Penulis Topik: Lomba-lomba kepenulisan  (Dibaca 51674 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Lomba-lomba kepenulisan
« Jawab #15 pada: Maret 23, 2007, 06:09:58 pm »
The World Bank invites you to participate in the International Essay Competition 2007:

WANTED – Your Practical Ideas Today is your world! You are making a difference. Tell us how corruption affects your daily life as youth and what you can do to overcome it.

Participate now and have your voice heard! The World Bank and its partners invite you to participate in the International Essay Competition 2007 to share your experience and ideas on fighting corruption.

Answer both topic questions:
1) How does corruption affect your life?
2) What can you do to fight the corruption that you face?

If you have been personally involved in concrete initiatives, write specifically about your experience: How did you recognize corruption? Who have you worked with? Who have you helped? What have you accomplished? In what way would you consider this work to be innovative? How have you measured the results of your work? How would you improve your impact? How can other youth replicate your experience?

If you don't have practical experience, write specifically about your ideas:
How would you work to fight the corruption that you face?

How long should your essay be?
Your essay may not be longer than 10 pages (4000 words maximum), 1.5line-spaced.

You are also required to provide an abstract of no more than one page. An abstract is a short summary in which you explain the aim, the methodology, the reasoning and the main conclusions of your paper. The abstract will be used by the jury to make a pre-selection. You may submit your paper and abstract in English, French or Spanish PRIZES $5,000 & $1,000

Deadline for submission: March 15, 2007
Participants: Students and non-students alike, between 18 and 25 years of
age (born in the years 1982 - 1989)
To know more and to submit, please visit:
http://www.essaycom petition.org
« Edit Terakhir: Mei 06, 2007, 05:59:39 pm oleh faritz »

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Lomba-lomba kepenulisan
« Jawab #16 pada: Maret 23, 2007, 06:12:14 pm »
PENGHARGAAN KARYA JURNALISTIK IPMG

Sebagai bentuk apresiasi terhadap para jurnalis dalam meningkatkan kesadaran akan bahaya obat palsu kepada masyarakat, International Pharmaceutical Manufacturers Group (IPMG) mengundang rekan media untuk berpartisipasi dalam Penghargaan Karya Jurnalistik IPMG.
Penghargaan karya jurnalistik ini mengangkat tema Obat Palsu Mengancam Kesehatan Masyarakat dan terbuka untuk semua jurnalis media massa cetak, online serta televisi nasional danlokal.

Penghargaan Karya Jurnalistik

OBAT PALSU MENGANCAM KESEHATAN MASYARAKAT

Persyaratan pengiriman karya

Artikel (jurnalis cetak dan online) dan karya siaran (jurnalis televisi) yang sudah diterbitkan atau disiarkan di media masing-masing dalam kurun waktu 16 Januari 2007 sampai dengan 30 Juni 2007.

Adapun persyaratan umum sebagai berikut:
Artikel atau karya siaran yang dikirimkan merupakan artikel atau karya siaran asli yang sudah dipublikasikan sesuai dengan kurun waktu yang telah ditentukan.

Artikel dikirim dalam bentuk kliping, fotokopi, atau scan dari media massa yang memuatnya. Karya siaran dikirim dalam format MPEG atau VCD.

Peserta wajib mencantumkan hari dan tanggal pemuatan artikelnya atau hari, tanggal, dan waktu penyiaran dari karya siarannya.

Artikel atau karya siaran yang dikirimkan adalah hasil karya sendiri. Panitia tidak menerima bentuk karya jurnalistik yang menyadur maupun menjiplak karya orang lain.

Satu hasil karya jurnalistik hanya dapat mencantumkan satu nama jurnalis. Karya yang dikerjakan oleh tim hanya boleh diwakili oleh satu nama wartawan.

Peserta dapat mengirimkan lebih dari satu artikel maupun karya siaran. Melampirkan formulir pendaftaran yang diisi dengan benar dan lengkap (terlampir) Melampirkan fotocopy KTP dan kartu pers.

Penghargaan

Kategori Jurnalis Cetak dan Online:Terbaik I memperoleh uang tunai senilai Rp 30 juta,
trofi, dan sertifikat Terbaik II memperoleh uang tunai senilai Rp 20 juta, trofi, dan sertifikat
Tiga hadiah hiburan masing-masing senilai Rp 5 juta

Kategori Jurnalis Televisi
Terbaik I memperoleh uang tunai senilai Rp 50 juta, trofi, dan sertifikat
Terbaik II memperoleh uang tunai senilai Rp 30 juta,trofi, dan sertifikat

Karya harus sudah diterima Panitia Penghargaan paling lambat tanggal 30 Juni 2007 dengan mencantumkan subyek Jurnalis Cetak dan Online atau Jurnalis TV pada sudut kanan atas amplop dan dikirimkan kepada:

PANITIA PENGHARGAAN KARYA JURNALISTIK IPMG MAVERICK
Jalan Balitung III No. 8 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12110

Karya yang diikutsertakan akan dinilai oleh tim juri yang terdiri atas perwakilan dari institusi pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, akademisi, praktisi kesehatan, dan praktisi media.

Tentang IPMG

Misi IPMG adalah sebagai mitra pemerintah Indonesia dalam meningkatkan sistem kesehatan nasional dengan menghadirkan obat-obatan yang inovatif, aman dan berkualitas tinggi sesuai standar internasional. IPMG memberikan dukungan pada komunitas medis lewat pelaksanaan riset dan pengembangan ilmu pengetahuan & teknologi kesehatan tanpa henti, mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku, dan sangat menghargai kode etik pemasaran obat. Sebagai perusahaan
multinasional dan warga negara yang baik, setiap anggota IPMG berperan aktif dalam mendukung program kesehatan di Indonesia, termasuk memberikan pendidikan kepada masyarakat perihal berbagai macam penyakit serta pengobatannya. Bagi IPMG melindungi kepentingan pasien dan meningkatkan kesadaran serta pengetahuan masyarakat Indonesia mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan adalah di atas segalanya.

Perusahaan anggota IPMG: USA: Abbott, Actavis, Bristol Myers Squibb, Eli Lilly, Merck Sharp and Dohme, Pfizer, Schering Plough,Wyeth - Switzerland: Novartis, Roche - Germany:Boehringer Ingelheim, Merck, Schering, Bayer - Japan:Astellas,Eisai, Meiji,Otsuka, Takeda, Tanabe - France:Sanofi-Aventis,Fournier, Sanofi Pasteur, Servier - Belgium: UCB,Janssen - Singapore: Transfarma - United Kingdom:Astra Zeneca,GlaxoSmithKline - Netherlands: Organon - Denmark: NovoNordisk - Philippines: Medifarma

Untuk keterangan lebih lanjut, mohon menghubungi:
M Adwi Yudiansyah
Associate - Maverick
Telp : 021-72789833
Fax : 021-72789834
Mobile : 0811 806 413
E-mail : adwi@maverick. co.id

Nia K. Sadjarwo
Associate - Maverick
Telp : 021-72789833
Fax : 021-72789834
Mobile : 0812 102 3225
E-mail : nia@maverick. co.id

Hanum Yahya
Communications Manager - IPMG
Phone : 62-21-769 7531
Fax : 62-21-769 7532
Mobile : 0812 1076 380
E-mail : hanum.yahya@ ipmg-online. com
« Edit Terakhir: April 21, 2009, 10:58:20 am oleh faritz »

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Lomba-lomba kepenulisan
« Jawab #17 pada: Maret 23, 2007, 06:13:51 pm »
Lomba Menulis 2006 – 2007 kolomkita.com
by Redaksi

Pengumunan: Lomba menulis periode 2006 diperpanjang hingga akhir 2007. Baca penjelasannya di sini.

Syarat dan ketentuan lomba menulis Kolomkita:

- Peserta harus terdaftar sebagai anggota KolomKita.com.
- Hasil karangan harus asli, tidak menjiplak maupun mengubah hasil karya orang lain.
- Setiap peserta dapat mengirimkan karya sebanyak-banyaknya, akan tetapi kami anjurkan untuk mengirimkan karya tulis Anda secara berkala dan tidak sekaligus. Idealnya adalah 1 - 3 naskah setiap pengiriman.
- Peserta dapat menulis karyanya secara online di situs ini maupun dengan mengirim file teks ke alamat email redaksi@kolomkita. com. Anda diharapkan untuk memilih satu metode pengiriman dan tidak menggunakan kedua metode tersebut untuk mengirim naskah yang sama. Jika naskah yang Anda kirim belum kami muat, harap bersabar. Ada kemungkinan juga bahwa naskah Anda tidak dimuat, baca keterangan ini jika Anda ingin tahu mengapa naskah Anda tidak dimuat.
- Naskah harus sampai di meja redaksi selambat-lambatnya tanggal 30 November 2007.
- Untuk kategori non-puisi (cerita pendek, dsb) panjang minimal tulisan adalah 700 kata  sedangkan untuk puisi minimal adalah 150 kata.

Pemenang dari lomba karya tulis ini akan diumumkan disitus ini pada minggu pertama Januari 2008.
Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

Hadiah:
Satu pemenang utama berupa uang tunai Rp. 1.000.000,-(satu juta rupiah) atau nilai mata uang lain yang setara (kurs tanggal 5 Januari 2007). Tiga pemenang hiburan berupa uang tunai sebesar Rp. 250.000,- atau nilai mata uang lain yang setara Ditambah hadiah dari sponsor / donatur jika ada.

Silahkan kunjungi halaman ini jika Anda ingin menjadi sponsor / donatur. Hadiah uang akan ditransfer ke rekening Anda atau melalui jasa pembayaran online (*******, Paypal, Moneybookers) . Pembayaran hadiah di luar wilayah Indonesia akan memakai kurs mata uang pada tanggal pengumuman.

Selamat berkarya!

Redaksi
« Edit Terakhir: April 21, 2009, 10:58:32 am oleh faritz »

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Lomba-lomba kepenulisan
« Jawab #18 pada: Maret 23, 2007, 06:14:46 pm »
Lomba Karya Tulis Aceh Tsunami 2007

Memperingati dua tahun bencana tsunami Aceh-Nias,Majalah National Geographic Indonesia menyelenggarakan lomba karya tulis tingkat nasional dengan tema "Menata Kembali Lingkungan Hidup Aceh dan Nias Pasca Tsunami".

Karya tulis harap dilengkapi dengan identitas. Panjang artikel tidak dibatasi (harus memuat permasalahan lingkungan hidup di NAD/ Nias pasca tsunami), gaya feature, paling lambat 30 April 2007.

