Penulis Topik: perbedaan jilbab dan kerudung  (Dibaca 26935 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

fie_vie

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.417
  • Reputasi: 4
  • Jenis kelamin: Wanita
  • no body's perfect
    • Lihat Profil
perbedaan jilbab dan kerudung
« pada: Februari 13, 2007, 12:07:34 pm »
Kewajiban jilbab diterangkan dalam Al Quran Surat Al Ahzab (33) : 59

artinya : "Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu,anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya keseluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha penyayang."

Jilbab adalah pakaian yang merupakan budaya orang Arab. Akan tetapi dengan turunnya ayat ini maka jilbab menjadi budaya Islam dan menjadi pakaian wajib bagi muslimah di seluruh dunia ketika keluar rumah. Karena jilbab berasal dari budaya arab maka orang Arablah yang paling tahu penggambaran jilbab itu seperti apa. Maka definisi jilbab harus diambil dari kamus lengkap ataupun buku yang dikeluarkan oleh orang yang ahli Bahasa Arab.

Adapun definisi jilbab yaang diterangkan dalam kamus al Muhith adalah pakaian yang luas untuk wanita yang dapat menutupi pakaian rumahnya seperti milhafah (mantel). Tafsir Jalalain (jilid 3:1803) memberikan arti jilbab sebagai kain yang dipakai seorang wanita untuk menutupi tubuhnya. Jauhari dalam Ash Shihah mengatakan jilbab adalah kain penutup tubuh wanita dari atas sampai bawah. Khaththath Usman Thaha dalam Tafsir wa Bayan menjelaskan jilbab adalah apa-apa yang dapat menutupi seperti seprai atas tubuh wanita hingga mendekati tanah. Fiqh Sunnah oleh Sayyid Sabiq Jilid 7 (Edisi Indonesia) menerangkan jilbab adalah baju mantel. Dalam Kitab Mujam al Wasith hal 128 jilbab diartikan sebagai pakaian yang menutupi seluruh tubuh atau pakaian luar yang dikenakan diatas pakaian rumah seperti mantel.

fie_vie

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.417
  • Reputasi: 4
  • Jenis kelamin: Wanita
  • no body's perfect
    • Lihat Profil
Re: perbedaan jilbab dan kerudung
« Jawab #1 pada: Februari 13, 2007, 12:09:15 pm »
Kewajiban kerudung tercantum dalam Al quran surat An Nuur ayat 31

artinya : "...Dan hendaklah mereka mengulurkan kerudungnya (khimar) atas kerah bajunya (juyuub) mereka..."

Khimar atau kerudung adalah apa yang dapat menutupi kepala, leher dan sebagian dada tanpa menutupi muka (Al Baghdady, 1991) Batas bawah yang ditutup oleh kerudung adalah bagian kerah baju yang memperlihatkaan leher dan dada (Tafsir Al Azhar juz XVIII hal 180).


eS_eR

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • Reputasi: 3
  • Amirah Hasna' Mumtazzah
    • Lihat Profil
    • `fatamorgana`
Re: perbedaan jilbab dan kerudung
« Jawab #2 pada: Maret 07, 2007, 09:42:59 am »
ya sama atuh voll


cm setiap negara atau suku beda dalam tatanan dalam berkerudung/jilbab

fadhil wahyudi

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 23
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re: perbedaan jilbab dan kerudung
« Jawab #3 pada: Maret 12, 2007, 07:25:42 am »
@Ibu Veta... ( Mod )
lebih lengkapnya bisa disimak dalam berbagai hadits shahih tentang Jilbab,dan ketentuan nya....  :great:
batasan nya udah jelas kok,seperti penjelasan diatas...  :)

ukhti

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 7
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re: perbedaan jilbab dan kerudung
« Jawab #4 pada: April 11, 2007, 11:09:42 am »
allahamdulillah ada yang menjelaskan tentang bedanya jilbab dan kerudung, memang sebenarnya jilbab dan kerudung itu berbeda seperti yang telah dijelaskan dan keduanya wajib dikenakan, hanya saja mereka yang cenderung tidak mau pusing dengan ketentuan dan aturan2 Allah mengabaikan dan menganggap bahwa jilbab dan kerudung itu sama saja.

