Penulis Topik: mandi besar pake air anget  (Dibaca 6016 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

khanafi

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 32
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • Bismillahh......
    • Lihat Profil
mandi besar pake air anget
« pada: Mei 13, 2007, 01:08:33 pm »
 halo teman dudungers. :D
mau tanya nih?
- apa sih hukumnya mandi sebelum sholst jumat?soalnya ada yg mengatakan sunnah ada yg wajib.
-kalo mandi besar pake air anget(dimasak) hukumnya apa sih?
-kalo mandi besar apa harus dibilas sampe tiga kali?
  terima kasih dan cukup sekian. :-?

psycho_avatar

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 720
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
    • Psycho Avatar
Re: mandi besar pake air anget
« Jawab #1 pada: Mei 15, 2007, 10:03:17 pm »
halo teman dudungers. :D
mau tanya nih?
- apa sih hukumnya mandi sebelum sholst jumat?soalnya ada yg mengatakan sunnah ada yg wajib.
-kalo mandi besar pake air anget(dimasak) hukumnya apa sih?
-kalo mandi besar apa harus dibilas sampe tiga kali?
  terima kasih dan cukup sekian. :-?

- Sebaiknya lakukan saja mandi sebelum shalat Jum'at, karena Rasulullah melakukannya.  Kalau pengen mencontoh Rasulullah, lakukan saja, insya Allah haditsnya juga sahih.
- Boleh, yang penting pake air, karena air itu pada dasarnya suci dan mensucikan.
- Kaifiyat (cara2nya) yang dicontohkan Rasulullah: berwudhlu dulu seperti biasa, lalu kemudian bilas kepala 3 kali, kemudian badan yang kanan 3 kali, yang kiri 3 kali, kemudian cuci kaki...silahkan simpulkan sendiri.

pak_e

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 34
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: mandi besar pake air anget
« Jawab #2 pada: Juni 06, 2007, 03:29:41 am »
Mohon maaf kalo sepengetahuan ane yang namanya bersuci itu ada syaratnya salah satunya adalah tidak diperolehkan memakai air yang sudah dimasak, kalo udah dimasak jadi "ndak suci" lagi. Karenanya kita tidak pernah melihat atau ngedenger ada orang wudlu pake air matang/anget karena menurut hukum fiqhnya termasuk air suci yang tidak mensucikan, begitu sepengetahuan ane, wassalam
« Edit Terakhir: Juni 07, 2007, 02:05:17 am oleh pak_e »

dinie_bgt

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.976
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: mandi besar pake air anget
« Jawab #3 pada: Juni 07, 2007, 12:12:42 pm »
Iya tuch, aku juga pernah denger dari temanku...
Waktu, air di kantor lagi mati, aku mau wudhu pake air galon... Tp kt dia itu ga menyucikan...

psycho_avatar

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 720
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
    • Psycho Avatar
Re: mandi besar pake air anget
« Jawab #4 pada: Juni 07, 2007, 03:13:14 pm »
@pak_e dan dinie_bgt...
bisa sertakan referensinya...? ;)
jadi kan jelas sumbernya...seingat saya, saya belum pernah menemukan soal larangan pake air hangat ini di hadits2 yang pernah saya baca :)

そら

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.561
  • Reputasi: 47
  • when there's family, one can control oneselves...
    • Lihat Profil
Re: mandi besar pake air anget
« Jawab #5 pada: Juni 07, 2007, 09:26:21 pm »
nyeletuk dikit

kalo disini (Q:5-6) sih harusnya boleh...

Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmatNya bagimu, supaya kamu bersyukur.

ekh tambahan pertanyaan dikit donk, bagian yg saya biruin
ada yg bilang menyentuh disini artinya 'menyetubuhi'
bener gak?
ada yg mau jelasin?

pak_e

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 34
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: mandi besar pake air anget
« Jawab #6 pada: Juni 08, 2007, 02:07:32 am »
@pak_e dan dinie_bgt...
bisa sertakan referensinya...? ;)
jadi kan jelas sumbernya...seingat saya, saya belum pernah menemukan soal larangan pake air hangat ini di hadits2 yang pernah saya baca :)

Bisa bos, coba njenengan buka buku fiqh bagian wudhlu nanti khan ada disebutkan jenis2 air ;)

pak_e

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 34
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: mandi besar pake air anget
« Jawab #7 pada: Juni 08, 2007, 02:14:15 am »
nyeletuk dikit

kalo disini (Q:5-6) sih harusnya boleh...

Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmatNya bagimu, supaya kamu bersyukur.

ekh tambahan pertanyaan dikit donk, bagian yg saya biruin
ada yg bilang menyentuh disini artinya 'menyetubuhi'
bener gak?
ada yg mau jelasin?

Sepertinya menyentuh=menyetubuhi (maaf) bisa demikian artinya karena sepengetahuan saya sebetulnya bersentuhan dengan lawan jenis yang bukan muhrimnya tidaklah membatalkan wudlu.
Kalo mmg benar2 tidak ada air insyaallah memang boleh bertayamum termasuk mandi besar, tp kayaknya dijaman skrg spt ini jangankan di negeri kita dinegeri arab aja air dah melimpah ya, tapi kemudahan dari Allah Ta'ala adalah kemudahan yang harus kita syukuri

psycho_avatar

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 720
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
    • Psycho Avatar
Re: mandi besar pake air anget
« Jawab #8 pada: Juni 10, 2007, 01:41:20 pm »
@pak_e dan dinie_bgt...
bisa sertakan referensinya...? ;)
jadi kan jelas sumbernya...seingat saya, saya belum pernah menemukan soal larangan pake air hangat ini di hadits2 yang pernah saya baca :)

Bisa bos, coba njenengan buka buku fiqh bagian wudhlu nanti khan ada disebutkan jenis2 air ;)

Buku fikih yang mana ya...? buku-buku tentang bab Thaharah yang ada di saya gak menyebutkan tentang itu...;)

psycho_avatar

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 720
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
    • Psycho Avatar
Re: mandi besar pake air anget
« Jawab #9 pada: Juni 10, 2007, 01:49:38 pm »
nyeletuk dikit

kalo disini (Q:5-6) sih harusnya boleh...

Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmatNya bagimu, supaya kamu bersyukur.

ekh tambahan pertanyaan dikit donk, bagian yg saya biruin
ada yg bilang menyentuh disini artinya 'menyetubuhi'
bener gak?
ada yg mau jelasin?

Benar, sebagian ulama berpendapat bahwa yang dimaksud dengan menyentuh disana adalah menyetubuhi.  Salah satu alasannya adalah Rasulullah sendiri pernah mencium istrinya ('Aisyah) dan kemudian langsung shalat, meskipun hadits tentang ini tidak terlalu sahih, namun dibantu dengan hadits lain yang menceritakan bahwa ketika Rasulullah Shalat, beliau menggeser kaki 'Aisyah yang menghalangi shalat beliau dengan tangannya.  Inilah salah satu alasan kenapa kalimat 'menyentuh perempuan' di sana berarti 'menyetubuhi perempuan'.  Kalau saya sendiri mengikuti pendapat-pendapat tersebut.  Sehingga, bagi saya, tidak berlaku lagi becanda-becanda untuk membatalkan wudhu dengan cara menyentuh tangan saya.  Saya sih cuek aja kalau dibecandain gitu, malah yang becandain bingung...;))

Selain itu, ketika Haji, bukankah disyariatkan seorang suami untuk selalu menuntun istrinya.  Ini pegangan tangan toh? Tidak membatalkan wudhu atau tayammum...:)

mamat

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 766
  • Reputasi: 6
  • Jenis kelamin: Pria
  • Finally it will end this way...
    • Lihat Profil
Re: mandi besar pake air anget
« Jawab #10 pada: Juni 10, 2007, 02:33:43 pm »
Ada pula yang menyatakan kalo "menyentuh" merupakan salah satu cara Qur'an menyampaikan kepada manusia agar halus. Ungkapan-ungkapan semacam ada di beberapa ayat yang lain seperti :

"Isteri-isterimu adalah (seperti) tanah tempat kamu bercocok tanam, maka datangilah tanah tempat bercocok-tanammu itu bagaimana saja kamu kehendaki. Dan kerjakanlah (amal yang baik) untuk dirimu, dan bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa kamu kelak akan menemui-Nya. Dan berilah kabar gembira orang-orang yang beriman" (TQS. Al-Baqarah:223)

"Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu; mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka......." (TQS. Al-Baqarah:187) al ayah

dan lain sebagainya.
Wallahu a'lam.

