Penulis Topik: Acara-acara TV yang (masih) layak tonton.  (Dibaca 32957 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

MardieS

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 14
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
  • Jadi ngantuk lihat kamu. Hehehe... becanda!
    • Lihat Profil
Acara-acara TV yang (masih) layak tonton.
« pada: Agustus 17, 2006, 02:45:40 am »
Di Metro TV:
::: Metro Realitas (malam atau siang--siaran ulang--)
::: Metro Files
::: Semua program berita Metro TV (Metro Xinwen dan This Morning pun ada subtitle Bahasa Indonesianya)
::: Metro e-Lifestyle (Sabtu, 14.30)
::: Iptek Talk (Minggu sore)
::: Bisnis Hari Ini
::: Economic Chalanges
::: Documentary Hours: IMAX
::: Mozaik Indonesia
::: Archipelago
::: The Scholar

Di Trans TV:
::: Sisi Lain (Siang)

Saya nggak hafal jadwal acaranya. Lihat aja di website stasiun TV masing-masing. Saya jarang nonton TV.

CMIIW.
Yang mau nambahin. Monggo... (Saya orang Jawa-Red)
« Edit Terakhir: Agustus 17, 2006, 03:02:53 am oleh MardieS »

serunting

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.349
  • Reputasi: 6
  • Jenis kelamin: Pria
  • Secrets makes a ninja NINJA!!!
    • Lihat Profil
    • Suka Sejarah
Re: Acara-acara TV yang (masih) layak tonton.
« Jawab #1 pada: Agustus 17, 2006, 02:47:21 am »
Ah, meskipun acaranya bagus,...
Aku masih males nonton.

Iklannya itu lho....

MardieS

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 14
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
  • Jadi ngantuk lihat kamu. Hehehe... becanda!
    • Lihat Profil
Re: Acara-acara TV yang (masih) layak tonton.
« Jawab #2 pada: Agustus 17, 2006, 03:01:25 am »
Kenapa sama iklannya?

Iklan bisa jadi sumber inspirasi, jadi hiburan (dalam arti positif) juga bisa, plus nambah pengetahuan (meski banyak informasi yang menyesatkan). Coba kita hargai kreativitas pembuat iklan.

Kalo misalnya ada iklan yang enggak layak ditonton, cuekin aja. Gak usah ditonton. Terutama buat cowok ;D

fie_vie

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.417
  • Reputasi: 4
  • Jenis kelamin: Wanita
  • no body's perfect
    • Lihat Profil
Re: Acara-acara TV yang (masih) layak tonton.
« Jawab #3 pada: Agustus 18, 2006, 04:00:49 pm »
fie ga begitu suka nonton tv!
kalo toh nonton paling rahasia illahi..dll
atau konser2 gitu!
terus award-awards-an lah pokoknya fie suka :D

King Fahd

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 437
  • Reputasi: 6
  • Jenis kelamin: Pria
  • darkwing duck!
    • Lihat Profil
Re: Acara-acara TV yang (masih) layak tonton.
« Jawab #4 pada: Agustus 19, 2006, 10:20:30 am »
segala macam program berita....

national geographic channel....

Joehahn

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 426
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
  • Bismillah
    • Lihat Profil
    • usahaku
Re: Acara-acara TV yang (masih) layak tonton.
« Jawab #5 pada: Agustus 19, 2006, 11:39:33 am »
TV 7 : Saksi Hidup

Aswad

  • Moderators
  • Sr. Member
  • *****
  • Tulisan: 439
  • Reputasi: 7
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
    • Kang Aswad
Re: Acara-acara TV yang (masih) layak tonton.
« Jawab #6 pada: Agustus 20, 2006, 02:31:58 pm »
Di Metro TV:
::: Metro Realitas (malam atau siang--siaran ulang--)
::: Metro Files
::: Semua program berita Metro TV (Metro Xinwen dan This Morning pun ada subtitle Bahasa Indonesianya)
::: Metro e-Lifestyle (Sabtu, 14.30)
::: Iptek Talk (Minggu sore)
::: Bisnis Hari Ini
::: Economic Chalanges
::: Documentary Hours: IMAX
::: Mozaik Indonesia
::: Archipelago
::: The Scholar

Di Trans TV:
::: Sisi Lain (Siang)

Saya nggak hafal jadwal acaranya. Lihat aja di website stasiun TV masing-masing. Saya jarang nonton TV.

