Penulis Topik: Perselisihan ummat dan solusinya  (Dibaca 58440 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Aswad

  • Moderator
  • Sr. Member
  • *****
  • Tulisan: 439
  • Reputasi: 7
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
    • Kang Aswad
Perselisihan ummat dan solusinya
« pada: Agustus 14, 2006, 11:05:02 am »
Ada sebuah hadist masyhur, salah satu hadist favorit ane  :D, yang isinya sangat penting dan berharga. Yaitu berisi wasiat Rasulullah tentang perselisihan ummat dan solusinya

قال: (صلى بنا رسول الله صلى الله عليه و سلم ذات يوم ثم أقبل علينا فوعظنا موعظة بليغة ذرفت منها العيون ووجلت منها القلوب، فقال قائل: يا رسول الله كأن هذه موعظة مودع، فماذا تعهد إلينا؟ فقال: أوصيكم بتقوى الله والسمع والطاعة وإن عبدا حبشيا؛ فإنه من يعش منكم بعدي فسيرى اختلافا كثيرا، فعليكم بسنتي وسنة الخلفاء المهديين الراشدين، تمسكوا بها وعضوا عليها بالنواجذ، وإياكم ومحدثات الأمور فإن كل محدثة بدعة وكل بدعة ضلالة)


“Pada suatu hari Rasulullah shollallahu’alaihiwasallam shalat berjamaah bersama kami, kemudian beliau menghadap kepada kami, lalu beliau memberi kami nasehat dengan nasehat yang sangat mengesan, sehingga air mata berlinang, dan hati tergetar. Kemudian ada seorang sahabat yang berkata: Wahai Rasulullah, seakan-akan ini adalah nasehat seorang yang hendak berpisah, maka apakah yang engkau wasiatkan (pesankan) kepada kami? Beliau menjawab: "Aku berwasiat kepada kalian agar senantiasa bertaqwa kepada Allah, dan agar senantiasa setia mendengar dan taat, walaupun ia (pemimpin/penguasa) adalah seorang budak habsyi (ethiopia), karena barang siapa yang berumur panjang setelah aku wafat, niscaya ia akan menemui banyak perselisihan. Maka hendaknya kalian berpegang teguh dengan sunnahku dan sunnah kholifah-kholifah yang telah mendapat petunjuk lagi cerdik. Berpegang eratlah kalian dengannya, dan gigitlah dengan geraham kalian. Jauhilah oleh kalian perkara-perkara baru (dalam urusan agama), karena setiap urusan yang diada-adakan ialah bid’ah, dan setiap bid’ah ialah sesat“. (Riwayat Ahmad 4/126, Abu Dawud, 4/200, hadits no: 4607, At Tirmizy 5/44, hadits no: 2676, Ibnu Majah 1/15, hadits no:42, Al Hakim 1/37, hadits no: 4, dll.)

Mari kita analisa dan renungkan....

Dari hadist di atas bisa kita ketauhi bahwa beberapa sebab perselisihan di antara ummat muslim adalah:
  • Tidak mau taat, atau memberontak kepada pemimpin yang sah tanpa kaidah yang syar'i. Bahkan Rasulullah memperingatkan dengan lebih jelas lagi "Patuh dan taatlah (kepada pemimpinmu) meskipun hartamu diambil dan punggungmu dipukul". Maka taat kepada penguasa dalam perkara2 yg ma'ruf saja, adalah disyariatkan. Bila sudah banyak orang yg enggan taat pada penguasa, padahal ia memerintahkan perkara yg ma'ruf dan tidak melanggar hukum Allah, maka tinggal tunggu saja kerusakan dimana-mana
  • Merebaknya bid'ah. Baik bid'ah dalam manhaj, aqidah, maupun perkara furu'. Di zaman Rasulullah dan para sahabat, semuanya memiliki satu manhaj, pemahaman yang sama dan lurus, maka jadilah masa itu masa2 kejayaan Islam. Walau ada perbedaan namun tetap dalam koridor. Misalnya kasus perjalanan ke Bani Quraidah. Terjadi perbedaan diantara para sahabat ttg menunaikan shalat Ashar. Namun perbedaan ini semuanya ma'ruf. Baik yg mengerjakan di perjalanan, maupun yg mengerjakan di Bani Quraidah, dua-duanya tidak salah. Keduanya dibenarkan oleh Rasulullah. Inilah yg dimaksud perbedaan pendapat yg ma'ruf.
    Semakin jauh dari masa kenabian, semakin banyak bid'ah yg berkembang. Maka timbullah banyak perselisihan dimana-mana. Perbedaan pendapat yg terjadi tidaklah ma'ruf. Karena yg satu salah, dan yg lain benar. Satu pihak berdiri diatas sunnah dan pemahaman yg benar, pihak yang lain memakai akal, nalar, ra'yu serta hawa nafsu mereka. Timbullah manhaj-manhaj baru, firqoh-firqoh baru, toriqoh-toriqoh baru, jamaah-jamaah baru, harakah, hizbi yang malah memecah belah ummat Islam.

