Penulis Topik: Tentang Pacaran...  (Dibaca 93667 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Jillan Zahwa Salsabilla

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 29
  • Reputasi: 1
    • Lihat Profil
Tentang Pacaran...
« pada: Juni 12, 2007, 02:04:12 pm »
“Aih, Kenapa sih,…kok islam melarang pacaran?? Begitu keluhan fulanah.Buat Fulanah ia melihat ada sisi positif yang bisa diambil dari pacaran ini. Pacaran atau menurutnya ‘penjajakan’ antara dua insan lain jenis sebelum menikah sangat penting agar masing-masing fihak dapat mengetahui karakter satu sama lainnya (dan biasanya untuk memahami karakter pasangannya ada yang bertahun-tahun berpacaran lho!!).Fulanah menambahkan ,”Jadi dengan berpacaran kita akan lebih banyak belajar dan tahu, tanpa pacaran ?? Ibarat membeli kucing dalam karung!! Enggak deh…!” kemudian ia menambahkan “Bila suka dan serius bisa diteruskan ke pelaminan bila tidak ya,..cukup sampai disini..bay-bay!!, Mudahkan?”…hmm…Fulanah tidakkah engkau melihat dampak buruk dari berpacaran ini, ketika masing-masing fihak memutuskan berpisah??...Fulanah apakah engkau yakin benar apabila “putus dari pacaran” hati ini tidak sakit? Benarkah hati ini bisa melupakan bekas-bekas dari pacaran itu? Tidakkah hati ini kecewa, pedih, atau ikut menangis bersama butiran air mata yang menetes?? Sulit dibayangkan!Karena memang begitulah yang saya lihat didepan mata menyaksikan orang yang baru saja putus pacaran...

Bila memang kita tanya semua wanita muslimah seusia Fulanah (yang sedang beranjak dewasa) maka akan melihat ‘pacaran’ ini dengan sejuta nilai positif.Jadi, jangan merasa aneh bila kita dapati mereka merasa malu dengan kawannya karena belum punya pacar!!.. Duh,..kasihan sekali…Wahai ukhti muslimah…Mari kita telaah bersama dengan lebih dalam.Berdasarkan fakta yang ada, bila anda mau menengok sekilas ke surat kabar, tetangga sebelah atau lingkungan sekitar ,siapa sebenarnya yang banyak menjadi korban ‘keganasan’ dari pacaran ini? Wanita bukan??.. Bila anda setuju dengan saya, Alhamdulillah berarti hati anda sedikit terbuka.Ya,… coba lihat akibat dari berpacaran ini.Awalnya memang hanya bertemu, ngobrol bareng,bersenda gurau, ketawa ketiwi,lalu setelah itu??tentu saja setan akan terus berperan aktif dia baru akan meninggalkan keturunan Adam ini setelah terjerumus dalam dosa atau maksiat.Pernahkah anda ,.. mendengar teman atau tetangga ukhti hamil di luar nikah? Suatu klinik illegal untuk praktek aborsi penuh dengan kaum wanita yang ingin menggugurkan kandungannya? Karena sang pacar lari langkah seribu atau tidak mau kedua orangtuanya tahu? Atau pernahkah engkau membaca berita ada seorang wanita belia yang nekat bunuh diri minum racun serangga karena baru saja di putuskan oleh kekasihnya??Sadarkah kita, bahwa sebenarnya kaum hawalah yang banyak dieksploitasi dari ‘ajang pacaran ini?

