Penulis Topik: Membangun Rt/Rw.VoIP - Sentral Telepon VoIP!!!  (Dibaca 14044 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

BomBerman

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 168
  • Reputasi: 6
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
    • RADIO DAKTA 107 FM
Membangun Rt/Rw.VoIP - Sentral Telepon VoIP!!!
« pada: November 15, 2010, 11:42:36 am »
Kali ini kami ingin berbagi pengalaman sebagai pemula (newbie) untuk pembuatan server VoIP dengan Briker OS untuk membangun sentral telepon untuk jaringan lokal.

Jaringan Sentral Telepon VoIP


Untuk membangun sebuah jaringan telepon VoIP lokal minimal dibutuhkan di sisi server:
1. Server Briker
2. Hub Switch
3. Kabel LAN
4. PC Operator (optional)
Jika ingin memperluas wilayah jaringan telepon VoIP lokal ini maka bisa digunakan teknologi perangkat Wireless (WiFi) seperti  model Rt/Rw.net atau Hotspot namun bisa cukup dengan hanya menggunakan radio AP WiFi tanpa router dan tidak wajib koneksi internet jika server telepon VoIP  kita hanya menghubungkan jaringan lokal LAN atau WLAN saja.
 
Untuk di sisi klien dibutuhkan Komputer PC/ notebook dengan aplikasi softphone VoIP atau cukup Telepon atau HP VoIP atau HP Selular dengan aplikasi VoIP.
 
Fitur-fitur Briker
 
Briker IPPBX Core
● Multiple VoIP protocol supported: SIP, IAX2 , H.323
● Multiple analog and digital telephony device supported
● Multiple voice codec supported: ulaw, alaw, gsm, g723, g729
● Multiple video codec supported: h264, h263p, h263, h261
● Voice and video calling and conference
● Unlimited registered accounts
● Up to maximum 1000 online accounts per server
● Up to maximum 240 concurrent calls
 
IPPBX Administration
● Outbound and Inbound routing
● Analog, digital and IP trunks support
● ENUM lookup support
● Interactive Voice Response (IVR) system
● Automatic Call Distribution (ACD)
● Ring Group
● Call forwarding and follow me
● Voice-mail configuration
● Direct Inward System Access (DISA)
● Music on hold
● Secure authenticated call termination by pin sets
 
Billing Administration
● Prepaid and postpaid billing
● Auto refill balance, recurring service
● Multiple currency supported
● Call Detail Records (CDR)
● Least Cost Routing (LCR)
● Progressive billing
● Export report to PDF & CSV
● Generate invoices to PDF format
 
Server Administration
● User and groups configuration
● Date/time configuration
● DHCP server configuration on web
● Web based Network configuration
● Reboot and shutdown server from web
 
Unduh aplikasi server VoIP Briker di briker.org, kemudian ikuti petunjuk instalasi di buku manual briker (ada bahasa Indonesia). Spesifikasi server briker tidak perlu terlalu tinggi jika jaringan voip yang kita bangun juga tidak besar, cukup sekelas pentium III dengan ram 256MB dengan media simpan seperti HD cukup sekitar 1 GB.
 
Singkatnya jika kita sudah berhasil menginstal OS Briker di pc server, maka mula-mula kita memberi IP Adress bagi server briker, tapi sebenernya secara default briker sudah memiliki IP Address 192.168.2.2. Jika anda ingin menggantinya silakan bisa menggunakan vi untuk briker 1.2 ke atas dari console briker atau menggunakan pc atau netbook lalu remote pc briker lewat web browser ke ip address briker tersebut, dengan memasukkan username dan password.
 
Membuat Nomor Telepon Klien
 
Untuk memberi nomor telepon kepada klien-klien di jaringan VoIP yang sudah kita bangun, masuk menu IPPBX Administration >> Extensions
 
Fitur ini berkaitan dengan account pada IPPBX. Penambahan, penghapusan dan pergantian data account dapat dilakukan disini. Setiap account yang ditambahkan disini berlaku sebagai extension IPPBX. Bisa dikatakan bahwa extension adalah user yang akan menggunakan layanan Briker.
Berikut adalah cara untuk melakukan konfigurasi Extensions.
1. Pilih Extensions pada menu IPPBX Administration
2. Pilih Add Extensions
3. Pilih Protocol yang akan digunakan , SIP, IAX2, ZAP atau Custom
● SIP adalah protocol VoIP yang menggunakan port 5060 UDP
● IAX2 protocol VoIP yang menggunakan port 4569 UDP
● ZAP adalah port pada device card analog atau digital
● Custom digunakan untuk extension yang menggunakan protokol selain SIP dan IAX2, contohnya H3234.
Lalu tekan Submit
Maka akan muncul untuk pengeditan nomor extension untuk klien.
 