Solusinya :
  • Kembali kepada sunnah dan pemahaman yang benar. Jika saja semua orang mengembalikan semua permasalahan pada Qur'an dan hadist maka itulah manhaj yang benar. Masalahnya, semuanya juga memakai dalil, tapi koq masih tetap beda-beda dan berselisih? Ya. bisa jadi semua memakai dalil, namun belum tentu dengan pemahaman yang benar. Maka Rasulullah pun di hadist tsb bersabda "Maka hendaknya kalian berpegang teguh dengan sunnahku dan sunnah kholifah-kholifah yang telah mendapat petunjuk lagi cerdik". So, pemahaman yang benar itu ada pada para sahabat. Siapa lagi selain mereka? Apakah ada yg lebih baik? Apakah ulama2 modern, ulama2 kontemporer zaman sekarang merasa pny pemahaman yg lebih baik dari para sahabat?
  • Menjauhi bid'ah. Karena bid'ah itu sesat. Dan dari bid'ah inilah asal-usul timbul perpecahan di kalangan ummat. So, jangan remehkan bid'ah meskipun itu hanya salam-salaman setelah shalat.

skinoftears

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 122
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
  • Assalamu'alaykum...
    • Lihat Profil
Re: Perselisihan ummat dan solusinya
« Jawab #1 pada: Agustus 14, 2006, 12:11:49 pm »
seep  :)

jack_sporrow

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 2
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re: Perselisihan ummat dan solusinya
« Jawab #2 pada: Agustus 14, 2006, 07:41:53 pm »
Ass.
Ane newcomer nich,tapi mw ngasih masukan,boleh kan.Kata Imam Malik,
"Tidak akan baik umat kurun abad ini, apabila cara perbaikannya tidak seperti perbaikan umat kurun terdahulu" :((
Wass. #:-S

Aswad

  • Moderator
  • Sr. Member
  • *****
  • Tulisan: 439
  • Reputasi: 7
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
    • Kang Aswad
Re: Perselisihan ummat dan solusinya
« Jawab #3 pada: Agustus 14, 2006, 07:50:09 pm »
Ass.
Ane newcomer nich,tapi mw ngasih masukan,boleh kan.Kata Imam Malik,
"Tidak akan baik umat kurun abad ini, apabila cara perbaikannya tidak seperti perbaikan umat kurun terdahulu" :((
Wass. #:-S

Sip, benar. Artinya kita tetap harus berpegang pada manhajnya para sahabat terdahulu kalo Islam mau berjaya lagi. Islam tidak akan jaya kecuali dengan jalan yg telah membuatnya jaya dahulu.

drai

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.604
  • Reputasi: 7
  • "masih selalu bahagia"
    • Lihat Profil
Re: Perselisihan ummat dan solusinya
« Jawab #4 pada: Agustus 14, 2006, 08:41:44 pm »
kalo boleh bilang

"gue banget"

jerry_spy

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 825
  • Reputasi: -2
  • Jenis kelamin: Pria
  • beramal dan beramal
    • Lihat Profil
Re: Perselisihan ummat dan solusinya
« Jawab #5 pada: Agustus 14, 2006, 08:59:26 pm »
Dari hadist di atas bisa kita ketauhi bahwa beberapa sebab perselisihan di antara ummat muslim adalah:

Tidak mau taat, atau memberontak kepada pemimpin yang sah tanpa kaidah yang syar'i. Bahkan Rasulullah memperingatkan dengan lebih jelas lagi "Patuh dan taatlah (kepada pemimpinmu) meskipun hartamu diambil dan punggungmu dipukul". Maka taat kepada penguasa dalam perkara2 yg ma'ruf saja, adalah disyariatkan. Bila sudah banyak orang yg enggan taat pada penguasa, padahal ia memerintahkan perkara yg ma'ruf dan tidak melanggar hukum Allah, maka tinggal tunggu saja kerusakan dimana-mana


......................................................................................................................................................


pemimipin yang bagaimana dulu tolong llebih dijelaskan dan lebih baik illad yang jelas buat masalah ini,patuh dan taat pada pemimpin yang bagaimana ,?..............pasti semuanya ada penjelasanya secara syarii
ini masalah besar karena kepatuhan kita dan ketaatan kita di pertaruhkan dan juga ga sembarangan orang yang kita patuhi dan taati ......,kita patuh dan taat selagi pemimpin itu patuh dan taat pada hukum allah dan rosulnya

PernikMuslim

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.033
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
  • Silahkan hubungi saya, saya akan membantu anda :)
    • Lihat Profil
    • PERNIKMUSLIM.com :: Toko Buku Muslim OnLine PENUH KEJUTAN!! :)
Re: Perselisihan ummat dan solusinya
« Jawab #6 pada: Agustus 15, 2006, 01:31:56 pm »
:) :) senyum aza deh

faritz

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Perselisihan ummat dan solusinya
« Jawab #7 pada: Agustus 19, 2006, 06:23:14 pm »
idem, nambahin posting  :D

anak mamah

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 4
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re: Perselisihan ummat dan solusinya
« Jawab #8 pada: Agustus 28, 2006, 09:44:12 am »
Sip, benar. Artinya kita tetap harus berpegang pada manhajnya para sahabat terdahulu kalo Islam mau berjaya lagi. Islam tidak akan jaya kecuali dengan jalan yg telah membuatnya jaya dahulu.

punten, tolong jelasin dong, manhajnya para sahabat tu seperti apa ?, trus bid'ah itu apa ?, kenapa salaman setelah solat bisa termasuk bid'ah ? kalo komputer termasuk perkara bid'ah bukan ?

sebelumnya, terima kasih atas penjelasannya...

Aswad

  • Moderator
  • Sr. Member
  • *****
  • Tulisan: 439
  • Reputasi: 7
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
    • Kang Aswad
Re: Perselisihan ummat dan solusinya
« Jawab #9 pada: Agustus 28, 2006, 10:08:45 am »
punten, tolong jelasin dong, manhajnya para sahabat tu seperti apa ?, trus bid'ah itu apa ?, kenapa salaman setelah solat bisa termasuk bid'ah ? kalo komputer termasuk perkara bid'ah bukan ?

sebelumnya, terima kasih atas penjelasannya...

http://forum.dudung.net/index.php/topic,860.new.html#new

Mangga....

abul-fawza

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 321
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • Belajar tak kenal henti...
    • Lihat Profil
Re: Perselisihan ummat dan solusinya
« Jawab #10 pada: Agustus 28, 2006, 03:27:16 pm »
Saya pernah ikut kajian tentang apakah salaman bid'ah, intinya:
Salaman setelah selesai shalat tidak termasuk bid'ah yang sesat atau diharamkan, tetapi hukumnya mubah. Hal ini disebabkan kegiatan tersebut di luar shalat.
Boleh (mubah) mengerjakannya selama tidak menganggapnya kewajiban syar'i atau sunnah Nabi, serta tidak dengan memaksa jama'ah lain (misalnya: menganggu yang sedang wirid atau doa seperti dengan mencolek2-nya, seluruh yang di masjid harus ikut, dll).
Yang tidak mengerjakannya juga tidak apa-apa, selama tidak menghujat orang yang mengerjakannya (men-cap sesat atau calon ahli neraka).
Hendaknya dimusyawarahkan cara-cara yang disepakati dalam kalangan jamaah masjid tentang hal ini, untuk mencegah perdebatan apalagi pertikaian yang kontra produktif terhadap dakwah Islam.
Wallahu a'lam.

PernikMuslim

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.033
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
  • Silahkan hubungi saya, saya akan membantu anda :)
    • Lihat Profil
    • PERNIKMUSLIM.com :: Toko Buku Muslim OnLine PENUH KEJUTAN!! :)
Re: Perselisihan ummat dan solusinya
« Jawab #11 pada: Agustus 28, 2006, 06:42:00 pm »
benar akh, memang salaman setelah sholat itu dilakukan diluar ibadah. tapi yang perlu diperhatikan ialah, mereka menganggap "wajib"nya salaman itu. serasa tidak afdhol kalo nggak salaman, dan merasa bahwa yang dilakukannya mendapatkan pahala (secara tidak sadar). maka karena inilah dikategorikan termasuk perbuatan bid'ah.

apalagi salaman setelah sholat ini mematikan sunnah yang ada, yaitu berdzikir dan berdo'a. sementara itu, orang2 yang melakukan bid'ah ini, biasanya membuat orang yang sedang berdzikir terganggu karena ajakan salamannya, dan mereka merasa tersinggung kalo nggak diterima salamnya (karena merasa ini sunnah).

solusinya, kalo setelah sholat, sibukkan dengan berdzikir dan usahakan nggak tahu kalo ada yang ngajak salaman, tapi kalo di'jawil' ya dituruti aja. karena menghindari mafsadhah yang lebih besar.

Wallahua'lam

Aswad

  • Moderator
  • Sr. Member
  • *****
  • Tulisan: 439
  • Reputasi: 7
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
    • Kang Aswad
Re: Perselisihan ummat dan solusinya
« Jawab #12 pada: Agustus 28, 2006, 07:55:55 pm »
Supaya tertib, pembahasan tentang bid'ah sebaiknya meneruskan thread2 yang sudah ada :
Bid'ah
Menyelusuri makna Bid'ah dan Khilafiah....

Jazakallah...
« Edit Terakhir: Agustus 28, 2006, 07:58:11 pm oleh Aswad »

fadhillah

  • Pengunjung
Re: Perselisihan ummat dan solusinya
« Jawab #13 pada: September 02, 2006, 01:59:01 pm »
ikhwah fillah
dalam menggali permasalahan ummat islam yang kompleks kita harus jeli ..bukankah semua kita bersaudara???
satu hal yang kita kaji adalah penyatuan pemahaman ...
ok..kita sama2 yakin bukan klo islam itu adalah lengkap
aqidah kita
nah , kita yakin juga klo islam itu terdiri dari aqidah dan syariah ..
tentu kita setuju klo islam itu dijadikan sebagai solusi dari permasalahan hidup kita ???
nah, bagaimana caranya agar hukum2 ilahi ini tegak diatas bumi ini ..yo..yang ngaku islam musti tahu ..mari kita satukan langkah dalam penegakan hukum2 islam allahu akbar !!!

ARCHER

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.080
  • Reputasi: 5
  • Jenis kelamin: Pria
  • Masjid Kampus UGM
    • Lihat Profil
Re: Perselisihan ummat dan solusinya
« Jawab #14 pada: September 02, 2006, 03:39:40 pm »
ikhwah fillah
dalam menggali permasalahan ummat islam yang kompleks kita harus jeli ..bukankah semua kita bersaudara???
satu hal yang kita kaji adalah penyatuan pemahaman ...
ok..kita sama2 yakin bukan klo islam itu adalah lengkap
aqidah kita
nah , kita yakin juga klo islam itu terdiri dari aqidah dan syariah ..
tentu kita setuju klo islam itu dijadikan sebagai solusi dari permasalahan hidup kita ???
nah, bagaimana caranya agar hukum2 ilahi ini tegak diatas bumi ini ..yo..yang ngaku islam musti tahu ..mari kita satukan langkah dalam penegakan hukum2 islam allahu akbar !!!
Pertama diawali dari diri kita sendiri dulu. Apakah kita sudah menegakkan syariat di dalam diri kita. Kita harus instropeksi diri tentang keadaan umat saat ini, apakah sudah mencontoh kehidupan umat Islam pada masa gemilangnya yaitu pada masa awal atau sudah jauh menyelisihi generasi awal Islam.