Penulis Topik: KUMPULAN RESEP MASAKAN DUDUNGERS  (Dibaca 62197 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: KUMPULAN RESEP MASAKAN DUDUNGERS
« Jawab #15 pada: Juli 13, 2007, 01:20:58 pm »
BOLU PISANG BANANA CAKE by AA Kasep

Banana...
Buat yang belum sempat evolusi dengan sempurna (hehe... becanda ajah ni...)

Sumber : Dapur Resep Kita

Kategori Masakan : Kue

Bahan-Bahan :
150     Gram Terigu
5     Sendok makan Susu Bubuk Krim
1/2     Sendok teh Baking Powder
150     Gram Gula Halus
150     Gram Margarin, cairkan
6     Butir Telur
1     Sendok makan TBM
2     Buah Pisang Ambon, haluskan
1     Buah Pisang Ambon, potong-potong

Cara Mengolah :
     

1. Siapkan cetakan kue bolu, oleskan margarin di bagian sebelah dalam, taburi terigu hingga merata.
2. Campurkan Terigu, Susu bubuk krim dan baking powder, aduk hingga teracmpur merata.
3. Kocok telur dan gula sampai putih.
4. Masukkan TBM, kocok sampai mengembang.
5. Masukkan pisang yang sudah dihaluskan, kocok rata.
6. Masukkan campuran terigu, kocok perlahan sampai tercampur rata.
7. Masukkan Margarin cair, aduk merata.
8. Tuangkan adonan ke dalam cetakan.
9. Panggang sebentar sampai 1/2 matang (kurang lebih 25 menit), keluarkan, dan taburi dengan potongan pisang.
10. Panggang kembali sampai matang (sampai permukaan berwarna cokelat kekuningan).

dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: KUMPULAN RESEP MASAKAN DUDUNGERS
« Jawab #16 pada: Juli 13, 2007, 01:21:15 pm »
RESEP BROWNIES KUKUS by mei_Azzahro

Bahannya dan Langkah :

1. 75 gr margarin dan 75 coklat masak.
    Langkahnya : dimasak jadi satu dg pinggan tahan panas/teflon sampai cair, sisihkan.
2. Siapkan loyang bulat dg diameter 18-20 m dg tinggi 6-10 m atau menurut selera   
    Lalu oleskan loyang tsb dg margarin dan taburi dg tepung, tipis aja, yg penting
    rata di sisi2 loyang.
3. Nyalakan kompor untuk memanaskan risopan atau dandang, dg api sedang (jangan
    lupa airnya diisi   

Nah disini Tahap Proses!

3. 100 gr gula, 4 butir telur dan 1/4 sendok teh ovalet(penghalus/pengembang kue)
    Langkahnya  : ke-3 bahan tsb, dikocok bersama dg Mixer sampai
                        adonan menjadi putih dan mengembang (busa)
4. 100 gr tepung terigu dan 2 sendok mkn coklat bubuk (namanya lupa,afwan..tapi
    terserah antuna sekalian   
    Langkahnya : bahan tsb diayak jadi satu. Setelah lngkh ke-3 bahan ini dimasukan
    sedikit demi sedikit smpai habis, diaduk (alat aduk biasanya disebut:palet dari
    plastik atu karet) searah.
5. Setelah tercampur rata, masukkan bahan no.1 tadi, diaduk searah sampai habis
6. Setelah tercampur rata, masukkan pada loyang tadi. Lalu Kukus (Kukusan harus
    Benar2 panas) hingga matang sekitar 25-30 menit.
7.  Bila sudah matang, sajikan deh!

Nb: Pada bagian atas atau u isi dapat diberikan
      kacang (tanah, almond,kenari, mete yg sdh
     matang), keju dsb.

dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: KUMPULAN RESEP MASAKAN DUDUNGERS
« Jawab #17 pada: Juli 13, 2007, 01:21:28 pm »
BROWNIES COKLAT by liu

Bahan

100 gr tp terigu
30 gr coklat bubuk
2 bks nutrisari (jeruk keprok)
150 gr mentega cair
100 gr coklat batang dilelehkan
200 gr gula pasir
3 butir telor

Cara Membuat
1.kocok telor dan gula sampe mengembang
2.campurkan tepung, coklat bubuk dan nutrisari yg sdh diayak bersamaan ke dalam adonan, aduk sampai tercampur.
3.lalu masukkan coklat yg sdh dilelehkan.
4.masukkan mentega yg sdh dicairkan, aduk semua hingga tercampur rata.
5.bakar sampe matang dan wangi.
6.potong kotak2 atau sesuai selera.

