HOBBY > Kuliner

[ask] cara membuat sambal

(1/2) > >>

calon_akhwat:
assalamu'alaykum.wr.wb...
teman2, ada yg tahu caranya memuat sambal yg enak dan pedassss?
saya ndak ngerti tolak ukurnya sambal yg enak itu gimana, karena saya ndak suka pedas.
tolong dibantu ya... sekalian resepnya juga, hehehe
terimakasih :">

dinie_bgt:
Cieeee.. Yang mau nikah... Calon suaminya doyan sambel ya?? :D

Sambel apa nich tha?
Klo aku biasanya bikin sambel terasi...
Klo mau pedes gampang: pake cabe rawit merah...

Klo aku biasa bikin:
5 cabe merah keriting
10 cabe rawit merah (15 biji klo mau lebih pedes)
1 buah tomat
2 siung bawang merah
terasi secukupnya
Gula dan garam sesuai selera (garam stengah/ 1 sendok teh, gula setengah sendok makan)

Cara nguleknya juga beda2, ada yang digoreng semua bahannya dulu baru diulek, ada yang diulek dulu baru digoreng, ada juga yang suka sambel mentah...
AKu biasanya ulek cabe merah, cabe rawit merah, sama bawang trus tambahin garam dan gula...
Tomat aku iris2 aja...

Panasin minyak (sekitar 3 sendok makan), goreng terasi sampe hancur, masukin tomat masak sampe mateng baru masukin cabe dan bawang yang udah diulek...
Tumis sebentar dan jadi dech...
POkoe klo cara bikin sambel mah sesuai selera dech, dan banyak caranya...
Begitchu.. Semoga bermanfaat...   ;)



calon_akhwat:
waah... keren  +1 u/mbak Dini
iya, gerangan suka sambal, saya ndak bisa sambal (kl sy pencernaanya terlalu lancar, jd diare terus kl makan pedas) hihihih

siiiippppooooy, segera dicoba...
trimakasih mbak dini :x

sai:
OOT


kalo pengantin baru saya sarankan pake cabe >20


kalo kurang dari itu, pedasnya ga bakal kerasa. wong lagi manis2nya


 :go:

dinie_bgt:

--- Kutip dari: calon_akhwat pada Maret 20, 2011, 08:11:27 am ---waah... keren  +1 u/mbak Dini
iya, gerangan suka sambal, saya ndak bisa sambal (kl sy pencernaanya terlalu lancar, jd diare terus kl makan pedas) hihihih

siiiippppooooy, segera dicoba...
trimakasih mbak dini :x

--- Akhir Kutipan ---

Wach.. Jadi ga bisa makan sepiring berdua donk.. :D



--- Kutip dari: sai pada Maret 21, 2011, 04:14:49 pm ---OOT


kalo pengantin baru saya sarankan pake cabe >20


kalo kurang dari itu, pedasnya ga bakal kerasa. wong lagi manis2nya


 :go:

--- Akhir Kutipan ---

Weleh..  :-O
Bisa2 bulan madunya dihabiskan dengan bolak balik kamar mandi.. (Kena diare rame2...) :D

Navigasi

[0] Indeks Pesan

[#] Halaman berikutnya

Ke versi lengkap