Penulis Topik: Lomba-lomba kepenulisan  (Dibaca 45697 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Lomba-lomba kepenulisan
« Jawab #45 pada: September 26, 2007, 08:30:49 pm »
LOMBA PENULISAN 1001 KISAH RAMADHAN

Ramadhan telah datang. Ia adalah momentum kehidupan di mana semua sisi kehidupan bermuara. Ada pahit, manis, sendu, lucu, tawa atau hikmah yang sifatnya universal dan dapat dinikmati semua insan di muka bumi. Jadi mengapa harus terhalang batas religi untuk sekedar berbagi?
Bukankah Kehidupan adalah sekolah yang sebenarnya yang tak pernah pilih murid-muridnya atas nama apapun? Yuk, berbagi. Karena berbagi itu indah.

Nah, demi melestarikan semangat berbagi tersebut dan menyemarakkan bulan Ramadhan 1428 Hijriah, Komunitas Sekolah Kehidupan menyelenggarakan Lomba Penulisan Kisah Ramadhan (LPKR) dengan ketentuan sbb:

TEMA
“1001 Ramadhan” yakni seribu satu kisah nyata keseharian yang dialami sendiri atau keluarga terdekat atau sahabat atau orang lain di bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri. Dapat berupa cerita non-fiksi yang lucu, menyeramkan, mengharukan, menyedihkan, menyakitkan, mengesankan, berhikmah atau inspiratif.

Tapi harap jangan mengirimkan cerita yang memuat SARA, politik, dan bersifat porno, serta cerita yang diduga bisa menciptakan konflik di pemerintahan dan kehidupan masyarakat banyak.

HADIAH
Hadiah untuk tulisan-tulisan terpilih adalah BUKU. Buku untuk hadiah bagi para penulis adalah sumbangan atau donasi dari sesama Sahabat Eska. Pada postingan terpisah, dilampirkan daftar para donatur buku untuk hadiah bagi para penulis dan apresiasi buat dewan juri. Para penulis yang tulisannya terpilih dapat memilih buku yang disukainya (banyaknya sesuai jumlah donasi) secara berurutan sesuai besaran nilai dan peringkat hasil penilaian dewan juri yang akan diumumkan kemudian.

SYARAT-SYARAT:

1. Penulis adalah anggota milis sekolah-kehidupan@yahoogroups.com (baca: sekolah-kehidupan et yahoogroups dot com) dengan apapun agama dan keyakinannya. Jadi buat Sahabat Eska yang non-Muslim, jangan pernah ragu untuk mengirimkan karya Anda!

2. Penulis yang berhak mengirimkan tulisan untuk diseleksi dalam lomba adalah anggota milis Eska yang sudah pernah memposting tulisan atau komentar di milis Eska minimal 3 tulisan. Bukti tulisan atau komentar yang pernah diposting sebelumnya turut dilampirkan dalam lembar terpisah yang menyertai tulisan yang dilombakan.

2. Artikel dibuat di kertas A4 sebanyak minimal 5 (lima) lembar atau 1500-2000 kata, ditulis dengan huruf Times New Roman ukuran 12 dengan 1,5 spasi. Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dan memenuhi EYD.

3. Judul artikel atau cerita, dan nama penulis dicantumkan di bagian atas di tengah-tengah tulisan.

4. Artikel atau cerita adalah asli, bukan jiplakan dan tidak pernah diterbitkan di media manapun. Dan tidak sedang diikutkan dalam suatu perlombaan penulisan.

5. Isi tulisan adalah tanggung jawab si penulis sendiri. Sekolah Kehidupan tidak bertanggung jawab atas gugatan terhadap isi tulisan oleh siapapun, dan dengan dalih apapun.

7. Artikel dikirim ke milis Sekolah Kehidupan dengan SUBJECT: “[1001 Ramadhan]: —sebutkan judulnya”. Contoh: [1001 Ramadhan] Ketika Sahur Tiba. Tulisan juga ditembuskan (di-cc) ke alamat email sekolahkehidupan@… (baca: sekolahkehidupan et yahoo dot com) dan kabinet.eska@… (baca: kabinet dot eska et gmail dot com) dengan dilampiri biodata singkat penulis dan bukti minimal 3 tulisan atau komentar sebelumnya di milis Eska dalam 1 lembar terpisah.

8. Diperbolehkan mengirimkan tulisan lebih dari satu.

9. Tulisan yang tidak memenuhi kriteria tersebut di atas tidak akan dinilai oleh dewan juri.

10. Tenggat pengiriman tulisan paling lambat tanggal 15 Oktober 2007. Selanjutnya akan dipilih 30 tulisan terpilih oleh dewan juri yang telah ditunjuk. Pengumuman 30 tulisan terpilih maksimal tanggal 15 November 2007 di milis Eska atau situs sekolahkehidupan. com (baca: sekolahkehidupan dot com) dan blog sekolahkehidupan. multiply. com (baca: sekolahkehidupan dot multiply dot com).

11. Bagi anggota yang keluar dari keanggotaan milis Eska atau unsubscribe, maka artikelnya tidak akan dimasukkan dalam penilaian dewan juri.

12. Tulisan terpilih akan dipertimbangkan dimasukkan sebagai antologi tulisan amal Eska atas kerjasama Komunitas Sekolah Kehidupan dan Portal Infaq.

12. Hasil penilaian juri tidak dapat diganggu-gugat. Pengumuman ini berlaku sejak tanggal 18 September 2007.

Terima kasih.
Jakarta, 18 September 2007.
Tabik,
Nursalam AR
Ketua Komunitas Sekolah Kehidupan (Eska)
http://groups.yahoo.com/group/sekolah-kehidupan/

Sekolahkehidupan.com
Departemen Humas & Jaringan
Cp:085694771764
« Edit Terakhir: April 21, 2009, 11:09:07 am oleh faritz »

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Lomba-lomba kepenulisan
« Jawab #46 pada: November 09, 2007, 04:38:59 pm »
MelayuOnline. com - Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu (BKPBM) Yogyakarta

Mengadakan Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional

“Pandangan Politik Orang Melayu”


MelayuOnline. com memaknai istilah Melayu sebagai kultur yang melampaui sekat-sekat identitas berdasarkan kesukuan, etnisitas, ataupun entitas budaya dalam pengertian yang sempit. Ajaran dan budaya Melayu tidak lengkang meski telah dan masih berjalan dalam rentang waktu dan sejarah yang begitu panjang. Melayu bisa menjadi sumber pengetahuan untuk membangun konsep dan praktek politik yang sehat, bersih, dan bertanggung jawab.

Situasi politik di tanah air akhir-akhir ini menggugah kita untuk memikirkan kembali bagaimanakah sebuah pandangan politik yang bisa disebut etis dan bertanggung jawab. Kondisi politik aktual menarik untuk dicermati melalui sudut pandang kemelayuan dan orang Melayu, mengingat kandungan khazanah Melayu yang begitu luas. Pemikiran, tradisi, dan etika kekuasaan terekam dalam teks-teks dan berbagai khazanah tradisi Melayu klasik.