Keterangan :
● User Extensions : Nomor extension, misal 1001. Biasanya hanya numeric.
● Display Name : Nama yang akan digunakan sebagai Caller ID ketika melakukan panggilan
● Secret : Password yang digunakan user untuk proses otentikasi saat registrasi extension pada User Agent
Setelah itu tekan Submit.
 
Nah untuk komunikasi jaringan VoIP lokal dengan topologi LAN atau WLAN sebenarnya sampai langkah di sini sudah cukup, nomor extension adalah nomor telepon klien. Tinggal di klien disetting untuk aplikasi softphone VoIP atau telepon voip dengan memasukkan:
1. Display name
2. username dan password sesuai nomor ekstension
3. domain atau host server Briker (defaultnya 192.168.2.2)
 
untuk tes di PC/notebook bisa menggunakan aplikasi seperti X-lite, sjphone, Zoiper Communicator dll. Artinya dalam jangkauan lokal LAN seperti satu gedung, kita sudah bisa saling komunikasi telepon gratis tanpa bayar biaya pulsa telepon maupun biaya berlangganan internet.


Panel Telepon di sentral server VoIP briker bisa melihat saluran telepon yang aktif di seluruh klien.


Aplikasi Telepon VoIP X-Lite di Klien pc/notebook untuk komunikasi voice call, video call, voicemail, dll. Bisa digunakan untuk server VoIP seperti voiprakyat maupun server VoIP lokal


Di klien bisa cukup menggunakan IP Phone tanpa pc atau notebook dengan harga sekitar $50-100$

Jaringan Sentral Telepon VoIP Wireless LAN

Setelah server briker sudah kita bangun dan jaringan LAN sudah terhubung, maka kita bisa memperluas coverage jaringan telepon VoIP dengan menggunakan perangkat WiFi AP 2.4 Ghz sebagai pemancar sinyal radio untuk telepon VoIP WLAN.
 
Yang dibutuhkan untuk memperluas coverage sekitar 500m hingga 1 km atau seluas wilayah Rt/Rw atau sekelurahan adalah sebuah AP WiFi, antena omni directional, kabel pigtail (jika dibutuhkan), tiang bambu, besi atau tower dengan tinggi sekitar 10m dari tanah. Ketinggian tiang dari tanah juga bergantung dari topografi kawasan atau bangunan di sekelilingnya, paling tidak tiang untuk pemancar lebih tinggi dari rata-rata bangunan sekitarnya.


BTS Rt/Rw.VoIP dengan modal secukupnya

Topologi jaringannya adalah server VoIP briker dan radio AP WiFi terhubung ke hub-switch. Jika ada pc operator atau klien dengan LAN juga terhubung langsung ke hub-switch, sedangkan klien WLAN memerlukan tambahan radio AP WiFi penerima yang terhubung ke PC,  notebook atau cukup sebuah IP Phone atau HP Selular dengan fasilitas WIFi dan VoIP untuk berkomunikasi.
 

Radio AP WiFi di klien dihubungkan dengan PC atau notebook jika sinyal wifi di notebook kurang bagus


IP Phone kabel atau Wireless untuk di klien tanpa perlu PC/notebook dan HP Selular WiFi dengan aplikasi VoIP bisa juga digunakan di klien


Pada tahap ini kita sudah selesai membangun Rt/Rw.VoIP dengan jaringan lokal LAN/WLAN sehingga antar klien dalam jaringan ini sudah bisa menelepon gratis tanpa biaya pulsa apapun maupun biaya berlangganan internet.
 
