Penulis Topik: KUMPULAN RESEP MASAKAN DUDUNGERS  (Dibaca 62198 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: KUMPULAN RESEP MASAKAN DUDUNGERS
« Jawab #30 pada: Juli 13, 2007, 01:27:55 pm »
daging panggang ala fie_vie!!

bahan:
- 1/2 kg daging sapi
- 2 sendok teh garam halus
- 3 sendok teh lada
- 5 siung bawang putih
- kecap (secukupnya)

cara masak..
sebelumnya rebus dulu daging itu hingga kumannya mati.
haluskan semua bahan di atas... setelah halus rebuslah bahan tersebut dengan daging itu.. sampai setengah asat.
tambahkan kecap secukupnya.. lalu asatkan..

setelah asat. panggang daging itu!

selesai!

selamat mencoba 


dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: KUMPULAN RESEP MASAKAN DUDUNGERS
« Jawab #31 pada: Juli 13, 2007, 01:28:09 pm »
SAYUR IKAN TEMPOYAK by Salendra_kms

bahan2nya:

1. Tempoyak
2. Cabe secukupnya
3. Bawang merah secukupnya jg
4. Serei utk bubu masak tau kan?
5. Garam
6. Gula pasir
7. Klu mau pake kunyit boleh jg klu ngk suka gpp
8. Ikan segar atau bisa juga peke tri/ikan asin

Cara memasaknya :
- Cabe digiling dlu sama garam, bawang, serei jgn tp jgn terlalu hancur cuma utk   
  menibulkan aromah nya saja trs klu mau pake kunyit sama digiling jg.
- Apabila sudah selesai maka tempoyak diaduk jadi satu sama bumbu2 tadi
- Dan untuk menibulakan rasanya enak maka dipadukan dengan gula supaya
   asam,asin dan manis jd satu maka menibulkan rasa enak tentunya sesuai
   kebutuhan anda.
- Apabila ingin banyak kua ya banyakin airnya aja tp apabila ingin kentel/dalam
  bentuk sambal ya tempoyaknya banyakin trus airnya ya dikit aja secukupnya saja
- Bila sudah mendidih maka masukan ikan yg sudah dibersihkan
- Tunggu sampe mateng maka siap disajikan
 
saya ngk peke penyedap apapun semuanya bubu2 biasa jd terserah temen2 mau pake apa ngk, masalahnya ngk suka MSG

heee klu ngk salah sih gitu sering liat ibu masak  klu kurang tambahin ya kali aja ada yg lebih tau 


dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: KUMPULAN RESEP MASAKAN DUDUNGERS
« Jawab #32 pada: Juli 13, 2007, 01:28:19 pm »
AYAM GORENG KALASAN by fie_vie

BAHAN :
1 ekor ayam
500 cc air kelapa
4 siung bawang putih, dihaluskan
garam
minyak goreng
1/2 sendok teh soda kue

CARA MEMBUATNYA :
Bersihkan ayam dan belah menjadi dua.
Rebuslah ayam dengan air kelapa, soda kue, bawang putih dan garam sampai empuk dan airnya mengering.
Panaskan minyak dan goreng ayam sampai warnanya kuning kecoklatan, angkat.

dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: KUMPULAN RESEP MASAKAN DUDUNGERS
« Jawab #33 pada: Juli 13, 2007, 01:28:33 pm »
Sayur Bayam + tempe dan Tahu Goreng ... by prince_darkness

Beli bayam, tahu dan tempe secukupnya .....

untuk bayam.....pertama didihkan air.....sembari menunggu air mendidih...petik tuh bayam lalu dicuci.....ketika air mendidih.....masukkan bayam...lalu tambahkan gula, garam secukupnya(kalo mo ditambah tomat dan yang lainnya juga boleh)
tunggu kurang lebih 5 menit ......angkat lalu taburi bawang goreng ....

untuk tahu dan tempe...rendam di air hangat yang udah dikasih garam secukupnya atau boleh dikasih bumbu yg lainnya......
5 menit cukuplah untuk ngerendam...lalu goreng aja tuh...

jadi inget masa2 pelatihan SSg di Dt dulu....


dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: KUMPULAN RESEP MASAKAN DUDUNGERS
« Jawab #34 pada: Juli 13, 2007, 01:28:46 pm »
Sambel terasi Bangka by Resty Amanda


2 ons cabe besar
1 ons terasi
garam secukupnya
gula secukupnya...
n jeruk asem..

