Penulis Topik: Kala akhwat pasang foto....  (Dibaca 35865 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

maswahyu

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.763
  • Reputasi: 26
  • Jenis kelamin: Pria
  • [www.maswahyu.com]
    • Lihat Profil
    • [ Website Maswahyu ]
Re: Kala akhwat pasang foto....
« Jawab #15 pada: Desember 29, 2007, 11:33:01 pm »
Nggak perlu pasang foto, bisa2 foto2 itu nanti diedit2 orang yang nggak bertanggung jawab...

Sudah ada kasusnya lho...

CantIQu

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 64
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Wanita
  • "Manisnya...."
    • Lihat Profil
Re: Kala akhwat pasang foto....
« Jawab #16 pada: Januari 01, 2008, 07:25:31 pm »
Terlalu banyak dalil dan alasan dalam hal ini sehingga dengan yakin ana katakan: TIDAK BOLEH.

1. Tidakkah kita lupa ayat:
Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat” [Q.S. An-Nur: 30]
Bahwa kaum laki-laki diperintahkan untuk menjaga, menahan dan menundukan pandangan terhadap yang tidak halal baginya, salah satunya wanita non-mahrom. Maka bagaimana mungkin itu dapat dilakukan jika kaum wanita memampang wajah2 mereka dimana-mana.
2. Dari dalil surat An-Nuur ayat 30 di atas, juga dengan hadits2 yang begitu banyaknya, seprti hadits berikut:
Zina kedua mata adalah memandang, zina kedua telinga adalah mendengar, zina lisan adalah bicara, zina tangan adalah memegang, dan zina kaki adalah melangkah.” (Muttafaq ‘alaih dengan lafazh Muslim)
"Janganlah engkau mengikuti satu pandangan dengan pandangan lain karena engkau hanyalah memiliki yang pertama dan tidak untuk yang selanjutnya.” (HR. Al Haakim dalam Al Mustadrak)
Para ulama berbeda pendapat tentang hukum memandang wajah lawan jenis. Sebagian pendapat yang rajih mengatakan haram bagi laki2 memandang wanita non-mahrom walau tanpa syahwat, sedangkan bagi wanita haram memandang laki2 kecuali tanpa syahwat. Namun yang jelas ada beberapa pendapat tentang hal ini. Namun sungguh mengherankan untuk perkara memandang saja masih diperselisihkan boleh-tidaknya, artinya hal ini mengandung sesuatu yang beralasan untuk dilarang, bahkan yang lebih rajih pendapat melarangnya, eh malah kita memampang wajah2 kita dimana-mana. Apakah kita tidak khawatir dan tidak takut bila ternyata disisi ALLOH ini adalah perkara yang dilarang?
3. Jangan sombong dengan merasa berhati tegar! Sungguh hati manusia sangat lemah. Sebuah gambar bisa membuat rusak hatimu, rusak niatmu, hangus pahalamu, hilang kesucian hatimu, dan kaupun akhirnya jauh dari ALLOH. Perhatikanlah Fudhail bin Iyadh rahimahullah, seorang ‘alim, seorang shalih, ahli ilmu dan ibadah, 40 tahun tak pernah ia telat untuk mendapat shaf pertama dalam shalat, namun ia mengatakan “Sungguh yang yang paling aku takutkan adalah fitnah wanita”. Sungguh beliau sangat memahami sabda Rosulullah shollallohu ‘alaihi wa sallam, “Tidaklah aku meninggalkan fitnah setelahku yang lebih berbahaya bagi kaum pria melebihi kaum wanita” (Muttafaqun ‘alaih)
4. Di dalam Islam, sebelum menikah disyariatkan nazhor. Yaitu melihat calon pasangan, menurut pendapat yang paling kuat hanya sebatas muka dan telapak tangan. Agar tidak menikahi kucing dalam karung. Nah, kalau Islam memperbolehkan wanita memampang wajah2nya dimana-mana untuk apa ALLOH dan Rasul-Nya memerintahkan nazhor sebelum menikah? Lha wong tiap hari bisa kelihatan. Maka disyariatkannya nazhor adalah dalil bahwa wajah wanita tidak boleh sembarang dilihat orang. Tidak boleh diobral, khusus yang 'serius'  :)
5. Para ulama berbeda pendapat tentang hukum menutup wajah (dengan cadar atau semacamnya). Dalilnya:
Wahai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu’min. Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka” [Q.S. Al-Ahzab : 59]
Walau memang yang lebih rajih adalah hukumnya hanya mustahab (sunnah), tidak wajib. Nah jika menutup wajah hukumnya antara wajib dan sunnah, lha ini koq malah di buka2 dan dipampang dimana-mana?
7. Dizaman teknologi canggih ini fitnah syahwat semakin dahsyat. Bahkan pelecehan bisa dilampiaskan dengan gambar. Betapa banyak artis wanita yang mengobral wajah dikoran, majalah dan TV tiba2 ditemukan fotonya tanpa pakaian. Padahal ia tidak pernah merasa diambil gambar tanpa pakaian. Ketahuilah itu bukan hal sulit dimasa sekarang, retouching gambar, copy disini, paste di situ, kepala ini badannya itu, dalam hitungan menit pun jadi. Apakah kita tidak khawatir?
8. Dan masih banyak lagi dalil dan alasan lain yang ana tidak bisa tuliskan semuanya.

Wallahu'alam.
SETUJU-SETUJU :D :D :D. TOP buanget lah :great: :great: :great: :great: :great: :great:

esti

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 160
  • Reputasi: 19
  • abis mandi
    • Lihat Profil
Re: Kala akhwat pasang foto....
« Jawab #17 pada: Januari 02, 2008, 07:40:51 am »
Mungkin awalnya si akhwat hanya berniat baik (apapun alasan di balik itu)
Tapi harus waspada juga bahwa tidak semua orang dapat melihat dan meneruskan niat baik si akhwat ini.  :)

kalo pendapat pribadi, kurang kerjaan, narsis, sombong, nekat >:)

yang ga masang, ga tau musti ngerjain apa, malu, ga PD, ga mau ambil resiko >:)

Bukannya kita kadang2 perlu perasaan -yang di bold- itu..???  :-?

sai

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.929
  • Reputasi: 68
  • Jenis kelamin: Pria
  • matahari pertama
    • Lihat Profil
Re: Kala akhwat pasang foto....
« Jawab #18 pada: Januari 02, 2008, 11:13:59 am »
Mungkin awalnya si akhwat hanya berniat baik (apapun alasan di balik itu)
Tapi harus waspada juga bahwa tidak semua orang dapat melihat dan meneruskan niat baik si akhwat ini.  :)

yang ga masang, ga tau musti ngerjain apa, malu, ga PD, ga mau ambil resiko >:)

Bukannya kita kadang2 perlu perasaan -yang di bold- itu..???  :-?

hihi... si mbak. jawaban itu mah sih sebenernya cuma nimpalin -lebih cocok disebut ngeyel/OOT- jawaban kang dajjal aja :D

jawaban aku yang dibawahnya
selama fotonya 'sah' ya ndak apa-apa. :D
sah disini antara lain
- tidak menimbulkan fitnah
- tidak menimbulkan sahwat

hasanah

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 342
  • Reputasi: 4
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Kala akhwat pasang foto....
« Jawab #19 pada: Januari 02, 2008, 01:25:33 pm »
knp sih ada yg extreem banget jawabannya  B-)

klo Anah sih, slm foto yg dipasang bukan mengumbar aurat, menggoda dan merangsang
y gpp donk

kasian khan pr akhwat yg pasang foto jd terpojok,
baru jg pasang foto dah su'udzon gitu
kayak ngelakuin dosa gede aj

ravi_dude

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.182
  • Reputasi: 24
  • Jenis kelamin: Pria
  • ada apaa??
    • Lihat Profil
Re: Kala akhwat pasang foto....
« Jawab #20 pada: Januari 02, 2008, 01:28:29 pm »
klo Anah sih, slm foto yg dipasang bukan mengumbar aurat, menggoda dan merangsang
y gpp donk

kasian khan pr akhwat yg pasang foto jd terpojok,
baru jg pasang foto dah su'udzon gitu
kayak ngelakuin dosa gede aj

klo ini ravi stuju bgt  ;)

.::senyum chandra::.

  • from djogdja with love...
  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.610
  • Reputasi: 11
  • Jenis kelamin: Wanita
  • wong djogdja ^^
    • Lihat Profil
Re: Kala akhwat pasang foto....
« Jawab #21 pada: Januari 02, 2008, 03:24:18 pm »
menurut ana, sbg salah satu dari sekian banyak akhwat di penjuru dunia ini...
akhwat tidak sebaiknya pasang-pasang foto (gambar diri) di muka umum, menghindari pandangan ikhwan (lawan jenis bkn mahram) lagipula rasanya sangatlah tidak pantas kalau sebagai seorang wanita bisa dgn mudah memasang gambar dirinya di depan umum.
ya jaga izzah lah sebagai seorang wanita... membuat diri sangatlah berharga untuk dengan mudah dipandang orang.
ana pribadi sangat-sangat risih kalau gambar diri dilihat lawan jenis, makanya ana alergi dgn kamera ikhwan. bukan GR tapi tidak sebaiknya kalau gambar diri dilihat lawan jenis...
aahh akhwat, dimana rasa risihmu??? dimana rasa malumu?? hilang kemana??

added question :
kalau untuk kampanye bagaimana hukumnya??
krn kendala disini adalah foto akan dipajang dimana-mana...
mohon jawabannya...
terima kasih...

vian

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.062
  • Reputasi: 76
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: Kala akhwat pasang foto....
« Jawab #22 pada: Januari 02, 2008, 04:02:23 pm »
Hmm...bagaimana jika yg memasang gambar akhwat itu ikhwan (laki2)...?
Dijadikan avatar....cantik pula :D
Koq kayaknya ironis ya. Apalagi jika orang itu terkenal cukup Islami tulisan2nya.
Katanya disuruh jaga pandangan, tapi..... :D

si awam

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 114
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re: Kala akhwat pasang foto....
« Jawab #23 pada: Januari 02, 2008, 04:14:23 pm »
knp sih ada yg extreem banget jawabannya  B-)

klo Anah sih, slm foto yg dipasang bukan mengumbar aurat, menggoda dan merangsang
y gpp donk

pertanyaannya kemudian, tau dr mana klo ga ada laki2 yg merasa tergoda stlh melihat foto ntu? klo stlh masang foto, trus ada byk pm masuk, menanyakan apakah itu foto dia atau bukan, atau berkomentar 'cantik', 'manis', dll apa itu bukan tergoda namanya? ;))

kasian khan pr akhwat yg pasang foto jd terpojok,
baru jg pasang foto dah su'udzon gitu
kayak ngelakuin dosa gede aj

knp ga melihat sisi positifnya aja mba? bahwa komentar2 yg ada disini, bukan dlm rangka su'udzon, tp justru karena 'rasa cinta' kpd para akhwat lah, makanya para akhwat diingatkan utk lebih berhati2 ketika memasang foto di internet  ;))

Hmm...bagaimana jika yg memasang gambar akhwat itu ikhwan (laki2)...?
Dijadikan avatar....cantik pula :D
Koq kayaknya ironis ya. Apalagi jika orang itu terkenal cukup Islami tulisan2nya.
Katanya disuruh jaga pandangan, tapi..... :D

hehe, yah tanyakan lgsg ke yg bersangkutan ajah pak, itu foto siapa yg dipasang? dan dlm rangka apa? daripada nanti dibilang su'udzan ;))

ravi_dude

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.182
  • Reputasi: 24
  • Jenis kelamin: Pria
  • ada apaa??
    • Lihat Profil
Re: Kala akhwat pasang foto....
« Jawab #24 pada: Januari 02, 2008, 04:17:43 pm »
pertanyaannya kemudian, tau dr mana klo ga ada laki2 yg merasa tergoda stlh melihat foto ntu? klo stlh masang foto, trus ada byk pm masuk, menanyakan apakah itu foto dia atau bukan, atau berkomentar 'cantik', 'manis', dll apa itu bukan tergoda namanya? ;))

klo cwo pasang foto aslinya gimana? klo ada akhwat yg pm kyk gt gimana?  :)

sai

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.929
  • Reputasi: 68
  • Jenis kelamin: Pria
  • matahari pertama
    • Lihat Profil
Re: Kala akhwat pasang foto....
« Jawab #25 pada: Januari 02, 2008, 04:49:55 pm »
klo cwo pasang foto aslinya gimana? klo ada akhwat yg pm kyk gt gimana?  :)

cowok narsis vs. cewek ganjen >:)

si awam

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 114
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re: Kala akhwat pasang foto....
« Jawab #26 pada: Januari 02, 2008, 04:53:06 pm »
klo cwo pasang foto aslinya gimana? klo ada akhwat yg pm kyk gt gimana?  :)

coba kita lihat ini: "Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga)". (Q.S 3:14)

kira2 knp yah, Allah lebih menekankan keindahan dlm pandangan manusia 'hanya' utk wanita? knp ga disebutkan jg utk laki2? saya sih bukan ahli tafsir, hanya memang menurut yg saya tau & pengakuan lgsg dari lisan teman2 saya, bhw laki2 lebih mudah tergoda dgn pandangannya ketimbang perempuan.

lagipula, biasanya perempuan cenderung lebih malu ketika ingin bertanya ttg foto laki2, sekali lg ini biasanya, bukan berarti ga ada lho. klo ada gmn? ehm....gmn yah???

^_^chusni@.maniez

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.447
  • Reputasi: 5
  • Jenis kelamin: Wanita
  • ^senyum^
    • Lihat Profil
Re: Kala akhwat pasang foto....
« Jawab #27 pada: Januari 02, 2008, 05:23:08 pm »
foto buat kampanye?

mencurigakan? B-) B-) B-) B-)

kayak mau jadi pres ma aja?

dajal007

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.017
  • Reputasi: 32
  • Jenis kelamin: Pria
  • di atas bumiNya lah kita semua berpijak
    • Lihat Profil
    • amgidarap kilab kitit
Re: Kala akhwat pasang foto....
« Jawab #28 pada: Januari 02, 2008, 09:49:12 pm »
sebaiknya sih kedua belah jenis kelamin sebaiknya tidak memasang foto di internet, karena kalo ada yang jail dan iseng juga ada kesempatan, bisa jadi foto tersebut akan diutak-atik. sudah banyak kasus nya :)

kalo mau masang foto ya... mungkin bagian mata aja (avatar lama beberapa orang member dudung), atau bagian tangan saja (avatar kang drai), atau bagian-bagian lainnya yang tidak menimbulkan fitnah atau bisa membuka peluang munculnya fitnah.

foto untuk kampanye, bagi saya sama kasusnya dengan pas foto untuk registrasi ulang. sebaiknya benar-benar diperhatikan penyebarannya dan keamanan keeradaannya. pada kasus saya, saya meminta ke panitia pelaksana kampanye untuk menjaga keberadaan semua foto pada tempatnya dan segera memusnahkan foto kampanye saya segera setelah masa kampanye selesai. alhamdulillah ga ada masalah. kalo ada hal yang ga diinginkan ya... serahkan semuanya ke 4JJ1 :)

.::senyum chandra::.

  • from djogdja with love...
  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.610
  • Reputasi: 11
  • Jenis kelamin: Wanita
  • wong djogdja ^^
    • Lihat Profil
Re: Kala akhwat pasang foto....
« Jawab #29 pada: Januari 03, 2008, 02:20:37 pm »

foto untuk kampanye, bagi saya sama kasusnya dengan pas foto untuk registrasi ulang. sebaiknya benar-benar diperhatikan penyebarannya dan keamanan keeradaannya. pada kasus saya, saya meminta ke panitia pelaksana kampanye untuk menjaga keberadaan semua foto pada tempatnya dan segera memusnahkan foto kampanye saya segera setelah masa kampanye selesai. alhamdulillah ga ada masalah. kalo ada hal yang ga diinginkan ya... serahkan semuanya ke 4JJ1 :)

terima kasih atas masukannya  :)