Penulis Topik: Metodelogi Struktur Al Qur'an  (Dibaca 9306 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

di3

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 15
  • Reputasi: 1
    • Lihat Profil
Metodelogi Struktur Al Qur'an
« pada: Mei 07, 2007, 04:04:10 pm »
Tahukah kalian bahwa al qur'an bisa di jelaskan dlm 2 metode?
1. Metode Verbal (Bahasa)
2. Metode Numerik (Angka)

Knapa Al Qur'an 30 Juz?
Knapa ada 114 Surat?
Knapa ada 6236 ayat?

Ada apa dengan ke-3 komponen tersebut?(ayat,surat,juz)
Mengapa al fatihah di simpan di surat 1?knapa tidak terakhir?dan jumlah nya cuma 7 ayat?

knapa klo shalat kita harus menghadap ke ka'bah?
ada apa di balik ka'bah?

jadi pada intinya!!!!pesan apa yang ingin disampaikan oleh allah swt. kepada umatnya?dengan semua ritual yg dia berikan kepada kita khususnya umat moslem?

dan manakah kitab al qur'an yg sempurna tersebut?dari mana qta bisa melihat bahwa al qur'an itu kitab yg sempuna?

saya mengajak teman" yg mau berdiskusi masalah struktur al qur'an!!!!!
supaya qta bisa lebih mendekatkan diri kepada yg d atas.... :)

serunting

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.349
  • Reputasi: 6
  • Jenis kelamin: Pria
  • Secrets makes a ninja NINJA!!!
    • Lihat Profil
    • Suka Sejarah
Re: Metodelogi Struktur Al Qur'an
« Jawab #1 pada: Mei 07, 2007, 04:58:44 pm »
sy punya dokumennya,..

tp ntar deh kalo ada kesempatan sy uplod ke sini...

eh, kalo ga salah sy pernah jg ngirim artikel ke beberapa orang di sini ya? tentang keadjaiban matematis di dalam al-quran, tp lupa, sy ngasih ke siapa...

aptx

  • Pengunjung
Re: Metodelogi Struktur Al Qur'an
« Jawab #2 pada: Agustus 19, 2007, 08:27:10 pm »
Lanjutannya gimana nih?

psycho_avatar

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 720
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
    • Psycho Avatar
Re: Metodelogi Struktur Al Qur'an
« Jawab #3 pada: Agustus 20, 2007, 07:14:32 pm »
Satu2nya yang pernah saya lakukan adalah membuktikan klaim sesat selama ini yang menyatakan bahwa Al-Quran memiliki ayat sebanyak 6666 :))  Dan masih banyak pula ustadz2 dalam ceramahnya menyebut 6666...itu dari mana sih mulanya?  X(

aptx

  • Pengunjung
Re: Metodelogi Struktur Al Qur'an
« Jawab #4 pada: Agustus 20, 2007, 08:06:40 pm »
Ayat Alquran ada 6236 ayat kalo dihitung dgn cara biasa. Tapi konon dalam kitab Jurumiyah (dan beberapa kitab kuning lainnya) ayat Alquran ada 6666 ayat dengan metode penghitungan yg berbeda.
Wallahualam

di3

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 15
  • Reputasi: 1
    • Lihat Profil
Re: Metodelogi Struktur Al Qur'an
« Jawab #5 pada: Oktober 02, 2007, 03:11:42 pm »
Assllmmkm......
dah lama nich saya gak pernah nulis lg disini, karena kesibukan saya d kantor jd waktunya sedikit tersita....:)

Teman" sekalian mengenai ayat al qur'an berjumlah 6666 ayat padahal setelah kita hitung jumlahnya 6236, sebenarnya ada suatu pesan yg tidak tersampaikan....jadi klo para ulama bilang bahwa ayat al qur'an itu berjumlah 6666 ayat itu sebenarnya tidak salah juga tapi ada sedikit yg harus di jelaskan....

klo kita uraikan ada selisih 430 ayat (6666 - 6236 = 430)
otomatis akan timbul pertanyaan....
1.knapa bisa terjadi kelebihan 430 ayat...?
2.apakah angka 430 ini sebuah kesalahan atau ada pesan yg tidak tersampaikan lewat angka 430 ini.....?

klo kita berfikir sempit kita pasti brfikir "klo begitu para ulama telah menyesatkan umatnya donk"....?
justru tidak begitu, ada pesan yg tida tersampaikan di balik angka itu......

sekarang saya akan coba menjelaskan dengan apa yg saya ketahui dan yg telah saya pelajari tetapi saya akan membahas permasalahan ini dengan metodelogi numerik al qur'an.....