CMIIW.
Yang mau nambahin. Monggo... (Saya orang Jawa-Red)

Afwan sebelumnya.

Menurut ente kriteria LAYAK itu seperti apa? Apakah karena manfaatnya?
Ane tahu acara2 yang ente sebutkan di atas itu semunya memang sarat akan informasi dan ilmu pengetahuan. Bila dibandingkan dengan infotaiment atau sinetron maka acara2 tersebut jauh lebih baik. Namun....
Sayangnya masih ada hal-hal yang membuatnya tidak baik bila ditonton, antara lain:
  • Pembaca acara wanita. Pertama, ia bertabarruj, tidak berhijab / menutup aurat dengan baik, apalagi ia di dandani sedemikian rupa supaya terlihat memikat penonton. Kedua, seorang wanita muncul dihadapan orang banyak (meski lewat TV) bisa banyak menimbulkan fitnah, apalagi ia tidak berhijab. Ketiga, ia bukan mahrom bagi mayoritas penonton TV, maka tidak halal dipandang
  • Iklan. Seperti sudah kita ketahui bersama, iklan2 sekarang banyak yg mengumbar aurat, maksiat dan ksyirikan. Ada iklan rokok, iklan bir, iklan pakaian dalam, dll. Masya Allah. Nah, apakah penonton TV bersedia merem setiap iklan muncul?
  • Apapun content-nya, kebanyakan acara TV sekarang memiliki sifat lahwu, bisa membuat kita lalai dari mengingat Allah.
  • Berita-berita dan info iptek yang ada di TV banyak yang berasal dari kaum Yahudi dan musuh2 Islam lain (CNN, Discovery, dsb). Kebanyakan memberikan berita2 bohong mengenai Islam, mengenai Palestine, mengenai Israel, dan setahu ane. Tentang IPTEK pun banyak yg mewacanakan pemikiran2 sesat, misalnya ttg evolusi, seleksi alam, manusia purba, dll.
  • Kuis, film dan sinetron Islami ternyata jauh dari Islami. Banyak pria dan wanita non-muhrim berduaan, bahkan bersentuhan. Banyak yg bertabarruj, memakai hijab tidak syar'i. Mengajarkan kedengkian, kecurangan, kesyirikan, dll.
Sungguh disayangkan memang bahwa televisi adalah penemuan yang brilian namun sampai sekarang belum ada yang menggunakannya sesuai dengan syariat. Syaikh Al-Albani, Syaikh Abdul Aziz bin Baz dan Syaikh Utsaimin sepakat bahwa mereka TIDAK MENGHARAMKAN televisi. Artinya dari segi dzatnya televisi itu tidak haram. Namun melihat penggunaannya yang hampir 99% tidak benar, dan hanya 1% saja kebaikannya maka berbeda lagi penghukumannya, bisa jadi makruh, bahkan Haram. Syaikh Al-Albani saja mengatakan andaikata televisi itu secara keseluruhan tidak ada yg melanggar syariat, dan digunakan untuk menyebarkan metode2 ilmiah dalam Islam yang bisa membawa umat Islam kembali ke jalan yang benar, tidak akan beliau haramkan bahkan beliau akan mengatakan wajib.

