Penulis Topik: [tanya]menghadapi kekhawatiran pasca pernikahan  (Dibaca 9727 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

.::senyum chandra::.

  • from djogdja with love...
  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.610
  • Reputasi: 11
  • Jenis kelamin: Wanita
  • wong djogdja ^^
    • Lihat Profil
[tanya]menghadapi kekhawatiran pasca pernikahan
« pada: Januari 16, 2011, 09:02:34 am »
assalamu'alaikum...

menindaklanjuti tanggapan mba lehrerin di thread susah juga ya sebelumnya.. *halaaah bahasane  :D :D
saya bermaksud membuat thread yg baru tentang kekhawatiran pasca pernikahan...

kira2, apa saja ya kekhawatiran yang melanda orang yg belum menikah tentang kehidupan pasca pernikahan???
dan bagaimana cara mengatasinya???

begitu kira2...
terima kasih sebelumnya  :) :)

LAVI

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.262
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Pria
  • However She is Still an Adolescent Child
    • Lihat Profil
Re:[tanya]menghadapi kekhawatiran pasca pernikahan
« Jawab #1 pada: Januari 17, 2011, 10:32:09 am »
banyak mod:  :D

1. apakah dia calon istri/suami yang tepat untukku?
2. apakah orang tuaku/orangtuanya setuju aku menikah dengan dia?
3. apakah aku mampu mencukupi kehidupannya dan anak-anakku nanti?
4. apakah dia mau menikah denganku?
5. apakah kehidupan kami nantinya akan baik-baik saja?
6. apakah pernikahan kami bertahan lama??
7. apakah aku/ dia bisa bertahan dari godaan orang lain?
8. apakah aku mampu membimbing istriku dan anak-anak?

lainnya ntar tak tambahin...

arif budiman

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re:[tanya]menghadapi kekhawatiran pasca pernikahan
« Jawab #2 pada: Januari 17, 2011, 12:35:27 pm »
1. apakah dia calon istri/suami yang tepat untukku?
coba istikharah, kenali dia dengan menanyakan hal2 yang bersifat prinsip, kalo prosesnya dimudahkan insya Allah dia calon istri/suami yang tepat untukmu

2. apakah orang tuaku/orangtuanya setuju aku menikah dengan dia?
tanyakan ke ortu

3. apakah aku mampu mencukupi kehidupannya dan anak-anakku nanti?
rezeki itu di tangan Allah, minimal kamu sudah bekerja dan punya pendapatan, cukup atau tidaknya tergantung pula cara kamu mengelola hidup

4. apakah dia mau menikah denganku?
tanyakan padanya

5. apakah kehidupan kami nantinya akan baik-baik saja?
apakah jika kamu tidak menikah kehidupan kamu akan baik2 saja? kamulah yang memutuskannya

6. apakah pernikahan kami bertahan lama??
sepanjang kamu punya prinsip yang sama dengannya dalam memandang kesakralan pernikahan, kamu akan bekerja sama dengannya untuk menjaga keutuhan rumah tanggamu

7. apakah aku/ dia bisa bertahan dari godaan orang lain?
kamu HARUS BISA bertahan, dia HARUS kamu jaga agar bisa bertahan, kamu berdua HARUS saling menjaga

8. apakah aku mampu membimbing istriku dan anak-anak?
apakah kamu mampu membawa dirimu menjadi manusia yang lebih baik? kalo kamu mampu berarti kamu juga bisa menjadi pemimpin buat mereka

Husniyah Azah

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.575
  • Reputasi: 41
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Muhammad Izwan
    • Lihat Profil
    • Catatan Hati Ukhty Tini
Re:[tanya]menghadapi kekhawatiran pasca pernikahan
« Jawab #3 pada: Januari 17, 2011, 12:47:43 pm »
+1 buat pak Arif hehe :D

arif budiman

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re:[tanya]menghadapi kekhawatiran pasca pernikahan
« Jawab #4 pada: Januari 17, 2011, 01:18:28 pm »
OOT
+1 buat pak Arif hehe :D
ngasih plus 'mulu..
kasih sharing-nya juga dong.. hehe :D

.::senyum chandra::.