Caranya :
Ulek cabe besar dengan garam hingga halus, bakar atau goreng terasi hingga harum. kemudian masukkan terasi dan gula ulek hingga rata. setelah pas hidangkan dengan jeruk asem atau jeruk sambel.



Sambel tomat.

bumbunya juga sama hanya saja ditambah tomat gede sebagai ganti jeruk asem.
tumis/goreng dengan 1 sdm minyak goreng semua bumbu sebelum diulek.kecuali garam dan gula.

setelah itu ulek semua bumbu dan tomat hingga halus... siap hidangin

Lalapnya terserah anda






dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: KUMPULAN RESEP MASAKAN DUDUNGERS
« Jawab #35 pada: Juli 13, 2007, 01:29:06 pm »
1. Ikan laut (digoreng or dibakar)+sambal cabe super pedas+lalapan+nasi hangat.
2. Sayur lodeh
3. Nasi goreng selera pedas ala ARCHER (buatan sendiri). Soalnya bisa dikreasi menurut selera.

bumbu:
-cabe rawit (10-15 buah)
-cabe merah (3 buah)
-bawang putih (7 siung)
-kemiri (klo ada)
-sedikit merica
-bisa ditambah dengan terasi (klo suka)
Semuanya diulek trus ditumis dengan margarine sampe bersin-bersin. Nah, klo sudah bersin-bersin baru masukin tuh nasi, trus dicampur ampe rata. Setelah masak bisa ditaburi bawang goreng dan kacang goreng. Hmm...Suedaaaaaaap!!

4. Semua makanan yang halal





dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: KUMPULAN RESEP MASAKAN DUDUNGERS
« Jawab #36 pada: Juli 13, 2007, 01:29:15 pm »
PIZZA by dinie_bgt

Resep bikin pizza gampang kok... 
Bahan untuk adonan:
Tepung Terigu 1/2kg (diayak)
Minyak Sayur 50 ml
Ragi Instan 1/2 bungkus
Garam 1/2 sdt
Air 250 ml
Minyak sayur 50 ml

Taruh terigu yg sudah diayak dlm wadah...terus tambahin ragi instan, gula & garam...Aduk...tambahin air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk...terus tambahin minyak untuk ngebuat adonan jadi kalis...
Aduk terus sampai adonan jadi satu dan ga nempel di tangan dan bisa dibentuk (kalis)...
Note: Emang sich cukup melelahkan ngadoninnya, tapi sabar aja dan harus yakin adonannya bnr2 kalis ya... 
Kalo udah diemin selama 45 menit biar mengembang... baru dipipihkan/ dibentuk... 

Sembari menunggu adonan dasar mengembang (45 menit)... saatnya untuk bikin toppingnya:
Bahan:
Minyak (kalo ada minyak zaitun) 2 sdm
Bawang bombay 1 siung
Bawang putih 3 siung (dihaluskan)
Pasta Tomat 3 sdm
Saus Tomat 8 sdm
Tomat segar 6 buah (buang bijinya dan cincang kasar)
1 sdt merica bubuk
1 sdt garam
1 sdm gula pasir
1 sdt oregano
50 ml air

Note:
Kalo mau pake daging cincang boleh...
Kalo mau pake jamur...Kalo jamur kalengan ga usah ikut ditumis tinggal ikut disusun sama sosis dsb, tapi kalo jamur seger sebaiknya ditumis bareng topping ini... 