Melalui lomba karya tulis ini, diharapkan nantinya akan muncul pandangan-pandangan menarik yang meneropong bagaimana potret politik dalam tradisi Melayu. Isi karya tulis ilmiah diharapkan mengandung gagasan yang inovatif dan memberikan sumbangan, baik secara konseptual terhadap wacana politik Melayu maupun secara aktual dalam praktek kehidupan politik nasional. Di samping itu penilaian akan mempertimbangkan keluwesan bahasa, kekuatan analisis, dan kesesuaian isi dengan tema lomba.

Ketentuan-ketentuan Lomba

a. Tema: “Pandangan Politik Orang Melayu” ini mencakup:

1. Etika Politik Melayu; misalnya perilaku politik para raja atau sultannya, hubungan antara Islam, politik, dan Melayu, dan sebagainya.
2. Pandangan tentang Perempuan dalam Politik Melayu; misalnya peran, kedudukan, dan partisipasi perempuan dalam politik Melayu.
3. Bahasa Melayu dan Politik Kebangsaan: Sudut Pandang Antropolinguistik; misalnya sejarah pembentukan bahasa nasional, serta hubungan antara Bahasa Melayu dan Politik Kebangsaan.

b. Syarat-syarat keikut-sertaan

1. Lomba hanya dapat diikuti oleh minimal mahasiswa D1, staf pengajar, peneliti, dan aktivis.
2. Peserta dapat mengirimkan lebih dari satu naskah karya tulis.
3. Menyertakan pernyataan bahwa naskah karya tulis adalah asli bukan jiplakan/saduran/ terjemahan, belum pernah diikutsertakan dalam lomba sejenis dan belum pernah dimuat di media massa atau jurnal ilmiah.
4. Menyertakan fotocopy KTP/SIM atau tanda pengenal lainnya yang masih
berlaku.
5. Menyertakan daftar riwayat hidup singkat.
6. Peserta dengan persyaratan yang tidak lengkap tidak akan diseleksi.

c. Format Karya Tulis:

1. Menggunakan kaidah-kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
2. Karya tulis dibuat dalam format kertas ukuran A4, spasi 1,5, memakai huruf Arial (11) atau Times New Roman (12).
3. Panjang karya tulis berkisar antara 3500-4500 kata.
4. Mencantumkan halaman di sudut kanan bawah.
5. Karya tulis dikirim rangkap empat, satu di antaranya harus asli bukan tindasan.
6. Untuk menjaga obyektivitas penilaian juri, nama penulis harus diletakkan pada halaman terpisah (lembar pertama).

d. Hadiah Pemenang:

Juara I: Rp. 5.000.000,00 dan tropi Gubernur Provinsi Riau
Juara II: Rp. 3.000.000,00 dan tropi Ketua DPRD Riau
Juara III: Rp. 2.000.000,00 dan tropi BKPBM
Juara Harapan I: Rp. 1.500.000,00
Juara Harapan II: Rp. 1.000.000,00
Juara Harapan III: Rp. 500.000,00

e. Pengumpulan Naskah Karya Tulis:

1. Pengiriman via pos:
Print out dan CD (dalam format Microsoft Word) beserta seluruh kelengkapan syaratnya dapat dikirimkan ke:
Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu, Jl. Gambiran 85A, Yogyakarta 55161, Telp (0274) 414233.
Batas akhir penerimaan naskah tanggal 15 Desember 2007 (cap pos untuk pengiriman via pos).

2. Pengiriman via email:
Naskah beserta seluruh kelengkapan syaratnya (attachment KTP, Surat Pernyataan, dan CV) dapat dikirimkan ke lkti@melayuonline. com.

f. Hal lain:
1. Pemenang akan dihubungi melalui pos atau email, atau dapat pula dilihat pada website: http://www.melayuon line.com.
2. Semua karya tulis yang masuk tidak akan dikembalikan dan hanya karya tulis yang mendapat penghargaan yang menjadi hak panitia.
3. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
4. Peserta yang dinyatakan menang akan diundang sebagai peserta acara Milad Perdana MelOn pada tanggal 20 Januari 2008.
5. Untuk keterangan lebih lanjut lihat di www.melayuonline.com
« Edit Terakhir: April 21, 2009, 11:09:03 am oleh faritz »

vivie

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 61
  • Reputasi: 1
    • Lihat Profil
Re: Lomba-lomba kepenulisan
« Jawab #47 pada: Januari 29, 2008, 01:02:58 pm »
cihuuuyyy ...


mari mari berlumba lumba  ;))

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Lomba-lomba kepenulisan
« Jawab #48 pada: September 01, 2008, 02:39:12 pm »
Adu Kreasi 2008 - Departemen Pertanian
Total Hadiah 208 juta rupiah




LATAR BELAKANG
Dalam 10 tahun terakhir telah terjadi penyusutan lahan pertanian rakyat hingga mencapai 1,1 juta ha. Hingga kondisi tersebut berpengaruh pada produksi hasil-hasil pertanian, terutama di Pulau Jawa yang selama ini telah menjadi sentra pertanian pangan.Maka pada PJP II ini Departemen Pertanian melakukan reorientasi dari pendekatan produksi ke pendapatan petani dengan konsep AGRIBISNIS.

Berdasarkan hal tersebut maka visi pertanian 2020 adalah mewujudkan sector pertanian yang tangguh, modern dan efisien dengan ciri:
1. pemanfaatan sumber daya pertanian secara optimal dan berkelanjutan
2. penerapan diversifikasi pertanian yang komprehensif
3. penerapan rekayasa teknologi spesifik local yang dinamis
4. peningkatan efisiensi usaha dengan system agribisnis

Memasukki abad 21 pertanian di Indonesia sudah mampu menguasai teknologi tinggi, padat modal dan memiliki nilai tambah untuk bersaing. Sehingga pertanian tidak lagi dipandang kotor, jauh dari kota, kelompok ekonomi lemah dan tidak memiliki masa depan yang bagus.

Dalam rangka upaya peningkatan kehidupan petani dan pertanian Indonesia sangat dibutuhkan dukungan berupa apresiasi masyarakat terhadap kehidupan petani yang modern dan professional, maka pada kesempatan ini Departemen Pertania RI menyelenggarakan kegiatan APRESIASI PROGRAM PEMBANGUNAN PERTANIAN.