  • from djogdja with love...
  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.610
  • Reputasi: 11
  • Jenis kelamin: Wanita
  • wong djogdja ^^
    • Lihat Profil
Re:[tanya]menghadapi kekhawatiran pasca pernikahan
« Jawab #5 pada: Januari 17, 2011, 08:06:25 pm »
waah... manteeppp....  :great: :great:
pak arif emang oke punya dalam hal beginian...

saya mau nambah pertanyaan...

utk seorang perempuan yg blm bekerja ketika menikah, sebaiknya pilihan terbaik yg mana yg harus dipilih?? bekerja atau tidak bekerja??

arif budiman

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re:[tanya]menghadapi kekhawatiran pasca pernikahan
« Jawab #6 pada: Januari 17, 2011, 08:56:05 pm »
waah... manteeppp....  :great: :great:
pak arif emang oke punya dalam hal beginian...
halah..
mbak chandra bisa aja.. :p

utk seorang perempuan yg blm bekerja ketika menikah, sebaiknya pilihan terbaik yg mana yg harus dipilih?? bekerja atau tidak bekerja??
kalo idealnya tentu yang terbaik adalah tetap di rumah dan menjadikan titik berat perhatian pada rumah tangga..
tapi dalam kondisi tertentu yang tidak bisa dihindarkan, boleh saja bekerja dengan ijin dari suami dan yang penting tetap menitikberatkan perhatian utama pada keluarga..
jangan sampe pekerjaan membuat urusan rumah tangga jadi terbengkalai..

sebaiknya hal2 semacam itu diwacanakan pada masa ta'aruf, sehingga tidak menjadi masalah di kemudian hari..
tanyakan pada calon.. "jika saya harus bekerja setelah menikah, bagaimana pendapat kamu?"

btw, jaman sekarang seorang ibu rumah tangga bisa loh aktif 'bekerja'
misalnya jadi penulis buku, blogger, trainer, atw wiraswasta bikin makanan kecil2-an di rumah..
dengan tidak melupakan pekerjaan utamanya yang mulia: mengurus suami dan mendidik anak2 di rumah  :)

lehrerin

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 683
  • Reputasi: 10
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re:[tanya]menghadapi kekhawatiran pasca pernikahan
« Jawab #7 pada: Januari 18, 2011, 06:18:46 am »

kalo idealnya tentu yang terbaik adalah tetap di rumah dan menjadikan titik berat perhatian pada rumah tangga..
tapi dalam kondisi tertentu yang tidak bisa dihindarkan, boleh saja bekerja dengan ijin dari suami dan yang penting tetap menitikberatkan perhatian utama pada keluarga..
jangan sampe pekerjaan membuat urusan rumah tangga jadi terbengkalai..

sebaiknya hal2 semacam itu diwacanakan pada masa ta'aruf, sehingga tidak menjadi masalah di kemudian hari..
tanyakan pada calon.. "jika saya harus bekerja setelah menikah, bagaimana pendapat kamu?"

btw, jaman sekarang seorang ibu rumah tangga bisa loh aktif 'bekerja'
misalnya jadi penulis buku, blogger, trainer, atw wiraswasta bikin makanan kecil2-an di rumah..
dengan tidak melupakan pekerjaan utamanya yang mulia: mengurus suami dan mendidik anak2 di rumah  :)
sipp..pak Arif.. jawabannya jelas banget..  :cool:

Husniyah Azah

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.575
  • Reputasi: 41
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Muhammad Izwan
    • Lihat Profil
    • Catatan Hati Ukhty Tini
Re:[tanya]menghadapi kekhawatiran pasca pernikahan
« Jawab #8 pada: Januari 18, 2011, 05:09:19 pm »
OOT
+1 buat pak Arif hehe :D
ngasih plus 'mulu..
kasih sharing-nya juga dong.. hehe :D

Hehe masih harus banyak belajar nich pak...
Kalau masalah kekhawatiran, hampir sama, dulu yang paling saya khawatirkan adalah bagaimana sifat "lelaki itu" ketika marah, apa dia akan memaki saya? atau bahkan memukul saya? Karena memang gambaran tentangnya sangat gelap. Kecuali kalimat orang yang jadi media taaruf kami, bahwa dia orang baik.