Wallahu a'lam.
« Edit Terakhir: Agustus 20, 2006, 02:33:38 pm oleh Aswad »

Stranger

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 39
  • Reputasi: 0
  • Ingat 3H: Hayawi! Hamasah! Ha...Istiqomahlah!^_^
    • Lihat Profil
Re: Acara-acara TV yang (masih) layak tonton.
« Jawab #7 pada: Agustus 21, 2006, 10:41:57 am »
klo mau jujur memang acara TV hampir tidak ada yang memberikan manfaat. klo mau yang paling syar'i ya...acara kuliah subuh.
tapi, klo boleh jujur dlm masa sekarang ini kayaknya susah juga klo harus meninggalkan TV sepenuhnya. paling enggak,,,kita bisa tau info2 ttng saudara2 kita di palestin juga dari TV kan?
TV juga punya peran dalam memfasilitasi beberapa da'i untuk berdakwah. kita juga bisa tau kondisi "medan juang" yg kita hadapi juga dari TV.
(walah...kok malah jadi promosi TV ya? :-/)

jadi keingetan, acara2 TVRI juga skarang lumayan lho!
yang sy inget salah satunya acara "Battle of Wits". =D>

Aswad

  • Moderators
  • Sr. Member
  • *****
  • Tulisan: 439
  • Reputasi: 7
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
    • Kang Aswad
Re: Acara-acara TV yang (masih) layak tonton.
« Jawab #8 pada: Agustus 21, 2006, 11:21:31 am »
klo mau jujur memang acara TV hampir tidak ada yang memberikan manfaat. klo mau yang paling syar'i ya...acara kuliah subuh.

Acara yg syar'i tidak harus melulu isinya ceramah. Apapun acaranya, yang penting didalamnya tidak ada pelanggaran kaidah2 syariah. Tidak ada wanita bertabarruj, tidak ada orang2 berkhalwat, tidak ada lagu2, tidak ada kesyirikan, dll.

paling enggak,,,kita bisa tau info2 ttng saudara2 kita di palestin juga dari TV kan?

Percaya deh akhi. Indonesia dapet berita mancanegara dari mana? Kebanyakan dari membeli. Membeli dari mana? Dari mana lagi kalo bukan dari orang2 kafir itu....
Dan mereka (orang2 kafir) banyak berbohong dalam memberitakan ttg Islam.

jadi keingetan, acara2 TVRI juga skarang lumayan lho!
yang sy inget salah satunya acara "Battle of Wits". =D>
Ya ane tahu acara ini. Banyak wanita bertabarruj juga nih.

Laily Oktar

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.601
  • Reputasi: 24
  • Jenis kelamin: Wanita
  • here and there
    • Lihat Profil
    • Nai elye hiruva...
Re: Acara-acara TV yang (masih) layak tonton.
« Jawab #9 pada: Agustus 21, 2006, 05:12:18 pm »
Di Metro TV:
::: Metro Realitas (malam atau siang--siaran ulang--)
::: Metro Files
::: Semua program berita Metro TV (Metro Xinwen dan This Morning pun ada subtitle Bahasa Indonesianya)
::: Metro e-Lifestyle (Sabtu, 14.30)
::: Iptek Talk (Minggu sore)
::: Bisnis Hari Ini
::: Economic Chalanges
::: Documentary Hours: IMAX
::: Mozaik Indonesia
::: Archipelago
::: The Scholar

Di Trans TV:
::: Sisi Lain (Siang)

Saya nggak hafal jadwal acaranya. Lihat aja di website stasiun TV masing-masing. Saya jarang nonton TV.

CMIIW.
Yang mau nambahin. Monggo... (Saya orang Jawa-Red)

Afwan sebelumnya.

