Penulis Topik: Buah Apel, Kalau Kebanyakan Bisa Ngerusak Gigi Lho..  (Dibaca 1504 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

gancanester

  • Newbie
  • *
  • Tulisan: 26
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
    • modal gaul paling asyik
Buah Apel, Kalau Kebanyakan Bisa Ngerusak Gigi Lho..
« pada: Januari 20, 2012, 03:13:12 pm »


BUAH apel mampu menangkal berbagai macam penyakit, tapi jika dikonsumsi secara berlebihan dapat berbahaya bagi kesehatan gigi. Bahkan risikonya lebih tinggi ketimbang bahaya minuman bersoda.

Demikian studi yang dihasilkan para peneliti dari King’s College London Dental Institute.
Para peneliti mengamati kondisi gigi dari 1.000 responden berusia 18-30 tahun. Para responden meneliti kerusakan hingga 2 milimeter dari permukaan enamel dan dentin gigi, elemen yang menopang bentuk gigi.

Responden yang sering mengonsumsi apel cenderung mengalami kerusakan di area dentin. Anehnya, mereka yang nyaris setiap hari menyeruput minuman bersoda justru tidak mengalami kerusakan gigi.

Apa yang menyebabkan apel beresiko bagi kesehatan gigi? Rupanya apel mengandung gula yang setara dengan empat sendok teh gula pasir yang meningkatkan tingkat keasaman mulut. Apel sendiri juga mengandung zat asam, unsur yang membantu pembuatan produk cuka apel.

“Bukan persoalan apa yang Anda makan, tapi bagaimana Anda memakannya,” ungkap Profesor David Bartlett, pimpinan riset ini, seperti dikutip Daily Mail.

“Apa yang disarankan pakar kesehatan mengenai khasiat apel memang benar, tapi jika Anda mengonsumsinya zat asamnya yang tinggi akan merusak gigi Anda secara perlahan,” lanjut Bartlett.


Tak hanya apel, beragam jenis buah-buahan pun memiliki kandungan zat asam dan kadar gula tersendiri yang dapat berbahaya bagi gigi. Untuk mengurangi ancaman kerusakan gigi oleh asupan buah, Dr. Glenys Jones dari Medical Research Council berbagi sedikit tips bagi Anda.

“Meminum jus buah dengan sedotan merupakan salah satu cara melindungi gigi. Selain itu, biasakan menggosok gigi sebelum melahap buah untuk membuat benteng antara gigi dan makanan,” tutur Jones.

Jones juga menyarankan untuk segera meneguk segelas air putih setelah mengonsumsi buah apel untuk menetralisir zat asam di dalamnya. Tabloidbintang.com