Penulis Topik: Resep Roti Boy  (Dibaca 58665 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

faritz

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Resep Roti Boy
« pada: Maret 31, 2007, 11:36:26 pm »
Resep Roti Boy

BAHAN ROTI (Untuk 10 buah) :
400 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein sedang
25 gr susu bubuk
10 gr ragi instan
150 gr gula pasir
3 kuning telur
1 btr telur
300 ml susu cair
100 gr mentega
ΒΌ sdt garam

BAHAN ISI:
150 gr mentega

BAHAN TOPPING:
100 gr mentega
100 gr tepung gula
2 btr telur
150 gr tepung terigu
1 sdt moka pasta

CARA MEMBUAT:

1. Buat roti: ayak tepung dan susu bubuk, tambahkan gula, telur dan ragi instant, tuang susu cair sambil diuleni hingga kalis. Masukkan mentega dan garam sambil terus diuleni hingga adonan elastis, diamkan selama 30 menit di tempat yang hangat.

2. Kempiskan adonan roti, timbang masing-masing 50 gr, bulatkan. Lalu pipihkan, tambahkan 1 sdt mentega pada masing-masing adonan, bulatkan lagi, tata di loyang yang sudah dioles margarin. Diamkan adonan dalam ruang hangat agar mengembang selama 30 menit.

3. Buat topping: kocok mentega dan tepung gula hingga rata, masukkan telur dan moka pasta, kocok rata. Tambahkan tepung terigu sambil diayak dan diaduk rata, lalu masukkan adonan ke dalam plastik segitiga.

4. Semprotkan bahan topping di atas adonan roti dengan cara melingkar sampai bawah, lalu panggang 10 menit dengan suhu 180 derajat Celsius.


Nah selamat mencoba yah.

Modal pembuatan roti boy ini sekitar 35.000,- termasuk bahan mentah ampe gas dan yang jadi sekitar 20 roti lebih padahal resep utk 10 roti :-)

harga roti boy di mal kelapa gading 5000~6000/pcs cmiiw.

dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.976
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Resep Roti Boy
« Jawab #1 pada: April 02, 2007, 12:33:00 pm »
Wach... Banyak bgt telurnya...
Dah pernah nyoba bikin blum?
Berasa ga telurnya?

ritz

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 556
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
  • No Comment
    • Lihat Profil
    • Reezal`s Blog Sites
Re: Resep Roti Boy
« Jawab #2 pada: April 02, 2007, 02:03:25 pm »
Beneran neh resepnya, emang di googling bisa ketemu yach ???  ;D

Lumayan neh klo bisa bikin, di bandara Soekarno Hatta harganya Rp 6.500. Klo bisa jual Rp 5.000 aja pasti laku, asal rasanya ampir sama.

faritz

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Resep Roti Boy
« Jawab #3 pada: April 02, 2007, 06:35:05 pm »
Wach... Banyak bgt telurnya...
Dah pernah nyoba bikin blum?
Berasa ga telurnya?
telurnyanya kan cuma : 3 kuning telur, 3 btr telur.
sedikit aja tuh klo perbandingannya untuk 10-20 buah roti.

Beneran neh resepnya, emang di googling bisa ketemu yach ???  ;D

Lumayan neh klo bisa bikin, di bandara Soekarno Hatta harganya Rp 6.500. Klo bisa jual Rp 5.000 aja pasti laku, asal rasanya ampir sama.
yup, dapetnya di google, ada yg pernah coba, katanya rasa dan aromanya ngga kalah sama yg dijual di supermarket. tapi ana ngga pernah coba sih, jadi ngga tau juga :D

dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.976
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Resep Roti Boy
« Jawab #4 pada: April 03, 2007, 08:20:50 am »
Wach... Banyak bgt telurnya...
Dah pernah nyoba bikin blum?
Berasa ga telurnya?
telurnyanya kan cuma : 3 kuning telur, 3 btr telur.
sedikit aja tuh klo perbandingannya untuk 10-20 buah roti.