Allah menciptakan al qur'an dengan begitu sempurna dan tidak ada ca"t sedikitpun, sungguh maha luar biasa allah menciptakan segala sesuatu di alam semesta ini berdasarkan perhitungan yang sangat akurat......begitu juga al qur'an allah menciptakan al qur'an dengan penghitungan yg sangat cermat dan akurat tidak hanya isinya saja yg sempurna tetapi angka" di dalamnya dan su"nan surat,halaman,jumlah baris,huruf" dan banyak lagi...tidak hanya asal menulis dan di tempatkan, semuanya di letakkan berdasarkan perhitungan yg sangat cermat....itulah makanya al qur'an disebut kitab yg sempurna yg membedakan dari kitab yg lainnya, tetapi kebanyakan umat saat ini tidak pernah sadar akan hal tersebut,,,,,,,,,

Sekarang kita kembali ke permasalahan di atas angka 430 ada apa sich dengan angka ini....?

angka 6236 = al qur'an, jadi bisa di ibaratkan angka ini adalah al qur'an/mewakili al qur'an.....
kita sebagai umat muslim sangat di wajibkan untuk mempelajari al qur'an, dengan mempelajari al qur'an kita akan tahu mana yang baik dan tidak......sehingga kita akan mempunyai batasan dalam hidup ini.....

makanya klo cetakan al qur'an dari karachi pakistan itu halaman awal dimulai dengan halaman 2 da 3 tidak ada hal 1,,,,,,knapa?karena dari angka tersebut al qur'an ingin menyampaikan sesuatu yg kita tidak sadar.....
kita bahas sedikit....dari halaman depan saja ada pesan supaya kita di haruskan mempelajari al qur'an,,,,"hal 2 dan hal 3" klo kita ambil angkanya saja dan kombinasikan berarti menjadi 32 dan 23 ada apa dengan angka ini....?

Kita larikan angka yang tadi ke dalam su"nan surat di dalam al qur'an....
Surat ke-32 as sajadah (batasan)
Surat ke-23 al mu'minun (orang" yg beriman)

nah dari halaman depan saja al qur'an ingin menyampaikan suatu pesan kepada kita....yaitu wahai manusia pelajarilah aku karena dengan mempelajari aku kmu akan tahu 32 (as sajadah)/batasan, maksud batasan disini dengan mempelajari al qur'an kita akan tahu mana yang boleh dan tidak boleh..setelah kmu mengetahui batasan dalam hidup ini kata al qur'an kmu akan mendapat 23 (al mu'min)/orang" yg beriman, otmatis donk donk klo kita tahu mana yg baik dan buruk insya allah kita akan menjadi orang" yg beriman....;)apakah angka" di atas suatu kebetulan atau memang di buat dengan perhitungan yg sangat matang......?????

kembali ke permasalahan 6236.....
sebenarnya pesan angka 6666 tersebut kurang lebih seperti ini....bagi para umat muslim pelajarilah 6236/al qur'an sebagai pedoman hidupmu, dan jadikanlah 430 sebagai suri tauladan dalam tingkah pola kita sehari-hari.....

lho kok 430 dijadikan sebagai suri tauladan...?apa maksud angka tersebut.....
sebagai umat muslim suri tauladan kita semua adalah nabi muhammad saw. jadi angka tersebut adalah 430 = muhammad saw. knapa bisa begitu.....?

sekarang kata muhammad kita urai yang terdiri dari huruf "mim, ha, mim, da"
                         sekarang kita larikan ke surat
mim huruf ke 24 -----> surat ke 24 jumlah ayat 64
ha huruf ke 6 -------> surat ke 6 jumlah ayat 165
mim huruf ke 24 -----> surat ke 24 jumlah ayat 64
da huruf ke 8 -------> surat ke 8 jumlah ayat 75

kita jumlahkan nomor surat dan jumlah ayat......
24 + 64 = 88
6 + 165 = 171
24 + 64 = 88
 8 + 75 = 83
           ------+
            430
jadi huruf muhammad itu klo di uraikan berjumlah 430,,,,,apakah angka" di atas sebuah kebetulan atau di berdasarkan perhitungan yg tepat,,,,,sungguh maha luar biasa allah menciptakan segala sesuatu di alam semesta ini berdasarkan perhitungan yg cermat dan akurat........