Dan ternyata Allah lebih mengetahui apa yang saya inginkan daripada saya sendiri. Alhamdulillah saya bersyukur menikahi "lelaki itu" :D

dinie_bgt

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.977
  • Reputasi: 56
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re:[tanya]menghadapi kekhawatiran pasca pernikahan
« Jawab #9 pada: Januari 18, 2011, 05:43:54 pm »
Klo saya... Entah kenapa sebelum nikah malah cuek2 aja.. Ga kepikiran tuch atau khawatir tentang hal2 yg bisa terjadi setelah nikah.. Mungkin karena dari awal udah saling "bocor" alias bnr2 menunjukkan bukan hanya kelebihan tapi lebih pada kekurangan masing2, jadi keliatan lah ntar gimana klo dah nikah... Selain juga karena waktu itu malah lagi pusing bgt mikirin biaya.. :D
Dan alhamdulillah, setelah nikah ternyata sifat suami ya memang baik dan penyayang...  :x

Tapi berdasarkan pengalaman nich, masalah tempat tinggal kemungkinan akan menjadi masalah pasca pernikahan..
Klo tinggal di rumah mertua, dan ada adik atau kakak yg jatuhnya "bukan muhrim (atau "mahrom?") harus dipikirin tuch.. Soale dulu ayah fakhri agak ribet karena ada adik perempuan saya... Atau dibalik misalnya ada adik atau kakak laki2 suami, nah kan sang istri pasti ribet tuch nantinya... Harus berjilbab setiap ada saudara laki2 suami di rumah....

calon_akhwat

  • Moderators
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 4.737
  • Reputasi: 56
    • Lihat Profil
Re:[tanya]menghadapi kekhawatiran pasca pernikahan
« Jawab #10 pada: Januari 18, 2011, 09:52:19 pm »
suka sekali dengan jawaban2 disini.

*merenungibeberapakalimatuntukdijadikanpelajaranberharga*

LAVI

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.262
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Pria
  • However She is Still an Adolescent Child
    • Lihat Profil
Re:[tanya]menghadapi kekhawatiran pasca pernikahan
« Jawab #11 pada: Januari 20, 2011, 06:10:48 pm »
btw tapi rasanya masih tetep takut jg....gmn ya..kalo di depan wanita gt rasanya udah inferior duluan...

Husniyah Azah

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.575
  • Reputasi: 41
  • Jenis kelamin: Wanita
  • Muhammad Izwan
    • Lihat Profil
    • Catatan Hati Ukhty Tini
Re:[tanya]menghadapi kekhawatiran pasca pernikahan
« Jawab #12 pada: Januari 21, 2011, 10:02:03 am »
Satu lagi kekhawatiran

Bagaimana tanggapan ia terhadapku yang kurang bisa masak enak. hehe :D
Kalau yang ini, tidak ada salahnya terus belajar :)
Suami akan menghargai itikad kita yang sedang belajar InsyaAllah

arif budiman

  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 5.392
  • Reputasi: 71
  • Jenis kelamin: Pria
  • My little angels
    • Lihat Profil
Re:[tanya]menghadapi kekhawatiran pasca pernikahan
« Jawab #13 pada: Januari 21, 2011, 11:24:07 am »
btw tapi rasanya masih tetep takut jg....gmn ya..kalo di depan wanita gt rasanya udah inferior duluan...
kalo saran saya
kamu mesti lebih fokus pada tujuan
bersihkan niat, bahwa keinginanmu untuk menikah adalah ditujukan untuk menyempurnakan separuh agama dalam kerangka meraih ridha Allah..
siapapun wanita yang ingin kamu nikahi, mereka 'hanyalah' sarana untuk meraih tujuan yang lebih besar..
kalo mereka menolak untuk ikut 'rencana besar'-mu.. it's ok, cari lagi yang mau.. nothing to lose..
mudah2-an dengan berpikir 'besar' jiwamu bisa lebih 'besar' ketika menghadapi mereka

subzero

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.268
  • Reputasi: 15
  • Jenis kelamin: Pria
  • - kaki kita -
    • Lihat Profil
Re:[tanya]menghadapi kekhawatiran pasca pernikahan
« Jawab #14 pada: Januari 25, 2011, 06:03:26 am »
dulu si cuek–cuek aja,yang paling ku takuti setelah menikah adalah kalau melahirkan.ternyata melahirkan tidak sakit pas mbrojolnya.yg sakit itu kontraksinya apalagi kalau pake induksi.