Penulis Topik: Wudhu dan permasalahannya  (Dibaca 47242 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Jodi-Muslim

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.046
  • Reputasi: 16
  • Jenis kelamin: Pria
  • Hadapi dengan senyuman
    • Lihat Profil
Re: Batal Ya Wudu
« Jawab #30 pada: September 20, 2006, 04:56:01 pm »
klo saya setuju ma bang sholeh......

Kutip
suami isteri bersentuhan kulit (batal wudhunya)
menyentuh kemaluan sengaja atau tidak, syahwat atau tidak (batal wudhunya)

sedangkan dlm ibadah haji aq pernah mendengar ada pengeculiannya......tp maaf lupa dari mana
saya pun msh memegang prinsip d atas.....bahwa 2 kejadian d atas membatalkan wudhu.....
Arta, insya Allah besok kalo Arta naik Haji bakal ngerti sendiri.
Disana itu walaupun desak2an kita nggak akan kepikiran batal atau tidaknya wudhu kita... Yang ada hanya berdoa dan dzikir. Jadi kita nggak akan sadar... padahal kan kalo kita nggak tau Allah akan memaafkan kita.

Tapi emang sepertinya nggak "sreg" juga sih kalo habis Tawaf kita nggak wudhu lagi pake air zam2, soalnya seger banget oei! ^^

Laily Oktar

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.601
  • Reputasi: 24
  • Jenis kelamin: Wanita
  • here and there
    • Lihat Profil
    • Nai elye hiruva...
Re: Wudhu dan permasalahannya
« Jawab #31 pada: September 20, 2006, 06:12:59 pm »
mmmm
ke Mekkah ya?
Naik haji ya?

Pengeeeeeeen

ARCHER

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.080
  • Reputasi: 5
  • Jenis kelamin: Pria
  • Masjid Kampus UGM
    • Lihat Profil
Re: Batal Ya Wudu
« Jawab #32 pada: September 27, 2006, 08:53:36 am »
Arta, insya Allah besok kalo Arta naik Haji bakal ngerti sendiri.
Disana itu walaupun desak2an kita nggak akan kepikiran batal atau tidaknya wudhu kita... Yang ada hanya berdoa dan dzikir. Jadi kita nggak akan sadar... padahal kan kalo kita nggak tau Allah akan memaafkan kita.

Tapi emang sepertinya nggak "sreg" juga sih kalo habis Tawaf kita nggak wudhu lagi pake air zam2, soalnya seger banget oei! ^^
Emang seh para jamaah haji itu sampe berdesak-desakan.
Akh Jodi, klo kagak salah pembimbing haji antum Ustadz Ridwan Hamidi, Lc. ya?

Laily Oktar

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.601
  • Reputasi: 24
  • Jenis kelamin: Wanita
  • here and there
    • Lihat Profil
    • Nai elye hiruva...
Re: Batal Ya Wudu
« Jawab #33 pada: September 28, 2006, 10:36:39 am »
Arta, insya Allah besok kalo Arta naik Haji bakal ngerti sendiri.
Disana itu walaupun desak2an kita nggak akan kepikiran batal atau tidaknya wudhu kita... Yang ada hanya berdoa dan dzikir. Jadi kita nggak akan sadar... padahal kan kalo kita nggak tau Allah akan memaafkan kita.

Tapi emang sepertinya nggak "sreg" juga sih kalo habis Tawaf kita nggak wudhu lagi pake air zam2, soalnya seger banget oei! ^^
Emang seh para jamaah haji itu sampe berdesak-desakan.
Akh Jodi, klo kagak salah pembimbing haji antum Ustadz Ridwan Hamidi, Lc. ya?

pengeeeen.
Akh Jodi umurnya berapa?
Bisa naik haji di usia muda, ya?
Duh, pengen banget.

Jodi-Muslim

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.046
  • Reputasi: 16
  • Jenis kelamin: Pria
  • Hadapi dengan senyuman
    • Lihat Profil
Re: Batal Ya Wudu
« Jawab #34 pada: September 30, 2006, 09:38:13 pm »
Akh Jodi, klo kagak salah pembimbing haji antum Ustadz Ridwan Hamidi, Lc. ya?
Afwan Archer, aku belum Haji, waktu itu cuma Umroh... kebetulan Umrohnya juga waktu Ramadhan...
Insya Allah Hajinya kalo udah punya istri aja ^^
Kan kayaknya lebih asyik tuh Haji sama istri, bisa sekalian bulan madu disana ^^

Iya, pembimbingnya ustadz Ridwan Hamidi... sama ust. Julio Muslim

Akh Jodi umurnya berapa?
24 tahun...

husni

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 249
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
  • wanna be a professional
    • Lihat Profil
    • vbBASE
Re: Wudhu dan permasalahannya
« Jawab #35 pada: September 30, 2006, 11:51:50 pm »
maaf.

