Penulis Topik: standar dari baik  (Dibaca 17586 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

z 41 n

  • Pengunjung
Re: standar dari baik
« Jawab #30 pada: November 01, 2007, 07:36:34 pm »
baik adalah yang qur'an dan hadis mengatakanya baik,,dan yang buruk adalah yang qur'an dan hadis mengatakanya buruk..

gerrard

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 262
  • Reputasi: 10
  • Jenis kelamin: Pria
  • ^_____^'
    • Lihat Profil
Re: standar dari baik
« Jawab #31 pada: Januari 24, 2008, 02:11:24 pm »
Al-Quran    &     Assunah!

yant_138

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 195
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re: standar dari baik
« Jawab #32 pada: November 06, 2008, 03:51:08 pm »
standar baik.
spt standar arah.
contoh kalau kita berdiri. kanan kita mana.
kanan kita blm tentu kanan orang lain.
demikian juga dgn baik.
contoh orang baik adlah orang yg sdg berusaha berbuat baik.
pada saat sedang berusaha berbuat baik maka orang itu disebut baik.

walaupun pelacur kalau sdg berbuat baik maka ia saat itu adalah orang baik.
( misalya memberi minum anjing yg kehausan ).

berarti semua ada kesempatan. tergantung niat

sebaliknya orang jelek adalah orang yg berusaha berbuat jelek.
walaupun kiay. haji, guru dosen dpr menteri kalau berusaha berbuat jelek maka ia adalah orang jelek.

berarti semua ada kesempatan. tergantung niat

kalau al Qur'an mengatakan " Al Haqu mirrobbikum " 
yang haq adalah dari Tuhanmu. Yg logis adalah dr Tuhanmu.
maka standar orang islam yg harus dipakai adalah al Qur'an, spy yg baik bertambah baik.

sai

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.929
  • Reputasi: 68
  • Jenis kelamin: Pria
  • matahari pertama
    • Lihat Profil
Re: standar dari baik
« Jawab #33 pada: November 10, 2008, 12:09:36 pm »
sebelumnya mohon perhatian sebentar...


misal kita berada di ledeng (noktah merah) diminta untuk ke ciwaruga (noktah kuning). dan ada beberapa jalur yang bisa digunakan.

benar, jika kita bisa menuju ciwaruga. dengan rute manapun.
baik, jika kita menggunakan jalur terbaik.menurutmu mana jalur terbaik?
ledeng - gerlong - ciwaruga ? belum tentu.
gimana kalo tidak tahu satupun jalur diatas?

aku simpulkan standar dari baik adalah, "tahu tujuan yang benar"

gini, kalo kita tahu jalur mana saja yang bisa ditempuh, kita bisa tentukan jalur mana yang terbaik.
jika kita hanya tahu satu jalur saja, maka jalur tersebut yang terbaik.
dan ada kalanya, sesuatu yang baik, tidak mencapai tujuan akhir. pada kasus diatas, jika kita tidak tahu satupun jalur menuju ciwaruga, mungkin yang terbaik adalah tidak mengambil rute manapun. dengan kata lain tujuan tidak tercapai. tapi tetap itulah yang terbaik.

hamisatimuftia

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 777
  • Reputasi: 15
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Calon Putri Indonesia 20...12 aja deh!
    • Lihat Profil
    • Amie's Zone
Re: standar dari baik
« Jawab #34 pada: November 10, 2008, 05:39:58 pm »
@kak sai

analogi yg keren  =D>

bundo_kanduang

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.097
  • Reputasi: 21
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Cantik Gak?????
    • Lihat Profil
    • Sesuatu yang ku tau......
Re: standar dari baik
« Jawab #35 pada: Januari 06, 2009, 10:45:02 am »
eh mo nanya.....

klo ada 1 pemikiran, yang jelas2 itu salah dari pemikiran agama, lingkungan luar dan hati nurani kita sendiri...

tapi lingkungan dalam kita menganggap itu hal yang biasa dan lumrah, itu bukan dosa dan sudah mengakar sejak dulu.....

klo kita menentang...
kita dimusuhi dan dikucilkan dari pergaulan.... #:-S

jadi menurut sodara2 kita nurut yang mana???

