Penulis Topik: Tips-tips perawatan Mobil  (Dibaca 97120 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Tips-tips perawatan Mobil
« Jawab #15 pada: November 18, 2007, 04:55:56 pm »
Fit Lagi Pasca Perjalanan Panjang

KapanLagi.com - Libur panjang telah usai. Perjalanan panjang juga telah dirampungkan. Kini mayoritas kendaraan, apa itu mobil atau motor di perkotaan kembali ke fungsi awalnya. Sebagai kendaraan pribadi jalur dalam kota, dengan rentang perjalanan yang lebih pendek.

Setelah menempuh perjalanan panjang, kendaraan perlu diperhatikan secara seksama agar tetap sehat. Siapa tahu setelah diajak menempuh perjalanan jauh kendaraan kita mengalami sedikit masalah. Atau ada perubahan settingan.

Berikut langkah-langkah yang bisa dijadikan patokan untuk memastikan kesehatan kendaraan setelah menjalankan tugas mengantar libur panjang.

1.Eksterior dan Interior

Bersihkan bagian eksterior dan interior kendaraan dari kotoran-kotoran. Bila terlalu lama menempel, kotoran-kotoran tersebut bisa mengeras dan mengakibatkan cat body (eksterior) kendaraan kusam dan cacat. Pada bagian interior, kotoran yang tidak dibersihkan akan menimbulkan bau tak sedap.

2. Ban

Periksa kondisi kembang ban dan tekanan anginnya. Jangan lupa menormalkan kembali tekanan angin ban (sebelum melakukan perjalanan panjang biasanya pengendara menambah tekanan angin untuk menghindari terjadinya hydroplanning).

3. Air

Periksalah air aki, air radiator, dan air washer wiper dari kemungkinan berkurang. Tambahkan bila jumlahnya di bawah batas minimum.

4. Oli

Periksalah oli-oli pada mesin, persneling, gardan, power steering, rem, kopling. Cek kualitas dan kuantitasnya seperti yang pernah dilakukan saat mempersiapkan perjalanan panjang.

5. Mesin

Periksa tenaga mesin dan suara-suara yang timbul di mesin. Apakah masih normal atau tidak? Anda perlu memberi perhatian lebih serius kalau tenaga mesin terasa berkurang dari biasanya dan banyak muncul suara-suara tidak normal. Bila muncul gejala-gejala ini, sebaiknya bawa kendaraan Anda ke bengkel.

6. Penggerak-penggerak

Periksa kopling, persneling, kopel, gardan, as, bearing roda, termasuk juga roda-roda. Dengarkan baik-baik apakah muncul suara-suara yang tidak normal saat kendaraan bergerak.

7. Lampu-lampu

Periksa semua lampu kendaraan Anda dari kemungkinan putus. Penggunaan lampu yang lebih lama dan frekuensi yang lebih tinggi lebih memperbesar kemungkinan terjadinya kerusakan.

8. Kaki-kaki

Cermati pula bagian yang menahan beban paling berat selama perjalanan. Periksa keausan ban, kaki-kaki dan suspensi. Beban yang diangkut, kondisi jalan, serta jarak tempuh sangat mempengarui settingannya. Periksa baut-baut pengikatnya ada yang kendur atau tidak.

9. Jurus Terakhir

Jika malas dan pingin praktis. Bawa kabur saja kendaraan ke bengkel resmi atau bengkel langganan serta ke tempat pencucian mobil. Mobil minta di tune up ulang, ganti sukucadang yang dirasa sudah mendekati aus atau mendekati masa ketahanannya. Dan jangan lupa untuk melakukankelibrasi ulang kaki-kaki melalui spooring dan balancing. (astrw/rsd)

erista

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 539
  • Reputasi: 8
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Tips-tips perawatan Mobil
« Jawab #16 pada: Juli 25, 2008, 10:44:15 am »
dUH... panjang banged penjelasannya.. pusing tau ngbacanya satu persatu..!!!

Simple aza kalie yach mengenai perawatan mobil, stiap 5000/km ke bengkel service and ganti oli.. terus ke steam tergantung kondisinya, kalau musin hujan hampir tiap hari trus kalau musim kemarau seperti sekarang ini paling cuma 2X dalam seminggu bahkan cm sekali nyuci..  ;)) ;)) ;))

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Tips-tips perawatan Mobil
« Jawab #17 pada: Agustus 08, 2008, 12:03:11 am »
dUH... panjang banged penjelasannya.. pusing tau ngbacanya satu persatu..!!!