Menurut ente kriteria LAYAK itu seperti apa? Apakah karena manfaatnya?
Ane tahu acara2 yang ente sebutkan di atas itu semunya memang sarat akan informasi dan ilmu pengetahuan. Bila dibandingkan dengan infotaiment atau sinetron maka acara2 tersebut jauh lebih baik. Namun....
Sayangnya masih ada hal-hal yang membuatnya tidak baik bila ditonton, antara lain:
  • Pembaca acara wanita. Pertama, ia bertabarruj, tidak berhijab / menutup aurat dengan baik, apalagi ia di dandani sedemikian rupa supaya terlihat memikat penonton. Kedua, seorang wanita muncul dihadapan orang banyak (meski lewat TV) bisa banyak menimbulkan fitnah, apalagi ia tidak berhijab. Ketiga, ia bukan mahrom bagi mayoritas penonton TV, maka tidak halal dipandang
  • Iklan. Seperti sudah kita ketahui bersama, iklan2 sekarang banyak yg mengumbar aurat, maksiat dan ksyirikan. Ada iklan rokok, iklan bir, iklan pakaian dalam, dll. Masya Allah. Nah, apakah penonton TV bersedia merem setiap iklan muncul?
  • Apapun content-nya, kebanyakan acara TV sekarang memiliki sifat lahwu, bisa membuat kita lalai dari mengingat Allah.
  • Berita-berita dan info iptek yang ada di TV banyak yang berasal dari kaum Yahudi dan musuh2 Islam lain (CNN, Discovery, dsb). Kebanyakan memberikan berita2 bohong mengenai Islam, mengenai Palestine, mengenai Israel, dan setahu ane. Tentang IPTEK pun banyak yg mewacanakan pemikiran2 sesat, misalnya ttg evolusi, seleksi alam, manusia purba, dll.
  • Kuis, film dan sinetron Islami ternyata jauh dari Islami. Banyak pria dan wanita non-muhrim berduaan, bahkan bersentuhan. Banyak yg bertabarruj, memakai hijab tidak syar'i. Mengajarkan kedengkian, kecurangan, kesyirikan, dll.
Sungguh disayangkan memang bahwa televisi adalah penemuan yang brilian namun sampai sekarang belum ada yang menggunakannya sesuai dengan syariat. Syaikh Al-Albani, Syaikh Abdul Aziz bin Baz dan Syaikh Utsaimin sepakat bahwa mereka TIDAK MENGHARAMKAN televisi. Artinya dari segi dzatnya televisi itu tidak haram. Namun melihat penggunaannya yang hampir 99% tidak benar, dan hanya 1% saja kebaikannya maka berbeda lagi penghukumannya, bisa jadi makruh, bahkan Haram. Syaikh Al-Albani saja mengatakan andaikata televisi itu secara keseluruhan tidak ada yg melanggar syariat, dan digunakan untuk menyebarkan metode2 ilmiah dalam Islam yang bisa membawa umat Islam kembali ke jalan yang benar, tidak akan beliau haramkan bahkan beliau akan mengatakan wajib.

Wallahu a'lam.


mmm. Aswad keras neh. OK lah, i appreciate that.
BTW. Aku nggak suka kalo kita 'terlalu' mengagung2kan Metro TV karena mereka adalah News TV.
Kalo kalian mendalami betul2 berita yang disampaikan terkadang tidak objektif, terutama yang berkaitan dengan partai yang berlambang Ficus benjamina. Sumpeh. Coba perhatikan betapa mereka membelanya secara membabi buta.
But, memang seh, beberapa layak tonton.

dinie_bgt

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Acara-acara TV yang (masih) layak tonton.
« Jawab #10 pada: Agustus 23, 2006, 01:22:53 pm »
Hare gene... Nonton Tipi emang isinya banyakan iklan&lagu2 serta sinetrun...
Kalo aku sih nonton TV cuma acara Gong Show di Trans TV, sama beberapa acara talk show kayak republik BBM, Oprah, dsb...
Ga tau sih acara2 itu layak atau ga untuk ditonton, tapi yang jelas lumayan nambah pengetahuan dan juga bisa ngilangin stress... :D

abul-fawza

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 321
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • Belajar tak kenal henti...
    • Lihat Profil
Re: Acara-acara TV yang (masih) layak tonton.
« Jawab #11 pada: Agustus 23, 2006, 01:58:41 pm »
Kalo Dora the Explorer dan Spongebob masuk kategori apa ya???
Mungkin masuk kategori "ngelamun" atau malah "imajinatif" atau ... ada yang bisa bantu. Anak-anak keluarga muslim banyak yang jadi penggemarnya tuh...