Tema:

AKU BANGGA MENJADI PETANI

1. Topik Lomba Menggambar untuk tingkat SD dan SMP
1. Petani Yang Rajin
2. Bangganya menjadi Petani

2. Topik Lomba Penulisan untuk tingkat SMA dan Mahasiswa
1. Jasa Petani dalam Kehidupan Kita
2. Jasa Pertanian dalam Pembangunan Ekonomi Indonesia yang Berkelanjutan

3. Lomba Penulisan, Foto dan Peliputan untuk tingkat Wartawan
1. Peran pertanian dalam revitalisasi pembangunan social ekonomi bangsa
2. Pembangunan pangan Indonesia menuju bangsa yang lebih mandiri dan kuat.
3. Pertanian, langkah pasti menuju kemandirian Indonesia secara global
4. Peran Pertanian dalam pengukuhan Indonesia di percaturan global

4. Lomba Cerpen untuk tingkat SMA dan Mahasiswa
1. KEbanggan Petani, KEbanggan Kita
2. Pertanian Organik, cara bijak untuk Pembangunan Ekonomi Indonesia yang ramah lingkungan

5. Lomba Poster
1. Pertanian kuat, bangsa kuat
2. Kebanggan Petani, Kebanggan Kita

SASARAN:
1. Pelajar : SD, SMP dan SMA
2. Mahasiswa dari berbagai Fakultas dan Jurusan
3. Pers (wartawan) semua media baik cetak maupun elektronik
4. Masyarakat Luas

TARGET:
1. Menciptakan citra petani, pertanian dan aparatur pertanian
2. Meningkatkan peran aktif masyarakat
3. Meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap pertanian

HASIL YANG DIHARAPKAN:
Dengan kegiatan ini diharapkan mampu menghasilkan gagasan-gagasan dan pemikiran-pemikiran yang komprehensif dari masyarakat untuk peningkatan citra petani dan pertanian kita.

KATEGORI PESERTA
Terdiri dari 5 macam lomba dan 11 kategori, yaitu:
1. Lomba Menggambar kategori Pelajar SD
2. Lomba Menggambar kategori Pelajar SMP
3. Lomba Penulisan kategori Pelajar SMA
4. Lomba Penulisan Pertanian kategori Mahasiswa
5. Lomba Penulisan Pertanian kategori Wartawan
6. Lomba Foto kategori Wartawan
7. Lomba Peliputan kategori Wartawan Media Cetak
8. Lomba Peliputan kategori Wartawan Media Televisi
9. Lomba Peliputan kategori Wartawan Media Radio
10. Lomba Poster Promosi untuk Mahasiswa
11. Lomba Penulisan Cerpen kategori Pelajar SMA/Mahasiswa

SYARAT LOMBA
1. Peserta lomba belum pernah mempresentasikan hasil karyanya yang sama pada lomba lain atau mempublikasikan dalam bentuk apapun.
2. Mencantumkan nama, tempat tanggal lahir, alamat lengkap, e-mail, nomor telpon yang dapat dihubungi, serta lampirkan foto copy identitas diri dengan jelas.
3. Dikirim melalui pos ke alamt panitia lomba, paling lambat pada 5 September 2008 ke alamat :
PANITIA ADU KREASI'08 DEPARTEMEN PERTANIAN RIPO BOX 1619 JKS 12016
atau ke alamat e-mail: adukreasi08@deptan.go.id
4. Tidak melayani surat menyurat kecuali pengiriman hasil karyanya.
5. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat
6. Hak publikasi hasil karya peserta menjadi milik Departemen Pertanian RI.

PENILAIAN
1. UNSUR-UNSUR PENILAIAN
1. Kedalaman/ketajaman analisis materi – kesesuaian dengan tema dan topic
2. Kreativitas dan inovasi
3. Ketentuan lomba:
a. Lomba Menggambar kategori SD dan SMPBahan kertas gambar (karton putih) ukuran A3
b. Lomba karangan cerpen dan penulisan esai Pertanian untuk SMA. Mahasiswa dan Pers : maksimal 8000 ketikan
c. Lomba peliputan untuk pers (media Cetak) : berupa copy naskah yang sudah dimuat di media dan melampirkan surat keterangan dari Pimpinan Redaksi. Lomba peliputan untuk pers media Televisi dan Radio: Mengirimkan copy CD yang sudah tayang/siar dan melampirkan surat keterangan dari Pimpinan Redaksi.
d. Untuk Lomba Poster, poster berisi gagasan, pesan dan harapan (bukan publiksi suatu kegiatan) Peserta menyerahkan mengirimkan dalam format JPEG ke alamat e-mail panitia – adukreasi08@deptan.go.id, dan karya-karya yang masuk dalam nominasi akan dihubungi untuk mengirimkan soft copy dalam bentuk CD.

4 .Karya bersifat asli (bukan jiplakan dan duplikasi) dan belum pernah dipublikasikan.
5 .Tidak menyinggung SARA atau mendiskripsikan suatu golongan atau kelompok
6. .Setiap peserta diperbolehkan mengirim maksimal 2 buah karya
7. Seluruh hasil karya peserta yang telah dikirim tidak akan dikembalikan dan menjadi dokumentasi
8. Karya Pemenang sepenuhnya menjadi hak milik Departemen Pertanian dan akan dipublikasikan untuk umum.
9. Pemenang akan diumumkan pada minggu ke-3 bulan September 2008.

HADIAH
Hadiah bagi para pemenang :
1. Lomba Menggambar kategori Pelajar SD
1. Juara I : Rp. 5.000.000,-
2. Juara II : Rp. 3.000.000,-
3. Juara III : Rp. 2.000.000,-
4. Hadiah hiburan untuk
5 karya terpilih masing-masing mendapatkan Rp. 250.000,-

2. Lomba Menggambar kategori Pelajar SMP
1. Juara I : Rp. 5.000.000,-
2. Juara II : Rp. 3.000.000,-
3. Juara III : Rp. 2.000.000,-
4. Hadiah hiburan untuk 5 karya terpilih masing-masing mendapatkan Rp. 250.000,-

3. Lomba Penulisan kategori Pelajar SMA
1. Juara I : Rp. 6.000.000,-
2. Juara II : Rp. 4.000.000,-
3. Juara III : Rp. 3.000.000,-
4. Hadiah hiburan untuk 5 karya terpilih masing-masing mendapatkan Rp. 250.000,-

4. Lomba Penulisan kategori Mahasiswa
1. Juara I : Rp. 7.500.000,-
2. Juara II : Rp. 5.000.000,-
3. Juara III : Rp. 3.000.000,-
4. Hadiah hiburan untuk 5 karya terpilih masing-masing mendapatkan Rp. 300.000,-

5. Lomba Penulisan kategori Wartawan
1. Juara I : Rp. 10.000.000,-
2. Juara II : Rp. 7.500.000,-
3. Juara III : Rp. 5.000.000,-
4. Hadiah hiburan untuk 5 karya terpilih masing-masing mendapatkan Rp. 400.000,-

6. Lomba Foto kategori Wartawan
1. Juara I : Rp. 10.000.000,-
2. Juara II : Rp. 7.500.000,-
3. Juara III : Rp. 5.000.000,-
4. Hadiah hiburan untuk 5 karya terpilih masing-masing mendapatkan Rp. 400.000,-

7. Lomba Peliputan kategori Wartawan Media Cetak
1. Juara I : Rp. 10.000.000,-
2. Juara II : Rp. 7.500.000,-
3. Juara III : Rp. 5.000.000,-
4. Hadiah hiburan untuk 5 karya terpilih masing-masing mendapatkan Rp. 400.000,-

8. Lomba Peliputan kategori Wartawan Media Televisi dan Radio
1. Juara I : Rp. 10.000.000,-
2. Juara II : Rp. 7.500.000,-
3. Juara III : Rp. 5.000.000,-
4. Hadiah hiburan untuk 5 karya terpilih masing-masing mendapatkan Rp. 400.000,-

9. Lomba Poster
1. Juara I : Rp. 10.000.000,-
2. Juara II : Rp. 7.500.000,-
3. Juara III : Rp. 5.000.000,-
4. Hadiah hiburan untuk 5 karya terpilih masing-masing mendapatkan Rp. 400.000,-

10. Lomba Penulisan Cerpen kategori Pelajar SMA
1. Juara I : Rp. 6.000.000,-
2. Juara II : Rp. 4.000.000,-
3. Juara III : Rp. 3.000.000,-
4. Hadiah hiburan untuk 5 karya terpilih masing-masing mendapatkan Rp. 250.000,-

11. Lomba Penulisan Cerpen kategori Mahasiswa
1. Juara I : Rp. 7.500.000,-
2. Juara II : Rp. 5.000.000,-
3. Juara III : Rp. 3.000.000,-
4. Hadiah hiburan untuk 5 karya terpilih masing-masing mendapatkan Rp. 300.000,-•

Bagi peserta yang berhasil memenangkan Juara I akan diberikan Thropy dan Sertifikat Penghargaan dari Departemen Pertanian.