Cara:
Panaskan minyak, masukan bawang bombay & bwg putih tumis sampai harum...terus masukin tomat seger yg udah dicincang halus...tumis sampai layu...setelah itu masukin pasta tomat, saos tomat, merica, oregano, gula & garam (kalo pake daging cincang & jamur segerr juga dimasukin)...aduk sampai rata...Lalu masukin air...aduk sampai mendidih dan mengental... (kalo pake daging...ya sampe dagingnya mateng)...trus angkat dech...

Bahan taburan (sesuai selera):
Sosis dipotong tipis, smoked beef, jamur, paprika hijau & merah, tomat dan keju yang diparut (kalo mau enak sich pake keju parmesan...tapi mahal...jadi pake keju biasa juga ga pa pa)...

Selanjutnya:
Bentuk adonan dasar jadi pipih (mau bulat atau kotak terserah... yang penting tipis (1cm)...
Oleskan saus topping...terus tambahin bahan taburan...terus keju...
Setelah itu... panggang di oven dengan suhu 175 derajat celcius selama 30 menit...trus angkat dech...

Selamat mencoba... 



dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: KUMPULAN RESEP MASAKAN DUDUNGERS
« Jawab #37 pada: Juli 13, 2007, 01:29:28 pm »
CEMILAN MIE SEHAT by intan honey

bahan : 1 bungkus mie instan rebus (merek apa saja)
           1 buah telur
           minyak goreng secukupnya
           daun bawang

cara membuat : rebus mie, setelah matang tiriskan. taruh bumbu kedalam mangkuk tambahkan telur dan daun bawang. kocok hingga rata, campurkan dengan mie rebus yang sudah ditiriskan. lalu kukus mie beserta bumbu dan telurnya. setelah berwarna kekuningan. angkat mie yang telah dikukus, lalu potong sesuai selera. setelah itu goreng hingga kecoklatan.

Cemialn Mie yg  sehat. murah dan praktis siap dihidangkan










dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: KUMPULAN RESEP MASAKAN DUDUNGERS
« Jawab #38 pada: Juli 13, 2007, 01:29:50 pm »
AYAM BAKAR PADANG by fie_vie

Bahan :
1 ekor Ayam kampung dipotong empat bagian
1 batang Kayu manis
3 biji Cengkih
5 lembar Daun jeruk
1/2 lembar Daun kunyit
2 batang Sereh
3 sdm Minyak goreng
500 ml Santan sedang kentalnya
100 ml Santan kental

Bumbu yang dihaluskan :
4 buah Cabe merah
3 siung Bawang putih
4 buah Bawang merah
1/2 sdm Ketumbar
1/2 sdt Adas manis
1/2 sdt Jintan
1/2 sdt Lada
2 cm Jahe
2 cm Lengkuas
3 cm Kunyit
3 biji Kemiri

Cara membuat :
Tumis bumbu yang dihaluskan dengan minyak goreng beserta kayu manis, cengkeh, daun jeruk, daun kunyit dan daun sereh hingga harum dan matang.
Masukkan ayam, tumis dengan bumbu hingga ayam setengah matang.
Tambahkan santan encer, kecilkan api, masak hingga kuah tinggal sedikit.
Tambahkan santan kental masak kembali hingga kuah mulai mengering, angkat dinginkan.
Setelah dingin lumuri seluruh permukaan ayam dengan sisa kuah yang mengering kemudian bakar hingga agak kekuningan.
Hidangkan.

dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: KUMPULAN RESEP MASAKAN DUDUNGERS
« Jawab #39 pada: Juli 13, 2007, 01:30:02 pm »
Resep Roti Boy by faritz

BAHAN ROTI (Untuk 10 buah) :
400 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein sedang
25 gr susu bubuk
10 gr ragi instan
150 gr gula pasir
3 kuning telur
1 btr telur
300 ml susu cair
100 gr mentega
¼ sdt garam

BAHAN ISI:
150 gr mentega

BAHAN TOPPING:
100 gr mentega
100 gr tepung gula
2 btr telur
150 gr tepung terigu
1 sdt moka pasta

CARA MEMBUAT:

1. Buat roti: ayak tepung dan susu bubuk, tambahkan gula, telur dan ragi instant, tuang susu cair sambil diuleni hingga kalis. Masukkan mentega dan garam sambil terus diuleni hingga adonan elastis, diamkan selama 30 menit di tempat yang hangat.

