & produsen langsung menaikkan harga, sesuai hukum ekonomi; "Semakin banyak permintaan, maka harga akan meningkat".

Beruntung saya masih punya akal sehat...gak terpengaruh sama yg begitu2an :D

peLan9i

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 201
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Gila2an?
« Jawab #5 pada: Januari 24, 2008, 05:05:55 pm »
Tetanggaku jadi sibuk mindah2in pot bunganya /hari keluarin, sore masukin ke rumah, wah dia bener2 gila!

itu c, bukan gilaaa,,, 
tapi kan ngerawat tanaman, sbagian besar caranya emang kaya gitu...  B-)
dikeluarin pagi2 sm sore,, biar c bunga bisa dpt cahaya matahari,,,
klo dikluarinnya tengah hari, cahaya matahari ngga bgitu efektif buat tanaman berfotosintesis,,,
klo ga salah c gitu,,, xixixi  :D :D

hasib

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 30
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re: Gila2an?
« Jawab #6 pada: Januari 24, 2008, 05:15:26 pm »
Kalo aku punya tanaman dan bunga, pasti semuanya di pekarangan. Toh misal di dalam rumah sebagai penghias ruangan, jarang kita keluarkan. paling kalo misal udah bosan di ganti yang baru.

Mungkin paling tepat alasannya "takut di curi orang", lagian kalo sinar bulan itu katanya membuat manis buah2an.
 :great:

klo dikluarinnya tengah hari, cahaya matahari ngga bgitu efektif buat tanaman berfotosintesis,,,
klo ga salah c gitu,,, xixixi  :D :D

wied

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 652
  • Reputasi: 10
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Gila2an?
« Jawab #7 pada: Januari 25, 2008, 02:15:45 pm »
Yang pernah saya dengar kenapa tanaman2 itu bisa mahal adalah :

ada sekelompok pengusaha tanaman (katanya memang ada induk organisasnya) menentukan tanaman apa yang akan diangkat harganya(biasanya yang perkembangbiakannya banyak), kemudian mereka membeli induk tanaman yang ada di masyarakat pada umumnya dengan harga yang tinggi, misal 3 or 5 kali lipat harga biasa, tidak ketinggalan memanfaatkan mas media dan dept pertanian...cara ini memang membutuhkan modal yang cukup besar, tapi hasilnya luarrr biasa...mungkin sama dengan perdagangan uang pada umumnya...

ani

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.585
  • Reputasi: 26
  • "Ya Allah kukuhx persaudaraan ini smp kejannahMu"
    • Lihat Profil
Re: Gila2an?
« Jawab #8 pada: Januari 26, 2008, 01:49:56 pm »
wahh klo aku sih liat harga mahal gitu jd ogah beli mending buat yg laen lbh bermanfaat

n yg terpenting krn emang ga punya duit sebanyak itu:D


hasib

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 30
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re: Gila2an?
« Jawab #9 pada: Januari 26, 2008, 02:42:11 pm »
Hanya bisa gigit jari!

 :-??

ani

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.585
  • Reputasi: 26
  • "Ya Allah kukuhx persaudaraan ini smp kejannahMu"
    • Lihat Profil
Re: Gila2an?
« Jawab #10 pada: Januari 26, 2008, 02:54:28 pm »
jarinya jgn di gigit entar putus kan lbh mahal lg biaya operasinya di banding harga bunga  :D

Paduka_Dirgantara

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 88
  • Reputasi: 6
  • _+Paduka Sang Pengelana+_
    • Lihat Profil
Re: Gila2an?
« Jawab #11 pada: Januari 26, 2008, 04:58:49 pm »
wah mang lagi trens nich 

arif budiman

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re: Gila2an?
« Jawab #12 pada: Januari 26, 2008, 10:13:24 pm »
Yang pernah saya dengar kenapa tanaman2 itu bisa mahal adalah :

ada sekelompok pengusaha tanaman (katanya memang ada induk organisasnya) menentukan tanaman apa yang akan diangkat harganya (biasanya yang perkembangbiakannya banyak), kemudian mereka membeli induk tanaman yang ada di masyarakat pada umumnya dengan harga yang tinggi, misal 3 or 5 kali lipat harga biasa, tidak ketinggalan memanfaatkan mas media dan dept pertanian...cara ini memang membutuhkan modal yang cukup besar, tapi hasilnya luarrr biasa...mungkin sama dengan perdagangan uang pada umumnya...
masuk akal...
hebat tuh jaringannya kalo memang demikian..

ajeng

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 309
  • Reputasi: 4
  • Kisah yg tak kan Hilang,Saat dlm kasihmu
    • Lihat Profil
Re: Gila2an?
« Jawab #13 pada: Januari 27, 2008, 02:34:43 pm »
mahal tetap az ada yang beli...

masyarakat juga berlomba nanam berharap nanti bisa dibeli dengan harga tinggi

kadang iri juga sama tuh tanaman, setiap hari disiram, dibersihkan setiap helai daunnya..,diperiksa terus...kepanasan apa tidak ..., dipindahin posisinya, rela nabung hanya untuk beli pot bunga

kakak..kakak sayang amat sama tanamannya :(,

Paduka_Dirgantara

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 88
  • Reputasi: 6
  • _+Paduka Sang Pengelana+_
    • Lihat Profil
Re: Gila2an?
« Jawab #14 pada: Januari 29, 2008, 04:39:00 pm »
he,hee ,, jangan lupa di kasih pupuk tuh sama vitaminya biar suburrr