Penulis Topik: Zikir menenangkan hati  (Dibaca 6189 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

ifan

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 8
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Zikir menenangkan hati
« pada: Juni 30, 2007, 02:28:10 pm »
Bismillahirrahmanirrohim.
Barangkali hampir sebagian besar umat muslim mengetahui bahwa dengan mengingat Allah SWT hati akan tenang. tidak sampai di situ, tapi sepertinya, juga mengetahui ayat dalam Al-quran yang menjelaskan tentang itu yaitu: Surat Ar-rad ayat 28.

Sebetulnya banyak sekali tulisan-tulisan yang tersebar baik dalam media cetak ataupun elektronik. namun yang ingin saya sampaikan disini yang membuat saya mengerti bagaimana Mengingat Allah SWT (Zikir) dapat membuat seseorang tenang adalah dari fenomena yang terjadi ketika kita sakit; entah itu karena nyeri, demam, sakit perut dan lain-lain. pada saat seperti itu kita sering merasa nyaman dengan meraung-raung (mengaduh); tentu dengan mengatakan kata Aduh secara berulang kali.

Ternyata perasaan seperti ini juga dirasakan oleh pasien-pasien ketika saya mengadakan penelitian tentang pengaruh Zikir terhadap nyeri yakni mereka merasa nyaman dengan mengaduh dari pada hanya berdiam diri.

Allah SWT menciptakan manusia dengan sangat sempurna baik fisik juga jiwanya. Allah SWT menciptakan segala sesuatu berpasang-pasangan. Jadi rasanya tidak heran kalau dengan Zikir dapat menurunkan ketidaknyaman; baik ketidaknyaman fisik ataupun psikis.

Dengan Zikir, maka akan merangsang sistem anti nyeri (sistem analgesia), sehingga nyeri dapat berkurang. selain itu, zikir membuat otak kita aktif (perseptif) sehingga nyeri berkurang sedangkan pada saat nyeri dirasakan otak kita apersepsi (pasif).

Nyeri hanya sebagai contoh dari keluhan fisik yang memang sering dirasakan, namun sebenarnya Zikir menyentuh aspek fisik juga jiwa manusia, sehingga tidak jarang gangguan fisik ataupun jiwa sembuh dengan zikir.

[color=green]wallahualam bissowab. :) [/color]