Simple aza kalie yach mengenai perawatan mobil, stiap 5000/km ke bengkel service and ganti oli.. terus ke steam tergantung kondisinya, kalau musin hujan hampir tiap hari trus kalau musim kemarau seperti sekarang ini paling cuma 2X dalam seminggu bahkan cm sekali nyuci..  ;)) ;)) ;))

yeah, itu mah standar :)
kadang kita mesti tahu juga cara merawat mobil kita, ngga cuma bisa pake doang. anggap aja sebagai tanda cinta :)

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Tips-tips perawatan Mobil
« Jawab #18 pada: Agustus 08, 2008, 12:03:34 am »
ok dilanjutkan ya....


Yang Perlu Dilakukan Agar Karet Wiper Tidak Mengeras

Diminggu-minggu terakhir saat Jakarta diguyur hujan deras, keberadaan wiper menjadi sangat penting. Oleh karena itu ada baiknya jika kita melakukan pemeriksaan ekstra terhadap wiper mengingat jarak pandang kita saat mengemudi sangat bergantung pada komponen mobil yang satu ini.

Yang pertama kali harus diperhatikan adalah kondisi karet-karetnya. Apakah masih elastis atau tidak. Waspada jika ternyata karet wiper sudah mengeras karena pasti fungsinya menjadi tidak sempurna saat menyapu air dari kaca depan.

Keras dan tidak fleksibel adalah ciri utama karet wiper yang sudah saatnya diganti. Selain dapat menggores kaca hingga meninggalkan bekas yang bisa mengganggu pemandangan, karet wiper yang buruk biasanya ditandai dengan timbulnya embun pada bagian-bagian kaca yang tersapu wiper.

Walaupun terkesan sepele, namun sebaiknya wiper dirawat dengan sebaik-baiknya. Satu hal sederhana yang bisa dilakukan dalam rangka merawat wiper adalah pentingnya merenggangkan karet wiper dari kaca ketika mobil diparkir ditempat yang langsung mendapat sengatan terik matahari.

Cara tersebut merupakan upaya sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga keawetan karet wiper. Sinar matahari yang menyengat kaca lazimnya akan membuat temperatur permukaan kaca ikut naik. Bila wiper menempel, tentu panas itu akan menyentuh bagian wiper yang terbuat dari karet. Sesuai sifat dan karakternya, kondisi panas yang berlebih memungkinkan rusaknya karet pada wiper.

Pada tahap awal, panas yang berlebih akan terlihat dari perubahan bentuk karet yang memuai. Selanjutnya, karena sering mengalami perubahan cuaca dari panas ke dingin akan menjadikan karet tidak elastis dan ketika dioperasikan, wiper akan menggores kaca.

Selain tiu, penting juga untuk memeriksa air wiper secara berkala. Segera isi bila tangkinya kosong. Lakukan juga penyetelan pada arah semburan air wiper karena jika arah semburan tidak tepat mengenai lintasan wiper akan mengurangi kemampuannya dalam proses pembersihan kaca.

Sumber : Kompas, Rabu, 30 April 2008
« Edit Terakhir: Agustus 08, 2008, 12:05:29 am oleh faritz »

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Tips-tips perawatan Mobil
« Jawab #19 pada: Agustus 08, 2008, 12:04:12 am »
Tips Menjaga Udara Di Dalam Mobil Agar Tidak Menjadi Panas

Setelah anda memarkir mobil lebih dari 1,5 jam di bawah terik matahari, lalu anda masuk ke dalam mobil tersebut, pasti panasnya serasa seperti di tengah gurun pasir-di siang hari. Apalagi jika anda baru saja keluar dari kantor klien anda dengan berbagai macam persoalan yang anda harus selesaikan, Nah, agar kepala anda tidak ikut “panas”, ikuti tips-tips berikut ini untuk meminimalkan suhu di dalam mobil sekalipun anda telah memarkirnya di tempat yang panas.

- Gunakan kaca film berkualitas
Pilih kaca film dengan daya tolak panas yang sangat tinggi (40%-90%). Harganya memang lebih mahal, tapi selain umur pemakaiannya lebih panjang, juga akan meningkatkan keamanan anda saat di dalam mobil.

- Hindari tempat duduk kulit
Tempat duduk kulit memang terlihat lebih mewah dan nyaman, namun kenyamanannya itu akan berkurang saat tempat duduk tersebut terekspos pada terik matahari, karena sifat kulit yang menyerap panas.