Met mencoba yah

dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: KUMPULAN RESEP MASAKAN DUDUNGERS
« Jawab #18 pada: Juli 13, 2007, 01:21:48 pm »
PERKEDEL IKAN by Resty Amanda

Bahan-Bahan :
350    gram ikan kakap haluskan
150    gram udang cincang kasar
2    sendok makan tepung sagu
1    butir telur
1    cabe merah besar potong dadu kecil
1    lonjor kacang panjang iris halus
1    sendok makan daun ketumbar cincang
1    bungkus (80 gram) ROYCO bumbu pelezat serbaguna rasa pedas
Bahan    dihaluskan:
3    butir bawang merah
2    siung bawang putih
1/2    sendok teh garam
1/2    sendok teh merica bubuk
1    sendok teh gula pasir
    Minyak untuk menggoreng

Bahan    Saus:
100    ml air jeruk nipis
4    sendok makan gula pasir
1/4    sendok teh garam
8    butir bawang merah cincang
10    cabai rawit merah iris
1    sendok makan saus ikan/kecap ikan

Cara Mengolah :
    Membuat Celupan: 1. Campur 2 sendok makan ROYCO tepung bumbu serbaguna rasa pedas dengan 50 ml air, aduk rata.Membuat adonan:1. Campur ikan kakap yang telah dihaluskan dengan udang, tepung sagu, telur dan bumbu halus, aduk rata.2. Tambahkan cabai merah, kacang panjang dan daun ketumbar, aduk rata.Membuat Saus: 1. Campur air jeruk nipis dengan gula pasir, garam, aduk rata hingga gula larut.2. Tambahkan bawang merah, cabai rawit dan saus ikan/kecap ikan, aduk rata. Membuat Perkedel: 1. Ambil satu sendok makan adonan.2. Bulatkan dan kemudian pipihkan. 3. Celupkan perkedel dan lumuri dengan sisa tepung kemudian sisihkan.4. Panaskan minyak goreng kemudian goreng perkedel hingga matang kecoklatan, angkat. 5. Sajikan perkedel selagi hangat dengan sausnya.
 

dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: KUMPULAN RESEP MASAKAN DUDUNGERS
« Jawab #19 pada: Juli 13, 2007, 01:22:13 pm »
IKAN ASIN SAMBEL IJO by Resty Amanda

Bahan :
5 ons ikan Asin( ikan asin tenggiri or ikan asin kakap)
Minyak goreng tuk menggoreng ikan Asin (secukupnya)

Bumbu :
3   Ons Cabe ijo Gede
5   bawang putih
10 bawang merah
garamnya dikit aja
gula manis secukupnya (tuk penyedap boleh juga taruh sasa dikit kalo suka)
Minyak Goreng tuk numis

Caranya :
Goreng terlebih dahulu ikan.

Iris semua bumbu... dari cabe ijonya, bawang putihnya, bawang merahnya.
kemudian tumis deh.... dah wangi masukkan gula secukupnya / sasa kalo mau. telah harum masukkan ikan asin yang sudah di goreng.... aduk hingga rata bumbunya... setlah itu hidangin.... kalo nasi nya panas duh pokoknya gimana deh rasanya.


dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: KUMPULAN RESEP MASAKAN DUDUNGERS
« Jawab #20 pada: Juli 13, 2007, 01:22:38 pm »
MARTABAK TELOR BANGKA BY Resty Amanda

Bahan :
Tepung terigu  1 Kg (protein tinggi)
Susu Murni / air 1 liter atau lebih juga boleh asal adonannya bisa pas
Garam secukupnya
Telur               2 Butir

Bumbu :
Bawang Merah 15 bh / Bawang bombay 2 bh
Bawang putih   3  bh
Lada bubuk      1  sendok teh
Daun Selederi di potong halus
Garam                 secukupnya
Bumbu penyedap kalo mau..
Gula                   secukupnya

Isi :
Kentang 1 Kg direbus trus setlah dingin dikulit potong dadu 1 cm
Udang / daging sapi / ayam  3 ons
Telur 3 butir

Cara Memasak Bumbu dan isi :
Giling semua bumbu kecuali penyedap, setlah itu tumis.. setelah harum masukkan penyedap rasa apa aja n gula. kemudian masukkan kentang telah rata jangan lupa masukkan telor dan ratakan kembali. kemudian pindahkan kedalam piring.