2. Kempiskan adonan roti, timbang masing-masing 50 gr, bulatkan. Lalu pipihkan, tambahkan 1 sdt mentega pada masing-masing adonan, bulatkan lagi, tata di loyang yang sudah dioles margarin. Diamkan adonan dalam ruang hangat agar mengembang selama 30 menit.

3. Buat topping: kocok mentega dan tepung gula hingga rata, masukkan telur dan moka pasta, kocok rata. Tambahkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata, lalu masukkan adonan ke dalam plastik segitiga.

4. Semprotkan bahan topping di atas adonan roti dengan cara melingkar sampai bawah, lalu panggang 10 menit dengan suhu 180 derajat Celsius.


Nah selamat mencoba yah.

Modal pembuatan roti boy ini sekitar 35.000,- termasuk bahan mentah ampe gas dan yang jadi sekitar 20 roti lebih padahal resep utk 10 roti :-)

harga roti boy di mal kelapa gading 5000~6000/pcs cmiiw.


dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: KUMPULAN RESEP MASAKAN DUDUNGERS
« Jawab #40 pada: Juli 13, 2007, 01:30:16 pm »
DONAT by dinie_bgt

Dah ada yg pernah coba bikin donat kentang blum???
Bikin yuuuks, gampang kok...

Bahan adonan:
Tepung terigu 1/2 kg
Mentega 3 sdm
Telur 1 butir (Dua butir juga boleh, tapi berhubung aku ga suka telur jadi cuma pake satu butir  )
Kentang 1 buah (rebus / kukus trus haluskan)
Ragi instan setengah bungkus (1 sdt)
Gula pasir 3 sdm
Garam satu sendok teh
Air secukupnya (kira2 50 ml)

Bahan tambahan:
Gula tepung secukupnya
Mentega
Mesis
Keju

Cara Membuat adonan:
Ayak tepung terigu, masukan kentang yg sudah dihaluskan, mentega, ragi instan, gula, dan garam... Aduk sampai rata... Kemudian masukan telur... Aduk kembali dan terakhir masukan air sedikit demi sedikit sampai adonan menyatu (kalis)...
Note: Ketika mengaduk, banting adonan sesekali agar adonan lebih mengembang...

Setelah kalis, diamkan adonan selama 30 menit ssambil ditutup dengan serbet...
Setelah 30 menit, bentuk adonan menjadi bulat lalu lubangi tengahnya...
Diamkan kembali selama 30 menit, baru kemudian digoreng...

Setelah dingin lumurkan dengan mentega dan mesis atau dengan keju atau lumurkan dengan gula tepung, sesuai selera...

Selamat mencoba... 

dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: KUMPULAN RESEP MASAKAN DUDUNGERS
« Jawab #41 pada: Juli 13, 2007, 01:31:03 pm »
ANEKA MIE NUSANTARA by faritz


MIE GODOK

BAHAN:
1 bh kentang, kukus, potong-potong
2 btg serai memarkan
2 lbr daun salam
½ ekor ayam potong 2 bagian
2000 ml air
3 sdm ebi, sangrai, haluskan
100 gr kol, potong kasar
4 sdm bawang goreng
2 btg daun bawang, potong 1 cm
300 gr mi kuning basah
1 sdm kecap manis
1 bh tomat, potong-potong
minyak goreng

BUMBU HALUS:
" 5 bh cabai merah
" 10 bh bawang merah
" 4 siung bawang putih
" 1 sdt merica
" 1 ½ sdm garam

CARA MEMBUAT:
1. Tumis setengah bumbu halus sampai harum, masukkan serai dan daun salam, aduk hingga layu. Tambahkan ayam, aduk hingga berubah warna.
2. Tuang air, rebus sampai ayam matang, angkat lalu suwir-suwir.
3. Panaskan 3 sdm minyak goreng, tumis sisa bumbu halus dan ebi sampai harum, masukkan kol, daun bawang, aduk hingga layu, tuang kaldu, didihkan.
4. Tambahkan mi, tomat, kentang, ayam suwir, kecap manis, aduk hingga bumbu meresap.
5. Sajikan dengan taburan bawang goreng.

