Penulis Topik: Apa Layak Dilestarikan?  (Dibaca 8090 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

JinKura2

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 301
  • Reputasi: 11
    • Lihat Profil
Re:Apa Layak Dilestarikan?
« Jawab #15 pada: November 28, 2010, 12:26:32 am »

sekali lagi...jangan pake pendekatan waktu sekarang....pake pendekatan masa itu...istilah kuli kenceng adalah landlord yang sekaligus penggarap sawah so...petani penggarap di masyarakat jawa saat itu juga adalah pemilik tanah.... (memang ada istilah lainnya yang bisa anda cari sendiri)

makanya, disinilah perlu berpikir progresif dengan mendekonstruksikannya dlm konteks membongkar brutalisme pemikiran masa lalu...^^

“Soal Agraria adalah soal hidup dan penghidupan manusia, karena tanah adalah asal dan sumber makanan bagi manusia. Perebutan tanah berarti perebutan makanan, perebutan tiang hidup manusia. Untuk ini, orang rela menumpahkan darah, mengorbankan segala yang ada demi mempertahankan hidup selanjutnya (Moch. Tauchid, 1952)

Memang, sepakat klo itu. Tapi perlu diingat, apakah modal ekonomi tsb mencukup u/ hidup layak secara ekonomi? So, kembali lagi, di mana sisi yang secara ontologi dan epistema itu? Jangan kembali lagi ke soal aksiologinya....
« Edit Terakhir: November 28, 2010, 03:47:54 pm oleh JinKura2 »

LAVI

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.262
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Pria
  • However She is Still an Adolescent Child
    • Lihat Profil
Re:Apa Layak Dilestarikan?
« Jawab #16 pada: November 30, 2010, 11:54:25 am »
oke...kita kembali ke topik awal
soal atheisme dalam komunisme...di negara Komunis, unsur-unsur takhayul, legenda dll itu sangat dilarang mengapa?? karena dianggap merintangi kemujuan dan produktifitas masyarakat dan membatasi pola pikir masyarakat terhadap hal-hal yang dianggap nalar, kenapa menjadi atheis, karena kepercayaan terhadap Tuhan (dalam hal ini termasuk pula dalam pemahaman agama) juga masuk dalam kategori takhayul dll karena itu sangat dilarang oleh komunis...

di Indonesia ada suatu sekolah taman kanak-kanak yang dikelola oleh PKI namanya TK-Melati yang gurunya mengajarkan kepada muridnya seperti ini..(kakek gw yang cerita)

guru: anak-anak sekarang bu guru ingin bertanya apakah kalian selalu berdoa kepada Tuhan??
muris: Iya bu guru...!!
guru: begitu, apakah kalian percaya Tuhan itu ada??
murid: iya bu guru, tuhan itu ada...
guru: kalo begitu bu guru minta kalian berdoa kepada Tuhan...Ya Tuhan kami ingin minta permen...
Murid: Ya Tuhan kami minta permen..
guru: sudah berdoa kan, sekarang dikasih tidak sama Tuhan
Murid: Tidak bu guru
guru: sekarang bilang, bu guru, kami minta permen...
murud: bu guru kami minta permen...
(kemudian bu guru memberi murid-muridnya permen satu-satu)
guru: nah sekarang bu guru tanya kalian apat permen tidak??
murid: dapat bu guru..
guru: tadi kalian minta permen sama tuhan, dikasih tidak??
murid: tidak bu guru
guru: berarti Tuhan itu ada atau tidak??
murid: tidak bu guru
guru: yang ngasih kalian permen siapa??
murid: bu guru...
guru: berarti bu guru ada atau tidak??
murid: ada bu guru...

itu salah satu model...yang lainnya masih ada lagi...ngerti kan kenapa identik dengan atheisme, sekalipun anggota komunis belum tentu atheis..

ali syarifudin

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 129
  • Reputasi: 0
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
Re:Apa Layak Dilestarikan?
« Jawab #17 pada: Desember 01, 2010, 08:24:23 am »
he... judulnya aneh... :D
tapi biarlah... bair menarik :D

temanya berkaitan dengan sejarah, dan... saya termasuk orang yang tidak suka dengan pelajaran sejarah, karena isinya seringkali "diacak-acak" oleh kepentingan.
bagi saya, komunis tidak selalu atheis.
mau tau kenapa?
kita lihat aja nanti >:)

dimana-mana yang namanya kemungkinan akan selalu ada, termasuk kemungkinan un tuk mengacak-acak fakta sejarah..
yang namanya kebenaran harus dipertahan kan sampai kapanpun...
klau kita tidak suka dengan "sejarah" tersebut... siapa lagi yang akan mempertahankan kebenaran nya..

sekedar masukan aja.. bukan berarti banyak keburukan kita tidak pelajari, justru kita ada didalamnya untuk meperbaiki. :) :) :) :) :)


JinKura2

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 301
  • Reputasi: 11
    • Lihat Profil
Re:Apa Layak Dilestarikan?
« Jawab #18 pada: Desember 03, 2010, 01:11:55 am »
oke...kita kembali ke topik awal
soal atheisme dalam komunisme...di negara Komunis, unsur-unsur takhayul, legenda dll itu sangat dilarang mengapa?? karena dianggap merintangi kemujuan dan produktifitas masyarakat dan membatasi pola pikir masyarakat terhadap hal-hal yang dianggap nalar, kenapa menjadi atheis, karena kepercayaan terhadap Tuhan (dalam hal ini termasuk pula dalam pemahaman agama) juga masuk dalam kategori takhayul dll karena itu sangat dilarang oleh komunis...

di Indonesia ada suatu sekolah taman kanak-kanak yang dikelola oleh PKI namanya TK-Melati yang gurunya mengajarkan kepada muridnya seperti ini..(kakek gw yang cerita)

guru: anak-anak sekarang bu guru ingin bertanya apakah kalian selalu berdoa kepada Tuhan??
muris: Iya bu guru...!!
guru: begitu, apakah kalian percaya Tuhan itu ada??
murid: iya bu guru, tuhan itu ada...
guru: kalo begitu bu guru minta kalian berdoa kepada Tuhan...Ya Tuhan kami ingin minta permen...
Murid: Ya Tuhan kami minta permen..
guru: sudah berdoa kan, sekarang dikasih tidak sama Tuhan
Murid: Tidak bu guru
guru: sekarang bilang, bu guru, kami minta permen...
murud: bu guru kami minta permen...
(kemudian bu guru memberi murid-muridnya permen satu-satu)
guru: nah sekarang bu guru tanya kalian apat permen tidak??
murid: dapat bu guru..
guru: tadi kalian minta permen sama tuhan, dikasih tidak??
murid: tidak bu guru
guru: berarti Tuhan itu ada atau tidak??
murid: tidak bu guru
guru: yang ngasih kalian permen siapa??
murid: bu guru...
guru: berarti bu guru ada atau tidak??
murid: ada bu guru...

itu salah satu model...yang lainnya masih ada lagi...ngerti kan kenapa identik dengan atheisme, sekalipun anggota komunis belum tentu atheis..

duhhh....koq kembali ke aksiologinya seh...... :(

q kan minta penjelasan secara ontologi dan epistimologinya....soalnya, klo aksiologinya itu sgt tergantung penafsiran individunya....

LAVI

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.262
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Pria
  • However She is Still an Adolescent Child
    • Lihat Profil
Re:Apa Layak Dilestarikan?
« Jawab #19 pada: Desember 10, 2010, 03:33:29 pm »
krn gw pernah ngobrol sama eks-nya langsung   :D :D
soal atheisme dll.... bilang atheis nggak atheis itu individu..di Indonesia atheis nggak disinggung karena target komunis adalah masyarakat petani yang 90% adalah anggota dari organisasi politik lain (dalam hal ini NU dan Msjumi) so...g mungkin mereka berani ngomong terbuka soal atheis dll...

soal teori dll, gw g ngerti dan g akan bahas karena bisa kita temukan dan baca di buku.. tetapi di lapangan segala teori dll bisa dilindas karena kepentingannya adalah politik.

 gitu aja...