Buat adonan :
Campur semua bahan jadi satu cicip. setalh pas dan adonan yang pas tidak terlalu kental masukkan ke dalam teflon yang sudah ditaruh margarine masukkan 1 sendok adonan tutup sebentar kemudian masukkan isi kentang lipat dan bentuk menurut selera kemudian angkat setelah martabak berwarna kuning kecoklatan. kemudian masukkan kembali adonan kulit hingga seterusnya hingga selesai... sajikan dengan cuka atau sambel

dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: KUMPULAN RESEP MASAKAN DUDUNGERS
« Jawab #21 pada: Juli 13, 2007, 01:22:56 pm »
SAMBEL KENTANG ALA RESTY

Kentang 1 KgUdang yang udah di kupas kulitnya 5 ons

Bumbunya :
Bawang Merah kira-kira 15 butir
Bawang Putihnya 4 butir
Cabenya kalo bisa 1 ons
garam secukupnya
Penyedap kalo mau
Gula 1/2 sendok teh

Caranya :
Kupas kentang trus potong-potong Panjang sekitar 1 cm tebalnya, trus goreng sampe mateng angkat tapi jangan sampe garing jadinya kaya kripik kentang deh.....
giling semua bumbu jadi satu kecuali gula nya itu buat numis bumbu... setelah harum taruh udang masukin gulanya dah nyatu bumbunya ma udang masukin deh kentangnya...
Duh kalo dah gitu res ga mau lagi makan yang lain heheh (just kidding)entang 1 Kg

 

dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: KUMPULAN RESEP MASAKAN DUDUNGERS
« Jawab #22 pada: Juli 13, 2007, 01:23:50 pm »
ANEKA KUE by ani hamida

Serabi

Bahan:

    200 gram tepung terigu
    1 sdt baking powder
    300 cc santan dari ¼ butir kelapa
    50 cc air daun suji atau pandan
    1 butir telur
    ¼ sdt garam
    Minyak sayur untuk olesan

Bahan Saus:

    500 cc santan dari 1 butir kelapa
    1 sdm gula pasir
    1 sdt garam
    1 lembar daun pandan

Cara Membuat:

    Campur tepung terigu dan baking powder.  Ayak, lalu letakkan ke dalam satu baskom.
    Kocok telur dan garam sampai berbuih lalu masukkan santan dan air daun suji, aduk sampai rata.
    Tuang adonan telur ke dalam campuran terigu dan baking powder sedikit demi sedikit, uleni sampai rata dan halus.
    Biarkan selama 1-2 jam.
    Panaskan wajan serabi (wajan kecil), olesi minyak.  Tuang 3-4 sdm adonan.  Tunggu sampai permukaan serabi muncul pori-pori, lalu ditutup.  Masak sampai matang.  Angkat dari wajan.  Ulang proses ini sampai adonan habis.
    Siap dihidangkan dengan sausnya.

Cara Membuat Saus:

    Didihkan semua bahan sambil diaduk supaya santan tidak pecah, angkat dan dinginkan.
Untuk 15-20 serabi.


Klepon

Bahan:

    300 gram tepung ketan
    75 cc air daun suji atau pandan
    2 sdt air kapur sirih*
    100 gram gula merah diiris
    ¼ butir kelapa diparut dikukus dengan ¼ sdt garam selama 15 menit

Cara membuat:

    Aduk tepung ketan dengan air daun suji sedikit demi sedikit, masukkan air sirih. Uleni sampai adonan dapat dibulatkan manjadi sebesar kelereng, isis dengan irisan gula merah, bulatkan lagi.
    Didihkan air dalam sebuah panci yang besar.  Masukkan klepon ke dalamnya, tunggu sampai mengapung.  Angkat & gulungkan klepon dalam kelapa parut.