Sungguh, islam telah memuliakan wanita dan menghormati kedudukan mereka.Tidak percaya??lihat hadits ini..”janganlah sekali-kali seorang laki-laki berduaan dengan seorang perempuan, melainkan si perempuan itu bersama mahramnya”  (HR.Bukhari, Muslim dan Ahmad).Islam melarang laki-laki untuk berduaan tanpa ada orang ketiga karena islam tidak menginginkan terjadinya pelecehan ‘seksual’ terhadap wanita.Sehingga jadilah mereka wanita-wanita muslimah terhormat dan terjaga kesuciannya.Untuk kaum laki-laki pun islam melarang mereka menyentuh wanita yang bukan mahramnya coba simak hadits ini “Sungguh bila kepala salah seorang ditusuk dengan besi panas lebih baik daripada menyentuh wanita yang tidak halal baginya”(HR.Thabrani, dalam Mu’jamul Kabir)

Nah, jelas bukan mengapa islam melarang pacaran??Bila memang seorang laki-laki ingin serius menjalin hubungan dengan seorang wanita, maka islam telah menyediakan sarananya, yaitu menikah.Karena islam Bukanlah agama yang kaku, maka islam menganjurkan kepada masing-masing fihak untuk saling berkenalan (ta’aruf).Tentu saja tidak berduaan lho,..harus ada pihak ketiganya.Setelah itu? Ya,.selamat bertanya tentang biografi calon pasangan anda,apabila kurang jelas, masih kurang yakin..islam menganjurkan mereka untuk shalat istikharah agar di berikan pilihan yang mantap yang nantinya insya Allah akan berakibat baik bagi dunia dan akhirat kedua belah pihak.Setelah mantap dan yakin akan pilihannya..kuatkan azzam (tekad), dan Bismillah…menikah..!! Indah bukan??
 
 B-) B-) B-)

rho_me

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 46
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • aku hanya manusia biasa yang mencari kesempurnaan
    • Lihat Profil
Re: Tentang Pacaran...
« Jawab #1 pada: Juni 13, 2007, 05:55:32 pm »
diberi yang enak kok malahan cari yang ga enak, diberi jalan yang ga dosa kok berani resiko jalan yang dosa.......
heran deh

hari gini pacaran = dah kuno..........
enakan nikah mo gitu2an halal, malahan ibadah........
mo kemanapun cuma berduaan ga masalah........

isinya Halal, halal dan halal................... ;D

khanafi

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 32
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • Bismillahh......
    • Lihat Profil
Re: Tentang Pacaran...
« Jawab #2 pada: Januari 20, 2008, 11:00:24 am »
assalamualaikum
hai teman2 dudungers aku mau minta pendapat kalian nih
aku sering baca buku tentang remaja islami,disitu dijelaskan bahwa pacaran dalam islam tu dilarang karena menyalahi syariat.tapi kenapa kok masih banyaj yah teman2 muslim dan muslimah yang melakukan pacaran?atau mungkin kita sendiri juga melakukanya?ngaku aja.
terus bagaimana ya caranya nasehatin teman2 kita yang pacaran itu bahwa pacaran dalam islam itu memang 'DILARANG'
MINTA SARAN DONK.
thanks

そら

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.561
  • Reputasi: 47
  • when there's family, one can control oneselves...
    • Lihat Profil
Re: Tentang Pacaran...
« Jawab #3 pada: Januari 20, 2008, 12:22:54 pm »
jawabannya adalah karena pacaran dalam Islam tidak dilarang.
lihat penjelasan berikut


Begitu kah ?
Saya masih awam soal struktur-menytruktur ini pak そら 
(harap maklum ;D)

Saya pikir pembahasan thread itu tentunya sesuai dengan pemahaman orang indonesia tentang yang namanya 'pacaran'...
sehingga temen2 dudunger yang lainnya juga menanggapinya sesuai dengan 'kapasitas pemahaman' orang Indonesia...
Tepat
dengan pemahaman Bahasa Indonesia
sayangnya makna yang digunakan adalah yang sempit, bukan yg luas.
'Berpacaran' memiliki 2 makna.
1. Yang tepat sama dengan 'dating'(sempit) => (pertemuan 'fisik' antar sepasang kekasih)
2. Yang tepat sama dengan 'courting'(luas) => (perkenalan menuju pernikahan)