Beneran neh resepnya, emang di googling bisa ketemu yach ???  ;D

Lumayan neh klo bisa bikin, di bandara Soekarno Hatta harganya Rp 6.500. Klo bisa jual Rp 5.000 aja pasti laku, asal rasanya ampir sama.
yup, dapetnya di google, ada yg pernah coba, katanya rasa dan aromanya ngga kalah sama yg dijual di supermarket. tapi ana ngga pernah coba sih, jadi ngga tau juga :D

Buatku telur segitu tuch banyak...
Karena biasanya klo bikin adonan donat, aku cuma pake 1 butir telur untuk adonan setengah kilo...
Karena aku ga suka telur... ;)

faritz

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Resep Roti Boy
« Jawab #5 pada: April 03, 2007, 03:36:05 pm »
Buatku telur segitu tuch banyak...
Karena biasanya klo bikin adonan donat, aku cuma pake 1 butir telur untuk adonan setengah kilo...
Karena aku ga suka telur... ;)
Klo cuma 1 butir utk setengah kg, apa bisa mengembang tuh?

dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.976
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Resep Roti Boy
« Jawab #6 pada: April 03, 2007, 03:44:22 pm »
Buatku telur segitu tuch banyak...
Karena biasanya klo bikin adonan donat, aku cuma pake 1 butir telur untuk adonan setengah kilo...
Karena aku ga suka telur... ;)
Klo cuma 1 butir utk setengah kg, apa bisa mengembang tuh?

Alhamdulillah... Selama ini klo buat donat selalu berhasil mengembang dan habis di pasaran (maksudnya dihabisin sama orang rumah... :D)
Pake trik memasak gitu lho...

tisa

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 338
  • Reputasi: 6
  • Jenis kelamin: Wanita
  • alquran my way
    • Lihat Profil
Re: Resep Roti Boy
« Jawab #7 pada: April 04, 2007, 08:09:40 pm »
itu tepung terigunya memang harus yang protein tinggi dan rendah ya?!?!...........
kalau misalnya tisa ganti dengan 500 gr tepung terigu protein tinggi gimana??ada pengaruhnya enggak?!?

faritz

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Resep Roti Boy
« Jawab #8 pada: April 04, 2007, 09:39:53 pm »
itu tepung terigunya memang harus yang protein tinggi dan rendah ya?!?!...........
kalau misalnya tisa ganti dengan 500 gr tepung terigu protein tinggi gimana??ada pengaruhnya enggak?!?
Hmm... pertanyaan sama dalam sebuah milis :-?
entahlah... :D ngga pernah nyoba juga sih.

@Mbak Dhini
Bukan hanya memasaknya kan yg pake trik,
Menyuruh memakannya kayaknya juga pake trik... ;)) :D

dinie_bgt

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.976
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Resep Roti Boy
« Jawab #9 pada: April 09, 2007, 11:39:58 am »
@Mbak Dhini
Bukan hanya memasaknya kan yg pake trik,
Menyuruh memakannya kayaknya juga pake trik... ;)) :D

Wach... Ndak sopan... Donat buatanku dijamin enak lhooo...
Ga usah disuruh juga baru mateng dah dimakanin kok... B-)

faritz

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Resep Roti Boy
« Jawab #10 pada: April 09, 2007, 10:16:31 pm »
Wach... Ndak sopan... Donat buatanku dijamin enak lhooo...
Ga usah disuruh juga baru mateng dah dimakanin kok... B-)

Seseorang baru tahu sakitnya jatuh ketika sudah terjatuh...

Seseorang baru tahu sakitnya patah hati setelah mengalaminya...

Seseorang baru tahu makanan enak klo udah mencicipinya...

So... >:)

ike_moslem

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 914
  • Reputasi: 22
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Resep Roti Boy
« Jawab #11 pada: Juni 02, 2007, 12:43:05 am »
Oooh ternyata isinya roti boy itu mentega ya... Tadinya kirain keju yg kental gitu.... Abis enek gitu sih... (Dasar katro' :D)

Oya kalo roti boy toppingnya diganti rasa coklat gitu enak ga ya jadinya