Sudut kiri amplop harap ditulis: "Lomba Karya Tulis National Geographic Indonesia"

Alamat:
National Geographic Indonesia, Gd. Gramedia Majalah lt.5 Jl. Panjang No.8A, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Jakarta 11530

Untuk keterangan lebih lanjut, dapat menghubungi Panitia ke no. telepon : 021-5330150- 70 atau melalui e-mail ke: salju@gramedia-majalah.com
« Edit Terakhir: Mei 06, 2007, 05:59:44 pm oleh faritz »

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Lomba-lomba kepenulisan
« Jawab #19 pada: Maret 23, 2007, 06:16:53 pm »
DICARI NASKAH BUKU FIKSI ANAK

Penerbit Ganeca Exact menawarkan kerjasama kepada para penulis (atau tim penulis), dosen, mahasiswa untuk menulis beberapa naskah buku bacaan fiksi untuk siswa sekolah dasar dengan tema-tema sebagai berikut:

- Hewan-hewan di kebun binatang (fabel)
- Sahabat Pena
- Lomba membaca puisi/ mengarang
- Cerita/ biografi sastrawan
- Belajar membaca
- Kumpulan Cerpen
- Kisah binatang di dasar laut (fabel)
- Bunga-bunga di pekarangan
- Menulis buku harian
- Mengisi liburan

Spesifikasi naskah adalah sebagai berikut:

- Ditulis di kertas ukuran kuarto batas margin
- left margin: 25 mm
- right margin: 30 mm
- top margin: 20 mm
- bottom margin: 15 mm
- paragraf 2 spasi
- jenis huruf: Times New Roman, ukuran 12 pt
- Jumlah halaman minimal 80 halaman

Naskah dikirim ke:
Penerbit Ganeca Exact
Kompleks Satrudal, Jalan Raya Hankam, Jatirahayu, Pondok Gede, Bekasi 17414

Telp: 021 – 84973048
Up: Yohanes Agustono

Atau via e-mail: bonaventura91@yahoo.com
« Edit Terakhir: April 21, 2009, 10:59:00 am oleh faritz »

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Lomba-lomba kepenulisan
« Jawab #20 pada: Maret 23, 2007, 06:19:05 pm »
LOMBA PENULISAN CERPEN ISLAMI MAJALAH UMMI


Majalah Ummi kembali menyelenggarakan Lomba Penulisan Cerpen Islami dengan persyaratan sebagai berikut:

   1. Lomba terbuka untuk Muslim dan Muslimah, warga Negara Indonesia.
   2. Tema bebas, sepanjang sesuai dengan visi dan misi Majalah Ummi.
   3. Cerita merupakan karya sendiri yang belum pernah diterbitkan oleh media manapun serta
       tidak sedang mengikuti lomba lain. Cerita juga bukan karya terjemahan.
   4. Tulisan dikirim rangkap 3 (tiga), spasi ganda dan diketik di atas kertas folio. Panjang
       karangan 9000-10.000 karakter, besar font 12 dan pada naskah lomba tidak boleh
       dicantumkan nama penulis.
   5. Naskah harus dilampiri formulir lomba (asli) yang terdapat pada Majalah Ummi edisi 10/XVIII,
      11/XVIII dan 12/XVIII yang terbit pada bulan Februari, Maret dan April 2007.
   6. Tulisan harus disertai fotokopi kartu identitas yang masih berlaku dan ditunggu
       selambat-lambatnya pada tanggal 25 Juni 2007 (cap pos).
   7. Pemenang Lomba Penulisan Cerpen Islami Majalah Ummi tahun 2007 akan diumumkan pada
       Ummi edisi 6/XIX yang terbit pada bulan Oktober 2007.
   8. Peserta diperbolehkan mengirim naskah lebih dari satu asalkan dikirim dalam amplop terpisah
       dan menyertakan formulir lomba yang berbeda.
   9. Tulisan yang masuk menjadi hak panitia. Naskah yang memenangkan lomba akan dimuat di
       majalah Ummi  dan redaksi berhak menyunting naskah-naskah tersebut.
   10. Naskah yang tidak memenangkan lomba tetapi dianggap layak akan dimuat di Majalah Ummi
       dengan mendapatkan honor sebagaimana biasanya.
   11. Lomba ini tertutup bagi seluruh karyawan PT Insan Media Pratama.


Hadiah:

Juara 1 mendapatkan uang sejumlah Rp. 1.500.000,-
Juara 2 mendapatkan uang sejumlah Rp. 1.000.000,-
Juara 3 mendapatkan uang sejumlah Rp. 750.000,-
Pemenang Hiburan 3 orang masing-masing mendapatkan Rp. 500.000,-
(hadiah sudah termasuk honor pemuatan)


Sumber: Majalah UMMI edisi 11/XVIII/2007
« Edit Terakhir: April 21, 2009, 10:59:29 am oleh faritz »

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Lomba-lomba kepenulisan
« Jawab #21 pada: Maret 23, 2007, 06:25:09 pm »
"Jakarta" diterjang banjir bandang. Banyak korban. Banyak cerita. Banyak luka. Banyak renungan. Akankah itu semua dibiarkan terbuang dalam lipatan zaman?


Jika punya nyali, ikutilah proyek kumpulan cerpen fiksi dan kisah nyata "Jakarta" Under Water" dari FLP DKI. Insya Allah, hasilnya akan dibukukan.


KETENTUAN NASKAH
1. Tema tentang "BANJIR DI JABODETABEK" dengan segala unsur human interest (bernuansa kemanusiaan). Bisa dengan gaya lucu, sedih, tragis dll.
2. Tidak mengandung unsur SARA serta tidak mengandungunsur-unsur yang melanggar norma susila, sopan santun dan agama.
3. Panjang cerpen kisah nyata 4-8 halaman kertas A4, 2 spasi, Times New Roman 12.
4. Cerpen/kisah nyata ditulis dalam bahasa Indonesia dan memenuhi kaidah berbahasa yang baik.
5. Cerpen/kisah nyata tersebut merupakan karya asli sendiri.
6. Cerpen/kisah nyata belum pernah dimuat di media massa atau dibukukan dalam bentuk antologi bersama ataupun dalam bentuk antologi tunggal.
7. Peserta bebas mengirimkan lebih dari satu naskah.
8. Format cerpen: Word document
9. Cerpen dikirim ke alamat e-mail berikut: humasflpdki@gmail.com, di-cc ke: aa_mumun@yahoo.com (Lamuna) selambat-lambatnya tanggal 16 Maret 2007 pukul 24.00 WIB.
10. Diwajibkan menyertakan biodata lengkap,alamat lengkap, dan no telepon yang bisa dihubungi
11. Tulis "JAKARTA UNDER WATER - CERPEN" atau "JAKARTA UNDER WATER - KISAH NYATA" (pilih salah satu).
12. Cerpen/kisah nyata yang terpilih akan diumumkan pada Senin, 2 April 2007.
13. Lomba ini terbuka untuk civitas FLP DKI (Pramuda, Muda, Madya, Andal, dll).
14. Keterangan lebih lanjut dapat menghubungi 0813-10040723 / 021-7945651 (Nursalam AR) atau 085880134344 (Lamuna)

Sumber: milis FLP DKI (flpdki@yahoogroups.com)
« Edit Terakhir: Mei 06, 2007, 06:01:18 pm oleh faritz »

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Lomba-lomba kepenulisan
« Jawab #22 pada: Maret 23, 2007, 06:29:43 pm »
PT ROHTO – MENTHOLATUM Menyelenggarakan: LOMBA MENULIS ESEI Memperebutkan
ROHTO-MENTHOLATUM GOLDEN TROPHY

· Peserta: Pelajar SLTA, Mahasiswa, Umum/Guru SD/SLTP/SLTA
· Hadiah Total Rp 60 Juta

Kategori Lomba:
Lomba dibagi dalam 3 (tiga) kategori peserta. Kategori A, Peserta Pelajar SLTA (berusia 15 – 18 tahun). Kategori B, Peserta Mahasiswa (berusia 17 – 26 tahun). Kategori C, Peserta Guru SD-SLTP-SLTA/Umum (berusia 18 – 50 tahun)

Syarat-syarat Lomba:
1. Lomba ini terbuka untuk pelajar, mahasiswa, guru SD-SLTP-SLTA/umum dari seluruh Indonesia atau yang sedang studi di luar negeri. Kecuali, keluarga karyawan PT ROHTO Lab.Indonesia /agennya, Panitia Pelaksana/Dewan Juri lomba.

2. Topik Lomba:
a. Peranan Mata untuk Kelangsungan Hidup dan Perspektif Dalam Berkarya Serta Berprestasi.
b. Peranan Rambut dan Kulit Kepala untuk Kesehatan dan Perspektif Tampil Percaya Diri serta Mempesona

3. Peserta bebas memilih salah satu topik atau kedua-duanya yang tertera pada Butir 2a dan Butir 2b. Prinsipnya, tiap topik merupakan materi tulisan tersendiri (Topik Butir 2a dan Butir 2b tidak boleh digabung).

4. Judul bebas tetapi harus mengacu pada topik Butir 2a dan Butir 2b

5. Setiap peserta boleh mengirimkan lebih dari satu judul tulisan untuk topik yang mana pun (Butir 2a atau Butir 2b maupun kedua-duanya)

6. Lomba dibuka 1 Maret 2007, ditutup 31 Mei 2007 (stempel pos/ekspedisi)

7. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik, ilmiah populer dan kreatif..

8. Naskah harus asli (bukan jiplakan) dan belum pernah dipublikasikan serta tidak sedang diikutsertakan dalam lomba lain. Ketentuan naskah:
a. Ditulis di atas kertas ukuran kuarto (A-4); ditik berjarak 1,5 spasi, format 12 point, font Times New Roman, margin kiri-kanan rata (Justified)
b. Panjang naskah minimal enam halaman dan maksimal 10 halaman
c. Naskah boleh dilampiri/disertai data: grafik, foto atau pendukung lainnya.
d. Mencantumkan Daftar Pustaka/Referensi
e. Mencantumkan Narasumber/Responden materi tulisan (Jika ada)
f. Naskah yang dilombakan dikirim ke Panitia Lomba dalam bentuk print-out 3 (tiga) rangkap disertai copy file format disket
g. Naskah disertai ringkasan (abstract), biodata singkat penulis, foto pose bebas ukuran 4R dan foto-copy identitas penulis (pilih salah satu: Kartu Pelajar/Mahasiswa, KTP,SIM atau Paspor) yang masih berlaku.
h. Setiap judul naskah yang dilombakan harus dilampiri salah satu kemasan produk dari PT ROHTO Laboratories Indonesia dan MENTHOLETUM
i. Naskah yang dilombakan beserta persyaratannya dimasukan ke dalam amplop tertutup (dilem), cantumkan tulisan Peserta LME ROHTO-MENTHOLATUM GOLDEN TROPHY pada kiri atas amplop
j. Naskah dan persyaratan lainnya dikirim ke alamat panitia LME ROHTO-MENTHOLATUM GOLDEN TROPHY: Jalan Gunung Pancar No. 25, Bukit Golf Hijau, Sentul City, Bogor 16810 – Jawa Barat
k. Hasil lomba diumumkan 30 Juni 2007 melalui www.rohto.co.id dan Majalah ANEKA YESS!, atau hubungi HP 08158118140/Telepon (021) 87960940

9. Keputusan Dewan Juri bersifat final dan mengikat

10. Naskah yang dilombakan jadi milik PT ROHTO, hak cipta milik penulisnya

Hasil Lomba:
Masing-masing kategori: Pemenang I, II, III, 3 (tiga) Pemenang Harapan Utama, 4 (empat) Pemenang Harapan

Hadiah Untuk Pemenang:
- Kategori A
Pemenang I : Uang Tunai Rp 5.000.000,- + ROHTO-MENTHOLATUM Golden Trophy.
Pemenang II: Uang Tunai Rp 3.000.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM.
Pemenang III: Uang Tunai Rp 2.000.000,- + Piagam ROHTO-MENTJOLATUM.
3 Pemenang Harapan Utama masing-masing mendapat Uang Tunai Rp 1.000.000,- + Piagam
ROHTO-MENTHOLATUM.
4 Pemenang Harapan masing-masing mendapat Piagam ROHTO-MENTHOLATUM + Bingkisan

- Kategori B
Pemenang I: Uang Tunai Rp 6.000.000,- + ROHTO-MENTHOLATUM Golden Trophy.
Pemenang II: Uang Tunai Rp 4.000.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM.
Pemenang III: Uang Tunai Rp 3.000.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM.
3 Pemenang Harapan Utama masing-masing mendapat Uang Tunai Rp 1.500.000,- + Piagam
ROHTO-MENTHOLATUM .
4 Pemenang Harapan masing-masing mendapat Piagam ROHTO-MENTHOLATUM + Bingkisan

- Kategori C
Pemenang I: Uang Tunai Rp 7.500.000,- + ROHTO-MENTHOLATUM Golden Trophy.
Pemenang II: Uang Tunai Rp 6.000.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM.
Pemenang III: Uang Tunai Rp 4.000.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM.
3 Pemenang Harapan Utama masing-msing mendapat Uang Tunai Rp 1.500.000,- + Piagam ROHTO-MENTHOLATUM.
4 Pemenang Harapan masing-masing mendapat Piagam ROHTO-MENTHOLATUM + Bingkisan
« Edit Terakhir: Juni 17, 2007, 03:36:16 pm oleh faritz »

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Lomba-lomba kepenulisan
« Jawab #23 pada: Maret 23, 2007, 06:30:40 pm »
Lomba menulis Profil Koran Online KabarIndonesia

Koran Online KabarIndonesia mengundang siapa saja untuk turut serta dalam lomba menulis Profil.Mengingat koran online Kabar Indonesia adalah koran orang biasa maka yang akan dijadikan tokoh dalam lomba penulisan Profil adalah orang-orang biasa atau wong cilik.

Setiap penulis dapat mewawancarai dan menampilkan tokohnya misalnya: Penjual Gado-gado, Abang Becak, Supir Angkot, Guru Sekolah,  Pembimbing Agama, Anak Jalanan, Pramuniaga, Ibu Rumah Tangga maupun Buruh yang barusan saja di PHK. Siapa saja bisa dijadikan tokoh  untuk penulisan profil ini, jadi dalam hal ini tidak ada batasannya.

Peserta harus terdaftar sebagai penulis di koran online  KabarIndonesia, apabila belum silahkan klik <Daftar Jadi Penulis> di www.KabarIndonesia.com

Tujuan utama yang ingin dicapai dari lomba menulis Profil ini adalah memberikan kesempatan bagi setiap warga untuk menjadi Pewarta Warga  (Citizen Reporter) dengan cara learning by doing. Belajar mewawancarai orang maupun menulis berita dari hasil wawancara tersebut.

Tiga penulis terbaik akan diangkat menjadi "Pewarta Kehormatan KabarIndonesia".

Lomba menulis Profil ini dimulai pada tanggal 5 Maret 2007 dan akan ditutup pada tgl 22 Maret 2007.

Setiap penulis hanya diperkenankan mengirimkan satu tulisan saja dan  hanya pengiriman pertama saja yang boleh diikutsertakan dalam lomba Menulis Profil ini. Penilaian bukan hanya sekedar isi tulisannya saja, melainkan juga harus menggunakan Bahasa Indonesia yang baik  dan benar, penulisan tanda baca yang tepat, tata letak susunan kalimat, ejaan kata-kata maupun layout dari tulisan itu sendiri.

Tulisan apabila ini ditulis dengan menggunakan MS-Word; tidak boleh lebih dari tiga halaman dengan ukuran huruf (font) 12.

Pemenang dari lomba karya tulis ini akan diumumkan di koran online www.kabarindonesia.com pada minggu pertama di bulan April 2007.

Keputusan dari Dewan Juri tidak dapat diganggu gugat.

Selamat berkarya!

Redaksi Kabar Indonesia
A. Nova
Email: redaksi@...
Homepage: www.kabarindonesia.com
« Edit Terakhir: Mei 06, 2007, 06:02:10 pm oleh faritz »

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Lomba-lomba kepenulisan
« Jawab #24 pada: Maret 23, 2007, 06:33:53 pm »
Sayembara Cipta Puisi & Cerpen 2007

"Saat Kreativitas Pemuda Berbicara"
26 Februari 2007-14 Mei 2007

Dalam rangka memperingati Lustrum Fakultas Sastra Universitas Andalas Padang, Forum Studi Islam Sastra Universitas Andalas Padang bekerjasama dengan Komunitas SENJA dan Komunitas Ilalangsenja, mengadakan *Sayembara Cipta Puisi & Cerpen 2007 se-Indonesia* dengan tema "Saat Kreativitas Pemuda Berbicara".

Ketentuan umum lomba sebagai berikut:

1. Peserta merupakan Warga Negara Indonesia yang tinggal di Indonesia, di luar Indonesia, lahir di Indonesia, dan besar di Indonesia.
2. Peserta masih berumur sekitar 12-30 tahun.
3. Karya yang dikirim harus karya sendiri, bukan saduran ataupun terjemahan dan belum pernah dipublikasikan di media cetak (koran, majalah, buletin dsb) ataupun media elektronik (website, radio, televisi dsb) serta tidak sedang diikutsertakan dalam sayembara ataupun perlombaan lain.
4. Karya yang dikirimkan tidak mengandung unsur-unsur pornografi dan unsur-unsur lain yang berpotensi menimbulkan fitnah terhadap suatu golongan, komunitas, organisasi, dan agama.
5. Naskah yang masuk menjadi milik panitia dan tidak bisa dikembalikan.
6. Setiap naskah, harus disertai dengan profil atau biografi singkat penulis. Sertakan juga alamat tempat tinggal, no. telp. atau hp. yang bisa dihubungi dan juga nomor rekening kalau ada.
7. Keputusan juri, tidak dapat diganggu gugat.
8. Karya terbaik, Insya Allah diterbitkan dalam bentuk buku.
9. Naskah dikirimkan melalui email ke: saatnya_menulis@yahoo.compaling lambat 13 April 2007.

1. Sayembara Cipta Puisi 2007

 1. Tema puisi yang akan dikirimkan bebas.
 2. Setiap peserta boleh mengirimkan maksimal lima buah karyanya kepada panitia.
 3. Naskah diketik rapi dalam bahasa Indonesia dengan font Times New Roman, ukuran 12 spasi 1.
 4. Juara pertama  : Rp. 500.000.-
     Juara kedua     : Rp. 300.000.-
     Juara ketiga      : Rp. 100.000.-


2. Sayembara Cipta Cerpen 2007

   1. Tema cerpen yang akan dikirimkan bebas.
   2. Setiap peserta boleh mengirimkan maksimal dua buah karyanya kepada panitia.
   3. Naskah diketik rapi dalam bahasa Indonesia dengan font Times New Roman ukuran 12 spasi 1,5. Maksimal sepuluh halaman.
   4. Juara pertama  : Rp. 500.000.-
       Juara kedua     : Rp. 300.000.-
       Juara ketiga      : Rp. 100.000.-

Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi saudara Sayyid Madany Syani di:
Nomor telepon : (0751) 777697
Email              : sayyid_060687@yahoo.com
« Edit Terakhir: Juni 17, 2007, 03:36:34 pm oleh faritz »

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Lomba-lomba kepenulisan
« Jawab #25 pada: April 03, 2007, 03:52:15 pm »
Lomba Penulisan HUMOR KEHIDUPAN

Dengan ini diberitahukan bahwa Milis sekolah-kehidupan@ yahoogroups. com akan merencanakan lomba penulisan Cerita HUMOR KEHIDUPAN dengan ketentuan sbb:

KETENTUAN PENGIRIMAN CERITA HUMOR:

1. Penulis adalah anggota aktif milis sekolah-kehidupan@ yahoogroups. com.

2. Cerita Humor dibuat di kertas A4 sebanyak minimum 2 (lima) lembar atau 600-700 kata, ditulis dengan huruf Times New Roman ukuran 12 dengan 1,5 spasi. Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan memenuhi EYD.

3. Judul artikel atau cerita, dan nama penulis dicantumkan di bagian atas ditengah-tengah tulisan.

4. Artikel atau cerita adalah asli bukan jiplakan dan belum pernah diterbitkan di media manapun. Dan tidak sedang diikutkan dalam suatu perlombaan penulisan.

5. Artikel berisi cerita humor yang dialami sendiri, teman atau keluarga terdekat.

6. Cerita merupakan humor mengenai kehidupan sehari-hari di keluarga, masyarakat, dan kehidupan kantor. Bukan humor berisi SARA, politik, dan bersifat porno, serta cerita yang diduga bisa menciptakan konflik di pemerintahan dan kehidupan masyarakat banyak. Yang harus diingat, isi cerita adalah tanggung jawab si penulis sendiri. Sekolah kehidupan tidak memiliki tanggung jawab atas gugatan terhadap isi cerita oleh siapapun, dan dengan dalih apapun juga.

7. Cerita dikirim ke milis dengan subject:" (Humor Kehidupan): ---sebutkan judulnya", dan satu dikirim tembusan ke alamat email sekolahkehidupan@ yahoo.com.

8. Cerita Humor akan dikumpulkan sebanyak-banyaknya di inbox email sekolahkehidupan@ yahoo.com. Untuk yang ditembuskan ke email sebaiknya sudah ditambahkan lampiran biodata singkat penulis dan nomor rekening ybs. cerita yang terkumpul ditunggu paling lambat tanggal 31 Mei 2007. Dari kumpulan cerita ini akan ditentukan 30 judul yang layak untuk dipilih.

9. Cerita Humor yang terpilih untuk akan diumumkan di milis. Waktu pengumuman akan ditentukan kemudian.

10. Dengan mengikuti program ini, penulis secara tidak langsung sudah menyetujui ceritanya untuk dipublikasikan dalam bentuk buku.

11. Apresiasi akan diberikan bagi cerita yang terpilih sebesar Rp. 200.000,-. Penulis sudah tidak mendapatkan royalti lagi bilamana cerita diterbitkan dalam bentuk buku.

12. Cerita yang terpilih, hak penerbitannya akan menjadi milik milis sekolah-kehidupan dan sekolahkehidupan. com, dan tidak boleh diterbitkan di media manapun. SekolahKehidupan. com berhak untuk menerbitkan cerita tersebut di media manapun juga. Sedang bagi cerita yang tidak terpilih, maka penulis dapat menerbitkan kembali di media lain.

13. Untuk Cerita Humor yang diposting ke milis dan tidak ditembuskan ke email sekolahkehidupan@ yahoo.com, maka tidak akan dinilai. Begitu juga sebaliknya, cerita yang hanya dikirim langsung ke email sekolahkehidupan@ yahoo.com tanpa dikirim ke milis, maka tetap tidak akan kami nilai. Cerita yang terpilih selanjutnya akan kami tampilkan di website http://www.sekolahk ehidupan. com.

14. Hasil penilaian dan besaran apresiasi tidak dapat diganggu gugat.

Hanya cerita-cerita yang memenuhi ketentuan di atas yang akan dilakukan penilaian.
Demikian yang dapat disampaikan. Pengumuman ini berlaku sejak tanggal 01 April 2007.

Terima kasih.

Salam Hormat,
Pandika Sampurna
http://groups. yahoo.com/ group/sekolah- kehidupan/
« Edit Terakhir: Juni 17, 2007, 03:36:54 pm oleh faritz »

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Lomba-lomba kepenulisan
« Jawab #26 pada: Mei 16, 2007, 07:48:04 pm »
LOMBA MENULIS ESEI POPULER TENTANG TURKI

Tema Lomba (pilih salah satu):
1. “Apa Yang Saya Ketahui Tentang Turki”
2. “Hubungan Turki-Indonesia”

Ketentuan Lomba:
1. Dibuka untuk peserta usia dibawah 19 tahun, baik pria maupun wanita di seluruh dunia
2. Ditulis dalam bahasa Indonesia dengan gaya penulisan populer
3. Diketik dengan format Times New Roman font 12, spasi 1.5, di atas kertas berukuran A4 dengan panjang maksimal 5 (lima) halaman
4. Membayar biaya pendaftaran Rp 25.000,00 (sudah termasuk ‘free’ masuk acara Festival Kebudayaan Turki tgl 4-5 Agustus 2007 di Sekolah Kharisma Bangsa, Pondok Cabe, Jakarta, dengan menunjukkan slip bukti transfer yang asli pada saat hari H), ke rekening panitia:
        Atas Nama : Nurahmawati
        Bank : Mandiri KCP Puncak Mas, Jakarta
        No. Rekening : 102-00-0417933- 6
5. Tulisan dikirim dalam bentuk soft copy ke e-mail panitia Festival Kebudayaan Turki:
Discover.Turkey@hotmail.com (tanpa spasi)
selambat-lambatnya diterima tanggal 17 July 2007

# Kiriman naskah disertai keterangan identitas diri (KTP/Kartu Pelajar), nomor telpon, e-mail, dan tanda bukti/slip pembayaran (apabila naskah dikirim melalui e-mail maka identitas & bukti pembayaran di-scan).
# Apabila tidak ada keterangan identitas diri + bukti pembayaran, maka naskah dianggap tidak sah.
# transfer pembayaran selambat-lambatnya tgl 7 July 2007

6. Keputusan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
7. Pengumuman pemenang dilakukan pada hari ke-2 Festival, yaitu Ahad, 5 Agustus 2007, di Sekolah Kharisma Bangsa, Pondok Cabe, Jakarta

# Pemenang dan finalis yang tidak dapat datang ke acara festival akan dihubungi melalui surat dan hadiahnya dikirim ke alamat masing-masing.

Hadiah:
* Juara 1,2,3: piala/trofi, sertifikat + paket sponsor.
* 10 finalis mendapatkan sertifikat & goodie bag sponsor.
« Edit Terakhir: April 21, 2009, 10:59:45 am oleh faritz »

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Lomba-lomba kepenulisan
« Jawab #27 pada: Mei 16, 2007, 07:49:56 pm »
Asosiasi guru/dosen/tenaga kependidikan penulis/pengarang (Agupena) Jabar mengadakan lomba menulis artikel terbuka untuk para guru se-Jabar. Acara yang digelar berkaitan dengan peringatan Hardiknas, Harbuknas, dan Harkitnas tersebut, menurut Ketua Agupena Jabar Drs. Erwan Juhara, S.M.M., mengambil tema bebas dengan gaya penyajian lmiah populer, diketik 1,5 spasi sepanjang 2-5 halaman kuarto.

Pendaftaran peserta gratis, menyertakan foto 3x4 sebanyak 2 buah, biodata singkat, dan alamat komunikasi lengkap. Naskah dikirim dalam bentuk disket dan print out sebanyak 3 rangkap, paling lambat 10 Juni 2007, ke Sekretariat Agupena Jabar, Gedung Balai Bahasa Bandung, Jalan Sumbawa Nomor 11 Bandung (d.a. Ibu Syariah/Ibu Nia). Juara akan mendapatkan hadiah berupa uang, buku, sertifikat, dan pemuatan naskah tersebut di koran.*
« Edit Terakhir: Juni 17, 2007, 03:37:20 pm oleh faritz »

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Lomba-lomba kepenulisan
« Jawab #28 pada: Mei 16, 2007, 07:52:23 pm »
Lomba Penulisan Hikmah Kehidupan

Dalam rangka memperingati HUT Pertama ESKA, dengan ini diberitahukan bahwa Milis sekolah-kehidupan@yahoogroups. com akan merencanakan lomba penulisan HIKMAH KEHIDUPAN dengan ketentuan sbb:

KETENTUAN PENGIRIMAN ARTIKEL:

1. Penulis adalah anggota milis sekolah-kehidupan@yahoogroups.com.

2. Artikel dibuat di kertas A4 sebanyak minimum 3 (tiga) lembar atau 2000-2500 kata, ditulis dengan huruf Times New Roman ukuran 12 dengan 1,5 spasi. Menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, dan memenuhi EYD.

3. Judul artikel atau cerita, dan nama penulis dicantumkan di bagian atas ditengah-tengah tulisan.

4. Artikel atau cerita adalah asli bukan jiplakan dan belum pernah diterbitkan di media manapun. Dan tidak sedang diikutkan dalam suatu perlombaan penulisan.