jadi itu lah pesan yg tidak tersampaikan dan tidak akan membuat kita menjadi pro dan kontra.....
wassallam,,,,
maaf klo ada salah" kata mohon di koreksi

Himmura

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 931
  • Reputasi: 14
  • Jenis kelamin: Pria
  • Jihad,.....
    • Lihat Profil
Re: Metodelogi Struktur Al Qur'an
« Jawab #6 pada: Oktober 09, 2007, 01:03:15 pm »
Ana punya dokumennya tuh....

1 buku.....

arif budiman

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re: Metodelogi Struktur Al Qur'an
« Jawab #7 pada: Oktober 09, 2007, 03:24:35 pm »
Dia-lah yang menurunkan Al Kitab (Al Quran) kepada kamu. Di antara (isi) nya ada ayat-ayat yang muhkamaat[183], itulah pokok-pokok isi Al qur'an dan yang lain (ayat-ayat) mutasyaabihaat[184]. Adapun orang-orang yang dalam hatinya condong kepada kesesatan, maka mereka mengikuti sebahagian ayat-ayat yang mutasyaabihaat daripadanya untuk menimbulkan fitnah untuk mencari-cari ta'wilnya, padahal tidak ada yang mengetahui ta'wilnya melainkan Allah. Dan orang-orang yang mendalam ilmunya berkata: "Kami beriman kepada ayat-ayat yang mutasyaabihaat, semuanya itu dari sisi Tuhan kami." Dan tidak dapat mengambil pelajaran (daripadanya) melainkan orang-orang yang berakal [QS Ali 'Imran: 7]

Catatan Kaki:

[183]. Ayat yang muhkamaat ialah ayat-ayat yang terang dan tegas maksudnya, dapat dipahami dengan mudah.

[184]. Termasuk dalam pengertian ayat-ayat mutasyaabihaat: ayat-ayat yang mengandung beberapa pengertian dan tidak dapat ditentukan arti mana yang dimaksud kecuali sesudah diselidiki secara mendalam; atau ayat-ayat yang pengertiannya hanya Allah yang mengetahui seperti ayat-ayat yang berhubungan dengan yang ghaib-ghaib misalnya ayat-ayat yang mengenai hari kiamat, surga, neraka dan lain-lain.


yang ingin saya tanyakan, apakah perlu kita mempersoalkan hitungan jumlah ayat Al-Quran dan berusaha merumuskannya sedemikian rupa supaya jumlahnya jadi klop (yang terkesan rumit dan memaksakan), sementara pada dasarnya pokok-pokok isi Al-Quran adalah ayat-ayat yang terang dan tegas maksudnya, serta dapat dipahami dengan mudah..
jadi kenapa ga ambil aja pemahaman yang terang, tegas dan mudah dipahami untuk memahami pesan apa yang ingin disampaikan Allah kepada umat manusia, daripada pake hitung-hitungan yang njelimet dan masih menyimpan celah untuk diperdebatkan.

wallahu a'lam

aptx

  • Pengunjung
Re: Metodelogi Struktur Al Qur'an
« Jawab #8 pada: Oktober 20, 2007, 12:50:55 pm »
Menurutku sendiri definisi Al Quran bukanlah kumpulan "kata2"/firman Allah. Tetapi suatu "kitab"/petunjuk yg diturunkan Allah. Allahu a'lam

web-iqra

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 1
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re: Metodelogi Struktur Al Qur'an
« Jawab #9 pada: Maret 10, 2010, 07:01:46 pm »
 aku pengen kenal lebih dekat dng penulis thread ini sayang spt nya dah ga ol lagi ya di forum ini ...

yant_138

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 195
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re: Metodelogi Struktur Al Qur'an
« Jawab #10 pada: Maret 30, 2010, 09:48:13 pm »
 ;)
15 abad yg lalu,
ada tulisan,
dgn struktur :
pembukaan
isi
kesimpulan.

pembukaan ya jelas pendek.
isi ya jelas panjang
kesimpulan,
uniknya dia menerangkan dirinya sendiri.

sekarang semua orang menirunya.

tulisan itulah yg didektekan Muhammad selaku Rasulallah
namanya Al Qur'an.
 :great: