Penulis Topik: Tips-tips perawatan Motor  (Dibaca 34874 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Tips-tips perawatan Motor
« Jawab #15 pada: Agustus 08, 2008, 12:11:52 am »
Perawatan Sepeda Motor

Sepeda motor adalah sebuah mesin yang terbuat dari ribuan komponen. Secara umum, pengguna sepeda motor tentu berharap bisa mengendarainya untuk jangka panjang. Untuk itu pemilik sepeda motor harus memperhatikan perawatan mesin karena kondisi mesin sepeda motor juga tergantung dari pemeliharaan dan kebiasaan pemiliknya dalam mengendarai. Berikut ini tips dan trik tentang merawat mesin sepeda motor :

    * Pada umumnya setiap kerusakan pasti akan terdapat tanda-tanda terlebih dahulu kecuali jika terjadi hal-hal yang menyimpang misalnya kecelakaan. Untuk mengantisipasinya maka perhatikan apabila ada gejala yang tidak normal / tidak seperti biasanya pada sepeda motor Anda. Sikap demikian akan membantu dan memudahkan Anda untuk mendeteksi kerusakan lebih dini.

    * Apabila terjadi kerusakan mesin maka perbaikan tidak boleh ditunda lebih lama dengan kata lain harus segera diperbaiki. Namun ingat, jika Anda tidak punya cukup keahlian jangan sekali-sekali membongkar dan memperbaikinya seorang diri. Karena disamping buang waktu dan tenaga maka kerusakan bisa jadi akan tambah parah. Lebih baik segera Anda bawa ke bengkel.

    * Apabila sepeda motor Anda mengalami gejala kerusakan yang berturut-turut dan lebih dari satu sebab maka cara yang paling tepat adalah periksalah bagian-bagian yang mudah dicapai terlebih dahulu satu per satu baru kemudian ke bagian-bagian lain. Anda bisa membawanya ke bengkel dengan keterangan yang lengkap jadi akan memudahkan mekanik nya untuk memperbaikinya.

Apabila terjadi kerusakan kecil di jalan seperti kerusakan pada mur, baut, kabel-kabel, kebocoran bensin / oli yang tidak memerlukan pembongkaran mesin yang ruwet maka Anda bisa melakukan perbaikan sendiri. Akan tetapi jika kerusakan yang terjadi mengakibatkan patahnya komponen utama dan memerlukan pembongkaran mesin Anda harus membawanya ke bengkel service.

Sumber : http://id.88db.com/id/Knowledge/

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Tips-tips perawatan Motor
« Jawab #16 pada: Agustus 08, 2008, 12:13:15 am »
6 Metode Untuk Menghindari Pencurian Sepeda Motor

Lebih baik mencegah terjadinya kehilangan daripada harus mencari motor yang sudah hilang. Bahkan dengan bantuan dukun pun, motor yang sudah hilang, sulit sekali ditemukan. Berikut metode yang saya rangkum dari pengalaman pribadi saya dan disusun berdasarkan urutan kemudahan pengaplikasiannya :

   1. Gunakan kunci ganda. Ini bukan hanya sekedar tulisan basa-basi di tempat parkir. Tapi karena memang kunci standar tidak akan mampu menyelamatkan motor Anda. Kalau tidak percaya, Anda bisa praktekan sendiri mematahkan kunci leher stang sepeda motor Anda. Sangat mudah, terutama motor Honda. Dan setelah patah, dalam waktu kurang dari 1 menit kunci T universal akan mampu menghidupkan mesin motor Anda.Kunci T adalah peralatan standar yang dimiliki pencuri. Sekali lagi, jangan pernah menyepelekan keamanan motor Anda. Selalu gunakan kunci ganda. Saya TIDAK menyarankan Anda untuk menggunakan kunci ganda yang diselipkan di sela jeruji roda. Saya sudah pernah menggunakannya dan merasa aman. Ternyata para pencuri itu sudah bisa membuat copynya. Kunci yang diselipkan di antara standar berdiri (apa sih namanya?), yang berada di bawah, lebih tidak disarankan, karena nyaris tidak ada pengaruhnya. Saya menyarankan Anda menggunakan kunci ganda yang lain. Bagi yang motornya berem cakram, bisa menggunakan kunci jepit cakram. Lebih aman dan tidak merusak shock depan. Tapi resikonya maling (dan kadang2 Anda sendiri) tidak menyadari adanya kunci ini. Mungkin dia sudah sempat menjebol kunci starter Anda. Dan baru sadar ketika kunci jepit terantuk shock. Jika malingnya terjatuh dan tertangkap mungkin Anda bisa menyampaikan salam dari saya berupa 10-20 kali pukulan. Jangan lupa untuk melepas jimatnya terlebih dahulu:)