Himmura

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 931
  • Reputasi: 14
  • Jenis kelamin: Pria
  • Jihad,.....
    • Lihat Profil
Re: perbedaan jilbab dan kerudung
« Jawab #5 pada: April 11, 2007, 11:33:43 am »
Jilbab = kerudung

Kerudung = jilbab

Ramli Efendi,S.Kom

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 2
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re: perbedaan jilbab dan kerudung
« Jawab #6 pada: April 23, 2007, 11:47:34 am »
Perbedaan yang adalah yang tidak mengenakan jilbab atau pun kerudung kali ya.

mBell

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 974
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • Selamat Tahun Baru Hijriyah => mBell & Keluarga
    • Lihat Profil
Re: perbedaan jilbab dan kerudung
« Jawab #7 pada: Mei 07, 2007, 09:26:02 pm »
menurut info :D

Kerudung => itu buat gaul dan penutup sementara

Jilbab => buat agamis dan dan penitup aurat yang sar'i

triosakti

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 49
  • Reputasi: -2
    • Lihat Profil
Re: perbedaan jilbab dan kerudung
« Jawab #8 pada: Mei 08, 2007, 10:09:48 am »
ataw bisa dikatakan

kerudung adalah bagian dari jilbab

so kalo pake jilbab, udah pasti berkerudung
tapi kalao pake kerudung belum tentu bisa disebut telah memakai jilbab

gituh...?


lha kalo kain yang diselempangkan ke kepala (ingat, hanya diselempangkan, kayak mbak tutut itu lhoo) itu apa yah...?
bisa disebut kerudung bukan yah...?
atau selempang kepala :))

mBell

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 974
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • Selamat Tahun Baru Hijriyah => mBell & Keluarga
    • Lihat Profil
Re: perbedaan jilbab dan kerudung
« Jawab #9 pada: Mei 09, 2007, 12:23:49 am »

lha kalo kain yang diselempangkan ke kepala (ingat, hanya diselempangkan, kayak mbak tutut itu lhoo) itu apa yah...?
bisa disebut kerudung bukan yah...?
atau selempang kepala :))

 :))  :D  ;;) itu bukan selempang :P tapi selendang :D jadi buat farinasi ajah :D yuuuuuk

aish

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 5
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re: perbedaan jilbab dan kerudung
« Jawab #10 pada: Mei 21, 2007, 08:31:06 pm »
salam...
kalo di kamus-kamus yang saya baca, kayak al-munawir, al-muhith, al-quran terjemahan bahasa arab, tafsir ash-sha'buni, dll...yang namanya jilbab disana disebutnya libasun, dalam bhs arab libas itu maknanya pakaian, pakaian yang seperti terowongan, menjulur sampai bawah tidak terputus (kalo di Indonesia disebutnya gamis). sedangkan kerudung itu disebut khimar, yang maknanya penutup kepala. jadi...jelas kan bedanya????
seorang muslimah dikatakan menutup aurat kalo dia pake pakaian dan kerudung yang menutup seluruh tubuh kecuali muka dan kedua telapak tangan...
tapi gak cukup sampe disana, ternyata udah nutup aurat aja bukan berarti bebas pergi keluyuran keluar rumah..artinya masih ada kewajiban laen yang harus dipenuhi, yaitu memakai pakaian sempurna apabila keluar rumah, maksudnya kalo keluar rumah kudu pake jilbab n' kerudung...
kalo gak gitu...berarti kewajibannya belum dilaksanakan dengan sempurna.......

ara

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 26
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re: perbedaan jilbab dan kerudung
« Jawab #11 pada: Juni 06, 2007, 06:56:28 pm »
ikut ahhh... :-*
jilbab itu bkn kerudung
kerudung itu bukan jilbab
jd jilbab dan kerudung jelas beda ;)

triosakti

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 49
  • Reputasi: -2
    • Lihat Profil
Re: perbedaan jilbab dan kerudung
« Jawab #12 pada: Juni 07, 2007, 06:21:11 pm »
ikut ahhh... :-*
jilbab itu bkn kerudung
kerudung itu bukan jilbab
jd jilbab dan kerudung jelas beda ;)

bisa jelaskan masing2
biar jelas perbedaannya
mana yang kerudung
mana yang jilbab :)

thanks

sunshine

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 60
  • Reputasi: 1
    • Lihat Profil
Re: perbedaan jilbab dan kerudung
« Jawab #13 pada: Juni 12, 2007, 11:33:59 am »
hem............... :-? :-?

eR-De

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 207
  • Reputasi: 4
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
    • dreams come true
Re: perbedaan jilbab dan kerudung
« Jawab #14 pada: Juni 17, 2007, 09:47:48 am »
hayu ahhhhhh......