Penulis Topik: Acara-acara TV yang (masih) layak tonton.  (Dibaca 33379 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

mez

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 2
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re: Acara-acara TV yang (masih) layak tonton.
« Jawab #15 pada: Agustus 29, 2006, 10:53:35 am »
Di Metro TV:
::: Metro Realitas (malam atau siang--siaran ulang--)
::: Metro Files
::: Semua program berita Metro TV (Metro Xinwen dan This Morning pun ada subtitle Bahasa Indonesianya)
::: Metro e-Lifestyle (Sabtu, 14.30)
::: Iptek Talk (Minggu sore)
::: Bisnis Hari Ini
::: Economic Chalanges
::: Documentary Hours: IMAX
::: Mozaik Indonesia
::: Archipelago
::: The Scholar

Di Trans TV:
::: Sisi Lain (Siang)

Saya nggak hafal jadwal acaranya. Lihat aja di website stasiun TV masing-masing. Saya jarang nonton TV.

CMIIW.
Yang mau nambahin. Monggo... (Saya orang Jawa-Red)

Afwan sebelumnya.

Menurut ente kriteria LAYAK itu seperti apa? Apakah karena manfaatnya?
Ane tahu acara2 yang ente sebutkan di atas itu semunya memang sarat akan informasi dan ilmu pengetahuan. Bila dibandingkan dengan infotaiment atau sinetron maka acara2 tersebut jauh lebih baik. Namun....
Sayangnya masih ada hal-hal yang membuatnya tidak baik bila ditonton, antara lain:
  • Pembaca acara wanita. Pertama, ia bertabarruj, tidak berhijab / menutup aurat dengan baik, apalagi ia di dandani sedemikian rupa supaya terlihat memikat penonton. Kedua, seorang wanita muncul dihadapan orang banyak (meski lewat TV) bisa banyak menimbulkan fitnah, apalagi ia tidak berhijab. Ketiga, ia bukan mahrom bagi mayoritas penonton TV, maka tidak halal dipandang
  • Iklan. Seperti sudah kita ketahui bersama, iklan2 sekarang banyak yg mengumbar aurat, maksiat dan ksyirikan. Ada iklan rokok, iklan bir, iklan pakaian dalam, dll. Masya Allah. Nah, apakah penonton TV bersedia merem setiap iklan muncul?
  • Apapun content-nya, kebanyakan acara TV sekarang memiliki sifat lahwu, bisa membuat kita lalai dari mengingat Allah.
  • Berita-berita dan info iptek yang ada di TV banyak yang berasal dari kaum Yahudi dan musuh2 Islam lain (CNN, Discovery, dsb). Kebanyakan memberikan berita2 bohong mengenai Islam, mengenai Palestine, mengenai Israel, dan setahu ane. Tentang IPTEK pun banyak yg mewacanakan pemikiran2 sesat, misalnya ttg evolusi, seleksi alam, manusia purba, dll.
  • Kuis, film dan sinetron Islami ternyata jauh dari Islami. Banyak pria dan wanita non-muhrim berduaan, bahkan bersentuhan. Banyak yg bertabarruj, memakai hijab tidak syar'i. Mengajarkan kedengkian, kecurangan, kesyirikan, dll.
Sungguh disayangkan memang bahwa televisi adalah penemuan yang brilian namun sampai sekarang belum ada yang menggunakannya sesuai dengan syariat. Syaikh Al-Albani, Syaikh Abdul Aziz bin Baz dan Syaikh Utsaimin sepakat bahwa mereka TIDAK MENGHARAMKAN televisi. Artinya dari segi dzatnya televisi itu tidak haram. Namun melihat penggunaannya yang hampir 99% tidak benar, dan hanya 1% saja kebaikannya maka berbeda lagi penghukumannya, bisa jadi makruh, bahkan Haram. Syaikh Al-Albani saja mengatakan andaikata televisi itu secara keseluruhan tidak ada yg melanggar syariat, dan digunakan untuk menyebarkan metode2 ilmiah dalam Islam yang bisa membawa umat Islam kembali ke jalan yang benar, tidak akan beliau haramkan bahkan beliau akan mengatakan wajib.

