Penulis Topik: Jadikan Blog Anda Blog Terbaik 2007  (Dibaca 1530 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

faritz

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Jadikan Blog Anda Blog Terbaik 2007
« pada: Juli 01, 2007, 05:56:35 pm »
Jadikan Blog Anda Blog Terbaik 2007


“Dan bagi tiap-tiap umat [beragama] ada kiblatnya [sendiri] yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu [dalam membuat] kebaikan. …” (QS 2: 148) Firman Tuhan yang ditujukan kepada seluruh manusia ini, baik umat Islam maupun umat nonmuslim, sudahkah menjiwai blog kita selama ini? Sudahkah kita berlomba-lomba dalam membuat kebaikan melalui blog kita? Ataukah kita malah bersaing secara menyakitkan dengan saling menjelek-jelekkan?

Pertanyaan-pertanyaan seperti itu mencuat di benak saya setelah dipersilakan “menerjemahkan” gerakan blog spiritual supaya lebih efektif. Dari situ, muncullah ide saya untuk menyediakan ajang pemilihan “Top Indonesian Spiritual Blogs 2007” dan “Top Indonesian Spiritual Posts 2007” sebagai berikut.

Sebelum mencapai puncak ajang pemilihan pada tanggal 11-24 Desember 2007, akan diadakan lebih dahulu pemilihan “top posts” untuk periode dwibulanan:

I. Jan-Feb (daftar: 1-11 Maret; pemilihan: 25-31 Maret),

II. March-April (daftar: 1-10 Mei; pemilihan: 24-30 Mei),

III. May-June (daftar: 1-9 Juli; pemilihan: 23-29 Juli),

IV. July-Aug (daftar: 1-8 Sept; pemilihan: 22-28 Sept),

V. Sept-Oct (daftar: 1-7 Nov; pemilihan: 21-27 Nov ‘07).

 
Pendaftaran & Kategori “Post”

Untuk setiap periode, Anda berhak menjadi peserta dengan mendaftarkan maksimal 3 “post” yang terdapat di blog Anda sendiri. Meskipun Anda memiliki blog lebih dari satu, hak pendaftaran Anda tetap 3 “post” saja di setiap periode.

Setiap “post” itu wajib didaftarkan pada minimal 2 kategori dan maksimal 4 kategori. Kategori itu harus Anda tetapkan sendiri dari 12 kategori yang tersedia, saduran dari kategorisasi Danah Zohar & Ian Marshall, Spiritual Capital (Bandung: Mizan, 2005):

   1. Self-Discovering: memaparkan peristiwa atau pengalaman yang mencerminkan identitas diri, misalnya: “aku adalah seorang muslim”, “aku adalah seorang penulis”, “aku adalah seorang romantis”, dll.
   2. Responsive: menyampaikan tanggapan secara cepat dan jitu terhadap persoalan penting terkini.
   3.Valuable: melontarkan ide yang berharga untuk kebaikan diri, orang lain, masyarakat, negara, segenap makhluk di bumi, atau pun alam semesta.
   4. Holistic: memandang sesuatu secara menyeluruh dari berbagai sudut-pandang selengkap-lengkapnya.
   5. Empatic: merasakan apa yang dirasakan oleh orang (atau orang-orang) lain, sehingga menaruh kepedulian besar pada kepentingan dia (atau mereka).
   6. Tolerant: menghargai keberadaan orang lain yang berbeda pendapat, sikap, perilaku, atau pun latar belakang sosial/ekonomi.
   7. Unique: mengungkap gagasan atau perasaan secara mandiri, orisinal/unik, jauh dari pengaruh orang lain.
   8. Critical: mendalami makna di balik peristiwa atau pun fenomena dengan jalan berusaha mengajukan dan/atau menjawab pertanyaan-pertanyaan “mengapa”, misalnya: “Mengapa bencana beruntun menimpa Indonesia?”, “Mengapa gerakan spiritual perlu digalakkan?”, “Mengapa aktivis dakwah sebaiknya bersikap lembut terhadap muda-mudi yang ingin berpacaran?”, dsb.
   9. Reformative: menawarkan solusi baru (atau solusi “lama” yang selama ini kurang diperhatikan) untuk mengatasi masalah lama atau memperbaiki keadaan.
  10. Low-Profiled: menyadari keterbatasan diri, menyambut hangat pertolongan, saran, atau pun kritik dari orang lain.
  11. Survivable: mempertahankan cita-cita mulia dengan tabah, betapapun beratnya kendala menghadang.
  12. Enthusiastic: memperjuangkan dengan bergairah tercapainya cita-cita mulia.

