Penulis Topik: Jangan Musuhi TV  (Dibaca 1216 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Jangan Musuhi TV
« pada: Juli 10, 2007, 07:42:38 pm »
dari sebuah milis

Kenapa kita harus memusuhi TV?
Saya sering mendengar beberapa orang mengatakan tidak suka teve. Dan herannya alasan yang mereka ungkapkan terdengar sama. Entah benar-benar- benar mereka alami atau sekadar dengar dari orang. Sampai belakangan ini, saya sering mendengar orang berteriak untuk melakukan aksi sehari tanpa teve. Untuk apa? Apakah itu efektif melawan teve?

Konon ...
dulu menulis dan membaca adalah sesuatu yang hanya dilakukan orang-orang bodoh. Karena mereka dinilai lemah ingatan. Budaya masa lalu yang lisan dan harus menghapal dengan kuat, selalu mengeyampingkan budaya tulis dan baca. Tidak banyak artefak tulis dari masa lalu, bukan semata karena sedikitnya orang pintar. Justru anggapan orang yang terbiasa menulis dianggap bodoh itulah penyebabnya.

Di Prancis, sekelompok orangtua yang cemas dengan tayangan teve tidak lantas melawannya dengan aksi tidak menonton teve. Mereka malah melakukan diskusi, lalu bersama sekolah mencoba mensosialisaikan tentang baik dan buruknya tayangan telebisi. Dididik bagaimana memilih tayangan televisi yang baik.

Cobalah bersahabat dengan televisi. Temani anak-anak kita nonton teve, sambil menjelaskan apa yang mereka lihat. Bawa buku-buku yang menarik, dan alihkan perhatian mereka ke buku saat iklan. Televisi hanya alat. Kita bisa mematikan kapan pun kita mau. Kita bisa memilih tayangan yang baik.

Jika memang tidak ada alternatif yang bagus untuk ditonton, siapkan beberapa DVD film yang bagus untuk anak-anak kita. mematikan teve atau melarang anak nonton teve tanpa pengalihnya sama juga bohong.

Jadi, dari pada melakukan aksi sehari tanpa teve ... mendingan kita lakukan saja berhari-hari tanpa teve? Atau mungkin ada yang ingin melakukan sehari tanpa aksara?


--------------------

Bagaimana menurut kalian?

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Jangan Musuhi TV
« Jawab #1 pada: Juli 11, 2007, 07:31:09 pm »
para pejabat tinggi pertelevisian indonesia melarang keras anak-anaknya menonton acara tv yang diproduksinya! !!

bukan asal ngomong, ini statemen seorang staf kreatif salah satu tv swasta terkemuka di Indonesia. para dedengkot2 tv itu lebih menganjurkan nonton acara tv luar negeri pada anak-anaknya ketimbang acara tv yang diproduksinya sendiri.

paradoks?
memang.
lalu?

layla azzahra

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.590
  • Reputasi: 90
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Ijinkan hamba mencintaiMu dengan cara ini
    • Lihat Profil
Re: Jangan Musuhi TV
« Jawab #2 pada: Juli 11, 2007, 08:06:11 pm »
Numpang nyengir..... :D
Saya ga musuhin TV kok pak, beneran  ;)).
Hehehehe dari tulisan pak fariz kayaknya udah tersurat deh jawabannya,,,,
Yaitu banyakan isi dalam negeri kurang "mak nyus" (begitu juga luar negeri lo), tapi ga semua kok.
Kalo anak2 yang nonton TV mah emang "wajib" ditemani kali ya  :-??
Karena mereka dasarnya kan masih suka niru, nah kalo yang ditiru bagus ga masalah.
Lah, kalo yang ditiru adalah hal yang "nganeh-nganehi" bisa berabe dong.
Kalo secara penonton secara umum, pinter2 memfilter aja deh, jangan telen mentah2 apa yang ditonton.  :-??