Penulis Topik: Tanya anggaran nikah  (Dibaca 80993 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

yatti

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 262
  • Reputasi: 4
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Tanya anggaran nikah
« Jawab #15 pada: Maret 31, 2007, 09:14:13 am »
apa sja yang harus masuk dalam anggaran persiapan pernikahan..

-perlengkapan kamar (tempat tidur lemari dll)
-mahar/emas kawin (seperangkat alat sholat,cincin dll)
-menu (makanan,minuman,dan buah2an nya)
-sewa sound system
-pelaminan (baju pengantin, barang2 utk seserahan/tergantung adat masing2)
-sewa gedung (kalo pake gedung tapi lebih sederhana klo di rumah karna tidak mengeluarkan biaya lagi)
-cetak undangan
-photographer (klo pake,tapi....lebih bagus pake camera sendiri)
-dokumentasi
-bayar penghulu (udah termasuk surat nikah)
-dekorasi (janur & hiasan)
-souvenir utk undangan....(klo perlu)

sedikit bocoran,minggu yg lalu kami (rindu_syurga & yatti) baru melaksanakan resepsi pernikahan dengan 900 undangan dan menghabiskan biaya sekitar 20 jt,itupun sudah di minimalisir (dah biaya yg paling kecil)
ex :-sewa sound system Rp.1.200.000
     -pelaminan (baju pengantin, barang2 utk seserahan/tergantung adat masing2) Rp.2.200.000






rindu_syurga

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 192
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • Tiga Ninja Kereennn....!!!!
    • Lihat Profil
Re: Tanya anggaran nikah
« Jawab #16 pada: Maret 31, 2007, 09:38:59 am »

sedikit bocoran,minggu yg lalu kami (rindu_syurga & yatti) baru melaksanakan resepsi pernikahan dengan 900 undangan dan menghabiskan biaya sekitar 20 jt,itupun sudah di minimalisir (dah biaya yg paling kecil)
ex :-sewa sound system Rp.1.200.000
     -pelaminan (baju pengantin, barang2 utk seserahan/tergantung adat masing2) Rp.2.200.000




 20 jt  :-O  :-O  :-O
waw

Tapi.... ya begitulah... padahal cukup sederhana, tapi biaya yang dekeluarkan cukup besar

PernikMuslim

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.033
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
  • Silahkan hubungi saya, saya akan membantu anda :)
    • Lihat Profil
    • PERNIKMUSLIM.com :: Toko Buku Muslim OnLine PENUH KEJUTAN!! :)
Re: Tanya anggaran nikah
« Jawab #17 pada: April 01, 2007, 12:57:12 pm »

20 juta?aku tak tega membayangkan bagaimanajika uang segitu harus keluar untuk hal seperti itu.Aku tak tegapadanya jadinya.
Aku hanya ingin akad saja, tak ingin ada pesta,apalagi seserahan,mas kawin yang aku minta pun bukan uangberjuta - juta atupun emas berkilo - kilo.Aku tak ingin memberatkan calon suamiku?20 juta? hi...ngeri jadinya..........

tipe calon istri yang pengertian ;)

rindu_syurga

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 192
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • Tiga Ninja Kereennn....!!!!
    • Lihat Profil
Re: Tanya anggaran nikah
« Jawab #18 pada: April 01, 2007, 01:41:43 pm »

20 juta?aku tak tega membayangkan bagaimanajika uang segitu harus keluar untuk hal seperti itu.Aku tak tegapadanya jadinya.
Aku hanya ingin akad saja, tak ingin ada pesta,apalagi seserahan,mas kawin yang aku minta pun bukan uangberjuta - juta atupun emas berkilo - kilo.Aku tak ingin memberatkan calon suamiku?20 juta? hi...ngeri jadinya..........

tipe calon istri yang pengertian ;)

Dari hati yang terdalam, daku waktu ingin nikah dengan adek yayangku Yatti, pengenya seperti itu (cukup akad nikah saja). tapi... mertua saya, dan pihak keluarga Adekku ingin diadakan resepsi yang mengeluarkan biaya yang cukup besar. Mau tidak mau... saya juga harus membantu walaupun hanya sedikit  ;D ;D

hanya untuk menghormati orang tua, berkorban sedikit gak apa-apalah, yang penting orang tua senang

prince_darkness

  • Pengunjung
Re: Tanya anggaran nikah
« Jawab #19 pada: April 01, 2007, 08:02:20 pm »
namanya juga buat dikenang........20 juta....menurutku adlaah hal yang wajar......
(ntar juga balik lagi...apa coba????)

kakakku dulu ngumpulin sampe berapa ya.....kalo ga salah 10 deh....buat dikasiin ke pihak ce...

wah berarti 20 juta tuh gede banget ya...ga juga sih...belum dapet mobil

serunting

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.349
  • Reputasi: 6
  • Jenis kelamin: Pria
  • Secrets makes a ninja NINJA!!!
    • Lihat Profil
    • Suka Sejarah
Re: Tanya anggaran nikah
« Jawab #20 pada: April 01, 2007, 11:25:05 pm »
namanya juga buat dikenang........20 juta....menurutku adlaah hal yang wajar......
(ntar juga balik lagi...apa coba????)

kakakku dulu ngumpulin sampe berapa ya.....kalo ga salah 10 deh....buat dikasiin ke pihak ce...

wah berarti 20 juta tuh gede banget ya...ga juga sih...belum dapet mobil
Iyya juga sih, bwat pesta cuma sehari doang tapi abisnya puluhan juta.
Katanya sih uang segitumah masih kurang, biasanya 30-an. Dan 30 jt itu udah cukup sederhana lho...

Entahlah, padahal kalopun aku punya duit, kyknya duit segitu males banget kalo cuma bwat dipake pesta doang.
Jaman sekarang, meskipun jumlah segitu ga terlalu banyak, tapi setidaknya bisa sangat membatu melapangkan orang yang dalam kesempitan, memberikan makan pada orang kelaparan, meringankan orang2 yang punya beban...

Atau buat modal masa depan pasangan tersebut. BIsa bwat nyicil rumah kek, mobil kek, atau ditabung, ah terserah lah...
Aku sih pengennya sederhana, bisa ga ya????

PernikMuslim

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.033
  • Reputasi: 2
  • Jenis kelamin: Pria
  • Silahkan hubungi saya, saya akan membantu anda :)
    • Lihat Profil
    • PERNIKMUSLIM.com :: Toko Buku Muslim OnLine PENUH KEJUTAN!! :)
Re: Tanya anggaran nikah
« Jawab #21 pada: April 02, 2007, 06:35:28 am »

Iyya juga sih, bwat pesta cuma sehari doang tapi abisnya puluhan juta.
Katanya sih uang segitumah masih kurang, biasanya 30-an. Dan 30 jt itu udah cukup sederhana lho...

Entahlah, padahal kalopun aku punya duit, kyknya duit segitu males banget kalo cuma bwat dipake pesta doang.
Jaman sekarang, meskipun jumlah segitu ga terlalu banyak, tapi setidaknya bisa sangat membatu melapangkan orang yang dalam kesempitan, memberikan makan pada orang kelaparan, meringankan orang2 yang punya beban...

Atau buat modal masa depan pasangan tersebut. BIsa bwat nyicil rumah kek, mobil kek, atau ditabung, ah terserah lah...
Aku sih pengennya sederhana, bisa ga ya????

realitas memang gak seindah impian akh :) percayalah, walmah nanti adalah acara 'milik' ortu. pengantin mah cuman properti aja. ;)

prince_darkness

  • Pengunjung
Re: Tanya anggaran nikah
« Jawab #22 pada: April 02, 2007, 09:25:19 am »
@atasku
ga juga akh, pengantin ga merasa seperti properti.....justru pengantin sangat bangga dg ortu.....

ibaratnya...pernikahan adalah perpisahan dg ortu.....setelah menikah....tanggungjawab itu semakin besar....udah punya tanggungjawab sendiri.....itulah yang bisa dilakukan untuk membahagiakan ortu .....

Agustin

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 904
  • Reputasi: 6
  • Jenis kelamin: Wanita
  • ::>>Semaikan Benih Keimanan yuk!!<<::
    • Lihat Profil
Re: Tanya anggaran nikah
« Jawab #23 pada: April 02, 2007, 11:15:06 am »
tapi aku tak ingin memberatkan siapapun ketika menikah. Aku tak ingin memberatkan ortuku, tak ingin memberatkan calon suamiki. Aku hanya ingin pernikahanku itu sangat sederhana , bahkan kalau bisa lebih sederhana dari kayu kepada api yang menjadikannya tiada ( halah....emang nyambung ?)
Hanya hati kita masing - masing yang dapat merasakannya.
Kadang aku berfikir, kenapa harus seperti itu ketika melihat pernikahan?


wadew..wadew... kayaknya postingan ini cocok di diary ya ??  :)
kayaknya belum nyambug teh mutia .. :)

fie_vie

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.417
  • Reputasi: 4
  • Jenis kelamin: Wanita
  • no body's perfect
    • Lihat Profil
Re: Tanya anggaran nikah
« Jawab #24 pada: April 02, 2007, 11:19:11 am »
tp bener juga kata om pernik!
acara resepsi pernikahan itu lebih ke acaranya orang tua..

niat fie siey pingin yg sederhana.. tp kalo si papa dan keluarga suamiku minta yg lebih gmn? :-?

Himmura

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 931
  • Reputasi: 14
  • Jenis kelamin: Pria
  • Jihad,.....
    • Lihat Profil
Re: Tanya anggaran nikah
« Jawab #25 pada: April 02, 2007, 11:24:50 am »
Sebegitu besarkah anggaran nikah????

Waduh kapan ana nikahnya???????

abul-fawza

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 321
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • Belajar tak kenal henti...
    • Lihat Profil
Re: Tanya anggaran nikah
« Jawab #26 pada: April 02, 2007, 11:28:15 am »
tapi aku tak ingin memberatkan siapapun ketika menikah. Aku tak ingin memberatkan ortuku, tak ingin memberatkan calon suamiki. Aku hanya ingin pernikahanku itu sangat sederhana , bahkan kalau bisa lebih sederhana dari kayu kepada api yang menjadikannya tiada ( halah....emang nyambung ?)
Hanya hati kita masing - masing yang dapat merasakannya.
Kadang aku berfikir, kenapa harus seperti itu ketika melihat pernikahan?


Saya juga terkadang sedih bahkan hingga menitikkan air mata melihat mewahnya walimah atau resepsi pernikahan dewasa ini, bahkan di kalangan aktivis Islam. Memang sih itu keputusan mereka atau keluarga mereka, tetapi saya menyaksikan hal-hal yang terkesan dipaksakan, ada kemewahan yang tidak perlu, pemborosan yang semakin membudaya, seolah-olah harus begini dan begitu mengikuti trend di masyarakat.

Ngomong-ngomong masalah anggaran, terlintas pula di benak saya: Jangan-jangan life-style semacam ini yang menyebabkan banyak pemuda tidak berani atau terlambat menikah... Karena tentu tidak mudah mengumpulkan banyak uang di usia sebelum 25 tahun. Kalaupun orangtua kaya apakah harus berarti walimahnya mewah? Apakah tidak lebih baik dana pesta digunakan untuk investasi utk sang keluarga baru? Apakah tidak ada model acara yang tetap Islami dan tetap menjaga "nama baik" keluarga...

Pengalaman saya soal anggaran: Saya dulu (1999) cuma modal uang sekitar 2.5 juta. Untuk beli mas kawin sekitar 500 ribu, 1 juta saya serahkan ke ortu calon istri, sisanya pegangan saya sd gajian berikutnya (waktu itu ngga sampai 1 jt/bulan). Saya ngga minta acara apapun kecuali akad nikah dan walimah ala kadarnya. Akhirnya acara akad dilangsungkan di masjid (ngga pake nyewa), terus walimah sederhana di rumah mempelai wanita dengan dekorasi sederhana juga. Tamu 100 -150 orang (undangan lisan, ngga dicetak). Keluarga istri keluar biaya sekitar 4 juta. Bisa ditotal sendiri kan jumlahnya. Saya bersyukur kepada Allah atas karunia-Nya berupa istri dan seluruh kedua keluarga yang mau menjalankan acara sederhana itu.

Himmura

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 931
  • Reputasi: 14
  • Jenis kelamin: Pria
  • Jihad,.....
    • Lihat Profil
Re: Tanya anggaran nikah
« Jawab #27 pada: April 02, 2007, 11:40:34 am »
tapi aku tak ingin memberatkan siapapun ketika menikah. Aku tak ingin memberatkan ortuku, tak ingin memberatkan calon suamiki. Aku hanya ingin pernikahanku itu sangat sederhana , bahkan kalau bisa lebih sederhana dari kayu kepada api yang menjadikannya tiada ( halah....emang nyambung ?)
Hanya hati kita masing - masing yang dapat merasakannya.
Kadang aku berfikir, kenapa harus seperti itu ketika melihat pernikahan?


Saya juga terkadang sedih bahkan hingga menitikkan air mata melihat mewahnya walimah atau resepsi pernikahan dewasa ini, bahkan di kalangan aktivis Islam. Memang sih itu keputusan mereka atau keluarga mereka, tetapi saya menyaksikan hal-hal yang terkesan dipaksakan, ada kemewahan yang tidak perlu, pemborosan yang semakin membudaya, seolah-olah harus begini dan begitu mengikuti trend di masyarakat.

Ngomong-ngomong masalah anggaran, terlintas pula di benak saya: Jangan-jangan life-style semacam ini yang menyebabkan banyak pemuda tidak berani atau terlambat menikah... Karena tentu tidak mudah mengumpulkan banyak uang di usia sebelum 25 tahun. Kalaupun orangtua kaya apakah harus berarti walimahnya mewah? Apakah tidak lebih baik dana pesta digunakan untuk investasi utk sang keluarga baru? Apakah tidak ada model acara yang tetap Islami dan tetap menjaga "nama baik" keluarga...

Pengalaman saya soal anggaran: Saya dulu (1999) cuma modal uang sekitar 2.5 juta. Untuk beli mas kawin sekitar 500 ribu, 1 juta saya serahkan ke ortu calon istri, sisanya pegangan saya sd gajian berikutnya (waktu itu ngga sampai 1 jt/bulan). Saya ngga minta acara apapun kecuali akad nikah dan walimah ala kadarnya. Akhirnya acara akad dilangsungkan di masjid (ngga pake nyewa), terus walimah sederhana di rumah mempelai wanita dengan dekorasi sederhana juga. Tamu 100 -150 orang (undangan lisan, ngga dicetak). Keluarga istri keluar biaya sekitar 4 juta. Bisa ditotal sendiri kan jumlahnya. Saya bersyukur kepada Allah atas karunia-Nya berupa istri dan seluruh kedua keluarga yang mau menjalankan acara sederhana itu.

Pengennya sih, tapi terkadang bukan kita yang membuat seperti itu....

abul-fawza

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 321
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • Belajar tak kenal henti...
    • Lihat Profil
Re: Tanya anggaran nikah
« Jawab #28 pada: April 02, 2007, 01:46:59 pm »
@Himmura

Selagi belum nikah, coba cari calon istri yang baik dari pemahaman dan pelaksanaan agamanya, syukur2 kalau keluarganya juga demikian halnya. Insya Allah me-lobby-nya terkait gaya walimah akan lebih mudah.
Kalau kita termasuk orang yang pas-pasan, waktu ta'aruf beri pengertian tentang kondisi kita, untuk disampaikan ke keluarganya. Di sisi lain kita juga harus memberi pengertian ke keluarga kita.
Kalaupun kaya ... sekaya apapun kita atau keluarga kita, tidak berarti harus bermewah-mewahan. Harta yang banyak tidak berarti harus diboroskan. Masih banyak hal lain yang bisa dikerjakan dengan harta kita.
Terus jangan lupa do'a mohon pertolongan Allah swt untuk keberkahan dan kemudahan segala sesuatunya.
Semoga Allah memudahkan segala urusan kita.

Himmura

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 931
  • Reputasi: 14
  • Jenis kelamin: Pria
  • Jihad,.....
    • Lihat Profil
Re: Tanya anggaran nikah
« Jawab #29 pada: April 02, 2007, 02:09:58 pm »
Yuuuuk, sama-sama....

Moga Allah memberikan yang terbaik buat kita....