Penulis Topik: tentang OSPEK  (Dibaca 4090 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

.::senyum chandra::.

  • from djogdja with love...
  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.610
  • Reputasi: 11
  • Jenis kelamin: Wanita
  • wong djogdja ^^
    • Lihat Profil
tentang OSPEK
« pada: Juli 03, 2007, 08:22:14 pm »
bismillahirrahmanirrahim.

assalamualaikum wr wb.
alhamdulillah... seru fitria ketika aku dan dia berhasil menyelesaikan keseluruhan konsep masta fmipa 2007 besok. akhirnya setelah berpikir lumayan panjang dan lama kami berdua sepakat mengambil grand tema ttg organisasi, mengarahkan mahasiswa baru agar sadar bahwa menjadi seorang organisatoris tidaklah merugikan scr akademis. dan aku pribadi lebih menekankan pd organisasi pergerakan mahasiswa. dan tentu saja banyak syarat ku ajukan kpd calon panitia nantinya. harus lulus BTAQ (baca tulis al-quran) dan mempunyai wawasan keislaman yg kuat. walaupun itu agak mengalami perlawanan dr panitia sc lainnya tapi aku tetap ngotot bahwa semua panitia oc harus paham Islam. sebenarnya agak sedih juga ketika keinginanku utk mewajibkan panitia dan peserta akhwat harus pakai rok ditolak keras oleh sc lainnya. akhirnya aku ambil jalan tengah, "ok kalau ga boleh pakai rok, berarti semua panitia dan peserta akhwat harus pakai pakaian sesuai kriteria yg diajukan universitas" tegasku saat itu. ah bodoh amat dibilang saklek. paling tdk inilah saatnya aku memperjuangkan sesuatu yg bersifat minoritas di kampusku yg harusnya Islami ini.
grand tema keseluruhan aku memilih utk lbh mengarahkan pada pergerakan mahasiswa, mengajarkan jadi pemberontak? tentu tidak. melainkan hanya ingin mengarahkan masalah keorganisasian pd mahasiswa baru. sedikit tentangan aku dapatkan dari teman2ku di lembaga dakwah, "masalah rok ga bisa tembus ya ukh?" tanya temanku, "ga bisa, tapi semua panitia wajib pakai sesuai aturan univ" jawabku. "terus masta kali ini temanya apa?" tanya temanku yg lain. "afwan, kali ini aku agak mengurangi masalah keislamannya. krn aku berpikir kita akan ada ONDI dan anak2 2007 sudah di-set utk mengikuti pembinaan yg berkelanjutan. sampai nantinya bisa ngaji semua kan? jadi ya utk masta aku lebih ke masalah organisasi aja, tepatnya pergerakan mahasiswa". ah banyak yg ga setuju, tahukah kalian betapa sulitnya menembus sesuatu yg bersifat keislaman kalau kita bekerja dgn orang2 awam. yg ada tiap rapat aku direndahkan. marah, jengkel, merasa tersinggung selalu berusaha ku tahan kalau ingat bagaimana sikap teman2 sc ketika aku mengeluarkan permintaan yg bersifat Islami. sungguh terlalu... [-( [-(
ya.. masta akan berlangsung insyaAlloh tgl 25-26 agustus. walaupun masalah rok ga bisa tembus, tapi krn aku yg menguji para pemandu jadi tentu saja para pemandu akan aku ambil orang2 yg bisa diandalkan. :great:
supaya bisa diarahkan utk bergabung dgn lembaga dakwah?? tentu bukan itu tujuan pribadiku, supaya anak2 2007 bisa ngaji semua?? nah itu dia tujuan pribadiku... :) :)
banyak harapan aku sematkan di masta kali ini, supaya kampus ini lebih Islami. supaya mahasiswa 2007 bisa mentoring semua. dan tertanam dlm pikiran bahwa ikut organisasi tidaklah merugikan dr segi akademis. paling tidak itu akan mengurangi jumlah mahasiswa yg SO.

eh ko jadi curhat begini, sebenarnya inti dr thread ini adalah.

**BAGAIMANA DENGAN OSPEK DI KAMPUSMU??**

atau adakah diantara antum yg jd panitia ospek?? lalu bagaimana konsep ospek di kampus antum?

jazakumullah khoir. wassalamualaikum wr wb.

**
masta = masa taaruf (nama utk ospek di kampus ana)
fmipa = fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam
sc = steering comittee
oc = organizing comittee
ondi = orientasi nilai dasar Islam (pembinaan keagamaan yg sifatnya wajib utk setiap mahasiswa baru di UII)
so = study oriented.

