Penulis Topik: Wudhu dan permasalahannya  (Dibaca 46229 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

eS_eR

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • Reputasi: 3
  • Amirah Hasna' Mumtazzah
    • Lihat Profil
    • `fatamorgana`
Re:Wudhu dan permasalahannya
« Jawab #75 pada: Januari 26, 2009, 12:57:19 pm »
Pak fahmie...
Ane berwudhu & mandi junub dgn air di bak mandi yg didalamnya pernah jatuh kotoran cicak/tokek, tp krn tdk ada altrnatif lain, maka ane tetep make air tsb.
Bgmn hukumnya ?? tidak apa apakah ?
Syukron ...  :)

Dari Abdullah Ibnu Umar Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Jika banyaknya air telah mencapai dua kullah maka ia tidak mengandung kotoran." Dalam suatu lafadz hadits: "Tidak najis". Dikeluarkan oleh Imam Empat dan dinilai shahih oleh Ibnu Khuzaimah, Hakim, dan Ibnu Hibban.

artinya suci, nah pertanyaan airnya mencapai 2 kulah tidak?

All Fana

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 241
  • Reputasi: 3
    • Lihat Profil
Re:Wudhu dan permasalahannya
« Jawab #76 pada: Februari 02, 2009, 08:49:27 pm »
 :) 2 kulah itu sbrp ya kalo diliterkan/di emberkan/dibaskomin/di drum-in ??

afwan g ngerti kullah  ;;)

fahmie ahmad

  • Pengunjung
Re:Wudhu dan permasalahannya
« Jawab #77 pada: Februari 09, 2009, 02:39:26 am »
:) 2 kulah itu sbrp ya kalo diliterkan/di emberkan/dibaskomin/di drum-in ??

afwan g ngerti kullah  ;;)

2 kullah itu sama dengan ( kira2 ) panjang dan lebar bak mandi 60 cm keatas..atau dalam bahasa kitab klasik, 500 rithl baghdad...

eS_eR

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • Reputasi: 3
  • Amirah Hasna' Mumtazzah
    • Lihat Profil
    • `fatamorgana`
Re:Wudhu dan permasalahannya
« Jawab #78 pada: Februari 10, 2009, 08:16:59 am »
sudah jelaskah?

hanyta

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.384
  • Reputasi: 14
  • Jenis kelamin: Wanita
  • smile ^_^
    • Lihat Profil
Re:Wudhu dan permasalahannya
« Jawab #79 pada: Februari 12, 2009, 11:58:39 pm »
1 kullah = 1 hasta....itu yang pernah aku denger... :D

b4d12i

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 2
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re:Wudhu dan permasalahannya
« Jawab #80 pada: April 23, 2009, 11:07:20 am »
Assalamu'alaikum wr wb

mo tanya donk, kalo cara ber wudhu yg benar gimana sih ?
trus , baca annya itu sunah ata wajib yah ?


b4d12i

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 2
  • Reputasi: 0
    • Lihat Profil
Re:Wudhu dan permasalahannya
« Jawab #81 pada: April 24, 2009, 04:28:25 pm »
trus kalo ber wudhu sambil ngobrol itu hukumnya sah apa tidak yah wudhunya ?
mohon pencerahan.

iammuslim

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 59
  • Reputasi: 1
  • Dan berkatalah dengan ilmu
    • Lihat Profil
Re:Wudhu dan permasalahannya
« Jawab #82 pada: April 25, 2009, 08:16:39 pm »
dari yang saya pahami berbicara saat berwudhu tidak membatalkan wudhu. Tapi kalau ngobrol ya kebangeten kayaknya. Kalau berwudhu sebaiknya berbicara yang penting saja bukan ngobrol kesana kemari.

kalau sholat sambil ngoborl batal sholatnya .

Wallahua'lam

dekade_akhir

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 588
  • Reputasi: 5
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re:Wudhu dan permasalahannya
« Jawab #83 pada: Juni 05, 2009, 03:46:34 pm »
Pak fahmie...
Ane berwudhu & mandi junub dgn air di bak mandi yg didalamnya pernah jatuh kotoran cicak/tokek, tp krn tdk ada altrnatif lain, maka ane tetep make air tsb.
Bgmn hukumnya ?? tidak apa apakah ?
Syukron ...  :)

Dari Abdullah Ibnu Umar Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Jika banyaknya air telah mencapai dua kullah maka ia tidak mengandung kotoran." Dalam suatu lafadz hadits: "Tidak najis". Dikeluarkan oleh Imam Empat dan dinilai shahih oleh Ibnu Khuzaimah, Hakim, dan Ibnu Hibban.

artinya suci, nah pertanyaan airnya mencapai 2 kulah tidak?

