Penulis Topik: Televisi di Negara Muslim  (Dibaca 20419 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Luthi

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.155
  • Reputasi: 30
  • Jenis kelamin: Pria
  • forgiven
    • Lihat Profil
Re: Televisi di Negara Muslim
« Jawab #15 pada: Mei 11, 2007, 02:15:16 pm »
kalo itu negara muslim yg kafah
MUNGKIN rakyatnya jarang nonton :D

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Televisi di Negara Muslim
« Jawab #16 pada: Mei 11, 2007, 06:13:52 pm »
kalo itu negara muslim yg kafah
MUNGKIN rakyatnya jarang nonton :D

nah, ini dia poin pentingnya...
nonton kan perkara mubah,
dilakukan orang yang memang punya "waktu lowong" (bahasa halus untuk orang yang tak ada ker... ) :D

mamat

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 766
  • Reputasi: 6
  • Jenis kelamin: Pria
  • Finally it will end this way...
    • Lihat Profil
Re: Televisi di Negara Muslim
« Jawab #17 pada: Mei 12, 2007, 05:29:43 am »
kalo itu negara muslim yg kafah
MUNGKIN rakyatnya jarang nonton :D

nah, ini dia poin pentingnya...
nonton kan perkara mubah,
dilakukan orang yang memang punya "waktu lowong" (bahasa halus untuk orang yang tak ada ker... ) :D

Gak harus begitu kan?
Nonton bukan berarti gak ada kerjaan, kalo misalnya kontennya memuat hal-hal yang mendidik, menambah ilmu, penyampaian info-info penting gimana? Selain itu, memang sudah dari sononya manusia itu serba ingin tahu. Mungkin yang sekarang males nonton tv ya karena males sama acaranya aja yang kebanyakan (nggak semuanya) ga mutu. Termasuk ane orang yang males banget nonton tv karena yang ada kebanyakan ya gossip, sinetron remaja ga mutu, dangdut, dan konco-konconya.

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Televisi di Negara Muslim
« Jawab #18 pada: Mei 16, 2007, 09:46:19 pm »
bisa jadi, namun klo melihat realitas sekarang maka itulah adanya...

makanya, seperti pertanyaan diawal, seperti apakah televisi di negara islam nanti?

mamat

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 766
  • Reputasi: 6
  • Jenis kelamin: Pria
  • Finally it will end this way...
    • Lihat Profil
Re: Televisi di Negara Muslim
« Jawab #19 pada: Mei 17, 2007, 05:29:12 am »
Pengin tau? Gampang. Caranya tanya aja langsung pada khalifah. Dimana khalifahnya? Belum ada? Ya diadakan. Makanya yang penting diadakan khalifahnya, ntar kita akan melihat seperti apa televisinya.

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Televisi di Negara Muslim
« Jawab #20 pada: Mei 17, 2007, 03:15:11 pm »
klo seperti itu kan artinya tidak ada konsep atau landasan teoritis tentang media nantinya di negara islam. ngga mungkin hal kayak gini dibiarkan saja mengalir lepas, sesuai dan mengikuti keadaan nantinya, padahal media adalah salah satu "senjata" yang ampuh.

mamat

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 766
  • Reputasi: 6
  • Jenis kelamin: Pria
  • Finally it will end this way...
    • Lihat Profil
Re: Televisi di Negara Muslim
« Jawab #21 pada: Mei 18, 2007, 04:56:34 pm »
Kalo ane boleh nebak ya, kita lihat aja azas daulah Khilafah. Yang jelas kedaulatan sepenuhnya ada di tangan syara', maka gak boleh membuat kebijakan yang bertentangan dengan hukum syara'. Termasuk salah satunya kebijakan tentang TV dan tentu media massa lainnya. Jadi nggak dibiarkan mengalir begitu saja.
NB : Nama Islam jadi buruk juga karena 'mereka' nguasai media.

Luthi

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.155
  • Reputasi: 30
  • Jenis kelamin: Pria
  • forgiven
    • Lihat Profil
Re: Televisi di Negara Muslim
« Jawab #22 pada: Mei 19, 2007, 10:37:40 am »
oya saya pernah denger kalo ad ulama memubahkan nonton tv tapi jika tv itu sudah "syari" dy mewajibkan tontonan yg ad kajian ilminya

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Televisi di Negara Muslim
« Jawab #23 pada: Mei 19, 2007, 08:08:39 pm »
oya saya pernah denger kalo ad ulama memubahkan nonton tv tapi jika tv itu sudah "syari" dy mewajibkan tontonan yg ad kajian ilminya
wah kalo jadi wajib itu jadi tambah beban uey...
karena jika ngga nonton bakal dapat dosa.

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Televisi di Negara Muslim
« Jawab #24 pada: Mei 19, 2007, 08:13:49 pm »
Kalo ane boleh nebak ya, kita lihat aja azas daulah Khilafah. Yang jelas kedaulatan sepenuhnya ada di tangan syara', maka gak boleh membuat kebijakan yang bertentangan dengan hukum syara'. Termasuk salah satunya kebijakan tentang TV dan tentu media massa lainnya. Jadi nggak dibiarkan mengalir begitu saja.
NB : Nama Islam jadi buruk juga karena 'mereka' nguasai media.
Landasan atau dasar keterikatan terhadap hukum syara' memang tidak diragukan lagi. namun ini masih terlalu global, masih terlalu umum, hal seperti ini yang menyebabkan Islam tidak komfrehensif dalam mengatur segala urusan. Jadi memang harus ada gambaran operasional teknis dalam hal konsepsi televisi di negara islam nantinya.

mamat

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 766
  • Reputasi: 6
  • Jenis kelamin: Pria
  • Finally it will end this way...
    • Lihat Profil
Re: Televisi di Negara Muslim
« Jawab #25 pada: Mei 20, 2007, 11:35:13 am »
Gambaran global ini aja yang bisa ane bayangkan, selbihnya terserah pada 'caranya' saja. Mau diisi kajian-kajian, discovery, penddikan, hiburan syar'i, itu kan terserah yang ngelola. Tapi yang jelas akan ada kontrol, mana yang boleh dan mana yang gak boleh. Biar ga asal.

ray_x

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 160
  • Reputasi: 2
  • Jadilah Seorang Pejuang..Yang Tak Kenal Menyerah..
    • Lihat Profil
    • syelviapoe3.wordpress.com
Re: Televisi di Negara Muslim
« Jawab #26 pada: Mei 24, 2007, 09:43:33 am »
Hm...Seru banget perdebatannya... B-)

Jadi ana rasa karena itulah..di sini kita bisa share bentuk seperti apa yan kita inginkan.
KOnsep dasar........ : ilmiah dan berbasiskan keislaman
Teknis............      : mendidik dan mudha diterima masyarakat

dan seharusnya kita sudah bisa memulai dari sekarang. Bagi yang bekerja di dunia pertelevisian mungkin bisa mengajukan proposal acara yang menarik sekaligus mendidik. Contoh kasarnya : seperti kartun Dora the explorer, discobery channel, etc

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Televisi di Negara Muslim
« Jawab #27 pada: Mei 24, 2007, 04:02:07 pm »
Hm...Seru banget perdebatannya... B-)

Jadi ana rasa karena itulah..di sini kita bisa share bentuk seperti apa yan kita inginkan.
KOnsep dasar........ : ilmiah dan berbasiskan keislaman
Teknis............      : mendidik dan mudha diterima masyarakat

dan seharusnya kita sudah bisa memulai dari sekarang. Bagi yang bekerja di dunia pertelevisian mungkin bisa mengajukan proposal acara yang menarik sekaligus mendidik. Contoh kasarnya : seperti kartun Dora the explorer, discobery channel, etc

Bagus juga tuh. sebenarnya yang jadi perhatian atau fokus bukan hanya pada materi dari acaranya, namun juga operasionalnya misalkan dalam hal jam tayang.

ada 1 lagi yang masih jadi beban pikiran. bagaimana dengan peran antagonis dalam sebuah film di negara islam nanti?


mamat

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 766
  • Reputasi: 6
  • Jenis kelamin: Pria
  • Finally it will end this way...
    • Lihat Profil
Re: Televisi di Negara Muslim
« Jawab #28 pada: Juni 01, 2007, 10:38:38 am »
Ane rasa bagus sebagai contoh, tapi bukan sebagai teladan. Sebagai contoh bisa juga ditambahin akibat atau hukuman apa yang akan diterima oleh orang yang berperilaku buruk dan bukan malah memberi contoh yang terlalu detail yang membuat orang mudah untuk nyontoh.

Luthi

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.155
  • Reputasi: 30
  • Jenis kelamin: Pria
  • forgiven
    • Lihat Profil
Re: Televisi di Negara Muslim
« Jawab #29 pada: Juni 02, 2007, 11:48:15 am »
berarti hanya ada tontonan berita dan kajian
ga ad sinetronya :D