Penulis Topik: Negara Islam Indonesia  (Dibaca 2705 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

.::senyum chandra::.

  • from djogdja with love...
  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.610
  • Reputasi: 11
  • Jenis kelamin: Wanita
  • wong djogdja ^^
    • Lihat Profil
Negara Islam Indonesia
« pada: Mei 06, 2011, 10:14:50 am »
agak terlambat kalau mau bahas sekarang, tapi boleh lah sbg bahan diskusi..

saya hampir ga tahu apa2 tentang NII, apalagi pake KW..
kaya tas aja, pake kw.. :D

yg selama ini saya dpt info cm simpang siur, kisah dr si A atau si B tanpa tahu dalem2nya NII sebenarnya spt apa..

nanya mbah google, banyak pendapat yg sulit dihubungkan..
ada yg bilang baik, atau buruk...


mungkin dudunger ada tanggapan??




*sesama pemberi tanggapan dilarang saling menjatuhkan ya... :) :)

sai

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.929
  • Reputasi: 68
  • Jenis kelamin: Pria
  • matahari pertama
    • Lihat Profil
Re:Negara Islam Indonesia
« Jawab #1 pada: Mei 06, 2011, 02:33:51 pm »
saya kenal 2 orang yang hampir dibai'at (bener ga nulisnya?) dan dari keduanya mendapatkan cerita sama persis (tidak kurang tidak lebih) dengan buku "Mereka Bilang Saya Kafir"


jadi kalo mau tau, saya rasa buku itu cukup mewakili.


sayang buku tadi dah saya kasih ke perpus himpunan di kampus dulu, jadi ga bisa kutip disini.

.::senyum chandra::.

  • from djogdja with love...
  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.610
  • Reputasi: 11
  • Jenis kelamin: Wanita
  • wong djogdja ^^
    • Lihat Profil
Re:Negara Islam Indonesia
« Jawab #2 pada: Mei 14, 2011, 06:03:15 pm »
saya kenal 2 orang yang hampir dibai'at (bener ga nulisnya?) dan dari keduanya mendapatkan cerita sama persis (tidak kurang tidak lebih) dengan buku "Mereka Bilang Saya Kafir"


jadi kalo mau tau, saya rasa buku itu cukup mewakili.


sayang buku tadi dah saya kasih ke perpus himpunan di kampus dulu, jadi ga bisa kutip disini.


kalo akhirnya saya baca buku itu, berarti ini thread di closed dunk...  :( :(

Fauzi5994559

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 753
  • Reputasi: 0
  • One God, One Guider, but Why not One Leader ?
    • Lihat Profil
Re:Negara Islam Indonesia
« Jawab #3 pada: Mei 16, 2011, 08:47:21 am »
agak terlambat kalau mau bahas sekarang, tapi boleh lah sbg bahan diskusi..

saya hampir ga tahu apa2 tentang NII, apalagi pake KW..
kaya tas aja, pake kw.. :D

yg selama ini saya dpt info cm simpang siur, kisah dr si A atau si B tanpa tahu dalem2nya NII sebenarnya spt apa..

nanya mbah google, banyak pendapat yg sulit dihubungkan..
ada yg bilang baik, atau buruk...


mungkin dudunger ada tanggapan??




*sesama pemberi tanggapan dilarang saling menjatuhkan ya... :) :)
Isu existensi NII sdh lama ada, dari th 80an dah ada. Dikalangan aktifis islam 80an isu beredar nii disusupi intelnya ali murtopo dan beny mordani. Mnrt analisa saya kondisi saat ini sdg dikembangkan 4 or 5 skenario unt menyudutjan islam: 1. Isu ahmadiyah dan sejenisnya, unt menghancurkan aqidah islam atas nama ham. 2. Isu terorisme, unt meneror aktifis islam. 3. Isu nii yg d munculkan lagi, unt meneror masarakat agar menjauhi ide syariat dn daulah. 4. Isu revisi terj quran depag, yg tujuan sbnrnya unt membuat ragu kbnaran quran sbg kitab suci.

lehrerin

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 683
  • Reputasi: 10
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re:Negara Islam Indonesia
« Jawab #4 pada: Mei 16, 2011, 09:51:06 am »
Banyak versi NII yang beredar skrg. Mulai dari NII Kartosuwiryo (asalnya), NII yang ga mewajibkan sholat, hingga NII yang bercadar. Yang jelas awalnya NII (Kartosuwiryo) ga menyimpang dari islam (sholat ttp wajib, bayar iuran ga diharuskan nominalnya).
Sumpah deh.. binguuuung bgt kok NII dari jaman dahulu kala sampai skrg ga slesai2, pengalaman pribadi sy bersinggungan dgn NII mulai dr pertama msuk kuliah sampai skrg ga tuntas2 diselesaikan.
Mulai dari teman deket sy saat SMP terekrut ini, lalu disusul tmn sbangku saat SMA, hingga adik kls saya juga dibai'at. Tp mereka ga mempan merekrut saya.. Gw udah tau bangeeet dah gerakan lo..
Saat sy tau tmn dekat sy masuk NII, waktu itu sy awal masuk kuliah, sy mulai baca2 buku, searching apaan tuh NII. Dan dpt deh bukunya di I'tishom. Agak terkejut memang membacanya, sederet nama tokoh terkenal Indonesia sudah masuk NII.. Mensch! (OMG!) ini tuh sbuah organisasi yang terstruktur bgt, mengakar hingga sampai ke puncak.
PENGALAMAN YANG SANGAT MENARIK.. saat saya dan teman2 dari BEMJ berusaha membebaskan adik kelas kami dari cengkraman NII.. kala itu kami seperti detektif, menyusun strategi untuk menangkap basah kegiatan mereka, dan kami pun bekerja sama dengan salah satu LSM yang concern thd aliran sesat dan LSM tersebut memang sdh spesialis mengusut kasus NII.
HASIL PENYERGAPAN KAMI.... (ksih tau ga ya..)  :p   
 

.::senyum chandra::.

  • from djogdja with love...
  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.610
  • Reputasi: 11
  • Jenis kelamin: Wanita
  • wong djogdja ^^
    • Lihat Profil
Re:Negara Islam Indonesia
« Jawab #5 pada: Mei 16, 2011, 02:53:05 pm »
jadi sebenarnya nii sesat ga to?

nii yg sekarang msh sama spt bentukan kartosuwiryo dulu?

katanya di back up pemerintah, bener ga?

sistem/ajaran di nii kaya apa sih?

lehrerin

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 683
  • Reputasi: 10
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re:Negara Islam Indonesia
« Jawab #6 pada: Mei 18, 2011, 07:23:37 am »
jadi sebenarnya nii sesat ga to?
waah ga tau sy sesat atau gak, krn pemerintah hingga skrg blum memutuskan dgn jelas. hasil penelitian kemenag dengan penelitian MUI thd ma'had yg muegah itu saja berbeda (emang bahasan penelitiannya juga berbeda sih) 
selain itu, dibilang sesat tp kok dari dulu hingga skrg masih aja berkeliaran.. knp penanganannya beda ya sama ahmadiyah, dan lia eden. Reaksi masyarakat kok ga seradikal ktika menolak keras2 ahmadiyah dan lia eden.. (itu pertanyaan sy pribadi, yg timbul ktika liat kasus NII ini) pdhal kerugian NII itu kalo dibilang bukan cuman fikroh yg dijajah, tp moral anak ke ortu sdh tdk ada. ckckc.. birrul walidain sdh luntur, tak berbekas (itu yg sy amati dr NII yg skrg)

nii yg sekarang msh sama spt bentukan kartosuwiryo dulu?
sy ragu untuk mengatakan klo NII dulu dan sekarang sama
katanya di back up pemerintah, bener ga?
hemmm.. sy belum tau pasti, ga mau su'udzon duluan. Yang jelas pas baca buku ttg NII itu sederet tokoh terkenal disebutkan didalamnya.. buku tersebut sudah sy hadiahkan ke teman yg jd korban perekrutan NII.

sistem/ajaran di nii kaya apa sih?
yg ini bisa dibrowsing bila ingin cari tau. Tapi sebelumnya klo browsing yg detail, ajaran NII yg mana yg hendak dicari tau .

.::senyum chandra::.

  • from djogdja with love...
  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.610
  • Reputasi: 11
  • Jenis kelamin: Wanita
  • wong djogdja ^^
    • Lihat Profil
Re:Negara Islam Indonesia
« Jawab #7 pada: Mei 18, 2011, 07:55:20 am »
pro mba lehrerin..
yg terakhir itu yg saya bingung mba..
browsing2, ga tahu harus percaya yg mana..
apalagi terbagi lg jd beberapa golongan.. ada yg sesat, yg sholeh, yg gini, gitu..
terus kira2 seperti apa ya...

sai

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.929
  • Reputasi: 68
  • Jenis kelamin: Pria
  • matahari pertama
    • Lihat Profil
Re:Negara Islam Indonesia
« Jawab #8 pada: Mei 18, 2011, 02:09:32 pm »
saya kenal 2 orang yang hampir dibai'at (bener ga nulisnya?) dan dari keduanya mendapatkan cerita sama persis (tidak kurang tidak lebih) dengan buku "Mereka Bilang Saya Kafir"


jadi kalo mau tau, saya rasa buku itu cukup mewakili.


sayang buku tadi dah saya kasih ke perpus himpunan di kampus dulu, jadi ga bisa kutip disini.


kalo akhirnya saya baca buku itu, berarti ini thread di closed dunk...  :( :(


jika untuk sekadar tau... case closed  :p


jika mau bahas lainnya... saya kira bahasan tentang NII akan banyak. silakan.

sai

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.929
  • Reputasi: 68
  • Jenis kelamin: Pria
  • matahari pertama
    • Lihat Profil
Re:Negara Islam Indonesia
« Jawab #9 pada: Mei 18, 2011, 02:12:07 pm »
jika yang saya amati, NII era Kartosuwiryo (NII lama) dengan yang sekarang (NII baru) beda.


NII lama... mm.. lebih mirip HTI hanya lebih 'keras' dan frontal.
NII sekarang... mm... kayaknya UUD deh (ujung2nya duit)