   2. Ganti kunci starter standar Anda dengan kunci yang lebih sulit dijebol/ditiru.

   3. Gunakan kunci rahasia yang benar-benar rahasia. Kunci ini biasanya terhubung dengan kelistrikan motor. Si pencuri tidak akan bisa menghidupkan mesin meskipun sudah berhasil membobol kunci strarter (kecuali dia sudah mengetahui rahasianya, yang kemungkinan besar dari Anda sendiri). Kunci ini sudah banyak yang dijual instant di pasaran dengan menggunakan semacam password. Anda bisa juga membuat sendiri jika Anda mengerti. Tapi jangan sampai Anda sendiri pun tidak bisa menyalakan motor Anda.

   4. Gunakan alarm. Sebaiknya alarm yang benar-benar berkualitas dan bukan yang asal berisik. Sebab jika suatu saat konslet, maka Anda terpaksa mematikannya, dan itulah saat yang ditunggu-tunggu oleh pencuri. Kadang-kadang mereka sengaja menyenggol motor Anda berkali-kali sehingga Anda berpikiran bahwa alarm motor Anda konslet dan menonaktifkannya. Saat ini pencuri sudah semakin bermodal. Mereka sudah bisa menyewa mobil box. Maka semua metode 1-3 di atas menjadi sia-sia karena mereka bisa membawa motor dalam kondisi terkunci dengan menggunakan mobil box.Metode ke-4 pun juga akan sia2 apabila si pencuri menggunakan kekerasan dan magic. Sebagai solusinya, ada metode ke-5 dan ke-6:

   5. Asuransikan motor Anda. Ini sebenarnya bukan tergolong langkah pencegahan. Ini adalah langkah recovery terhadap sakit hati Anda akibat motor kesayangan Anda dicuri orang.Pilihlah asuransi yang direkomendasikan di Pintu Net :) Saat ini semua motor yang dibeli dari dealer atau dicicil biasanya sudah dilindungi dengan asuransi. Tapi jangan sampai lupa menunda-nunda untuk memperpanjang asuransi apabila kontraknya sudah habis. Anda tidak akan pernah tau kapan hari sial Anda kecuali Anda gemar membaca artikel ramal-meramal.

   6. Banyak berdoa. Manusia berusaha, Tuhan yang menentukan.

Selamat mencoba. Ada usul lain? silahkan di-share…

Sumber : http://id.88db.com/id/Knowledge/

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Tips-tips perawatan Motor
« Jawab #17 pada: Agustus 08, 2008, 12:13:37 am »
Cara Mudah Mendeteksi Oli Samping

Kesulitan ekonomi dnegan naiknya beberapa bahan pokok seringkali mendorong orang untuk lebih kreatif dalam menyiasati perekonomian keluarga. Salah satunya adalah dengan melakukan penghematan disegala bidang untuk mempertahankan kualitas hidup.

Sayangnya, penghematan itu sedikit banyak membuat banyak orang cenderung membeli barang tanpa memperhatikan kualitas barang yang dibeli. Yang lebih diutamakan adalah kuantitas.

Hal ini bukan saja berlaku pada kebutuhan bahan makanan dan kebutuhan bahan pokok lainnya, namun juga berlaku pada perawatan kendaraan, termasuk motor.

Pada saat ini, banyak sekali jenis oli samping yang beredar, mulai yang berharga murah, sampai yang mahal. Sebenarnya, oli yang berharga mahal, bukan jaminan mutu akan sebuah kualitas, karena pada kenyataannya ada juga oli berharga murah namun tetap memiliki kualitas yang bermutu.

Untuk membuktikannya perlu dilakukan pengujian. Caranya tidak sulit kok. Dan bisa dilakukan dirumah dengan menggunakan alat-alat yang murah dan sederhana.

Langkah pertama, campurkan 0,5 liter bensin dengan 20 cc oli. Gunakan botol bening agar mudah dilihat. kocok bensin dan oli hingga tercampur sempurna, simpan ditempat yang aman selama sehari semalam, atau kurang lebih 24 jam.

Jika keesokan harinya campuran tersebut berubah warna seperti halnya jus jeruk itu artinya olinya tidak murni. Lazimnya oli yang bermutu akan tetap tercampur sempurna bersama bensin. Yang tadinya berwarna merah akan tetap berwarna merah. Sementara yang tadinya berwarna hijau akan tetap berwarna hijau. Campuran oli dan bensin yang berubah warna  merupakan salah satu indikasi bahwa olinya kurang bagus. oli berkualitas buruk biasanya memiliki daya pelumas yang kurang bagus pula dan bisa mengakibatkan piston pada motor macet.

Oleh karena itu, ada baiknya jika sebelum membeli oli, anda mencobanya terlebih dahulu.

Sumber : Kompas, Jumat 25 April 2008

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Tips-tips perawatan Motor
« Jawab #18 pada: Agustus 08, 2008, 12:14:04 am »
Tips Menjaga Ban Sepeda Motor Tetap Awet

Ban, piranti yang memegang peranan vital pada sepeda motor. So merawat si bundar ini sudah pasti menjadi ritual wajib bagi pengendara sepedamotor, selain sebagai penghematan, merawat ban dengan benar juga turut menjaga keselamatan pengendara maupun penumpangnya.

Tekanan udara ban yang tak tepat sangat mempengaruhi keseimbangan dan stabilitas laju sepeda motor. Jangan pernah memakai ban lain kecuali yang ditetapkan oleh pabrikan sepeda motor karena fungsi ban yang sangat vital bagi sepeda motor Anda perlu mengetahui penyebab kerusakannya seperti:

Ban bocor. Periksalah apakah pentil ban mengalami kebocoran. Untuk memeriksanya lepaskanlah tutup pentil dan taruhlah air sabun di atas lubang pentil.

Ban aus secara abnormal. Periksalah apakah tekanan ban sudah benar. Jika telapak atau tread ban telah aus, ban mudah tertusuk dan rusak. Tekanan ban harus disetel supaya sesuai beban pada sepeda motor. Jangan sampai sepeda motor dibebani berlebihan karena dapat menyebabkan ban cepat rusak.

Sumber : http://id.88db.com/id/Knowledge/

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Tips-tips perawatan Motor
« Jawab #19 pada: Agustus 08, 2008, 12:14:32 am »
tiPs PeraWaTan HeLm

   1. Bersihkan setiap hari kaca helm anda dengan cara pake kanebo (kalo kotor banget kondisinya), tapi lakukan dengan hati-hati dan perlahan lurus kebawah (tidak horizontal). Hal ini untuk menghindari debu atau partikel keras merusak atau mengores visor/kaca helm. Kaca helm yang tergores biasanya akan membuat pecah pancaran cahaya yang diterima khususnya malam hari. Sebaiknya kaca helm yang kotor karena debu atau serpihan serangga yang mati mohon jangan dilap langsung pake kanebo( Karena akan menggores lapisan kaca luar). Semprot/basahi dulu kaca tsb dengan air biasa atau air sabun ( PH nya rendah ) biarkan air tsb bereaksi dengan debu atau kotoran dan biarkan air tsb melarut, setelah 2 menit , seka dengan kain lap lembut ( setengah basah ) untuk menyeka kaca. baru setelah beberapa menit, lap dengan kanebo.
   2. Setelah itu ambilah tisu dan pembersih kaca. semprotkan pembersih kaca dan keringkan dengan tisu. tetap lakukan dengan hati-hati dan perlahan.
   3. Bersihkan dengan kit /pengkilat motor untuk lapisan luarnya. biar tampilan tetep kinclong.
   4. Semprotkan pengharum untuk bagian dalam (tersedia pengharum khusus helm), kalo ga ada pake aja punya nyonya rumah pengharum buat pakaian (semacem trika or kispray).
   5. Cuci bagian dalam helm bagi yang bisa di copot (minimal dua minggu sekali) dengan cara di rendam di air panas + detergent. bilas dan keringkan dengan di angin-angin. jangan di kucek dan di peras karena akan merusak busa didalamnya.