Aku mau tanya.
Apa definisi "batal karena kentut?"__buang gas
katanya kalo yang nggak yakin, gak batal <eh, aku dah baca dalilnya ding>

nah, definisi buang gasnya yang kaya apa?

heeee
beneran neh
Mungkin yang dimaksud ini yah?

Telah bersabda Rasulullah saw: "Jika salah seorang di antaramu merasakan sesuatu di dalam perutnya, kemudian ia bimbang apakah ada yang keluar atau tidak, maka janganlah ia keluar dari masjid, sampai ia mendengar bunyi atau mencium baunya." (H.R. Muslim)

ARCHER

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.080
  • Reputasi: 5
  • Jenis kelamin: Pria
  • Masjid Kampus UGM
    • Lihat Profil
Re: Batal Ya Wudu
« Jawab #36 pada: Oktober 03, 2006, 04:33:27 pm »
Insya Allah Hajinya kalo udah punya istri aja ^^
Kan kayaknya lebih asyik tuh Haji sama istri, bisa sekalian bulan madu disana ^^
Hati-hati lho akh, waktu ihrom kan gak boleh.....

Laily Oktar

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.601
  • Reputasi: 24
  • Jenis kelamin: Wanita
  • here and there
    • Lihat Profil
    • Nai elye hiruva...
Re: Batal Ya Wudu
« Jawab #37 pada: Oktober 05, 2006, 10:38:02 am »
Insya Allah Hajinya kalo udah punya istri aja ^^
Kan kayaknya lebih asyik tuh Haji sama istri, bisa sekalian bulan madu disana ^^
Hati-hati lho akh, waktu ihrom kan gak boleh.....

aku baruu mo bilang itu.

Paling sesudahnya kali yaaaaaa :D

Jodi-Muslim

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.046
  • Reputasi: 16
  • Jenis kelamin: Pria
  • Hadapi dengan senyuman
    • Lihat Profil
Re: Batal Ya Wudu
« Jawab #38 pada: Oktober 07, 2006, 04:53:52 pm »
Hati-hati lho akh, waktu ihrom kan gak boleh.....
Ya kalo pas ihram ya nggak lah... ^^

Lagian ritual Haji itu kan cuma beberapa hari? padahal waktu di tanah suci bisa hampir sebulan... masa sih diantara sebulan itu nggak ada waktu longgar? kan bisa nyempetin satu hari tuk...  :D
Siapa tau kalo "buat" disana bakal jadi anak yang sholeh/sholehah  :p

Laily Oktar

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.601
  • Reputasi: 24
  • Jenis kelamin: Wanita
  • here and there
    • Lihat Profil
    • Nai elye hiruva...
Re: Batal Ya Wudu
« Jawab #39 pada: Oktober 09, 2006, 04:52:43 pm »
Hati-hati lho akh, waktu ihrom kan gak boleh.....
Ya kalo pas ihram ya nggak lah... ^^

Lagian ritual Haji itu kan cuma beberapa hari? padahal waktu di tanah suci bisa hampir sebulan... masa sih diantara sebulan itu nggak ada waktu longgar? kan bisa nyempetin satu hari tuk...  :D
Siapa tau kalo "buat" disana bakal jadi anak yang sholeh/sholehah  :p


 :)) :)) :))
 =))

 :p
ups
:">


 ;)) ;)) ;))

ARCHER

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.080
  • Reputasi: 5
  • Jenis kelamin: Pria
  • Masjid Kampus UGM
    • Lihat Profil
Re: Batal Ya Wudu
« Jawab #40 pada: Oktober 09, 2006, 05:01:00 pm »
Hati-hati lho akh, waktu ihrom kan gak boleh.....
Ya kalo pas ihram ya nggak lah... ^^

Lagian ritual Haji itu kan cuma beberapa hari? padahal waktu di tanah suci bisa hampir sebulan... masa sih diantara sebulan itu nggak ada waktu longgar? kan bisa nyempetin satu hari tuk...  :D
Siapa tau kalo "buat" disana bakal jadi anak yang sholeh/sholehah  :p
Amiin. Ana juga pengeeen ke Saudi.

musafir

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 31
  • Reputasi: 1
  • Jenis kelamin: Pria
  • Pertanyaan pasti benar jawapan belum pasti benar
    • Lihat Profil
Re: Batal Ya Wudu
« Jawab #41 pada: Oktober 09, 2006, 10:33:21 pm »

Setau ana ada dua pendapat yang menyatakan begini :
- Batal wudhu apabila seorang laki-laki dan perempuan bersentuhan walaupun sudah menikah karena bukan muhrim.
- Tidak batal karena mengacu ke riwayat Nabi yang mencium istrinya sedangkan beliau ingin berangkat untuk sholat dan telah berwudhu.

Ada pendapat ulama bahawa yang dicium oleh Nabi s.a.w. adalah rambutnya, ini mengikut riwayat lain.

drai

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.604
  • Reputasi: 7
  • "masih selalu bahagia"
    • Lihat Profil
Re: Batal Ya Wudu
« Jawab #42 pada: Juni 18, 2007, 06:14:19 am »

Setau ana ada dua pendapat yang menyatakan begini :
- Batal wudhu apabila seorang laki-laki dan perempuan bersentuhan walaupun sudah menikah karena bukan muhrim.
- Tidak batal karena mengacu ke riwayat Nabi yang mencium istrinya sedangkan beliau ingin berangkat untuk sholat dan telah berwudhu.

Ada pendapat ulama bahawa yang dicium oleh Nabi s.a.w. adalah rambutnya, ini mengikut riwayat lain.

yang di cium adalah pipinya, jika pendapat 'ulama, bisa sebutkan ' siapakah 'ulama tersebut?...


seroja

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 52
  • Reputasi: -1
  • Jenis kelamin: Pria
  • -@ man arafa nafsahu , faqad arafa rabbahu @-
    • Lihat Profil
Re: Wudhu dan permasalahannya
« Jawab #43 pada: Februari 25, 2008, 12:02:35 am »
Wudhu itu sangat luar biasa sekali bos....fadlilahnya

Di Padang Mahsyar saat hari kebangkitan nanti, terdapat orang-orang yang wajahnya bercahaya :

1. Orang yang wajahnya bercahaya bagaikan cahaya bintang.
Orang yang berwudhu begitu mendengar suara adzan
2. Orang yang wajahnya bercahaya bagaikan cahaya bulan purnama.
Orang yang sudah berwudhu sebelum adzan terdengar
3. Orang yang wajahnya bercahaya bagaikan cahaya matahari.
Orang yang membiasakan diri dalam keadaan suci (tidak pernah batal wudhu, setiap batal, dia wudhu lagi)


**
Allahuma sholi wasalim asrofa solati wa tasliima. 'ala sayidina wa nabiyyina Muhammadiniroufirrohiim.

seroja

  • Jr. Member
  • **
  • Tulisan: 52
  • Reputasi: -1
  • Jenis kelamin: Pria
  • -@ man arafa nafsahu , faqad arafa rabbahu @-
    • Lihat Profil
Re: Wudhu dan permasalahannya
« Jawab #44 pada: Februari 25, 2008, 12:04:16 am »

share  :great:  :cool:


1. Berwudhu

Diantara keutamaan wudhu adalah sebagai berikut:

a.. Allah akan memberikan kita rasa cinta dan dicintai Allah,

b.. Ampunan dan Maaf Allah beserta orang yang Berwudhu

c.. Anggota Wudhu menjadi saksi pada Hari Kiamat

2. Dzikir selama dan sesudah Wudhu

a.. Selama wudhu diharapkan kita ingat bahwa apa yang dibasuh adalah milik
Allah dan kita wajib mempertanggung jawabkannya,sebaiknya kita minta ampunan Allah saat membasuh bagian-bagian wudhu

b. Membaca Doa setelah wudhu adalah untuk menanamkan pada diri bahwa hanya Allah yang patut untuk disembah dan hanya nabi Muhammad Rasul kita serta doa agar kita dimasukkan dalam golongan orang-orang yang taubat dan sholeh

c. Semoga dijadikan sebagai orang yang berserah diri. Allahuma Amiin...




**Allahuma sholi wasalim asrofa solati wa tasliima. 'ala sayidina wa nabiyyina Muhammadiniroufirrohiim.