Penulis Topik: my questions about khilafah??  (Dibaca 12801 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

د ج ل

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.084
  • Reputasi: 11
  • Jenis kelamin: Pria
  • my personalities
    • Lihat Profil
    • amgidarap kilab kitit
Re: my questions about khilafah??
« Jawab #15 pada: Agustus 22, 2007, 02:11:26 pm »
@tuk teh chandra
tambahan pertanyaan nih, utk masalah pembentukan khilafah yg ana ga pahami sama sekali.
ana jd berpikir kembali, kalau ga membentuk partai politik bagaimana mau membentuk suatu khilafah di negeri ini (dunia pd space luas). tanpa sedikit pun mengikutkan jamaah 'itu' pd sistem pemerintahan di Indonesia, krn dgn tdk membentuk partai politik, bagaimana ia akan masuk ke sistem pemerintahan di suatu negeri?? bukankah dgn adanya partai politik bisa dijadikan wasilah utk masuk ke sistem pemerintahan di suatu negeri??
menjadi bagian sesuatu memang SALAH SATU cara untuk ikut merubah atau memperbaiki sesuatu itu. dalam kasus ini, menjadi bagian dalam sistem politik di Indonesia (atau dunia) merupakan salah satu cara untuk bisa merubah atau memperbaiki sistem politik di Indonesia (atau dunia). tapi itu tadi, hanya salah satu cara. merubah sistem politik ga harus menjadi bagian dari sistem politik itu.

dari yang saya amati, HT bukannya tidak sedikit pun masuk kedalam sistem pemerintahan indonesia, sebab menjadi rakyat pun sudah merupakan bentuk keikutsertaan dalam pemerintahan indonesia. sebagai orangaktivis organisasi saya yakin teteh pasti tau kalo menjadi anggota sebuah organisasi pun sudah masuk ke dalam organisasi tersebut :)

...karena dalam Islam tidak dikenal politik....
...kami mendapat satu kesimpulan bahwa wahyu Allah itu nonpolitik.
pernyataan ini dari yang saya tahu tentang politik, merupakan sebuah kesalahan. sebab dalam Islam tetap ada politik, dan wahyu 4JJ1 pun merupakan bentuk praktek politik. tentunya politik 4JJ1 terhadap umat manusia dan dunia.

Setiap politik pasti memiliki pamrih dan pasti pula menghendaki sesuatu dari masyarakat yang ada. Dimana saja orang-orang yang berpolitik menyebar, mereka selalu diliputi ambisi yang sifatnya kekuasaan dan dunia semata-mata. Kalaupun kebetulan tidak mempunyai kekuasaan, mereka pasti berkeinginan untuk menggantikan atau menduduki fungsi dari pemerintahan yang ada.
segala tindakan manusia pasti ada keinginan dibelakngnya, namun bentuk lkeinginan itu tergantung manusianya, mendapat pahala atau ingin dekat kepada 4JJ1 pun merupakan bentuk pamrih yang diinginkan.

ana yg tdk pernah melihat ataukah memang benar2 tdk ada?? krn ana belum menemukan satupun partai politiknya...
teteh udah liat sendiri, HT di dunia atau HTI di Indonesia merupakan salah satu bentuk organisasi politiknya. penjelasannya silakan baca kutipan teteh sendiri berikut ini :
Seluruh kegiatan yang dilakukan Hizbut Tahrir bersifat politik. Maksudnya adalah bahwa Hizbut Tahrir memperhatikan urusan-urusan masyarakat sesuai dengan hukum-hukum serta pemecahannya secara syar’i. Karena yang dimaksud politik adalah mengurus dan memelihara urusan-urusan masyarakat sesuai dengan hukum-hukum Islam dan pemecahan-pemecahannya.
kutipan tersebut menjelaskan definisi politik, dengan tambahan yang sesuai dengan syariat Islam. sebab kalo yang saya baca dari link yang di kasih kang PA, yang dimaksud dengan politik dalam artikel di situs tersebut hanyalah bentuk praktek politik, terlebih merupakan praktek politik yang tidak berdasarkan syariat Islam
bisa tolong diberi penjelasan atas penggalan2 diatas??
krn ana masih benar2 bingung, bagaimana mau membentuk khilafah (sistem pemerintahan) tapi dia sendiri tdk terjun ke pemerintahan (baca-> membentuk partai politik). krn pd masa sekarang ini, tentulah sulit utk mengangkat seorang khafilah (pemimpin). jelaslah agak sedikit berbeda dgn masa khulafaur rasyidin, ketika ummat muslim masih dalam satu komando, sedangkan sekarang sudah terlalu heterogen, bahkan sering terjadi perpecahan dan belum ditemukan satu pemimpin yg benar2 bisa dijadikan panutan.
silakan baca kembali penjelasan saya di atas

**afwan, pertanyaan2 ana diatas (yg pastilah dianggap sbg pertanyaan bodoh :D) hanya sekedar utk memenuhi rasa keingintahuan ana, bukan utk membedakan antara satu & yg lain. krn kita punya satu niat awal dan satu tujuan akhir.
menurut saya pertanyaan di atas bukanlah pertanyaan bodoh. justru menunjukkan bahwa teteh masih merasa bodoh, dan itu sangat bagus. dari pada merasa pintar yang justru dapat menyebabkan kejumudan :)

@tuk kang arif
implementasinya yang saya tau ya... dengan pembentukan HTI :D


saya menjawab ini bukan karena saya anggota HT, sebab saya memang bukan anggota HT :D

arif budiman

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re: my questions about khilafah??
« Jawab #16 pada: Agustus 22, 2007, 02:20:29 pm »
@tuk kang arif
implementasinya yang saya tau ya... dengan pembentukan HTI :D
tidak salah, tapi juga tidak menjawab permasalahan  ;D

saya menjawab ini bukan karena saya anggota HT, sebab saya memang bukan anggota HT :D
pantesan jawabannya kurang memuaskan  ;D

mahfudz ali

  • Pengunjung
Masih tentang pertanyaan no. 1
« Jawab #17 pada: Agustus 23, 2007, 12:33:36 pm »
Pertanyaan yang diajukan tentang khilafah kan cukup banyak, alangkah lebih baiknya kita bahas satu persatu. Saya ingin mencoba menjawab pertanyaan no. 1 sampai detil tentang pengertian khilafah. Kalau teman-teman (khsusunya penanya) sudah faham tentang definisi khilafah baru kemudian kita membahas persoalan lanjut (bagaimana menegakkannya, dari mana kita memulai dan lain sebagainya). Biar pembahasannya tidak melebar kemana-mana.

Jadi untuk jawaban pertanyaan pertama sudah jelas belum yah?!


Mahfudz Ali

ajeng

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 309
  • Reputasi: 4
  • Kisah yg tak kan Hilang,Saat dlm kasihmu
    • Lihat Profil
Re: my questions about khilafah??
« Jawab #18 pada: Agustus 23, 2007, 02:09:12 pm »
 menurut ajeng mesti jelas dulu apa yang dimaksud dengan partai politik sebelum bicara implementasinya,
dalam buku attakatul didefenisikan partai sebagai  kelompok yang berdiri atas dasar pemikiran(fikrah ) dn metode yang tetap (thariqoh),yaitu atas dasar ideologi yang diimani oleh setiap anggotanya,

fungsi dan tugas partai  al.;
mengontrol pemikiran dan perasaan umat
menghalangi terjadinya kemorosotan kembali pemikiran dan perasaan umat
melakukan pendidikan terhadap umat


nah baru implementasinya silahkan saja dilihat dari realitas HT yang ada ( atau dari cerita teman2 HT diforum ini sedikit mewakili)

wallahu'alam

walid

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 9
  • Reputasi: 1
    • Lihat Profil
Re: my questions about khilafah??
« Jawab #19 pada: Agustus 23, 2007, 03:10:56 pm »
mendirikan khilafah tidak semudah menendang bola men. butuh perjuangan yg benar2 berat. end pejuang khilafah bukan sembarang orang. mereka berjuang hanya untuk satu ALLAH SWT. bukan golonganya, partainya ato lainya.rasullulah panutannya. mereka selalu meninggalkan apa yg dilarang ALLAH dan selalu melaksanakan  perintahnya. makruh mereka tinggalkan, sunah mereka anggap wajib. merekalah generasi ghuraba. selalu sholat jamaah, puasa, gk isbal, selalu memelihara sunah nabi, akhlaq nya terpuji, dan yg penting tidak syirik kpd ALLAH & klo ada panggilan jihad dengan lantang mereka menjadi yg pertama. apakah teman2 yg senang berkoar di jalan2 itu penegak khilafah?

