Penulis Topik: Sholat dan pembahasannya  (Dibaca 48725 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

fahmie ahmad

  • Pengunjung
Re: Sholat dan pembahasannya
« Jawab #60 pada: Oktober 06, 2008, 05:16:09 am »
tanya Lageeeee :D

sya biasanya subuh ga pake qunut (ikut imam masjid), tyuz pas d masjid Lain imamnya pake qunut, ya jadinya sya ikut qunut, karena sya ingat masalah furu' tidak sebaiknya kita ta'ashub. benarkah apa yg sya Lakukan? ato sharusnya sya diam ketika imam membaca doa qunut?
 :-/

betul, memang sebaiknya ikut qunut mas naruse.

tambah 1 pertanyaan Lagi, boLeh khan?! :D

kasus :
jam 11.30 perjaLanan dimuLai, beLum masuk waktu dzuhur...ktika d jam 12 (udh msuk waktu dzuhur) kita masih ada daLam perjaLanan, kita udh memperkirakan bahwa akan sampai di tujuan sekitar jam 4 sore...nah, apa yg semestinya kita Lakukan thd shoLat dzuhur?

a. shoLat d daLam kendaraan ketika msuk waktu dzuhur?
b. menjama' ktika shoLat ashar?
c. ada soLusi Lain?

nb : pengaLaman pribadi nech, barusan pas baLik dari puLkam...sya jama' qashar ketika shoLat ashar d kost, emg udh niat waktu mau brangkat td sih...tu gmna? :-/

yang sebaiknya mas naruse lakukan adalah jama' ta'khir. yaitu mengumpulkan shalat dzuhur dan ashar di waktu ashar. atau bisa juga diringkas, dg melaksanakan shalat dzuhur 2 rakaat dan shalat ashar dua rakaat di waktu ashar. ini namanya jama' qashar, yaitu mengupulkan shalat dan mringkasnya menjadi 2 rakaat.

tetapi yang perlu menjadi catatan, niat jama' tersebut harus dilaksanakan di waktu dzuhur. begitu mas naruse...

Rizki Amalia

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.002
  • Reputasi: 29
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re: Sholat dan pembahasannya
« Jawab #61 pada: Oktober 15, 2008, 02:05:39 pm »
kejadian di kost kemaren magrib..

kami lagi jamaah magrib di kost, trus ternyata ada yg baru dateng, langsung deh masbuq,,

tapi waktu salam,, kayanya dia lupa deh klo masbuq,, jadinya ikut salam juga,, padahal ketinggalan satu rakaat :D

klo gini gimana?? shalatnya diulangi ketiga rakaatnya apa ditambahin rakaat yang ketinggalan aja, trus sujud sahwi??

ecxo_doc

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 273
  • Reputasi: 5
  • Jenis kelamin: Pria
  • wie geht's ^_^
    • Lihat Profil
Re: Sholat dan pembahasannya
« Jawab #62 pada: Oktober 15, 2008, 09:23:44 pm »
kejadian di kost kemaren magrib..

kami lagi jamaah magrib di kost, trus ternyata ada yg baru dateng, langsung deh masbuq,,

tapi waktu salam,, kayanya dia lupa deh klo masbuq,, jadinya ikut salam juga,, padahal ketinggalan satu rakaat :D

klo gini gimana?? shalatnya diulangi ketiga rakaatnya apa ditambahin rakaat yang ketinggalan aja, trus sujud sahwi??

Assalamu'alaykum
mohon koreksi sebelumnya kalo ada salah..

setau ane sih..
si masbuq ini cukup melaksanakan rakaat yang lupa dia mengerjakannya..
baru kemudian sujud syahwi saat tasyahud akhir sebelum salam..
begitu kira2 masukan dari ane..

tapi sekalian nanya deh
 ;D
ane pernah denger katanya sujud syahwi ga ada tuntunannya ya?
bener ga sih?
mohon pencerahan?

syukron..
 :)

dajal007

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.017
  • Reputasi: 32
  • Jenis kelamin: Pria
  • di atas bumiNya lah kita semua berpijak
    • Lihat Profil
    • amgidarap kilab kitit
Re: Sholat dan pembahasannya
« Jawab #63 pada: Oktober 19, 2008, 01:26:12 pm »
Kutip
bagaimana dgn taraweh yg d lakukan 20 rakaat, mengikuti siapa ya???
mengikuti nabi. dalilnya adalah hadis yang diriwayatkan oleh ibnu 'abbas dg sanad dha'if :
كان رسول الله صلى الله عليه وسلم  يصلي في رمضان عشرين ركعة والوتر

maaf nih, bukannya kalo dha'if itu ga bisa dijadikan dalil?
bener ga sih?

