Penulis Topik: Kala akhwat pasang foto....  (Dibaca 35611 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

hadlah

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 7
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Kala akhwat pasang foto....
« Jawab #30 pada: Januari 04, 2008, 02:08:08 pm »
kalo mau masang foto ya... mungkin bagian mata aja (avatar lama beberapa orang member dudung), atau bagian tangan saja (avatar kang drai), atau bagian-bagian lainnya yang tidak menimbulkan fitnah atau bisa membuka peluang munculnya fitnah.

 :D, lucu

tetapi lbh baik slg menghormati dan menasehati aj buat para akhwat yg pasang foto
lg pula belum tentu niat mrk pasang foto untuk yg bukan2
pemahaman mrk mkg belum 'se extrem' yg lain

jgn menasehati dgn kata2 yg melukai, krn mrk perempuan, perasaan nya sensitif
bs parah kan klo mrk beranggapan Islam kok kasar dan judes meskipun yg ngomong cowo

ahlak kan jg mencerminkan baik buruknya agama seseorang

klo memang sayang, nasehatnya yg enak didengar

jgn lsg memvonis mrk yg negatif2
kitakan blum tau isi hati mrk
yg katanya lbh susah diukur drpd mencari kedalaman laut  :D

hasanah

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 342
  • Reputasi: 4
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Kala akhwat pasang foto....
« Jawab #31 pada: Januari 04, 2008, 02:10:22 pm »
kalo mau masang foto ya... mungkin bagian mata aja (avatar lama beberapa orang member dudung), atau bagian tangan saja (avatar kang drai), atau bagian-bagian lainnya yang tidak menimbulkan fitnah atau bisa membuka peluang munculnya fitnah.

 :D, lucu

tetapi lbh baik slg menghormati dan menasehati aj buat para akhwat yg pasang foto
lg pula belum tentu niat mrk pasang foto untuk yg bukan2
pemahaman mrk mkg belum 'se extrem' yg lain

jgn menasehati dgn kata2 yg melukai, krn mrk perempuan, perasaan nya sensitif
bs parah kan klo mrk beranggapan Islam kok kasar dan judes meskipun yg ngomong cowo

ahlak kan jg mencerminkan baik buruknya agama seseorang

klo memang sayang, nasehatnya yg enak didengar

jgn lsg memvonis mrk yg negatif2
kitakan blum tau isi hati mrk
yg katanya lbh susah diukur drpd mencari kedalaman laut  :D

 =D>  =D>  =D>  :great:  :great:  :great:

aisyah_fitri

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 72
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Wanita
  • akankah diri kembali fitri layaknya bayi??........
    • Lihat Profil
Re: Kala akhwat pasang foto....
« Jawab #32 pada: Januari 04, 2008, 02:56:56 pm »
dulu saya pernah memasang foto saya di FS, waktu itu sih cuma 'bosen' ajah, karena kadang sering ditanya kok FSnya ga ada fotonya? ya udah, saya iseng2 pasang. tp setelah mendengar pendapat byk orang soal penyalahgunaan foto akhwat berjilbab, dan melihat contohnya lgsg (di salah satu situs yg amat merendahkan kaum akhwat berjilbab) saya jd ngeri sendiri, akhirnya semua saya hapus. klo pun masih ada foto yg terpampang, hanya foto adik saya ketika bayi, atau foto2 bayi yg saya dapat dari internet.

jd, utk para akhwat, coba dipikir2 lg, niatan memasang foto di internet utk apa sih? tdk takutkah kita klo kemudian foto kita disalah gunakan oleh oknum tak bertanggung jawab? apa iya kita rela wajah kita dilihat dgn begitu bebasnya oleh orang lain? klo saya pribadi sih, rasanya risih. bukan lantas ga boleh berfoto, saya termasuk org yg sering ikut acara foto, tp semua hasilnya hanya utk konsumsi pribadi, dan mereka yg mengambil foto biasanya jg sdh paham, klo pun ternyata ada yg 'luput' dan sempat ditampilkan di sebuah forum, biasanya saya lgsg kirim pm ke yg bersangkutan agar foto tsb dihapus.