akhi ukhti khilafah gk akan berdiri klo aqidah n tauhidnya gk benar. udah benar ta teman2 yg ngakunya pejuang khilafah itu?

akhi ukhti khilafah gk akan berdiri/ tegak klo gk dibarengi ame tu namanya jihad!!!

arif budiman

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re: my questions about khilafah??
« Jawab #20 pada: Agustus 23, 2007, 03:13:39 pm »
menurut ajeng mesti jelas dulu apa yang dimaksud dengan partai politik sebelum bicara implementasinya,
dalam buku attakatul didefenisikan partai sebagai  kelompok yang berdiri atas dasar pemikiran(fikrah ) dn metode yang tetap (thariqoh),yaitu atas dasar ideologi yang diimani oleh setiap anggotanya
yang saya tau..
partai politik adalah organisasi politik yang menjalani ideologi tertentu atau dibentuk dengan tujuan khusus (wikipedia)

sedangkan pengertian politik adalah:
proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara. Pengertian ini merupakan upaya penggabungan antara berbagai definisi yang berbeda mengenai hakikat politik yang dikenal dalam ilmu politik. Politik adalah seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan secara konstitusional maupun nonkonstitusional. (wikipedia)

jadi ya wajar khan kalo saya menanyakan seberapa jauh kiprah HT dalam kancah perpolitikan di Indonesia dalam pengertian di atas.  Sebenarnya HT bisa mencontoh HAMAS di Palestina yang awalnya hanya sebuah kelompok ideologi tapi bisa berkembang menjadi sebuah partai politik yang bahkan bisa memenangkan pemilu.

fungsi dan tugas partai  al.;
mengontrol pemikiran dan perasaan umat
menghalangi terjadinya kemorosotan kembali pemikiran dan perasaan umat
melakukan pendidikan terhadap umat

tapi jika HT masih memahami politik sebagaimana teori klasik Aristoteles:
politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama
ya menurut saya sih.. HTI perlu keajaiban untuk bisa mendirikan khilafah di Indonesia.

MOCHAMAD FAUZI

  • Pengunjung
Re: Masih tentang pertanyaan no. 1
« Jawab #21 pada: Agustus 23, 2007, 04:06:39 pm »
Pertanyaan yang diajukan tentang khilafah kan cukup banyak, alangkah lebih baiknya kita bahas satu persatu. Saya ingin mencoba menjawab pertanyaan no. 1 sampai detil tentang pengertian khilafah. Kalau teman-teman (khsusunya penanya) sudah faham tentang definisi khilafah baru kemudian kita membahas persoalan lanjut (bagaimana menegakkannya, dari mana kita memulai dan lain sebagainya). Biar pembahasannya tidak melebar kemana-mana.

Jadi untuk jawaban pertanyaan pertama sudah jelas belum yah?!


Mahfudz Ali
Setuju banget... bagaimana mbak chandra ? yang bertanya. setuju tidak. Sudah jelas belum pengertian khilafah ?

psycho_avatar

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 720
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
    • Psycho Avatar
Re: my questions about khilafah??
« Jawab #22 pada: Agustus 23, 2007, 04:39:08 pm »
CMIIW...
setahu saya, FIS yang pernah menang pemilu di Aljazair itu sbetulnya transformasi dari HT kan? :-?

walid

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 9
  • Reputasi: 1
    • Lihat Profil
Re: my questions about khilafah??
« Jawab #23 pada: Agustus 23, 2007, 08:56:09 pm »
belajar dari pengalaman aja

ketika kita berdakwah lewat parpol, misalnya FIS, HAMAS sampai PKS...apa hasilnya? apakah orang kafir mau menerima kemenangan islam, walaupun lewat prosedur demokrasi?
ketika kita terjun dalam panggung demokrasi kita harus mengikuti aturannya. betul gak? gak semua aturan demokrasi itu sesuai syariat ISlam. ibaratnya minyak Islam tercampur dengan air, maka akan berpengaruh ama terangnya cahaya yg dihasilkan.