Selamat Berkreasi :)
« Edit Terakhir: April 21, 2009, 11:09:10 am oleh faritz »

calon_akhwat

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 4.737
  • Reputasi: 56
    • Lihat Profil
Re: Lomba-lomba kepenulisan
« Jawab #49 pada: September 03, 2008, 08:13:02 pm »
ada lomba karya tulis yang terbaru, ndak?
tolong diinformasikan ya :D

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Lomba-lomba kepenulisan
« Jawab #50 pada: September 24, 2008, 03:12:16 pm »
SAYEMBARA NASKAH DRAMA FTI

Federasi Teater Indonesia (FTI) tahun 2008 ini akan menyelenggarakan Sayembara Penulisan Naskah Drama Nasional yang terbuka tidak hanya bagi pekerja teater atau para penulis naskah dan pengarang, tapi bagi siapa saja yang memiliki minat untuk menulis naskah drama. Tidak peduli ia aktifis atau pekerja dari kesenian lain atau mungkin bidang atau profesi yang tidak berhubungan sama sekali dengan kesenian (teater).

Sayembara ini juga terbuka lebar bagi warga Indonesia yang berdomisili di luar negeri, tak ada batasan usia, bahkan juga dibebaskan dalam tema, jumlah halaman, termasuk bentuk ungkapannya. Peserta hanya diharapkan menghindari pelecehan SARA dan mengunakan bahasa Indonesia

Batas waktu pengiriman 5 desember 2008 (cap pos)
Tersedia hadiah total Rp. 30 juta rupiah untuk katagori pemenang utama dan 5 terbaik. Para pemenang akan diundang khusus pada malam Refleksi FTI dan Anugerah FTI 2008, 27 Desember 2008, di Taman Ismail Marzuki.
Untuk info selengkapnya, silahkan kunjungi http://www.belajarngeblogyuk.blogspot.com
« Edit Terakhir: April 21, 2009, 11:09:19 am oleh faritz »

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re:Lomba-lomba kepenulisan
« Jawab #51 pada: April 21, 2009, 10:56:16 am »
LOMBA TULIS ARTIKEL PUSTAKA NASIONAL

“CITA PERPUSTAKAAN INDONESIA”


 
KEGIATAN
Dalam rangka Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Membaca Nasional, Teratama Technology System bersama :

* Dinas Pendidikan Propinsi DIY
* Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Propinsi DIY
* Ikatan Pustakawan Indonesia – IPI Propinsi DIY
* Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca – GPMB Indonesia
* Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi – FPPTI DIY
* Forum Perpustakaan Sekolah Indonesia – FPSI DIY
* BAPUSDA Kabupaten Bantul
* Tokoh Pustakawan Senior

menyelenggarakan “LOMBA TULIS ARTIKEL NASIONAL 2009” dengan topik pilihan:
* Perpustakaan Ideal
* Membangun masyarakat cinta perpustakaan

WAKTU PELAKSANAAN

* Waktu pengumpulan naskah artikel: tanggal 15 Februari 2009 sampai 30 September 2009
* Waktu pengumuman hasil lomba: tanggal 17 November 2009.*)jika diperlukan sewaktu2 panitia akan konfirmasi
* Penyerahan hadiah: tanggal 27 November 2009
* Publikasi Artikel terpilih:  tanggal 17 November 2009 sampai waktu yang tidak terbatas.

PERSYARATAN PENULISAN

* Naskah ditulis menggunakan Bahasa Indonesia yang baku dengan tatabahasa dan ejaan yang disempurnakan.
* Naskah belum pernah diterbitkan atau dipublikasikan sebelumnya.
* Mencantumkan topik pilihan dan judul artikel.
* Naskah diketik komputer dengan font: time new roman, size: 12, spasi baris: 1,5 pt., ukuran kertas A4, Jumlah halaman minimal 5 dan maksimal 8.
 
PENGIRIMAN NASKAH

* Naskah dikirim disertai lampiran identitas yang meliputi: Nama penulis, Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Alamat, Pekerjaan, Asal Instansi, No.KTP/SIM, Pas foto 4x6 dan Kontak person.
* Naskah dapat dikirim dalam format softfile maupun printout.
* Naskah dikirimkan melalui:
  o Email: panitialomba@teratama.com
  o Pos surat: Hotel Borobudur Jl. Magelang Km.6,3 Jombor Yogyakarta 55284
  o Langsung ke sekretariat panitia: Hotel Borobudur Jl. Magelang Km.6,3 Jombor Yogyakarta 55284 ( Kantor Teratama )

* Naskah yang telah sampai kepada panitia akan segera di posting/diumumkan di Internet, dengan alamat www.teratama.com/lomba
* Panitia tidak bertanggungjawab terhadap pengiriman naskah yang tidak sampai ke tangan panitia.
* Peserta yang telah mengirimkan naskah lebih dari 10 hari dan tidak menemukan nama dirinya di pengumuman peserta dapat konfirmasi ke panitia melalui email panitialomba@teratama.com atau melalui telephone  02747002300, 081227444464

SELEKSI

* Seleksi Administrasi oleh panitia
* Seleksi Materi oleh Juri

ASPEK YANG DINILAI

* Kreativitas: Kemampuan memunculkan permasalahan, ide, gagasan yang realistis dan dapat dipertanggungjawabkan.
* Kegunaan: Hasil penilisan memberikan sumbangan pemikiran yang aplikatif terhadap perkembangan minat baca masyarakat & kwalitas layanan perpustakaan
* Penulisan:
   o Sistematika penulisan: meliputi pendahuluan, permasalahan, tujuan, landasan teori, pembahasan, kesimpulan & saran.
   o Penulisan dengan bahasa ilmiah populer
   o Penulisan menyebutkan sumber (referensi pustaka)