Yang jelas kalo kata saya sih tipi jangan diancurin :-??, sayang, masih bisa buat setel VCD tentang tuntunan ibadah atau film dokumenter atau yang lain yang masih boleh menurut syari'at.


archoholic

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 368
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
  • setengah...
    • Lihat Profil
Re: Acara-acara TV yang (masih) layak tonton.
« Jawab #12 pada: Agustus 26, 2006, 09:33:12 am »
Di Metro TV:
::: Metro Realitas (malam atau siang--siaran ulang--)
::: Metro Files
::: Semua program berita Metro TV (Metro Xinwen dan This Morning pun ada subtitle Bahasa Indonesianya)
::: Metro e-Lifestyle (Sabtu, 14.30)
::: Iptek Talk (Minggu sore)
::: Bisnis Hari Ini
::: Economic Chalanges
::: Documentary Hours: IMAX
::: Mozaik Indonesia
::: Archipelago
::: The Scholar

Di Trans TV:
::: Sisi Lain (Siang)

Saya nggak hafal jadwal acaranya. Lihat aja di website stasiun TV masing-masing. Saya jarang nonton TV.

CMIIW.
Yang mau nambahin. Monggo... (Saya orang Jawa-Red)

Afwan sebelumnya.

Menurut ente kriteria LAYAK itu seperti apa? Apakah karena manfaatnya?
Ane tahu acara2 yang ente sebutkan di atas itu semunya memang sarat akan informasi dan ilmu pengetahuan. Bila dibandingkan dengan infotaiment atau sinetron maka acara2 tersebut jauh lebih baik. Namun....
Sayangnya masih ada hal-hal yang membuatnya tidak baik bila ditonton, antara lain:
  • Pembaca acara wanita. Pertama, ia bertabarruj, tidak berhijab / menutup aurat dengan baik, apalagi ia di dandani sedemikian rupa supaya terlihat memikat penonton. Kedua, seorang wanita muncul dihadapan orang banyak (meski lewat TV) bisa banyak menimbulkan fitnah, apalagi ia tidak berhijab. Ketiga, ia bukan mahrom bagi mayoritas penonton TV, maka tidak halal dipandang
  • Iklan. Seperti sudah kita ketahui bersama, iklan2 sekarang banyak yg mengumbar aurat, maksiat dan ksyirikan. Ada iklan rokok, iklan bir, iklan pakaian dalam, dll. Masya Allah. Nah, apakah penonton TV bersedia merem setiap iklan muncul?
  • Apapun content-nya, kebanyakan acara TV sekarang memiliki sifat lahwu, bisa membuat kita lalai dari mengingat Allah.
  • Berita-berita dan info iptek yang ada di TV banyak yang berasal dari kaum Yahudi dan musuh2 Islam lain (CNN, Discovery, dsb). Kebanyakan memberikan berita2 bohong mengenai Islam, mengenai Palestine, mengenai Israel, dan setahu ane. Tentang IPTEK pun banyak yg mewacanakan pemikiran2 sesat, misalnya ttg evolusi, seleksi alam, manusia purba, dll.
  • Kuis, film dan sinetron Islami ternyata jauh dari Islami. Banyak pria dan wanita non-muhrim berduaan, bahkan bersentuhan. Banyak yg bertabarruj, memakai hijab tidak syar'i. Mengajarkan kedengkian, kecurangan, kesyirikan, dll.
Sungguh disayangkan memang bahwa televisi adalah penemuan yang brilian namun sampai sekarang belum ada yang menggunakannya sesuai dengan syariat. Syaikh Al-Albani, Syaikh Abdul Aziz bin Baz dan Syaikh Utsaimin sepakat bahwa mereka TIDAK MENGHARAMKAN televisi. Artinya dari segi dzatnya televisi itu tidak haram. Namun melihat penggunaannya yang hampir 99% tidak benar, dan hanya 1% saja kebaikannya maka berbeda lagi penghukumannya, bisa jadi makruh, bahkan Haram. Syaikh Al-Albani saja mengatakan andaikata televisi itu secara keseluruhan tidak ada yg melanggar syariat, dan digunakan untuk menyebarkan metode2 ilmiah dalam Islam yang bisa membawa umat Islam kembali ke jalan yang benar, tidak akan beliau haramkan bahkan beliau akan mengatakan wajib.