wallahu 'alam :)

Aswad

  • Moderators
  • Sr. Member
  • *****
  • Tulisan: 439
  • Reputasi: 7
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
    • Kang Aswad
Re: Kala akhwat pasang foto....
« Jawab #33 pada: Januari 09, 2008, 06:51:55 pm »
menurut ana, sbg salah satu dari sekian banyak akhwat di penjuru dunia ini...
akhwat tidak sebaiknya pasang-pasang foto (gambar diri) di muka umum, menghindari pandangan ikhwan (lawan jenis bkn mahram) lagipula rasanya sangatlah tidak pantas kalau sebagai seorang wanita bisa dgn mudah memasang gambar dirinya di depan umum.
ya jaga izzah lah sebagai seorang wanita... membuat diri sangatlah berharga untuk dengan mudah dipandang orang.
ana pribadi sangat-sangat risih kalau gambar diri dilihat lawan jenis, makanya ana alergi dgn kamera ikhwan. bukan GR tapi tidak sebaiknya kalau gambar diri dilihat lawan jenis...
aahh akhwat, dimana rasa risihmu??? dimana rasa malumu?? hilang kemana??

added question :
kalau untuk kampanye bagaimana hukumnya??
krn kendala disini adalah foto akan dipajang dimana-mana...
mohon jawabannya...
terima kasih...

Coba renungkan, seberapa mulia kegiatan kampanye itu bagi kita sehingga kita harus mengorbankan syariat menjaga pandangan? Subhanallah....

oagio

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 1
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re: Kala akhwat pasang foto....
« Jawab #34 pada: Januari 13, 2008, 08:33:45 am »
gmana ya? bingung, tapi kayaknya ga boleh...

Secret_Admirer

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 307
  • Reputasi: 3
  • Allahu Ghoyatuna
    • Lihat Profil
Re: Kala akhwat pasang foto....
« Jawab #35 pada: Januari 14, 2008, 01:36:35 pm »
Resiko ditanggung Penumpang... :-/



alangkah baiknya untuk menghindari hal2 yang ga diinginkan..lebih baiik pasang potoku aja...(huehuehue)..mending ga usah pasang foto aslinya...pasang ajah hewan/bunga kek gituh..:D

de_mam

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 645
  • Reputasi: 20
  • Jenis kelamin: Pria
  • Berharap jihad Senantiasa Terpatri..
    • Lihat Profil
Re: Kala akhwat pasang foto....
« Jawab #36 pada: Januari 14, 2008, 09:35:49 pm »
untuk saudariku semuanya jangan mudah tersentuh

sekalipun itu hanya foto

semua akan ada ganjarannya ketika istiqomah menjaga izzahnya....

dajal007

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.017
  • Reputasi: 32
  • Jenis kelamin: Pria
  • di atas bumiNya lah kita semua berpijak
    • Lihat Profil
    • amgidarap kilab kitit
Re: Kala akhwat pasang foto....
« Jawab #37 pada: Januari 15, 2008, 07:56:04 am »
dari awal replyannya pendapat dan saran aja ya?? (termasuk replyan saya sebelum-sebelumnya)

nah, sekarang mau bikin replyan yang beda. (walaupun sebenarnya juga ada yang setema)

ini hanya jadi bahan pemikiran aja, jadi tolong pikir baik-baik dan dalam keadaan tenang.

setiap muslim pasti tahu kalo setiap tindakannya akan dimintai pertanggung jawaban. oleh karena itu, setiap tindakan yang dilakukan pasti mempunyai tujuan dan merupakan tindakan terbaik dari segala kemungkinan tindakan yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan yang dimaksud.