fahmie ahmad

  • Pengunjung
Re: Sholat dan pembahasannya
« Jawab #64 pada: Oktober 19, 2008, 10:12:06 pm »
maaf nih, bukannya kalo dha'if itu ga bisa dijadikan dalil?
bener ga sih?

setahu saya, manhaj suatu muhaddis itu berbeda. kalau bukhari bilang dha'if, belum tentu menurut yang lain. kalau ibnu shalah bilang shahih, belum tentu juga menurut yang lain. imam nawawi, suyuthi, membolehkan beramal dg hadis dha'if untuk fadha'il a'mal asalkan tidak terlalu parah.

dajal007

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.017
  • Reputasi: 32
  • Jenis kelamin: Pria
  • di atas bumiNya lah kita semua berpijak
    • Lihat Profil
    • amgidarap kilab kitit
Re: Sholat dan pembahasannya
« Jawab #65 pada: Oktober 21, 2008, 07:28:34 am »

BINGUNG !!!

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.384
  • Reputasi: 47
  • Jenis kelamin: Pria
  • 7 Agustus 2009, 06:50 pm
    • Lihat Profil
Re: Sholat dan pembahasannya
« Jawab #66 pada: Oktober 31, 2008, 06:28:29 pm »
masaLah shoLat jum'at :

kaLau ga ikut khutbah gmna? cm shoLat jum'at nya doank, boLeh ga? (khan katanya khutbah menempati 2 rakaat shoLat) :-?
td siang pas kuLiah teLat ikut khutbah, pas k masjid udh iqamah...tu gmna? :-/

rose_girl

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 1
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re:Sholat dan pembahasannya
« Jawab #67 pada: Maret 12, 2009, 04:44:57 pm »
Assalamu’alaikum,,

Ikutan ya.. cm ni pertanyaan,, :)

Sejak jaman sekolah dulu saya mengetahui bahwa dalam sholat berjama’ah harus ada yang membedakan antara imama dan makmum terutama dalam posisi sholat. Imam berada lebih kedepan dari makmum minimal setapak kaki.

Tapi baru2 ini saya melihat sholat berjama’ah dengan shaff lurus, tiada pembeda antara imam dan makmum. Pernah saya lihat awalnya sederet lurus antara imam dan makmum tp setelah sholat selesai malah makmumnya yang lebih kedepan dari imam. Dan yang saya temui sampai sekarang, model jama’ah itu hanya dilakukan oleh wanita.

Yang jadi pertanyaan, emang boleh ya sholat dengan shaff seperti itu? Dan mohon dicantumkan dalilnya..

Terima kasih :)

Wassalamu’alaikum,

Ibn Amar

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 1
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re:Sholat dan pembahasannya
« Jawab #68 pada: Juni 27, 2009, 11:04:30 am »

hukumnya baca surah Al fatehah setelah imam ketika suara di keraskan (sholat shubuh,magrib,isa)  tuh hukumnya apa?

Ikutan nich...mohon maaf sebelumnya, apabila ada kesalahan mohon koreksiannya !!
Rosululloh SAW bersabda : "aku tidak ingin bacaanku ini(ketika dalam sholat) dilawan dg bacaan al-Qur'an"
hal ini diperkuat dengan firman Alloh Ta'ala : "Apabila dibacakan al-Qur'an, maka diam dan dengarlah ", ayat ini ditafsirkan oleh sahabat Ibnu Abbas sbb:
"diam dan mendengarkannya itu adalah didalam sholat maktubah (wajib)"
===============================================================================================
dari keterangan2 diatas yg saya fahami, kewajiban seorg makmum adalah mendengarkan bacaan imam ketika bacaannya diJAHRkan, tidak usah membaca al-Fatihah ataupun surat yg lainnya...
wallohu 'alam

masud hasim

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 66
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re:Sholat dan pembahasannya
« Jawab #69 pada: Juli 13, 2009, 09:34:02 pm »
asslamu'alaikum
benar yang dikatan ibnu amar tpi buat teman-teman yang masi bingung coba meruju pada buku"sifat shalat nabih saw" karya muhammad nasruddin alabani.
ada perkataan salah satu imam janganlah kalian mengikuti takliq kami sebelum mengetahui dari mana kami mendapatkanya.
jadi kita harus mencari apakah sholat kita sudah sesuai dengan hadist nabih?
rasulullah bersabda:sholatlah kalian seperti kalian melihat ku sholat
kalau sholat kita saja belum sesuai hadist rasulullah saw apakah sholat kita diterima oleh allah swt.janganlah beribadah seperti kaum nasrani mereka baribadah tanpa menggunakan ilmu maka sesatlah merekah yang mengatakan bahwah allah swt itu isa almasi.marilah teman-teman kita beribadah dengan niat murni karena allah swt dan sesuai dengan alqur'an dan hadist dan janganlah menggunakan hadist yang dha'if untuk melakukan ibadah.
dan janganlah merubah hadist rasullulah untuk kepentingan pribadi dan golongan atau mahzab tertentu kalau itu yang kita lakukan tak ubahnya kita seperti kaum bani israil yang mengubah firman-firman allah swt  :)