Wallahu a'lam.
hmmm......u're rock mAN!!!:x

Tapi ga semua acara tipi jelek. Kita harus ingat ada temen2 kita yang anak2 gaul yang masih awwam banget tentang Islam yang perlu kita dakwahin. Nah TV adalah salah satu inspirasi dalam berdakwah. Kayak Acaranya UJ (ustadz Jefri) 'yang muda yang beragama'. Tuh acara kan cocok buat anak2 gaul (ingat! mereka bukan musuh kita tapi mereka adalah saudara kita yang juga perlu kita dakwahin, makanya jangan gaul ama yang homogen terus, -maksudnya kalo salafy,ya sesama salfy aja, kalo tarbiyah, ya sesama tarbiyah aja-donk!!! Sekali2 ke anak2 gaul yang masih pacaran, yang solatnya masih bolong2, dll. Biar nambah pengetahuan dan u bisa lebih menerima apa itu perbedaan. Kan gak mungkin kan sama orang awwam ngomongnya pacaran haram, musik haram, komik haram, ini haram dan itu haram, bisa2 ente2 digebukin ama tuh orang kayak kasus di Lombok yang warganya mengusir sebuah kelompok pengajian sebut saja SL yang menurut warga tidak sesuai dengan yang diajarkan selama ini dan tidak sesuai tradisi. Nah inilah yang harus diubah tapi tidak dengan keras tapi dengan lembut, karena mereka pada dasarnyaga ngerti dan yang mengerti beritahulah mereka dengan baik.)
Model2 kayak gitu perlu kita adaptasi di kehidupan nyata kita. Banyak Anak2 gaul temen2 kita yang lebih suka ustadz gaul atau kajian yang enak daripada ngaji tafsir yang mbosenin menurut mereka. Tapi tentu aja diliat kaidah2 syar'inya apakah acara yang kita buat itu syar'i apa nggak....
Jadi jangan selalu melihat dari sisi negatifnya tapi lihatlah dari berbagai aspek. Gampangannya yang baik kita ambil yang jelek kita buang....GITU AJA KOK REPOT!!!! (diucapkan dengan gus dur style:D)

dajal007

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.017
  • Reputasi: 32
  • Jenis kelamin: Pria
  • di atas bumiNya lah kita semua berpijak
    • Lihat Profil
    • amgidarap kilab kitit
Re: Acara-acara TV yang (masih) layak tonton.
« Jawab #13 pada: Agustus 26, 2006, 09:43:52 am »
TVRI : acara kuis matematika, karena selama saya menonton acara itu belom pernah liat iklan, ga ada orangnya, paling banter tangan orang doank, acaranya ilmiah, so pasti bermanfaat banget. sayang, jam tayangnya lupa >:)

abul-fawza

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 321
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • Belajar tak kenal henti...
    • Lihat Profil
Re: Acara-acara TV yang (masih) layak tonton.
« Jawab #14 pada: Agustus 28, 2006, 09:16:19 am »
Halo... Halo... [Bandung...]
Kok ngga ada yang komentari pertanyaan saya tentang Dora dan Spongebob?
Ditunggu...

klo mau jujur memang acara TV hampir tidak ada yang memberikan manfaat. klo mau yang paling syar'i ya...acara kuliah subuh.
Acara yg syar'i tidak harus melulu isinya ceramah. Apapun acaranya, yang penting didalamnya tidak ada pelanggaran kaidah2 syariah. Tidak ada wanita bertabarruj, tidak ada orang2 berkhalwat, tidak ada lagu2, tidak ada kesyirikan, dll.

Setuju 100% bahwa acara syar'i tidak harus melulu isinya ceramah...
Masih ada reality show yang menyentuh :(( seperti "Tolooong", "Bedah Rumah", Dik Doang sang Pengembara, dll yang sejenis...
( [-X kecuali "Nikah Gratis" kebanyakan ngga syar'inya, trus "Uang Kaget" yg rada kejam ke yang dikasih duit)