Penulis Topik: perbedaan jilbab dan kerudung  (Dibaca 31305 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

LiaCute

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 54
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Luchu yah Kucingna..
    • Lihat Profil
Re: perbedaan jilbab dan kerudung
« Jawab #30 pada: Juni 26, 2008, 10:32:57 am »
JiLbab VS keRudung??  :-? :-?
itu khan B.indo....yg Penting Mnutup AURAT...

alakadzam

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 88
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: perbedaan jilbab dan kerudung
« Jawab #31 pada: Desember 02, 2008, 03:42:49 pm »
:-/ Perbedaan Jilbab and Kerudung itu...

 ;))kalo Jilbab ==> bahan / kain yg menjulur ke seluruh tubuh
                            (Dari kepala sampai bawah dada)tp yg benar2
                             pemakaian yg tertutup banget)
 

Loh, kalo cuman sampe bawah dada ga menjulur ke seluruh tubuh dong? hehe
setauku yg harus menjulur sampe ke dada tuh Khimar deh alias kerudung, dalilnya Annur 31
kalo Jilbab, betul harus seluruh tubuh, kayak baju kurung gitu, dalilnya AlAhzab 59,
jadi dua2nya wajib dipake tuh buat akhwat,
kalo aku gak wajib pake coz aku Ikhwan hehe



Jilbab atau kerudung tergantung hati dari pemakainya si
jilbab itukan untuk melindungi wanita juga dari pandangan laki2, nah klo kelakuannya memang dah ga bner biar pakai jilbab juga percuma, apalagi yang pakai jilbab tapi bajunya ketat banget sampai lekuk2nya kelihatan :D,

ada yang brani jamin ga klo pakai jilbab atau kerudung dah pasti kelakuannya dah baik :)

Af1 it's just opinion

Revolusioner.Islam

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 23
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Bring Islam Back!!!
    • Lihat Profil
Re: perbedaan jilbab dan kerudung
« Jawab #32 pada: Februari 03, 2009, 09:08:06 am »
:-/ Perbedaan Jilbab and Kerudung itu...

 ;))kalo Jilbab ==> bahan / kain yg menjulur ke seluruh tubuh
                            (Dari kepala sampai bawah dada)tp yg benar2
                             pemakaian yg tertutup banget)
 

Loh, kalo cuman sampe bawah dada ga menjulur ke seluruh tubuh dong? hehe
setauku yg harus menjulur sampe ke dada tuh Khimar deh alias kerudung, dalilnya Annur 31
kalo Jilbab, betul harus seluruh tubuh, kayak baju kurung gitu, dalilnya AlAhzab 59,
jadi dua2nya wajib dipake tuh buat akhwat,
kalo aku gak wajib pake coz aku Ikhwan hehe


yup bener banget tuh......kalo cuman nutupin dada itu bukan seluruh tubuh. ingat loh "Seluruh tubuh". jadi intinya kerudung ama jilbab beda euy....
kerudung yang nutupin kepala sampe sebatas dada. dan kalo jilbab nutupin keseluruh tubuh.

semuanya wajib di pake. nah kalo keluar rumah seorang akhwat harus memakai tiga pakaian.
1. kerudung
2.pakaian keseharian
3. pakaian kesehariannya dilapis sama jilbab.

betul kan...??

Revolusioner.Islam

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 23
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Bring Islam Back!!!
    • Lihat Profil
Re:perbedaan jilbab dan kerudung
« Jawab #33 pada: Februari 03, 2009, 09:13:39 am »
oh ya..tambahan lagi. kalo make jilbab itu harus longgar dan gak menerawang. juga jilbab itu berbentuk terowongan, kayak baju terusan gitu.....

masalahnya kadang orang ber-opini- gini.
" enggak ah....aku gak mau pake baju kayak gitu sekarang. masalahnya sifatku masih gak karuan.aku mau perbaiki sikapku dulu baru pake baju kayak gitu"

yu..hu...
kalo nunggu sikapnya bisa baik sempurna. nunggu kapan???
ntar keburu dicabut nyawanya. kan berabe.
bukannya yang namanya wajib. berarti kudu dilakukan sekarang juga.
tul..kan??

yang namanya hukum syara' kalo udah wajib ya wajib. gitu.......

iiz

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 13
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re: perbedaan jilbab dan kerudung
« Jawab #34 pada: Maret 06, 2009, 03:03:33 pm »
Jilbab = kerudung

Kerudung = jilbab

dari penjlasan2 sebelumnya jelas beda kerudung dan jilbab, dari terjemahannya saja sudah berbeda. jilbab = pakaian, kerudung (khimar) = penutup kepala hingga ke dada. demikian juga penjelasan jilbab di al - ahzab : 59 dan khimar di An Nur 31. semoga Allah selalu memberikan kita petunjuk, dan  dimudahkan dalam menjalankan syariat.

Suci sy

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 35
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Wanita
  • pic..
    • Lihat Profil
Re:perbedaan jilbab dan kerudung
« Jawab #35 pada: Maret 14, 2009, 05:15:49 pm »
2 hAL yang Berbeda : perilaku dengan kewajiban,,
berjilbab dan berkerudung itu.. kewajiban dan dibedakan perilakunya kita..
yang penting adalah melaksanakan kewajiban itu..
kalau nunggu perilaku bagus kapan melaksanakan kewajiban dan keburu meninggal duluan....
bisa beriringan.
jangan jadikan alasan ini membuat kita tidak mau melaksanakan kewajiban
yang dipertanyakan adalah :soal warna?
di indonesia bila kita lihat,  justru ya disini banyak warna2,, justru apabila kita memakai Jilbab yang Hitam gelap itu malah yang mencolok.. itu terasa sekali,, dilihatin semua orang :siapa dia??? apabila menggunakan jilbab yang bewarna malah biasa aja...
ada gak dalil yang mengatakan tidak boleh menggunakan warna lembut seperti pink, biru muda, hijau muda, ???

laut

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 136
  • Reputasi: -1
  • I love Allah...
    • Lihat Profil
Re:perbedaan jilbab dan kerudung
« Jawab #36 pada: Mei 11, 2009, 02:17:26 pm »
:-/ Perbedaan Jilbab and Kerudung itu...

 ;))kalo Jilbab ==> bahan / kain yg menjulur ke seluruh tubuh
                            (Dari kepala sampai bawah dada)tp yg benar2
                             pemakaian yg tertutup banget)
 

Loh, kalo cuman sampe bawah dada ga menjulur ke seluruh tubuh dong? hehe
setauku yg harus menjulur sampe ke dada tuh Khimar deh alias kerudung, dalilnya Annur 31
kalo Jilbab, betul harus seluruh tubuh, kayak baju kurung gitu, dalilnya AlAhzab 59,
jadi dua2nya wajib dipake tuh buat akhwat,
kalo aku gak wajib pake coz aku Ikhwan hehe


yup bener banget tuh......kalo cuman nutupin dada itu bukan seluruh tubuh. ingat loh "Seluruh tubuh". jadi intinya kerudung ama jilbab beda euy....
kerudung yang nutupin kepala sampe sebatas dada. dan kalo jilbab nutupin keseluruh tubuh.

semuanya wajib di pake. nah kalo keluar rumah seorang akhwat harus memakai tiga pakaian.
1. kerudung
2.pakaian keseharian
3. pakaian kesehariannya dilapis sama jilbab.

betul kan...??


betul...betul.. Stuju  :)

lyceum_salf

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.581
  • Reputasi: 9
  • Jenis kelamin: Pria
  • Dimana Engkau Berada TUHAN Selalu Melihatmu
    • Lihat Profil
Re: perbedaan jilbab dan kerudung
« Jawab #37 pada: Mei 13, 2009, 11:43:12 am »
:-/ Perbedaan Jilbab and Kerudung itu...