naruse07

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 623
  • Reputasi: 9
  • Jenis kelamin: Pria
  • Life is simple, but sometimes we make it confused.
    • Lihat Profil
Re:Sholat dan pembahasannya
« Jawab #70 pada: Oktober 12, 2011, 02:30:50 pm »
ada riwayat ketika imam maliki menjadi imam sholat subuh dimakmumi imam syafi'i

imam maliki setelah i'tidal tidak melakukan qunut, tapi berdiam sejenak karena tau murid nya (imam syafi'i) suka qunut
baru kemudian beliau (imam maliki) sujud

berarti kan kesimpulan nya, bagi yg terbiasa qunut subuh maka setelah i'tidal tetap melakukan qunut
tp dulu pernah denger, bagi yg terbiasa qunut, jika imam nya tidak qunut, ya makmum nya ikut imam aja ga pake qunut
(memang sih sama2 ga masalah, yg penting solat subuh)

nah, tapi kan penasaran juga. . .yg lebih tepat itu seperti apa?
bagi yg terbiasa qunut, jika imam tidak qunut apa yg harus dilakukan? tetap qunut atau ikut imam?
sebaliknya, bagi yg tidak, jika imam qunut, apa yg harus dilakukan? ikut imam qunut atau diam saja setelah i'tidal?

bukan_malaikat

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 885
  • Reputasi: 27
  • Jenis kelamin: Pria
  • Menimba ilmu dan menjalin silaturrahim :)
    • Lihat Profil
Re:Sholat dan pembahasannya
« Jawab #71 pada: Oktober 21, 2011, 01:44:33 pm »
ada riwayat ketika imam maliki menjadi imam sholat subuh dimakmumi imam syafi'i

imam maliki setelah i'tidal tidak melakukan qunut, tapi berdiam sejenak karena tau murid nya (imam syafi'i) suka qunut
baru kemudian beliau (imam maliki) sujud

berarti kan kesimpulan nya, bagi yg terbiasa qunut subuh maka setelah i'tidal tetap melakukan qunut
tp dulu pernah denger, bagi yg terbiasa qunut, jika imam nya tidak qunut, ya makmum nya ikut imam aja ga pake qunut
(memang sih sama2 ga masalah, yg penting solat subuh)

nah, tapi kan penasaran juga. . .yg lebih tepat itu seperti apa?
bagi yg terbiasa qunut, jika imam tidak qunut apa yg harus dilakukan? tetap qunut atau ikut imam?
sebaliknya, bagi yg tidak, jika imam qunut, apa yg harus dilakukan? ikut imam qunut atau diam saja setelah i'tidal?

Menurut Ibnu Taimiyah, seorang makmum harus mengikuti perbuatan imam walau bertentangan dengan pendapat makmum, dengan syarat, perbuatan imam tersebut merupakan hal yang tidak bertentangan dengan rukun shalat dan masih merupakan khilafiyah.

naruse07

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 623
  • Reputasi: 9
  • Jenis kelamin: Pria
  • Life is simple, but sometimes we make it confused.
    • Lihat Profil
Re:Sholat dan pembahasannya
« Jawab #72 pada: Oktober 21, 2011, 02:54:36 pm »
Menurut Ibnu Taimiyah, seorang makmum harus mengikuti perbuatan imam walau bertentangan dengan pendapat makmum, dengan syarat, perbuatan imam tersebut merupakan hal yang tidak bertentangan dengan rukun shalat dan masih merupakan khilafiyah.
tapi ketika imam maliki menjadi pemimpin sholat dari syafi'i
beliau (imam maliki) berdiam sejenak setelah itidal, karena beliau tau bahwa syafii biasa nya melakukan qunut
imam maliki berdiam sejenak untuk memberi kesempatan pd syafii agar bisa berqunut
itu gmna?

*iya sih mau qunut atau ga sama2 ga salah, cm penasaran aja mana yg 'lebih tepat'* :D