- Usahakan parkir di tempat yang dingin
Tidak ada yang lebih nyaman dari mobil anda selain diparkir di bawah pohon yang rindang, atau di gedung parkir yang tidak terkena sinar panas. Jika memungkinkan sebaiknya anda memarkir kendaraan di tempat parkir umum yang tertutup.

- Pakailah screen sunshade
Sebaiknya anda selalu menyediakan screen sunshade untuk melindungi matahari yang masuk dari kaca mobil anda. Biasanya ini digunakan di bagian kaca depan mobil anda saat mobil diparkir untuk memblokir sinar matahari

Sumber : http://id.88db.com/id/Knowledge/
« Edit Terakhir: Agustus 08, 2008, 12:06:23 am oleh faritz »

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Tips-tips perawatan Mobil
« Jawab #20 pada: Agustus 08, 2008, 12:07:19 am »
Etika Bertelpon Saat Mengemudi

Walaupun peringatan jangan bertelpon saat mengemudi sering dilakukan, ternyata masih banyak saja orang yang menganggap sepele peringatan ini.

Jadi jangan heran jika banyak kasus tabrakan terjadi lantaran etika bertelepon saat mengemudi tidak dilaksanakan. Bukannya sanksi dengan kemampuan anda bertelepon dengan satu tangan, namun tanpa disadari resiko tabrakan justru timbul karena pacahnya kosentrasi pengemudi.

Dari studi yang pernah dilakukan menunjukkan bahwa menggunakan HP ketika mengemudi meningkatkan resiko kecelakaan hingga empat kali. Kecelakaan yang berhubungan dengan penggunaan HP di Jepang, paling sering terjadi ketika pengemudi menerima telepon.

Oleh karena itu sejumlah negara telah melarang menggunakan HP ketika mengemudi. Meskipun penggunaan hands free masih diijinkan. Namun demikian, ada beberapa tip dalam menggunakan HP ketika mengemudi, antara lain :

   1. Manfaatkan fitur-fitur seperti automatic redial dan memory dial pada HP anda. Pelajari juga penggunaan keypad untuk memanfaatkan speed dial tanpa perlu megalihkan perhatian dari jalan.

   2. Gunakan hands free kit atau letakkan HP dalam jangkauan tangan, sehingga tidak perlu mengalihkan pandangan dari jalan hanya untuk memungutnya. Bila kondisi tidak memungkinkan anda untuk menjawab telepon acuhkan saja dan biarkan voice mail menjawabnya. Baru setelah kondisi jalan aman, anda menelpon kembali.
 
   3. Segera hentikan pembicaraan bila berada pada situasi lalu lintas yang berbahaya. Hujan deras atau lalu lintas yang padat dan beresiko tinggi terhadap kecelakaan lalu lintas  dan yang pasti akan memecah kosentrasi mengemudi.

   4. Akan lebih baik lagi jika anda menepi sesaat utuk bertelepon dengan lawan bicara atau lakukan ketika lampu lalu lintas sedang merah. Tapi ingat, lakukan hal ini di tempat yang aman dan tidak tergolong dalam area dengan kriminalitas tinggi.

   5. Untuk membicarakan pembicaraan bisnis yang berat dan serius, jangan pernah dilakukan saat anda sedang mengemudi karena hal ini cenderung mengganggu kosentrasi dalam mengemudi.

Sumber : Kompas, Senin 21 April 2008

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Tips-tips perawatan Mobil
« Jawab #21 pada: Agustus 08, 2008, 01:06:52 am »
Tips Merawat Interior Mobil Dari Kulit

Berikut, tips dari Ford bagaimana merawat interior mobil yang menggunakan bahan kulit:

   1. Merawat interior mobil berbahan kulit secara umum lebih mudah daripada merawat bahan fabric. Bahan kulit tidak mudah menyerap cairan, kotoran, sisa makanan maupun debu. Namun, perawatan yang baik tetap diperlukan agar permukaan interior bersih dan mengkilap. Serta dapat menjaga ketahanan pori-pori yang dikhas di permukaan kulit.

   2. Setiap kali mencuci mobil, hendaknya membersihkan permukaan jok, cover pintu dan interior lainnya berbahan kulit dengan menggunakan lap basah (lap khusus pencuci mobil). Sebaiknya, membersihkan interior kulit mobil Anda secara berkala dengan menggunakan bahan pembersih kulit yang tersedia di toko asesoris. Dan yang paling terpenting adalah, segera membersihkan permukaan kulit apabila terdapat sisa makanan atau cairan yang dapat meninggalkan bekas.

Sumber : http://id.88db.com/id/Knowledge/