PESERTA

* Masyarakat umum, Pelajar, Mahasiswa, Pustakawan

HADIAH LOMBA

* Juara I mendapat uang sejumlah Rp. 3.000.000,- plus hadiah sponsor
* Juara II mendapat uang sejumlah Rp. 2.000.000,- plus hadiah sponsor
* Juara III mendapat uang sejumlah Rp. 1.000.000,-  plus hadiah sponsor
* 20 Besar mendapat kenangan dari sponsor
* Sertifikat
* Tropi
* Juara 1,2,3 masing masing mendapatkan plus Rp 500.000,- dari sponsor BPRS – Bank Perkreditan Rakyat Syariah BAROKAH DANA SEJAHTERA

sumber : http://www.teratama.com/lomba/

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re:Lomba-lomba kepenulisan
« Jawab #52 pada: April 21, 2009, 11:11:41 am »
LOMBA MENULIS ESAI : “MIMPIKU BULOG 2020”


(Memperingati HUT BULOG 2009 : 42 Th BULOG, Semakin Dekat & Terbuka)

Perubahan terjadi setiap saat. Berubah menjadi baik dan semakin bermanfaat bagi lingkungan di sekitar adalah harapan kita. Baik kita sebagai perorangan maupun kita sebagai lembaga. Demikian juga dengan Perum BULOG. Menginjak usianya yang ke 42 pada 10 Mei 2009, BULOG telah berubah, baik fungsinya maupun status kelembagaannya.

Perjalanan BULOG sebagai lembaga pangan yang berganti-ganti status sejak tahun 1967 hingga kini sebagai BUMN berbentuk Perum bukanlah perjalanan yang pendek. Untuk senantiasa memperbaiki diri, Perum BULOG membutuhkan masukan dari berbagai pihak baik internal maupun eksternal. Untuk itu BULOG merencanakan untuk menggali dan menampung aspirasi banyak pihak untuk perubahan BULOG untuk semakin dekat dan terbuka kepada masyarakat dengan tetap mengedepankan prinsip Bersih, Transparan, dan Profesional.

Perum BULOG dengan moto “Andalan Ketahanan Pangan”, pada ulang tahunnya yang ke 42 juga ingin menguatkan posisinya menjadi salah satu penjaga Ketahanan Pangan yang mendukung swasembada pangan dengan mendorong penggunaan pangan lokal Indonesia. Untuk itu, pada HUT ke 42 BULOG, melalui website www.bulog.co. id , Perum BULOG mengajak karyawan dan masyarakat umum untuk menyampaikan aspirasinya melalui Lomba
Menulis Esai untuk Masyarakat Umum dan Karyawan Perum BULOG.

Masukan dari masyarakat umum dan karyawan Perum BULOG diharapkan akan mampu memberi penyegaran dengan tulisan yang kritis, ide inovatif dan harapan untuk perubahan BULOG ke depan dengan langkah-langkah nyata yang mampu diaplikasikan oleh BULOG.

Adapun ketentuan lomba adalah sebagai berikut:

1. Sesuai dengan tema HUT BULOG tahun 2009 yaitu “42 Tahun BULOG, Semakin Dekat dan Terbuka”, tema penulisan esai adalah “Mimpiku BULOG 2020”.

2. Esai diharapkan akan memuat tentang tinjauan kritis atas perubahan BULOG saat ini, mimpi atau harapan tentang BULOG masa depan, dan langkah-langkah atau ide inovatif yang dapat diaplikasikan untuk mencapai harapan BULOG tahun 2020, sesuai dengan fungsi BULOG sebagai BUMN.

3. Esai dengan tema “Mimpiku BULOG 2020” merupakan karangan asli yang belum pernah dipublikasikan;

4. Panjang esai 4-6 halaman kuarto huruf Arial 12 spasi ganda (tidak termasuk halaman yang menjelaskan identitas peserta);

5. Peserta dibagi dalam dua kategori yaitu (i) Masyarakat Umum dan (ii) Karyawan Perum BULOG.

6. Tulisan dikirimkan dalam bentuk softcopy ke email redaksiweb@bulog. co.id dan diterima panitia paling lambat 16 April 2009, disertai identitas diri (nama, nomor identitas diri, alamat tinggal, alamat email, nomor telepon yang dapat dihubungi) dan bukti identitas diri yang sah serta masih berlaku.

7. Semua naskah yang masuk menjadi hak milik penyelenggara dan tulisan yang layak akan ditampilkan di website www.bulog.co. id sesuai ketentuan website www.bulog.co. id.

8. Pengumuman pemenang disampaikan melalui website www.bulog.co. id pada 10 Mei 2009

9. Hadiah bagi para pemenang adalah sebagai berikut:

Kategori Masyarakat Umum
Juara 1 : Uang tunai Rp. 2.500.000,- dan sertifikat
Juara 2 : Uang tunai Rp. 2.000.000,- dan sertifikat J
uara 3 : Uang tunai Rp. 1.500.000,- dan sertifikat

Kategori Pegawai Perum BULOG
Juara 1 : Uang tunai Rp. 2.000.000,- dan sertifikat
Juara 2 : Uang tunai Rp. 1.500.000,- dan sertifikat
Juara 3 : Uang tunai Rp. 1.000.000,- dan sertifikat

Pph 5% ditanggung oleh pemenang. Hadiah sudah termasuk honor pemuatan di www.bulog.co. id

10. Dewan Juri berasal dari internal dan eksternal Perum BULOG yang terdiri dari pengamat sosial ekonomi pertanian dan wartawan 11. Tidak diadakan surat menyurat dalam lomba. Keputusan Dewan Juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Tertanda Panitia Penyelenggara
www.bulog.co. id
Redaksi
Gedung Bulog I lt.6
Jl. Gatot Subroto Kav. 49
Jakarta Selatan
redaksiweb@bulog. co.id
Telp. 5252209 ext 1627 / 1527

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re:Lomba-lomba kepenulisan
« Jawab #53 pada: April 21, 2009, 11:13:01 am »
Lomba Resensi "The Road to the Empire"


Sudahkah Anda membaca novel The Road to the Empire?

Jika sudah, Anda barangkali sepakat untuk mengatakan bahwa The Road to
the Empire adalah sebuah novel yang sungguh heroik, dimana Sinta
Yudisia, sang penulis, mengerahkan kemampuan terbaiknya mengisahkan
perjalanan panjang Takudar Khan, keturunan Jenghis Khan yang menjadi
muslim, menuju tahta Mongolia.

Novel sejarah yang memikat. Dengan jalinan cerita yang heroik, penuh
intrik, taktik, dan konspirasi sengit, namun terselip kisah cinta yang
begitu cantik.

Tidakkah Anda ingin membagi perasaan bergemuruh saat membaca novel ini?
Tidakkah Anda ingin menyuarakan gagasan yang terbetik, kritikan yang
mencuat, kemasygulan yang tersulut, setelah membaca novel ini?

Jika penulis telah melahirkan karya yang begitu memikat, Anda pun
dapat melahirkan resensi bernas untuk novel ini!
Jangan sekadar jadi pembaca pasif! Kami tantang teman-teman semua
untuk berkarya.