Catatan:  *Kalau tidak ada, bisa dihilangkan.

Martabak manis / Terang bulan

Bahan Kulit:

    250 gr tepung terigu
    1 sdt ragi instan (yeast)
    150 gr gula pasir
    375 cc santan hangat
    2 butir telur
    ¼ sdt soda kue

Bahan Isi menurut selera:

    Kacang tanah, sangrai, kupas, cincang
    Wijen, sangrai
    Gula pasir
    Coklat
    Keju Parut
    Susu kental manis

Cara Membuat:

    Masukkan ragi ke dalam santan hangat, aduk sampai larut dan berbuih, sisihkan.
    Campur tepung dan gula, buat lubang ditengahnya, masukkan telur ke dalamnya.  Uleni sambil dituangkan larutan santan, sampai gula larut, masukkan soda kue, uleni kembali sampau tercampur rata.  Biarkan kurang lebih 15-20 menit di tempat yang hangat.
    Panaskan wajan martabak dan olesi margarine.  Tuang adonan ke dalamnya sampai naik dan permukaannya agak mengering dan bagian luarnya menjadi kecoklatan.
    Angkat dan letakkan ke atas telenan potong.
    Taburkan gula pasir ke permukaan martabak hingga rata.  Disusul dengan susu kental manis.  Sesuai dengan selera, taburi bahan kesukaan anda dan bahan taburan dapat dikombinasi.
    Lipat martabak menjadi 2, potong menurut selera.

Untuk 10-12 potong

Nastar

Bahan:
    200 gram mentega
    3 butir kuning telur
    50 gram gula
    1 sdm susu bubuk
    250 gram tepung terigu
    25 gram tepung maizena
    selai nanas

Cara membuat:

    Mentega, gula, susu bubuk dikocok sampai naik dan putih.
    Setelah itu masukkan kuning telur ke dalam adonan.
    Adonan dimasukkan ke dalam tepung terigu.
    Bulatkan dan masukkan nanas.
    Panggang setengah matang lalu diangkas dan dipoles dengan kocokan kuning telur dan mentega.
    Panggang lagi sampai kecoklatan.

dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: KUMPULAN RESEP MASAKAN DUDUNGERS
« Jawab #23 pada: Juli 13, 2007, 01:25:18 pm »
Minuman buka puasa by ani hamida

Wedang Bajigur

Bahan:

    5 sdt kopi
    ¼ sdt garam
    125 cc sirup gula jawa
    750 cc santan dari ½ butir kelapa
    1 bungkus vanili
    150 gram buah atep (kolang-kaling), dicuci bersih dan diiris tipis memanjang, direbus hingga matang

Cara Membuat:

    Campur kopi, garam, gula jawa dan santan, lalu aduk rata.  Kemudian masak campuran ini sambil diaduk-aduk sampai mendidih dengan api sedang.  Tambahkan vanili.
    Masukkan irisan buah atep yang sudah lunak dan matang.  Aduk rata.  Angkat dan hidangkan panas-panas dalam cangkir/gelas dengan pisang rebus atau kacang rebus.

Es Cendol

Bahan:

    125 gram tepung beras
    50 gram tepung sagu
    75 cc air daun pandan/suji
    450 cc air
    garam secukupnya

Bahan pelengkap:

    200 gram gula jawa, rebus dengan 125 cc air sampai larut dan kental (sirup gula merah)
    500 cc santan dari ½ butir kelapa, peras dengan air matang

Cara Membuat:

    Campur tepung beras dan sagu menjadi satu lalu cairkan dengan sebagian air.
    Didihkan sisa air dengan garam dan air daun pandan/suji.
    Masukkan cairan tepung ke dalam air yang sudah mendidih tadi, aduk rata, masak hingga matang dan kental.
    Saring adonan cendol dengan saringan cendol (berbentuk bulat-bulat pada permukaan saringannya) sambil ditekan-tekan sehingga ke luar dalam bentuk bulat pendek-pendek. Tampung cendol yang sudah disaring dalam baskom yang berisi air matang yang diisi es batu. Jika cendol sudah mengeras, saring, sisihkan.
Cara menghidangkan:

masukkan cendol ke dalam gelas, tuang sirup gula merah dan santan. Tambahkan dengan es batu atau es serut.