Gavin_911

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 87
  • Reputasi: 3
  • Children in heaven, gone too soon.....
    • Lihat Profil
Re: standar dari baik
« Jawab #36 pada: Januari 08, 2009, 01:37:29 pm »
eh mo nanya.....

klo ada 1 pemikiran, yang jelas2 itu salah dari pemikiran agama, lingkungan luar dan hati nurani kita sendiri...

tapi lingkungan dalam kita menganggap itu hal yang biasa dan lumrah, itu bukan dosa dan sudah mengakar sejak dulu.....

klo kita menentang...
kita dimusuhi dan dikucilkan dari pergaulan.... #:-S

jadi menurut sodara2 kita nurut yang mana???
Lakukan perubahan secara perlahan...
Cari dukungan dari orang2 yang disegani dan bijak dalam wawasan keberagamaan dan wawasan sosialnya.
Dan yang lebih penting meski mereka salah jangan sampai kita "menyalahkan".
Ga ada satu manusiapun yang senang hati dituduh bersalah.
Kalau masih dikucilkan dan kita ga sanggup menghadapinya.
Kabuuuuuuurrrrrrrrrrrrrrrrrrrr  :D  :->-
(Hijrah sementara ceritanya... yah ngikutin filosofi dakwahnya rosulullah gitu).
« Edit Terakhir: Januari 08, 2009, 01:39:38 pm oleh Gavin_911 »

erioevan

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 46
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • Save Gaza, Save Palestine, Save The Muslims
    • Lihat Profil
    • Ahmad Home
Re:standar dari baik
« Jawab #37 pada: Januari 10, 2009, 01:22:15 pm »
standar apa saja agar sesuatu dapat dikatakan baik

baik adalah apa yang baik menurut Syariat dan Buruk adalah apa yang buruk menurut Syariat...

selebihnya tdk ada makna lain karena kita seorang muslim......

IMUT_4EVER

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 235
  • Reputasi: 4
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re:standar dari baik
« Jawab #38 pada: Januari 10, 2009, 03:19:49 pm »
Standar dari baik itu menurut aturan yang berlaku di agama kita aja, untuk menjadi baik berawal dari lingkup yang terkecil dulu yaitu diri sendiri..

Yang baik menurut syariat agama kita sebaiknya di ikuti dan yang buruk sebaiknya di tinggalkan..

sai

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.929
  • Reputasi: 68
  • Jenis kelamin: Pria
  • matahari pertama
    • Lihat Profil
Re:standar dari baik
« Jawab #39 pada: Januari 12, 2009, 09:58:08 am »
tentang Bismillah

di thread ini
http://forum.dudung.net/index.php/topic,13859.msg189919.html#msg189919

lantas dimana posisi 'Bismillah', termasuk baik atau benar?
perhatikan statemen berikut :

jika lapar, maka makanlah        >>> salah atau benar? bener donk
jika lapar, maka bismillah lah     >>> salah atau benar? jawab sendiri deh

bagaimana kalo aku buat seperti ini

jika lapar, maka makanlah. jangan lupa ucapkan bismillah.      >>> sudah dapat gambaran atau tambah bingung pusing?

intinya, untuk mendapat sesuatu, lakukan sesuatu. (benar) dan alangkah baiknya awali dengan niat. (baik)

Bismillah, baik untuk kalangan muslim.
Puji Tuhan, baik untuk kalangan nasrani.
atau ittadakimasu baik untuk seorang jepang.

BINGUNG !!!

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.384
  • Reputasi: 47
  • Jenis kelamin: Pria
  • 7 Agustus 2009, 06:50 pm
    • Lihat Profil
Re:standar dari baik
« Jawab #40 pada: Januari 12, 2009, 01:52:02 pm »
:cool: nice

seandai ny sya bisa ngasih rep. + sya kasih dah...tp Lagi ga bisa nih :D

angela

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 447
  • Reputasi: 3
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
D
« Jawab #41 pada: Februari 17, 2010, 01:17:55 pm »
Agama paling baik pun kalau yg menganut gak mengikuti dg baik jg jd gak baik kan?
Ukuran baik disini menurut saya bkn pd tempat mana yang terbaik. Tp bgmana kita menempatkan diri agar jd yg terbaik d tempat itu sendiri.