Ayo, ketik ide Anda, dan ikuti:

Lomba Resensi Novel The Road to The Empire
Peraih IKAPI-IBF Award 2009, kategori Fiksi Dewasa Terbaik

Persyaratan dan ketentuan lomba sebagai berikut

A. Syarat umum:

1 Lomba terbuka untuk warga Negara Indonesia, di manapun berada,
berapa pun usia Anda.
2. Resensi berupa karya asli, bukan terjemahan atau saduran.
3. Resensi yang dapat diikutsertakan adalah yang pernah dimuat, baik
media cetak (koran, majalah), maupun media on-line dan blog. Yang
telah dipublikasi rentang bulan Januari sampai Juni 2009.

B. Syarat khusus:

1. Kirim bukti pemuatan resensi (berupa fotokopi atau scan dari media
yang telah memuat)

2. Sertakan biodata peresensi plus fotokopi tanda pengenal peresensi
(KTP/Kartu Pelajar) ke:

PANITIA LOMBA RESENSI NOVEL THE ROAD TO THE EMPIRE
Promosi Lingkar Pena Publishing House
Jl. Raya Jagakarsa (Simadakarsa) No A-1 Jagakarsa, Jakarta Selatan 12620

Cantumkan "LOMBA RESENSI NOVEL THE ROAD TO THE EMPIRE" di pojok kiri
atas amplop.

Ingat! Bukti resensi kami tunggu selambat-lambatnya tanggal 30 Juni
2009 (cap pos)

Penghargaan bagi peresensi terbaik:

Penghargaan 1: Rp 1.000.000,- + paket buku senilai Rp150.000,-

Penghargaan 2: Rp 500.000,- + paket buku senilai Rp150.000,-

Penghargaan 3: Rp 300.000,- + paket buku senilai Rp150.000,-

3 pemenang hiburan mendapatkan paket buku @ Rp150.000,-

Pemenang akan diumumkan pada bulan Juli 2009 di website Lingkar Pena
Publishing House (www.lingkarpena. multiply. com)

Untuk keterangan lebih lanjut hubungi kami di 021- 78882079

Happy review!
Promosi Lingkar Pena Publishing House


faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re:Lomba-lomba kepenulisan
« Jawab #54 pada: April 21, 2009, 11:14:43 am »
LOMBA CERPEN ISLAMI FLP LAMONGAN

Syarat:
1) Naskah ditulis pada kertas kwarto, Times New Roman, font 12, diketik dengan jarak satu setengah spasi
2) Panjang cerpen maksimum 10 lembar
3) Periode penerimaan naskah mulai April hingga Juni 2009
4) Naskah beserta biodata lengkap dikirimkan ke:

Sekretariat FLP Lamongan
Jl. Andanwangi Gg Guntur No. 7
Lamongan 62217
Jawa Timur

5) Hadiah:
Pemenang I: Rp 300,000.-
Pemenang II: Rp 200,000.-
Pemenang III: Rp 100,000.-

Untuk info lebih lanjut, dapat menghubungi Arjuna di 085749287746 atau 085231866995

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re:Lomba-lomba kepenulisan
« Jawab #55 pada: April 21, 2009, 11:15:22 am »
Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) 2009

TUJUAN:
Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) bertujuan untuk membangkitkan minat dan memupuk kegemaran remaja untuk melakukan kegiatan penelitian yang bersifat ilmiah.

SYARAT PESERTA:
Warga Negara Indonesia; Siswa SMA/MA negeri/swasta; Perorangan atau kelompok; Usia maksimum 19 tahun; Bersedia menyerahkan hak cipta hasil karyanya; Tunduk kepada keputusan Dewan Juri.

RUANG LINGKUP KEILMUAN:
Pertanian, Biologi, Matematika, Fisika, Mesin, Elektronika, Kimia, Geologoi, Kesehatan, Psikologi, Bahasa, Kesusastraan, Sejarah, Kebudayaan, Ekologi, Antar Bidang, Ekonomi, Manajemen, Pendidikan, Sosiologi.

Karya tulis dapat berupa penemuan baru, rekaan asli, inovasi, dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan masyarakat.

PENYAJIAN:
Judul menarik, singkat, dan mencerminkan isi karya penelitian; Menyertakan pendahuluan yang menerangkan intisari masalah yang diteliti, metode atau tatacara lain yang dipakai untuk mendapatkan data dan informasi; Menguraikan hasil penelitian berdasarkan pustaka yang dipakai; Memberikan secara lengkap daftar pustaka (nama penulis, tahun, judul buku/laporan, nama penerbit, kota).

CARA MENGIKUTI:
Karya dikirim kepada: Sekretariat Panitia
Lomba Penelitian Ilmiah Remaja
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas
Gedung B Ditjen Mandikdasmen
Jl. RS. Fatmawati, Cipete, Jakarta Selatan 12410
Telp. +62 21 75912056, Fax. +62 21 75912057
email:bagpro_pwk@yahoo.com, www.dikmenum.go.id

Setiap karya disertai Nama Lengkap, Tempat/Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Nomor Induk Siswa, Alamat Rumah dan Alamat Sekolah lengkap dengan nomor telepon, Nama Orang Tua dan Pendidikan Orang Tua. Dilengkapi dengan fotocopy kartu OSIS/Kartu Pelajar.

Penerimaan karya penelitian ilmiah oleh Sekretariat panitia dimulai tanggal 2 Mei 2009 dan berakhir tanggal 30 Juni 2009.

PENENTUAN FINALIS & PEMENANG:
Semua karya yang masuk ke Sekretariat Panitia akan diperiksa kesesuaiannya dan persyaratannya. Semua karya yang memenuhi persyaratan akan dinilai oleh Dewan Juri untuk dipilih dan ditentukan sejumlah karya terbaik sebagai finalis. Para finalis hasil penilaian Dewan Juri akan diminta kehadirannya di Jakarta pada waktu yang telah ditentukan untuk diwawancarai guna menentukan pemenang.

HADIAH DAN PENGHARGAAN:
Menteri Pendidikan Nasional akan memberikan penghargaan berupa TABANAS, Piagam Penghargaan, serta hadiah lain kepada semua finalis.

Pemenang Pertama:
TABANAS sebesar Rp. 10.000.000,-
Pemenang Kedua:
TABANAS sebesar Rp. 7.500.000,-
Pemenang Ketiga:
TABANAS sebesar Rp. 6.000.000,-
Pemenang Harapan Pertama:
TABANAS sebesar Rp. 3.500.000,-
Pemenang Harapan Kedua:
TABANAS sebesar Rp. 3.000.000,-

KETENTUAN KHUSUS:
Karya LPIR yang dikirim tidak boleh merupakan bahan yang diajukan untuk persyaratan ujian, penyelesaian tugas sekolah, dan lain – lainnya.

Karya yang diajukan tidak boleh diikutkan pada lomba lain dan juga bukan karya yang pernah diikutsertakan dalam lomba sebelumnya atau lomba lain yang sejenis.

Apabila hasil karya yang terpilih sebagai finalis merupakan hasil karya kelompok, maka yang diundang hanya ketua atau salah satu anggota kelompok yang mendapat kepercayaan untuk mewakili kelompoknya, dengan persyaratan tertulis.