Tahap selanjutnya jika kita ingin terhubung dengan server VoIP lain dari internet atau nomor PSTN (telepon rumah) maupun Selular GSM-CDMA maka kita memerlukan jaringan internet atau perangkat tambahan lainnnya.
 
dari berbagai sumber

BomBerman

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 168
  • Reputasi: 6
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
    • RADIO DAKTA 107 FM
Re:Membangun Rt/Rw.VoIP - Sentral Telepon VoIP!!!
« Jawab #1 pada: November 15, 2010, 11:45:58 am »
Jaringan Trunk Antar Server VoIP

Pembahasan kali ini adalah bagaimana jaringan server VoIP lokal bisa terhubung dengan jaringan WAN server VoIP Briker atau terhubung ke jaringan Server VoIP di internet seperti voiprakyat.or.id.
 
Dalam contoh di bawah ini adalah model trunk dari server Briker lokal ke server jasa VoIP di internet yaitu menyambung ke voiprakyat.or.id. Langkah pertama adalah server Briker anda harus memiliki jalur ke internet via ADSL, Cable Router, ataupun Wireless. Kemudian langkah selanjutnya anda harus memiliki akun di voiprakyat.or.id dengan mendaftar atau regristrasi. Selesai regristrasi anda akan mendapat nomor akun 6 digit seperti 12xxxx@voiprakyat.or.id. Nomor akun inilah yang akan dipakai sebagai gerbang dari server Briker lokal ke internet agar server voip anda bisa berkomunikasi dengan akun-akun dari voiprakyat maupun penyedia jasa voip lainnya di internet.
 
Untuk memulai koneksi trunk ke server voiprakyat.or.id , segera masuk ke server Briker lewat Browser.
 
Trunks
Trunking dalam jaringan telekomunikasi berarti menghubungkan satu sentral dengan sentral telepon lainnya. Pada Briker hal tersebut tidak jauh berbeda, selain itu Briker dapat saling berhubungan secara IP Trunking dengan protokol SIP, IAX2, H323 atau secara konvensional melalui jalur analog dan digital dengan bantuan perangkat keras teleponi seperti Digium seri TDM untuk analog dan seri TE untuk digital atau dengan bantuan Internet Telephony Gateway (ITG). Selanjutnya akan dijelaskan cara mengkonfigurasi trunk dalam Briker.
 
Dalam menu IPPBX Administration, pilih menu Trunks lalu pilih Add SIP Trunk, atau jika sudah ada pilihan SIP/voiprakyat-link silakan diedit isi Trunk tersebut.
 
Isi pada bagian Outgoing Settings dan Register String.
Keterangan :Isi dengan data account dari server lain. Tambahkan opsi-opsi khusus bila dirasa perlu,misal terjadi kegagalan sambung atau tidak dapat menerima dan membuat panggilanmelalui trunk. Opsi-opsi khusus tersebut antara lain :
● context = from-trunk
● qualify = yes
● insecure = port,invite
● authuser = <sama dengan isi user atau sesuai kebutuhan trunk-nya>
● fromuser = <sama dengan isi user atau sesuai kebutuhan trunk-nya>
● fromdomain = <sama dengan host atau sesuai kebutuhan trunk-nya>
 
contoh untuk outgoing settings, akun di voiprakyat 12xxxx:
fromuser=12xxxx
authuser=12xxxx
username=12xxxx
secret=3xxxx
host=voiprakyat.or.id
fromdomain=voiprakyat.or.id
context=from-trunk
type=peer
nat=yes
canreinvite=no
insecure=port,invite
qualify=yes



Register String diambil data-datanya dari Outgoing Settings, format:
username:secret@<Trunk Name>[<expected DID for this trunk>]
untuk akun di voiprakyat: 12xxxx@3xxxx@voiprakyat.or.id
Untuk menyimpan konfigurasi tekan Submit Changes.
Catatan, informasi pada kurung kotak adalah tambahan, tidak wajib.
 
Setelah Trunk voiprakyat telah terdaftar di server Briker, maka selanjutnya kita akan mengatur Outbond Routes dan Inbound Routes untuk mengatur panggilan keluar-masuk server Briker kita melalui Trunk yang sudah dibuat dalam contoh ini adalah server voiprakyat.or.id.
 