そら

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.561
  • Reputasi: 47
  • when there's family, one can control oneselves...
    • Lihat Profil
Re: mandi besar pake air anget
« Jawab #11 pada: Juni 10, 2007, 10:52:48 pm »
Sepertinya menyentuh=menyetubuhi (maaf) bisa demikian artinya karena sepengetahuan saya sebetulnya bersentuhan dengan lawan jenis yang bukan muhrimnya tidaklah membatalkan wudlu.
Kalo mmg benar2 tidak ada air insyaallah memang boleh bertayamum termasuk mandi besar, tp kayaknya dijaman skrg spt ini jangankan di negeri kita dinegeri arab aja air dah melimpah ya, tapi kemudahan dari Allah Ta'ala adalah kemudahan yang harus kita syukuri
Benar, sebagian ulama berpendapat bahwa yang dimaksud dengan menyentuh disana adalah menyetubuhi.  Salah satu alasannya adalah Rasulullah sendiri pernah mencium istrinya ('Aisyah) dan kemudian langsung shalat, meskipun hadits tentang ini tidak terlalu sahih, namun dibantu dengan hadits lain yang menceritakan bahwa ketika Rasulullah Shalat, beliau menggeser kaki 'Aisyah yang menghalangi shalat beliau dengan tangannya.  Inilah salah satu alasan kenapa kalimat 'menyentuh perempuan' di sana berarti 'menyetubuhi perempuan'.  Kalau saya sendiri mengikuti pendapat-pendapat tersebut.  Sehingga, bagi saya, tidak berlaku lagi becanda-becanda untuk membatalkan wudhu dengan cara menyentuh tangan saya.  Saya sih cuek aja kalau dibecandain gitu, malah yang becandain bingung...;))

Selain itu, ketika Haji, bukankah disyariatkan seorang suami untuk selalu menuntun istrinya.  Ini pegangan tangan toh? Tidak membatalkan wudhu atau tayammum...:)
maksudku bukan masalah 'batal' nya om(s)
lihat kalimatnya deh
"dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu."
maksudku, apabila sebelumnya kita 'menyentuh'(pake tanda kutip  :D ) lawan jenis, untuk mensucikan diri kita masih wudhu biasa atau harus tayammum selayaknya tidak ada air?
atau jangan jangan saya salah motong kalimatnya, jadi harusnya kaya gini
"dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan," yang mungkin berarti kalau habis (maaf) begonoan :p mensucikan diri harus pake mandi?

air bersih belum tentu suci
ada beberapa syarat air dapat dikatakan suci.....
contoh air sungai, meski keruh tapi air tersbut mengalir maka air tersebut suci untuk ber wudhu
syarat lainnya ....( sptnya udah tau semua )
yeh kalo dihulunya ada tambang emas tradisional...tetep aja nehi nehi lah yauw :p

bangsholeh

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 695
  • Reputasi: -14
  • Jenis kelamin: Pria
  • SoBat, MaLam TaK KaN PeRnAh 24 JaM !!!
    • Lihat Profil
Re: mandi besar pake air anget
« Jawab #12 pada: Juni 11, 2007, 01:34:46 pm »
Pembahasannya satu-saru biar gak bingung!

Yang pertama, yang perlu kita tanggapin dan di beri jawaban

Kutip
1. apa sih hukumnya mandi sebelum sholst jumat?
2. kalo mandi besar pake air anget(dimasak) hukumnya apa sih?
3. kalo mandi besar apa harus dibilas sampe tiga kali?

Sehemat pikirku :

1. mandi sebelom sholat jum'at hukumnya Sunah, seperi halnya mandi sebelom sholat ID (hari raya). (dalilnya menyusul)
2. Pada dasarnya air itu ada tiga macam;
  • air suci lagi mensucikan (thohirun muthohhir).
7 macam air: air sumur, air mata air, air sungai, air telaga, air laut, air hujan, air embun. 
  • air suci tidak mensucikan (thohirun ghoiru muthohhir)
    contoh, air kopi, air susu, air teh, air yang kena matahari (musyammas)
  • air bernajis (mau mutanajjis)

Islam itu mudah tapi jangan di permudah, islam itu tidak sulit makanya jangan dipersulit!

