Penulis Topik: pacaran lewat chatting  (Dibaca 9762 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

salim_rahman

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 114
  • Reputasi: -1
  • Jenis kelamin: Pria
  • tak ada yang abadi. kecuali Allah
    • Lihat Profil
pacaran lewat chatting
« pada: Desember 09, 2006, 02:33:57 pm »
sekarang... makin marak aja pemanfaatan tekhnologi yang muncul. untuk permasalahan kemaksiatan jg sama, memanfaatkan tekhnologi.
akhirnya? pacaranpun menjadikan tekhnologi sebagai medianya. salah satunya adalah fasilitas chatting baik di IRc ataupun di YM. gimana tanggapannya?

o iya... kalo PVan di Mirc itu termasuk Khalwat gak?

fie_vie

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.417
  • Reputasi: 4
  • Jenis kelamin: Wanita
  • no body's perfect
    • Lihat Profil
Re: pacaran lewat chatting
« Jawab #1 pada: Desember 09, 2006, 02:36:09 pm »
@ atasku

namanya juga pacaran...
mau pacarannya lewat chatting kek!
lewat email kek!
tetep aja pacaran!

liat lagi tuh hukum pacaran dalam islam itu apa :)

salim_rahman

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 114
  • Reputasi: -1
  • Jenis kelamin: Pria
  • tak ada yang abadi. kecuali Allah
    • Lihat Profil
Re: pacaran lewat chatting
« Jawab #2 pada: Desember 09, 2006, 02:39:22 pm »
tapi kan gak ada belai2an, dua2an, atau apapun yang terkait dengan pacaran

fie_vie

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.417
  • Reputasi: 4
  • Jenis kelamin: Wanita
  • no body's perfect
    • Lihat Profil
Re: pacaran lewat chatting
« Jawab #3 pada: Desember 09, 2006, 02:45:35 pm »
mata dapat berzina dan zinanya adalah memandang, tangan dapat berzina dan zinanya ialah memaksa, kaki dapat berzina dan zinanya adalah berjalan (ketempat yang tidak di ridhai Allah), lidah dapat berzina dan zinanya adalah berbicara, hati dapat berzina dan zinanya adalah berangan-angan tentang segala sesuatu yang tidak di ridhai Allah, kesemuanya ini, baik di lampiaskan dengan persetubuhan atau tidak. (HR. Muslim) 

nabi bersabda:
Sesungguhnya Allah telah menentukan kadar nasib setiap manusia untuk berzina yang pasti akan dikerjakan olehnya dan tidak dapat di hindari.Zina matanya adalah memandang, zina lisannya ialah mengucapkan, sedangkan jiwa berharap dan berkeinginan dan kemaluanlah yang akan membenarkan atau mendustakan hal itu

orang nasrani aja dilarang berzina..

Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya. Maka jika matamu yang kanan menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa, dari pada tubuhmu de-ngan utuh dicampakkan ke dalam neraka. Matius 5:28-29

*harap dibenarkan jika terjadi kesalahan  :)

(fie pernah posting ini di topik "bingung bolehkah pacaran" threadnya "bangsholeh")

tofan

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 977
  • Reputasi: 4
  • Jenis kelamin: Pria
  • uhm...
    • Lihat Profil
Re: pacaran lewat chatting
« Jawab #4 pada: Desember 11, 2006, 09:17:23 am »
sedikit menambahi...

Definisi khalwat menurut Syekh Taqiyuddin an-Nabhani dalam kitab an-Nizhomu Ijtima'iy fil Islam, dijelaskan secara syar'i adalah berkumpulnya seorang pria dan seorang wanita di suatu tempat yang tidak memberikan kemungkinan orang lain untuk bergabung dengan keduanya kecuali dengan izin keduanya.

Contohnya adalah berkumpulnya seorang pria dan seorang wanita di rumah atau di tempat sunyi yang jauh dari jalan dan keramaian. Khalwat adalah perbuatan yang merusak (destruktif). Makanya Islam melarang dengan tegas setiap bentuk khalwat. RasululLah saw. bersabda (yang maknanya), "Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan Hari akhir, hendaklah tidak melakukan khalwat dengan seorang wanita yang tidak disertai mahramnya. Karena sesungguhnya yang ketiga adalah setan." (HR. Ahmad)

Untuk kategori khalwat harus ada pertemuan (ijtima') dulu antara seorang pria  dan wanita yang bukan mahramnya. Dan sudah termasuk aktivitas khalwat,baik mereka berdua berinteraksi (ittihad) atau tidak. Dalam pertemuan yang ada hanya mereka berdua, karena yang nomor tiga adalah setan. Kalau tidak ada pertemuan, maka bukan khalwat namanya. Dengan jarak yang jauh tapi masih bisa tertangkap oleh mata atau telinga seperti komunikasi dengan morse atau semaphore, seperti yang dilakukan para pramuka, tidak kategori khalwat. Demikian juga email, chatting, SMS, komunikasi via telepon, faksimili dan teleconference sekalipun, juga tidak termasuk khalwat.
(Sumber : Oleh sholihin, "Loving you, Merit yuuk!!!")

