Penulis Topik: pengen tahu tentang LDII...  (Dibaca 35853 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

empty_diary

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 617
  • Reputasi: 7
  • Jenis kelamin: Wanita
  • mudah-mudahan kembali suci seperti bayi
    • Lihat Profil
pengen tahu tentang LDII...
« pada: November 21, 2007, 07:06:44 pm »
Mungkin udah ada thread ttg ini sebelumnya, tapi males nyarinya  ;D
cuma pengen tau tentang LDII nih
udah baca beberapa artikel ttg LDII
semua membahas ttg kesesatan LDII
tapi aku punya kenalan yang kebetulan orang LDII
dan dari yang aku perhatikan selama ini, kok ga ada yang aneh dengan beliau
shalatnya juga ikut jamaah di mesjid dekat rumah
kalo bertamu ke rumahnya, biasa2 aja ga ada acara ngepel2 sprt yg disebutkan di artikel2 yg aku baca
malahan rumahnya sering dijadiin tempat tuk rapat (acara RT)
malahan beliau jadi salah satu tokoh masyarakat yg dihormati karena kearifan beliau dalam menangani masalah yang timbul di lingkungan beliau, keringanan tangan beliau dalam menolong dan banyak kebaikan lain yang saya liat dari beliau

so......
ada ada yg bisa jelasin ke aku gak,ada apa dgn LDII?? :)

dajal007

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.017
  • Reputasi: 32
  • Jenis kelamin: Pria
  • di atas bumiNya lah kita semua berpijak
    • Lihat Profil
    • amgidarap kilab kitit
Re: pengen tahu tentang LDII...
« Jawab #1 pada: November 21, 2007, 10:19:10 pm »
setahu saya ada beberapa jenis kelompok LDII, sama seperti ahmadiyah yang (setahu saya) ada dua jenis.

sayangnya saya lupa jenis-jenisnya, mungkin teteh bisa tanya langsung ke tetangga teteh yang anggota LDII itu. saya juga punya temen anggota LDII, dan terlihat "normal-normal" aja. bahkan SMP tempat saya belajar dahulu deket sama salah satu pusat pengajian LDII yang ada di kota tangerang

abu_ahmad syafiq

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 599
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
  • Rumah sederhana tapi penuh cinta
    • Lihat Profil
Re: pengen tahu tentang LDII...
« Jawab #2 pada: November 22, 2007, 06:49:03 am »
Berikut ini pokok-pokok ajaran LDII yang berbeda dengan ajaran Nabi dan para sahabatnya:

- Dalam hal memahami bai’at dan mengkafirkan yang tidak bai’at.
- Dalam hal mengkafirkan seorang muslim yang tidak masuk LDII
- Dalam hal manqul itu sendiri
- Dalam aturan infaq
- Menganggap najis selain mereka dari muslimin
- Menganggap tidak sah sholat dibelakang selain mereka
- Begitu gampang memvonis seseorang di Neraka padahal dia muslim
- Menganggap tidak sahnya penguasa muslim jika selain golongannya
- Dan lain-lain
[perincian masalah-masalah ini sebagiannya telah kami jelaskan dalam makalah yang lain, dan yang belum akan menyusul insyaallah, tunggulah saatnya!! -pen]
l. Sanad Nur hasan Ubaidah [Seputar sanad Nur Hasan atau Ijazah haditsnya ini banyak cerita unik di kalangan LDII, konon hadits-haditsnya hilang waktu naik becak, yang disampaikan kepada pengikutnya hanya 6.-pen], dalam kitab himpunan susunan LDII pada Kitabush Sholah hal. 124-125 yang sampai kepada Imam at Tirmidzi pada hadits Asma’ wa Shifat Allah, ternyata hadits itu adalah hadits lemah, Ibnu Hajar mengatakan: “‘Illah (cacat) hadits itu menurut dua syaikh (al Bukhari dan Muslim). Bukan hanya kesendirian al Walid ibnu Muslim (dalam meriwayatkannya), bahkan juga adanya ikhtilaf (perbedaan periwayatan para rawinya), idlthirab (kegoncangan akibat perbedaan itu), tadlis (sifat tadlis pada al Walid ibnu Muslim yaitu mengkaburkan hadits) dan kemungkinan adanya idraj (dimasukkannya ucapan selain Nabi pada matan hadits itu [Fathul Bari, syarah al Bukhari:11/215].). Jadi cacat/’illah/kelemahan hadits itu ada 5 sekaligus, yaitu tafarrud, ikhtilaf, idlthirab, tadlis dan idraj.” Imam At Tirmidzipun merasakan kejanggalan pada hadits ini, dimana beliau setelah menyebutkan hadits ini mengatakan: ‘Gharib’ (aneh karena adanya tafarrud/kesendirian dalam riwayat) [Sunan at Tirmidzi:5/497, no:3507], demikian pula banyak para ulama menganggap lemah hadits ini seperti Ibnu Taimiyyah, Ibnu Katsir, al Bushiri, Ibnu Hazm, al Albani dan Ibnu Utsaimin. [lihat al Qowa’idul Mutsla:18 dengan catatan kaki Asyraf Abdul Maqshud]. Hadits yang shahih dalam masalah ini adalah tanpa perincian penyebutan Asma’ul Husna dan itu diriwayatkan al Bukhari dan Muslim

Kajian keyakinan kedua, bahwa dialah satu-satunya jalan manqul…

Apa ini bukan kesombongan, kebodohan serta penipuan terhadap umat?!. Karena sampai saat ini sanad-sanad hadits itu masih tersebar luas di kalangan tuhllabul ilmi, mereka yang belajar hadits di Jazirah Arab, Saudi Arabia dan negara-negara tetangganya, di Pakistan, India atau Afrika, baik yang belajar orang Indonesia atau selain orang Indonesia, mereka banyak mendapatkan Ijazah [Bukan ijazah tamat sekolah, tapi ini istilah khusus dalam ilmu riwayat hadits. Yaitu ijin dari syekh untuk meriwayatkan hadits - pen] riwayat Kutubus Sittah dan yang lain termasuk diantaranya adalah penulis makalah ini. Kalau dia konsekwen dengan ilmu manqulnya, lantas mengapa dia anggap dirinya satu-satunya jalan manqul?? Sehingga kalian - wahai pengikut LDII - mengkafirkan yang tidak menuntut ilmu dari kalian, termasuk mereka yang mengambil ilmu dari negara-negara Arab dari ulama/syaikh-syaikh yang punya sanad, padahal mereka mendapat sanad, ternyata kalian kafirkan juga?!

Asy Syaikh al Albani dan murid-muridnya di Yordania, asy Syaikh Abdullah al Qar’awi dan murid-muridnya, asy Syaikh Hammad al Anshari dan murid-muridnya di Saudi Arabia, asy syaikh Muqbil di Yaman, asy Syaikh Muhammad Dhiya’urrahman al ‘Adhami dari India dan murid-muridnya, dan masih banyak lagi yang lain tak bisa dihitung. Merekapun punya sanad Kutubus Sittah dan selainnya sampai kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam, tapi mereka tidak seperti kalian, wahai Nur Hasan dan pengikutnya. Mereka tahu apa arti sebuah sanad di masa ini, dan perlu diketahui bahwa semua mereka aqidahnya berbeda dengan aqidah kalian, wahai penganut LDII. Mana yang benar, wahai orang yang berakal??

http://assalafi.wordpress.com/2007/09/29/membongkar-kesesatan-ldii-apa-itu-manqul-1/

_pu3_

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 45
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: pengen tahu tentang LDII...
« Jawab #3 pada: November 22, 2007, 09:10:49 pm »
Sama seperti ukhti empty_diary, saya punya teman yang berafiliasi pada LDII. Dan saya telah diskusi dengan dia tentang LDII dan berita - berita tentang LDII. Semuanya tidak ada yang sama.

Mungkin benar yang ditulis akhi dajal007 tentang golongan LDII.

Marilah, sebelum ikut - ikutan mengklaim sesat, kita selidiki terlebih dahulu dengan benar :)

Wallahu a'lam :)

abu_ahmad syafiq

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 599
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
  • Rumah sederhana tapi penuh cinta
    • Lihat Profil
Re: pengen tahu tentang LDII...
« Jawab #4 pada: November 22, 2007, 10:16:48 pm »
Gak usah sok menjaga silatur rahim deh, yang bathil tetaplah bathil akhi...

Fatwa MUI - Islam Jama’ah/LDII Sesat
September 27th, 2007 · 4 Comments
Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia, setelah Memperhatikan :

<!--[if !supportLists]-->1. <!--[endif]-->Bahwa faham Islam Jama’ah mulai ada di Indonesia sekitar tahun 70-an. Karena ajarannya sesat clan menyesatkan serta menimbulkan keresahan di masyarakat, faham ini dilarang oleh pemerintah pada tahun 1971. Larangan pemerintah tersebut tidak diacuhkan. Mereka terus beroperasi dengan berbagai nama yang terus berubah hingga memuncak pada sekitar 19771978.


<!--[if !supportLists]-->2. <!--[endif]-->Faham ini menganggap bahwa umat Islam yang tidak termasuk Islam Jama’ah adalah termasuk 72 golongan yang pasti masuk neraka, umat Islam harus mengangkat “Amirul Mukmini” yang menjadi pusat pimpinan dan harus mentaatinya, umat Islam yang masuk golongan ini harus dibai’at dan setia kepada “Amirul Mukminin” dan dijamin masuk surga, ajaran Islam yang sah dan boleh dituruti hanya ajaran Islam yang bersumber dari “Amirul Mukminin”.


<!--[if !supportLists]-->3. <!--[endif]-->Pengikut aliran ini harus memutuskan hubungan dari golongan lain walaupun orang tuanya sendiri, tidak sah shalat di belakang orang yang bukan Islam Jama’ah, pakaian shalat pengikut Islam Jama’ah yang tersentuh oleh orang lain yang bukan pengikutnya harus disucikan, suami harus mengusahakan agar isterinya turut masuk golongan Islam Jama’ah, dan jika tidak mau maka perkawinannya harus diputuskan, perkawinan yang sah adalah perkawinan yang direstui oleh �Amirul Mukminin�, dan khutbah yang sah bila dilafazkan dalam bahasa Arab

MEMUTUSKAN

Menyatakan :

<!--[if !supportLists]-->1. <!--[endif]-->Bahwa ajaran Islam Jama’ah, Darul Hadits (atau apapun nama yang dipakainya) adalah ajaran yang sangatbertentangan dengan ajaran Islam yang sebenarnya dan penyiarannya itu memancing-memancing timbulnya keresahan yang akan mengganggu kestabilan Negara

<!--[if !supportLists]-->2. <!--[endif]-->Menyerukan agar Ummat Islam berusaha mengindahkan saudara-saudara kita yang tersesat itu untuk kembali kepada ajaran agama Islam yang murni dengan dasar niat dan keinginan menyelamatkan sesame hamba Allah yang telah memilih Islam sebagai Agamanya dari kemurkaan Allah SWT.

<!--[if !supportLists]-->3. <!--[endif]-->Agar umat Islam lebih meningkatkan kegiatan dakwah Islamiah melalui media pengajian atau media lainnya, terutama terhadap para remaja, pemuda, pelajar, seniman, dan lain-lain, yang sedang haus terhadap siraman agama Islam yang murni terutama kepada calon-calon pengikut Islam Jama’ah dalam tahap pertama, dengan metode atau cara-cara penyampaian yang lebih sesuai dengan umat yang dihadapi

<!--[if !supportLists]-->4. <!--[endif]-->Agar segera melaporkan kepada Kejaksaan setempat dengan memberikan bukti-bukti yang cukup lengkap manakala gerakan atau kegiatan Islam Jama’ah (atau apapun nama lain yang dipakainya) sampai menimbulkan .keresahan dan kegoncangan rumah tangga dan masyarakat

http://www.mui.or.id/mui_in/fatwa.php?id=34

dajal007

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.017
  • Reputasi: 32
  • Jenis kelamin: Pria
  • di atas bumiNya lah kita semua berpijak
    • Lihat Profil
    • amgidarap kilab kitit
Re: pengen tahu tentang LDII...
« Jawab #5 pada: November 23, 2007, 06:37:42 am »
@kang drai
akang sudah pernah berinteraksi dengan teman-teman LDII dari mana saja?

Berikut ini pokok-pokok ajaran LDII yang berbeda dengan ajaran Nabi dan para sahabatnya:
- Dalam hal memahami bai’at dan mengkafirkan yang tidak bai’at.
memang ada kelompok LDII yang menyatakan seperti ini, tapi ada juga yang tidak. kepemimpinan mereka berbeda, tapi sama-sama LDII.

- Dalam hal mengkafirkan seorang muslim yang tidak masuk LDII
sama dengan di atas, buktinya saya masih dianggap sebagai orang islam oleh teman saya yang anggota LDII
- Dalam hal manqul itu sendiri
boleh dijelasin apa itu manqul?

- Dalam aturan infaq
ada apa dengan infaq mereka?

- Menganggap najis selain mereka dari muslimin
saya juga pernah mendengar hal ini, tapi jamaah LDII di dekat rumah saya tidak beranggapan seperi itu. misalnya, teman saya tetap menikmati jajanan yang ada di kantin sekolah, kalo misalnya manusia selain mereka adalah najis tentunya teman saya tidak akan menikmati jajanan tersebut

- Menganggap tidak sah sholat dibelakang selain mereka
saya sering mengimami sholat teman saya yang LDII

- Begitu gampang memvonis seseorang di Neraka padahal dia muslim
ada contohnya?

- Menganggap tidak sahnya penguasa muslim jika selain golongannya
teman saya tetap menaati peraturan pemerintah kok.
- Dan lain-lain
lain-lainnya apa?

ya... seperti saya katakan di awal, setahu saya ada beberapa jenis LDII, namun opini yang sering di munculkan adalah opini tentang kesesatan-kesesatan LDII
« Edit Terakhir: November 23, 2007, 06:39:31 am oleh dajal007 »

abu_ahmad syafiq

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 599
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
  • Rumah sederhana tapi penuh cinta
    • Lihat Profil
Re: pengen tahu tentang LDII...
« Jawab #6 pada: November 23, 2007, 08:50:23 am »
akhi itu bukan opini tapi memang itulah keyakinan mereka, jika antum katakan ada sisi yang baik dari LDII sok atu wilujeng di sebut keun...

empty_diary

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 617
  • Reputasi: 7
  • Jenis kelamin: Wanita
  • mudah-mudahan kembali suci seperti bayi
    • Lihat Profil
Re: pengen tahu tentang LDII...
« Jawab #7 pada: November 23, 2007, 03:58:10 pm »
setahu saya ada beberapa jenis kelompok LDII, sama seperti ahmadiyah yang (setahu saya) ada dua jenis.

sayangnya saya lupa jenis-jenisnya, mungkin teteh bisa tanya langsung ke tetangga teteh yang anggota LDII itu. saya juga punya temen anggota LDII, dan terlihat "normal-normal" aja. bahkan SMP tempat saya belajar dahulu deket sama salah satu pusat pengajian LDII yang ada di kota tangerang

pengen sih nanya langsung ke beliau tapi belum dapat timing yang tepat
apalagi sekarang dah jarang balik ke rumah  :)

- Menganggap tidak sah sholat dibelakang selain mereka

hmm tapi tetangga aku itu kok tetap ikut shalat jamaah di mesjid deket rumah?

- Menganggap najis selain mereka dari muslimin

kalo ia menganggap selain dirinya adalah najis maka ia gak akan mau shalat berjamaah dunk dgn orang lain yg bkn LDII(kan bisa ngebatalin wudhunya) tapi kok kenyataannya beda yah



wulanarsy

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 258
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Duniaku... dunia anak-anak....^_^
    • Lihat Profil
Re: pengen tahu tentang LDII...
« Jawab #8 pada: November 23, 2007, 04:18:09 pm »
ga mau pake teori2 dan lain sebagainya yang kayak di atas ah, pusing...

saya tinggal di Cilandak Marinir, dan tinggal di pemukiman hampir 85% orang LDII semua, warga biasa cuma sisanya aja.
nah, kalo sodara2 mau tahu, mereka disana terlibat 70% juga soal sistim kemasyarakatan di wilayah saya.
mulai dari Pak RT, dan kroni2nya dipegang sama mereka... soal profesionalitas jangan ditanya, mereka ulet banget kalo melayani warganya... ga pake biaya embel2 KTP sejam bisa jadi (wuih berlebihan) ;D

kalo soal interaksi sama masyarakat,
setelah bertahun2 tinggal di lingkungan yang sama dengan mereka, hubungan mereka sama warga so far so good...
kalo lagi idul adha mereka rutin membagikan masyarakat daging kurban, hampir tiap tahun.

soal kemandirian dalam berwiraswasta, LDII mungkin jagonya, di deket rumah saya ada ruko, mini market, yang dikelola sangat baik oleh tangan mereka semua..
ini yang menyebabkan inetraksi sosial LDII dengan masyarakat cukup "dewasa"

mungkin, ini LDII yang liberalnya (emang ada ya? ga tahu juga sih :-??)

bukan bermaksud mau berbaik2 atau melebih2kan tentang LDII, cuma kasih gambaran aja begitulah kedaannya.

Nah, soal ajaran dan klaim sesat emang udah jelas...
terkait hal itu,pernah suatu waktu anak kost di rumahku sholat zuhur, langsung dipel dan diliatin satu komunitas mereka dengan pandangan ganjil. mungkin ini yang paling nyata...

kesimpulannya,
saya cuma mau memberi informasi tentang ekadaan sebenar2nya, tanpa merekayasa... sebab saya nggak mau bercapek2 ngeluarin segudang informasi (kalo bahasa'ku sih nyebutnya teori ;D)...
terlalu riskan muslim intelektual (semoga seperti kita) mengumbar2 sesuatu yang kita ketahui cuma dari informasi tebatas (baca: media).
jadi, apa yang saya tulis sekali lagi sekedar informasi aja, ga mau pake klaim mengklaim... (sebab kita semua seharusnya lebih bijak untuk beragumen... bukan sekedar pandai bermain kata dari informasi yang udah ada, tapi sedikitpun nggak tahu pemahamannya).

Sipppp! ;D

sekian dari saya, laporan berikutnya menyusul :)

nb: kalo ada yang nda nyaman silakan ditanggapi dengan bijak biar nggak "asbun" :great:




_pu3_

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 45
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: pengen tahu tentang LDII...
« Jawab #9 pada: November 23, 2007, 10:06:12 pm »
- Dalam hal mengkafirkan seorang muslim yang tidak masuk LDII
Sama seperti akh dajal007. Saya sangat dekat dengan teman saya yang LDII. Tapi dia tidak pernah mempermasalahkan saya LDII atau bukan

- Menganggap najis selain mereka dari muslimin

Saya pernah menginap di rumah teman saya yang LDII, saya pernah sholat di mesjidnya, dan ikut pengajiannya

- Begitu gampang memvonis seseorang di Neraka padahal dia muslim
Bukankah kita juga demikian? Sering memvonis sebuah aliran tanpa alasan yang benar - benar jelas

setahu saya ada beberapa jenis kelompok LDII, sama seperti ahmadiyah yang (setahu saya) ada dua jenis.

Menurut tema saya, LDII hanya ada satu. Di setiap kecamatan ada DPC sendiri - sendiri

- Dalam hal manqul itu sendiri
Setahu saya, teman - teman LDII saya mengkaji hadist lewat hadist arbain yang ada di pasaran. G' musti lewat amirnya. Kalaupun ada teman yang menjelaskan, asal jelas sanadnya, mereka menerima juga.


abu_ahmad syafiq

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 599
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
  • Rumah sederhana tapi penuh cinta
    • Lihat Profil
Re: pengen tahu tentang LDII...
« Jawab #10 pada: November 23, 2007, 10:35:12 pm »
apakah antum pernah berdiskusi sama mereka?

Al qiyadahpun dengan masyarakat baik, Lia Aminudinpun dnagan masyarakat baik. Apakah antum pernah shalat berjama'ah dengan mereka?

dajal007

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.017
  • Reputasi: 32
  • Jenis kelamin: Pria
  • di atas bumiNya lah kita semua berpijak
    • Lihat Profil
    • amgidarap kilab kitit
Re: pengen tahu tentang LDII...
« Jawab #11 pada: November 24, 2007, 12:03:35 am »
@kang drai
dengan teman saya yang dari LDII, sering di masjid dekat sekolah
« Edit Terakhir: November 24, 2007, 12:11:56 am oleh dajal007 »

empty_diary

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 617
  • Reputasi: 7
  • Jenis kelamin: Wanita
  • mudah-mudahan kembali suci seperti bayi
    • Lihat Profil
Re: pengen tahu tentang LDII...
« Jawab #12 pada: November 25, 2007, 03:37:26 pm »
hmmm
mungkin LDII emang gak cuma satu kelompok deh
apakah mungkin seperti HMI yang terpecah jadi HMI DIPO dan HMI MPO
 :-/ :-/

d4vid_r5

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 4.926
  • Reputasi: 40
  • Jenis kelamin: Pria
  • Dreaming...
    • Lihat Profil
Re: pengen tahu tentang LDII...
« Jawab #13 pada: November 27, 2007, 09:19:57 pm »
apakah antum pernah berdiskusi sama mereka?
diskusi??setiap hari waktu sekolah dulu, dan sekarang, masih diskusi lewat sms

Apakah antum pernah shalat berjama'ah dengan mereka?
aku pernah sholat jum'at di masjidnya, mengimami temenku yang LDII dalam sholat jama'ah juga pernah.why?ada yang salah?

_pu3_

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 45
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: pengen tahu tentang LDII...
« Jawab #14 pada: November 27, 2007, 09:27:42 pm »
apakah antum pernah berdiskusi sama mereka?
Pernah, bahkan sering.

Apakah antum pernah shalat berjama'ah dengan mereka?
Pernah.