JinKura2

  • Sr. Member
  • ****
  • Tulisan: 301
  • Reputasi: 11
    • Lihat Profil
Re:Apa Layak Dilestarikan?
« Jawab #20 pada: Desember 12, 2010, 01:20:32 am »
krn gw pernah ngobrol sama eks-nya langsung   :D :D
soal atheisme dll.... bilang atheis nggak atheis itu individu..di Indonesia atheis nggak disinggung karena target komunis adalah masyarakat petani yang 90% adalah anggota dari organisasi politik lain (dalam hal ini NU dan Msjumi) so...g mungkin mereka berani ngomong terbuka soal atheis dll...

soal teori dll, gw g ngerti dan g akan bahas karena bisa kita temukan dan baca di buku.. tetapi di lapangan segala teori dll bisa dilindas karena kepentingannya adalah politik.

 gitu aja...

Yap, akhirnya kembali juga ke ranah penafsiran... :cool:

LAVI

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.262
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Pria
  • However She is Still an Adolescent Child
    • Lihat Profil
Re:Apa Layak Dilestarikan?
« Jawab #21 pada: Desember 15, 2010, 11:27:39 am »
^^ gw bingung sama tujuan lo bikin thread ini...lo tanya apa pantas soal atheisme melekat pada komunis diteruskan dan gw kasih fakta permasalahan kenapa komunis identik dengan atheis..lo bilang gak cocok..lo maunya bicara soal penafsiran..padahal realita lapangan jelas lebih valid daripada penafsiran..

juga ketika bicara soal pertentangan revolusi agraria oleh partai komunis, gw berikan apa yang menjadi pakem komunis Indonesia soal rev agraria...lo malah kasih teori revolusi agraria menurut undang-undang pemerintah (padahal versi maupun tafsiran apalagi praktek lapangan jelas beda)

tujuan diskusi ini apaan?? apa mau bahas soal teori?? apa soal realita?? ato mau bahas apa??

TRIPLE_X

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 503
  • Reputasi: 6
  • Jenis kelamin: Wanita
    • Lihat Profil
Re:Apa Layak Dilestarikan?
« Jawab #22 pada: Februari 10, 2011, 09:32:47 pm »
Saya tidak ingin begitu membahas komunisme masa lalu di Indonesia. Secara Fakta, Komunisme  erat kaitannya dngan ideologi sosialis. Dan muslim sudah punya ideologi tersendiri yaitu Islam. So jika pertanyaannya apakah patut dilestarikan, silahkan simpulkan sendiri jawaban saya.

Monggo dilanjut lagi bila ada yang membahasnya, saya hanya NOMADEN

.::senyum chandra::.

  • from djogdja with love...
  • Moderator
  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 1.610
  • Reputasi: 11
  • Jenis kelamin: Wanita
  • wong djogdja ^^
    • Lihat Profil
Re:Apa Layak Dilestarikan?
« Jawab #23 pada: Maret 09, 2011, 02:28:01 pm »
^^ gw bingung sama tujuan lo bikin thread ini...lo tanya apa pantas soal atheisme melekat pada komunis diteruskan dan gw kasih fakta permasalahan kenapa komunis identik dengan atheis..lo bilang gak cocok..lo maunya bicara soal penafsiran..padahal realita lapangan jelas lebih valid daripada penafsiran..

juga ketika bicara soal pertentangan revolusi agraria oleh partai komunis, gw berikan apa yang menjadi pakem komunis Indonesia soal rev agraria...lo malah kasih teori revolusi agraria menurut undang-undang pemerintah (padahal versi maupun tafsiran apalagi praktek lapangan jelas beda)

tujuan diskusi ini apaan?? apa mau bahas soal teori?? apa soal realita?? ato mau bahas apa??


sabar.. sabar..
[oot]
bahkan orang komunis atheis pun akan segera beriman ketika ada di mulut singa..
jd sebenarnya atheis itu ga abadi kan??

LAVI

  • Hero Member
  • *****
  • Tulisan: 2.262
  • Reputasi: 23
  • Jenis kelamin: Pria
  • However She is Still an Adolescent Child
    • Lihat Profil
Re:Apa Layak Dilestarikan?
« Jawab #24 pada: Maret 16, 2011, 12:08:44 pm »
^^ sory agak off kemaren