Untuk 4-5 gelas.
 

Sirsak Jahe

Bahan:

    50 gr jahe parut
    100 gr gula
    150 cc air
    600 cc sari buah sirsak siap pakai
    300 cc sari buah leci siap pakai
    2 buah jeruk lemon, ambil airnya
    es batu secukupnya

Cara Membuat:

    Masak gula, air, jahe hingga mendidih, lalu saring
    Campurkan sari buah sirsak, sari buah leci, air jeruk lemon, dan rebusan air gula yang telah dingin, lalu diaduk hingga rata
    Bila cuaca memungkinkan atau siang hari, dapat disajikan bersama dengan es batu

Untuk 6 gelas


Es Campur

Bahan:

    200 gram tepung sagu
    3 tetes perwarna merah
    10 buah bangkuang, potong dadu ½ cm
    1 liter air untuk merebus
    1 bungkus (7gram) agar-agar bubuk warna hijau
    2 lembar daun jeruk
    500 ml air
    500 gram daging buah kelapa muda, keruk kasar
    100 ml sirop grenadin
    250 ml santan kental, dari ½ butir kelapa parut, panaskan
    es batu serut

Cara Membuat:

    Aduk tepung maizena dan pewarna merah hingga rata.  Lumuri water chestnut dengan tepung maizena berwarna merah hingga rata.
    Didihkan air, rebus bangkuang hingga matang dan mengapung.  Angkat, rendam dalam air dingin matang.  Sisihkan.
    Aduk agar-agar bubuk, daun jeruk, dan air.  Didihkan hingga agar-agar larut.  Angkat, tuang ke dalam volume 500 ml yang sudah dibasahi air.  Biarkan membeku. 
    Potong agar-agar hijau beku bentuk dadu 1 cm.  Sisihkan.
    Dalam mangkok-mangkok saji, taruh 2 sdm bangkuang, 2 sdm agar-agar hijau, 2 sdm kelapa muda, 1 sdm sirop grenadin, 50 ml santan.  Beri es serut.  Sajikan.

Sirop grenadin adalah sirop yang dibuat dari buah delima.  Aromanya yang khas dan bewarna merah.  Dijual dalam kemasan botolan.

Untuk 5 mangkuk.

dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: KUMPULAN RESEP MASAKAN DUDUNGERS
« Jawab #24 pada: Juli 13, 2007, 01:26:10 pm »
Wedang Jahe by Sylvia_2811

wedang jahe ini enak bgt klo kita minum pas lg suasana dingin,,apalagi klo yg lg flu minum ini bisa cepet sembuh dech,,,nih aku kasih tau bahan2nya dan cara membuatnya,,,Gampang bgt kok,,,
Bahan:
    1 liter air
    100 gr gula pasir
    2 buah jahe, dimemarkan
    1 lembar daun pandan wangi, dipotong-potong

Cara Membuat:
    Semua bahan dicampur menjadi satu, kecuali air direbus sampai mendidih, masukkan bahan tersebut aduk sampai gulanya larut, dan pandannya menjadi layu, cicipi bila kurang manis tambahkan gula. Dihidangkan dalam keadaan hangat

Untuk 6 gelas


Nah...gimana? gampang bgt kan?

Ayo buruan coba,,,

dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: KUMPULAN RESEP MASAKAN DUDUNGERS
« Jawab #25 pada: Juli 13, 2007, 01:26:28 pm »
GULAI AYAM by fie_vie

Bahan :

- 6 potong daging paha/dada ayam
- 3 butir bawang merah (kalau tidak ada bisa diganti dengan 1/4 bawang bombay)
- 1 batang daun bawang
- 1 siung bawang putih
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok teh ketumbar bubuk
- 1/4 sendok teh laos bubuk
- 1/4 sendok teh kunyit bubuk
- 1 buah kemiri
- 1/4 sendok teh jinten
- 1/4 sendoh teh serai bubuk
- 1 sendok makan Sambal Oelek (bisa dibeli di Oriental Market, kalau tidak ada bisa diganti dengan 4 buah cabai merah diulek )
- 1 sendok teh garam halus
- 1/4 sendok teh gula jawa
- 2 sendok makan minyak untuk menumis
- santan kaleng 165 ml (atau sesuai selera)
- 2 buah kentang (potong jadi 18 potong/ sesuai selera)
- 1 cangkir air putih
- 1 iris jeruk nipis/lemon
- Bawang goreng (fried onion)