Outbound Routes
Outbound routes digunakan untuk mengatur tujuan panggilan, yang keluar melalui trunk. Outbound routes inilah yang mendefinisikan untuk semua panggilan keluar, contoh Briker dihubungkan ke PSTN atau Trunk server voiprakyat, maka untuk panggilan ke PSTN, diatur dialrules-nya misal 9|. yangberarti ketika akan melakukan panggilan ke PSTN harus menggunakan prefix 9 diikuti nomor tujuan. Sedangkan berikut ini adalah contoh konfigurasi untuk ke server voiprakyat.
 
Dalam menu IPPBX Administration pilih menu Outbound Routes, lalu pilih Add Route atau jika sudah tersedia di Briker 1.2 Outbond Routes voiprakyat kita lihat isinya.
 
Dial Patterns
901
902
903
00.
0848XXXX.
62848XXXX.
 
Trunk Sequence
SIP/voiprakyat-link
 
Point-point di atas merupakan yang penting untuk diisi.
● Route Name : Merupakan nama route
● Dial Patterns : Kode awal untuk menghubungi ke server lain
● Trunk Sequence : Trunk yang digunakan, lihat pada bagian Trunks
Setelah selesai konfigurasi tekan tombol Submit Changes
 
Inbound Routes
Inbound Routes berfungsi mengatur tujuan panggilan untuk panggilan yang datang dari trunk. Ketika panggilan datang dari trunk, sistem akan memeriksa apakah cocok dengan konfigurasi Inbound Routes, apabila cocok maka panggilan akan di lanjutkan ke tujuan sesuai konfigurasi. Berikut contoh konfigurasi untuk panggilan ke akun voiprakyat yang sudah ditrunk ke server Briker.
 
Dalam menu IPPBX Administration, pilih Inbound Routes, lalu pilih Add Incoming Route. Untuk konfigurasi secara default, anda bisa mengosongkan pada bagian Add Incoming Route dan pada bagian Set Destination, anda bisa mengarahkan kemana jika ada incomingcall, pada contoh di bawah, semua incoming call akan diarahkan ke IVR. Setelah itu tekan tombol Submit


Ada beberapa pilihan skenario jika ada panggilan masuk ke server, bisa ke penjawab otomotis (IVR), langsung disambung ke nomor klien tertentu, putus sambungan dan lain sebagainya.
 
Interactive Voice Response
Interactive Voice Response, biasa disingkat IVR, atau Digital Receptionist adalah fitur untuk melakukan konfigurasi penjawab otomatis ketika ada panggilan masuk. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan konfigurasi IVR dalam Briker.
 
1. Setup Recording
  • Buatlah record/rekaman untuk IVR yang akan anda gunakan (anda bisa menggunakan aplikasi MS. Recorder), misal record “Selamat datang di PT. Brothers, tekan 1 untuk menghubungi operator”, setting encode pada 16bit, 8000Hz, dan simpandengan extension .wav (misal: welcome.wav)
  • Upload file.wav yang sudah anda siapkan di menu : IPPBX Administration > SystemRecordings, upload dan beri nama filenya, misal welcome, kemudian save
2. Setup IVR
Dalam menu IPPBX Administration, pilih menu IVR, setelah itu pilih Add IVR
Isi datanya :
● Change Name : Welcome
● Timeout : 10
● Enable Directory : no/uncheck
● Directory Context: default/kosong
● Enable Direct Dial : yes/check
● Announcement : Welcome (rekaman)
 

Opsi pada gambar di atas mengartikan bahwa, jika setelah menghubungi IVR, lalu tekan angka 009 maka akan dialihkan ke nomor Operator jaringan, jika tidak ada jawaban maka rekaman IVR akan mengulang 2x setelah itu terputus jika tidak ada jawaban. Setelah data dan option selesai di konfigurasi, maka tekan tombol Save dan pilih Apply configuration changes.
 
Masih ada beberapa pilihan pengaturan tentang panggilan yang masuk ke jaringan server Briker lokal yang kita bangun, namun anda bisa mencobanya sendiri dengan panduan manual Briker.
 