Untuk 3 orang.




MIE CELOR PALEMBANG by faritz

BAHAN:
300 gr udang, kupas, sisakan ekornya lalu kerat punggungnya(ambil kulitnya untuk kaldu)
1 sdt air jeruk limau
250 gr mi telur, seduh
100 gr taoge, seduh
3 btr telur, rebus lalu potong-potong
6 btg kucai, iris halus
5 sdm bawang goreng

BAHAN KUAH:
1250 ml kaldu udang
250 ml santan dari ½ btr kelapa
¼ sdt gula pasir
½ sdt merica bubuk
1 sdm garam
1 sdt air jeruk limau
2 sdm tepung terigu encerkan dengan 50 ml air
2 btr telur, kocok lepas

CARA MEMBUAT:
1. Aduk udang dan air jeruk limau, diamkan selama 15 menit.
2. Didihkan 1500 ml air, masukkan kulit udang, angkat. Ukur kaldunya 1250 ml.
3. Didihkan kaldu udang, tambahkan santan, garam, gula, merica dan udang kupas, rebus sampai matang.
4. Masukkan telur mentah sambil diaduk hingga berbutir-butir, tambahkan air jeruk limau, aduk sampai matang. Kentalkan dengan larutan tepung terigu sambil diaduk hingga meletup-letup.
5. Sendokkan mi dan taoge ke dalam mangkuk, tambahkan potongan telur rebus, siram dengan kuah panas, taburkan kucai dan bawang goreng. Sajikan.

Untuk 4 orang.





MIE ACEH by faritz

BAHAN:
400 gr mi kuning basah yang gilik
350 ml kaldu sapi
250 gr daging kambing potong kotak 1 cm, tebal 1/2 cm
3 bh bawang merah, iris halus
2 siung bawang putih, iris halus
100 gr taoge
½ sdt cabai bubuk
2 sdm kecap manis
1 bh tomat potong-potong
1 btg daun seledri, iris halus
1 btg daun bawang, iris halus
1 1/2 sdt garam
3 sdm minyak goreng

BUMBU HALUS:
3 bh cabai merah
6 bh bawang merah
3 siung bawang putih
3 cm kunyit
3 bh kapulaga
¼ sdt jintan
½ sdt merica

PELENGKAP:
emping goreng
Acar ketimun dan wortel

CARA MEMBUAT:
1. Tumis bawang dan bumbu halus sampai harum, masukkan daging kambing sambil diaduk hingga berubah warna.
2. Tambahkan kaldu, tutup wajan, masak sampai daging lunak dan kuah mengental.
3. Masukkan mi, seledri, daun bawang dan garam, aduk rata. Tambahkan kecap manis, cabai bubuk, tomat dan taoge, aduk hingga layu dan bumbu meresap.
4. Angkat, sajikan dengan pelengkap.

dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: KUMPULAN RESEP MASAKAN DUDUNGERS
« Jawab #42 pada: Juli 13, 2007, 01:32:08 pm »
ANEKA CEMILAN by fie_vie

PISANG PENYET

bahan:
- pisang raja nangka
- margarin
- gula halus
- keju
- mesis
- susu kental manis

cara pembuatan:
panaskan margarin, lalu masak pisang hingga kecokelatan, bila sudah... tiriskan.
tekan pisang yang telah di goreng itu. setelah di penyet, taburkan gula halus secukupnya saja.
setelah di taburkan gula halus... parutkan keju di atasnya, lalu taburkan mesis dan setelah itu tuangkan susu kental manis secukupnya dewh!