Cara membuat :

- Lumuri paha ayam dengan garam dan jeruk nipis/lemon.
- Haluskan bumbu-bumbu kecuali daun bawang.
- Tumis bumbu sampai harum, kemudian masukkan ayam, aduk-aduk sampai ayam berubah warna.
- Masukkan 1/4 cangkir air putih, kemudian santan, dan tambah 3/4 cangkir air putih.
- Kalau ayam sudah lunak, masukkan kentang dan daun bawang yang sudah dirajang.
- Rasakan, kalau kurang asin, bisa ditambah garam sedikit sesuai selera.
- Hidangkan dengan menaburkan bawang goreng di atasnya.

selamat mencoba.......
oiya... kalo ga enak  bilang ya!!!
masih dalam tahap belajar!!!

dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: KUMPULAN RESEP MASAKAN DUDUNGERS
« Jawab #26 pada: Juli 13, 2007, 01:26:49 pm »
gulai ayam ala resty...


Bahan :
1/5 kg dada ayam dipotong menurut selera
10 butir bawang merah
2 butir bawang putih
10 cabe rawit
jahe secukupnya ja tuk ngehilang rasa amis
1 buah kemiri
sedikit lengkuas
3 lembar daun salam
1 buku kunyit (kira-kira separuh kelinking deh  )
untuk rasa asemnya.....
ada yang peke belimbing wuluh
ada yang pake daun kedondong muda
ada juga yang pake nanas setengah mateng

jangan lupa gula ma garam sesuai selera 
1 buah jeruk nipis tuk menghilang bau amis....

caranya :
lumuri ayam dengan air jeruk nipis
haluskan semua bumbu
didihkan air kira2 1,5 liter
setelah didih masukkan semua bumbu
iris nanas atau yang untuk rasa asem lainnya menurut selera
kemudian daun salam
masukkan gula n garam
setalh bumbu semua meresap......
masukkin ayamnya... dah mateng ayamnya angkat deh......
met coba yah
enak ga enak bagi resty enak      muji sendiri    kacian deh lu resty   

dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: KUMPULAN RESEP MASAKAN DUDUNGERS
« Jawab #27 pada: Juli 13, 2007, 01:27:12 pm »
SAYUR SEGER by ani hamida

Urap daun kenikir

Bahan:

    200 gr daun kenikir
    200 gr taoge pendek
    150 atau 1/3 butir kelapa muda, kupas, parut memanjang

Bumbu dihaluskan:

    4 buah cabai merah
    2 siung bawang merah
    2 siung bawang putih
    1 sdt kencur cincang
    3 lembar daun jeruk purut
    garam, gula pasir secukupnya

Cara Membuat:

    Rebus daun kenikir sampai matang, tiriskan
    Rebus taoge sampai matang, tiriskan
    Campur bumbu halus dengan kelapa parut, kukus ± 20 menit supaya lebih tahan lama
    Campur sayuran dengan kelapa, aduk rata, hidangkan

Untuk 5-6 orang.


Sayur asem kacang merah

Bahan:

    500 gr kacang merah segar, rebus 15 menit, tiriskan
    1200 cc air/kaldu sayur
    3 buah tomat, belah 4-6
    2 lbr daun salam
    1 ptg lengkuas, memarkan
    4 batang daun bawang, potong 3 cm
    1-2 sdm air asam
    garam dan gula merah/pasir secukupnya

Bumbu dihaluskan :

    3 buah cabai merah
    7 siung bawang merah
    3 siung bawang putih
    1 sdt terasi

Cara Membuat:

    Rebus kacang merah, tomat, daun salam, lengkuas, dan bumbu halus hingga lunak dengan air atau kaldu sayur. Gunakan api sedang / kecil saja
    Setelah matang dan lunak, beri air asam, garam, dan gula secukupnya. Masukkan duan bawang, angkat dari api

Untuk 5-6 orang.