Azinul Haq

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 76
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • Ketemunya ini avatarnya....
    • Lihat Profil
Re: my questions about khilafah??
« Jawab #24 pada: Agustus 24, 2007, 03:22:12 am »
em.....
mungkin nambahin......
ga tau salah ato bener...
mungkin HTI ga terjun ke yang namanya Politik "Praktis"......
kyk sohib2 IM....

sukron.... :) :)

MOCHAMAD FAUZI

  • Pengunjung
Re: my questions about khilafah??
« Jawab #25 pada: Agustus 24, 2007, 10:21:37 am »
CMIIW...
setahu saya, FIS yang pernah menang pemilu di Aljazair itu sbetulnya transformasi dari HT kan? :-?

Wah sebaiknya janganlah menduga - duga. Sebaiknya kembali ke mbak chandra dah paham belum?

Laily Oktar

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.601
  • Reputasi: 24
  • Jenis kelamin: Wanita
  • here and there
    • Lihat Profil
    • Nai elye hiruva...
Re: my questions about khilafah??
« Jawab #26 pada: September 23, 2007, 08:28:37 am »
hm
yang saya tahu,
perbedaan antara PKS dan HTI
adalah HTI mengharamkan bentuk kepartaian <itu loooh, partai yang bertengger di legislatif>

nah,
kalo...
seandainya HTI mendirikan partai,gimana dong?
 :p


psycho_avatar

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 720
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
    • Psycho Avatar
Re: my questions about khilafah??
« Jawab #27 pada: September 23, 2007, 02:33:32 pm »
CMIIW...
setahu saya, FIS yang pernah menang pemilu di Aljazair itu sbetulnya transformasi dari HT kan? :-?

Wah sebaiknya janganlah menduga - duga. Sebaiknya kembali ke mbak chandra dah paham belum?

Lho, saya tidak menduga-duga, saya pernah mendengar bahwa FIS yang di aljazair itu adalah cabang dari HT...jadi tolong konfirmasi ;)

MOCHAMAD FAUZI

  • Pengunjung
Re: my questions about khilafah??
« Jawab #28 pada: Oktober 03, 2007, 02:56:17 pm »
menurut ajeng mesti jelas dulu apa yang dimaksud dengan partai politik sebelum bicara implementasinya,
dalam buku attakatul didefenisikan partai sebagai  kelompok yang berdiri atas dasar pemikiran(fikrah ) dn metode yang tetap (thariqoh),yaitu atas dasar ideologi yang diimani oleh setiap anggotanya
yang saya tau..
partai politik adalah organisasi politik yang menjalani ideologi tertentu atau dibentuk dengan tujuan khusus (wikipedia)

sedangkan pengertian politik adalah:
proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara. Pengertian ini merupakan upaya penggabungan antara berbagai definisi yang berbeda mengenai hakikat politik yang dikenal dalam ilmu politik. Politik adalah seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan secara konstitusional maupun nonkonstitusional. (wikipedia)

jadi ya wajar khan kalo saya menanyakan seberapa jauh kiprah HT dalam kancah perpolitikan di Indonesia dalam pengertian di atas.  Sebenarnya HT bisa mencontoh HAMAS di Palestina yang awalnya hanya sebuah kelompok ideologi tapi bisa berkembang menjadi sebuah partai politik yang bahkan bisa memenangkan pemilu.

fungsi dan tugas partai  al.;
mengontrol pemikiran dan perasaan umat
menghalangi terjadinya kemorosotan kembali pemikiran dan perasaan umat
melakukan pendidikan terhadap umat

tapi jika HT masih memahami politik sebagaimana teori klasik Aristoteles:
politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama
ya menurut saya sih.. HTI perlu keajaiban untuk bisa mendirikan khilafah di Indonesia.

Mengenai Politik silahkan baca tulisan saya di : http://fauzime.multiply.com/journal/item/7

.::senyum chandra::.

  • from djogdja with love...
  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.610
  • Reputasi: 11
  • Jenis kelamin: Wanita
  • wong djogdja ^^
    • Lihat Profil
Re: my questions about khilafah??
« Jawab #29 pada: Oktober 05, 2007, 04:36:26 pm »
ok, simple question...
apakah HT akan membentuk partai politik?? ikut berpartisipasi dlm pemilu 2009...
kalau iya kenapa dan kalau tidak kenapa??