Makna yang kedua adalah ada, dan jelas. Saya yakin setiap guru Bahasa Indonesia pasti mengetahuinya.
hanya saja nilainya telah disusutkan sehingga tidak populer di kalangan remaja. Hasilnya adalah banyak remaja Indonesia sekarang menganggap yang dilakukan pra-perkawinan adalah 'dating', bukan 'courting'. Efek negatif lanjutannya ya, hal hal 'kurang islami' yang banyak terdapat dalam 'dating'-lah yang populer dilakukan.


disini saya melihat tindak dari para 'aktivis dakwah'<dengan kutip>(para 'ikhwan'-'akhwat') yang kontraproduktif. Mereka bukan menjelaskan bahwa "pacaran seharusnya/aslinya tidak seperti itu", tetapi justru ikut ikutan menyusutkan makna literal 'pacaran'.


Konklusi:
Pacaran(courting) tidak dilarang dalam Islam. Pembatasan makna pacaran pada 'dating' seperti kalimat anda "nasehatin teman2 kita yang pacaran itu bahwa pacaran dalam islam itu memang 'DILARANG'" justru semakin memperburuk minset bahwa pacaran hanyalah 'dating'.

Buku buku yang anda baca (termasuk anda sendiri) adalah sekelompok bagian yang paling perperan dalam mengukir mindset bahwa jika seseorang berpacaran, ia harus melakukan hal hal yang ada dalam 'dating'. Mengerti?

Bagaimana rasanya berperan dalam religious backfire?

ajeng

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 309
  • Reputasi: 4
  • Kisah yg tak kan Hilang,Saat dlm kasihmu
    • Lihat Profil
Re: Tentang Pacaran...
« Jawab #4 pada: Januari 20, 2008, 02:32:34 pm »
assalamualaikum
hai teman2 dudungers aku mau minta pendapat kalian nih
aku sering baca buku tentang remaja islami,disitu dijelaskan bahwa pacaran dalam islam tu dilarang karena menyalahi syariat.tapi kenapa kok masih banyaj yah teman2 muslim dan muslimah yang melakukan pacaran?atau mungkin kita sendiri juga melakukanya?ngaku aja.
terus bagaimana ya caranya nasehatin teman2 kita yang pacaran itu bahwa pacaran dalam islam itu memang 'DILARANG'
MINTA SARAN DONK.
thanks

wa'alaikumussalam..

beritahukanlah dengan maruf, apalagi kalo  juga pernah melakukan, menjelaskan kenapa memilih untuk "tidak/berhenti berpacaran" tambah mudah ( asal udah insaf lo :p)...jadi kalo ditanya bagaimana kalo masih sayang, berat untuk meninggalkan, perlu penjejakan... bisa kasih tips berdasarkan pengalaman dan sudah pernah dipraktekkan :). kalo tetap ditolak penjelasanya...bersabar, lalu..cari cara lagi untuk menjelaskannya ;)

Selamat Menjauhi Zina :cool: :cool:

mamat

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 766
  • Reputasi: 6
  • Jenis kelamin: Pria
  • Finally it will end this way...
    • Lihat Profil
Re: Tentang Pacaran...
« Jawab #5 pada: Januari 20, 2008, 11:22:50 pm »
Ane gak peduli apa definisi pacaran, apakah diartikan sebagai dating ataupun courting. Parameter ane hanya satu, "KHALWAT". Selama ada aktivitas khalwat didalamnya, mau disebut pacaran, temenan, adik/kakak angkat atau apalah... khalwat tetap saja khalwat dan itu dilarang. Berkomunikasi intim lewat sms-pun bisa masuk kategori ini. So...be careful and jangan mendekati zina

mentari

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 91
  • Reputasi: 3
    • Lihat Profil
    • journey of my life
Re: Tentang Pacaran...
« Jawab #6 pada: Januari 22, 2008, 10:04:45 am »
apapun namanya yang penting isinya......
mo disebut taaruf ato pacaran its ok selama tidak melanggar syariah.....
biar pun disebut temenan klo melanggar syariah ya dosa  :-j
karena klo dilihat definisi kata pacaran pun didefinisikan berbeda2.......

dajal007

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.017
  • Reputasi: 32
  • Jenis kelamin: Pria
  • di atas bumiNya lah kita semua berpijak
    • Lihat Profil
    • amgidarap kilab kitit
Re: Tentang Pacaran...
« Jawab #7 pada: Januari 23, 2008, 08:11:54 am »
maka, kembalikanlah definisinya ke yang baku, ilmiah atau yang resmi.

karena pacaran adalah bahasa indonesia, jadi silakan merujuk ke KBBI untuk definisi pacaran. kalo ga sepakat dengan KBBI silakan berikan saran ke balai bahasa.

kebanyakan orang indonesia menggunakan definisi pribadinya atau orang yang dihormatinya dalam membahas suatu permasalahan.

lin_yank

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.479
  • Reputasi: 16
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Love Allah.. ^_^
    • Lihat Profil
Re: Tentang Pacaran...
« Jawab #8 pada: Januari 25, 2008, 11:19:29 am »
Pacaran..???!!  :)

Jujur...,Dulu aq pernah nglakuinnya...,n Alhamdulillah skrg udah nggak lagi n InsyaAllah skrg dlm proses tobat. minta doanya y, biar istiqomah....  :)

Dulu kami, bisa dibilang, sama2 aktivis da'wah, tapi kami malah nglakuin hal itu..! g etis banget khan?!
dah tau hukumnya tapi malah nglakuin..., tp Alhamdulillah itu g berlangsung lama, bisa dibilang singkat banget... Allah telah menyadarkan n mengingatkan kami berdua, n akhirnya kami putuz.  :) :)

awal2nya berat bagi kami..(terutama bagiq), coz mgkn qt msh sm2 sayang. tp stlh kami ngejalaninnya, yang berat jadi mudah... kami putuskan komunikasi diantara kami, biar bisa "jaga hati"...
stlh kejadian itu, aq curhat ma murobiq n dikasih beberapa tips biar bisa nglupain dia, diantaranya dengan puasa, sering2 baca n ngapalin AlQuran, biar bisa nglupain dia.
Alhamdulillah setelah tips itu aq jalani, aq diberi kemudahanNYA untuk nglupain dia.walaupun itu butuh proses, g instant...

Aduh...,kq malah jadi curhat nich...

smg pengalamanq ni, g terulang lagi...
Amin..

saranQ sich, coba ingetin dia pelan2, ajak ke acara kajian2, biar dia sadar dg sendirinya...
doain juga biar dia cpt diberi kesadaran, biar g pcrn lagi...






amal

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 9
  • Reputasi: 1
    • Lihat Profil
Re: Tentang Pacaran...
« Jawab #9 pada: Maret 11, 2008, 11:01:01 am »
assalamualaikum
sebelumnya maaf saya posting di kategori ini :)


Saya Seorang remaja
Akhi2 sekalian yang lebih pahim dari saya, pen tanya sesuatu yang masih mengganjal di hati saya pribadi.

saya mempunyai Pacar dan sama sekali belum prnah menyentuh apapun, kami sudah 1,5 tahun berpacaran dan pacar saya sekarang tinggal di medan sedangkan saya di jakarta, kita berkomunikasi seperti biasa contohnya:

saling mengingatkan dalam beribadah
saling mendengarkan curhat masing2
saling mendoakan satu sama lain

dan pasti kami menjadikan semuanya sebagai motivasi kami b2 "tapi kan status kami pacaran"!!

gmana neh tmen2 yang lebih pahim menanggapinya???


arif budiman

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re: Tentang Pacaran...
« Jawab #10 pada: Maret 11, 2008, 11:15:57 am »
'alaikum salam wr wb

saya tanya dulu..
udah ada rencana nikah belum?

amal

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 9
  • Reputasi: 1
    • Lihat Profil
Re: Tentang Pacaran...
« Jawab #11 pada: Maret 11, 2008, 11:21:50 am »
'alaikum salam wr wb

saya tanya dulu..
udah ada rencana nikah belum?

umur saya Baru 18 thn, ada rencana NIKAH c, tapi tetep sama dy

gmana neh, tapi "saya tw suatu saat panah setan pasti dateng"
tapi kalo kita menjaga hati kita masing2 dan saling mengingatkan????

hehehehehe, kalo udah NGELAMAR GMANA???

amal

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 9
  • Reputasi: 1
    • Lihat Profil
Re: Tentang Pacaran...
« Jawab #12 pada: Maret 11, 2008, 11:40:35 am »
oh yach, saya juga udah baca postingan masalah pacaran....

apakah di larang sorang manusia yang ingin Berdakwah tapi ia  "pacaran"
setiap kali liqo saya sangat sulit menjelaskan tentang ini, bahkan saya berfikir untuk tidak ikut liqo lagi
itu berarti jalan dakwah saya terhenti hanya karena tidak boleh berpacara "SETIAP ORANG PUNYA GAYA PACARAN MASING2 LHO"

oh yach sekali lagi, apakah jalan dakwah saya terhenti hanya di sebabkan minder atau ga enak sama orang2 yang bilang TIDAK boleh pacaran????

TOLONG JELASKAN SECARA TERPERINCI, menurut ALQURAN HADIST dan jangan Lupa diikuti Perkembangan ZAMAN "bukan zaman dalam arti PERZINAHAN BEBAS lho"

arif budiman

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re: Tentang Pacaran...
« Jawab #13 pada: Maret 11, 2008, 11:49:31 am »
umur saya Baru 18 thn, ada rencana NIKAH c, tapi tetep sama dy
baguslah kalo udah ada rencana  :)
berarti tinggal merealisasikannya..
mengatur target dan menyusun langkah2 untuk mencapainya

gmana neh, tapi "saya tw suatu saat panah setan pasti dateng"
tapi kalo kita menjaga hati kita masing2 dan saling mengingatkan????
nah tu udah tau resikonya khan..
saran saya harus ada pihak ketiga yang paham mengenai hubungan tsb dan berfungsi untuk mengingatkan..  karena kalo yang jadi pengawasnya adalah orang2 yang menjalankan juga sepertinya akan sulit untuk menjaga langkah kalian berdua.
pihak ketiga itu sebaiknya orangtua atw sanak saudara yang bisa dipercaya, yang sudah dewasa dan paham tentang masalah tsb.

hehehehehe, kalo udah NGELAMAR GMANA???
lebih bagus lagi..
berarti orang tua kedua belah pihak sudah sama2 tau hubungan tsb
dan itu bisa berfungsi sebagai kontrol buat kalian berdua
hanya saja yang perlu dipahami..
setelah proses lamaran, hubungan kalian berdua tetap belum halal (ini udah tau pasti khan  :) )
jadi tetap harus dijaga batas2annya supaya tetap syar'i

btw,
mo nanya nih..
capek ga jalanin hubungan yang belum sepenuhnya halal?
gimana cara mengelola hati dan pikiran supaya ga terus2an kepikiran dia?

amal

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 9
  • Reputasi: 1
    • Lihat Profil
Re: Tentang Pacaran...
« Jawab #14 pada: Maret 11, 2008, 11:59:04 am »
yups. orang tua KAMI/KELUARGA pun sudah tw semua "BAHKAN DEKET"

Biasa aja "kalo kita b2 saling memberikan motivasi", kita komunikasi seperti biasa, walaupun dy di medan saya di jakarta

oh yach jawab dong
yang tadi
cara bilangin ke temen LIQO?

bentar??? saya punya "puisi yang di tulis teman saya namanya DENDA" tapi agak panjang

http://dendaaristiara.blogspot.com/2008/02/perkenankanlah-aku-mencintaimu.html
« Edit Terakhir: Maret 11, 2008, 12:02:28 pm oleh amal »