5. Artikel berisi cerita PENYEJUK IMAN yang dialami sendiri atau keluarga terdekat dalam suatu periode kehidupan tertentu. Dapat dikatakan sebagai episode kehidupan atau riwayat kehidupan. Berisi cerita yang sangat mengharukan, atau sangat menyedihkan, atau sangat menyakitkan, dimana dari kejadian tersebut si pencerita mendapatkan hikmah sebagai pembelajaran.

6. Artikel merupakan cerita non fiksi atau artikel mengenai cerita kehidupan sehari-hari di keluarga, masyarakat, dan kehidupan kantor. Bukan cerita berisi SARA, politik, dan bersifat porno, serta cerita yang diduga bisa menciptakan konflik di pemerintahan dan kehidupan masyarakat banyak. Yang harus diingat, isi tulisan adalah tanggung jawab si penulis sendiri. Sekolah kehidupan tidak memiliki tanggung jawab atas gugatan terhadap isi tulisan oleh siapapun, dan dengan dalih apapun juga.

7. Artikel dikirim ke milis dengan subject:" (Edisi HUT ESKA): ---sebutkan judulnya", dan satu dikirim tembusan ke alamat email sekolahkehidupan@yahoo.com.

8. Artikel akan dikumpulkan sebanyak-banyaknya di inbox email sekolahkehidupan@yahoo.com. Untuk yang ditembuskan tersebut sebaiknya sudah ditambahkan lampiran biodata singkat penulis dan nomor rekening ybs. Tulisan yang terkumpul ditunggu paling lambat tanggal 7 Juli 2007. Dari kumpulan tulisan ini akan ditentukan 25 judul yang layak untuk dipilih.

9. Tulisan-tulisan yang terpilih akan diumumkan di acara KopDar III atau HUT milis tanggal 15 Juli 2007.

10. Dengan mengikuti program ini, penulis secara tidak langsung sudah menyetujui tulisannya untuk dipublikasikan dalam bentuk buku.

11. Apresiasi akan diberikan bagi artikel yang terpilih sebesar Rp. 250.000,-. Penulis sudah tidak mendapatkan royalti lagi bilamana tulisan diterbitkan dalam bentuk buku.

12. Tulisan yang terpilih, hak penerbitannya akan menjadi milik milis sekolah-kehidupan dan sekolahkehidupan.com, dan tidak boleh diterbitkan di media manapun. SekolahKehidupan.com berhak untuk menerbitkan tulisan tersebut di media manapun juga. Sedang bagi tulisan yang tidak terpilih, maka penulis dapat menerbitkan kembali di media lain.

13. Untuk tulisan yang diposting ke milis dan tidak ditembuskan ke email sekolahkehidupan@yahoo.com, maka tidak akan dinilai. Begitu juga sebaliknya, artikel yang hanya dikirim langsung ke email sekolahkehidupan@yahoo.com tanpa dikirim ke milis, maka tetap tidak akan kami nilai. Tulisan yang terpilih selanjutnya akan kami tampilkan di website http://www.sekolahkehidupan.com.

14. Hasil penilaian dan besaran apresiasi tidak dapat diganggu gugat.

Hanya tulisan-tulisan yang memenuhi ketentuan di atas yang akan dilakukan penilaian.
Demikian yang dapat disampaikan. Pengumuman ini berlaku sejak tanggal 11 Mei 2007.

Terima kasih.

Salam Hormat,
Pandika Sampurna
http://groups.yahoo.com/group/sekolah-kehidupan/
http://www.sekolahkehidupan.com
« Edit Terakhir: April 21, 2009, 11:00:07 am oleh faritz »

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Lomba-lomba kepenulisan
« Jawab #29 pada: Juni 22, 2007, 04:19:05 pm »
Horeeeeeeee. .. libur sekolah telah tiba!!!

Saatnya mengajak si kecil untuk berlibur, liburan ke rumah nenek di desa, liburan ke tempat-tempat wisata menarik baik di Indonesia maupun di luar negeri pasti menyenangkan. Dalam rangka menyambut liburan sekolah tersebut, Garuda Inflight magazine menyelenggarakan lomba penulisan esai bertema :

"LIBURAN BERSAMA GARUDA"

Kriteria:
* Kategori I : Usia 5 - 9 tahun
* Kategori II : Usia 10-12 tahun
* Panjang esai antara 100-150 kata, ditulis di form yang tersedia di sisipan majalah Garuda atau dapat men-download formulirnya di website www.garudamagazine.com/essay.php
* Esai dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa inggris.
* Esai harus disertai foto peserta lomba ditempat wisata, minimal berukuran 4R, data diri serta foto copy boarding pass atau tiket Garuda Indonesia.
* Setiap peserta hanya boleh mengirim satu tulisan.
* Esai dan persyaratan lomba dikirim melalui amplop tertutup bertuliskan "Junior Holiday Competition" , paling lambat tanggal 15 Agustus 2007 (cap pos), dialamatkan kepada:

TRIAS / BAGUS
Indomulti Media
Globe Building, 2nd floor
Jl. Buncit Raya kav. 31 - 33
Jakarta 12740

* Pemenang lomba akan dihubungi pihak Garuda Indonesia dan diumumkan di Garuda In-flight magazine edisi September 2007
* Lomba ini tidak dipungut biaya

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi:
021-7918-7008 atau kirim email ke lombamenulis@ indomultimedia.co.id atau www.garudamagazine.com

Hayoooo buruan ikutan..... !!!!!!!!!!.. .....
Liburan si kecil pasti jadi lebih menyenangkan. ......
« Edit Terakhir: April 21, 2009, 11:01:42 am oleh faritz »