afwan agak OOT, kolam dirumah ane juga sering kaya gitu tuh, ada kotoran cicaknya, trus kurang dari 2 kullah, kalo untuk istinja gimana ya? apa wajib menggunakan air yang suci dan mensucikan juga ga? trus kalo ada kotoran cicaknya boleh dipakai ga airnya? mohon penjelasannya ustadz...

masud hasim

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 66
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re:Wudhu dan permasalahannya
« Jawab #84 pada: Juni 18, 2009, 12:29:17 pm »
bener jg tuh yang dikatakan oleh pernik klo bersentuhan kulit yang bukan muhrimnya tidak batal ko wudhunya seperti yang da di salah satu mahdzab dari imam yang empat,tpi klo kita salaman yang bukan muhrimya kita tidak boleh bersentuhan.lebih baik semua permasalahan di kembalaikan oleh alqur'qn dan assunah.

hasnud

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 3
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re:Wudhu dan permasalahannya
« Jawab #85 pada: Agustus 29, 2010, 08:31:11 am »
Pak fahmie...
Ane berwudhu & mandi junub dgn air di bak mandi yg didalamnya pernah jatuh kotoran cicak/tokek, tp krn tdk ada altrnatif lain, maka ane tetep make air tsb.
Bgmn hukumnya ?? tidak apa apakah ?
Syukron ...  :)

Dari Abdullah Ibnu Umar Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Jika banyaknya air telah mencapai dua kullah maka ia tidak mengandung kotoran." Dalam suatu lafadz hadits: "Tidak najis". Dikeluarkan oleh Imam Empat dan dinilai shahih oleh Ibnu Khuzaimah, Hakim, dan Ibnu Hibban.

artinya suci, nah pertanyaan airnya mencapai 2 kulah tidak?

afwan agak OOT, kolam dirumah ane juga sering kaya gitu tuh, ada kotoran cicaknya, trus kurang dari 2 kullah, kalo untuk istinja gimana ya? apa wajib menggunakan air yang suci dan mensucikan juga ga? trus kalo ada kotoran cicaknya boleh dipakai ga airnya? mohon penjelasannya ustadz...

Ass
klo Air itu kurang dari 2 kullah lebih baik gunakan yang air yang lain saja,!!!selain itu,!!
dan seandainya tempat itu digunakan untuk wudlu,dan ndak ada yang lain,sebelum digunakan wudlu isi dulu tempat tsb sampai full dan meluap dan cara gunakan-nya diambil per cawan lalu di siramkan ke angguta wudlu,!dan air yang telah digunakan wudlu td jangan sampai masuk lagi kekulam td,!!!

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
bener jg tuh yang dikatakan oleh pernik klo bersentuhan kulit yang bukan muhrimnya tidak batal ko wudhunya seperti yang da di salah satu mahdzab dari imam yang empat,tpi klo kita salaman yang bukan muhrimya kita tidak boleh bersentuhan.lebih baik semua permasalahan di kembalaikan oleh alqur'qn dan assunah.

maaf sebelumnya,!!
memang menurut imam yang lain ada yang ndak membatalkan wudlu klo bersentuhan kulit lawan jenis bukan muhrim,tp itu jg wdlunya ada caranya sendiri,!!tp klo lokasi di Indonesia lebih baik menggunakn madhab Imam syafi'i,dan dalam madhab Imam syafi'i itu klau bersentuhan kulit lawan jenis bukan muhrim itu membatalkan wudlu,!!!

fatamorgana

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 5
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re:Wudhu dan permasalahannya
« Jawab #86 pada: Oktober 05, 2010, 01:24:44 pm »
 :-O
wah baru tahu saya..
thanks atas thread bermanfaatnya..

hamisatimuftia

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 777
  • Reputasi: 15
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Calon Putri Indonesia 20...12 aja deh!
    • Lihat Profil
    • Amie's Zone
Re:Wudhu dan permasalahannya
« Jawab #87 pada: November 20, 2010, 05:17:54 pm »
saya mau tanya :

1. apa tiap kali kita mau tilawah Qur'an itu wajib dalam keadaan berwudhu?
Soalnya, misalnya nih ya..kalo misalnya kita mau ngaji di angkot/bis, trus nggak sengaja tersentuh sama yang bukan muhrim, trus wudhunya batal..takutnya batal ngaji juga...

2. Kalo aturan wudhu kan, tiap anggota tubuh yg dibersihkan kan dapet jatah dibersihkan 3 kali, kalo misalnya ada yg lebih gimana?
Misalnya nih...saya lagi pilek, trus saya menurut saya bersihin hidung pake 3 kali basuh aja nggak cukup (masih ada ingusnya, nggak melegakan hidung), boleh nggak lebih dari 3 kali?? Soalnya kalo hidungnya nggak terlalu lega pas mau shalat, takutnya malah bikin shalat nggak khusyuk.


Buat yang paham, tolong dijawab ya... *sambil ngelirik pak fahmi.. :D