 ;))kalo Jilbab ==> bahan / kain yg menjulur ke seluruh tubuh
                            (Dari kepala sampai bawah dada)tp yg benar2
                             pemakaian yg tertutup banget)
 

Loh, kalo cuman sampe bawah dada ga menjulur ke seluruh tubuh dong? hehe
setauku yg harus menjulur sampe ke dada tuh Khimar deh alias kerudung, dalilnya Annur 31
kalo Jilbab, betul harus seluruh tubuh, kayak baju kurung gitu, dalilnya AlAhzab 59,
jadi dua2nya wajib dipake tuh buat akhwat,
kalo aku gak wajib pake coz aku Ikhwan hehe



Jilbab atau kerudung tergantung hati dari pemakainya si
jilbab itukan untuk melindungi wanita juga dari pandangan laki2, nah klo kelakuannya memang dah ga bner biar pakai jilbab juga percuma, apalagi yang pakai jilbab tapi bajunya ketat banget sampai lekuk2nya kelihatan :D,


ada yang brani jamin ga klo pakai jilbab atau kerudung dah pasti kelakuannya dah baik :)

Af1 it's just opinion


kewajiban berjilbab bagi mukminah itu ada dua mas / mbak :
1. Menutup aurat secara lahiriah yaitu dengan menggunakan jilbab seperti yang telah disyariatkan Allah dalam Al-Ahzab : 59 dan hadist dari Asma' bahwa wanita yang sudah akil baligh itu ditutup seluruh tubuhnya kecuali muka dan telapak tangan (Ini dan ini kata Nabi)

2. kewajiban yang lainnya setelah berjilbab yaitu mempercantik akhlak dan hatinya dengan sikap - sikap terpuji (Mahmudah) dan mewnjauhi sikap mazmumah (Tercela)

dengan adanya dua sikap ini insya Allah saudari - saudariku akan menjadi wanita sholihah sebenar-benarnya... jika ditanya mana yang lebih baik wanita yang berjilbab tapi kelakuannya jelek atau wanita tak berjilbab tapi kelakuannya baik saya jawab untuk wanita berjilbab tapi kelakuannya jelek alhamdulillah setidaknya jilbabnya yang telah ia kenakan itu bernilai pahala disisi Allah dan itulah salah satu kebaikan dan bukti taatnya pada Allah untuk wanita yang kelakuan baik dan tidak berjilbab, saudariku alhamdulillah engkau telah berperilaku baik dan menjauhkan yang buruk apalagi jika engkau menutup auratmu maka akan lebih baik akhlakmu...
untuk saudariku yang berjilbab, jagalah sikap karena biasanya jika kelakuan kita buruk akan menjadi bahan referensi orang untuk tidak menggunakan jilbab, begitu juga untuk yang ikhwannya..

nugrohomuslim

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 1
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re:perbedaan jilbab dan kerudung
« Jawab #38 pada: Juni 20, 2009, 07:33:27 am »
Bismillah,

Bagus nih pembahasannya,
salam kenal semua ya.. :)
setahu ane sih, yang namanya jilbab itu kain lebar yang menutup tubuh wanita dari atas sampai bawah.
Sehingga tdk menampakkan lekuk tubuh,Bukannya pakaian2 ketat yang dipakai kebanyakan muslimah zaman sekarang.
sedangkan khimar, kain kerudung yang menutupi kepala hingga dada, lebih panjang lebih baik.
jadi, "Masuklah dalam agama islam secara kaaffaahh". :great:
janganlah menentang perintah Alah untuk kemaslahatan kita sendiri.
Barokallahu fiikum.

