Penulis Topik: astronomi [pic]  (Dibaca 9455 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

d4vid_r5

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 4.926
  • Reputasi: 40
  • Jenis kelamin: Pria
  • Dreaming...
    • Lihat Profil
astronomi [pic]
« pada: Januari 18, 2008, 10:49:20 pm »
adakah yang hoby mempelajari astronomi disini :-?

mari berbagi pengetahuan tentang astronomi
tentang Betelgeuse,Celaeno,Capella,Cygnus dan temen2nya ^_^
« Edit Terakhir: Desember 04, 2008, 07:40:38 am oleh d4vid_r5 »

one_piece_luffy

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.681
  • Reputasi: 18
  • Jenis kelamin: Pria
  • ^_^
    • Lihat Profil
Re: astronomi
« Jawab #1 pada: Januari 21, 2008, 03:14:18 pm »
sy salah masuk thread neeh,,,maaf tersesat,,,, :p

numpamh mampir aja deh,,,,

Betelgeuse,Celaeno,Capella,Cygnus,,,,tu apaan ya???maaf sy baru denger :D

Abi Nizma

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.850
  • Reputasi: 43
  • Jenis kelamin: Pria
  • Aku Mencintai Kedua2nya
    • Lihat Profil
Re: astronomi
« Jawab #2 pada: Januari 28, 2008, 07:04:27 am »
adakah yang hoby mempelajari astronomi disini :-?

mari berbagi pengetahuan tentang astronomi
tentang Betelgeuse,Celaeno,Capella,Cygnus dan temen2nya ^_^

Ada temen di bandung... beliau punya situs bagus layaknya
coba dech buka di http://www.as.itb.ac.id/~ferry/       :great:

d4vid_r5

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 4.926
  • Reputasi: 40
  • Jenis kelamin: Pria
  • Dreaming...
    • Lihat Profil
Re: astronomi
« Jawab #3 pada: Januari 28, 2008, 08:34:29 am »
wa..................abi makasih yah ^:)^ makasih banget ;)

Akhina Ifa

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.247
  • Reputasi: 30
  • Jenis kelamin: Pria
  • The Frame of My Deepest Heart...
    • Lihat Profil
    • Uhibbuka Fillah | Aku Mencintaimu Karena Allah
Re: astronomi
« Jawab #4 pada: Juli 27, 2008, 06:51:44 pm »
Kutip
Betelgeuse
Bintang terbesar di daerah terdekat matahari...
http://en.wikipedia.org/wiki/Betelgeuse

reSkyadi

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 344
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
  • Dream Relationship Project
    • Lihat Profil
    • Gamer Review Preview
Re: astronomi
« Jawab #5 pada: Juli 27, 2008, 09:57:59 pm »
apakah kamu tau BINTANG SIRIUS (SYI'RA)  ??
yakni bintang paling terang di langit malam hari,...

lebih lengkap disini: http://www.harunyahya.com/indo/artikel/069.htm

reSkyadi

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 344
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
  • Dream Relationship Project
    • Lihat Profil
    • Gamer Review Preview
Re: astronomi
« Jawab #6 pada: Juli 29, 2008, 09:16:17 pm »
mau tanya nih..
mengenai bintang tepatnya bintang2 zodiak,

bintang2 apa saja yang terlihat dilangit untuk di daerah indonesia??
berbedakah macam bintangnya yg terlihat dengan di daerah euro & amerika??

BINGUNG !!!

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.384
  • Reputasi: 47
  • Jenis kelamin: Pria
  • 7 Agustus 2009, 06:50 pm
    • Lihat Profil
Re: astronomi
« Jawab #7 pada: Juli 30, 2008, 11:02:37 pm »
bintang yg qt Liat d Langit beLum tentu skrang masih eksis d Langit sana, mungkin ajah d antara beberapa d antara mereka udh mati namun msih terLihat oLeh mata qt...jd sya kurang yakin dg yg nama na bintang zodiak

Akhina Ifa

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.247
  • Reputasi: 30
  • Jenis kelamin: Pria
  • The Frame of My Deepest Heart...
    • Lihat Profil
    • Uhibbuka Fillah | Aku Mencintaimu Karena Allah
Re: astronomi
« Jawab #8 pada: Juli 31, 2008, 12:41:19 pm »
mau tanya nih..
mengenai bintang tepatnya bintang2 zodiak,

bintang2 apa saja yang terlihat dilangit untuk di daerah indonesia??
berbedakah macam bintangnya yg terlihat dengan di daerah euro & amerika??

hmm.. Sepengetahuan saya... hanya letak saja yang berbeda, namun formasi bintang akan tetap sama, jadi begini, tepat pada jam sekian kita melihat suatu rasi bintang berada pada 45 derajat kearah selatan langit yang telihat dari indonesia, namun hal ini dapat berubah ketika sang pengamat melihat rasi tersebut pada daerah yang berbeda, contoh di eropa, harga sudut yang dilihat pada indonesia yang berharga 45 derajat itu, tidaklah lagi menjadi 45 derajat disana, kemungkinan besar rasi yang terlihat dari eropa akan berharga kurang dari 45 derajat tadi, knp?, karena bumi berbentuk bulat, jika bulat maka kita bisa bayangkan bahwa pengamat setidaknya menjauhi rasi tersebut, ketika harus pergi ke eropa. Nah, jika demikian maka sudut pengamatan akan menjadi lancip terhadap bidang datar, knp? Karena, semakin jauh pengamat menjauhi objeknya maka semakin lanciplah sudut antara pengamat dan objectnya :) :)

CMIIW

Akhina Ifa

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.247
  • Reputasi: 30
  • Jenis kelamin: Pria
  • The Frame of My Deepest Heart...
    • Lihat Profil
    • Uhibbuka Fillah | Aku Mencintaimu Karena Allah
Re: astronomi
« Jawab #9 pada: Juli 31, 2008, 12:58:37 pm »
Klo masalah zodiak, menurut IncliniScience.. itu semua tidaklah tergantung pada rasi2x yang dilalui bumi... hanya saja sejauh pengamatan, sifat seseorg dapat berubah dll, itu semua hasil ramuan dari kemiringan bumi yang berharga 23, 5 derajat dan orbit elips bumi yang mengitari matahari. Nah lo, apa hubungannya?. Hubungannya terdapat pada orbit elips bumi dimana bumi terkadang harus mendekati matahari dan terkadang menjauhi matahari, jika demikian panas yang dipancarkan matahari akan menjadi berbeda2x, nah jika demikian dari perbedaan panas ini maka akan merubah pola pikir seseorg di waktu2x yang berbeda :) meskipun begitu belum ada penelitian yang dilakukan untuk membuktikan bahwa manusia dapat berubah cara berfikir ketika memiliki kondisi berbeda. Tetapi, hal tersebut sangat mungkin terjadi, knp? karena manusia itu adalah makhluk adaptasi terhadap lingkungan, seperti halnya, manusia yang tinggal di laut dan di hutan akan berbeda tingkah lakuknya :) maklum, Incliniscience kan cabang ilmu baru dan belum resmi keluar :D
Nah klo yang namanya rasi Zodiak, itu hanya sign, atau sekedar tanda saja, yaitu rasi yang dilewati bumi Pada waktu2x dan jam tertentu.
Nah jika ada yang mempermasalahkan mengapa bentuk2x rasi begitu mirip dengan pola tingkah laku seseorg pada suatu bintang zodiak, maka jawabannya adalah relatif?? mengapa, karena seseorg yang memandang rasi bintang maka dia juga memiliki pandangan yang berbeda ketika melihat rasi tersebut. Contoh rasi Scorpion, yang berarti kalajengking, pandangan kalajengking tersebut mungkinsaja "hanya" bagi org yunani, namun ngak semua org menganggap rasi tersebut seperti kalajungking , bisa saja org menganggap rasi tersebut bagaikan kelabang, udang dll. Contoh lagi, rasi Orion, atau beruang besar, mungkin itu yang diiapandang oleh org2x yunani, namun, ada pula org yang memandang rasi tersebut bagaikan musang loncat, so?? Semuanya itu adalah masalah relativitas seseorg memandang sesuatu. Nah mungkin dari pandangan seseorg terhadap seuatu itulah "dibuat" sesuatu kemiripan antara kelahiran seseorg dan kemiripan tingkah laku dari rasi "khayalan" yang dilihat oleh org tersebut, nah jadi deh zodiak :D
 
Jika kurang puas, sebagai referensi, kita lihat saja, apakah posisi dari bintang-bintang itu dapat mempengaruhi apa yang terjadi di bumi, (padahal suatu posisi adalah salah satu kerelatifan,) jika demikian apa alasannya? :)
« Edit Terakhir: Juli 31, 2008, 01:03:15 pm oleh Akhina Ifa »

reSkyadi

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 344
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
  • Dream Relationship Project
    • Lihat Profil
    • Gamer Review Preview
Re: astronomi
« Jawab #10 pada: Agustus 01, 2008, 05:59:32 pm »
hmm.. tapi taukah anda kalo bintang di daerah laen
mis. eropa itu lebih banyak di banding indo ato.. asia.

Akhina Ifa

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.247
  • Reputasi: 30
  • Jenis kelamin: Pria
  • The Frame of My Deepest Heart...
    • Lihat Profil
    • Uhibbuka Fillah | Aku Mencintaimu Karena Allah
Re: astronomi
« Jawab #11 pada: Agustus 01, 2008, 06:30:02 pm »
Hmm.. sepertinya aku jarang sekali meneliti langit bagian utara :D jadi aku kurang tahu, :D tapi aku yakin rasi bintang yang ngak jelas dilihat dari bagian langit utara indonesia, akan jelas berbeda jika dilihat dari bagian langit pusat dari eropa ;)
CMIIW

annathayakeishka

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.663
  • Reputasi: 33
  • Jenis kelamin: Wanita
  • luna khairi
    • Lihat Profil
Re: astronomi
« Jawab #12 pada: Agustus 23, 2008, 05:13:16 pm »
kayana pake stellarium aja kalau mau tau jarak dan lain2 soal bintang,, kaya software di notebook aku.. lumayan... hampir mirip sm waktu kita, semuanya lengkap ada disitu....

futakuokanaba

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 36
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • -TuiNg-
    • Lihat Profil
    • [L]
Re: astronomi
« Jawab #13 pada: Agustus 23, 2008, 05:32:56 pm »
Kutip
Betelgeuse
Bintang terbesar di daerah terdekat matahari...
http://en.wikipedia.org/wiki/Betelgeuse
Betelguese bukan yang terbesar loh..

Antares (bintang merah di sekitar pusat Milky Way, perut rasi Scorpio) jauh lebih besar..
List of largest known stars

Akhina Ifa

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.247
  • Reputasi: 30
  • Jenis kelamin: Pria
  • The Frame of My Deepest Heart...
    • Lihat Profil
    • Uhibbuka Fillah | Aku Mencintaimu Karena Allah
Re: astronomi
« Jawab #14 pada: Agustus 23, 2008, 05:38:40 pm »
^ Khan aku baca terakhir kali, dengan buku basis 1985 :D