Sop ayam jagung

Bahan:

    ½ ekor ayam
    750 cc air
    10 buah jagung muda
    4 buah wortel, potong bulat-bulat
    1 ons jamur padi, dipotong-potong
    2 sdt garam
    4 sdt merica bubuk
    1 sdm irisan daun bawang
    1 sdm irisan daun seledri

Cara Membuat:

    Rebus ayam di dalam 750 cc air bersama garam sampai mendidih dan mendapatkan 500 cc air kaldu ayam.  Angkat ayam, lalu disuwir-suwir.  Masukkan suwiran ayam kembali ke kaldu.
    Masukkan wortel dan jagung muda ke dalam air kaldu, masak hingga matang.  Beri garam, merica bubuk, irisan daun bawang, seledri dan jamur padi.  Masak terus hingga jamur matang.  Jika air kaldu mengental tambahkan sedikit air.
    Angkat dan siap dihidangkan.

Untuk 4-5 orang.


Sop bawang

Bahan:

    1 sdm mentega/margarin
    6 sdm tepung terigu, disangrai
    1 liter kaldu ayam/daging sapi
    2 buah bawang bombai, iris
    ½ sdt merica bubuk
    3 sdt garam
    3 butir cengkeh
    bawang goreng

Cara Membuat:

    Tumis irisan bawang bombai dengan margarin.  Masukkan ke dalam kaldu yang sedang direbus dengan api sedang.
    Cairkan terigu.  Masukkan sedikit demi sedikit ke dalam kaldu.  Tambahkan merica, garam, cengkeh, dan bawang goreng.  Masak selama ½ jam hingga matang.
    Angkat dan siap dihidangkan.

Untuk 3-5 orang.





dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: KUMPULAN RESEP MASAKAN DUDUNGERS
« Jawab #28 pada: Juli 13, 2007, 01:27:28 pm »
Sambel terong by Sylvia_2811


sambal terong ini bikinan ku pas lagi iseng.dan ternyata keluarga ku menyukainya.. 

ok,,bahan2nya:

Terong (secukupnya),
cabai (ikut selera),
bawang putih, bawang merah, bawang bombay (secukupnya)
gula putih,
garam.

semuanya sesuai selera masing2,,kalo mau pedes tambahin cabenya banyak2

cara membuatnya:

1. goreng terong sampai matang,

2. goreng bawah putih, bawang merah, bawang bombay hingaga kekuning-kuningan,,(awas jgn sampe gosong)

3. ulek cabe, bawang putih, bawang merah dan bawang bombay sehingga menyatu dan tambah kan garam dan gula secukupnya.

4. setelah itu campurkan terong tersebut kedalam ulekkan bersama2 (cara no:3)..ulek terong tersebut sampai terong tersebut agak hancur

5. setelah itu simpan terong tersebut di dalam piring dan siap untuk di saji..

praktis banget lho bikinnya... 

dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: KUMPULAN RESEP MASAKAN DUDUNGERS
« Jawab #29 pada: Juli 13, 2007, 01:27:42 pm »
Ayam Cola by My_star

Bahan:
-1 ekor ayam kampung, potong 6-8 bagian
-1 sdt jahe, cincang kasar
-4 siung bawang putih, iris
-8 btr bawang merah, iris (bisa juga pake bawang bombay)
-2 bh daun bawang
-1 btl cola (ukuran sedang)
-1/2 bh paprika, potong kotak2
-minyak goreng
-2 bh tomat, potong2
-garam, penyedap rasa, merica bubuk secukupnya(sesuai selera)
-air

Cara Membuat:
-Tumis bawang putih, jahe dan ayam beberapa saat hingga bawang putih agak layu kemudian masukkan bawang merah, daun bawang, paprika, tomat, garam, penyedap rasa dan merica bubuk.
-tuangkan cola sedikit demi sedikit biarkan hingga ayam empuk dan kuah mengental, tambahkan air jika ingin kuah agak banyak,,

(klo suka pake oregano dan daun basil juga enak kok,,)
simpel kan,,