Wallahu a'lam.



saya pikir dunia tlah maju, mengapa kita tidak memanfaatkan itu untuk kemajuan islam. kalau pun ada berita yang merusak citra islam , kenapa tidak kita  gunakan sarana itu untuk memperbaiki keislaman kita dan men-syiarkan islam itu bagaimana sih

Aswad

  • Moderators
  • Sr. Member
  • *****
  • Tulisan: 439
  • Reputasi: 7
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
    • Kang Aswad
Re: Acara-acara TV yang (masih) layak tonton.
« Jawab #16 pada: Agustus 29, 2006, 01:49:51 pm »
saya pikir dunia tlah maju, mengapa kita tidak memanfaatkan itu untuk kemajuan islam. kalau pun ada berita yang merusak citra islam , kenapa tidak kita  gunakan sarana itu untuk memperbaiki keislaman kita dan men-syiarkan islam itu bagaimana sih

Iya benar sekali. TV seharusnya memang digunakan untuk mendukung kemajuan Islam. Namun bagaimana caranya? Apakah membuat 'sinetron Islami' yang banyak tabarruj-nya bisa memajukan Islam? Apakah menayangkan aurat2 wanita itu memajukan Islam? Apakah menayangkan laki-laki2 dan perempuan berkhalwat adn ikhtilat itu memajukan Islam? Apakah mendendangkan musik2 syirik, maksiat dan melenakan itu memajukan Islam?

Ane ga bilang TV itu haram, para ulama pun tidak berfatwa demikian. Bila TV digunakan untuk kebaikan, di dalamnya tidak ada hal2 yang dilarang, tidak ada kebaikan yang dicampur2 dengan kebathilan, maka tentunya TV bisa membantu untuk memajukan ummat Islam.

syafiq

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 1
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re: Acara-acara TV yang (masih) layak tonton.
« Jawab #17 pada: Agustus 29, 2006, 08:01:44 pm »
kayaknya kita cuma bisa nonton yah, belum bisa bikin tv alternatif islam yang benar2 islami, kasihan deh kita. kesimpulan nya umat islam cuma bisa jadi konsumen belaka jadi kita yang dijadikan objek terus, betul tidak!

ir_one

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 525
  • Reputasi: 4
  • undzur shurotii......
    • Lihat Profil
Re: Acara-acara TV yang (masih) layak tonton.
« Jawab #18 pada: Agustus 30, 2006, 01:25:13 pm »
memank kebanyakan acara d tivi yg ane liat banyak yang tidak berbau islami dan syar'i, apalagi sinetron2 sekarang.
ane paling gerah klo ngeliat sinetron d tivi2 sekarang,
tapi ane suka ma sinetron Kiamat Sudah Dekat, masih layak tonton kah sinetron yang satu itu mnrut antum..?
tapi menurut ane acara d tivi yang bagus tuh biasanya waktu shubuh : kuliah subuh,hikmah fajar.......

Tapi ada satu yang paling ane suka dan insyaallah ga boleh kelewat, si Bolang (Bocah Petualang)......
 :D

.::senyum chandra::.

  • from djogdja with love...
  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.610
  • Reputasi: 11
  • Jenis kelamin: Wanita
  • wong djogdja ^^
    • Lihat Profil
Re: Acara-acara TV yang (masih) layak tonton.
« Jawab #19 pada: September 01, 2006, 08:30:21 pm »
kalian udah pernah nonton acara TV yg isinya ******* semua?
coba deh nonton discovery channel, animal instict ya gitu2 deh.. ;D
garing bin jayus..

aviek

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 9
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re: Acara-acara TV yang (masih) layak tonton.
« Jawab #20 pada: September 04, 2006, 08:12:57 am »
emang sekarang tv ndak layak kita tonton kok

HELL-TOBAT

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.215
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
  • Another Day.....Another Way.....Another Spirit
    • Lihat Profil
Re: Acara-acara TV yang (masih) layak tonton.
« Jawab #21 pada: September 05, 2006, 11:20:51 am »
ngapain buang2 waktu aja nonton tipi

yang ditonton tuh acaranya
bukan tipinya ok
 :D :D :D

abul-fawza

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 321
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • Belajar tak kenal henti...
    • Lihat Profil
Re: Acara-acara TV yang (masih) layak tonton.
« Jawab #22 pada: September 05, 2006, 12:50:25 pm »
Ada satu acara yang rutin saya simak: Topik Minggu Ini (SCTV, Rabu malam), diskusinya mantab... =D>

Laily Oktar

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.601
  • Reputasi: 24
  • Jenis kelamin: Wanita
  • here and there
    • Lihat Profil
    • Nai elye hiruva...
Re: Acara-acara TV yang (masih) layak tonton.
« Jawab #23 pada: September 06, 2006, 02:04:43 pm »
Ada satu acara yang rutin saya simak: Topik Minggu Ini (SCTV, Rabu malam), diskusinya mantab... =D>


yep. stuju.

Tapi aku dah jarang nonton TV.
Cuman denger Radio doank <itu juga kalo sempet>

ARCHER

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.080
  • Reputasi: 5
  • Jenis kelamin: Pria
  • Masjid Kampus UGM
    • Lihat Profil
Re: Acara-acara TV yang (masih) layak tonton.
« Jawab #24 pada: September 06, 2006, 02:18:56 pm »
saya pikir dunia tlah maju, mengapa kita tidak memanfaatkan itu untuk kemajuan islam. kalau pun ada berita yang merusak citra islam , kenapa tidak kita  gunakan sarana itu untuk memperbaiki keislaman kita dan men-syiarkan islam itu bagaimana sih
Menurut ustadz, ada sebauh acara di televisi Saudi yang berjudul kalau tidak salah "Al-fatawaa 'alal hawa" ato fatwa lewat udara. Acara tersebut adalah acara live dengan mengundang para ulama' kibar (senior) negeri Saudi dengan membuka pertanyaan melalui telepon dari pemirsa  seluruh dunia untuk bertanya langsung kepada ulama' kibar yang menjadi narasumber.
Subhanallah, jika acara tersebut ditanyangkan di televisi Indonesia akan sangat bermanfaat karena yang menjawab pertanyaan dari pemirsa adalah ulama' kibar negeri Saudi.

MardieS

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 14
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
  • Jadi ngantuk lihat kamu. Hehehe... becanda!
    • Lihat Profil
Re: Acara-acara TV yang (masih) layak tonton.
« Jawab #25 pada: September 11, 2006, 12:16:59 pm »
Aku pernah pinjem walkman temen. Mereknya Aiwa, made in China. Di situ ada tombol "TV", katanya sih bisa dengerin siaran UHF. Tapi aku coba nggak bisa.

Temen2 ada yg tau gak, walkman yg bisa dengerin siaran UHF lain. Tentunya yang bisa dipake di Indonesia.

.::senyum chandra::.

  • from djogdja with love...
  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.610
  • Reputasi: 11
  • Jenis kelamin: Wanita
  • wong djogdja ^^
    • Lihat Profil
Re: Acara-acara TV yang (masih) layak tonton.
« Jawab #26 pada: September 12, 2006, 03:20:20 pm »
republik BBM itu dulu saya selalu nonton ko sekarang ga pernah tayang ya? apa krn itu membuka aib banyak pihak...

HELL-TOBAT

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.215
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
  • Another Day.....Another Way.....Another Spirit
    • Lihat Profil
Re: Acara-acara TV yang (masih) layak tonton.
« Jawab #27 pada: September 13, 2006, 10:52:31 am »
republik BBM itu dulu saya selalu nonton ko sekarang ga pernah tayang ya? apa krn itu membuka aib banyak pihak...


mungkin aja
sekarang masih ada cuman wakil pres,dkk sebagian mangkir ke metro tv sama hari senin cuman jam 8an lebih sore
yg BBM ada mlmnya di indosiar ko


kayaknya ada tekanan politik tingkat tinggi tuh
 :-?

Laily Oktar

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.601
  • Reputasi: 24
  • Jenis kelamin: Wanita
  • here and there
    • Lihat Profil
    • Nai elye hiruva...
Re: Acara-acara TV yang (masih) layak tonton.
« Jawab #28 pada: September 13, 2006, 01:16:40 pm »
metroTV=Partai Ficus benjamina

how many times i've been told ya all?! :D

imma

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 33
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Wanita
  • hmmm.....^_^
    • Lihat Profil
Re: Acara-acara TV yang (masih) layak tonton.
« Jawab #29 pada: September 14, 2006, 11:15:14 am »
kalo BBM emang udah pindah ke metro tv... tapi sekarang namanya bukan BBM lagi, tapi Republik Mimpi.....tapi kayaknya lebih seru waktu di indosiar....,lebih asik taufik savalas yang jadi presiden dari pada butet
nah sebagai gantinya di indosiar sekarang ada semacam komedian gitu..kalo ga salah si namanya istana BBM....
kayaknya ada konflik di republik BBM....sampai2 jadi pecah gitu.....