**
afwan, thread ini utk sementara ana sticky ya. sampai gaung ospek tdk terdengar lagi. boleh kan??

dajal007

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.017
  • Reputasi: 32
  • Jenis kelamin: Pria
  • di atas bumiNya lah kita semua berpijak
    • Lihat Profil
    • amgidarap kilab kitit
Re: tentang OSPEK
« Jawab #1 pada: Juli 04, 2007, 11:24:53 am »
berhubung saya ketua senat mahasiswa, otomatis (harusnya) saya jadi penaggung jawab ospek.
ospek kampus saya sedang dalam masa ketidak jelasan. karena tahun kemarin sempat terjadi kasusu, maka pihak rektorat berniat meniadakan orientasi kampus. namun, bagi saya dan rekan2 di senat mahasiswa, merasa kurang setuju, karena ospek merupakan sarana balas dendam, eh... maksud saya masa persiapan pembinaan maba. karena dalam ospek, maba dikenalkan dengan jurusannya serta UKM2 yang ada.

nah, untuk menghilangkan keburukan ospek tahun kemarin, rencananya ospek tahun ini mengangkat tema "LUCU". jangan ketawa beneran lho... ini temanya :D, jadi selama kegiatan berlangsung, bentuk hukuman dan segala barang bawaan bertemakan kelucuan.

tapi semua tergantung rektorat, apakah ospek akan diadakan atau hanya dies natalis aja. tapi saya mah maunya ga usah ada, cape soalnya >:)

peLan9i

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 201
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: tentang OSPEK
« Jawab #2 pada: Juli 06, 2007, 01:39:01 pm »

mau ikutan  :D :D :D :D
taun kmrn sy berniat jd panitia ospek di kampus,
namanya OSKM (orientasi studi kluarga mahasiswa <klo g salah, abisnya lupa>)
trus ikutan diklatnya sktr 2-3bulan...
slama diklat itu, sy kya diospek lagi...
dikasih tugas2, disuruh kliling k orang2 sekitar kampus (cnth : pedagang)
trus nanyain macem2, kya studi kasus gitu...
trus dsruruh ngambilin sampah, yang gitu2 d...
trus dikasih materi ttg kmahasiswaan & kaderisasi...
daaan banyak lagi...
tp ikutan diklatnya g mpe akhir krn udh kburu cape...
dan ternyata pas udah waktunya OSKM, malah dpt surat cinta dr rektor klo OSKM dilarang dan ilegal...
yg dpt surat itu, bukan cuma himpunan2 ato jg kabinet mahasiswa,
tp termasuk mahasiswa baru dan orangtuanya...
jd yg ikutan cm sedikiiit dan itu pun tempatnya g di kampus,
soalnya kampus ditutup, krn pd g boleh masuk,
tp jd juga OSKM dgn sgala kterbatasan...
pelarangannya sy lupa krn apa, mungkin dianggap mengganggu kgiatan akademik,
krn jatah kuliah cm 4taun & klo 4taun blum lulus, bayar spp nya jd 2x lipat...
(subsidi dr pemerintah udh brkurang, listrik juga tiap taun utang..  :102:)
selain OSKM, di kampus juga ada tradisi ospek jurusan yg rata2 setaun...
nah, ospek jurusan ini yang aga parah dan mungkin jd tempat bls dendam, jd yaaa gitu,
mungkin krn ini rektor jd takut ato gmanaaa gt...
taun ini... sy gtau ada ospek ato ngga, tp panitianya mah udah ada...
cuma izinnya gtau d...
soalnya seinget sy, wkt sy diospek (2005), itu juga dpt izinnya br bbrp hr sebelum ospek,
bahkan ktua panitia nya siap di DO klo knapa2...
ya bgitulaaaah...
kgiatan kmahasiswaan d kampus jd lebih dibatasi...
klo ada yg knapa2, ancamannya di skors ato di DO...
skalian curhat  :D
waktu sy diospek, jd jd tau dunia kampus & khidupannya sperti apa...
jd dpt temen dr jurusan lain
jd disiplin, walaupun awalnya dipaksa
jd lebih peka sm lingkungan, trutama di skitar kampus
jd sadar udah jd mahasiswa..  ;;) ;;)

maswahyu

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.763
  • Reputasi: 26
  • Jenis kelamin: Pria
  • [www.maswahyu.com]
    • Lihat Profil
    • [ Website Maswahyu ]
Re: tentang OSPEK
« Jawab #3 pada: Juli 07, 2007, 08:53:51 pm »
@atasku : sekampus nih, jadinya saya bahas di ospek jurusan aja...  :)


Ospek Jurusan : Ada sisi negatifnya, tapi banyak sisi positifnya...