terkait itu, perlu kita pikirkan alasan dibalik pemasangan foto. apakah tindakan pemasangan foto itu adalah cara terbaik untuk memenuhi tujuan yang ingin dicapai? misalnya untuk tujuan mengenalkan diri ke umum via internet, apakah pemasangan foto merupakan cara terbaik? apakah tidak ada cara lain yang lebih baik atau lebih sedikit mudhorotnya?

silakan pikirkan :)

maswahyu

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.763
  • Reputasi: 26
  • Jenis kelamin: Pria
  • [www.maswahyu.com]
    • Lihat Profil
    • [ Website Maswahyu ]
Re: Kala akhwat pasang foto....
« Jawab #38 pada: Januari 15, 2008, 10:28:54 am »
klo Anah sih, slm foto yg dipasang bukan mengumbar aurat, menggoda dan merangsang
y gpp donk

Sama orang iseng foto2 itu bisa saja diedit sehingga menjadi foto yang mengumbar aurat, menggoda, dan merangsang... Untuk antisipasi mending jangan dipasang deh...

Oiya, alasan akhwat masang moto apa saja ya?  :-/

lusty

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 3
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Love Scooter
    • Lihat Profil
Re: Kala akhwat pasang foto....
« Jawab #39 pada: Januari 15, 2008, 11:22:16 am »
wah komentarnya beragam ya  :-/.. tapi memang lebih banyak yang memberikan saran sebaiknya tidak perlu....
In my opinion, foto adalah identitas diri, friendster, wordpress blog dsb adalah sebuah media untuk bisa berekspresi tentang diri dan kehidupan termasuk foto yang dipampang disana.. sebenarnya masalah utamanya bukanlah terletak pada ke-narsis-an  :cool:, ke-PD-an dll apalagi bermaksud "pamer" tebar pesona gak jelas juntrungannya, karna semua itu tergantung fokus yang "ditekankan" pada masing2 foto.. bicara pershabatan berarti foto yang ditampilkan adalah gambar qta bersama kawan2.. bicara tentang pengalaman berarti foto yang dipajang adalah momen2 saat qta berada di suatu tempat yang berkesan.. Intinya fokus-nya terletak dimana.. Jadi gak masalah kalo foto sendiri tapi fokusnya terhadap hal lain...
Gimana???

^_^chusni@.maniez

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.447
  • Reputasi: 5
  • Jenis kelamin: Wanita
  • ^senyum^
    • Lihat Profil
Re: Kala akhwat pasang foto....
« Jawab #40 pada: Januari 17, 2008, 01:34:00 pm »
kemarin liat pick salah satu mbak sayah mencak2
plis deh...harga dere lah...

lha wong sayah taaruf ajah nggak pake foto kok
kalau mauh ya dateng aja sendiri ke rumah buat nadhor
kec kaloh kepaksa banget....
tapi buat para akhwat..beneran deh banyak mudharatnyah

cici

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 274
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Wanita
  • innalaha mahassobiriiin
    • Lihat Profil
Re: Kala akhwat pasang foto....
« Jawab #41 pada: Januari 19, 2008, 11:51:26 am »
foto hanya sebuah foto bagi saya tidak ada artinya.....dan bagi saya foto menunjukkan identitas kita untuk bersilaturahmi secara tidak langsung sebelum ketemu orangnya, bahwa kita ada dan diciptakan juga diakui...nah pas ketemu orangnya langsung, mental kita siap atau tidak ketemu orang itu...karena karakter orang berbeda,siap menghadapi..dengan masang foto...atau bertemu langsung

Aswad

  • Moderators
  • Sr. Member
  • *****
  • Tulisan: 439
  • Reputasi: 7
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
    • Kang Aswad
Re: Kala akhwat pasang foto....
« Jawab #42 pada: Januari 21, 2008, 10:51:33 pm »
dari awal replyannya pendapat dan saran aja ya?? (termasuk replyan saya sebelum-sebelumnya)

nah, sekarang mau bikin replyan yang beda. (walaupun sebenarnya juga ada yang setema)

ini hanya jadi bahan pemikiran aja, jadi tolong pikir baik-baik dan dalam keadaan tenang.