hidangkan!
selamat mencoba 



ROTI BAKAR by fie_vie

bahan:
- 2 helai roti tawar
- margarin
- mesis
- susu kental manis
- kacang yang sudah dihaluskan
- keju

cara buatnye:
oleskan margarin pada 2 helai roti dan taburkan kacang (bila suka) dan mesis sesuka hati mu 
lalu pangganglah roti  itu di atas teflon. setelah ke cokelatan, angkat
lalu potong jadi 4 bagian, parutkan keju di atas roti yang sudah di potong menjadi 4 bagian itu!
lalu tuangkan susu kental manis dewh
hmm.... enak 

selamat mencoba!



juice jamje fie  (maksa)

bahan:
- 1 buah jambu biji
- 1 buah jeruk
- susu kental manis
- air gula (secukupnya)

cara buatnye:
jambu bijinya jangan pake biji yawh di blendernya  jeruknya juga jangan lupa di buang bijinya!
trus di blender dewh! jangan lupa kasih air gula bagi yang menginginkannya!
kalo ude di blender... di tuangin susu kental manis dewh 

selamat mencoba! 




dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: KUMPULAN RESEP MASAKAN DUDUNGERS
« Jawab #43 pada: Juli 13, 2007, 01:32:21 pm »
BROWNIES by dinie_bgt

Chocolate lovers, mari kita membuat brownies...
Dengan resep ala ibu dinie_bgt... Resep sudah dicoba di dapur pribadiku... 

Bahan:
Tepung terigu 90 gram (1 gelas belimbing)
Telur 4 butir
Gula 100 gram (1 gelas belimbing)
Mentega 200 gram
Coklat masak 2 blok
Coklat bubuk 40 gram
Kacang kenari secukupnya
Backing powder 1 sdt

Cara membuat:
1. Cairkan mentega dan coklat blok di atas api kecil... (Ga perlu sampe mendidih, yg penting udah mencair) Tunggu sampai uap panas hilang..
2. Aduk telur dan gula menggunakan mixer sampai mengembang... Kurang lebih selama 15 menit
3. Ayak tepung terigu, backing powder dan coklat bubuk...
4. Masukan mentega dan coklat yg udah dicairkan ke dalam adonan telur yg sudah mengembang, aduk rata...
5. Setelah itu, masukan ayakan tepung terigu, coklat bubuk dan backing powder secara bertahap ke adonan, aduk rata...
6. Siapkan loyang ukuran 20x20 cm... Oleskan dengan mentega dan taburan tepung terigu...
7. Tuang adonan ke dalam loyang... Taburkan kacang kenari di atasnya...
8. Panggang dalam oven selama 45 menit, atau sampai matang...
(Klo pake oven biasa, masak dengan api kecil supaya ga gosong)
(Klo pake oven listrik, aku ga tau dech pake suhu berapa derajat, soalnya biasa pake oven biasa ...  )

Selamat mencoba...
Jangan takut gagal, karena klo bikin brownies gagal, ga kan ngaruh... teuteup enak kok... 

dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: KUMPULAN RESEP MASAKAN DUDUNGERS
« Jawab #44 pada: Juli 13, 2007, 01:32:33 pm »
PEMPEK PALEMBANG by Resty Amanda

Bahan:
500 gr daging ikan tenggiri / ikan berdaging putih lainnya
250 gr tepung sagu
1 sdt bumbu penyedap
75 ml air
garam dan merica secukupnya
Bumbu:
500 ml cuka putih (bukan cuka biang)
125 ml kecap manis
8 siung bawang putih
100 gr gula merah
100 gr garam secukupnya
50 gr ebi, haluskan
Cara membuat:
Blender daging ikan dengan air sampai lembut. Kemudian campur dengan bahan lainnya hingga menjadi adonan yang pekat dan dapat dipulung. Bentuk dan isi menurut selera.
Rebus dalam air mendidih hingga terapung, angkat dan dinginkan. Campur semua bahan untuk bumbu kecuali ebi. Icipi rasanya. Bumbu harus berasa asam dan manis.
Sebelum disajikan, goreng dulu pempek hingga kering, potong-potong. Sajikan dipiring dengan menyiram kuahnya dan menaburi bubuk ebi. Tambahkan cabe ulek bila suka.
Met mencoba