Pengujian Panggilan Keluar-Masuk Trunk
Untuk melihat apakah server VoIP Briker sudah teregristrasi di Trunk server voiprakyat, bisa dilihat di IPPBX Status Trunk Online dari menu IPPBX Administration pilih tools pilih IPPBX Summary pilih kotak di kana sip info bila registered berarti trunk ke server voiprakyat telah berhasil.
 
Pengujian Panggilan Keluar
Dilihat dari dial pattern di Outbond Routes voiprakyat bisa langsung digunakan dari softphone dengan mendial nomor 901, 902, 903, atau 0848xxxx/62848xxxx. Dalam prakteknya prefik untuk panggilan ke akun voiprakyat yang lain dari klien server Briker lokal adalah menggunakan 08481001<akun voiprakyat tujuan> atau 628481001<akun voiprakyat tujuan> misal 08481001111562. Jika ingin ke akun server voip lainnya biasanya menggunakan SIP:username@host_voip. Namun karena blom ada network ke jaringan server penyedia jasa voip SIP lain maka kami belum pernah mencoba.
 
Pengujian Panggilan Masuk
Untuk panggilan masuk ke jaringan server Briker yang sudah diatur di Inbound Routes, silakan panggil akun SIP voiprakyat yang sudah anda trunk ke server Briker. Misalnya 12xxxx@voiprakyat.or.id atau cukup panggil 12xxxx bila sesama akun pengguna voiprakyat. Jika panggilan berhasil maka mesin penjawab otomatis berupa IVR akan menyambut si penelepon untuk memasukkan nomor extension atau nomor telepon klien di jaringan server Briker. Apabila si penelepon tidak memasukkan atau salah memasukkan nomor extension maka rekaman IVR akan mengulangi sampai 2 kali sebelum panggilan terputus otomatis. Kalau urutan panggilan masuk benar seperti itu maka pengaturan panggilan masuk sudah berhasil.
 
Sebenarnya masih ada cara lain untuk menyambung jaringan antara dua server briker, misalnya dengan VPN atau model yang lain namun tidak kita bahas.
 
Di Tahap ini anda sudah memiliki infrastruktur jaringan telepon VoIP mandiri yang bisa berguna bagi perusahaan, komunitas, maupun untuk konsumsi anda pribadi kapan saja dan di mana saja selama ada jaringan internet.
 
sumber: manual briker

BomBerman

  • Full Member
  • ***
  • Tulisan: 168
  • Reputasi: 6
  • Jenis kelamin: Pria
    • Lihat Profil
    • RADIO DAKTA 107 FM
Re:Membangun Rt/Rw.VoIP - Sentral Telepon VoIP!!!
« Jawab #2 pada: November 15, 2010, 11:49:52 am »
Jaringan Telepon VoIP se Kawasan


Trunk Antar Server VoIP Lokal via Server VoIP Internet

Bayangkan jika setiap jaringan Rt/Rw.net terdapat server VoIP, di mana masing-masing Rt/Rw.net tersbut memiliki pelanggan rumah  sekitar 20 s/d 100 klien yang menggunakan fasilitas telepon VoIP. Artinya kalau kita coba rata-ratakan setiap jaringan Rt/Rw.net memiliki 60 pelanggan VoIP.

Jika ada 500 Rt/Rw.net yang memiliki server VoIP berarti ada sekitar 3000 rumah yang menggunakan telepon VoIP. Jika masing-masing server VoIP tersebut saling terhubung melalui server VoIP di internet, misalnya via trunk server voiprakyat.or.id. Maka ada 3000 rumah yang bisa saling berkomunikasi telepon murah meriah bahkan gratis tanpa memandang wilayah geografi dan juga tanpa membayar biaya SLJJ dan SLI.

Jika ada ribuan server VoIP ini terhubung maka kita melihat sebuah cluster telepon VoIP yang sangat besar yang menghubungkan para penguna internet di masyarakat seperti di Rt/Rw.net, warnet, gedung perkantoran, pemerintahan, hotspot di hotel, hotel, apartemen, cafe, dll. Maka ini adalah sebuah alternatif pengganti dari penggunaan telepon rumah (PSTN).


Jaringan Distribusi VoIP via Wireless


Contoh di bawah ini jaringan yang terhubung dengan server voiprakyat




Dari berbagai sumber

Mari kita mulai membangun cluster network VoIP di Indonesia!
 :great: