Penulis Topik: Menghujat, menasehati, debat, atau diskusi?  (Dibaca 28584 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

askar

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 332
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
  • ^_^ Belajar, hemat, bersemangat. Tetap membaca..
    • Lihat Profil
    • Karis
Re: Menghujat, menasehati, debat, atau diskusi?
« Jawab #30 pada: Juli 21, 2008, 05:11:46 pm »
 :-?

Hmm, ya ya ya... Begitu ya maksudnya... hmm,,,

tiyo

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 4
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re: Menghujat, menasehati, debat, atau diskusi?
« Jawab #31 pada: Desember 30, 2008, 10:50:13 am »
ya banyak yang harus d diskusikan emang tapi bih baik tidak lah semata untuk menguatkan pernyataan pribadi, semoga Allah memberi kesabaran dan ketaqwaan yang lebih pada kita semua amin....... [-O<

bisa nih mampir liat2

http://tiyo-hatisuci.blogspot.com/search/label/menyebut-Mu

nirvana

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 64
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • Kubangun langit d atasmu agar qt selalu berjuang tuk menggapainya. http://cahayaygkembali.blogsland.net
    • Lihat Profil
    • Blog Islami
Re:Menghujat, menasehati, debat, atau diskusi?
« Jawab #32 pada: Februari 09, 2009, 11:20:08 am »
Salam knal smuaX,
aq bruu msuk jd du2nger,
kalian smua insan2 luar biasaya,,
tq orang yg hebtpun, pasti ad hal yg membuatX lemah, smg hal i2 gak membuat kebaikan yg kalian bwa tdk tersmpaikan,he.. bkan ngegurui yach, aq cekak bgt ilmune, smg dgn mengenal kalian Allah swt membrikan cahya ilmuNYA, amien..
Aq punya hal sderhana bwat yg rumit2, alot, dn bikin qt ragu terserah mo dbat ato diskusi,
dan ini yg slalu k pegang

pentingnya memiliki KEYAKINAN
aq Islam
mangkane kudu yakin smua tentang Islam, aq ykin tentang kbnaran alquran, hadist, dan hukum Islam juga.
Aq ykin kbenran Syariah Islam, dialah hukum yg bersumbr dr Allah azza wajalla. Ap ad yg gk percya bahwa Syariah dr ALLAH SWT??!! Smg gk ad ya,,
¤aq ykin kbnaran syariah karna aq ykin kebnaran ALLAH SWT , i2 LOGIka modus tohlen soalX aq kn dr pend. MAT^^

joker

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 9
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re:Menghujat, menasehati, debat, atau diskusi?
« Jawab #33 pada: Februari 09, 2009, 05:06:49 pm »
menyimak dulu seh....namanya newbie.... :)

Suci sy

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 35
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Wanita
  • pic..
    • Lihat Profil
Re:Menghujat, menasehati, debat, atau diskusi?
« Jawab #34 pada: Februari 19, 2009, 07:54:02 pm »
IYA.. tapi yang paling bete adalah diskusi MERASA PALING BENAR DAN TIDAK MAU DISALAHKAN..
itu loh apalagi pendukung sebuah golongan.. itu hal yang paling tidak suka.. pernah diskusi dengan seorag SLY.. tetapi merasa paling benar, menyalahkan dalil orang lagi... bikin kesal aja...
jadi itu yang penting JANGAN MERASA PALING BENAR, BISA JADI SALAH MENURUT MU..
KEBENARAN DATANG DARI ALLAH SWT... :)

Laily Oktar

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.601
  • Reputasi: 24
  • Jenis kelamin: Wanita
  • here and there
    • Lihat Profil
    • Nai elye hiruva...
Re:Menghujat, menasehati, debat, atau diskusi?
« Jawab #35 pada: Februari 26, 2009, 09:50:53 pm »
IYA.. tapi yang paling bete adalah diskusi MERASA PALING BENAR DAN TIDAK MAU DISALAHKAN..
itu loh apalagi pendukung sebuah golongan.. itu hal yang paling tidak suka.. pernah diskusi dengan seorag SLY.. tetapi merasa paling benar, menyalahkan dalil orang lagi... bikin kesal aja...
jadi itu yang penting JANGAN MERASA PALING BENAR, BISA JADI SALAH MENURUT MU..
KEBENARAN DATANG DARI ALLAH SWT... :)

...dan jangan pula merasa diri paling benar dengan mengatakan pendapat di atas
bisa saja itu salah
dan...i hate caps lock-ed words
i really do

malaikatu_lail

  • Pengunjung
Re:Menghujat, menasehati, debat, atau diskusi?
« Jawab #36 pada: Maret 03, 2009, 01:26:53 pm »
IYA.. tapi yang paling bete adalah diskusi MERASA PALING BENAR DAN TIDAK MAU DISALAHKAN..
itu loh apalagi pendukung sebuah golongan.. itu hal yang paling tidak suka.. pernah diskusi dengan seorag SLY.. tetapi merasa paling benar, menyalahkan dalil orang lagi... bikin kesal aja...
jadi itu yang penting JANGAN MERASA PALING BENAR, BISA JADI SALAH MENURUT MU..
KEBENARAN DATANG DARI ALLAH SWT... :)
...dan jangan pula merasa diri paling benar dengan mengatakan pendapat di atas
bisa saja itu salah

Setuju :) Yuk, kita ingat Firman Allah

"..Kemudian apabila kalian tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah). Sebab mungkin kalian tidak menyukai sesuatu padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak." (An-Nisaa:19)


dan...i hate caps lock-ed words
i really do

Control your emotion... Yuk,kita lihat lagi firman Allah di atas:)
Laily, kalau ingin memperbaiki atau mengritik kan ga ada salahnya kita gunakan kata2 yang lembut dan persuasif... seperti yang dicontohkan Nabi SAW :cool:

d4vid_r5

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 4.926
  • Reputasi: 40
  • Jenis kelamin: Pria
  • Dreaming...
    • Lihat Profil
Re:Menghujat, menasehati, debat, atau diskusi?
« Jawab #37 pada: Maret 03, 2009, 01:51:07 pm »
Udah-udah...
kok malah saling 'tarik leher' disini.

mau menghujat, debat, atau diskusi?

malaikatu_lail

  • Pengunjung
Re:Menghujat, menasehati, debat, atau diskusi?
« Jawab #38 pada: Maret 03, 2009, 08:16:07 pm »
Hehehe... iya...afwan, mas David...

OOT
Avatarnya keren...bikin sendiri kah?

acer

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 3
  • Reputasi: 0
  • Mic bukan filter, semua masuk--semua keluar
    • Lihat Profil
Re:Menghujat, menasehati, debat, atau diskusi?
« Jawab #39 pada: Maret 04, 2009, 10:14:26 pm »
Mohon maaf, perkenalkan saya pendatang baru nih. Nickname saya ACER.. (panggil saja begitu) well mungkin tidak sopan ya baru gabung sudah lekas posting. Tapi mungkin saya cuma ingin mengutarakan pendapat saja.. dari pengalaman

Singkatnya begini, dulu saya adalah orang yang suka gabung dengan berbagai forum, liat sini liat situ, posting sini posting situ terutama forum-forum yang membahas permasalahan seperti ini (agama-red). Pendapat saya secara pribadi tentang forum semacam ini.. ya pertengahan, karena "bisa jadi" forum ini dapat menambah ilmu tetapi bisa juga sebaliknya cuma ada ajang pamer kepintaran dan ke vokalan pendapat tapi yang sering dilupakan adalah tujuan apakah yang ingin didapat? dari berbagai keadaan yang saya temui, saya dapat mengambil kesimpulan bahwa permasalahan yang terjadi di forum-forum semacam ini adalah:

1. Banyak sekali perdebatan dan penghujatan. Seperti yang dibahas dalam topik ini memang saya temui banyak sekali hal yang demikian, seperti hujatan dan perdebatan. Padahal, kalau kita tilik lagi ternyata kita belum tau banyak siapa lawan bicara kita, kan tau sendiri ini dunia maya. Bisa jadi banyak orang-orang yang tidak kita harapkan ikut nimbrung (misalnya saya barangkali) dan cuma merusak suasana. Saran: tidak perlu terlalu serius ngomongnya apalagi menggunakan emosi segala, untuk seneng-seneng aja sekalian refreshing sehabis kerja atau kuliah...

2. Perdebatan sering tidak Fair. Yach kalau sudah mengeluarkan dalil dari Quran ya tidak jadi diskusi namanya dan tidak bisa dibantah dong? kalau itu maksudnya bicara tanpa ilmu, saya pikir bukan di sini tempatnya.. mungkin dapat dibatasi dengan tidak mempergunakan dalil sama sekali tapi diskusi dapat bermula dari berbagai analisis yang ditemui dalam kehidupan atau argumentasi yang bisa disusun sendiri. Kemudian dari sini bisa dikembangkan tentang pemecahan yang bisa dilakukan nah.. kalau mau ngeluarin jurus dalil ntar terakhir aja kalau udah buntu... Jadi bagi para Lc. atau para S. Ag. saya harap bisa menahan diri terhadap yang S.M.P..

3. besar kemungkinan pendapat yang dilontarkan cuma ditulisan aja, padahal yang penting adalah bagaimana sikap kita ketika di dunia nyata dan bagaimana mengutarakan pendapat kita saat itu. Well ini dunia maya kan? percuma di sini berkelakuan baik sementara di tempat kita masing-masing apa yang kita ucapkan tidak kita laksanakan sendiri. Boleh saya bilang sia-sia kalo cuma bikin keributan di sini.. Wah bahaya tuh masa sih jadi munafik cuma gara-gara obrolan di dunia yang tidak nyata?

4. hal yang tidak dapat dibantah.. Islam sekarang sedang terpecah-belah.. kalau memang berniat ngobrol soal hal tersebut bolah tapi bisa ditentukan sendiri bagaimana sikap kita terhadap yang lain. (usul: boleh juga kita diskusikan hal ini, bagaimana cari jalan tengahnya)

Nah mungkin itu saja posting perdana ini, sekali lagi itu hanya usul semata.. mohon maaf kepada admin apabila "nglangkahi" wewenangnya.. yang jelas saya senang dengan para pemuda dan pemudi ini.. selalu bersemangat dalam mencari ilmu.. dan berusaha menjadi harapan bangsa Indonesia.. tapi ya bang Rhoma punya lagu.. Jiwa.. Muda.. lalala..

Areyou

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 708
  • Reputasi: 13
  • Jenis kelamin: Pria
  • Lihat Mata Saya.....BERUBAH..!!!
    • Lihat Profil
Re:Menghujat, menasehati, debat, atau diskusi?
« Jawab #40 pada: Maret 05, 2009, 01:28:52 am »
Mohon maaf, perkenalkan saya pendatang baru nih. Nickname saya ACER.. (panggil saja begitu) well mungkin tidak sopan ya baru gabung sudah lekas posting. Tapi mungkin saya cuma ingin mengutarakan pendapat saja.. dari pengalaman


Salam kenal juga Acer.... Areyou jg pendatang baru kok di Dudung...







Singkatnya begini, dulu saya adalah orang yang suka gabung dengan berbagai forum, liat sini liat situ, posting sini posting situ terutama forum-forum yang membahas permasalahan seperti ini (agama-red). Pendapat saya secara pribadi tentang forum semacam ini.. ya pertengahan, karena "bisa jadi" forum ini dapat menambah ilmu tetapi bisa juga sebaliknya cuma ada ajang pamer kepintaran dan ke vokalan pendapat tapi yang sering dilupakan adalah tujuan apakah yang ingin didapat? dari berbagai keadaan yang saya temui, saya dapat mengambil kesimpulan bahwa permasalahan yang terjadi di forum-forum semacam ini adalah:

1. Banyak sekali perdebatan dan penghujatan. Seperti yang dibahas dalam topik ini memang saya temui banyak sekali hal yang demikian, seperti hujatan dan perdebatan. Padahal, kalau kita tilik lagi ternyata kita belum tau banyak siapa lawan bicara kita, kan tau sendiri ini dunia maya. Bisa jadi banyak orang-orang yang tidak kita harapkan ikut nimbrung (misalnya saya barangkali) dan cuma merusak suasana. Saran: tidak perlu terlalu serius ngomongnya apalagi menggunakan emosi segala, untuk seneng-seneng aja sekalian refreshing sehabis kerja atau kuliah...




Kalo` perdebatan dengan dasar pemikiran sih areyou rasa baguusss... Otak dan pikiran kita jadi semakin terasah, dengan kata lain kita bisa berdiskusi dengan santaiiii tapi tetep seriuss. Beda pendapat itu biasa, tp lebih baik kalo kita bisa bersama-sama  :cool:

Nah kalo` masalah hujatan ini yg bermasalah... Kan Rasulullah bilang kalau tidak bisa berkata baik lebih baik diam....

Hmmm... iya sih areyou jg belum tau banyak tentang temen2 dudunger, mo ikutan gathering tp kayake kejauhan..... "Kalo gak kenal, maka.......KENALAN".


2. Perdebatan sering tidak Fair. Yach kalau sudah mengeluarkan dalil dari Quran ya tidak jadi diskusi namanya dan tidak bisa dibantah dong? kalau itu maksudnya bicara tanpa ilmu, saya pikir bukan di sini tempatnya.. mungkin dapat dibatasi dengan tidak mempergunakan dalil sama sekali tapi diskusi dapat bermula dari berbagai analisis yang ditemui dalam kehidupan atau argumentasi yang bisa disusun sendiri. Kemudian dari sini bisa dikembangkan tentang pemecahan yang bisa dilakukan nah.. kalau mau ngeluarin jurus dalil ntar terakhir aja kalau udah buntu... Jadi bagi para Lc. atau para S. Ag. saya harap bisa menahan diri terhadap yang S.M.P..


Hmmm.... gitu yah??? Tapi gimana yah......Ibarat sebuah bangunan, jika bangunan tidak dibangun dgn cakar ayam yg kuat, maka bangunan tersebut bisa gampang roboh sech....

Wah areyou penasaran jg......Emang siapa ya yg disni ada titel LC atau S.Ag??? Yg Areyou tau Islam kan menuntun supaya kita bisa mengajarkan Al-Quran meskipun hanya satu Ayat..... Nah mengenai pemecahan masalah bisa berbentuk apa aja, yg penting gak ngelanggar Al-Quran dan Hadits.... Bebas tp Bertanggung Jawab.... Terbang tapi tetap mengingat Bumi...

Santai aja pak, kita disini ngobrol ngalur-ngidul bebas kok...


3. besar kemungkinan pendapat yang dilontarkan cuma ditulisan aja, padahal yang penting adalah bagaimana sikap kita ketika di dunia nyata dan bagaimana mengutarakan pendapat kita saat itu. Well ini dunia maya kan? percuma di sini berkelakuan baik sementara di tempat kita masing-masing apa yang kita ucapkan tidak kita laksanakan sendiri. Boleh saya bilang sia-sia kalo cuma bikin keributan di sini.. Wah bahaya tuh masa sih jadi munafik cuma gara-gara obrolan di dunia yang tidak nyata?


Well iya, Terima kasih atas nasehatnya.....


4. hal yang tidak dapat dibantah.. Islam sekarang sedang terpecah-belah.. kalau memang berniat ngobrol soal hal tersebut bolah tapi bisa ditentukan sendiri bagaimana sikap kita terhadap yang lain. (usul: boleh juga kita diskusikan hal ini, bagaimana cari jalan tengahnya)

Nah mungkin itu saja posting perdana ini, sekali lagi itu hanya usul semata.. mohon maaf kepada admin apabila "nglangkahi" wewenangnya.. yang jelas saya senang dengan para pemuda dan pemudi ini.. selalu bersemangat dalam mencari ilmu.. dan berusaha menjadi harapan bangsa Indonesia.. tapi ya bang Rhoma punya lagu.. Jiwa.. Muda.. lalala..


Hmmm..... Coba bikin thread baru aja pak..... :D
SUpaya diskusinya lebih terarah sesuai topiknya masing2....


btw Nih saya kasih Lirik lengkapnya Darah Muda karya Bang Oma:

Darah mudah darahnya para remaja
yang selalu merasa gagah tak pernah mahu mengalah
masa muda masa yang berapi-api
yag mahunya menang sendiri
walau salah tak peduli
darah mudah

biasanya para remaja
berfikirnya sekali saja
tanpa menghiraukan akibatnya
wahai kawan para remaja
berfikirlah kalau melangkah
agar tidak menyesal akhirnya

darah muda darahnya para remaja
yang selalu merasa gagah tak pernah mau mengakalah
dara mudah.....

Sf_Efend

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.464
  • Reputasi: 15
    • Lihat Profil
Re:Menghujat, menasehati, debat, atau diskusi?
« Jawab #41 pada: Maret 05, 2009, 11:30:30 am »
IYA.. tapi yang paling bete adalah diskusi MERASA PALING BENAR DAN TIDAK MAU DISALAHKAN..
itu loh apalagi pendukung sebuah golongan.. itu hal yang paling tidak suka.. pernah diskusi dengan seorag SLY.. tetapi merasa paling benar, menyalahkan dalil orang lagi... bikin kesal aja...
jadi itu yang penting JANGAN MERASA PALING BENAR, BISA JADI SALAH MENURUT MU..
KEBENARAN DATANG DARI ALLAH SWT... :)

...dan jangan pula merasa diri paling benar dengan mengatakan pendapat di atas
bisa saja itu salah...
dan...i hate caps lock-ed words
i really do

dan yang paling penting..
ketika pendapat orang "mungkin" saja salah menurut kita.
saat bersamaan, pendapat kita juga "mungkin" salah (minimal oleh orang lain)

OOt....sambil ingat "kesalahan" pendapatku... ;)

arif budiman

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re:Menghujat, menasehati, debat, atau diskusi?
« Jawab #42 pada: Maret 05, 2009, 02:41:44 pm »
1. Banyak sekali perdebatan dan penghujatan. Seperti yang dibahas dalam topik ini memang saya temui banyak sekali hal yang demikian, seperti hujatan dan perdebatan. Padahal, kalau kita tilik lagi ternyata kita belum tau banyak siapa lawan bicara kita, kan tau sendiri ini dunia maya. Bisa jadi banyak orang-orang yang tidak kita harapkan ikut nimbrung (misalnya saya barangkali) dan cuma merusak suasana. Saran: tidak perlu terlalu serius ngomongnya apalagi menggunakan emosi segala, untuk seneng-seneng aja sekalian refreshing sehabis kerja atau kuliah...
fleksibel aja disini
saatnya serius ya serius
pas saatnya OOT ya OOT  ;D
yang penting kepala harus tetap dingin
supaya tidak jatuh ke debat kusir dan saling menghujat

2. Perdebatan sering tidak Fair. Yach kalau sudah mengeluarkan dalil dari Quran ya tidak jadi diskusi namanya dan tidak bisa dibantah dong? kalau itu maksudnya bicara tanpa ilmu, saya pikir bukan di sini tempatnya.. mungkin dapat dibatasi dengan tidak mempergunakan dalil sama sekali tapi diskusi dapat bermula dari berbagai analisis yang ditemui dalam kehidupan atau argumentasi yang bisa disusun sendiri. Kemudian dari sini bisa dikembangkan tentang pemecahan yang bisa dilakukan nah.. kalau mau ngeluarin jurus dalil ntar terakhir aja kalau udah buntu... Jadi bagi para Lc. atau para S. Ag. saya harap bisa menahan diri terhadap yang S.M.P..
nope
saya kurang setuju
justru dengan adanya dalil Quran maupun hadits
kita punya dasar berpijak yang jelas
meskipun nantinya interpretasinya bisa macam2
tapi dari situ bisa dirunut keabsahan pendapat atw argumen seseorang
so, silahkan aja kalo mau berargumen dengan dalil Quran atwpun hadits

3. besar kemungkinan pendapat yang dilontarkan cuma ditulisan aja, padahal yang penting adalah bagaimana sikap kita ketika di dunia nyata dan bagaimana mengutarakan pendapat kita saat itu. Well ini dunia maya kan? percuma di sini berkelakuan baik sementara di tempat kita masing-masing apa yang kita ucapkan tidak kita laksanakan sendiri. Boleh saya bilang sia-sia kalo cuma bikin keributan di sini.. Wah bahaya tuh masa sih jadi munafik cuma gara-gara obrolan di dunia yang tidak nyata?
yang ini saya setuju..
tapi sejauh ini dudunger yang saya kenal
kredibilitasnya tidak diragukan kok  ;D

4. hal yang tidak dapat dibantah.. Islam sekarang sedang terpecah-belah.. kalau memang berniat ngobrol soal hal tersebut bolah tapi bisa ditentukan sendiri bagaimana sikap kita terhadap yang lain. (usul: boleh juga kita diskusikan hal ini, bagaimana cari jalan tengahnya)
yup
kalo ngikutin adab diskusi yang ditulis kang Aswad di halaman pertama
insya Allah ukhuwah antar dudunger akan tetap terjaga
apalagi dengan diadakannya silaturrahim di dunia nyata
pasti bisa lebih mempererat ikatan ukhuwah antara kita

malaikatu_lail

  • Pengunjung
Re:Menghujat, menasehati, debat, atau diskusi?
« Jawab #43 pada: Maret 05, 2009, 03:03:49 pm »
@Acer
Assalamu'alaikum, mas Acer :) Selamat bergabung >:D< Saya juga newbie kok, baru sebulan gabung.
Membaca reply anda, saya cuma bisa nyengir :D Tapi kalau boleh saya tanggapi sebagai berikut:

1. ...tidak perlu terlalu serius ngomongnya apalagi menggunakan emosi segala, untuk seneng-seneng aja sekalian refreshing sehabis kerja atau kuliah...

Dalam sebuah diskusi, apalagi mengenai agama, kebenaran menjadi suatu hal yang prinsip. Jadi jangan heran kalau ada teman-teman yang sebegitu kuatnya mempertahankan apa yang dia anggap benar, sampai adu tarik urat leher :D
Selama itu masih dalam konteks pembicaraan yang mengarah pada mencari sebuah kebenaran, dan bukan debat kusir, saya rasa fine2 saja.
Kalau anda bergabung untuk sekedar refreshing, anda bisa kok gabung di "heart to heart", "hobby" atau " e-lifestyle" ;) Seperti yang mas Arif katakan... OOT is welcome, asal jangan kebablasan :p

2. Perdebatan sering tidak Fair. Yach kalau sudah mengeluarkan dalil dari Quran ya tidak jadi diskusi namanya dan tidak bisa dibantah dong? kalau itu maksudnya bicara tanpa ilmu, saya pikir bukan di sini tempatnya.. mungkin dapat dibatasi dengan tidak mempergunakan dalil sama sekali tapi diskusi dapat bermula dari berbagai analisis yang ditemui dalam kehidupan atau argumentasi yang bisa disusun sendiri. Kemudian dari sini bisa dikembangkan tentang pemecahan yang bisa dilakukan nah.. kalau mau ngeluarin jurus dalil ntar terakhir aja kalau udah buntu... Jadi bagi para Lc. atau para S. Ag. saya harap bisa menahan diri terhadap yang S.M.P..

Mas Acer, seperti yang disampaikan Areyou, mengajarkan (atau dalam hal ini "memberitahukan dan berbagi pengetahuan") Al Qur'an walau hanya satu ayat saja, merupakan tuntunan Islam. Tidak perlu menjadi Licensed atau Sarjana Agama untuk bisa menyampaian pengetahuannya tentang firman Allah. Sebagai umat Islam, Qur'an dan Hadits merupakan tuntunan utama dalam hidup. Jadi dalam berdiskusi pun alangkah baiknya jika kita mendasarkan diri pada Qur'an dan Hadits sehingga diskusi kita juga terarah, nggak kemana-mana yang mungkin bisa menimbulkan persepsi kebenaran yang salah menurut agama. Lagi pula, kalau diskusi menurut persepsi kita, wah bisa tanpa ujung dan bisa-bisa menjadi sesuatu yang sia-sia dan berlebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang suka berbuat sia-sia dan berlebihan.

Sekedar pengakuan, saya sendiri bukan S.Ag. apalagi Lc. Jika saya beberapa kali mengutip Ayat-ayat Qur'an ataupun Hadits dalam berdiskusi, itu hanyalah pengetahuan yang alhamdulillah saya dapatkan dari membaca buku-buku dan majalah-majalah Islami, menyimak tausiyah para ulama, searching materi agama di situs-situs Islami yang banyak terdapat di Internet, hasil diskusi di forum ini dan pembelajaran mandiri dengan membaca Qur'an. Dengan kata lain, saya juga masih belajar, dan berharap bisa belajar banyak tentang Qur'an dan Hadits melalui forum ini.

Jadi kalau menuruti saran anda tersebut, menurut saya bagaikan makan opor ayam tanpa ada ayamnya... Yang namanya opor ayam ya harus ada ayamnya, ayamnya kurang ditambah lagi, kalo kelebihan ya, dikurangi.

Sekali lagi, kalau anda ingin berdiskusi dengan santai tanpa harus banyak "bertemu" dengan kutipan Qur'an dan Hadits, mungkin bisa gabung di board yang saya sebutkan di atas.

3. besar kemungkinan pendapat yang dilontarkan cuma ditulisan aja, padahal yang penting adalah bagaimana sikap kita ketika di dunia nyata dan bagaimana mengutarakan pendapat kita saat itu. Well ini dunia maya kan? percuma di sini berkelakuan baik sementara di tempat kita masing-masing apa yang kita ucapkan tidak kita laksanakan sendiri. Boleh saya bilang sia-sia kalo cuma bikin keributan di sini.. Wah bahaya tuh masa sih jadi munafik cuma gara-gara obrolan di dunia yang tidak nyata?

Jangan berprasangka buruk dunk, mas ;;) Kalaupun iya, setidaknya kita sudah menabung amal baik di forum ini kan ;) daripada di luar "bregajulan" (halah etnisku keluar deh:p ) eh, di forum juga nggak bisa kasih masukan positif buat orang lain...

Nah mungkin itu saja posting perdana ini, sekali lagi itu hanya usul semata.. mohon maaf kepada admin apabila "nglangkahi" wewenangnya.. yang jelas saya senang dengan para pemuda dan pemudi ini.. selalu bersemangat dalam mencari ilmu.. dan berusaha menjadi harapan bangsa Indonesia.. tapi ya bang Rhoma punya lagu.. Jiwa.. Muda.. lalala..
Jangan cuma sama admin, moderator di sini juga galak2 lho...  :))

د ج ل

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.084
  • Reputasi: 11
  • Jenis kelamin: Pria
  • my personalities
    • Lihat Profil
    • amgidarap kilab kitit
Re:Menghujat, menasehati, debat, atau diskusi?
« Jawab #44 pada: Maret 05, 2009, 05:06:59 pm »
sipa yang bilang moderator di sii galak-galak?
pada baik kok... terutama yang idnya dajal007
:p