Boleh, memakai air yang di panaskan untuk bersuci selagi belom bercampur dengan sesuatu. Namun kalo dipanasin dengan terik matahari dia tidak bisa dipakai untuk bersuci.

3. tidak! syahnya suatu ibadah itu sesuai rukun dan syaratnya. Dan mebilas 3 kali waktu mandi besar tidak termasuk syarat dan rukunnya. Yang pastinya air membasahi seluruh tubuh.

psycho_avatar

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 720
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
    • Psycho Avatar
Re: mandi besar pake air anget
« Jawab #13 pada: Juni 12, 2007, 03:11:22 pm »
Sepertinya menyentuh=menyetubuhi (maaf) bisa demikian artinya karena sepengetahuan saya sebetulnya bersentuhan dengan lawan jenis yang bukan muhrimnya tidaklah membatalkan wudlu.
Kalo mmg benar2 tidak ada air insyaallah memang boleh bertayamum termasuk mandi besar, tp kayaknya dijaman skrg spt ini jangankan di negeri kita dinegeri arab aja air dah melimpah ya, tapi kemudahan dari Allah Ta'ala adalah kemudahan yang harus kita syukuri
Benar, sebagian ulama berpendapat bahwa yang dimaksud dengan menyentuh disana adalah menyetubuhi.  Salah satu alasannya adalah Rasulullah sendiri pernah mencium istrinya ('Aisyah) dan kemudian langsung shalat, meskipun hadits tentang ini tidak terlalu sahih, namun dibantu dengan hadits lain yang menceritakan bahwa ketika Rasulullah Shalat, beliau menggeser kaki 'Aisyah yang menghalangi shalat beliau dengan tangannya.  Inilah salah satu alasan kenapa kalimat 'menyentuh perempuan' di sana berarti 'menyetubuhi perempuan'.  Kalau saya sendiri mengikuti pendapat-pendapat tersebut.  Sehingga, bagi saya, tidak berlaku lagi becanda-becanda untuk membatalkan wudhu dengan cara menyentuh tangan saya.  Saya sih cuek aja kalau dibecandain gitu, malah yang becandain bingung...;))

Selain itu, ketika Haji, bukankah disyariatkan seorang suami untuk selalu menuntun istrinya.  Ini pegangan tangan toh? Tidak membatalkan wudhu atau tayammum...:)
maksudku bukan masalah 'batal' nya om(s)
lihat kalimatnya deh
"dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu."
maksudku, apabila sebelumnya kita 'menyentuh'(pake tanda kutip  :D ) lawan jenis, untuk mensucikan diri kita masih wudhu biasa atau harus tayammum selayaknya tidak ada air?
atau jangan jangan saya salah motong kalimatnya, jadi harusnya kaya gini
"dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan," yang mungkin berarti kalau habis (maaf) begonoan :p mensucikan diri harus pake mandi?

junub itu kan salah satunya berhubungan suami-istri, dan itu memang mesti mandi...
sementara kalimat "...dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu..."...ini bicara tentang bab tayammum.  Dari beberapa referensi yang saya dapatkan mengenai kalimat tersebut, seseorang boleh bertayammum ketika :

1.  Sakit
2.  Dalam Perjalanan (safar), boleh bertayammum, meskipun ada air.  Kalau tidak ada air, wajib tayammum.
3.  Setelah Buang air atau 'menyentuh' perempuan, namun tidak terdapat air.

Jadi, tayammum bisa menggantikan mandi junub dan wudhlu.

husni_mubarak

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 68
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • Gonna be d'great CHIEF (khalifah), is ME
    • Lihat Profil
Re: mandi besar pake air anget
« Jawab #14 pada: Juni 14, 2007, 05:58:36 am »
Iya tuch, aku juga pernah denger dari temanku...
Waktu, air di kantor lagi mati, aku mau wudhu pake air galon... Tp kt dia itu ga menyucikan...

Afwan klo salah
sepengetahuan sy, air galon belum tentu dimasak, jadi mungkin tdk mslh untuk bersuci.