salam,
aditya

Tabaria

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 4
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re:perbedaan jilbab dan kerudung
« Jawab #39 pada: September 25, 2009, 09:29:42 pm »
Jilbab/abaya dan kerudung memang memiliki perbedaan semantis yang sangat jelas baik leksikal maupun kontekstual. Tidak perlu lagi saya jelaskan karena Quran mendeskripsikan hal itu secara jelas didukung beberapa hadits yang shanadnya dapat dipertanggungjawabkan. Beberapa posts di awal juga representatif untuk perbedaan keduanya. Namun, yang paling penting adalah motivasi untuk mengenakannya sebaiknya disertai dengan keikhlasan. Menuju ke perubahan positif itu memang melalui berbagai proses. Sebagai umat yang tidak hidup di masa rasulullah, saya bersyukur jika melihat wanita mulai tergerak mengenakannya walaupun baru sebatas kerudung. Bukankah Islam juga disyiarkan tidak langsung Kaffah?
Kita jangan lupa bahwa tingkat pemahaman dan keimanan manusia itu berbeda-beda. Penilaian amalan serahkan sepenuhnya kepada Allah SWT dan bukan wewenang kita menentukan ataupun memastikan balasan bagi mereka yang berkerudung ataupun yang berjilbab. Jadi, kalau ada saudari kita yang baru sebatas 'berkerudung', dukunglah walaupun hanya dengan doa. Yang demikian itu mungkin masih jauh lebih baik daripada mengenakan tank-top atau hot-pants. Demikian juga kalau ada saudari kita yang mengenakan jilbab/abaya dan bahkan purdah/cadar, berikanlah dukungan moril dengan tidak menganggap mereka Islam garis keras dan semacamnya. Sekali lagi, yang paling penting adalah keikhlasan mengenakan tanpa tendensi, prejudice dan riya annas.

yant_138

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 195
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re:perbedaan jilbab dan kerudung
« Jawab #40 pada: Oktober 19, 2009, 02:19:30 pm »
dgn jilbab plus kerudung, memang perempuan lebih terhormat, dan lebih mudah dikenal.

kalau sekarang kok beberapa lelaki islam yg terkenal malah pakai jilbab, tapi tanpa kerudung.
lihat aja dengan sederhana, pakaiannya seperti daster lengan panjang berwarna putih sampai mata kaki.

ah bercanda aja...

kalau perempuan nggak boleh pakai cadar..... tdk mudah dikenalin.

bayangkan, sehabis jumatan di madinah yg perempuannya berjubel, trus sama sama keluar.......pakai jilbab semua, pakai kerudung semua, pakai cadar semua......tdk mudah dikenali.......

IYANG

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 1
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re:perbedaan jilbab dan kerudung
« Jawab #41 pada: November 23, 2009, 04:11:32 pm »
 B-)Mungkin ga jauh beda so, yang bikin bedakan orang'y,tapi menurut w enakan wanita berjibab daripada kerudung,coz kerudung cuma buat nutupin ja tapi wanita berjilbab tu sampai ke hati baik luar maupun dalam, gitu kali ya. ini si menurut pendapat w,klo salah tolong di koreksi ya..... thank'z and selalu positve thinking beyour self.

TRIPLE_X

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 503
  • Reputasi: 6
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re:perbedaan jilbab dan kerudung
« Jawab #42 pada: November 23, 2009, 10:19:59 pm »
B-)Mungkin ga jauh beda so, yang bikin bedakan orang'y,tapi menurut w enakan wanita berjibab daripada kerudung
Keduanya wajib dipake. jangan menggunakan standar "perasaan" klo melihat suatu hukum.

kalau perempuan nggak boleh pakai cadar..... tdk mudah dikenalin.

bayangkan, sehabis jumatan di madinah yg perempuannya berjubel, trus sama sama keluar.......pakai jilbab semua, pakai kerudung semua, pakai cadar semua......tdk mudah dikenali.......

inti tulisannya apa :-?

arif budiman

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re:perbedaan jilbab dan kerudung
« Jawab #43 pada: November 24, 2009, 12:26:52 pm »
kalau perempuan nggak boleh pakai cadar..... tdk mudah dikenalin.
nggak boleh = dilarang
dasarnya apa melarang perempuan pake cadar?

bayangkan, sehabis jumatan di madinah yg perempuannya berjubel, trus sama sama keluar.......pakai jilbab semua, pakai kerudung semua, pakai cadar semua......tdk mudah dikenali.......
perempuan jumatan?   :-/
trus kenapa kalo tidak mudah dikenali?  :-/

DahLia Faal

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 2
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: perbedaan jilbab dan kerudung
« Jawab #44 pada: Februari 16, 2010, 02:23:20 pm »
klo pake cadar itu apa?? jilbab atau kerudung apa bedanya yang make kerudung trus make masker pelindung debu?? :D