Meski demikian, tetep kudu jaga jarak aman dan mengendalikannya dengan berpedoman pada syariat. Nggak boleh nekat sesuka hawa nafsu kita.

prince_darkness

  • Pengunjung
Re: pacaran lewat chatting
« Jawab #5 pada: Desember 11, 2006, 10:18:02 am »
banyak orang beranggapan bahwa khalwat itu berdua-duaan....
padahal khalwat itu artinya berdua-duaan yang berpotensi untuk terjadi zina

sekarang udah banyak yang rame-rame aja berpotensi ut zina

bagiku kalo cuma ngobrol berdua ma ce..telp..jalan bareng itu bukan khalwat...asal tiap diri masing2 saling menjaga aja.....
malah kalo pulang ke palembang jalan2 ma ce, makan bareng nonton bareng..tapi bayarnya sendiri2 kok....

tapi hati2 loh...kata orang jawa.....weting trisno jalaran soko kulino......
jaga deh hati kita.....


just keep it simple stupid lah...masalah kecil mbok jangan digede2in

ritz

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 556
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
  • No Comment
    • Lihat Profil
    • Reezal`s Blog Sites
Re: pacaran lewat chatting
« Jawab #6 pada: Desember 11, 2006, 06:51:55 pm »
Emangnya klo pacaran lewat chating kaya gimana sech  :-/
Ane sech sering chating sama ce (tanya fie aja tuch klo gak percaya  ;))). Tapi bagi ane pribadi sech gak masalah dech asal gak menimbulkan syahwat aja.

salim_rahman

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 114
  • Reputasi: -1
  • Jenis kelamin: Pria
  • tak ada yang abadi. kecuali Allah
    • Lihat Profil
Re: pacaran lewat chatting
« Jawab #7 pada: Desember 11, 2006, 07:20:58 pm »
ada fakta nih... saya sempet chattin dengan salah satu kwan dari palembang. dia tinggal di Jakarta. dalam beberapa kali kesempatan dia diajak ta'aruf oleh banyak ikhwan di salah satu chanel. uniknya dari dua laporan dia... kedua2nya tidak cuma satu ikhwan yang melakukan itu. satu kali dia diajak ta'aruf empat sampai lima kali...
dan... bagaimana tanggapan kalian yang seperti ini...
oiya... jangan dsangka kalo pacaran lewat chat gak bisa. orang bisa pandang2an mata lewat Ym yang tentu saja memiliki fasiitas webcam...
 :D :D :D

prince_darkness

  • Pengunjung
Re: pacaran lewat chatting
« Jawab #8 pada: Desember 12, 2006, 01:39:31 pm »
kalo taaruf mah ga papa.......
taaruf itu terbagi 3 hal..llupa apa aja....

kebanyakan sekarang orang mereduksi makna taaruf.....kalo aku mah kenalan ya kenalan aja..tanya nama..tanya alamat tanya apa saja ttg dirinya....nah kalau mau ada maksud baru tanya yg pribadi..dengan syarat harus ada pembuktian/konsekuensi dari ucapan...

karena dalam Islam ungkapan cinta adalah bentuk pengkhitbahan atau lamaran!!!!!

sedangkan dateng ke ortu itu cuma budaya...

jadi co2 kalau naksir sama ce....katakan dong!!!tapi harus aa konsekuensinya....

dajal007

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.017
  • Reputasi: 32
  • Jenis kelamin: Pria
  • di atas bumiNya lah kita semua berpijak
    • Lihat Profil
    • amgidarap kilab kitit
Re: pacaran lewat chatting
« Jawab #9 pada: Desember 12, 2006, 08:15:17 pm »
emangnya inti dari kholwat itu apa sih??
seiring perkembangan zaman, ga menutup kemungkinan terjadinya perkembangan atau penyempitan bahasa lho.... so... pikirin lagi deh :)

pacaran via chatting atau kalo masa sebelumnya via email atau lebih dulu lagi via telepon atau via lebih dulu lagi via surat, tetap saja bisa dibilang pacaran, karena ada salah satu unsur penting dari pacaran, yaitu komunikasi intens (komunikasi yang mendalam, tau kan maksudnya :) ) antar lawan jenis.