Sumber:
Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas
Informasi selanjutnya klik link dibawah ini:
http://www.mandikdasmen.depdiknas.go.id/

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re:Lomba-lomba kepenulisan
« Jawab #56 pada: April 21, 2009, 11:16:55 am »
Lomba Penulisan Cerpen AJB Bumiputera


Memperingati 97 Tahun Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera 1912, bekerjasama dengan Paguyuban Sastra Rabu Malam (PaSar MaLam), kami mengundang masyarakat umum, terutama para pecinta sastra, untuk mengikuti "Lomba Penulisan Cerita Pendek (Cerpen)."

Sebagai asuransi tertua dan terbesar di Indonesia, Bumiputera dikenal peduli terhadap pengembangan kreativitas masyarakat yang diwujudkan dalam berbagai kegiatan lomba penulisan setiap tahunnya, termasuk menyelenggarakan Lomba Kreativitas Ilmiah Guru dan Pemilihan Peneliti Remaja Indonesia. Sedangkan PaSar MaLam dikenal dengan kegiatannya seperti Sastra Reboan yang digulirkan secara rutin setiap hari Rabu akhir bulan di Warung Apresiasi (Wapres) Bulungan, Jakarta Selatan.

Topik : "Sosial, Human Interest"

Persyaratan Peserta :

1. Masyarakat umum, warga negara Indonesia.
2. Peserta boleh menggunakan nama samaran (namun nama asli tetap dicantumkan di daftar riwayat hidup).
3. Melampirkan daftar riwayat hidup, (termasuk alamat lengkap, nomor telepon, dan e-mail).
4. Lomba ini tertutup bagi pegawai tetap (organik) AJB Bumiputera 1912.

Ketentuan Lomba :

1. Cerpen harus memiliki nilai manfaat bagi pengembangan pengetahuan, khususnya pengetahuan tentang asuransi;
2. Cerpen tidak mengandung SARA.
3. Bentuk tulisan dengan gaya bahasa yang cair, kreatif, dan tidak dalam bentuk makalah ilmiah.
4. Setiap karya wajib menyebutkan kata "asuransi" dan "AJB Bumiputera 1912" sedikitnya satu kali.
5. Panjang cerpen maksimum 15.000 karakter, disajikan dalam teks Times New Romans, 1,5 spasi, dengan font 12.
6. Cerpen harus asli, bukan saduran atau terjemahan;
7. Cerpen belum pernah/tidak sedang diikutkan dalam lomba penulisan lainnya dan belum pernah dipublikasikan di media apapun;
8. Cerpen ditunggu paling lambat tanggal 30 Juni 2009 pukul 24:00 (untuk email) dan berdasarkan cap pos untuk pengiriman melalui pos.
9. Cerpen yang menjadi pemenang akan dimuat di majalah "bumiputeranews" (hadiah sudah termasuk honorarium pemuatan);
10. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat dan tidak diadakan surat menyurat.
11. Pengumuman pemenang lomba penulisan akan dilakukan pada bulan Agustus 2009 di website AJB Bumiputera 1912 di http://www.bumipute ra.com/, website panitia di http://www.bumipute ramenulis. com/ dan http://www.reboan. com/ .
12. Penyerahan hadiah dilaksanakan pada akhir Agustus 2009, yang tempat dan waktunya akan diberitahukan kepada para pemenang.

Tata Cara Pengiriman Cerpen :

1. Peserta lomba dapat menulis lebih dari satu cerpen;
2. Cerpen dikirim melalui email ke komunikasi@bumipute ra.com atau bila dalam bentuk hardcopy melalui pos ke alamat: Departemen Komunikasi Perusahaan, AJB Bumiputera 1912, Wisma Bumiputera Lantai 19, Jl. Jend. Sudirman Kav 75, Jakarta 12910

Untuk informasi lebih lanjut hubungi Bumiputera :
Telp. 021-5224565;
Faks. 021-5224566
Email : komunikasi@bumipute ra.com

Hadiah :

1. Juara I : Rp. 5.000.000,- (Lima juta rupiah) dan piagam penghargaan.
2. Juara II : Rp. 4.000.000,- (Empat juta rupiah) dan piagam penghargaan.
3. Juara III : Rp. 3.000.000,- (Tiga juta rupiah) dan piagam penghargaan.
4. Juara Harapan sebanyak 5 orang masing-masing sebesar Rp. 1.000.000,- (Satu juta rupiah).
5. Pajak hadiah ditanggung oleh pemenang.

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re:Lomba-lomba kepenulisan
« Jawab #57 pada: April 21, 2009, 11:18:02 am »
LOMBA KREATIVITAS ILMIAH GURU KE-17 TAHUN 2009


"KREATIVITAS ILMIAH GURU UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS DAN KEMANDIRIAN
SISWA"

"TINGKAT DAN BIDANG LOMBA"
Guru SD: umum (salah satu pelajaran)
Guru SMP/sederajat dan SMA/sederajat : 2 Bidang
(Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan dan Bidang Matematika
,Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi)

HADIAH
Uang pembinaan, Piala, Piagam Penghargaan dan Polis Asuransi Bumiputera
Hadiah I : Rp 8.000.000,- (Delapan Juta Rupiah)
Hadiah II : Rp 7.000.000,- (Tujuh Juta Rupiah)
Hadiah III : Rp 5.000.000,- (Lima Juta Rupiah)

PERSYARATAN

1. Sistematika : Abstrak, Pendahuluan, Metodologi, Isi/Pembahasan,
Kesimpulan dan Daftar Pusaka
2. Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, diketik HVS A4,
berjarak 1 ½ spasi dengan jenis huruf Arial ukuran 11.
3. Karya ilmiah harus asli (bukan jiplakan/plagiat) dan belum/sedang
diikutsertakan dalam lomba sejenis tingkat nasional.
4. Karya ilmiah paling banyak 25 halaman (termasuk sketsa/gambar/ foto)
5. Melampirkan rekomendasi Kepala Sekolah dan Riwayat Hidup serta
mencantumkan alamat dan nomor telepon/fax kantor/rumah/ HP yang mudah
dihubungi.
6. Karya ilmiah sebanyak 4 eksemplar (1 asli, 3 fotocopy) diterima
panitia paling lambat tanggal 19 Juni 2009
7. Pada pojok kiri atas sampul ditulis tingkat dan bidang lomba yang
diikuti
8. Karya ilmiah dan alat peraga yang diperlombakan menjadi milik panitia
9. Keputusan Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat

TEMPAT
Jakarta

WAKTU PENYELENGGARAAN "
12 Juli 2009 : Registrasi Peserta
13 Juli 2009 : Presentasi
14 Juli 2009 : Field Trip & Malam Penganugerahan Pemenang
15 Juli 2009 : Kepulangan Peserta

Panitia LKIG Ke-17 Tahun 2009
Biro Kerjasama dan Pemasyarakatan IPTEK LIPI
Sasana Widya Sarwono Lt.V
Jl. Jend. Gatot Subroto 10
Jakarta Selatan 12710
Telepon 021-52920839/ 021-5225711 Psw. 273, 274, dan 276
Fax. 021-52920839/ 021-5251834
www.lipi.go.id

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re:Lomba-lomba kepenulisan
« Jawab #58 pada: April 21, 2009, 11:19:04 am »
Sayembara Resensi Buku "ADA SINGA Dalam DIRIMU!" MAU IKUTAN?