setiap muslim pasti tahu kalo setiap tindakannya akan dimintai pertanggung jawaban. oleh karena itu, setiap tindakan yang dilakukan pasti mempunyai tujuan dan merupakan tindakan terbaik dari segala kemungkinan tindakan yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan yang dimaksud.

terkait itu, perlu kita pikirkan alasan dibalik pemasangan foto. apakah tindakan pemasangan foto itu adalah cara terbaik untuk memenuhi tujuan yang ingin dicapai? misalnya untuk tujuan mengenalkan diri ke umum via internet, apakah pemasangan foto merupakan cara terbaik? apakah tidak ada cara lain yang lebih baik atau lebih sedikit mudhorotnya?

silakan pikirkan :)

Kalau begitu kita pakai kaidah fiqhiyyah saja. Bahwa sesuatu yang wajib didahulukan daripada yang mustahab (sunnah), lebih lagi dari sesuatu yang mubah atau malah sesuatu yang dilarang.
Dan tidak boleh kita mengorbankan syariat, demi menjalankan sesuatu yang sunnah, atau mubah apalagi yang dilarang.
Coba kita analisa:

Menjaga pandangan -> Wajib
Mengenalkan diri lewat internet -> Mubah
Maka tidak boleh mengorbankan yang wajib demi yang mubah.

Belum lagi tentang larangan menyimpan dan memasang gambar makhluk hidup (kecuali daruroh). Rasulullah bersabda, "Malaikat tidak masuk rumah yang didalamnya ada anjing dan gambar" (HR Bukhari & Muslim). Para ulama menjelaskan yang dimaksud gambar adalah gambar makhluk bernyawa yang tidak terpotong kepalanya atau tidak dihinakan. Maka analisanya:

Menjaga pandangan -> Wajib
Memasang gambar foto makhluk bernyawa -> Haram
Maka yang wajib tidak boleh dikorbankan demi yang haram.

Lebih lagi, kepopuleran, keterkenalan bukanlah akhlak para sahabat, dan orang-orang shalih terdahulu. Mereka tidak pernah ada niatan untuk berbuat sesuatu yang membuat mereka dikenal banyak orang. Bagi mereka, kepopuleran adalah fitnah (musibah). Ayyub As Sikhtiyani, seorang 'ulama nan shalih, saat ia dikenal orang karena doanya yang mustajab untuk menurunkan hujan, ia berdoa kepada ALLOH agar segera mendatangkan ajalnya. Ia tidak ingin terkenal. Bagaimana dengan kita?

ruzna

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 1
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Wanita
  • hari esok harus lebih baik dari hari ini
    • Lihat Profil
Re: Kala akhwat pasang foto....
« Jawab #43 pada: Februari 08, 2008, 08:50:33 pm »
setuju........bahaya banget nanti disalah gunakan tangan tangan jahil.
lagipula ga iffah............
enak banget orang2 bisa bebas memandang qt........, waduh! X(
 X( X( X( X( X( X( X( X( X( X( X( X( X( X(

layla azzahra

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.590
  • Reputasi: 90
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Ijinkan hamba mencintaiMu dengan cara ini
    • Lihat Profil
Re: Kala akhwat pasang foto....
« Jawab #44 pada: Februari 11, 2008, 01:51:28 pm »
Kalo boleh saya ingin bertanya...
Apa bedanya pasang photo di FS dan pasang wajah didepan umum?
Apa kedua hal diatas bisa diartikan sama saja atau bagaimana?
Lalu bagaimana penyikapan  terhadap kedua hal diatas?
Tidak bermaksud apapun, mungkin ada yang beranggapan pertanyaan diatas bermakna ganda (terserah!!!).
Tujuannya cuma untuk pendewasaan dan kebaikan kita bersama.