No. 4 & 5 optional biar kalo ada yang pinjem helm kita ga pingsan karena benteknya…..jikakakak

warning :

    * Sangat tidak di sarankan penggunaan kapur barus untuk menghilangkan bau bentek di dalam helm. karena akan merusak kulit dan busa lapisan dalam helm.
    * Penggunaan helm maksimal 3 tahun, dan apabila sudah beberapa kali terjatuh (lebih dari 5 kali) disarankan untuk diganti. gunanakan helm yang memenuhi standar kualitas seperti DOT (Departemen Of Transportasi USA), SNELL (Erofa), SNI (Indonesia).
    * Gunakan visor/kaca helm bening untuk optimalisasi pandangan di malam hari.
    * Jangan pernah menggunakan Cairan pengilap/Kit pada Visor/kaca..!!
    * Segera lap dan keringkan kaca helm setelah kehujanan , karena derajat asam dari air hujan akan membuat jamur pada kaca.

sayangilah kepala anda seperti menyayangi diri sendiri dan keluargamu. gunakan helm full face or half face. jangan pernah gunakan helm cetok….emang lagi ngurusin proyek. yang ga pake helm monkey…kata babeh.scratch

Sumber : http://id.88db.com/id/Knowledge/

faritz

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: Tips-tips perawatan Motor
« Jawab #20 pada: Agustus 08, 2008, 12:15:47 am »
Yang Harus Dilakukan Sebelum Sepeda Motor Melaju

Sepeda motor saat ini bukan hanya sebagai alat untuk sekedar berkeliling komplek, menjangkau pasar, minimarket, atau beberapa tempat laiinya disekitar rumah. Kini motor lebih banyak digunakan sebagai transportasi jarak jauh untuk menjangkau tempat kerja.

Bisa jadi, karena motor dianggap sebagai salah satu moda transportasi yang bisa hemat waktu dan bahan bakar. Terlebih mengingat kemacetan yang kian menggila. mengingat jauhnya jarak yang ditempuh, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum berkendara. hal ini penting untuk menghingdari kemungkinan mogok di jalan atau kecelakaan fatal akibat hal yang sepele, seperti bensin habis atau banm kempes.

Sebelum duduk di jok motor, ada baiknya jika anda melakukan beberapa langkah penting :

Pertama, nyalakan mesin. Sebelum kunci di putar ke posisi on, sebaiknya lakukan kick starter terlebih dahulu sebanyak 3 kali. hal ini akan membantu sistem pelumasan pada komponen mesinnya karena selama proses waktu didiamkan, oli akan cenderung mengendap di bak mesin. baru setelah itu di-starter biasa, baik menggunakan engkol atau dengan menekan tombol elektriknya.

Sambil melakukan pemanasan, periksa keberadaan bensin di tangki lewat indikator yang terdapat pada bagian dasbor motor. Pertiksa juga komponen lainnya. pastikan grip gas tidak tersangkut saat diputar. Demikian juga dengan tuas dan kabel kopling.

Selanjutnya periksa juga kerja rem depan dan belakang yang sangat berguna untuk keselamatan. Jangan lupa untuk memeriksa tekanan ban. umumnya untuk pemakaian harian, tekanan pada ban depan dibuat 19-20 psi dan 22 psi untuk ban belakang.

Setelah itu, periksa pula kekencangan rantai. Atur kekencangannya dengan baut pengatur. Periksa juga fungsi klakson dan lampu-terutama lampu rem- agar tidak terseruduk oleh kendaraan yang lain saat mengerem mendadak.

Terakhir, pastikan Surat tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan surat izin mengemudi jenis C tersimpan di dompet yang anda . Dengan memeriksa kelengkapa seperti ini, berkendaraan pasti akan jauh lebih nyaman.

Sumber : Harian Kompas, Sabtu 19 April 2008

buYanto

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 126
  • Reputasi: 3
  • Laa ilaha illalloh Muhammad rosululloh
    • Lihat Profil
Re: Tips-tips perawatan Motor
« Jawab #21 pada: Maret 28, 2010, 01:28:01 pm »
bagus postingnya  sangat  menfaat  buta kita yang ingin motornya awet

wawanfrandika

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 2
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re: Tips-tips perawatan Motor
« Jawab #22 pada: Juli 15, 2010, 01:57:58 pm »
aku mau tnya nch.gmna sch modif motor supaya keren :-??