Pro-U Media mengadakan sayembara resensi buku. Sayembara ini berlaku untuk umum (siapapun boleh ikut).

Ketentuan Lomba :

1. Resensi yang kamu kirim adalah hasil karyamu sendiri…!! bukan saduran, jiplakan atau plagiat.

2. Panjang resensi minimal 2 (dua) halaman A-4, 1,5 spasi, font Arial 12. (jangan ditulis tangan… khawatirnya nggak kebaca he..he..)

3. Dikirim melalui pos/paket (tidak menerima pengiriman lewat Fax atau e-mail) apalagi sms… :-p ( ya..iyalah.. boros pulsa gitu loh.. )

4. Buku-buku yang diresensi adalah sbb : (boleh satu buku, beberapa buku atau semuanya gpp)

a. Kategori Fiksi
- “Tembang Ilalang” karya MD. Aminudin (Semesta/Kelompok Penerbit Pro-U Media)

- “Kabar Bunga” karya Marsiraji Thahir (Qish-U/Kelompok Penerbit Pro-U Media)

b. Kategori Non Fiksi

- “Republik Genthonesia” karya Mbah Dipo (Pro You/Kelompok Penerbit Pro-U Media)

- “Ada Singa Dalam Dirimu” karya Asa Mulchias (Pro You/Kelompok Penerbit Pro-U Media)

5. Bagi yang pernah merensensi buku-buku di atas dan pernah dimuat di media cetak atau internet (blog, website, milis, dll) akan menjadi nilai plus bagi juri (Tentu dengan melampirkan fotokopi resensi di media cetaknya ya atau mengirimkan link-nya untuk internet..) so..buruaaan masukin tulisan ke koran, majalah, blog, website..... dll...

6. Sayembara ini berakhir pada tanggal 15 Agustus 2009

7. Naskah resensi dikirim ke alamat :

PRO-U Media
d.a. Jln. Jogokariyan 35, Yogyakarta 55143, dengan mencantumkan “LOMBA RESENSI” di pojok kiri atas amplop.

Hadiah bagi pemenang sayembara tiap kategori :
1. Juara 1 : uang tunai senilai Rp 500.000,- dan satu paket buku senilai Rp 700.000,00

2. Juara 2 : uang tunai senilai Rp 400.000,- dan satu paket buku senilai Rp 600.000,00

3. Juara 3 : uang tunai senilai Rp 300.000,- dan satu paket buku senilai Rp 500.000,00

Buku-buku ini juga bisa didapatkan di: TB. Gunung Agung, Gramedia, Toga Mas, Tisera atau di Jakarta 08128024672 / 02168991133, 0213153928, 02193042604, Depok 08129209922, Bandung 08122118475 / 08122221475, Surabaya 0813650643322, Medan 0811647932, Makasar 04115705302, 085299519800, Semarang 081328784604

Atau bisa didapatkan melalui pemesanan ke kantor Pro-U Media, Jl. Jogokariyan 35, Yogyakarta. Telp. 0274-376301

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re:Lomba-lomba kepenulisan
« Jawab #59 pada: April 21, 2009, 11:21:06 am »
LOMBA KARYA TULIS PEMUDA TINGKAT NASIONAL dan PENGHARGAAN UNTUK PENULIS ARTIKEL KEPEMUDAAN

Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga RI bekerja sama dengan Forum
Lingkar Pena menyelenggarakan Lomba Karya Tulis dan Penghargaan untuk
Penulis Artikel Kepemudaan.

Persyaratan Lomba Karya Tulis:
1. Naskah berbentuk "esai" dengan tema "Kepemimpinan Pemuda".
Peserta dapat memilih salah satu dari sub-sub tema berikut):
a. Pemuda di Kursi Kepresidenan Indonesia
b. Pemimpin Muda Idaman.
c. Menjadi Pemimpin di Era Krisis Global.
d. Mencari Wadah Pencetak Pemimpin Bangsa.
e. Menjadi Pemimpin Lokal Berpikiran Global.
f. Jika Perempuan Menjadi Pemimpin Indonesia.
g. Budaya Baca Calon Pemimpin Bangsa.

2. Lomba dibagi dalam 3 kategori: pelajar, mahasiswa, dan umum.
3. Lomba terbuka untuk semua WNI berusia 15-35 tahun.
4. Esai tidak bertentangan dengan SARA dan tidak mengandung unsur
pornografi.
5. Naskah merupakan karya asli, bukan terjemahan, atau saduran.
6. Naskah belum pernah dipublikasikan di media massa cetak/elektronik
dan tidak sedang diikutkan dalam lomba sejenis.
7. Naskah ditulis dengan Bahasa Indonesia yang baik, diketik di kertas
A4, font Times New Roman, 6-12 halaman, spasi ganda.
8. Mencantumkan kategori di sudut kiri amplop pengiriman naskah.
9. Nama penulis harus diletakkan pada halaman terpisah dengan lembar
naskah
10. Naskah dikirim rangkap 3 (tiga).

Persyaratan Penghargaan Penulis:
1. Artikel telah dimuat di media massa cetak antara bulan Oktober 2008
- April 2009 yang bertema Kepemudaan.
2. Melampirkan artikel (atau fotokopinya) yang telah dimuat sebanyak
tiga rangkap.
3. Lomba terbuka untuk umum (tanpa batasan usia)
4. Artikel tidak bertentangan dengan SARA dan tidak mengandung unsur
pornografi.
5. Mencantumkan "Penghargaan Penulis" di sudut kiri amplop.

Persyaratan Teknis :
1. Pengiriman naskah disertai dengan fotokopi identitas diri
(KTP/SIM/Kartu Pelajar/Paspor dan biodata singkat: nama, alamat
lengkap, nomor telepon/handphone, e-mail). Untuk pengiriman email,
identitas diri dapat discan (dengan resolusi secukupnya).
2. Pengiriman naskah lomba esai atau penghargaan penulis dikirim ke:
Panitia Lomba Karya Tulis Tingkat Nasional dan Penghargaan Penulis
Jl. Rasamala Raya No 20 Depok Timur 16418
Naskah lomba juga dapat dikirim melalui email: lomba.menpora@ gmail.com
(identitas diri dapat discan).
3. Naskah ditunggu selambat-lambatnya tanggal 5 Mei 2009

HADIAH setiap kategori dan Penghargaan Penulis:
Juara I: Rp2.500.000, -
Juara II: Rp2.000.000, -
Juara III: Rp1.500.000,
3 pemenang hiburan @ Rp500.000,-

* Pengumuman pemenang dapat dilihat di http://www.forumlin gkarpena. net
dan http://forumlingkar pena.multiply. com pada 1 Juni 2009.

Acara ini diselenggarakan oleh :
Deputi Pengembangan Kepemimpinan Pemuda Kementerian Pemuda dan
Olahraga bekerja sama dengan Forum Lingkar Pena

Didukung oleh: ANNIDA & Lingkar Pena Publishing House

Keterangan lebih lanjut hubungi
Maryati (021) 573 8158, HP: 085813144822
Koko 0813 67675459
Denny 0899 9910037