Pendaftaran ini dapat Anda lakukan melalui isian “comment” pada postingan “Pendaftaran Top Posts” di blog saya ini pada waktunya. Dari daftar itu, akan saya tentukan masing-masing empat “post” unggulan di setiap kategori untuk dinilai oleh para juri. (Apabila jumlah peserta di suatu kategori ternyata kurang dari empat, maka pemilihan untuk kategori tersebut pada periode itu dibatalkan.)

 
Juri & Pemilihan Pemenang

Untuk setiap periode pula, setiap pendaftar tersebut berhak menjadi juri. Bahkan bila semua “post” yang Anda daftarkan tak terpilih sebagai “post” unggulan, Anda tetap berhak menjadi juri.

Untuk menjaga obyektivitas, saya tidak ikut menjadi peserta. Saya hanya menjadi panitia tunggal, merangkap ketua juri. Hak suara saya selaku juri pun takkan saya gunakan, kecuali jika terdapat perolehan nilai yang sama.

Setiap juri berhak memilih satu “post” terbaik di antara empat “post” unggulan di setiap kategori. Yang Anda pilih selaku juri haruslah “post” peserta lain. Anda tidak boleh memilih “post” Anda sendiri sebagai yang terbaik. Pemilihan ini akan dilaksanakan melalui isian “comment” pada postingan “Pemilihan Top Posts” di blog saya ini pada waktunya.

Untuk setiap periode itu, satu “post” pada setiap kategori yang meraih nilai tertinggi akan ditetapkan sebagai “top post” dwibulanan pada kategori yang bersangkutan. Umpamanya: “Top Indonesian Unique Post January-February 2007”, “Top Indonesian Valuable Post September-October 2007”, dll.

Dari semua “top post” itu, setelah tuntas lima periode, akan saya tentukan sepuluh finalis. Lalu pada tanggal 11-24 Desember 2007, melalui e-mail, saya persilakan Anda memilih tiga “post” terbaik dari sepuluh finalis itu.

Satu “post” yang meraih nilai tertinggi berhak mendapat gelar “#1 Top Indonesian Spiritual Post 2007”. Peringkat ke-2 dan ke-3 berhak atas gelar “One of Top 3 Indonesian Spiritual Posts 2007”, sedangkan peringkat ke-4 sampai ke-7 bergelar “One of Top 7 Indonesian Spiritual Posts 2007”.

Sementara itu, dari semua blog yang “post”-nya pernah meraih gelar “top post” dwibulanan, akan saya tentukan sepuluh finalis. Lalu pada tanggal 11-24 Desember 2007, melalui e-mail, saya persilakan Anda memilih tiga “blog” terbaik dari sepuluh finalis itu.

Akhirnya, satu “blog” yang meraih nilai tertinggi berhak mendapat gelar “#1 Top Indonesian Spiritual Blog 2007”. Peringkat ke-2 dan ke-3 berhak atas gelar “One of Top 3 Indonesian Spiritual Blogs 2007”, sedangkan peringkat ke-4 sampai ke-7 bergelar “One of Top 7 Indonesian Spiritual Blogs 2007”.

Demikianlah usaha saya mengajak Anda berlomba-lomba membuat kebaikan melalui blog. Anda ikut, ya! Siapa tahu, pada akhir tahun ini diumumkan bahwa blog Andalah yang terpilih sebagai “#1 Top Indonesian Spiritual Blog 2007”!

psycho_avatar

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 720
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
    • Psycho Avatar
Re: Jadikan Blog Anda Blog Terbaik 2007
« Jawab #1 pada: Juli 01, 2007, 09:45:59 pm »
Ini dari blognya kang Shodiq kan...?
muhshodiq.wordpress.com? :-/

faritz

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Jadikan Blog Anda Blog Terbaik 2007
« Jawab #2 pada: Juli 03, 2007, 08:58:25 pm »
Ini dari blognya kang Shodiq kan...?
muhshodiq.wordpress.com? :-/
yup...
lupa nyantumin sumbernya :)