kalo sebelum adanya teknologi dunia maya mungkin khalwat memang adalah berkumpulnya pria dan wanita dalam satu ruangan, tapi saat ini... saya belom nemuin fatwa tentang perubahan makna kholwat tuh >:) apa emang ga akan berubah ya.... berarti komunikasi via chatting dengan lawan jenis bukan kholwat ya... :)

Aswad

  • Moderators
  • Sr. Member
  • *****
  • Tulisan: 439
  • Reputasi: 7
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
    • Kang Aswad
Re: pacaran lewat chatting
« Jawab #10 pada: Desember 12, 2006, 11:58:41 pm »
Definisi khalwat menurut Syekh Taqiyuddin an-Nabhani dalam kitab an-Nizhomu Ijtima'iy fil Islam, dijelaskan secara syar'i adalah berkumpulnya seorang pria dan seorang wanita di suatu tempat yang tidak memberikan kemungkinan orang lain untuk bergabung dengan keduanya kecuali dengan izin keduanya.

Definisi ini benar.

Namun para ulama membagi khalwat menjadi 2 jenis,

1. Khalwat yang dibolehkan
Yaitu bila seorang laki-laki berduaan dengan seorang wanita, dengan syarat:
- Ada keperluan penting
- Tidak lepas dari pandangan orang banyak
- Terdapat hijab yang syar'i
- Menjaga diri dari fitnah

2. Khalwat yang dilarang
Seperti yang difatwakan oleh Syaikh Sholeh Alu Syaikh, jenis khalwat yang dilarang adalah bila
- Ada usaha penutupan dari pandangan manusia, walaupun masih terlihat. (Baik menutup pintu rumah, menutup jendela mobil, dll)
- Tertutup dari pandangan manusia sama sekali (Tidak ada orang lagi selain mereka berdua).

Dari definisi di atas ane masih belum tahu apakah chatting termasuk khalwat atau tidak. Namun, walaupun tidak termasuk bukan berarti pacaran lewat chatting itu dihalalkan. Karena segala sesuatu yang menghantarkan kepada yg haram, maka haram juga hukumnya. Dan hal yang menghantarkan kepada zina itu banyak, khalwat cuma salah satunya. Yang lainnya seperti berpandang-pandangan, bercanda ria berlebihan, bercumbu rayu, SMSan tidak penting, ikhtilat, dll, Maka itu semua dilarang. Maka ane menilai, jika chatting itu digunakan sebagai sarana komunikasi atau sarana menyebarkan kebaikan, maka ini baik. Namun bila itu digunakan sebagai sarana untuk banyak berinteraksi dengan lawan jenis, bercanda-ria berlebihan, maka ini tidak baik.

vikrulmustanir

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 6
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re: pacaran lewat chatting
« Jawab #11 pada: Desember 13, 2006, 01:02:14 pm »
so, sekimpulan...eh...kesimpulannya apa?

re to vikrulmustanir@telkom.net
:D

mawarhati

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 224
  • Reputasi: -16
  • Jenis kelamin: Pria
  • Mawar yang tumbuh di taman hati
    • Lihat Profil
Re: pacaran lewat chatting
« Jawab #12 pada: Desember 27, 2006, 09:35:41 pm »
 :))
inilah kalau semuanya diukur lewat perasaan
begimana mau disebut khalwat, la wong orangnya aja gak pada ketemuan
pan khalwat itu udah jelas definisinya
kalau di chatting ya gak khalwat
tapi yang dihukumi adalah "content"-nya
la kalau ngomongnya yang syar'iy, lah salahnya dimana
tapi kalau udah bilang say,say atau honey bunny baby la ya itu cabul namanya
 =))

galih_luv

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 15
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
  • keGelapan mAsih teRletak di kEpaLa Qu
    • Lihat Profil
Re: pacaran lewat chatting
« Jawab #13 pada: Januari 12, 2007, 10:50:54 am »
              "ina'amalu biniyat" :D

   Liat niat nya aja lah bRoo.... :)) :))

faritz

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 3.805
  • Reputasi: 28
  • Jenis kelamin: Pria
  • It's Not Just Black & White...
    • Lihat Profil
Re: pacaran lewat chatting
« Jawab #14 pada: Januari 19, 2007, 10:13:24 am »
kejahatan terjadi bukan hanya karna niat... tapi juga karna ada kesempatan...
waspadalah... waspadalah...:D