Negatif : Suruh jalan jongkok, lari malam2, kadang nglembur sampai pagi buat ngerjain tugas ospek, jadinya di kuliah pada ngantuk2 gitu...

Positif : Jadi kenal banyak teman, merasakan arti pengorbanan, pengetahuan tentang komputer meningkat, de el el...

Sebelum ospek saya termasuk sangat gaptek komputer... Behubung ada tugas ospek yang mengharuskan saya ngutek2 komputer saya jadi paham mengenai komputer beserta aplikasinya terutama berhubungan dengan internet...

Ospek jurusan saya tergolong lebih manusiawi dibanding jurusan lain... Kalau jurusan lain mah malah ada yang lebih parah, sampai ada yang tampar2an, push up tangan mengepal di atas aspal, de el el...

Ospek sekarang secara umum lebih manusiawi dibanding beberapa tahun sebelumnya...

.::senyum chandra::.

  • from djogdja with love...
  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.610
  • Reputasi: 11
  • Jenis kelamin: Wanita
  • wong djogdja ^^
    • Lihat Profil
Re: tentang OSPEK
« Jawab #4 pada: Juli 11, 2007, 01:34:26 pm »
eehhmm... subhanallah ya ternyata cerita dibalik ospek di masing2 universitas beda2.
sedikit sedih krn ana harus merelakan tahun ini "pensiun" dr ospek universitas, takut ga bisa bagi waktu. krn di ospek fakultas ana pegang amanah sbg sc, yg mengkonsep keseluruhan...
jadi ingat waktu kemarin ahad ngetes wawancara utk panitia ospek fakultas. kebetulan ana ngetes pemandu.
waktu ana minta mereka utk menyebutkan karakter diri, jawabannya lucu-lucu. ada yg orangnya rame. ada yg pendiem, pokoknya macam2 lucu2 deh..

tapi seperti biasanya... lagi-lagi setiap banyak aktivitas yg harus dilakukan, ana pasti sakit  :(

vina

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 194
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • what.... i've done......
    • Lihat Profil
Re: tentang OSPEK
« Jawab #5 pada: Juli 11, 2007, 01:51:54 pm »
di kampus sy dulu memang bener2 ospek, dan dilakukan oleh manajemen kampus.

tapi setelah beberapa bulan kuliah berjalan, diadakan sejenis outbound training... panitianya mhasiswa2 senior.
disana gak ada disuruh bawa aneh2... yg ada malah maen flying fox, rafling,.dll

asyik deh...

inoex135

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 404
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • Just want to try...
    • Lihat Profil
    • My Life's Experiences
Re: tentang OSPEK
« Jawab #6 pada: Juli 12, 2007, 02:35:05 pm »
sudah ga ada  :)

khan kampus orang kaya...

dhones

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 24
  • Reputasi: 0
  • cinta tak akan sirna hingga kiamat menjelang
    • Lihat Profil
Re: tentang OSPEK
« Jawab #7 pada: Juli 20, 2007, 09:08:01 am »
fakultasgw kayaknya enak banget ospek kali ini.
dijamin menyenangkan.
dijamin nggak ada hukuman fisik kayak push up, lari, fisik ga banget di kampus gw.
bahkan dijamin ga ada makian kasar, kata kata yang menyakitkan dll.
semuanya menyenangkan.
bahkan ritual yang biasa diadain setiap taon yaitu ke RS sambil jalan kaki sekitar 1 km ditiadakan diganti pake pemutaran film about RS ajah.
aduh adek tingkat gw bakal seneng banget neh.

rencana berangkat jam 7 mpe jam 5 sore.
tapi kita majuin jadi jam 6 mpe jam 5 sore.
rencana mo OSPEK 2 pekan tapi ga jadi. tiga hari aja.

semuanya punya hak sama. yang ngelakuin pelanggaran keras bakal disidang disemua anak anak. ga ter kecuali panitia, cuman satu yang ga di sidang depan umum yaitu MP3KV. males banget tuh. bikin aturan yang ngenakin diri sendiri

pokoknya OSPEK haruslah menyenagnkan. semua maba musti tau about kampus dan profesinya luar dalem.